Drs. Bambang Sujatmiko, M.T.

Drs. Bambang Sujatmiko, M.T., lahir di Surabaya pada tanggal 19-05-1965 adalah dosen di Universitas Negeri Surabaya. Dalam 1 tahun terakhir, mengampu 9 matakuliah. Sudah melakukan pengabdian sebanyak 11. Sudah mempublikasi Artikel Ilmiah dalam jurnal sebanyak 45. Menjadi pemakalah seminar ilmiah sebanyak 1.

Identitas Diri

Riwayat Pendidikan

S1 S2
Nama Perguruan Tinggi IKIP Surabaya UGM
Bidang Ilmu Kependidikan Teknik Elektro
Tahun Masuk-Lulus - - 1991 1995 - 1998
Judul Skripsi/Tesis/Disertasi - -
Nama Pembimbing/Promotor - -
Status Validasi Sudah divalidasi Sudah divalidasi

Mata Kuliah yang Diampu

No. Mata Kuliah
1 Keterampilan Mengajar dan Pembelajaran Mikro
2 LITERASI DIGITAL
3 Microteaching
4 Pemrograman Berorientasi Obyek
5 Pendidikan Vokasi
6 Perencanaan Pembelajaran
7 Rekayasa Perangkat Lunak
8 Skripsi
9 Teori Belajar

Data Penelitian Dari Sim Litabmas

No. Tahun Judul Sumber Dana
1 2015 Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning–PBL) Terhadap Peningkatan Kompetensi Yang Diintegrasikan Pada Pengembangan Modul Ajar Struktur Data Litabmas
2 2018 Rancang Bangun Measurement Tool Cobit 5 Untuk Pengembangan Tata Kelola E-Learning (Vi-Learn) Unesa Litabmas
3 2016 Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning–PBL) Terhadap Peningkatan Kompetensi Yang Diintegrasikan Pada Pengembangan Modul Ajar Struktur Data Litabmas
4 2017 Rancang Bangun Measurement Tool Cobit 5 Untuk Pengembangan Tata Kelola E-Learning (Vi-Learn) Unesa Litabmas
5 2022 ANALISIS PENELUSURAN ALUMNI PRODI PENDIDIKAN TEKNOLOGI INFORMASI UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA DALAM UPAYA PENINGKATAN INDIKATOR KINERJA UTAMA PERGURUAN TINGGI Litabmas
6 2019 PENINGKATAN PROFESIONALISME GURU MELALUI WORKSHOP PENYUSUNAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) MENGGUNAKAN KURIKULUM 2013 REVISI 2018 BAGI GURU-GURU SMK NEGERI I MAGETAN JAWA TIMUR. Litabmas
7 2016 Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning–PBL) Terhadap Peningkatan Kompetensi Yang Diintegrasikan Pada Pengembangan Modul Ajar Struktur Data Litabmas
8 2015 Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning–PBL) Terhadap Peningkatan Kompetensi Yang Diintegrasikan Pada Pengembangan Modul Ajar Struktur Data Litabmas
9 2021 SISTEM INFORMASI ADMINISTRASI KEUANGAN LABORATORIUM KEWIRAUSAHAAN BERBASIS WEBSITE Litabmas
10 2021 SISTEM INFORMASI ADMINISTRASI KEUANGAN LABORATORIUM KEWIRAUSAHAAN BERBASIS WEBSITE Litabmas
11 2022 ANALISIS PENELUSURAN ALUMNI PRODI PENDIDIKAN TEKNOLOGI INFORMASI UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA DALAM UPAYA PENINGKATAN INDIKATOR KINERJA UTAMA PERGURUAN TINGGI Litabmas
12 2020 PEMBUATAN SMART HANDSANITIZER SEBAGAI PENCEGAHAN DINI COVID-19 DI UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA Litabmas
13 2022 ANALISIS PENELUSURAN ALUMNI PRODI PENDIDIKAN TEKNOLOGI INFORMASI UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA DALAM UPAYA PENINGKATAN INDIKATOR KINERJA UTAMA PERGURUAN TINGGI Litabmas
14 2020 PEMBUATAN SMART HANDSANITIZER SEBAGAI PENCEGAHAN DINI COVID-19 DI UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA Litabmas
15 2016 Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning–PBL) Terhadap Peningkatan Kompetensi Yang Diintegrasikan Pada Pengembangan Modul Ajar Struktur Data Litabmas
16 2015 Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning–PBL) Terhadap Peningkatan Kompetensi Yang Diintegrasikan Pada Pengembangan Modul Ajar Struktur Data Litabmas
17 2021 PENGEMBANGAN MODUL INOVATIF DIGITAL BERBASIS AUGMENTED REALITY Litabmas
18 2021 SISTEM INFORMASI ADMINISTRASI KEUANGAN LABORATORIUM KEWIRAUSAHAAN BERBASIS WEBSITE Litabmas

Data Penelitian Dari Non Litabmas

No. Tahun Judul Sumber Dana
1 2021 Pengembangan Modul Inovatif Digital Berbasis Augmented Reality
2 2024 Analisis Jejak Alumni S1 Pendidikan Teknologi Informasi Universitas Negeri Surabaya: Memahami Perjalanan Karir Dan Dampak Perguruan Tinggi
3 2024 Analisis Pengaruh Minat Kejuruan dan Motivasi terhadap Prestasi Akademik dengan Pendekatan Structural Equation Modeling
4 2022 STUDI PENELUSURAN ALUMNI LULUSAN PROGRAM STUDI S1 TEKNIK INFORMATIKA UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA
5 2021 Sistem Informasi Penilaian Indikator Kinerja Utama (IKU) Fakultas Teknik Menggunakan Metode AHP Berbasis Website
6 2023 ANALISIS PENELUSURAN ALUMNI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNOLOGI INFORMASI DALAM UPAYA PENINGKATAN INDIKATOR KINERJA UTAMA UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA
7 2022 Analisis Penelusuran Alumni Prodi Pendidikan Teknologi Informasi Universitas Negeri Surabaya dalam Upaya Peningkatan Indikator Kinerja Utama Perguruan Tinggi
8 2021 Sistem Informasi Administrasi Keuangan Laboratorium Kewirausahaan berbasis Website
9 2020 Analisis Kesesuaian Tugas Teknologi Pembelajaran Daring Terhadap Lingkungan Sosial Pada Masa Pandemi Covid-19
10 2019 Pengembangan Program Android dan Website untuk perencanaan Program Pengajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di Sekolah
11 2020 Pengembangan Aplikasi Volleyball Tactical Information Skill (VTIS) Berbasis Realtime Tactical Dasboard
12 2023 Pengembangan Taxonomi Bloom Revisi Ranah Kognitif Pada Butir Soal Penilaian Ujian Sumatif pada Mata Kuliah Pemrograman Berorientasi Obyek
13 2019 Pengembangan Model Analisis Keterampilan Bermain Bolavoli Berbasis android
14 2021 PENGEMBANGAN BUKU AJAR MAHASISWA BERBASIS AUGMENTED REALITY MATAKULIAH KURIKULUM SEKOLAH
15 2021 ANALISIS PROFIL LULUSAN S1 PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNOLOGI INFORMASI MELALUI TRACER STUDY

Pengabdian Kepada Masyarakat

No Tahun Judul Pengabdian Sumber Pendanaan
1 2020 PEMBAGIAN MASKER UNTUK MASYARAKAT SEBAGAI PENCEGAHAN PENYEBARAN VIRUS COVID-19 DI SURABAYA
2 2021 Penerapan Aplikasi Berbasis Augmented Reality sebagai Pengembangan Media Pembelajaran Siswa di SMKN 1 Probolinggo
3 2022 PEMAHAMAN DAN PENERAPAN SERTA PENGEMBANGAN MEDIA PROMOSI DI SEKOLAH DESA JATIREJO KECAMATAN REJOSARI GUNA UNTUK MENGETAHUI TARGET PASAR DIMASA SOCIETY 5.0
4 2024 Edukasi Pemanfaatan Google Sites Sebagai Media Pembelajaran Efektif dan Inovatif kepada Guru di SMP 10 Nopember Sidoarjo
5 2020 PEMBERIAN BANTUAN BAHAN POKOK UNTUK MASYARAKAT YANG TERDAMPAK VIRUS COVID 19
6 2020 PEMBERIAN BANTUAN SEMBAKO UNTUK MERINGANKAN MASYARAKAT YANG TERDAMPAK VIRUS COVID-19
7 2021 Penerapan Aplikasi Berbasis Android sebagai Pengembangan Media Pembelajaran Siswa di SMKN 1 Probolinggo
8 2023 Peningkatan Profesionalisme Guru TIK Melalui Pelatihan Pemrograman Dasar dan Implementasinya Bagi Guru-guru MGMP TIK se Kabupaten Mojokerto
9 2020 Pembuatan Smart HandSanitizer Sebagai Pencegahan Dini Covid-19 di Universitas Negeri Surabaya
10 2024 Pengembangan Program Pembelajaran Keterampilan Berpikir Komputasional untuk Siswa Sekolah Indonesia Davao (SID) Filipina
11 2024 Pengembangan Kompetensi Profesional Guru SMP Sepuluh Nopember Sidoarjo melalui Edukasi Pemanfaatan Genially Sebagai Media Pembelajaran

Publikasi Jurnal

No Judul Artikel Ilmiah Nama Jurnal Volume/Nomor/Tahun
1 PENGGUNAAN PASIR SILIKA SEBAGAI SUBSTITUSI AGREGAT HALUS UNTUK MENINGKATKAN PERFORMANCE BATA RINGAN - /-/0
2 Pengembangan Modul Yang Dilengkapi Media 3 Dimensi Pada Mata Pelajaran Perakitan Komputer di SMK Negeri 3 Jombang - /-/0
3 PENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN BAHAN AJAR (LKS) PADA MATA PELAJARAN PEMROGRAMAN WEB KELAS X YANG DI INTEGRASIKAN PADA E-LEARNING BERBASIS MOODLE Zahidah - /-/0
4 Multimedia sebagai sarana pengajaran di kelas (Paket penyusun computer assisted instruction) Text - /-/1997
5 APLIKASI KAWRUH BASA DAN AKSARA JAWA MENGGUNAKAN PLATFORM ANDROID 2.1 Jurnal Manajemen Informatika 1 (2) - /-/2012
6 Sistem informasi tugas akhir berbasis web (studi kasus d3 manajemen informatika te ft unesa) Jurnal Manajemen Informatika 2 (2) - /-/2013
7 Pengaruh Pendidikan Kesehatan Tentang Penanganan Efek Samping Imunisasi DPT Terhadap Kecemasan Ibu (Studi di Wilayah Kerja Posyandu Desa Ngadirejo Kecamatan Kromengan Kabupaten … - /-/2014
8 Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif dan Psikomotorik Siswa Pada Mata Pelajaran Pengambilan Gambar Bergerak di SMK … Jurnal IT-Edu 3, 227-233 - /-/2016
9 Modul Pembelajaran Virtual LAN pada Cisco Packet Tracer untuk Meningkatkan Kompetensi Psikomotorik Siswa di SMK YPM 1 Taman IT-Edu: Jurnal Information Technology and Education 2 (02) - /-/2017
10 Penerapan Media Pembelajaran Authoring Tool pada Mata Pelajaran Pemrograman Web untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X di SMK Negeri 3 Surabaya IT-Edu: Jurnal Information Technology and Education 2 (01) - /-/2017
11 Implementasi Pembelajaran Menggunakan Pendekatan Scientific untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Sistem Komputer Di SMK Negeri 2 Surabaya IT-Edu: Jurnal Information Technology and Education 2 (02) - /-/2017
12 PROJECT BASED LEARNING SEBAGAI PENYELESAIAN MASALAH MATERI SUBNETTINGPADA MATA PELAJARAN RANCANG BANGUN JARINGAN DI SMK NEGERI 2 SURABAYA IT-Edu: Jurnal Information Technology and Education 2 (01) - /-/2017
13 Pengembangan Media Pembelajaran Click Multimedia dengan Model Pembelajaran Self-Directed Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Animasi 2 Dimensi … IT-Edu: Jurnal Information Technology and Education 2 (02) - /-/2017
14 Pengembangan Panduan Layanan Daftar Ulang Mahasiswa Baru Unesa Berbasis Animasi 2d Menggunakan Videoscribe IT-Edu: Jurnal Information Technology and Education 2 (02) - /-/2017
15 Pengaruh Pembelajaran Menggunakan Media Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pengetahuan Dasar Teknik Mesin di SMK Piri 1 Yogyakarta Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin 5 (3), 215-222 - /-/2017
16 Pengembangan Sistem Penilaian Otomatis Pada Mata Pelajaran Dasar-dasar Pemrograman Kelas X Di SMK Negeri 3 Buduran Sidoarjo IT-Edu: Jurnal Information Technology and Education 3 (01) - /-/2018
17 Modul Pengembangan Aplikasi Media Pembelajaran Jaringan Nirkabel pada Materi Hotspot Mikrotik Berbasis Project Based Learning untuk Peningkatan Kompetensi Pengaturan … IT-Edu: Jurnal Information Technology and Education 3 (01) - /-/2018
18 Pengaruh Modul Pembelajaran dengan Model Pendekatan Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kompetensi Siswa dalam Mata Pelajaran Administrasi Server Studi Kasus di SMK … IT-Edu: Jurnal Information Technology and Education 3 (01) - /-/2018
19 ANALISIS PENGARUH NILAI TES POTENSI AKADEMIK PADA EVALUASI PEMROGRAMAN DASAR TERHADAP MOTIVASI DAN KEMAMPUAN PEMROGRAMAN IT-Edu: Jurnal Information Technology and Education 3 (01) - /-/2018
20 Modul dan kit pengembangan media pembelajaran administrasi server dalam virtualbox untuk menguji kompentensi kognitif dan psikomotorik peserta didik IT-Edu: Jurnal Information Technology and Education 3 (01) - /-/2018
21 Pengembangan Media Berbasis Video Animasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Dan Psikomotorik Siswa Pada Mata Pelajaran Pengambilan Gambar Bergerak Di SMK Negeri 3 Surabaya IT-Edu: Jurnal Information Technology and Education 3 (01) - /-/2018
22 PENGEMBANGAN EVALUASI PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN PEMROGRAMAN JAVA MELALUI ISPRING TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA IT-Edu: Jurnal Information Technology and Education 3 (01) - /-/2018
23 PENGEMBANGAN APLIKASI KAMUS BAHASA PEMROGRAMAN C++ BERBASIS ANDROID UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI KOGNITIF MATA KULIAH STRUKTUR DATA IT-Edu: Jurnal Information Technology and Education 3 (01) - /-/2018
24 Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Game RPG Untuk Mata Pelajaran Pemrograman Game di SMK Negeri 12 Surabaya IT-Edu: Jurnal Information Technology and Education 3 (01) - /-/2018
25 PENGEMBANGAN APLIKASI VALIDASI SOAL BERDASARKAN KESESUAIAN DENGAN KATA KERJA OPERASIONAL DAN ANALISA BUTIR SOAL BERBASIS COMPUTER BASED TEST IT-Edu: Jurnal Information Technology and Education 4 (01) - /-/2019
26 PENGEMBANGAN MEDIA ASESMEN KELAYAKAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS WEB IT-Edu: Jurnal Information Technology and Education 4 (01) - /-/2019
27 PENGEMBANGAN MODUL ONLINE DAN LKS BERBASIS MOODLE PADA MATA PELAJARAN TEKNIK PENGOLAHAN VIDEO IT-Edu: Jurnal Information Technology and Education 4 (01) - /-/2019
28 Project Based Learning as Settlement Of Sub netting Materials In The Study of Network Design International Conference on Education, Science and Technology, 204-208 - /-/2019
29 PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ANDROID UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI KOGNITIF SISWA PADA MATA PELAJARAN PEMROGRAMAN DASAR DI KELAS X SMK NEGERI 1 TUBAN IT-Edu: Jurnal Information Technology and Education 4 (01) - /-/2019
30 KAJIAN DEMAND BIS KOTA TRAYEK F TERHADAP RENCANA PENERAPAN TREM KORIDOR UTARA-SELATAN KOTA SURABAYA E-Jurnal SPIRIT PRO PATRIA 5 (2), 118-134 - /-/2019
31 PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES ONLINE MENGGUNAKAN HIGH ORDER THINKING SKILL (HOTS) BERBASIS MOODLE PADA MATA PELAJARAN RANCANG BANGUN JARINGAN DI SMK NEGERI 1 SURABAYA IT-Edu: Jurnal Information Technology and Education 4 (01) - /-/2019
32 APLIKASI PEMETAAN PONDOK PESANTREN BERBASIS WEB DI KABUPATEN JOMBANG Inovate: Jurnal Ilmiah Inovasi Teknologi Informasi 4 (1) - /-/2019
33 PENGEMBANGAN APLIKASI TES KEMAMPUAN BAKAT PEMROGRAMAN PADA MAHASISWA JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA IT-Edu: Jurnal Information Technology and Education 4 (01) - /-/2019
34 Pengembangan Aplikasi Validasi Soal Berdasarkan Kesesuaian dengan Kata Kerja Operasional dan Analisa Butir Soal Berbasis IT-Edu: Jurnal Information Technology and Education 4 (01) - /-/2019
35 PENGEMBANGAN APLIKASI SEARCH ENGINE JAVA BERBASIS ANDROID DENGAN ALGORITMA ELASTICSEARCH UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI PEMROGRAMAN PADA MATA KULIAH PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBYEK IT-Edu: Jurnal Information Technology and Education 4 (01) - /-/2019
36 Pengembangan Sistem Informasi Manajemen Laboratorium Dan Penjadwalan Menggunakan Algoritma Greedy Untuk Meningkatkan Kinerja Laboratorium SMKN 3 Pamekasan IT-Edu: Jurnal Information Technology and Education 4 (02) - /-/2019
37 PEMANFAATAN LIMBAH STRAPPING BAND dan STYROFOAM dengan MENGGUNAKAN PASIR MOJOKERTO untuk BATA RINGAN Narotama Jurnal Teknik Sipil (NJTS) 3 (1), 41-58 - /-/2019
38 OPTIMASI PENJADWALAN MATAKULIAH MENGGUNAKAN ALGORITMA GENETIKA DI FAKULTAS TEKNOLOGI INFORMASI UNIVERSITAS HASYIM ASY’ARI Inovate: Jurnal Ilmiah Inovasi Teknologi Informasi 4 (2), 1-9 - /-/2020
39 STUDI LITERATUR PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEB DENGAN METODE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) IT-Edu: Jurnal Information Technology and Education 5 (01), 217-226 - /-/2020
40 STUDI PERBANDINGAN MODEL INKUIRI MENGGUNAKAN VIRTUAL LABORATORIUM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA IT-Edu: Jurnal Information Technology and Education 5 (01), 163-170 - /-/2020
41 PENELITIAN KEPUSTAKAAN (LIBRARY RESEARCH) MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS AUGMENTED REALITY PADA PEMBELAJARAN SISWA IT-Edu: Jurnal Information Technology and Education 5 (01), 317-329 - /-/2020
42 Teknologi Pembuatan Beton Ringan untuk Panel Dinding dengan Perkuatan Anyaman Bambu AGREGAT 5 (http://journal.um-surabaya.ac.id/index.), 437-442 - /-/2020
43 STUDI LITERATUR PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMK IT-Edu: Jurnal Information Technology and Education 5 (01), 489-496 - /-/2020
44 Project-Based Learning as a Subnetting Material Completion in Network Design Studies Journal of Physics: Conference Series 1569 (2), 022018 - /-/2020
45 The making of Android-based search engine applications with Elastic-search algorithm to improve programming competence IOP Conference Series: Materials Science and Engineering 1098 (4), 042089 - /-/2021

Karya Buku

No Judul Buku Tahun Jumlah Halaman Penerbit

Pemakalah Seminar Ilmiah

No Nama Temu ilmiah / Seminar Judul Artikel Ilmiah Waktu dan Tempat
1 Journal of Physics: Conference Series Project-Based Learning as a Subnetting Material Completion in Network Design Studies 2020

Hak Karya Ilmiah

No Judul/Tema HKI Tahun Jenis Nomor