Dra. Suliyanah, M.Si.

Dra. Suliyanah, M.Si., lahir di Surabaya pada tanggal 06-12-1961 adalah dosen di Universitas Negeri Surabaya. Dalam 1 tahun terakhir, mengampu 26 matakuliah. Sudah melakukan pengabdian sebanyak 7. Sudah mempublikasi Artikel Ilmiah dalam jurnal sebanyak 78. Menjadi pemakalah seminar ilmiah sebanyak 2. Memperoleh HKI sebanyak 5.

Identitas Diri

Riwayat Pendidikan

S1 S2
Nama Perguruan Tinggi IKIP UGM
Bidang Ilmu PENDIDIKAN FISIKA Ilmu Fisika
Tahun Masuk-Lulus 1980 - 1985 1992 - 1999
Judul Skripsi/Tesis/Disertasi STUDI TENTANG PENGARUH CARA BELAJAR DENGAN PAKET BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN DI BEBERAPA SMA NEGERI KOTA MADYA SURABAYA FISIKA -
Nama Pembimbing/Promotor Drs.SOEHARTO K. -

Mata Kuliah yang Diampu

No. Mata Kuliah
1 Argumentasi Fisika
2 Dasar Kependidikan
3 Eksperimen Fisika I
4 Eksperimen Fisika II
5 Filsafat Pendidikan
6 Fisika Modern
7 Fisika Sekolah
8 Fisika Umum
9 Kearifan Lokal Fisika
10 KETERAMPILAN MENGAJAR & PEMBELAJARAN MIKRO
11 Kewirausahaan
12 Kurikulum Sekolah
13 Magang Riset-Penganalisisan Data
14 Magang Riset-Pengumpulan Data
15 Metodologi Penelitian
16 Pembelajaran Mikro
17 Pengembangan Bahan Ajar
18 Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP)
19 Perencanaan Pembelajaran
20 PLP-Analisis Kurikulum
21 PLP-Pengembangan Rencana Pembelajaran
22 PLP-Praktik Mengajar
23 Seminar
24 Telaah Kurikulum Sekolah
25 Teori Belajar
26 Termodinamika

Data Penelitian Dari Sim Litabmas

No. Tahun Judul Sumber Dana
1 2015 Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Bahan Paduan Berbasis Experiential Learning Untuk Membentuk Karakter Entrepreneur Dan Life Skill Mahasiswa Fisika Litabmas
2 2014 Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Bahan Paduan Berbasis Experiential Learning Untuk Membentuk Karakter Entrepreneur Dan Life Skill Mahasiswa Fisika Litabmas
3 2015 Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Bahan Paduan Berbasis Experiential Learning Untuk Membentuk Karakter Entrepreneur Dan Life Skill Mahasiswa Fisika Litabmas
4 2014 Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Bahan Paduan Berbasis Experiential Learning Untuk Membentuk Karakter Entrepreneur Dan Life Skill Mahasiswa Fisika Litabmas
5 2015 Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Bahan Paduan Berbasis Experiential Learning Untuk Membentuk Karakter Entrepreneur Dan Life Skill Mahasiswa Fisika Litabmas
6 2014 Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Bahan Paduan Berbasis Experiential Learning Untuk Membentuk Karakter Entrepreneur Dan Life Skill Mahasiswa Fisika Litabmas
7 2015 Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Bahan Paduan Berbasis Experiential Learning Untuk Membentuk Karakter Entrepreneur Dan Life Skill Mahasiswa Fisika Litabmas
8 2014 Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Bahan Paduan Berbasis Experiential Learning Untuk Membentuk Karakter Entrepreneur Dan Life Skill Mahasiswa Fisika Litabmas
9 2015 Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Bahan Paduan Berbasis Experiential Learning Untuk Membentuk Karakter Entrepreneur Dan Life Skill Mahasiswa Fisika Litabmas
10 2014 Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Bahan Paduan Berbasis Experiential Learning Untuk Membentuk Karakter Entrepreneur Dan Life Skill Mahasiswa Fisika Litabmas
11 2015 Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Bahan Paduan Berbasis Experiential Learning Untuk Membentuk Karakter Entrepreneur Dan Life Skill Mahasiswa Fisika Litabmas
12 2014 Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Bahan Paduan Berbasis Experiential Learning Untuk Membentuk Karakter Entrepreneur Dan Life Skill Mahasiswa Fisika Litabmas
13 2015 Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Bahan Paduan Berbasis Experiential Learning Untuk Membentuk Karakter Entrepreneur Dan Life Skill Mahasiswa Fisika Litabmas
14 2014 Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Bahan Paduan Berbasis Experiential Learning Untuk Membentuk Karakter Entrepreneur Dan Life Skill Mahasiswa Fisika Litabmas
15 2015 Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Bahan Paduan Berbasis Experiential Learning Untuk Membentuk Karakter Entrepreneur Dan Life Skill Mahasiswa Fisika Litabmas
16 2014 Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Bahan Paduan Berbasis Experiential Learning Untuk Membentuk Karakter Entrepreneur Dan Life Skill Mahasiswa Fisika Litabmas
17 2024 Analisis Tren Penelitian Pendidikan Fisika dalam 30 Tahun Terakhir : Perspektif Arah dan Kebijakan Riset Menuju Indonesia Emas Litabmas
18 2024 Analisis Tren Penelitian Pendidikan Fisika dalam 30 Tahun Terakhir : Perspektif Arah dan Kebijakan Riset Menuju Indonesia Emas Litabmas
19 2024 Analisis Tren Penelitian Pendidikan Fisika dalam 30 Tahun Terakhir : Perspektif Arah dan Kebijakan Riset Menuju Indonesia Emas Litabmas

Data Penelitian Dari Non Litabmas

No. Tahun Judul Sumber Dana
1 2024 Ekplorasi Kearifan Lokal Budaya untuk Meningkatkan Literasi Sains Mahsiswa dalam mendukung SDG’s di Era Merdeka Belajar
2 2025 Penerapan Model Pembelajaran Glocal Wisdom dan Case Study Menggunakan Media Virtual Reality Ecoethnophysics untuk Meningkatkan Literasi Sains Mahasiswa
3 2024 Pengembangan Intrumen Deteksi Miskonsepsi untuk Mengetahui Pemahaman Konsep Mahasiswa Tentang Mekanika
4 2025 Penguatan Riset Grup Etnofisika sebagai Upaya Mensinergikan Kearifan Lokal dan Konteks Global untuk Membangun Ekosistem Glokalisasi Pendidikan di Indonesia
5 2022 PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN KETERAMPILAN ARGUMENTASI DAN BERPIKIR KRITIS PADA MATAKULIAH ILMU PENGETAHUAN BUMI DAN ANTARIKSA
6 2020 IDENTIFIKASI "INFODEMIC" DI ERA COVID-19 PANDEMIC DENGAN PENDEKATAN POLA ARGUMENTASI TOULMIN BAGI MAHASISWA JURUSAN FISIKA
7 2021 Identifikasi Fenomena Fisika di Kehidupan Sehari-hari Berdasarkan Pola Argumentasi Toulmin bagi Mahasiswa Jurusan Fisika pada Masa Pandemi Covid-19
8 2023 Strategi Masyarakat Desa Compreng, Kecamatan Widang, Kabupaten Tuban dalam Mengusir Hama Burung di Lahan Pertanian Sawah: Kajian Etnofisika
9 2022 Pengembangan Instrumen Penilaian Keterampilan Argumentasi dan Berpikir Kritis pada Matakuliah Ilmu Pengetahuan Bumi dan Antariksa
10 2024 Optimalisasi LMS SiDia Unesa melalui Pengembangan Media dan Perangkat Pembelajaran Physics Edutainment Berbasis Kearifan Lokal untuk Mencapai Sustainable Development Goals (SDGs)

Pengabdian Kepada Masyarakat

No Tahun Judul Pengabdian Sumber Pendanaan
1 2021 Pelatihan Pembuatan Sistem Hidroponik Tenaga Panel Surya di Lingkungan RT 57 RW 12 Kelurahan Kebonagung Sukodono Sidoarjo
2 2020 Pelatihan Pembuatan Hand Sanitizer dari Bahan Alam di Lingkungan RW 12 Kelurahan Kebonagung Sukodono Sidoarjo
3 2022 PENDAMPINGAN DESA TENGKET MENJADI DESA WISATA BERBASIS KEARIFAN LOKAL KERAPAN SAPI MELALUI UPGRADING SOCIAL MEDIA, SPORT TOURISM, DAN VIRTUAL TOURISM
4 2022 DESAIN KEGIATAN LABORATORIUM BERORENTASI PADA PENDEKATAN SAINTIFIK BAGI GURU SEKOLAH DASAR SUKOREJO BOJONEGORO
5 2023 Pengenalan Pembelajaran Remidiasi Miskonsepsi Konsep-Konsep Fisika bagi Anggota MGMP Fisika Kota Surabaya
6 2025 Pelatihan Mendesain Pembelajaran Kreatif Berbasis Local Wisdom Bagi Guru MGMP Fisika Kabupaten Trenggalek: Integrasi Konten dalam Materi Pembelajaran
7 2024 Pelatihan Literasi Penelitian di Kalangan MGMP Fisika SMA Sidoarjo: Integrasi Publikasi Ilmiah dalam Merdeka Belajar

Publikasi Jurnal

No Judul Artikel Ilmiah Nama Jurnal Volume/Nomor/Tahun
1 Analysis of knowledge, understanding, and skills of physics teachers of state senior high schools in developing and analyzing test items Jurnal Pendidikan IPA Indonesia 6 /-/2017
2 PENGEMBANGAN BOOKLET ETNOSAINS DENGAN TEMA - /-/0
3 Implementasi Metode Bermain Peran untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Materi Gerak Bumi dan Bulan di Kelas VIII SMP Negeri 5 Sidoarjo Pensa: Jurnal Pendidikan Sains 3 (03), 251712, 0 - /-/0
4 Suliyanah.(2016). Penerapan Model Pembelajaran Guided Discovery Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa Pada Materi Kalor Di Kelas X SMAN 1 Nganjuk Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika (JIPF) 5 (02), 0 - /-/0
5 S., and Wahyuni, S.(2018). The effectiveness of collaborative problem based physics learning (CPBPL) model to improve student’s self-confidence on physics learning Journal Physics: Conference Series 997 (1), 012008, 0 - /-/0
6 Implementasi Model Pembelajaran Guided Inquiry pada Materi Kalor dan Perpindahannya untuk Melatih Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Kelas VII Pensa: Jurnal Pendidikan Sains 4 (03), 252669 - /-/0
7 S., and Wahyuni, S.(2018). The effectiveness of collaborative problem based physics learning (CPBPL) model to improve student’s self-confidence on physics learning Journal Physics: Conference Series 997 (1), 012008 - /-/0
8 THE CONTRIBUTION OF TOULMIN'S ARGUMENTATION PATTERNS IN PHYSICS LEARNING IN INDONESIA: LITERATURE REVIEW Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA 14 (1), 93-106, 0 - /-/0
9 Suliyanah.(2016). Penerapan Model Pembelajaran Guided Discovery Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa Pada Materi Kalor Di Kelas X SMAN 1 Nganjuk Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika (JIPF) 5 (02) - /-/0
10 Exploration Concept of Physics on Local Wisdom in Traditional Game Angkle (Engklek) as Student Teaching Material Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika 11 (1), 40-50, 0 - /-/0
11 PENGEMBANGAN BOOKLET ETNOSAINS DENGAN TEMA - /-/0
12 Implementasi Model Pembelajaran Guided Inquiry pada Materi Kalor Dan Perpindahannya untuk Melatih Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Kelas VII Pensa: Jurnal Pendidikan Sains 4 (03), 252669, 0 - /-/0
13 MNR, and Admoko, S.(2018). Exploring physics concepts among novice teacher through CMAP tools Journal Physics: Conference Series 997 (11), 1-7 - /-/0
14 Implementasi Metode Bermain Peran untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Materi Gerak Bumi dan Bulan di Kelas VIII SMP Negeri 5 Sidoarjo Pensa: Jurnal Pendidikan Sains 3 (03), 251712 - /-/0
15 Suliyanah. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Guided Discovery Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa Pada Materi Kalor Di Kelas X SMAN 1 Nganjuk Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika (JIPF) 5, 64-68 - /-/0
16 Analisis Distribusi Tegangan Pada Model Fotoelastis Dengan Metode Fotoelastisitas Jurnal Fisika Indonesia 3 (1999), 1999 - /-/1999
17 The Application of Teaching Materials Bases on SCL (Student Centered Learning) to Increase Student Competence at Basic Physics 1 Department of Physics FMIP... - /-/2009
18 PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL LEARNING CYCLE (5E) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMP KELAS VII PADA MATERI KALOR DAN PERPINDAHANNYA PENDIDIKAN SAINS 3 (03), 2015 - /-/2015
19 PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL LEARNING CYCLE (5E) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMP KELAS VII PADA MA... PENDIDIKAN SAINS 3 (03) - /-/2015
20 Pengembangan perangkat pembelajaran untuk mereduksi miskonsepsi siswa pada materi rangkaian listrik dengan scientific approach Jurnal Penelitian Fisika dan Aplikasinya (JPFA) 5 (1), 28-32, 2015 - /-/2015
21 Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) dengan Mengintegrasikan Keterampilan Time Token Pada Materi Fluida Statik untuk Meningkatkan Hasil … Inovasi Pendidikan Fisika 4 (2), 2015 - /-/2015
22 PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS (THINK PAIR SHARE) DENGAN MENGINTEGRASIKAN STRATEGI INDEX CARD MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN … Inovasi Pendidikan Fisika 4 (2), 2015 - /-/2015
23 Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) dengan Mengintegrasikan Keterampilan Time Token Pada Materi Fluida Statik untuk Meningkatkan Hasil … Inovasi Pendidikan Fisika 4 (2) - /-/2015
24 IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY MATERI INTERAKSI ANTAR MAKHLUK HIDUP DAN LINGKUNGANNYA UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PENSA E-JURNAL: PENDIDIKAN SAINS 3 (03), 2015 - /-/2015
25 Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) dengan Mengintegrasikan Keterampilan Time Token Pada Materi Fluida Statik untuk Meningkatkan Hasil … Inovasi Pendidikan Fisika 4 (2), 2015 - /-/2015
26 Pengaruh Strategi Pembelajaran Question Student Have (QSH) dalam Pendekatan Saintifik Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Fluida Statis di Kelas X MIA 4 SMA Negeri 1 … Inovasi Pendidikan Fisika 4 (2), 2015 - /-/2015
27 Penerapan Model Pembelajaran Problem Posing Tipe Pre Solution Posing Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Fluida Statik Kelas X MAN Bangkalan Inovasi Pendidikan Fisika 4 (2), 2015 - /-/2015
28 PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS (THINK PAIR SHARE) DENGAN MENGINTEGRASIKAN STRATEGI INDEX CARD MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN … Inovasi Pendidikan Fisika 4 (2) - /-/2015
29 PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS (THINK PAIR SHARE) DENGAN MENGINTEGRASIKAN STRATEGI INDEX CARD MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN … Inovasi Pendidikan Fisika 4 (2), 2015 - /-/2015
30 Pengaruh Strategi Pembelajaran Question Student Have (QSH) dalam Pendekatan Saintifik Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Fluida Statis di Kelas X MIA 4 SMA Negeri 1 … Inovasi Pendidikan Fisika 4 (2), 2015 - /-/2015
31 Penerapan Pendekatan Saintifik Melalui Model Discovery Learning Pada Materi Fluida Statis Untuk Meningkatkan Hasil Belajara Siswa Di Kelas X Sma Negeri 8 Surabaya Inovasi Pendidikan Fisika 4 (2), 2015 - /-/2015
32 Pengaruh Strategi Pembelajaran Question Student Have (QSH) dalam Pendekatan Saintifik Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Fluida Statis di Kelas X MIA 4 SMA Negeri 1 … Inovasi Pendidikan Fisika 4 (2) - /-/2015
33 Identifikasi Kualitas Instrumen Soal Three-Tier Diagnostic Test Pada Materi Suhu, Kalor dan Perpindahannya Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika (JIPF) Vol 5 (03), 216-219, 2016 - /-/2016
34 Pengaruh Penerapan Strategi Motivasi ARCS Dalam Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Perpindahan Kalor Di Kelas X SMAN 1 Mojosari Inovasi Pendidikan Fisika 5 (2), 2016 - /-/2016
35 Penerapan Model Pembelajaran Guided Discovery dengan Bantuan Software PhET pada Materi Fluida Statis di Kelas X SMAN 1 Wringinanom Inovasi Pendidikan Fisika 5 (3), 2016 - /-/2016
36 Penerapan model pembelajaran guided discovery untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa pada materi kalor di kelas X SMAN 1 Nganjuk Inovasi Pendidikan Fisika 5 (2), 2016 - /-/2016
37 PROFIL MISKONSEPSI SISWA DALAM MODEL ECIRR BERBANTUAN PhET SIMULATION PADA MATERI MOMENTUM, IMPULS, DAN TUMBUKAN Inovasi Pendidikan Fisika 5 (3), 2016 - /-/2016
38 PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH PADA MATERI KALOR DI KELAS X SMAN 1 WRINGINANOM Inovasi Pendidikan Fisika 5 (2), 2016 - /-/2016
39 Model Pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) dengan Strategi Guided Teaching di SMA Negeri 1 Tarik Inovasi Pendidikan Fisika 5 (2), 2016 - /-/2016
40 Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Team Achievement Division) Disertai Tugas Open Ended untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Kalor di … Inovasi Pendidikan Fisika 5 (2) - /-/2016
41 PENERAPAN PEMBERIAN TUGAS TERSTRUKTUR DALAM MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA Inovasi Pendidikan Fisika 5 (3), 2016 - /-/2016
42 Penerapan Model Learning Cycle 5 E Dengan Strategi Question Student Have Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa PENSA E-JURNAL: PENDIDIKAN SAINS 4 (02), 2016 - /-/2016
43 Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) dengan Metode Active Knowledge Sharing Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Perpindahan Kalor di … Inovasi Pendidikan Fisika 5 (2) - /-/2016
44 Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Team Achievement Division) Disertai Tugas Open Ended untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Kalor di … Inovasi Pendidikan Fisika 5 (2), 2016 - /-/2016
45 Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) dengan Metode Active Knowledge Sharing Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Perpindahan Kalor di … Inovasi Pendidikan Fisika 5 (2), 2016 - /-/2016
46 Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Team Achievement Division) Disertai Tugas Open Ended untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Kalor di … Inovasi Pendidikan Fisika 5 (2), 2016 - /-/2016
47 Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) dengan Metode Active Knowledge Sharing Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Perpindahan Kalor di … Inovasi Pendidikan Fisika 5 (2), 2016 - /-/2016
48 PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS INKUIRI TERBIMBING UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA POKOK BAHASAN HUKUM NEWTON DI SMA NEGERI 1 DRIYOREJO Inovasi Pendidikan Fisika 6 (3), 2017 - /-/2017
49 Diagnosis miskonsepsi siswa pada materi momentum, impuls, dan tumbukan menggunakan Three-Tier Diagnostic Test Inovasi Pendidikan Fisika 6 (3), 2017 - /-/2017
50 Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Model Siklus Belajar 7E pada Submateri Hukum Archimedes sebagai Sarana Pembelajaran Fisika di SMA Al-Islam Krian Inovasi Pendidikan Fisika 6 (3), 2017 - /-/2017
51 Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) untuk Melatihkan Self-efficacy Siswa pada Materi Getaran Harmonik Sederhana di MAN 2 Kediri Inovasi Pendidikan Fisika 6 (3), 2017 - /-/2017
52 Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Materi Getaran Harmonis Sederhana Inovasi Pendidikan Fisika 6 (3), 2017 - /-/2017
53 Pengembangan Lembar Kerja Siswa (Lks) Untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Sman 4 Sidoarjo Pada Materi Kalor Inovasi Pendidikan Fisika 6 (3), 2017 - /-/2017
54 Analysis of knowledge, understanding and skills of physics teachers of state senior high schools in developing and analyzing test items Jurnal Pendidikan IPA Indonesia 6 (2), 335-340, 2017 - /-/2017
55 The effectiveness of collaborative problem based physics learning (CPBPL) model to improve student’s selfconfidence on physics learning Journal Physics: Conference Series 997 (08), 1-6 - /-/2018
56 DEVELOPMENT OF STUDENTS’WORKSHEET BASED GUIDED INQUIRY TO TRAIN SCIENCE PROCESS SKILL IN SIMPLE HARMONIC MOTION MATERIAL Inovasi Pendidikan Fisika 7 (2), 2018 - /-/2018
57 Analysis of College Students’ Misconception on Geometrical Optics International Conference on Science and Technology (ICST 2018), 896-903, 2018 - /-/2018
58 Identification student’s misconception of heat and temperature using three-tier diagnostic test Journal of Physics: Conference Series 997 (1), 012035, 2018 - /-/2018
59 PENERAPAN PEMBELAJARAN MODEL INQUIRY LABORATORY UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK Inovasi Pendidikan Fisika 7 (3), 2018 - /-/2018
60 PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN METODE GIVING QUESTION AND GETTING ANSWER UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN BERTANYA PESERTA DIDIK Inovasi Pendidikan Fisika 7 (3), 2018 - /-/2018
61 Pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis group investigation untuk melatihkan self efficacy peserta didik pada materi momentum dan impuls di sman 2 bangkalan Inovasi Pendidikan Fisika 7 (2), 2018 - /-/2018
62 PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS GUIDED DISCOVERY UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK PADA MATERI GETARAN HARMONIS DI MA NEGERI SIDOARJO Inovasi Pendidikan Fisika 7 (2), 2018 - /-/2018
63 PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS LEARNING CYCLE 7E UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS Inovasi Pendidikan Fisika 7 (2) - /-/2018
64 PENGEMBANGAN KIT PRAKTIKUM PEGAS BERBASIS PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY PADA MAATERI ELASTISITAS SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SISWA SMA Inovasi Pendidikan Fisika 7 (2), 2018 - /-/2018
65 Pengembangan lembar kerja peserta didik (lkpd) untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis pada materi getaran Harmonik Sederhana Inovasi Pendidikan Fisika 7 (2), 2018 - /-/2018
66 PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN TUGAS PROYEK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF Inovasi Pendidikan Fisika 7 (2), 2018 - /-/2018
67 Profil Keterampilan Berpikir Kreatif Ilmiah Siswa Pada Materi Momentum Dan Impuls Kelas Xi SMA Negeri 1 Tarik Sidoarjo Inovasi Pendidikan Fisika 7 (1), 2018 - /-/2018
68 PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DENGAN METODE SNOWBALL DRILLING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK Inovasi Pendidikan Fisika 8 (1), 2019 - /-/2019
69 The Sun about Heliocentric Theory in Science Perspective and Al-Qur’an Tafsir al-Maraghi Al-Hayat: Journal of Islamic Education 4 (2), 170-180, 2020 - /-/2020
70 Muslim Students' Understanding about Interconnection of Gravity in Science and The Qur'an Studies in Philosophy of Science and Education 1 (3), 127-136, 2020 - /-/2020
71 Model Pembelajaran ECIRR (Elicit-Confront-Identify-Resolve-Reinforce) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Materi Gerak Lurus PENDIPA Journal of Science Education 5 (3), 444-450, 2021 - /-/2021
72 Penerapan Model Pembelajaran Curious Note Program (CNP) untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Materi Hukum Newton PENDIPA Journal of Science Education 5 (2), 262-268, 2021 - /-/2021
73 How do Astrophysics and the Qur'an Perceive the Extraterrestrial Life? A Qualitative Study Jurnal Pendidikan Fisika 10 (2), 107-122, 2022 - /-/2022
74 The Implementation of Problem Based Learning Model: An Effort in Upgrading Students' Problem-Solving Skills Jurnal Pendidikan Fisika 10 (2), 123-129, 2022 - /-/2022
75 Profile of Students’ Literature Skills and Responses to Outdoor Learning at Surabaya Submarine Monument in Archimedes Law Prisma Sains: Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran Matematika dan IPA …, 2022 - /-/2022
76 The Effect of POGIL Model With PAVES-PEPS Strategy to Improve Students' Self-Efficacy and Learning Outcomes in Physics Learning Prisma Sains: Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran Matematika dan IPA …, 2022 - /-/2022
77 Pengembangan Media Pembelajaran berbasis Game Ular Tangga Numerasi Oleh KKN Unesa untuk Mendukung Program SAS (Sekolah Arek Suroboyo) Dedikasi: Journal of Community Engagement and Empowerment 1 (1), 16-21, 2023 - /-/2023
78 Exploration Physics Concepts In Local Wisdom Mappere Bone South Sulawesi as A Source of Physics Learning: An Analytical Study JIPF (Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika) 8 (1), 94-104, 2023 - /-/2023

Karya Buku

No Judul Buku Tahun Jumlah Halaman Penerbit

Pemakalah Seminar Ilmiah

No Nama Temu ilmiah / Seminar Judul Artikel Ilmiah Waktu dan Tempat
1 Journal of Physics: Conference Series Identification student's misconception of heat and temperature using three-tier diagnostic test 2018
2 Journal of Physics: Conference Series Grounding physics and its learning for building global wisdom in the 21st century 2019

Hak Karya Ilmiah

No Judul/Tema HKI Tahun Jenis Nomor
1 Panduan Praktikum Fisika Modern 2021 hak cipta EC00202173333
2 Panduan Praktikum Termodinamika 2021 hak cipta EC00202173334
3 Video Microteaching Inovasi Pembelajaran Fisika Berbantuan Virtual Reality dan Virtual Laboratory pada Materi Dinamika Gerak 2023 hak cipta EC00202348521
4 Kearifan Lokal Karapan Sapi Madura Pada Pembelajaran Fisika Materi Hukum Newton 2023 hak cipta EC00202359168
5 Instrumen Tes Pembelajaran Fisika dengan Model PBL Berbasis STEM Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik 2023 hak cipta EC00202392052