
Prof. Dr. Suyatno, M.Pd.
Prof. Dr. Suyatno, M.Pd., lahir di Labuhan Bilik pada tanggal 08-01-1964 adalah dosen di Universitas Negeri Surabaya. Dalam 1 tahun terakhir, mengampu 36 matakuliah. Sudah melakukan pengabdian sebanyak 9.

Identitas Diri
Riwayat Pendidikan
S1 | S2 | S3 | |
---|---|---|---|
Nama Perguruan Tinggi | Institut Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Surabaya | Institut Keguruan Ilmu Pendidikan Malang | Universitas Negeri Surabaya |
Bidang Ilmu | Pendidikan Bahasa Indonesia | Pendidikan Bahasa Indonesia | Pendidikan Sastra Anak |
Tahun Masuk-Lulus | 1984 - 1989 | 1991 - 1995 | 2004 - 2008 |
Judul Skripsi/Tesis/Disertasi | Gaya Hidup Masyarakat Kota Kelas Bawah Dalam Novel Ibu Kita Ramintem Karya Muhamad Ali | - | - |
Nama Pembimbing/Promotor | - | - | - |
Mata Kuliah yang Diampu
No. | Mata Kuliah |
---|---|
1 | Apresiasi Prosa |
2 | Apresiasi Puisi |
3 | Bahan dan Media Pembelajaran Inovatif |
4 | Dasar Kependidikan |
5 | Desain Pembelajaran Bahasa dan Sastra |
6 | Filsafat Ilmu Pendidikan Bahasa-Sastra |
7 | Inovasi Pembelajaran Bahasa dan Sastra Berbasis IT |
8 | Inovasi Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis IT |
9 | Kajian kelas bahasa dan sastra |
10 | MATAKULIAH PENDUKUNG DISERTASI 2 |
11 | Mata Kuliah Penunjang Disertasi 1 |
12 | Mata Kuliah Penunjang Disertasi 2 |
13 | Media Pembelajaran |
14 | Media Pembelajaran Inovatif: Ekomedia dan IT |
15 | Metodologi Penelitian Sastra** |
16 | Pedagogi Pembelajaran Bahasa dan Sastra |
17 | PEDAGOGI PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA |
18 | Pembelajaran Inovatif II |
19 | Pembelajaran Inovatif untuk BIPA |
20 | Pembelajaran Inovatif Untuk BIPA |
21 | Pembelajaran Sastra Kreatif |
22 | Pendesiminasian Program |
23 | Pengembangan Bahan dan Media Pembelajaran Bahasa dan Sastra |
24 | Penulisan Kreatif |
25 | Perencanaan Pembelajaran |
26 | Proposal Disertasi |
27 | Proposal Penelitian |
28 | Sastra Anak |
29 | Sastra Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia |
30 | Seminar Pendidikan Bahasa dan Sastra 1 |
31 | Seminar Proposal |
32 | Seminar Proposal Tugas Akhir |
33 | Skripsi |
34 | SKRIPSI |
35 | tesis |
36 | Tesis |
Data Penelitian Dari Sim Litabmas
No. | Tahun | Judul | Sumber Dana |
---|---|---|---|
1 | 2013 | Penguatan Identitas Keindonesiaan Melalui Produksi Cerita Anak Karya Anak | Litabmas |
2 | 2013 | Penguatan Identitas Keindonesiaan Melalui Produksi Cerita Anak Karya Anak | Litabmas |
3 | 2013 | Penguatan Identitas Keindonesiaan Melalui Produksi Cerita Anak Karya Anak | Litabmas |
4 | 2013 | Penguatan Identitas Keindonesiaan Melalui Produksi Cerita Anak Karya Anak | Litabmas |
Data Penelitian Dari Non Litabmas
No. | Tahun | Judul | Sumber Dana |
---|---|---|---|
1 | 2021 | Pengembangan Perangkat Perkuliahan Ke-BIPA-an Sebagai Mata Kuliah Unggulan di Prodi Magister Pendidikan Bahasa Indonesia Unesa | |
2 | 2024 | Mistisme dalam Mitos Hutan Keselamatan sebagai Nilai Pendidikan Karakter Mahasiswa | |
3 | 2021 | PENGEMBANGAN BUKU AJAR BERBASIS PROYEK “MEDIA PEMBELAJARAN: AMATI, TIRUKAN, MODIFIKASI” BAGI MAHASISWA S-1 PRODI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA UNESA | |
4 | 2019 | PENGEMBANGAN MODUL E-LEARNING MATA KULIAH PEMBELAJARAN INOVATIF BERBASIS KEARIFAN LOKAL | |
5 | 2022 | PENINGKATAN HASIL BELAJAR JURNALISTIK MELALUI MODEL PEMBELARAN BERBASIS MASALAH DI JURUSAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA | |
6 | 2025 | FANTASI ANAK TERHADAP KEINDONESIAAN DALAM NOVEL ANAK KARYA ANAK UNTUK MENDUKUNG PEMBANGUNAN MANUSIA INDONESIA TAHUN 2045 (SDG'S) | |
7 | 2025 | Persepsi Mahasiswa Asing terhadap Implementasi Pembelajaran BIPA dengan Pendekatan Plurilingual | |
8 | 2025 | Simbolisasi Cerita Rakyat Sarip Tambak Oso dan Dewi Ambarsari Sebagai Perspektif Panca Darma Pendidikan Ki Hajar Dewantara Untuk Mendukung Pendidikan Berkualitas (SDGs) | |
9 | 2024 | Penggunaan Chat Generative Pre-trained Transformer oleh Mahasiswa Indonesia dalam Praktik Menulis Esai | |
10 | 2020 | PENGEMBANGAN BUKU DONGENG COVID-19 BERBASIS TEKA-TEKI SEBAGAI UPAYA PENGENDALIAN WABAH COVID-19 | |
11 | 2020 | Problematika Pembelajaran Daring Mata kuliah Sejarah Sastra di Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia pada Mas Pandemi Covid-19 | |
12 | 2023 | PENERAPAN METODE TOTAL PHYSICAL RESPON DALAM PEMBELAJARAN BIPA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MAKNA KATA BAHASA INDONESIA | |
13 | 2024 | Pengembangan Media Berbasis Aplikasi CapCut, Canva, dan Remov BG sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Perkuliahan MK Pembelajaran Inovatif untuk BIPA pada Mahasiswa S2 PBI, FBS, Unesa |