Dr. Urip Zaenal Fanani, M.Pd.

Dr. Urip Zaenal Fanani, M.Pd., lahir di Surabaya pada tanggal 25-07-1963 adalah dosen di Universitas Negeri Surabaya. Dalam 1 tahun terakhir, mengampu 51 matakuliah. Sudah melakukan pengabdian sebanyak 14. Sudah mempublikasi Artikel Ilmiah dalam jurnal sebanyak 221.

Identitas Diri

Riwayat Pendidikan

S1 S2 S3
Nama Perguruan Tinggi INSTITUT KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN SURABAYA UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA
Bidang Ilmu PENDIDIKAN BAHASA JEPANG PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA
Tahun Masuk-Lulus - - 1989 - - 2002 2004 - 2010
Judul Skripsi/Tesis/Disertasi Perbedaan Pemakaian Bahasa Pria Dan Bahasa Wanita Dalam Bahasa Percakapan Bahasa Jepang Perilaku Tokoh Utama Dalam "Rumah Perawan" (Nemurero Bijo) Karya Kawabata Yasunari Terhadap Kematian : Pendekatan Psikologi Tindak Tutur Imperatif Langsung Bahasa Jepang Dalam Novel YUKIGUNI (Daerah Salju) Karya Kawabata Yasunari (Pendekatan Sosiopragmatik)
Nama Pembimbing/Promotor - - -

Mata Kuliah yang Diampu

No. Mata Kuliah
1 Akademikku No Nihongo
2 BM BERBICARA DASAR II
3 BM Menulis Lanjut
4 Chujokyu Hyoki
5 Chujokyu Nihongo
6 Chujokyu Nihongo Oyo
7 Chukyu Dokkai Oyo
8 Chukyu Hyoki
9 Chukyu Hyoki Oyo
10 Chukyu Nihongo
11 Chukyu Nihongo Oyo
12 Dasar - Dasar Kependidikan
13 Dasar-Dasar Pendidikan
14 Evaluasi Belajar dan Pembelajaran
15 Jokyu Hyoki
16 Jokyu Hyoki Oyo
17 Keterampilan Mengajar dan Pembelajaran Mikro
18 Kewirausahaan
19 KKN Asistensi Mengajar Pelaksanaan Program
20 KKN Kewirausahaan Pelaksanaan Program
21 KKN Proyek Desa Pelaksanaan Program
22 KKN Proyek indpenden Pelaksanaan Program
23 KKN Proyek Kemanusiaan Pelaksanaan Program
24 KKNT
25 Kuliah Kerja Nyata (Kkn)
26 Kurikulum Pendidikan Bahasa-Sastra
27 Literasi Dalam Pendidikan
28 Media Pembelajaran BM
29 Microteaching
30 Pembelajaran Bahasa-Sastra Mutakhir
31 Pengembangan Bahan Ajar
32 Pengembangan Buku Teks BM
33 Pengembangan Instrumen Penelitian
34 Percakapan Dasar
35 PLP-Manajemen Sekolah
36 PLP-Pengembangan Media Pembelajaran
37 PLP-Praktik Mengajar
38 Proposal Penelitian
39 Publikasi
40 Seminar
41 Semiotika
42 Shokyu Hanashikata
43 Shokyu Hyoki
44 Shokyu Hyoki Oyo
45 Shokyu Nihongo
46 Shokyu Nihongo Oyo
47 Shokyu Sakubun
48 Skripsi
49 Studi Lapangan
50 Tatabahasa Dasar
51 Tesis

Data Penelitian Dari Sim Litabmas

No. Tahun Judul Sumber Dana
1 2022 PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATA KULIAH SHOKYU HYOKI BAGI PEMELAJAR BAHASA JEPANG TINGKAT PEMULA Litabmas
2 2021 PENGEMBANGAN BUKU TEKS BAHASA MANDARIN HARMONI UNTUK SMA DAN SEDERAJAT Litabmas
3 2020 PKM SEMBAKO UNTUK PEMULUNG SEKITAR KAMPUS LIDAH WETAN DI MASA PANDEMI COVID-19 Litabmas
4 2019 PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN PENULISAN AKSARA HANZI SEBAGAI SALAH SATU PERANGKAT PEMBELAJARAN BAHASA MANDARIN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS HANZI Litabmas
5 2021 PENGEMBANGAN BUKU TEKS BAHASA MANDARIN HARMONI UNTUK SMA DAN SEDERAJAT Litabmas
6 2021 PENGEMBANGAN BUKU TEKS BAHASA MANDARIN HARMONI UNTUK SMA DAN SEDERAJAT Litabmas
7 2020 PKM SEMBAKO UNTUK PEMULUNG SEKITAR KAMPUS LIDAH WETAN DI MASA PANDEMI COVID-19 Litabmas
8 2021 PENGEMBANGAN BUKU TEKS BAHASA MANDARIN HARMONI UNTUK SMA DAN SEDERAJAT Litabmas
9 2021 PENGEMBANGAN BUKU TEKS BAHASA MANDARIN HARMONI UNTUK SMA DAN SEDERAJAT Litabmas

Data Penelitian Dari Non Litabmas

No. Tahun Judul Sumber Dana
1 2023 PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN STUDI LAPANGAN UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI MENDIDIK MAHASISWA S2 PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA
2
3 2020 Pemerolehan Struktur Sintaktis Fukubun pada Pertuturan Lisan Mahasiswa Tingkat III Tahun Angkatan 2017 di Prodi Pendidikan Bahasa Jepang FBS UNESA
4 2024 Peningkatan Kemampuan Membaca Teks Berbahasa Jepang melalui Pembelajaran Berdiferensiasi Berbasis Digital
5 2023 Model Tes Objektif Pengukuran Pemahaman Literasi Budaya Jepang Bagi Mahasiswa Calon Peserta Program Internship
6 2024 Pembelajaran Jukujikun untuk meningkatkan kemampuan cara baca kanji
7 2020 Pembelajaran Bahasa Mandarin Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Mandarin di Masa Convid 19
8 2022 PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATA KULIAH SHOKYU HYOKI BAGI PEMELAJAR BAHASA JEPANG TINGKAT PEMULA
9 2022 PENINGKATAN PRESTASI MAHASISWA JURUSAN BAHASA DAN SASTRA MANDARIN UNESA MELALUI METODE COACHING AND MENTORING
10 2021 Pengembangan Bahan Ajar digital Shokyu Hyoki Menggunakan Aplikasi Flip Pdf Profesional Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Jepang Unesa 2020-2021
11 2023 PEMBELAJARAN URUTAN PENULISAN KANJI (KAKIJUN) GABUNGAN DUA KANJI (NIJIJUKUGO) DENGAN MENGGUNAKAN PPT
12 2021 PENGEMBANGAN BUKU TEKS BAHASA MANDARIN HARMONI UNTUK SMA DAN SEDERAJAT
13 2025 Struktur Teks Bahasa Jepang: Tinjauan Melalui Sudut Pandang Pelesapan ‘Shouryaku Hyougen’ dan Pengulangan ‘Hanpuku Hyougen’
14 2022 ANALISIS KONSTRUKSI TEKS PADA MATERI BACAAN BAHASA JEPANG
15 2024 Pemahaman Pola Interaksi Masyarakat Jepang untuk Meningkatkan Communication Skill Mahasiswa Calon Peserta Internship
16 2025 ANALISIS MORFEM MAJEMUK DALAM BAHASA JEPANG: KASUS PADA SUFIKS DALAM PREDIKAT VERBA
17 2024 PjBL pada Mata Kuliah Nihon Shakai to Bunka (Japanese Society and Culture) Untuk Meningkatkan Pemahaman Komunikasi Interkultural

Pengabdian Kepada Masyarakat

No Tahun Judul Pengabdian Sumber Pendanaan
1 2021 Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Bahasa Mandarin Kepada Guru-guru MGMP Bahasa Mandarin
2 2022 Pelatihan Ketrampilan (Menulis dan Membaca)Huruf Katakana Melalui Media Nyanyian Anak JepangUntuk Meningkatkan Minat Belajar Bahasa Jepang Pada Siswa-Siswi SMP Labschool Unesa 3 Surabaya
3 2024 PENDAMPINGAN PEMBELAJARAN INOVATIF BERBANTUAN TEKNOLOGI ARTIFICIAL INTELLIGENCE (AI) BAGI GURU BAHASA INDONESIA SMP DI TUBAN
4 2022 PENDAMPINGAN PENULISAN KARYA ILMIAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS BAGI GURU BAHASA INDONESIA SMP DI KABUPATEN LAMONGAN
5 2025 PENGENALAN KOSA KATA DASAR MENGGUNAKAN MEDIA DIGITAL BERBASIS WEBSITE PEMBELAJARAN BAHASA JEPANG UNTUK SISWA-SISWI MAN 3 KEDIRI
6 2020 PKM SEMBAKO UNTUK PEMULUNG SEKITAR KAMPUS LIDAH WETAN DI MASA PANDEMI COVID-19
7 2020 PENGADAAN MINUMAN HERBAL BERBAHAN BAKU EMPON-EMPON UNTUK MENINGKATKAN IMUN TUBUH MASYARAKAT LIDAH WETAN SURABAYA SEBAGAI UPAYA PENCEGAHAN TERHADAP COVID-19
8 2021 PELATIHAN PEMAKAIAN YUKATA UNTUK MEMBERIKAN PEMAHAMAN BUDAYA PAKAIAN TRADISIONAL JEPANG PADA SISWA SMKN 1 BOYOLANGU TULUNGAGUNG
9 2022 PELATIHAN KALIGRAFI TIONGKOK (书法 Shufa) UNTUK SISWA-SISWA SMA NEGERI 1 DRIYOREJO GRESIK
10 2021 PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PENANAMAN JENIS TANAMAN KONSUMSI UNTUK MEMBANGUN KEMANDIRIAN EKONOMI KELUARGA AKIBAT PANDEMI
11 2021 Pelatihan Perjenjangan Buku untuk Guru Bahasa di Kab. Nganjuk
12 2023 IMPLEMENTASI MEDIA INTERAKTIF DALAM MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PBL: Efektifitas Media Digital Interaktif Flipbook dalam Meningkatkan Kemampuan Menyusun Kalimat Kompleks Bahasa Jepang pada Siswa SMA Kelas XI
13 2020 PKM SEMBAKO UNTUK MASYARAKAT MISKIN KOTA DI MASA PANDEMI COVID-19
14 2024 Permainan Kanji Tingkat Dasar Untuk Siswa SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo

Publikasi Jurnal

No Judul Artikel Ilmiah Nama Jurnal Volume/Nomor/Tahun
1 Pengaruh Penggunaan Permainan Tebak Kata Terhadap Penguasaan Kosakata untuk Menyusun Kalimat Sederhana Bahasa Mandarin Siswa SMAN 1 Puri Mojokerto Tahun Ajaran 2017/2018 - /-/0
2 STRUKTUR KEPRIBADIAN TOKOH UTAMA “周林林” Zhōu Línlín PADA FILM LOVE THE WAY YOU ARE《 我的青春都是你)》 TEORI KAJIAN PSIKOANALISIS SIGMUND FREUD - /-/0
3 Pengaruh Penggunaan MediaaGambar Seri Terhadap Kemampuan Menyusun Kalimat Sederhana Bahasa Mandarin Siswa Kelas X TKJ 1 SMK PGRI 13 Surabaya - /-/0
4 Pengembangan Aplikasi “Kereta Kalimat” Berbasis Smartphone Android dalam Pembelajaran Menyusun Kalimat Sederhana Bahasa Mandarin pada Siswa Kelas X Farmasi SMK Bakti Indonesia … - /-/0
5 Retha Fitria Rachhmadhani - /-/0
6 AKTUALISASI DIRI ATLET E-SPORT PADA SERIAL FILM QUANZHI GAOSHOU《 全 职高手》 KARYA HU DIELAN (蝴蝶蓝) KAJIAN HUMANISTIK MASLOW - /-/0
7 Silvia Wira Monica - /-/0
8 PENGARUH PERMAINAN CHARADE DENGAN MEDIA GAMBAR TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA MANDARIN PADA SISWA KELAS X IPA 5 SMA NU 1 GRESIK - /-/0
9 Gaya Bahasa Pada Lirik Lagu Karya 周興哲 Zhōuxìngzhé (Eric Chou) Dalam Album “What Love Has Taught Us” - /-/0
10 PENGGUNAAN BENTUK KESOPANAN WAKIMAE PADA TOKOH SEBASTIAN - /-/0
11 Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Script dalam Keterampilan Menceritakan Kembali Teks Bahasa Mandarin Siswa Kelas XI-IPA SMA Dharma Wanita Surabaya Tahun Ajaran … - /-/0
12 Kesalahan Penggunaan Kata Keterangan “最后” zuìhòu dan “终于” zhōngyú pada Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Mandarin Angkatan 2016 Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri … - /-/0
13 PENGARUH METODE EXAMPLE NON-EXAMPLE TERHADAP PENGUASAAN KATA BENDA BAHASA JEPANG SISWA KELAS X-IIS 4 SMA NEGERI 1 KERTOSONO TAHUN AJARAN - /-/0
14 PENGARUH PERMAINAN CHARADE DENGAN MEDIA GAMBAR TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA MANDARIN PADA SISWA KELAS X IPA 5 SMA NU 1 GRESIK - /-/0
15 Retha Fitria Rachhmadhani - /-/0
16 PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA FLASHCARD TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA DAN PENYUSUNAN KALIMAT BAHASA MANDARIN SISWA KELAS III SD GODWINS SCHOOL SURABAYA - /-/0
17 PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DALAM PENGUASAAN PENULISAN HURUF HANZI PADA KELAS XI BAHASA SMA NEGERI 1 CERME - /-/0
18 Landrey Ade Ayu Arifin - /-/0
19 PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR SERI TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN SEDERHANA BAHASA MANDARIN PADA SISWA KELAS X AKUNTANSI SMK NEGERI 5 MADIUN - /-/0
20 Gaya Bahasa Pada Lirik Lagu Karya 周興哲 Zhōuxìngzhé (Eric Chou) Dalam Album “What Love Has Taught Us” - /-/0
21 PENGARUH MEDIA GAMBAR KREATIF DENGAN METODE KOOPERATIF TIPE NHT TERHADAP PENGUASAAN KATA SIFAT BAHASA JEPANG SISWA SMA - /-/0
22 AKTUALISASI DIRI ATLET E-SPORT PADA SERIAL FILM QUANZHI GAOSHOU《 全 职高手》 KARYA HU DIELAN (蝴蝶蓝) KAJIAN HUMANISTIK MASLOW - /-/0
23 PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA POWERPOINT MNEMONIC TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KOSAKATA BAHASA MANDARIN SISWA KELAS X-IBB SMA MUHAMMADIYAH 2 SURABAYA TAHUN AJARAN 2018/2019 - /-/0
24 Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran TGT Terhadap Kemampuan Menyusun Kalimat Tunggal Bahasa Mandarin dengan Breakout Rooms pada kelas X BHS SMAN 1 Driyorejo - /-/0
25 PENGEMBANGAN MEDIA KARTU PINTAR HANZI UNTUK PEMBELAJARAN URUTAN PENULISAN HANZI PADA SISWA KELAS X IPS 1 SMA MAARIF NU PANDAAN - /-/0
26 Pengaruh Penggunaan MediaaGambar Seri Terhadap Kemampuan Menyusun Kalimat Sederhana Bahasa Mandarin Siswa Kelas X TKJ 1 SMK PGRI 13 Surabaya - /-/0
27 PENGEMBANGAN HANDOUT BAHASA MANDARIN SEBAGAI SUPLEMEN BAHAN AJAR UNTUK PESERTA DIDIK KELAS VIII A SMP SHAFTA SURABAYA - /-/0
28 2.2. _Dhatu_PEER_REVIEW_The_Challenge_of_Teaching - /-/0
29 KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MEDIA BALON KATA DALAM PENGUASAAN KOSA KATA DAN PENYUSUNAN KALIMAT SEDERHANA BAHASA MANDARIN PADA SISWA KELAS X BAHASA SMA NU 1 GRESIK - /-/0
30 AKTUALISASI DIRI ATLET E-SPORT PADA SERIAL FILM QUANZHI GAOSHOU《 全 职高手》 KARYA HU DIELAN (蝴蝶蓝) KAJIAN HUMANISTIK MASLOW - /-/0
31 Orientasi Objek Cinta antara Tokoh 阿宣 Āxuān Dan 小白 Xiǎobái Dalam Film《《 白蛇》》 Báishé (UlarPutih) karya 赵霁 ZhàojìDalam Perspektif Psikologi Seni Mencintai Eri - /-/0
32 PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA REMEMBER ME TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KOSAKATA BAHASA MANDARIN PADA SISWA KELAS X IBB SMA N 1 PURI MOJOKERTO - /-/0
33 Konflik Batin Tokoh Utama dalam Film《 疯狂的外星人》 Fēngkuáng de Wài Xīng Rén (Crazy Alien) Karya Liu Cixin (Kajian Konflik Batin Kurt Lewin) - /-/0
34 Pengembangan Aplikasi “Kereta Kalimat” Berbasis Smartphone Android dalam Pembelajaran Menyusun Kalimat Sederhana Bahasa Mandarin pada Siswa Kelas X Farmasi SMK Bakti Indonesia … - /-/0
35 PENGARUH MEDIA FILM ANIMASI TERHADAP KEMAMPUAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA MANDARIN BAGI SISWA KELAS I SD GODWINS SURABAYA - /-/0
36 PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AMPLOP BAPER TERHADAP KEMAMPUAN MENYUSUN KALIMAT BAHASA MANDARIN SISWA KELAS XII MIA 1 SMAN 8 SURABAYA TAHUN AJARAN 2016/2017 - /-/0
37 PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA DU CHINESE (M-LEARNING) TERHADAP KEMAMPUAN MENYUSUN TEKS DIALOG BAHASA MANDARIN PADA SISWA KELAS XI-MULTIMEDIA SMK YAPALIS KRIAN SIDOARJO TAHUN AJARAN … - /-/0
38 PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA MACROMEDIA FLASH DALAM PENYUSUNAN KALIMAT SEDERHANA BAHASA MANDARIN PADA SISWA KELAS X BAHASA SMA NEGERI 1 DRIYOREJO - /-/0
39 Pengaruh Penggunaan Media Permainan Dart terhadap Penguasaan Kosakata dan Menyusun Kalimat Sederhana Bahasa Mandarin pada Siswa Kelas X Bahasa SMA Al-Islam Krian Tahun Ajaran … - /-/0
40 KONFLIK SOSIAL TOKOH UTAMA DALAM FILM BETTER DAYS《 少年的你》 KARYA DEREK TSANG (PENDEKATAN SOSIOLOGI SASTRA) - /-/0
41 Pengaruh Penggunaan MediaaGambar Seri Terhadap Kemampuan Menyusun Kalimat Sederhana Bahasa Mandarin Siswa Kelas X TKJ 1 SMK PGRI 13 Surabaya - /-/0
42 STRUKTUR KEPRIBADIAN TOKOH UTAMA “周林林” Zhōu Línlín PADA FILM LOVE THE WAY YOU ARE《 我的青春都是你)》 TEORI KAJIAN PSIKOANALISIS SIGMUND FREUD - /-/0
43 PENGARUH PENGGUNANAN MEDIA PERMAINAN KARTU BERGAMBAR TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA DAN PENYUSUNAN KALIMAT BAHASA MANDARIN PADA SISWA KELAS X SMA WIJAYA PUTRA SURABAYA TAHUN … - /-/0
44 ``PENGEMBANGAN BUKU TEKS BAHASA MANDARIN``汉语教材``BAGI SISWA SMA KELAS X SEMESTER GASAL BERDASARKAN KURIKULUM 2013 REVISI 2016``Amilatul Istiqomah S1 Pendidikan Bahasa … - /-/0
45 KEEFEKTIFAN MEDIA FLANNELGRAPH TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA DAN PENYUSUNAN KALIMAT SEDERHANA BAHASA MANDARIN SISWA KELAS X AP 1 SMKN 8 SURABAYA TAHUN AJARAN 2017/2018 - /-/0
46 Orientasi Objek Cinta antara Tokoh 阿宣 Āxuān Dan 小白 Xiǎobái Dalam Film《《 白蛇》》 Báishé (UlarPutih) karya 赵霁 ZhàojìDalam Perspektif Psikologi Seni Mencintai Eri - /-/0
47 PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TAKE AND GIVE DALAM KETERAMPILAN BERDIALOG BAHASA MANDARIN KELAS X BAHASA SMA NEGERI 1 CERME GRESIK TAHUN AJARAN 2018-2019 - /-/0
48 Deiksis Dalam Lirik Lagu Album ‘City Zoo’《 摩天动物园》 mótiān mòngwùyuánKarya GEM (Get Everybody Moving) Chomariyati - /-/0
49 Pengaruh Strategi Pembelajaran Aktif Teks Acak terhadap Kemampuan Menyusun Teks Dialog Bahasa Mandarin Siswa Kelas X OTKP SMK PGRI 13 Surabaya - /-/0
50 Pengembangan Aplikasi “Kereta Kalimat” Berbasis Smartphone Android dalam Pembelajaran Menyusun Kalimat Sederhana Bahasa Mandarin pada Siswa Kelas X Farmasi SMK Bakti Indonesia … - /-/0
51 Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Script dalam Keterampilan Menceritakan Kembali Teks Bahasa Mandarin Siswa Kelas XI-IPA SMA Dharma Wanita Surabaya Tahun Ajaran … - /-/0
52 PENGARUH PENGGUNAAN METODE THE POWER OF TWO TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN BAHASA MANDARIN PADA SISWA KELAS X BAHASA SMKN 1 DRIYOREJO - /-/0
53 PENGGUNAAN BENTUK KESOPANAN WAKIMAE PADA TOKOH SEBASTIAN - /-/0
54 PENGARUH PENGGUNAAN BUKU TEKS《 华语》 HUÁYǓ TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN BAHASA MANDARIN SISWA KELAS X IPS SMAN 1 PURI MOJOKERTO - /-/0
55 Penerapan Metode Resitasi dalam Pembelajaran Menulis Hanzi pada Siswa Kelas X SMA Wijaya Putra Surabaya Tahun Pelajaran 2018/2019 - /-/0
56 Landrey Ade Ayu Arifin - /-/0
57 KONFLIK SOSIAL TOKOH UTAMA DALAM FILM BETTER DAYS《 少年的你》 KARYA DEREK TSANG (PENDEKATAN SOSIOLOGI SASTRA) - /-/0
58 PENGEMBANGAN BUKU TEKS BAHASA MANDARIN``汉语教材``BAGI SISWA SMA KELAS X SEMESTER GASAL BERDASARKAN KURIKULUM 2013 REVISI 2016 - /-/0
59 STRUKTUR KEPRIBADIAN TOKOH UTAMA “周林林” Zhōu Línlín PADA FILM LOVE THE WAY YOU ARE《 我的青春都是你)》 TEORI KAJIAN PSIKOANALISIS SIGMUND FREUD - /-/0
60 Silvia Wira Monica - /-/0
61 Konflik Batin Tokoh Utama Lǐ Yuánnī 李元妮 Dalam Drama Serial Aftershock《 唐山大地震》 Karya Xiǎogāng 冯小刚 Kajian Psikologi Sastra Sigmund Freud - /-/0
62 Pengaruh Penggunaan Media Macromedia Flash dalam Penyusunan Kalimat Sederhana Bahasa Mandarin Siswa Kelas X Bahasa SMA Negeri 1 Driyorejo Ditra Walujeng Pratama - /-/0
63 PENERAPAN METODE KOOPERATIF GABUNGAN TIPE TWO STAY TWO STRAY (TS-TS) DAN SNOWBALL THROWING DALAM PEMBELAJARAN PENGUASAAN KOSAKATA UNTUK MEMBUAT KALIMAT SEDERHANA BAHASA … - /-/0
64 2.2. _Dhatu_PEER_REVIEW_The_Challenge_of_Teaching - /-/0
65 PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO “PANDA BERGOYANG” UNTUK PEMBELAJARAN MENULIS HANZI SISWA KELAS X SMA/SMK/MA/MAK - /-/0
66 Deiksis Dalam Lirik Lagu Album ‘City Zoo’《 摩天动物园》 mótiān mòngwùyuánKarya GEM (Get Everybody Moving) Chomariyati - /-/0
67 Pengaruh Penggunaan Media Permainan Kotak Jodoh dalam Pembelajaran Menyusun Kalimat Sederhana Bahasa Mandarin Siswa Kelas X SMA Wijaya Putra Surabaya Tahun Pelajaran 2018/2019 - /-/0
68 Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Script dalam Keterampilan Menceritakan Kembali Teks Bahasa Mandarin Siswa Kelas XI-IPA SMA Dharma Wanita Surabaya Tahun Ajaran … - /-/0
69 Gaya Bahasa Pada Lirik Lagu Karya 周興哲 Zhōuxìngzhé (Eric Chou) Dalam Album “What Love Has Taught Us” - /-/0
70 ANALISIS GAYA BAHASA DALAM NOVELET IZU NO ODORIKO (PENARI IZU) KARYA KAWABATA YASUNARI 川端康成の『伊豆の踊り子』小説の中におけ&# - /-/2002
71 PERILAKU ETIKA BISNIS TOKOH-TOKOH TAMBAHAN DALAM NOVEL MUSASHI BUKU KETIGA KARYA EIJI YOSHIKAWA 吉川英治『宮本武蔵,第三巻』の中におけ&# - /-/2002
72 ANALISIS TEMA NOVEL KUIL KENCANA『金閣寺』(KINKAKUJI) KARYA MISHIMA YUKIO 三島由紀夫の小説『金閣寺』のテーマの&# - /-/2002
73 PERILAKU TOKOH UTAMA DALAM RUMAH PERAWAN (NEMURERU BIJO) KARYA KAWABATA YASUNARI TERHADAP KEMATIAN: PENDEKATAN PSIKOLOGI SASTRA Unesa - /-/2002
74 MAKNA SIMBOLIS BINATANG DALAM KUMPULAN TANKA ICHIAKU NO SUNA (SEGENGGAM PASIR) KARYA TOKUBOKU ISHIKAWA 石川啄木の『一握の砂』における動物の&#3 - /-/2002
75 PERILAKU TOKOH UTAMA DALAM RUMAH PERAWAN (NEMURERU BIJO) KARYA KAWABATA YASUNARI TERHADAP KEMATIAN: PENDEKATAN PSIKOLOGI SASTRA Unesa, 2002 - /-/2002
76 ANALISIS TOKOH UTAMA AKU DALAM NOVELET IZU NO ODORIKO (PENARI-PENARI IZU) KARYA KAWABATA YASUNARI ( KAJIAN PSIKOLOGI SOSIAL) 『伊豆の踊り子』にある登場人物&#6 - /-/2002
77 INTERPRETASI MIMPI TOKOH UTAMA DALAM NOVEL SUKYANDARU (SKANDAL) KARYA SHUSAKU ENDO: KAJIAN PSIKOANALISA 遠藤周作「スキャンダル」の主人公の夢&# - /-/2002
78 PERBANDINGAN KEHIDUPAN PENARI DALAM NOVELET IZU NO ODORIKO 「伊豆の踊り子」KARYA KAWABATA YASUNARI DENGAN NOVEL RONGGENG DUKUH PARUK KARYA AHMAD TOHARI 川端康成の「&# - /-/2002
79 ANALISIS GANGGUAN KEPRIBADIAN TOKOH UTAMA NOVEL KUIL KENCANA (KINKAKUJI) KARYA MISHIMA YUKIO (SEBUAH KAJIAN PSIKOLOGIS) 三島由紀夫の『金閣寺』における主& - /-/2002
80 ANALISIS PERUBAHAN DIALEK KANSAI KE BAHASA JEPANG STANDAR DALAM NASKAH DRAMA MAHASISWA UNIVERSITAS HOKKAIDÕ TAHUN 2002 2002年北海道大学の学生製作ドラマシ&#12490 - /-/2003
81 Cerita Fiksi karya: Kawabata Yasunari & Tanizaki Jun-Ichiro - /-/2003
82 ANALISIS KESALAHAN PENULISAN GAIRAIGO 『外来語』 PADA MAHASISWA SEMESTER I ANGKATAN 2003 JURUSAN BAHASA ASING PROGRAM PENDIDIKAN BAHASA JEPANG UNESA 国立スラバヤ大学&#26085 - /-/2004
83 ANALISIS 慣用句(KANYOOKU) YANG MENGGUNAKAN KATA 頭(ATAMA) DALAM BAHASA JEPANG DAN PADANANNYA DENGAN IDIOM BAHASA INDONESIA 日本語の「頭」を使用した&#2493 - /-/2004
84 MAKNA SHUUJOSHI (終助詞) RAGAM BAHASA PRIA DAN WANITA DALAM KOMIK HANSAMU NA KANOJO『ハンサムな彼女』HANDSOME GIRL JILID 3 KARYA WATARU YOSHIZUMI 漫画『ハ - /-/2007
85 Keterkaitan Prinsip–Prinsip Pragmatik dalam Tindak Tutur yang Mengandung White Lies Dalam Drama『花ざかりの君たちへ』 『花ざかりの君た - /-/2010
86 Penggunaan Fukujoshi だけ (Dake), だけに (Dake ni), だけあって (Dake atte), だけのことはある(Dakenokotowaaru) Dalam 朝日新&#32862 - /-/2010
87 Penggunaan Fukujoshi だけ (Dake), だけに (Dake ni), だけあって (Dake atte), だけのことはある(Dakenokotowaaru) Dalam 朝日新&#32862 - /-/2010
88 Keterkaitan Prinsip–Prinsip Pragmatik dalam Tindak Tutur yang Mengandung White Lies Dalam Drama『花ざかりの君たちへ』 『花ざかりの君た - /-/2010
89 Penggunaan Fukujoshi だけ (Dake), だけに (Dake ni), だけあって (Dake atte), だけのことはある(Dakenokotowaaru) Dalam 朝日新&#32862 - /-/2010
90 Keterkaitan Prinsip–Prinsip Pragmatik dalam Tindak Tutur yang Mengandung White Lies Dalam Drama『花ざかりの君たちへ』 『花ざかりの君た - /-/2010
91 『インドネシア人学習者のための』なるほど!!!日本語中級表現文&#22411 - /-/2010
92 『インドネシア人学習者のための』なるほど!!!日本語中級表現文&#22411 - /-/2010
93 TINDAK TUTUR IMPERATIF BAHASA JEPANG DALAM『雪国』YUKIGUNI (DAERAH SALJU) KARYA KAWABATA YASUNARI - /-/2010
94 Penggunaan Fukujoshi だけ (Dake), だけに (Dake ni), だけあって (Dake atte), だけのことはある(Dakenokotowaaru) Dalam 朝日新&#32862 - /-/2010
95 『インドネシア人学習者のための』なるほど!!!日本語中級表現文&#22411 - /-/2010
96 Penggunaan Fukujoshi だけ (Dake), だけに (Dake ni), だけあって (Dake atte), だけのことはある(Dakenokotowaaru) Dalam 朝日新&#32862 - /-/2010
97 『インドネシア人学習者のための』なるほど!!!日本語中級表現文&#22411 - /-/2010
98 Keterkaitan Prinsip–Prinsip Pragmatik dalam Tindak Tutur yang Mengandung White Lies Dalam Drama『花ざかりの君たちへ』 『花ざかりの君た - /-/2010
99 Keterkaitan Prinsip–Prinsip Pragmatik dalam Tindak Tutur yang Mengandung White Lies Dalam Drama『花ざかりの君たちへ』 『花ざかりの君た - /-/2010
100 Tindak Tutur Imperatif Langsung Bahasa Jepang dalam Yukiguni (Daerah Salju) Karya Kawabata Yasunari: Pendekatan Sosiopragmatik Disertasi Tidak Diterbitkan. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya, 2011 - /-/2011
101 Tindak Tutur Imperatif Langsung Bahasa dalam Yukiguni (Daerah Salju) Karya Kawabata Yasunari: Pendekatan Sosiopragmatik Disertasi Tidak Diterbitkan. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya - /-/2011
102 Tindak Tutur Imperatif Langsung Bahasa Jepang dalam Yukiguni (Daerah Salju) Karya Kawabata Yasunari: Pendekatan Sosiopragmatik Disertasi Tidak Diterbitkan. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya - /-/2011
103 Pengaruh Penerapan Media Boneka Tangan Terhadap Keterampilan Bercakap-Cakap Bahasa Mandarin Siswa Kelas 2 Sd Godwins School Surabaya Jurnal CLYPTRA 1, 1-7, 2012 - /-/2012
104 初級日本語練習帳『例文で学ぶ日本語表現40』 Unesa University Press 1, 128, 2013 - /-/2013
105 初級日本語練習帳『例文で学ぶ日本語表現40』 Unesa University Press 1, 128 - /-/2013
106 PENGGUNAAN BIKAGO「美化語」DALAM DRAMA ERAI TOKORO NI TOTSUIDE SHIMATTA『エライところに嫁いでしまった』 KARYA OSAMU KATAYAMA&#12 - /-/2013
107 PENGGUNAAN BIKAGO「美化語」DALAM DRAMA ERAI TOKORO NI TOTSUIDE SHIMATTA『エライところに嫁いでしまった』 KARYA OSAMU KATAYAMA&#12 - /-/2013
108 PENGGUNAAN BIKAGO「美化語」DALAM DRAMA ERAI TOKORO NI TOTSUIDE SHIMATTA『エライところに嫁いでしまった』 KARYA OSAMU KATAYAMA&#12 - /-/2013
109 Penggunaan Bikago 「美化語」 dalam Drama GoKen 1 (1) - /-/2013
110 PENGGUNAAN BIKAGO「美化語」DALAM DRAMA ERAI TOKORO NI TOTSUIDE SHIMATTA『エライところに嫁いでしまった』 KARYA OSAMU KATAYAMA&#12 - /-/2013
111 PENGARUH MEDIA GAMBAR KREATIF DENGAN METODE KOOPERATIF TIPE NHT TERHADAP PENGUASAAN KATA SIFAT BAHASA JEPANG SISWA SMA Hikari 2 (1) - /-/2014
112 PENGARUH METODE EXAMPLE NON-EXAMPLE TERHADAP PENGUASAAN KATA BENDA BAHASA JEPANG SISWA KELAS X-IIS 4 SMA NEGERI 1 KERTOSONO TAHUN AJARAN 2013/2014 HIKARI 2 (2) - /-/2014
113 PENGARUH MEDIA GAMBAR KREATIF DENGAN METODE KOOPERATIF TIPE NHT TERHADAP PENGUASAAN KATA SIFAT BAHASA JEPANG SISWA SMA Hikari 2 (1) - /-/2014
114 PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF “TEAM QUIZ” TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA MANDARIN PADA SISWA KELAS XI JURUSAN AGAMA MAN MOJOSARI MOJOKERTO TAHUN AJARAN 2015-2016 Mandarin Unesa 1 (01) - /-/2016
115 Pengaruh Pengunaan Media Permainan Memory-Spiel terhadap Penguasaan Kosakata Bahasa Mandarin Siswa Kelas X IPA 7 MAN Sidoarjo Tahun Ajaran 205/2016 Jurnal Mahasiswa Unesa 1 (Pembelajaran) - /-/2016
116 Pengaruh Penggunaan Media Permainan Ular Tangga Tiga Dimensi (3D) dalam Pembelajaran Kosakata Bahasa Mandarin Siswa Kelas X IPA 3 MAN Sidoarjo Tahun Ajaran 2015/2016 Mandarin Unesa 1 (01) - /-/2016
117 Keefektifan Penggunaan Metode Pembelajaran Snowball Throwing Terhadap Penguasaan Kosakata Bahasa Mandarin Siswa Kelas XI MIA 5 SMA Negeri 8 Surabaya Tahun Ajaran 2015-2016 - /-/2016
118 THE INFLUENCE OF “KOMUNIKATA” GAME TOWARDS VOCABULARY OF MANDARIN LANGUAGE IN CLASS X SMA YPPI 2 SURABAYA Mandarin Unesa 1 (01) - /-/2016
119 Pengaruh Penggunaan Media Permainan Ular Tangga Tiga Dimensi (3D) dalam Pembelajaran Kosakata Bahasa Mandarin Siswa Kelas X IPA 3 MAN Sidoarjo Tahun Ajaran 2015/2016 E-Journal UNESA Online 1 (01), 2016 - /-/2016
120 Pengaruh Pengunaan Media Permainan Memory-Spiel terhadap Penguasaan Kosakata Bahasa Mandarin Siswa Kelas X IPA 7 MAN Sidoarjo Tahun Ajaran 205/2016 Jurnal Mahasiswa Unesa 1 (Pembelajaran), 2016 - /-/2016
121 PENGARUH MEDIA CARD MATCH TERHADAP KEMAMOUAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA MANDARIN PADA SISWA KELAS XI IPA SMA GIKI 2 SURABAYA TAHUN AJARAN 2015/2016 Mandarin Unesa 1 (01) - /-/2016
122 PENGARUH MEDIA CARD MATCH TERHADAP KEMAMPUAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA MANDARIN PADA SISWA KELAS XI IPA SMA GIKI 2 SURABAYA TAHUN AJARAN 2015/2016 Mandarin Unesa 1 (01) - /-/2016
123 PENGEMBANGAN BAHAN AJAR NIJIJUKUGO (DUA PASANG KANJI) DALAM NOVEL YUKIGUNI (DAERAH SALJU) KARYA KAWABATA YASUNARI - /-/2017
124 PENDAMPINGAN PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA MANDARIN UNTUK GURU MGMP BAHASA MANDARIN - /-/2017
125 PENDAMPINGAN PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA MANDARIN UNTUK GURU MGMP BAHASA MANDARIN - /-/2017
126 Ungkapan dan Ekspresi Onomatope bahasa Jepang - /-/2017
127 KEEFEKTIFAN MEDIA TAS AMPLOP MISTERIUS (TAM) TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATABAHASA MANDARIN PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 DRIYOREJO. 1KEEFEKTIFAN MEDIA TAS AMPLOP MISTERIUS (TAM … Mandarin Unesa 2 (02) - /-/2017
128 Pengembangan Bahan Ajar Nijijukugo (Dua Pasang Kanji) dalam Novel Yukiguni (Daerah Salju) Karya Kawabata Yasunari ASA 4 (Pembelajaran), 148, 2017 - /-/2017
129 PENGEMBANGAN APLIKASI ‘HIRAGANA BENTOU’BERBASIS ANDROIDSEBAGAI SARANA BERLATIH HURUF HIRAGANA (あーん) SISWA KELAS X UPW SMK KATOLIK MATER AMABILIS SURABAYATAHUN AJARAN 2016-2017 HIKARI 5 (3) - /-/2017
130 PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AMPLOP BAPER TERHADAP KEMAMPUAN MENYUSUN KALIMAT BAHASA MANDARIN SISWA XII MIA 1 SMAN 8 SURABAYA Mandarin Unesa 2 (02) - /-/2017
131 Pengaruh Penggunaan Permainan Jenga dan Reinforcement terhadap Kemampuan Pelafalan Bahasa Mandarin Siswa Kelas XI APK 2 SMK PGRI 13 Surabaya Mandarin Unesa 2 (2), 1-7, 2017 - /-/2017
132 Strategi Pembelajaran Chukyu Hyouki Ouyou di Jurusan Bahasa dan Sastra Jepang Fakultas Bahasa dan Seni Unesa Jurnal Nihongo 9 (Pembelajaran), 64 - /-/2017
133 Strategi Pembelajaran Chukyu Hyouki Ouyou di Jurusan Bahasa dan Sastra Jepang Fakultas Bahasa dan Seni Unesa Jurnal Nihongo 9 (Pembelajaran), 64, 2017 - /-/2017
134 TIPOLOGI KEPRIBADIAN TOKOH KIYOSHI MITARAI DALAM NOVEL TOKYO ZODIAC MURDER [占星術殺人事件] KARYA SOJI SHIMADA (荘司島田)(Pendekatan Psikologi Myer Briggs) SAZANAMI 5 (3) - /-/2017
135 PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA WORD SQUARE TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA MANDARIN PADA SISWA KELAS X MIPA 4 SMA MUHAMMADIYAH 2 SURABAYA TAHUN PELAJARAN 2016-2017 Mandarin Unesa 2 (Abstract) - /-/2017
136 STRATEGI KESANTUNAN TUTURAN IMPERATIF LANGSUNG DALAM DRAMA 『5 時から 9 時まで』 GOJI KARA KUJI MADE KARYA MIKI AIHARA GoKen 5 (3) - /-/2017
137 Pengembangan Bahan Ajar Nijijukugo (Dua Pasang Kanji) dalam Novel Yukiguni (Daerah Salju) Karya Kawabata Yasunari ASA 4 (Pembelajaran), 148 - /-/2017
138 Strategi Kesantunan Tindak Tutur Ilokusi Ekspresif dalam Film Eien no Bokura Sea Side Blue Karya Ryo Nishimura GoKen 5 (3) - /-/2017
139 Pengembangan Media Permainan Berburu Kata untuk Pembelajaran Kosakata Bahasa Mandarin pada Siswa Kelas XII MIA SMA Negeri 8 Surabaya Tahun Ajaran 2016/2017 Mandarin Unesa 2 (02) - /-/2017
140 PENGEMBANGAN SUPLEMEN BUKU AJAR MENULIS HANZI (汉字) DAN KANJI (漢字) TINGKAT DASAR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL CTL - /-/2018
141 PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA POWERPOINT MNEMONIC TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KOSAKATA BAHASA MANDARIN SISWA KELAS X-IBB SMA MUHAMMADIYAH 2 SURABAYA TAHUN AJARAN 2018/2019 Mandarin Unesa 1 (3) - /-/2018
142 PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR SERI TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN SEDERHANA BAHASA MANDARIN PADA SISWA KELAS X AKUNTANSI SMK NEGERI 5 MADIUN Mandarin Unesa 1 (3) - /-/2018
143 PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA REMEMBER ME TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KOSAKATA BAHASA MANDARIN PADA SISWA KELAS X IBB SMA N 1 PURI MOJOKERTO Mandarin Unesa 1 (3) - /-/2018
144 Kesalahan Penggunaan Kata Keterangan “最后” zuìhòu dan “终于” zhōngyú pada Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Mandarin Angkatan 2016 Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri … Mandarin Unesa 1 (3) - /-/2018
145 MAKNA TUTURAN IMPERATIF TIDAK LANGSUNGDALAM DRAMA CODE BLUE SEASON 2 『コードブルー』 KARYA KOJI HAYASHI GoKen 6 (1) - /-/2018
146 Pengaruh Penggunaan Media Permainan Dart terhadap Penguasaan Kosakata dan Menyusun Kalimat Sederhana Bahasa Mandarin pada Siswa Kelas X Bahasa SMA Al-Islam Krian Tahun Ajaran … Mandarin Unesa 1 (3) - /-/2018
147 PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PERMAINAN KARTU BERGAMBAR TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA DAN PENYUSUNAN KALIMAT BAHASA MANDARIN PADA SISWA KELAS X SMA WIJAYA PUTRA SURABAYA TAHUN … Mandarin Unesa 1 (3) - /-/2018
148 Pengaruh Penggunaan Media Permainan Dokoni Karuta terhadap Penguasaan Kosakata Bahasa Jepang Bab 6 Buku ‘Nihongo Kirakira’Siswa Kelas X SMAN 1 Puri Mojokerto Tahun Ajaran 2017/2018 Jurnal Pendidikan Bahasa Jepang 6 (1), 1-9, 2018 - /-/2018
149 PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA POWERPOINT MNEMONIC TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KOSAKATA BAHASA MANDARIN SISWA KELAS X-IBB SMA MUHAMMADIYAH 2 SURABAYA TAHUN AJARAN 2018/2019 Mandarin Unesa 1 (3) - /-/2018
150 Penerapan Metode Resitasi dalam Pembelajaran Menulis Hanzi pada Siswa Kelas X SMA Wijaya Putra Surabaya Tahun Pelajaran 2018/2019 Mandarin Unesa 1 (3) - /-/2018
151 KESALAHAN PENGGUNAAN KATA KETERANGAN FREKUENSI (changchang) DAN (wangwang) PADA MAHASISWA ANGKATAN 2015 PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA MANDARIN JURUSAN BAHASA DAN SASTRA … Mandarin Unesa 1 (3) - /-/2018
152 PENGARUH PENGGUNAAN METODE THE POWER OF TWO TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN BAHASA MANDARIN PADA SISWA KELAS X BAHASA SMAN 1 DRIYOREJO Mandarin Unesa 1 (3) - /-/2018
153 Pengaruh Penggunaan Permainan Tebak Kata Terhadap Penguasaan Kosakata untuk Menyusun Kalimat Sederhana Bahasa Mandarin Siswa SMAN 1 Puri Mojokerto Tahun Ajaran 2017/2018 Mandarin Unesa 1 (3) - /-/2018
154 KEEFEKTIFAN MEDIA FLANNELGRAPH TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA DAN PENYUSUNAN KALIMAT SEDERHANA BAHASA MANDARIN SISWA KELAS X AP 1 SMKN 8 SURABAYA TAHUN AJARAN 2017/2018 Mandarin Unesa 1 (3) - /-/2018
155 Pengaruh Penggunaan Media Permainan Dart terhadap Penguasaan Kosakata dan Menyusun Kalimat Sederhana Bahasa Mandarin pada Siswa Kelas X Bahasa SMA Al-Islam Krian Tahun Ajaran … Mandarin Unesa 1 (3) - /-/2018
156 Pengaruh Penggunaan Metode EGRA Terhadap Penguasaan Kosakata dan Penyusunan Kalimat Sederhana dalam Bahasa Mandarin pada Siswa Kelas X IIS 3 SMA Hang Tuah 2 Sidoarjo Mandarin Unesa 1 (3), 2018 - /-/2018
157 Pengaruh Penggunaan Media Permainan Kotak Jodoh dalam Pembelajaran Menyusun Kalimat Sederhana Bahasa Mandarin Siswa Kelas X SMA Wijaya Putra Surabaya Tahun Pelajaran 2018/2019 Mandarin Unesa 1 (3) - /-/2018
158 Konflik Batin Tokoh Utama Lǐ Yuánnī 李元妮 Dalam Drama Serial Aftershock《 唐山大地震》 Karya Xiǎogāng 冯小刚 Kajian Psikologi Sastra Sigmund Freud Mandarin Unesa 1 (3) - /-/2018
159 KESALAHAN PENGGUNAAN KATA KETERANGAN FREKUENSI (changchang) DAN (wangwang) PADA MAHASISWA ANGKATAN 2015 PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA MANDARIN JURUSAN BAHASA DAN SASTRA … Mandarin Unesa 1 (3), 2018 - /-/2018
160 PENGARUH MEDIA FILM ANIMASI TERHADAP KEMAMPUAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA MANDARIN BAGI SISWA KELAS I SD GODWINS SURABAYA Mandarin Unesa 1 (Pembelajaran), 2018 - /-/2018
161 PENGARUH PENERAPAN MEDIA BONEKA TANGAN TERHADAP KETERAMPILAN BERCAKAP-CAKAP BAHASA MANDARIN SISWA KELAS 2 SD GODWINS SCHOOL SURABAYA Mandarin Unesa 1, 2018 - /-/2018
162 PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA FLASHCARD TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA DAN PENYUSUNAN KALIMAT BAHASA MANDARIN SISWA KELAS III SD GODWINS SCHOOL SURABAYA Mandarin Unesa 1 (3) - /-/2018
163 PENGEMBANGAN SUPLEMEN BUKU AJAR MENULIS HANZI (汉字) DAN KANJI (漢字) TINGKAT DASAR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL CTL - /-/2018
164 PENGARUH PENERAPAN MEDIA BONEKA TANGAN TERHADAP KETERAMPILAN BERCAKAP-CAKAP BAHASA MANDARIN SISWA KELAS 2 SD GODWINS SCHOOL SURABAYA Mandarin Unesa 1 - /-/2018
165 PENGARUH MEDIA FILM ANIMASI TERHADAP KEMAMPUAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA MANDARIN BAGI SISWA KELAS I SD GODWINS SURABAYA Mandarin Unesa 1 (Pembelajaran) - /-/2018
166 PENGARUH PENGGUNAAN METODE THE POWER OF TWO TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN BAHASA MANDARIN PADA SISWA KELAS X BAHASA SMAN 1 DRIYOREJO Mandarin Unesa 1 (3) - /-/2018
167 PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR SERI TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN SEDERHANA BAHASA MANDARIN PADA SISWA KELAS X AKUNTANSI SMK NEGERI 5 MADIUN Mandarin Unesa 1 (3) - /-/2018
168 Pengaruh Penggunaan Media Permainan Kotak Jodoh dalam Pembelajaran Menyusun Kalimat Sederhana Bahasa Mandarin Siswa Kelas X SMA Wijaya Putra Surabaya Tahun Pelajaran 2018/2019 Mandarin Unesa 1 (3) - /-/2018
169 PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA REMEMBER ME TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KOSAKATA BAHASA MANDARIN PADA SISWA KELAS X IBB SMA N 1 PURI MOJOKERTO Mandarin Unesa 1 (3) - /-/2018
170 PENGARUH PENGGUNAAN METODE EGRA TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA DAN PENYUSUNAN KALIMAT SEDERHANA DALAM BAHASA MANDARIN PADA SISWA KELAS X IIS 3 SMA HANG TUAH 2 SIDOARJO Mandarin Unesa 1 (3) - /-/2018
171 Penerapan Metode Resitasi dalam Pembelajaran Menulis Hanzi pada Siswa Kelas X SMA Wijaya Putra Surabaya Tahun Pelajaran 2018/2019 Mandarin Unesa 1 (3) - /-/2018
172 Kesalahan Penggunaan Kata Keterangan “最后” zuìhòu dan “终于” zhōngyú pada Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Mandarin Angkatan 2016 Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri … Mandarin Unesa 1 (3) - /-/2018
173 Pengaruh Penggunaan Permainan Tebak Kata Terhadap Penguasaan Kosakata untuk Menyusun Kalimat Sederhana Bahasa Mandarin Siswa SMAN 1 Puri Mojokerto Tahun Ajaran 2017/2018 Mandarin Unesa 1 (3) - /-/2018
174 KESALAHAN PENGGUNAAN KATA KETERANGAN FREKUENSI (changchang) DAN (wangwang) PADA MAHASISWA ANGKATAN 2015 PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA MANDARIN JURUSAN BAHASA DAN SASTRA … Mandarin Unesa 1 (3) - /-/2018
175 KEEFEKTIFAN MEDIA FLANNELGRAPH TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA DAN PENYUSUNAN KALIMAT SEDERHANA BAHASA MANDARIN SISWA KELAS X AP 1 SMKN 8 SURABAYA TAHUN AJARAN 2017/2018 Mandarin Unesa 1 (3) - /-/2018
176 Konflik Batin Tokoh Utama Lǐ Yuánnī 李元妮 Dalam Drama Serial Aftershock《 唐山大地震》 Karya Xiǎogāng 冯小刚 Kajian Psikologi Sastra Sigmund Freud Mandarin Unesa 1 (3) - /-/2018
177 PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA FLASHCARD TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA DAN PENYUSUNAN KALIMAT BAHASA MANDARIN SISWA KELAS III SD GODWINS SCHOOL SURABAYA Mandarin Unesa 1 (3) - /-/2018
178 The Development of Mandarin Hanzi Instructional Videos to Increase Writing Skills Social Sciences, Humanities and Education Conference (SoSHEC 2019), 191-193, 2019 - /-/2019
179 Pembelajaran Semantik 三字熟語 (Sanji jukugo-Gabungan Tiga Kanji) dalam [雪国](Daerah Salju) Karya Kawabata Yasunari: Berbasis Revolusi Industri 4.0 - /-/2019
180 PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA MACROMEDIA FLASH DALAM PENYUSUNAN KALIMAT SEDERHANA BAHASA MANDARIN PADA SISWA KELAS X BAHASA SMA NEGERI 1 DRIYOREJO Mandarin Unesa 2 (1) - /-/2019
181 PENGARUH PENGGUNAAN BUKU TEKS《 华语》 HUÁYǓ TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN BAHASA MANDARIN SISWA KELAS X IPS SMAN 1 PURI MOJOKERTO Mandarin Unesa 2 (1) - /-/2019
182 KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MEDIA BALON KATA DALAM PENGUASAAN KOSA KATA DAN PENYUSUNAN KALIMAT SEDERHANA BAHASA MANDARIN PADA SISWA KELAS X BAHASA SMA NU 1 GRESIK Mandarin Unesa 2 (1) - /-/2019
183 PENGEMBANGAN HANDOUT BAHASA MANDARIN SEBAGAI SUPLEMEN BAHAN AJAR UNTUK PESERTA DIDIK KELAS VIII A SMP SHAFTA SURABAYA Mandarin Unesa 2 (1) - /-/2019
184 PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO “PANDA BERGOYANG” UNTUK PEMBELAJARAN MENULIS HANZI SISWA KELAS X SMA/SMK/MA/MAK Mandarin Unesa 2 (1) - /-/2019
185 PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DALAM PENGUASAAN PENULISAN HURUF HANZI PADA KELAS XI BAHASA SMA NEGERI 1 CERME Mandarin Unesa 2 (1) - /-/2019
186 PENGARUH METODE KONTEKSTUAL TERHADAP KETERAMPILAN MENYUSUN KARANGAN SEDERHANA BAHASA MANDARIN PADA SISWA KELAS XI BAHASA SMA NURUL JADID PAITON PROBOLINGGO Mandarin Unesa 2 (1) - /-/2019
187 PENGEMBANGAN HANDOUT BAHASA MANDARIN SEBAGAI SUPLEMEN BAHAN AJAR UNTUK PESERTA DIDIK KELAS VIII A SMP SHAFTA SURABAYA Mandarin Unesa 2 (1) - /-/2019
188 PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA DU CHINESE (M-LEARNING) TERHADAP KEMAMPUAN MENYUSUN TEKS DIALOG BAHASA MANDARIN PADA SISWA KELAS XI-MULTIMEDIA SMK YAPALIS KRIAN SIDOARJO TAHUN AJARAN … Mandarin Unesa 2 (1) - /-/2019
189 Pengaruh Penggunaan Media Gambar Bergerak dalam Written Chinese Dictionary terhadap Kemampuan Menulis Hanzi Siswa Kelas X MIPA SMAN 2 Sidoarjo Mandarin Unesa 2 (1) - /-/2019
190 PENGARUH METODE KONTEKSTUAL TERHADAP KETERAMPILAN MENYUSUN KARANGAN SEDERHANA BAHASA MANDARIN PADA SISWA KELAS XI BAHASA SMA NURUL JADID PAITON PROBOLINGGO - /-/2019
191 PENERAPAN METODE KOOPERATIF GABUNGAN TIPE TWO STAY TWO STRAY (TS-TS) DAN SNOWBALL THROWING DALAM PEMBELAJARAN PENGUASAAN KOSAKATA UNTUK MEMBUAT KALIMAT SEDERHANA BAHASA … Mandarin Unesa 2 (1) - /-/2019
192 Pembelajaran Menulis Hanzi dan Kanji Tingkat Dasar Studi Pembelajaran bahasa Mandarin di Indonesia 1 (Pembelajaran), 299, 2019 - /-/2019
193 PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA DU CHINESE (M-LEARNING) TERHADAP KEMAMPUAN MENYUSUN TEKS DIALOG BAHASA MANDARIN PADA SISWA KELAS XI-MULTIMEDIA SMK YAPALIS KRIAN SIDOARJO TAHUN AJARAN … Mandarin Unesa 2 (1) - /-/2019
194 KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MEDIA BALON KATA DALAM PENGUASAAN KOSA KATA DAN PENYUSUNAN KALIMAT SEDERHANA BAHASA MANDARIN PADA SISWA KELAS X BAHASA SMA NU 1 GRESIK Mandarin Unesa 2 (1) - /-/2019
195 PENGEMBANGAN BUKU TEKS BAHASA MANDARIN``汉语教材``BAGI SISWA SMA KELAS X SEMESTER GASAL BERDASARKAN KURIKULUM 2013 REVISI 2016 Mandarin Unesa 2 (1) - /-/2019
196 Learning the Meaning of Sanji Jukugo (Three Characters Compound) in [雪国](Snow Country) by Kawabata Yasunari Based on Industrial Revolution 4.0: A Semantic Study UI Proceedings on Social Science and Humanities 3 (2) - /-/2019
197 Pembelajaran Menulis Hanzi dan Kanji Tingkat Dasar Studi Pembelajaran bahasa Mandarin di Indonesia 1 (Pembelajaran), 299 - /-/2019
198 Pengaruh Strategi Pembelajaran Aktif Teks Acak terhadap Kemampuan Menyusun Teks Dialog Bahasa Mandarin Siswa Kelas X OTKP SMK PGRI 13 Surabaya Mandarin Unesa 2 (1) - /-/2019
199 PENGEMBANGAN BUKU TEKS BAHASA MANDARIN``汉语教材``BAGI SISWA SMA KELAS X SEMESTER GASAL BERDASARKAN KURIKULUM 2013 REVISI 2016 Mandarin Unesa 2 (1) - /-/2019
200 PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DALAM PENGUASAAN PENULISAN HURUF HANZI PADA KELAS XI BAHASA SMA NEGERI 1 CERME Mandarin Unesa 2 (1) - /-/2019
201 The Development of Mandarin Hanzi Instructional Videos to Increase Writing Skills Social Sciences, Humanities and Education Conference (SoSHEC 2019), 191-193 - /-/2019
202 PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TAKE AND GIVE DALAM KETERAMPILAN BERDIALOG BAHASA MANDARIN KELAS X BAHASA SMA NEGERI 1 CERME GRESIK TAHUN AJARAN 2018-2019 Mandarin Unesa 2 (1) - /-/2019
203 Pengaruh Strategi Pembelajaran Aktif Teks Acak terhadap Kemampuan Menyusun Teks Dialog Bahasa Mandarin Siswa Kelas X OTKP SMK PGRI 13 Surabaya Mandarin Unesa 2 (1) - /-/2019
204 PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TAKE AND GIVE DALAM KETERAMPILAN BERDIALOG BAHASA MANDARIN KELAS X BAHASA SMA NEGERI 1 CERME GRESIK TAHUN AJARAN 2018-2019 Mandarin Unesa 2 (1) - /-/2019
205 PENERAPAN METODE KOOPERATIF GABUNGAN TIPE TWO STAY TWO STRAY (TS-TS) DAN SNOWBALL THROWING DALAM PEMBELAJARAN PENGUASAAN KOSAKATA UNTUK MEMBUAT KALIMAT SEDERHANA BAHASA … Mandarin Unesa 2 (1) - /-/2019
206 PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO “PANDA BERGOYANG” UNTUK PEMBELAJARAN MENULIS HANZI SISWA KELAS X SMA/SMK/MA/MAK Mandarin Unesa 2 (1) - /-/2019
207 Penerapan Media Video SIMSEN dalam Pembelajaran Menulis Kalimat Sederhana bahasa Mandarin Siswa Kelas X SMAN 1 Puri Mojokerto Tahun Ajaran 2017/2018 Mandarin Unesa 2 (1) - /-/2019
208 Penerapan Media Video SIMSEN dalam Pembelajaran Menulis Kalimat Sederhana bahasa Mandarin Siswa Kelas X SMAN 1 Puri Mojokerto Tahun Ajaran 2017/2018 Mandarin Unesa 2 (1) - /-/2019
209 Strategi Belajar Siswa SMA Lulus Japanese Language Proficiency Test (JLPT) N3 Hikari 3 (2), 2019 - /-/2019
210 Pengaruh Penggunaan Media Gambar Bergerak dalam Written Chinese Dictionary terhadap Kemampuan Menulis Hanzi Siswa Kelas X MIPA SMAN 2 Sidoarjo Skripsi tidak diterbitkan. Surabaya: Program Studi Pendidikan Bahasa …, 2019 - /-/2019
211 PENGARUH PENGGUNAAN BUKU TEKS《 华语》 HUÁYǓ TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN BAHASA MANDARIN SISWA KELAS X IPS SMAN 1 PURI MOJOKERTO Mandarin Unesa 2 (1) - /-/2019
212 Penggunaan Media Draw Up Words terhadap Kemampuan Menyusun Kalimat Sederhana Bahasa Mandarin pada Siswa Kelas XI OTKP SMK PGRI 13 Surabaya Mandarin Unesa 3 (1) - /-/2020
213 Konflik Batin Tokoh Utama dalam Film《 疯狂的外星人》 Fēngkuáng de Wài Xīng Rén (Crazy Alien) Karya Liu Cixin (Kajian Konflik Batin Kurt Lewin) Mandarin Unesa 3 (2) - /-/2020
214 Penggunaan Media Draw Up Words terhadap Kemampuan Menyusun Kalimat Sederhana Bahasa Mandarin pada Siswa Kelas XI OTKP SMK PGRI 13 Surabaya Mandarin Unesa 3 (1) - /-/2020
215 PENGEMBANGAN MEDIA KARTU PINTAR HANZI UNTUK PEMBELAJARAN URUTAN PENULISAN HANZI PADA SISWA KELAS X IPS 1 SMA MAARIF NU PANDAAN Mandarin Unesa 3 (1) - /-/2020
216 PENGEMBANGAN MEDIA KARTU PINTAR HANZI UNTUK PEMBELAJARAN URUTAN PENULISAN HANZI PADA SISWA KELAS X IPS 1 SMA MAARIF NU PANDAAN Mandarin Unesa 3 (1) - /-/2020
217 Konflik Batin Tokoh Utama dalam Film《 疯狂的外星人》 Fēngkuáng de Wài Xīng Rén (Crazy Alien) Karya Liu Cixin (Kajian Konflik Batin Kurt Lewin) Mandarin Unesa 3 (2) - /-/2020
218 Penerapan Media Video SIMSEN dalam Pembelajaran Menulis Kalimat Sederhana bahasa Mandarin Siswa Kelas X SMAN 1 Puri Mojokerto Tahun Ajaran 2017/2018 Jurnal Mahasiswa Unesa.(https://jurnalmahasiswa. unesa. ac. id/index. php …, 2020 - /-/2020
219 Learner Autonomy in Mandarin Class https://dx.doi.org/10.2991/assehr.k.201201.174 491 (Education), 1043-1048, 2020 - /-/2020
220 PENGARUH PERMAINAN CHARADE DENGAN MEDIA GAMBAR TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA MANDARIN PADA SISWA KELAS X IPA 5 SMA NU 1 GRESIK Mandarin Unesa 3 (1) - /-/2020
221 Pemanfaatan YoutubeSebagai Media Pembelajaran Bahasa Jepang di SMAN 10 Malangpada Masa Pandemi Covid-19 Chi’e 9, 2021 - /-/2021

Karya Buku

No Judul Buku Tahun Jumlah Halaman Penerbit

Pemakalah Seminar Ilmiah

No Nama Temu ilmiah / Seminar Judul Artikel Ilmiah Waktu dan Tempat

Hak Karya Ilmiah

No Judul/Tema HKI Tahun Jenis Nomor