
Dr. H. Pamuji, M.Kes.
Dr. H. Pamuji, M.Kes., lahir di Magetan pada tanggal 16-07-1962 adalah dosen di Universitas Negeri Surabaya. Dalam 1 tahun terakhir, mengampu 38 matakuliah. Sudah melakukan pengabdian sebanyak 17.

Identitas Diri
Riwayat Pendidikan
S1 | S2 | S3 | |
---|---|---|---|
Nama Perguruan Tinggi | UNS | UNAIR | UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA |
Bidang Ilmu | Pendidikan Khusus (P.Kh) | pendidikan kesehatan dan Ilmu Perilaku | Teknologi Pendidikan |
Tahun Masuk-Lulus | 1982 - 1986 | 1998 - 2002 | - - 2022 |
Judul Skripsi/Tesis/Disertasi | pengaruh Pembelajaran Dengan Modul Terhadap Hasil belajar PKn bagi anak Tunanetra | Kesehatan Lingkungan Sekolah Dasar Negeri di Sidoarjo | - |
Nama Pembimbing/Promotor | Drs. Marika Subrata, dan Drs. Samsidar | Dr. Rahmad Hargono, M.Ph. dan Drs. Andi Santosa, M.Si. | - |
Mata Kuliah yang Diampu
No. | Mata Kuliah |
---|---|
1 | Asesmen dan Intervensi Anak Tunanetra |
2 | Asesmen dan Intervensi dini ABK di PAUD |
3 | BACA TULIS BRAILLE BERBASIS ICT |
4 | Braille |
5 | BRAILLE BERBASIS ICT |
6 | Braille II |
7 | Filsafat Pendidikan |
8 | Internship |
9 | Intervensi Dini Anak Berkebutuhan Khusus |
10 | KETERAMPILAN MENGAJAR DAN PEMBELAJARAN MIKRO |
11 | KKN |
12 | MANAJEMEN PERILAKU ANAK SPEKTRUM AUTIS |
13 | Media Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus |
14 | Metodologi Penelitian Pendidikan Inklusif |
15 | Micro Teaching |
16 | Orientasi dan Mobilitas II |
17 | Orientasi, Mobilitas, Sosial, dan Komunikasi |
18 | Ortopedagogik (Perkeb. dan Pendidikan Abk) |
19 | Pembelajaran Anak dengan Disabilitas Majemuk |
20 | Pembelajaran Anak dengan Gangguan Pemusatan Perhatian dan Hiperaktif |
21 | PEMBELAJARAN ANAK TUNANETRA |
22 | Pembelajaran berbasis Desain Universal |
23 | Pendidikan Inklusi |
24 | PENDIDIKAN INKLUSI |
25 | Pendidikan Inklusi AUD |
26 | Pendidikan Inklusif |
27 | Pengembangan Media Pembelajaran Akomodatif |
28 | Pengenalan Lapangan Persekolahan |
29 | Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) |
30 | PLP-Praktik Mengajar |
31 | Program Lapangan Pembelajaran |
32 | Proposal Tugas Akhir |
33 | PROPOSAL TUGAS AKHIR |
34 | SISTEM PEMROSESAN INFORMASI PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS |
35 | Skripsi |
36 | Tesis |
37 | TUGAS AKHIR |
38 | Tumbuh Kembang Anak Berkebutuhan Khusus |
Data Penelitian Dari Sim Litabmas
No. | Tahun | Judul | Sumber Dana |
---|---|---|---|
1 | 2019 | PELATIHAN MEMODIFIKASI MODEL PEMBELAJARAN UNTUK KELAS INKLUSI BAGI GURU SD - SMP DI KABUPATEN GRESIK | Litabmas |
2 | 2022 | PEMBELAJARAN DIFERENSIASI UNTUK MENGIMPLEMENTASIKAN MERDEKA BELAJAR ANAK BEKEBUTUHAN KHUSUS DI TK REGULER | Litabmas |
3 | 2022 | PENDEKATAN PEMBELAJARAN SEE SAY DO UNTUK MENGEMBANGKAN SIKAP MANDIRI BERAKTIVITAS DI SEKOLAH DALAM MEMWUJUDKAN MERDEKA BALAJAR ANAK DISABEL NETRA | Litabmas |
4 | 2020 | PENGEMBANGAN MODEL TERAPI TOTOK DO'A BUGAR UNTUK MENINGKATKAN IMUNITAS TUBUH TERHADAP COVID-19 | Litabmas |
5 | 2022 | PENDEKATAN PEMBELAJARAN SEE SAY DO UNTUK MENGEMBANGKAN SIKAP MANDIRI BERAKTIVITAS DI SEKOLAH DALAM MEMWUJUDKAN MERDEKA BALAJAR ANAK DISABEL NETRA | Litabmas |
6 | 2020 | PENGEMBANGAN MODEL TERAPI TOTOK DO'A BUGAR UNTUK MENINGKATKAN IMUNITAS TUBUH TERHADAP COVID-19 | Litabmas |
7 | 2022 | PENDEKATAN PEMBELAJARAN SEE SAY DO UNTUK MENGEMBANGKAN SIKAP MANDIRI BERAKTIVITAS DI SEKOLAH DALAM MEMWUJUDKAN MERDEKA BALAJAR ANAK DISABEL NETRA | Litabmas |
8 | 2020 | PENGEMBANGAN MODEL TERAPI TOTOK DO'A BUGAR UNTUK MENINGKATKAN IMUNITAS TUBUH TERHADAP COVID-19 | Litabmas |
9 | 2022 | PENDEKATAN PEMBELAJARAN SEE SAY DO UNTUK MENGEMBANGKAN SIKAP MANDIRI BERAKTIVITAS DI SEKOLAH DALAM MEMWUJUDKAN MERDEKA BALAJAR ANAK DISABEL NETRA | Litabmas |
10 | 2022 | PENDEKATAN PEMBELAJARAN SEE SAY DO UNTUK MENGEMBANGKAN SIKAP MANDIRI BERAKTIVITAS DI SEKOLAH DALAM MEMWUJUDKAN MERDEKA BALAJAR ANAK DISABEL NETRA | Litabmas |
11 | 2020 | PENGEMBANGAN MODEL TERAPI TOTOK DO'A BUGAR UNTUK MENINGKATKAN IMUNITAS TUBUH TERHADAP COVID-19 | Litabmas |
12 | 2020 | PENGEMBANGAN MODEL TERAPI TOTOK DO'A BUGAR UNTUK MENINGKATKAN IMUNITAS TUBUH TERHADAP COVID-19 | Litabmas |
13 | 2019 | PELATIHAN MEMODIFIKASI MODEL PEMBELAJARAN UNTUK KELAS INKLUSI BAGI GURU SD - SMP DI KABUPATEN GRESIK | Litabmas |
14 | 2019 | PEMANFAATAN APLIKASI PENGENALAN HEWAN BERBASIS GAWAI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI ANAK AUTIS | Litabmas |
15 | 2019 | PEMANFAATAN APLIKASI PENGENALAN HEWAN BERBASIS GAWAI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI ANAK AUTIS | Litabmas |
16 | 2020 | PENGEMBANGAN MODEL TERAPI TOTOK DO'A BUGAR UNTUK MENINGKATKAN IMUNITAS TUBUH TERHADAP COVID-19 | Litabmas |
17 | 2020 | PENGEMBANGAN MODEL TERAPI TOTOK DO'A BUGAR UNTUK MENINGKATKAN IMUNITAS TUBUH TERHADAP COVID-19 | Litabmas |
18 | 2019 | PEMANFAATAN APLIKASI PENGENALAN HEWAN BERBASIS GAWAI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI ANAK AUTIS | Litabmas |
19 | 2020 | PENGEMBANGAN MODEL TERAPI TOTOK DO'A BUGAR UNTUK MENINGKATKAN IMUNITAS TUBUH TERHADAP COVID-19 | Litabmas |
20 | 2020 | PENGEMBANGAN MODEL TERAPI TOTOK DO'A BUGAR UNTUK MENINGKATKAN IMUNITAS TUBUH TERHADAP COVID-19 | Litabmas |
21 | 2019 | PEMANFAATAN APLIKASI PENGENALAN HEWAN BERBASIS GAWAI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI ANAK AUTIS | Litabmas |
22 | 2020 | PENGEMBANGAN MODEL TERAPI TOTOK DO'A BUGAR UNTUK MENINGKATKAN IMUNITAS TUBUH TERHADAP COVID-19 | Litabmas |
23 | 2019 | PEMANFAATAN APLIKASI PENGENALAN HEWAN BERBASIS GAWAI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI ANAK AUTIS | Litabmas |
24 | 2024 | PENGEMBANGAN MODEL OBJEK ATTACHMENT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SLB SURABAYA. | Litabmas |
25 | 2024 | PELATIHAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN SEE SAY DO BAGI GURU SLB UNTUK MENGEMBANGKAN SIKAP MANDIRI BERAKTIVITAS DI SEKOLAH BAGI ANAK DISABILITAS NETRA | Litabmas |
26 | 2024 | PENGEMBANGAN MODEL OBJEK ATTACHMENT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SLB SURABAYA. | Litabmas |
27 | 2024 | PELATIHAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN SEE SAY DO BAGI GURU SLB UNTUK MENGEMBANGKAN SIKAP MANDIRI BERAKTIVITAS DI SEKOLAH BAGI ANAK DISABILITAS NETRA | Litabmas |
28 | 2024 | PENGEMBANGAN MODEL OBJEK ATTACHMENT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SLB SURABAYA. | Litabmas |
29 | 2024 | PELATIHAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN SEE SAY DO BAGI GURU SLB UNTUK MENGEMBANGKAN SIKAP MANDIRI BERAKTIVITAS DI SEKOLAH BAGI ANAK DISABILITAS NETRA | Litabmas |
30 | 2024 | STUDI KOMPARASI CALON GURU MENGENAI PENGETAHUAN, PERSEPSI DAN SIKAP TERHADAP PENDIDIKAN INKLUSIF | Litabmas |
Data Penelitian Dari Non Litabmas
No. | Tahun | Judul | Sumber Dana |
---|---|---|---|
1 | 2019 | Pengembangan Model Jam Getar Detector Untuk Lomba Lari Lintasan Melengkung Bagi Difabel Netra | |
2 | 2023 | Implememtasi Model Hybrid Learning Indoor And Outdoor Study Untuk Pengembangan Keterampilan Interaksi Sosial Anak Disabilitas Autis Di TK Reguler | |
3 | 2025 | IMPLEMENTASI DESAIN PEMBELAJARAN FUNGSIONAL BERBASIS IN-OUTDOOR STUDY UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN PESERTA DIDIK MDVI PADA SEKOLAH KHUSUS SE JAWA TIMUR | |
4 | 2023 | Pengembangan Bahan Ajar Mata kuliah Orientasi Mobilitas Sosial dan Komunikasi Pada Program Studi Pendidikan Luar Biasa | |
5 | 2025 | Pengembangan Pembelajaran Keterampilan Batik Jumputan bagi Anak Disabilitas Netra Anak Usia Dini | |
6 | 2025 | Kajian Korelasi: Kemampuan activity daily living dan Persepsi Kepuasan Hidup Penyandang Difabel Netra di Indonesia | |
7 | 2024 | PENGEMBANGAN MODEL OBJEK ATTACHMENT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SLB SURABAYA. | |
8 | 2021 | MANAJEMEN BLENDED LEARNING DI SLB YPAB SURABAYA | |
9 | 2021 | Pola Pengembangan Kewirausahaan Mahasiswa FIP Unesa dalam Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka | |
10 | 2025 | IMPLEMENTASI DESAIN PEMBELAJARAN FUNGSIONAL BERBASIS IN-OUTDOOR STUDY UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN PESERTA DIDIK MDVI PADA SEKOLAH KHUSUS SE JAWA TIMUR | |
11 | 2020 | Pengembangan Model Senam Tera Awal Pembelajaran Untuk Mencegah Covid-19 bagi Anak Usia Dini | |
12 | 2022 | : Pengembangan Kemandirian Penyandang Cacat Buta Melalui Kewirausahaan Jasa Panti Pijat Tunanetra | |
13 | 2022 | PENGEMBANGAN MANAJEMEN HYBRID LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KOLABORATIF PARTISIPATORIK DI SLBA YPAB SURABAYA | |
14 | 2024 | Efektivitas Pendekatan See Say Do Untuk Mengembangkan Aktivitas Mandiri di Sekolah Dalam Mewujudkan Merdeka Belajar Anak Disabilitas Netra | |
15 | 2020 | Pengembangan Model Terapi Totok Do'a Bugar Untuk Meningkatkan Imunitas Tubuh Terhadap COVID-19 | |
16 | 2022 | Pengembangan Kemandirian penyandang cacat buta melalui kewirausahaan jasa panti pijat tunanetra | |
17 | 2019 | PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN GURU DALAM BIMBINGAN PRIBADI SOSIAL DENGAN TEKNIK ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN INTERAKSI SOSIAL ANAK AUTIS DI SEKOLAH DASAR INKLUSI | |
18 | 2022 | Pendekatan Pembelajaran See Say Do untuk Mengembangkan Sikap Mandiri Beraktivitas di Sekolah Dalam Memwujudkan Merdeka Balajar Anak Disabel Netra | |
19 | 2023 | Pengembangan Desain Pembelajaran Fungsional Berbasis In-Outdoor Study Untuk Meningkatkan Kemandirian Peserta Didik MDVI Pada Sekolah Khusus Se Jawa Timur | |
20 | 2024 | IMPLEMENTASI DESAIN PEMBELAJARAN FUNGSIONAL BERBASIS IN-OUTDOOR STUDY UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN PESERTA DIDIK MDVI PADA SEKOLAH KHUSUS SE JAWA TIMUR | |
21 | 2025 | Koreografi Tari Anak untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Anak Disabilitas Netra | |
22 | 2025 | Pengembangan Desain Pembelajaran SEVENSI Untuk meningkatkan Keterampilan Menggambar bagi Disabilitas Netra Usia Dini | |
23 | 2021 | Model Hybrid Learning Indoor And Outdoor Study Untuk Meningkatkan Layanan Interaksi Sosial Penyandang Disabilitas Usia Dini Bagi Guru TK Inklusi | |
24 | 2024 | Studi Komparasi Calon Guru Mengenai Pengetahuan, Persepsi dan Sikap Terhadap Pendidikan Inklusif | |
25 | 2025 | PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBICARA PADA ANAK DISABILITAS RUNGU DI SEKOLAH INKLUSI SURABAYA | |
26 | 2020 | PENGEMBANGAN MODEL JAM GETAR DETECTOR UNTUK LOMBA LARI LINTASAN MELENGKUNG BAGI DIFABEL NETRA | |
27 | 2024 | PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN DENGAN MODEL CASE METHOD PADA MATA KULIAH PENDIDIKAN INKLUSIF | |
28 | 2023 | STUDI KEWIRAUSAHAAN BAGI DISABILITAS TUNANETRA DI KOTA SURABAYA JAWA TIMUR |