Dr. Rini Setianingsih, M.Kes.

Dr. Rini Setianingsih, M.Kes., lahir di Bojonegoro pada tanggal 09-09-1961 adalah dosen di Universitas Negeri Surabaya. Dalam 1 tahun terakhir, mengampu 27 matakuliah. Sudah melakukan pengabdian sebanyak 6. Sudah mempublikasi Artikel Ilmiah dalam jurnal sebanyak 144. Menjadi pemakalah seminar ilmiah sebanyak 6.

Identitas Diri

Riwayat Pendidikan

S1 S2 S3
Nama Perguruan Tinggi IKIP Surabaya Unair Universitas Negeri Malang
Bidang Ilmu Pendidikan Matematika Bio Statistik Pendidikan Matematika
Tahun Masuk-Lulus 1980 - 1984 1998 - 2001 2012 - 2017
Judul Skripsi/Tesis/Disertasi - Pendugaan Parameter Regresi Non Parametrik yang Melibatkan Dua Variabel Bebas dengan Metode Theil Pengembangan Desain Interaksi dalam Pembelajaran Matematika Realistik untuk Siswa Sekolah Dasar yang Memperhatikan Beban Kognitif, Scaffolding dan Zone of Proximal Development
Nama Pembimbing/Promotor - dr. H. Koentoro, M.P.H., Dr.P.H. Prof. Dr. Cholis Sa'dijah, M.Pd., M.A., Dr. Abdur Rahman As'ari, M.Pd., M.A., Dr. Makbul Muksar, M.Si.

Mata Kuliah yang Diampu

No. Mata Kuliah
1 Bahasa Inggris
2 BAHASA INGGRIS
3 Biostatistika
4 Etnomatematika
5 ETNOMATEMATIKA (ETHNOMATHEMATICS)
6 KKN Asistensi Mengajar Pengembangan Laporan
7 KKN Kewirausahaan Pengembangan laporan
8 KKN Proyek Desa Pengembangan Laporan
9 KKN Proyek indpenden Pengembangan laporan
10 KKN Proyek Kemanusiaan Pengembangan laporan
11 Matematika Dasar
12 MATEMATIKA DASAR
13 Matematika Realistik dan Etnomathematics (Realistic Mathematics and Ethnomathematics)
14 Microteaching
15 Pembelajaran Inovatif
16 Pembelajaran Inovatif I
17 Pembelajaran Mikro
18 PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK
19 Pendidikan Matematika Realistik (Realistic Mathematics Education)
20 Pengembangan Bahan Ajar
21 PLP-Pengembangan Rencana Pembelajaran
22 PLP-Praktik Mengajar
23 Praktek Pengalaman Lapangan (Internship)
24 Psikologi Pendidikan Matematika (Pschycology of Mathematics Education)
25 Sejarah Matematika
26 Seminar Pendidikan Matematika
27 Statistika

Data Penelitian Dari Sim Litabmas

No. Tahun Judul Sumber Dana
1 2020 PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS IT DI MASA ISOLASI PANDEMI COVID-19 BAGI GURU MATEMATIKA SMP DI KABUPATEN TUBAN Litabmas
2 2022 PENGEMBANGAN BAHAN AJAR ETNOMATEMATIKA BERBASIS BUDAYA Litabmas
3 2020 PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS IT DI MASA ISOLASI PANDEMI COVID-19 BAGI GURU MATEMATIKA SMP DI KABUPATEN TUBAN Litabmas
4 2022 PENGEMBANGAN BAHAN AJAR ETNOMATEMATIKA BERBASIS BUDAYA Litabmas
5 2020 PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS IT DI MASA ISOLASI PANDEMI COVID-19 BAGI GURU MATEMATIKA SMP DI KABUPATEN TUBAN Litabmas
6 2022 PENGEMBANGAN BAHAN AJAR ETNOMATEMATIKA BERBASIS BUDAYA Litabmas
7 2020 PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS IT DI MASA ISOLASI PANDEMI COVID-19 BAGI GURU MATEMATIKA SMP DI KABUPATEN TUBAN Litabmas
8 2019 PENDAMPINGAN PENYUSUNAN SOAL HIGHER ORDER THINKING (HOT) DALAM MATA PELAJARAN MATEMATIKA UNTUK GURU SMA DI KABUPATEN PONOROGO Litabmas
9 2020 PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS IT DI MASA ISOLASI PANDEMI COVID-19 BAGI GURU MATEMATIKA SMP DI KABUPATEN TUBAN Litabmas
10 2020 PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS IT DI MASA ISOLASI PANDEMI COVID-19 BAGI GURU MATEMATIKA SMP DI KABUPATEN TUBAN Litabmas
11 2020 PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS IT DI MASA ISOLASI PANDEMI COVID-19 BAGI GURU MATEMATIKA SMP DI KABUPATEN TUBAN Litabmas
12 2020 PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS IT DI MASA ISOLASI PANDEMI COVID-19 BAGI GURU MATEMATIKA SMP DI KABUPATEN TUBAN Litabmas
13 2020 PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS IT DI MASA ISOLASI PANDEMI COVID-19 BAGI GURU MATEMATIKA SMP DI KABUPATEN TUBAN Litabmas
14 2019 PENDAMPINGAN PENYUSUNAN SOAL HIGHER ORDER THINKING (HOT) DALAM MATA PELAJARAN MATEMATIKA UNTUK GURU SMA DI KABUPATEN PONOROGO Litabmas
15 2020 PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS IT DI MASA ISOLASI PANDEMI COVID-19 BAGI GURU MATEMATIKA SMP DI KABUPATEN TUBAN Litabmas
16 2022 PENGEMBANGAN BAHAN AJAR ETNOMATEMATIKA BERBASIS BUDAYA Litabmas
17 2020 PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS IT DI MASA ISOLASI PANDEMI COVID-19 BAGI GURU MATEMATIKA SMP DI KABUPATEN TUBAN Litabmas
18 2019 PENDAMPINGAN PENYUSUNAN SOAL HIGHER ORDER THINKING (HOT) DALAM MATA PELAJARAN MATEMATIKA UNTUK GURU SMA DI KABUPATEN PONOROGO Litabmas
19 2022 PENGEMBANGAN BAHAN AJAR ETNOMATEMATIKA BERBASIS BUDAYA Litabmas
20 2020 PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS IT DI MASA ISOLASI PANDEMI COVID-19 BAGI GURU MATEMATIKA SMP DI KABUPATEN TUBAN Litabmas
21 2019 PENDAMPINGAN PENYUSUNAN SOAL HIGHER ORDER THINKING (HOT) DALAM MATA PELAJARAN MATEMATIKA UNTUK GURU SMA DI KABUPATEN PONOROGO Litabmas
22 2020 PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS IT DI MASA ISOLASI PANDEMI COVID-19 BAGI GURU MATEMATIKA SMP DI KABUPATEN TUBAN Litabmas
23 2023 CULTURALLY RESPONSIVE MATHEMATICS INSTRUCTION: EXPLORING THE IMPACT OF INTEGRATING CULTURE ON STUDENTS' MATHEMATICAL UNDERSTANDING Litabmas
24 2019 PENDAMPINGAN PENYUSUNAN SOAL HIGHER ORDER THINKING (HOT) DALAM MATA PELAJARAN MATEMATIKA UNTUK GURU SMA DI KABUPATEN PONOROGO Litabmas
25 2019 PENDAMPINGAN PENYUSUNAN SOAL HIGHER ORDER THINKING (HOT) DALAM MATA PELAJARAN MATEMATIKA UNTUK GURU SMA DI KABUPATEN PONOROGO Litabmas
26 2023 CULTURALLY RESPONSIVE MATHEMATICS INSTRUCTION: EXPLORING THE IMPACT OF INTEGRATING CULTURE ON STUDENTS' MATHEMATICAL UNDERSTANDING Litabmas

Data Penelitian Dari Non Litabmas

No. Tahun Judul Sumber Dana
1 2020 Pengembangan Bahan Ajar Modul Geometri Netral yang Menumbuhkan Kemampuan Membaca, Menulis, dan Membuktikan
2 2024 Proses Pembuktian Aljabaris Mahasiswa Tahun Pertama Program Sarjana Matematika
3 2020 Pengembangan Soal Higher Order Thinking Skills (HOTS) untuk Siswa SMP berbasis Fenomena Covid-19
4 2021 Pengembangan Buku Ajar Mata Kuliah Matematika Kontekstual Bermuatan Konten Digital
5 2019 Etnomatematika Budaya Jawa Timur
6 2022 Pengembangan Bahan Ajar Etnomatematika Berbasis Budaya
7 2023 Culturally Responsive Mathematics Instruction: Exploring the Impact of Integrating Culture on Students' Mathematical Understanding
8 2023 Pengembangan Bahan Ajar Geometri Berbasis Realistic Matematics-Project Based Learning (RM-PjBL) berbantuan Geogebra: Kasus Pemodelan Matematika

Pengabdian Kepada Masyarakat

No Tahun Judul Pengabdian Sumber Pendanaan
1 2020 Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis IT di Masa Isolasi Pandemi Covid-19 bagi Guru Matematika SMP di Kabupaten Tuban
2 2023 Pelatihan Pemodelan Matematis bagi Guru Matematika
3 2024 Pendampingan Penyusunan Modul Ajar Matematika Berbasis Konteks untuk Guru Sekolah Dasar di Pasuruan
4 2023 PENGENALAN KONTEKS SEJARAH MATEMATIKA UNTUK INOVASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA BAGI GURU-GURU SMP DI KABUPATEN MAGETAN
5 2021 PELATIHAN PEMBUATAN INFOGRAFIS DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK GURU SMP PADA SEKOLAH INKLUSI
6 2022 PELATIHAN PENGEMBANGAN TUGAS MATEMATIKA BERBASIS-KONTEKS BAGI GURU MATEMATIKA SMP DI KABUPATEN LAMONGAN

Publikasi Jurnal

No Judul Artikel Ilmiah Nama Jurnal Volume/Nomor/Tahun
1 PENANAMAN NORMA-NORMA SOSIAL MELALUI INTERAKSI SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN PMRI DI SEKOLAH DASAR - /-/0
2 ANALISIS KEMAMPUAN SISWA KELAS II DAN III SD DALAM MENYELESAIKAN MASALAH BARISAN BILANGAN - /-/0
3 ANALISIS KEMAMPUAN SISWA KELAS II DAN III SD DALAM MENYELESAIKAN MASALAH BARISAN BILANGAN - /-/0
4 Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Pada Materi Bangun Datar Ditinjau Dari Kemampuan Koneksi Matematika Siswa UNIVERSITAS JAMBI, 0 - /-/0
5 Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Pada Materi Bangun Datar Ditinjau Dari Kemampuan Koneksi Matematika Siswa UNIVERSITAS JAMBI - /-/0
6 PEMBERIAN SCAFFOLDING BERDASARKAN KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL YANG BERKAITAN DENGAN PERSEGI DAN PERSEGIPANJANG DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIKA - /-/0
7 Ethnomatematika Budaya Jawa Timur Zifatama Jawara, 0 - /-/0
8 PENANAMAN NORMA-NORMA SOSIAL MELALUI INTERAKSI SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN PMRI DI SEKOLAH DASAR - /-/0
9 PROSIDING - /-/0
10 Profil Komunikasi Matematika Tertulis Siswa dalam Pemecahan Masalah Open Ended Berdasarkan Kemampuan Matematika Jurnal Pendidikan Matematika 12 (2), 176-187 - /-/0
11 Pemberian Scaffolding Berdasarkan Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal yang Berkaitan dengan Persegi dan Persegipanjang Ditinjau dari Kemampuan Matematika - /-/0
12 Analisis Perubahan Pola Nilai Tanah Setelah Beroperasinya Terminal Giwangan (Studi Kasus Kelurahan Sorosutan Kecamatan Umbulharjo Kota Yogyakarta) Tesis Program Studi Teknik Geomatika, Program Pasca Sarjana Universitas … - /-/2008
13 Tantangan dan Strategi Guru dalam Mengoptimalkan Interaksi Siswa pada Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) di Sekolah Dasar Konferensi Nasional Matematika XIV 1 (1), 941-948, 2008 - /-/2008
14 Membangun Level Abstraksi Siswa SMP dalam Memahami konsep Geometeri Penelitian Fundamental Tahun Pertama, Pusat Penelitian Unesa Surabaya, 2008 - /-/2008
15 Tantangan dan Strategi Guru Dalam Mengoptimalkan Interaksi Siswa Pada Pembelajaran 941 Matematika Realistik (PMR) di Sekolah Dasar Konferensi Nasional Matematika XIV 1 (1), 941-948, 2008 - /-/2008
16 Analisis perubahan pola nilai tanah setelah beroperasinya terminal Giwangan:: Studi kasus Kelurahan Sorosutan Kecamatan Umbulharjo Kota Yogyakarta Universitas Gadjah Mada, 2008 - /-/2008
17 Prosiding Konferensi Nasional Matematika ke-14 tahun 2008 di PPs Unsri Palembang. Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Sriwijaya dan IndoMS, 2009 - /-/2009
18 Prosiding Konferensi Nasional Matematika XIV Universitas Sriwijaya, 2009 - /-/2009
19 Model dan Strategi Siswa Kelas II Sekolah Dasar dalam Menyelesaikan Masalah Kontekstual dada Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Realistik (PMR) Pendidikan Dasar 10 (2), 2009 - /-/2009
20 PENGEMBANGAN INSTRUMEN BLOOM DIGITAL ASSESSMENT (BDA) PADA MATERI POKOK LINGKARAN DI KELAS VIII - /-/2009
21 MODEL DAN STRATEGI SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR DALAM MENYELESAIKAN MASALAH KONTEKSTUAL PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENG... Pendidikan Dasar 10 (2) - /-/2009
22 MODEL DAN STRATEGI SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR DALAM MENYELESAIKAN MASALAH KONTEKSTUAL PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN REALISTIK (PMR) Pendidikan Dasar 10 (2), 2009 - /-/2009
23 Penanaman Norma - Norma Sosial Melalui Interaksi Siswa Dalam Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan PMRI di Sekolah Dasar Seminar Nasional matematika: “Matematika dan Pendidikan Matematika Berbasis …, 2012 - /-/2012
24 Sistem Informasi Administrasi Sekolah si Madrasah Tsanawiyah Misbahunnur Cimahi Universitas Komputer Indonesia, 2013 - /-/2013
25 Proses Berpikir Siswa dengan Kecerdasan Linguistik dan Logis Matematis dalam Memecahkan Masalah Matematika MATHEdunesa 3 (2), 2013 - /-/2013
26 Tipe Berpikir Siswa dalam Memecahkan Masalah pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel di Kelas VIII SMPN 1 Pacet MATHEdunesa 2 (2013), 1-8, 2013 - /-/2013
27 Analisis Kemampuan Siswa Kelas II dan III SD dalam Menyelesaikan Masalah Barisan Bilangan MATHEdunesa 2 (2013), 1-7, 2013 - /-/2013
28 Pengembangan Instrumen Bloom Digital Assessment (BDA) pada Materi Pokok Lingkaran di Kelas VIII MATHEdunesa 2 (2013), 1-8, 2013 - /-/2013
29 Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw pada Materi Segiempat di Kelas VII A MTs Al-Hidayah Kendal Ngawi Jurnal Pendidikan 2 (2013), 1-6, 2013 - /-/2013
30 Diagnosis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi PersamaanLlinear Satu Variabel dan Pemberian Scaffolding untuk Mengatasinya MATHEdunesa 3 (2), 2014 - /-/2014
31 Diagnosis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada materi persamaan linear satu variabel dan pemberian scaffolding untuk mengatasinya MATHEdunesa 3 (2), 2014 - /-/2014
32 Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Ditinjau dari Tipe Kecerdasan Musikal, Interpersonal, dan Logika Matematika pada Materi Persegi dan Persegi Panjang Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika 3 (1), 100, 2014 - /-/2014
33 Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Ditinjau dari Tipe Kecerdasan Musikal, Interpersonal, dan Logik Matematik pada Materi Persegi dan Persegi Panjang Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika 3 (1), 100, 2014 - /-/2014
34 Implementasi Scaffolding untuk Mengatasi Kesulitan Siswa Kelas X SMK Kartika 1 Surabaya dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Program Linear MATHEdunesa 3 (3), 2014 - /-/2014
35 Penerapan Model Pembelajaran PBI (Problem Based Instruction) dengan Mempertimbangkan Teori Beban Kognitif pada Materi Garis Singgung Persekutuan Dua Lingkaran di Kelas VIII-F … MATHEdunesa 3 (2), 2014 - /-/2014
36 Penerapan Model Pembelajaran PBI (Problem Based Instruction) Dengan Mempertimbangkan Teori Beban Kognitif pada Materi Garis Singgung Persekutuan Dua Lingkaran di Kelas VIII-F … MATHEdunesa 3 (2) - /-/2014
37 Kemampuan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel ditinjau dari Tipe Kepribadian Ekstrover-Introver Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika UNESA 3 (3), 2014 - /-/2014
38 PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PBI (PROBLEM BASED INSTRUCTION) DENGAN MEMPERTIMBANGKAN TEORI BEBAN KOGNITIF PADA MATERI GARI... Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Volume 3 (2) - /-/2014
39 PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PBI (PROBLEM BASED INSTRUCTION) DENGAN MEMPERTIMBANGKAN TEORI BEBAN KOGNITIF PADA MATERI GARIS SINGGUNG PERSEKUTUAN DUA LINGKARAN DI KELAS VIII-F SMP NEGERI 1 PASURUAN Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Volume 3 (2) - /-/2014
40 Metakognisi Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Cerita Ditinjau dari Kemampuan Matematika dan Gender MATHEdunesa 3 (3), 2014 - /-/2014
41 Penerapan Pendekatan PMRI dalam Pembelajaran Volume Prisma dan Limas di Kelas VIII-B SMP Negeri 26 Surabaya MATHEdunesa 4 (1) - /-/2015
42 ANALISIS KESALAHAN SISWA SMP DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA PADA MATERI GARIS SINGGUNG LINGKARAN MATHEdunesa 4 (1) - /-/2015
43 Pendampingan Penyusunan Proposal Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Untuk Guru Sekolah Dasar di Kecamatan Kasiman Kabupaten Bojonegoro Jurnal Abdi: Media pengabdian kepada masyarakat 1 (1), 61-66, 2015 - /-/2015
44 Pemberian Scaffolding untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi (Higher Order Thinking Skills) Kelas X SMA Berdasarkan Kemampuan Matematika Siswa MATHEdunesa 2 (5), 2016 - /-/2016
45 Implementasi Problem-Based Learning (PBL) dalam Pembelajaran Matematika untuk Mengoptimalkan Kemampuan Interaksi Interpersonal Siswa Seminar Nasional Matematika dan Pembelajarannya 2016 1 (1), 741-750, 2016 - /-/2016
46 PEMBERIAN SCAFFOLDING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI (HIGHER ORDER THINKING SKILLS) KELAS X SMA BERD... Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Volume 2 (5) - /-/2016
47 Pengembangan Media Pembelajaran Berbantuan Komputer pada Materi Dimensi Tiga Sub Materi Proyeksi untuk Siswa SMA Kelas X MATHEdunesa 1 (2016), 28-45, 2016 - /-/2016
48 Pendampingan Penyusunan Proposal Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Untuk Guru Sekolah Dasar di Kecamatan Kasiman Kabupaten Bojonegoro Jurnal Abdi: Media pengabdian kepada masyarakat 1 (1), 61-66, 2016 - /-/2016
49 PENDAMPINGAN PENYUSUNAN PROPOSAL PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK) UNTUK GURU SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN KASIMAN KABUPATEN... Jurnal ABDI 1 (1) - /-/2016
50 Implementasi Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik untuk Mengembangkan Keterampilan 4C Siswa Sekolah Dasar Seminar Nasional Pendidikan Matematika 1 (1), 524 – 536, 2016 - /-/2016
51 PEMBERIAN SCAFFOLDING BERDASARKAN KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL YANG BERKAITAN DENGAN PERSEGI DAN PERSEGIPAN... MATHEdunesa 3 (5) - /-/2016
52 METAKOGNISI SISWA SMA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI KECERDASAN LINGUISTIK, LOGIS-MATEMATIS DAN VISUAL-SP... MATHEdunesa 3 (5) - /-/2016
53 IDENTIFIKASI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA SMA KELAS XI DALAM PEMECAHAN MASALAH KONTEKSTUAL MATERI MEAN DITINJAU DAR... MATHEdunesa 3 (5) - /-/2016
54 Pengembangan desain interaksi dalam pembelajaran matematika realistik untuk siswa sekolah dasar yang memperhatikan beban kognitif, scaffolding dan zone of proxinal development Universitas Negeri Malang, 2017 - /-/2017
55 Penerapan Pendekatan Content and Language Integrated Learning (CLIL) pada Materi Lingkaran di Kelas VIII SMP Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Volume 3 (6), 2017 - /-/2017
56 Profile of Students’ Mathematical Communication Abilities in Learning Using Reciprocal Peer Tutoring Strategy MATHEdunesa 6 (3), 2017 - /-/2017
57 Pengembangan Desain Interaksi Dalam Pembelajaran Matematika Realistik untuk Siswa Sekolah Dasar yang Memperhatikan Beban Kognitif, Scaffolding dan Zone of Proximal Development. DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM - /-/2017
58 METACOGNITIVE SKILLS OF SENIOR HIGH SCHOOL STUDENTS’IN SOLVING WORD PROBLEMS BASED ON THE LEVEL OF MATHEMATICAL ABILITY MATHEdunesa 6 (3), 2017 - /-/2017
59 Penerapan Pendekatan PMRI pada Materi Lingkaran untuk Menumbuhkan Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa SMP Ghufron Faqih Surabaya MATHEdunesa 6 (1), 2017 - /-/2017
60 Identifikasi Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa SMA Kelas XI dalam Pemecahan Masalah Kontekstual Materi Mean Ditinjau dari Kecerdasan Linguistik MATHEdunesa 5 (3), 2017 - /-/2017
61 IMPLEMENTATION OF REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION WITH FORMULATE-SHARE-LISTEN-CREATE (FSLC) STRATEGY ON THE MATERIAL OF PERMUTATION AND COMBINATION AT GRADE XI SMA NEGERI 4 … MATHEdunesa 6 (3) - /-/2017
62 Implementation of Realistic Mathematics Education with Formulate-Share-Listen-Create (FSLC) Strategy on the Material of Permutation and Combination at Grade XI SMA Negeri 4 … MATHEdunesa 6 (3), 2017 - /-/2017
63 THE USE OF SCAFFOLDING TO TRAIN STUDENTS’SKILLS IN SOLVING PISA’S PROBLEM (PROGRAMME INTERNATIONALE FOR STUDENT ASSESSMENT) IN... Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Volume 3 (6) - /-/2017
64 Construction of High School Students’ Abstraction Levels in Understanding the Concept of Quadrilaterals International Education Studies 10 (2), 148 - /-/2017
65 IMPLEMENTATION OF REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION WITH FORMULATE-SHARE-LISTEN-CREATE (FSLC) STRATEGY ON THE MATERIAL OF PERM... Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Volume 3 (6) - /-/2017
66 Pengembangan Desain Interaksi Dalam Pembelajaran Matematika Realistik untuk Siswa Sekolah Dasar yang Memperhatikan Beban Kognitif, Scaffolding dan Zone... DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM - /-/2017
67 Pengaruh intervensi srep terhadap peningkatan regulasi diri dalam belajar dan prestasi akademik pada siswa atlet SMA dengan gifted underachievement= Impact of srep intervention … - /-/2017
68 Investigating fifth-grade students’ construction of mathematical knowledge through classroom discussion International Electronic Journal of Mathematics Education 12 (3), 383-396, 2017 - /-/2017
69 Pengaruh intervensi srep terhadap peningkatan regulasi diri dalam belajar dan prestasi akademik pada siswa atlet SMA dengan gifted underachievement= Impact of srep intervention … - /-/2017
70 Construction of High School Students' Abstraction Levels in Understanding the Concept of Quadrilaterals. International Education Studies 10 (2), 148-155, 2017 - /-/2017
71 Metakognisi Siswa SMA dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau dari Kecerdasan Linguistik, Logis-Matematis dan Visual-Spasial MATHEdunesa 5 (3), 2017 - /-/2017
72 The Use of Scaffolding to Train Students’ Skills in Solving PISA’s Problem (Programme Internationale for Student Assessment) Involving HOTS (Higher Order Thinking Skills) MATHEdunesa 6 (3), 2017 - /-/2017
73 Metacognitive Skills of Senior High School Students in Solving Word Problems Based on the Level of Mathematical Ability MATHEdunesa 6 (3), 2017 - /-/2017
74 Pengembangan Desain Interaksi dalam Pembelajaran Matematika Realistik untuk Siswa Sekolah Dasar yang Memperhatikan Beban Kognitif, Scaffolding dan Zone of Proximal Development … Universitas Negeri Malang, 2017 - /-/2017
75 Pemberian Scaffolding untuk Mengatasi Kesulitan Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Higher Order Thinking Materi Aljabar Seminar Nasional Matematika dan Pembelajarannya 2017 1 (1), 1404, 2017 - /-/2017
76 Penalaran Analogi Siswa SMA Kelas XI dalam Memecahkan Masalah Barisan dan Deret Ditinjau dari Gaya Kognitif Reflektif-Impulsif MATHEdunesa 7 (2), 214-220, 2018 - /-/2018
77 STUDENTS’MATHEMATICAL COMMUNICATION ABILITIES IN MATHEMATICAL PROBLEM SOLVING VIEWED FROM INTRAPERSONAL AND INTERPERSONAL I... Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Volume 1 (7) - /-/2018
78 Konflik Kognitif Mahasiswa dalam Memahami Konsep Geometri Hiperbolik dan Elliptik Seminar Nasional “Pembelajaran Matematika Menghadapi Revolusi Industri 4.0 …, 2018 - /-/2018
79 Students’ Mathematical Communication Abilities in Mathematical Problem Solving Viewed From Intrapersonal and Interpersonal Intelligences MATHEdunesa 1 (7), 2018 - /-/2018
80 EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERDASARKAN SISTEM AMONG (PMBSA) PADA MATERI SISTEM KOORDINAT DI KELAS... MATHEdunesa 1 (7) - /-/2018
81 The Giving of Scaffolding to Overcome Junior High School Students’ Difficulties in Solving Higher Order Thinking Problems of Algebra MATHEdunesa 7 (1), 2018 - /-/2018
82 Patterns of interactions at grade 5 classroom in learning the topic of statistics viewed from cognitive load theory Journal of Physics: Conference Series 953 (2018), 2018 - /-/2018
83 Critical Thinking Profile of High School Students in Solving Word Problems in the Materials of Composition and Invers Function Based on Mathematical Abilities MATHEdunesa 7 (3), 533-541, 2018 - /-/2018
84 Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Matematika Berdasarkan Sistem Among (PMBSA) pada Materi Sistem Koordinat di Kelas VIII SMP Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Volume 1 (7), 2018 - /-/2018
85 Patterns of Interactions in Mathematics Instruction Implementing the Realistic Approach at Grade 5 Viewed from the Use of Scaffolding MISEIC 2018, 2018 - /-/2018
86 Facilitating Classroom Discussion In Mathematics Instruction To Promote Students’ Understanding International Conference on Science and Technology (ICST 2018), 810-818, 2018 - /-/2018
87 THE GIVING OF SCAFFOLDING TO OVERCOME JUNIOR HIGH SCHOOL STUDENTS’DIFFICULTIES IN SOLVING HIGHER ORDER THINKING PROBLEMS OF AL... Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Volume 1 (7) - /-/2018
88 Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Pada Materi Bangun Datar Ditinjau Dari Kemampuan Koneksi Matematika Siswa UNIVERSITAS JAMBI, 2018 - /-/2018
89 Profil Komunikasi Matematis Tulis Siswa SMP dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau dari Perbedaan Kemampuan Matematika MATHEdunesa 8 (2), 318-327, 2019 - /-/2019
90 Critical Thinking Processes of High School Students in Solving Direct and Inverse Proportions Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya, 2019 - /-/2019
91 Ethnomatematika Budaya Jawa Timur Zifatama Jawara, 2019 - /-/2019
92 Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Pola Bilangan Model TIMSS Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika 8 (2), 2019 - /-/2019
93 Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Pola Bilangan Model TIMMS MATHEdunesa 8 (2), 2019 - /-/2019
94 Profil Penalaran Aljabar Siswa SMA yang Memiliki Kecerdasan Linguistik dan Logis-Matematis dalam Memecahkan Masalah Matematika Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Volume 8 (3), 2019 - /-/2019
95 Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP berdasarkan Kecerdasan Linguistik dan Kecerdasan Logis Matematis dalam Menyelesaikan Masalah Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV) MATHEdunesa 8 (3), 524-530, 2019 - /-/2019
96 Flexibility of guardian and artisan selected students in solving fraction problems Mathematics, Informatics, Science, and Education International Conference …, 2019 - /-/2019
97 Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Statistika Ditinjau Dari Kecerdasan Intrapersonal dan Interpersonal Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Dan Sains 3 (2), 89-100, 2019 - /-/2019
98 Critical Thinking Processes of Junior High School Students in Solving Contextual Problems of Direct and Inverse Proportions Based on Reflective-Impulsive Style Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Volume 8 (2), 2019 - /-/2019
99 Flexibility of Students With Guardian and Artisan Types of Personality in Solving Fraction Problems MISEIC 2019, 2019 - /-/2019
100 Statistical Reasoning Levels for High School Students in Resolving Statistical Problems MISEIC 2019, 2019 - /-/2019
101 Etnomatematika Budaya Jawa Timur Zifatama Jawara, 2019 - /-/2019
102 Pengembangan komik matematika berbasis kontekstual untuk materi lingkaran Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Dan Sains 3 (2), 55-64, 2019 - /-/2019
103 Ancient China history-based task to support students’ geometrical reasoning and mathematical literacy in learning Pythagoras Journal of Physics: Conference Series 1417 (1), 012042, 2019 - /-/2019
104 Kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal pola bilangan model TIMSS Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika 8 (2), 302-310, 2019 - /-/2019
105 Pengembangan produk melalui konsep halal fashion (studi pada produsen Batik Huza di kota Pekalongan) IAIN Pekalongan, 2019 - /-/2019
106 Profile of Flexibility of High School Students In Mathematical Problem-Solving Based on Personality Type Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Volume 8 (3), 1-10, 2019 - /-/2019
107 Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan Metode Mind Mapping pada Materi Segiempat di Kelas VII SMP MATHEdunesa 8 (3), 485-481, 2019 - /-/2019
108 PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DENGAN METODE MIND MAPPING PADA MATERI SEGIEMPAT DI KELAS VII SMP Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Volume 8 (3), 2019 - /-/2019
109 Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP berdasarkan Kecerdasan Linguistik dan Kecerdasan Logis Matematis dalam Menyelesaikan Masalah Sistem Persamaan Linier Dua Variabel … MATHEdunesa 8 (3), 524-530, 2019 - /-/2019
110 Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP berdasarkan Kecerdasan Linguistik dan Kecerdasan Logis Matematis dalam Menyelesaikan Masalah SPLDV MATHEdunesa 8 (3), 524-530 - /-/2019
111 Analysis of Students’statistical Reasoning in Solving Non-Routine Problems Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Volume 9 (1), 2020 - /-/2020
112 Pengaruh Minat-Bakat, Sarana-Prasarana dan Motivasi Belajar Terhadap Indeks Prestasi Komulatif Mahasiswa Media Pendidikan Matematika 8 (1), 1-10, 2020 - /-/2020
113 Vocational Students’ Conception about Mathematics as Sensible Based on Personality Types International Journal of Trends in Mathematics Education Research 3 (2), 122-127, 2020 - /-/2020
114 Vocational Student’ Conception about Mathematics as Sensible Based on Personality Types International Journal of Trends in Mathematics Education Research 3 (2), 122-127, 2020 - /-/2020
115 Guardian high school student’s conception about mathematics as sensible Journal of Physics: Conference Series 1581 (1), 012031, 2020 - /-/2020
116 The shadow reckoning problem from ancient society as context for learning Trigonometry Journal of Physics: Conference Series 1538 (1), 012098, 2020 - /-/2020
117 Learning pythagorean theorem from ancient China: A preliminary study Journal of Physics: Conference Series 1470 (1), 012018, 2020 - /-/2020
118 Statistical reasoning levels of high school students in solving statistics related problems Journal of Physics: Conference Series 1569 (4), 042064, 2020 - /-/2020
119 Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Berdasarkan Gaya Kognitif Reflektif dan Impulsif Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Dan Sains 4 (1), 22-32, 2020 - /-/2020
120 Kemampuan Koneksi Matematis Peserta Didik Kelas VIII dalam Menyelesaikan Masalah Kontekstual Materi Geometri Ditinjau dari Kemampuan Matematika Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika dan Sains (JPPMS) 4 (2020), 103-109, 2020 - /-/2020
121 Ethnomathematics in Majapahit’s Culture: Geometry Concepts and Pedagogy Reviews in the Life of Mlaten Trowulan Villagers Journal of Physics: Conference Series 1569 (4), 042063, 2020 - /-/2020
122 STUDENTS̢۪ THINKING PROCESSES IN SOLVING OPEN-ENDED PROBLEMS USING ONLINE LEARNING TAKING INTO ACCOUNT THE MATHEMATICAL ABILITY Pi: Mathematics Education Journal 4 (1), 20-30, 2021 - /-/2021
123 Students’ Mathematical Literacy in Solving PISA Problem Using Indonesian Cultural Context JRPM (Jurnal Review Pembelajaran Matematika) 6 (1), 52-67, 2021 - /-/2021
124 Statistical literacy of secondary school students in solving contextual problems taking into account the initial statistical ability Pi: Mathematics Education Journal 4 (1), 43-54, 2021 - /-/2021
125 Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Berdasarkan Gaya Kognitif Reflektif dan Impulsif Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika dan Sains (JPPMS) 4 (2020), 22-33, 2021 - /-/2021
126 Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Statistika Ditinjau Dari Kecerdasan Intrapersonal dan Interpersonal JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN MATEMATIKA DAN SAINS 3 (2) - /-/2021
127 Profil Metakognisi Siswa SMA dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel Ditinjau dari Kemampuan Matematika JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN MATEMATIKA DAN SAINS 5 (1), 37-42, 2021 - /-/2021
128 Kemampuan Koneksi Matematis Peserta Didik Kelas VIII dalam Menyelesaikan Masalah Kontekstual Materi Geometri Ditinjau Dari Kemampuan Matematika JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN MATEMATIKA DAN SAINS 4 (2) - /-/2021
129 Profil Komunikasi Matematika Tulis Siswa SMP dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau dari Kepribadian Extrovert dan Introvert JRPM (Jurnal Review Pembelajaran Matematika) 6 (2021), 1-12, 2021 - /-/2021
130 Pengembangan Komik Matematika Berbasis Kontekstual Untuk Materi Lingkaran JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN MATEMATIKA DAN SAINS 3 (2) - /-/2021
131 Eksplorasi Etnomatematika Arsitektur Kuno Di Kediri Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Dan Sains 5 (2), 71-83, 2021 - /-/2021
132 Students’ Thinking Processes in Solving Open-Ended Problems Using Online Learning Taking into Account the Mathematical Ability Pi: Mathematics Education Journal 4 (1), 20-30, 2021 - /-/2021
133 Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMA dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Ditinjau dari Self-Confidence MATHEdunesa 11 (3), 812-825, 2022 - /-/2022
134 Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Aljabar Mengacu pada Watson-Glaser Critical Thinking Appraisal MATHEdunesa 11 (3), 904-923, 2022 - /-/2022
135 Exploring Ethnomathematics on the Fish Breeding Activities in Tambak Bulak, Sidoarjo MATHEdunesa 11 (2022), 169-180, 2022 - /-/2022
136 Profil Penalaran Relasional Siswa Laki-laki Maskulin dan Perempuan Feminin dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan 4 (2022), 3319-3325, 2022 - /-/2022
137 Kemampuan Spasial Siswa SMP Laki-Laki Maskulin dan Perempuan Feminin dalam Memecahkan Masalah Geometri JRPM (Jurnal Review Pembelajaran Matematika) 7 (1), 35-54, 2022 - /-/2022
138 Profil Siswa SMA dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau Dari Gaya Berfikir MATHEdunesa 11 (1), 268-277, 2022 - /-/2022
139 KEMAMPUAN LITERASI STATISTIS SISWA SMA DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF SISTEMATIS DAN INTUITIF MATHEdunesa 11 (1), 255-267, 2022 - /-/2022
140 Profil Siswa SMA dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau dari Gaya Berpikir MATHEdunesa 11 (1), 268-277, 2022 - /-/2022
141 Analisis Kemampuan Numerasi Siswa SMA dalam Menyelesaikan Soal Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) MATHEdunesa 11 (3), 837-849, 2022 - /-/2022
142 Etnomatematika: Pengantar Studi Budaya dan Matematika - /-/2023
143 Kemampuan Siswa SMP dalam Menulis Bukti Ditinjau Berdasarkan Tingkat Kemampuan Matematika Pi: Mathematics Education Journal 6 (1), 17-32, 2023 - /-/2023
144 The Emergence and Form of Metacognitive Regulation: Case Study of More and Less Successful Outcome Groups in Solving Geometry Problems Collaboratively Mathematics Teaching-Research Journal (MTRJ) 15 (1), 25-42, 2023 - /-/2023

Karya Buku

No Judul Buku Tahun Jumlah Halaman Penerbit

Pemakalah Seminar Ilmiah

No Nama Temu ilmiah / Seminar Judul Artikel Ilmiah Waktu dan Tempat
1 Journal of Physics: Conference Series Patterns of interactions at grade 5 classroom in learning the topic of statistics viewed from cognitive load theory 2018
2 Journal of Physics: Conference Series Ancient China history-based task to support students' geometrical reasoning and mathematical literacy in learning Pythagoras 2019
3 Journal of Physics: Conference Series Learning pythagorean theorem from ancient China: A preliminary study 2020
4 Journal of Physics: Conference Series The shadow reckoning problem from ancient society as context for learning Trigonometry 2020
5 Journal of Physics: Conference Series Guardian high school student's conception about mathematics as sensible 2020
6 Journal of Physics: Conference Series Statistical reasoning levels of high school students in solving statistics related problems 2020

Hak Karya Ilmiah

No Judul/Tema HKI Tahun Jenis Nomor