
Prof. Dr. Budiyanto, M.Pd.
Prof. Dr. Budiyanto, M.Pd., lahir di Sleman pada tanggal 19-10-1956 adalah dosen di Universitas Negeri Surabaya. Dalam 1 tahun terakhir, mengampu 30 matakuliah. Sudah melakukan pengabdian sebanyak 15.

Identitas Diri
Riwayat Pendidikan
S1 | S2 | S3 | |
---|---|---|---|
Nama Perguruan Tinggi | UNS | UPI | UPI |
Bidang Ilmu | - | - | Bimbingan dan Penyuluhan |
Tahun Masuk-Lulus | - - 1981 | - - 2000 | 2001 - 2006 |
Judul Skripsi/Tesis/Disertasi | - | - | - |
Nama Pembimbing/Promotor | - | - | - |
Mata Kuliah yang Diampu
No. | Mata Kuliah |
---|---|
1 | Bimbingan Konseling Anak Berkebutuhan Khusus |
2 | BK Anak Berkebutuhan Khusus |
3 | IDENTIFIKASI DAN ASESMEN ABK |
4 | Identifikasi dan Asesmen Anak Berkebutuhan Khusus |
5 | Kajian Bimbingan dan Konseling Disabilitas |
6 | Kajian Pendidikan Inklusif |
7 | Konseling Disabilitas |
8 | Kurikulum Sekolah |
9 | Landasan dan wawasan Bimbingan dan Konseling |
10 | Manajemen Pendidikan Dasar Inklusif |
11 | Metedologi Penelitian Pendidikan Luar Biasa |
12 | Metode Penelitian Pendidikan Khusus |
13 | PEMBELAJARAN ANAK BERBAKAT |
14 | Pembelajaran Anak dengan Disabilitas Majemuk |
15 | Pembelajaran Anak dengan Spectrum Autis |
16 | PEMBELAJARAN ANAK SPEKTRUM AUTIS |
17 | PEMBELAJARAN ANAK TUNAGRAHITA |
18 | Pembelajaran berbasis Desain Universal |
19 | PENDIDIKAN INKLUSI |
20 | Pendidikan Inklusif |
21 | PENDIDIKAN INKLUSIF DAN KEBIJAKAN PENDIDIKAN |
22 | PENGEMBANGAN BAHAN AJAR |
23 | Pengembangan dan Analisis Kebijakan Pendidikan |
24 | PROPOSAL PENELITIAN |
25 | Psikologi Anak Berkebutuhan Khusus |
26 | PUBLIKASI |
27 | SEMINAR HASIL PENELITIAN |
28 | Skripsi |
29 | Tesis |
30 | WAWASAN KEBIJAKAN PENDIDIKAN DAN BIMBINGAN & KONSELING |
Data Penelitian Dari Sim Litabmas
No. | Tahun | Judul | Sumber Dana |
---|---|---|---|
1 | 2013 | Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Rumpun Ilmu Pendidikan untuk Mengembangkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi dan Perilaku Berkarakter | Litabmas |
2 | 2020 | SIDRA (SIGNALONG INDONESIA DIGITAL READ ALOUD): SEBUAH TEKNIK TUTORIAL CERITA BAGI ANAK DENGAN HAMBATAN KOMUNIKASI DALAM MENGHADAPI ERA 'NEW NORMAL" PANDEMI COVID-I9 | Litabmas |
3 | 2020 | SIDRA (SIGNALONG INDONESIA DIGITAL READ ALOUD): SEBUAH TEKNIK TUTORIAL CERITA BAGI ANAK DENGAN HAMBATAN KOMUNIKASI DALAM MENGHADAPI ERA 'NEW NORMAL" PANDEMI COVID-I9 | Litabmas |
4 | 2023 | EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS LABORATORIUM DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN LUAR BIASA UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR MAHASISWA | Litabmas |
5 | 2021 | PENGEMBANGAN PEDOMAN LAYANAN MAHASISWA DISABILITAS DI UNESA | Litabmas |
6 | 2019 | PENGEMBANGAN APLIKASI JEJARING KARIR INKLUSI UNTUK TENAGA KERJA DISABILITAS | Litabmas |
7 | 2023 | EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS LABORATORIUM DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN LUAR BIASA UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR MAHASISWA | Litabmas |
8 | 2021 | PENGEMBANGAN PEDOMAN LAYANAN MAHASISWA DISABILITAS DI UNESA | Litabmas |
9 | 2019 | PENGEMBANGAN APLIKASI JEJARING KARIR INKLUSI UNTUK TENAGA KERJA DISABILITAS | Litabmas |
10 | 2020 | SIDRA (SIGNALONG INDONESIA DIGITAL READ ALOUD): SEBUAH TEKNIK TUTORIAL CERITA BAGI ANAK DENGAN HAMBATAN KOMUNIKASI DALAM MENGHADAPI ERA 'NEW NORMAL" PANDEMI COVID-I9 | Litabmas |
11 | 2019 | PENGEMBANGAN APLIKASI JEJARING KARIR INKLUSI UNTUK TENAGA KERJA DISABILITAS | Litabmas |
Data Penelitian Dari Non Litabmas
No. | Tahun | Judul | Sumber Dana |
---|---|---|---|
1 | 2022 | PENGEMBANGAN MEDIA BUKU CERITA PENYIAPAN SISWA DISABILITAS DALAM MENGHADAPI BENCANA ALAM BERBASIS SIGNALONG INDONESIA JENJANG PAUD | |
2 | 2022 | MODEL KELAS TEACCH UNTUK INTERVENSI KOMPREHENSIF ANAK SPEKTRUM AUTIS | |
3 | 2025 | Pemetaan Aksesibilitas Kampus untuk Mendukung Inklusi Mahasiswa Penyandang Disabilitas di Universitas Negeri Surabaya: Kajian Pengembangan Digital Peta Kampus yang Aksesibel | |
4 | 2025 | Adaptive hybrid tricycle untuk penyandang disabilitas fisik: Studi pengembangan | |
5 | 2022 | MODEL KELAS TEACCH UNTUK INTERVENSI KOMPREHENSIF ANAK SPEKTRUM AUTIS | |
6 | 2025 | Aplikasi Mylexic sebagai alat bantu peserta didik disleksia mengatasi kesulitan membaca dan menulis | |
7 | 2020 | PENGEMBANGAN SITUS JOBSDIS: FASILITASI ANGKATAN KERJA DISABILTAS DAN PERUSAHAAN PENGGUNA TENAGA KERJA DISABILITAS | |
8 | 2021 | Komunipedia Website Integrasi Produk Unggulan Iptek Dissabilitas | |
9 | 2023 | PENGEMBANGAN KEARIFAN LOKAL BUDAYA PENGGUNAAN HERBAL NUSANTARA BERBASIS NANOGOLD-NANOSILVER UNTUK KEMANDIRIAN BAHAN BAKU OBAT NASIONAL | |
10 | 2023 | EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS LABORATORIUM DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN LUAR BIASA UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR MAHASISWA | |
11 | 2025 | Studi Evaluasi Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Inklusif pada Jenjang Sekolah Dasar se Kota Surabaya | |
12 | 2019 | PENGEMBANGAN APLIKASI JEJARING KARIR INKLUSI UNTUK TENAGA KERJA DISABILITAS | |
13 | 2020 | SIDRA (Signalong Indonesia Digital Read Aloud): Sebuah Teknik Tutorial Cerita bagi Anak dengan Hambatan Komunikasi dalam Menghadapi Era 'New Normal" Pandemi Covid-I9 | |
14 | 2025 | PENGEMBANGAN STORY BIGBOOKS DENGAN SIGNALONG INDONESIA TEMA ACTIVITY DAILY LIVING BAGI ANAK USIA DINI UNTUK MENDUKUNG PROGRAM ASTA CITA: PENDIDIKAN UNTUK SEMUA | |
15 | 2025 | PENGEMBANGAN BUKU AJAR MANAJEMEN KEBIJAKAN PENDIDIKAN INKLUSIF: Tinjauan Adaptif Konsep dan Regulasi | |
16 | 2021 | PENGEMBANGAN PEDOMAN LAYANAN MAHASISWA DISABILITAS DI UNESA | |
17 | 2020 | PETA PROBLEMATIKA DAN ALTERNATIF SOLUSI PENGUATAN KERJASAMA PERGURUAN TINGGI DI INDONESIA PADA MASA PANDEMI COVID 19 | |
18 | 2022 | PENGEMBANGAN DUKUNGAN VISUAL BERBASIS KEARIFAN LOKAL UNTUK PEMBELAJARAN PERSONAL HYGIENE ANAK SPEKTRUM AUTIS | |
19 | 2020 | Pengembangan Media Edukasi Antisipasi Coronavirus Berbasis Audiovisual bagi Peserta Didik di Sekolah Khusus | |
20 | 2022 | MODEL KELAS TEACCH UNTUK INTERVENSI KOMPREHENSIF ANAK SPEKTRUM AUTIS | |
21 | 2021 | Manipulatif Gerakan Non Lokomotor Dalam Pembelajaran Olah Raga Bocce Bagi Siswa Dengan Hambatan Intelektual |