Dr. Syamsul Sodiq, M.Pd.

Dr. Syamsul Sodiq, M.Pd., lahir di Kediri pada tanggal 13-02-1966 adalah dosen di Universitas Negeri Surabaya. Dalam 1 tahun terakhir, mengampu 37 matakuliah. Sudah melakukan pengabdian sebanyak 9. Sudah mempublikasi Artikel Ilmiah dalam jurnal sebanyak 81. Menjadi pemakalah seminar ilmiah sebanyak 1. Memperoleh HKI sebanyak 1.

Identitas Diri

Riwayat Pendidikan

S1 S2 S3
Nama Perguruan Tinggi IKIP Surabaya IKIP Malang UNESA
Bidang Ilmu Pendidikan Pendidikan Pendidikan
Tahun Masuk-Lulus 1986 - 1991 1995 - 1998 2003 - 2010
Judul Skripsi/Tesis/Disertasi Kemampuan Memahami Verba Bahasa Indonesia Siswa SMA Kotamadya Kediri Fitur Semantis dan Pengaruhnya pada Struktur Sintaktis Verba Bahasa Indonesia pada Ragam Jurnalistik Pengembangan Materi Ajar Pendidikan Kecakapan Hidup pada Buku Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas VII
Nama Pembimbing/Promotor Drs. Leo Idra Ardiana, M.Pd. Prof. Dr. Abdul Wahab dan Prof. Dr. Suparno Prof. Dr. Soekemi dan Prof. Dr. Bambang Yulianto, M.Pd.

Mata Kuliah yang Diampu

No. Mata Kuliah
1 Advanced Quantitative Research Methodology
2 Asesmen Pembelajaran Bahasa Indonesia
3 Asesmen Pembelajaran Bahasa-Sastra
4 Asesmen Proses dan Hasil Belajar
5 Bahasa Indonesia
6 Desain Instruksional
7 Evaluasi Belajar dan Pembelajaran
8 Isu Mutakhir Bahasa/Sastra Indonesia-Daerah
9 Keterampilan Menulis
10 KKN Asistensi Mengajar Evaluasi Program
11 KKN Kewirausahaan Evaluasi Program
12 KKN Proyek Desa Evaluasi Program
13 KKN Proyek indpenden Evaluasi Program
14 Kurikulum Pendidikan Bahasa Indonesia
15 Kurikulum Sekolah
16 Mata Kuliah Penunjang Disertasi 2
17 Metodologi Penelitian Kuantitatif Lanjut
18 micro teaching
19 Open Dissertation
20 Pedagogi Pembelajaran Bahasa dan Sastra
21 PEDAGOGI PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA
22 Pembelajaran Bahasa-Sastra Mutakhir
23 Pengembangan Kurikulum BIPA
24 Perencanaan Pembelajaran
25 Proposal Penelitian
26 publikasi ilmiah
27 Seminar Of Research Findings
28 SEMINAR OF RESEARCH FINDINGS
29 Seminar Pendidikan Bahasa dan Sastra
30 Seminar Proposal
31 Skripsi
32 SKRIPSI
33 Sosiolinguistik
34 Studi Lapangan
35 Teori Belajar
36 tesis
37 Tesis

Data Penelitian Dari Sim Litabmas

No. Tahun Judul Sumber Dana
1 2016 Pengembangan Keterampilan Menulis Berbasis Psychowriting untuk Menunjang Literacy Writing Litabmas
2 2018 Pengembangan Keterampilan Menulis Berbasis Psychowriting untuk Menunjang Literacy Writing Litabmas
3 2017 Pengembangan Keterampilan Menulis Berbasis Psychowriting untuk Menunjang Literacy Writing Litabmas
4 2022 PENGEMBANGAN BUKU AJAR PEDAGOGI PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA Litabmas
5 2016 Pengembangan Keterampilan Menulis Berbasis Psychowriting untuk Menunjang Literacy Writing Litabmas
6 2022 PENGEMBANGAN RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER MATA KULIAH DALAM KEGIATAN DI LUAR KAMPUS UNTUK MENDUKUNG MERDEKA BELAJAR KAMPUS MEREDAKA DI UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA Litabmas
7 2022 PENGEMBANGAN BUKU AJAR PEDAGOGI PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA Litabmas
8 2018 Pengembangan Keterampilan Menulis Berbasis Psychowriting untuk Menunjang Literacy Writing Litabmas
9 2017 Pengembangan Keterampilan Menulis Berbasis Psychowriting untuk Menunjang Literacy Writing Litabmas
10 2016 Pengembangan Keterampilan Menulis Berbasis Psychowriting untuk Menunjang Literacy Writing Litabmas
11 2022 PENGEMBANGAN RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER MATA KULIAH DALAM KEGIATAN DI LUAR KAMPUS UNTUK MENDUKUNG MERDEKA BELAJAR KAMPUS MEREDAKA DI UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA Litabmas
12 2022 PENGEMBANGAN BUKU AJAR PEDAGOGI PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA Litabmas
13 2018 Pengembangan Keterampilan Menulis Berbasis Psychowriting untuk Menunjang Literacy Writing Litabmas
14 2017 Pengembangan Keterampilan Menulis Berbasis Psychowriting untuk Menunjang Literacy Writing Litabmas
15 2016 Pengembangan Keterampilan Menulis Berbasis Psychowriting untuk Menunjang Literacy Writing Litabmas
16 2022 PENGEMBANGAN RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER MATA KULIAH DALAM KEGIATAN DI LUAR KAMPUS UNTUK MENDUKUNG MERDEKA BELAJAR KAMPUS MEREDAKA DI UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA Litabmas
17 2022 PENGEMBANGAN BUKU AJAR PEDAGOGI PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA Litabmas
18 2018 Pengembangan Keterampilan Menulis Berbasis Psychowriting untuk Menunjang Literacy Writing Litabmas
19 2017 Pengembangan Keterampilan Menulis Berbasis Psychowriting untuk Menunjang Literacy Writing Litabmas
20 2016 Pengembangan Keterampilan Menulis Berbasis Psychowriting untuk Menunjang Literacy Writing Litabmas
21 2022 PENGEMBANGAN RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER MATA KULIAH DALAM KEGIATAN DI LUAR KAMPUS UNTUK MENDUKUNG MERDEKA BELAJAR KAMPUS MEREDAKA DI UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA Litabmas
22 2022 PENGEMBANGAN BUKU AJAR PEDAGOGI PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA Litabmas
23 2018 Pengembangan Keterampilan Menulis Berbasis Psychowriting untuk Menunjang Literacy Writing Litabmas
24 2017 Pengembangan Keterampilan Menulis Berbasis Psychowriting untuk Menunjang Literacy Writing Litabmas
25 2016 Pengembangan Keterampilan Menulis Berbasis Psychowriting untuk Menunjang Literacy Writing Litabmas
26 2022 PENGEMBANGAN RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER MATA KULIAH DALAM KEGIATAN DI LUAR KAMPUS UNTUK MENDUKUNG MERDEKA BELAJAR KAMPUS MEREDAKA DI UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA Litabmas
27 2022 PENGEMBANGAN BUKU AJAR PEDAGOGI PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA Litabmas
28 2018 Pengembangan Keterampilan Menulis Berbasis Psychowriting untuk Menunjang Literacy Writing Litabmas
29 2017 Pengembangan Keterampilan Menulis Berbasis Psychowriting untuk Menunjang Literacy Writing Litabmas
30 2016 Pengembangan Keterampilan Menulis Berbasis Psychowriting untuk Menunjang Literacy Writing Litabmas
31 2022 PENGEMBANGAN RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER MATA KULIAH DALAM KEGIATAN DI LUAR KAMPUS UNTUK MENDUKUNG MERDEKA BELAJAR KAMPUS MEREDAKA DI UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA Litabmas
32 2022 PENGEMBANGAN BUKU AJAR PEDAGOGI PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA Litabmas
33 2016 Pengembangan Keterampilan Menulis Berbasis Psychowriting untuk Menunjang Literacy Writing Litabmas
34 2018 Pengembangan Keterampilan Menulis Berbasis Psychowriting untuk Menunjang Literacy Writing Litabmas
35 2017 Pengembangan Keterampilan Menulis Berbasis Psychowriting untuk Menunjang Literacy Writing Litabmas
36 2018 Pengembangan Keterampilan Menulis Berbasis Psychowriting untuk Menunjang Literacy Writing Litabmas
37 2017 Pengembangan Keterampilan Menulis Berbasis Psychowriting untuk Menunjang Literacy Writing Litabmas
38 2022 PENGEMBANGAN RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER MATA KULIAH DALAM KEGIATAN DI LUAR KAMPUS UNTUK MENDUKUNG MERDEKA BELAJAR KAMPUS MEREDAKA DI UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA Litabmas
39 2022 PENGEMBANGAN BUKU AJAR PEDAGOGI PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA Litabmas
40 2016 Pengembangan Keterampilan Menulis Berbasis Psychowriting untuk Menunjang Literacy Writing Litabmas
41 2018 Pengembangan Keterampilan Menulis Berbasis Psychowriting untuk Menunjang Literacy Writing Litabmas
42 2022 PENGEMBANGAN RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER MATA KULIAH DALAM KEGIATAN DI LUAR KAMPUS UNTUK MENDUKUNG MERDEKA BELAJAR KAMPUS MEREDAKA DI UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA Litabmas
43 2022 PENGEMBANGAN BUKU AJAR PEDAGOGI PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA Litabmas
44 2017 Pengembangan Keterampilan Menulis Berbasis Psychowriting untuk Menunjang Literacy Writing Litabmas
45 2016 Pengembangan Keterampilan Menulis Berbasis Psychowriting untuk Menunjang Literacy Writing Litabmas
46 2016 Pengembangan Keterampilan Menulis Berbasis Psychowriting untuk Menunjang Literacy Writing Litabmas
47 2022 PENGEMBANGAN RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER MATA KULIAH DALAM KEGIATAN DI LUAR KAMPUS UNTUK MENDUKUNG MERDEKA BELAJAR KAMPUS MEREDAKA DI UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA Litabmas
48 2022 PENGEMBANGAN BUKU AJAR PEDAGOGI PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA Litabmas
49 2018 Pengembangan Keterampilan Menulis Berbasis Psychowriting untuk Menunjang Literacy Writing Litabmas
50 2017 Pengembangan Keterampilan Menulis Berbasis Psychowriting untuk Menunjang Literacy Writing Litabmas
51 2016 Pengembangan Keterampilan Menulis Berbasis Psychowriting untuk Menunjang Literacy Writing Litabmas
52 2022 PENGEMBANGAN RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER MATA KULIAH DALAM KEGIATAN DI LUAR KAMPUS UNTUK MENDUKUNG MERDEKA BELAJAR KAMPUS MEREDAKA DI UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA Litabmas
53 2022 PENGEMBANGAN BUKU AJAR PEDAGOGI PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA Litabmas
54 2018 Pengembangan Keterampilan Menulis Berbasis Psychowriting untuk Menunjang Literacy Writing Litabmas
55 2017 Pengembangan Keterampilan Menulis Berbasis Psychowriting untuk Menunjang Literacy Writing Litabmas
56 2016 Pengembangan Keterampilan Menulis Berbasis Psychowriting untuk Menunjang Literacy Writing Litabmas
57 2022 PENGEMBANGAN RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER MATA KULIAH DALAM KEGIATAN DI LUAR KAMPUS UNTUK MENDUKUNG MERDEKA BELAJAR KAMPUS MEREDAKA DI UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA Litabmas
58 2022 PENGEMBANGAN BUKU AJAR PEDAGOGI PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA Litabmas
59 2018 Pengembangan Keterampilan Menulis Berbasis Psychowriting untuk Menunjang Literacy Writing Litabmas
60 2017 Pengembangan Keterampilan Menulis Berbasis Psychowriting untuk Menunjang Literacy Writing Litabmas
61 2016 Pengembangan Keterampilan Menulis Berbasis Psychowriting untuk Menunjang Literacy Writing Litabmas
62 2016 Pengembangan Keterampilan Menulis Berbasis Psychowriting untuk Menunjang Literacy Writing Litabmas
63 2022 PENGEMBANGAN BUKU AJAR PEDAGOGI PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA Litabmas
64 2016 Pengembangan Keterampilan Menulis Berbasis Psychowriting untuk Menunjang Literacy Writing Litabmas
65 2022 PENGEMBANGAN RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER MATA KULIAH DALAM KEGIATAN DI LUAR KAMPUS UNTUK MENDUKUNG MERDEKA BELAJAR KAMPUS MEREDAKA DI UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA Litabmas
66 2022 PENGEMBANGAN BUKU AJAR PEDAGOGI PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA Litabmas
67 2018 Pengembangan Keterampilan Menulis Berbasis Psychowriting untuk Menunjang Literacy Writing Litabmas
68 2017 Pengembangan Keterampilan Menulis Berbasis Psychowriting untuk Menunjang Literacy Writing Litabmas
69 2016 Pengembangan Keterampilan Menulis Berbasis Psychowriting untuk Menunjang Literacy Writing Litabmas
70 2022 PENGEMBANGAN RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER MATA KULIAH DALAM KEGIATAN DI LUAR KAMPUS UNTUK MENDUKUNG MERDEKA BELAJAR KAMPUS MEREDAKA DI UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA Litabmas
71 2022 PENGEMBANGAN BUKU AJAR PEDAGOGI PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA Litabmas
72 2018 Pengembangan Keterampilan Menulis Berbasis Psychowriting untuk Menunjang Literacy Writing Litabmas
73 2017 Pengembangan Keterampilan Menulis Berbasis Psychowriting untuk Menunjang Literacy Writing Litabmas
74 2016 Pengembangan Keterampilan Menulis Berbasis Psychowriting untuk Menunjang Literacy Writing Litabmas
75 2022 PENGEMBANGAN RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER MATA KULIAH DALAM KEGIATAN DI LUAR KAMPUS UNTUK MENDUKUNG MERDEKA BELAJAR KAMPUS MEREDAKA DI UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA Litabmas
76 2022 PENGEMBANGAN BUKU AJAR PEDAGOGI PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA Litabmas
77 2018 Pengembangan Keterampilan Menulis Berbasis Psychowriting untuk Menunjang Literacy Writing Litabmas
78 2017 Pengembangan Keterampilan Menulis Berbasis Psychowriting untuk Menunjang Literacy Writing Litabmas
79 2016 Pengembangan Keterampilan Menulis Berbasis Psychowriting untuk Menunjang Literacy Writing Litabmas
80 2022 PENGEMBANGAN RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER MATA KULIAH DALAM KEGIATAN DI LUAR KAMPUS UNTUK MENDUKUNG MERDEKA BELAJAR KAMPUS MEREDAKA DI UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA Litabmas
81 2022 PENGEMBANGAN BUKU AJAR PEDAGOGI PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA Litabmas
82 2018 Pengembangan Keterampilan Menulis Berbasis Psychowriting untuk Menunjang Literacy Writing Litabmas
83 2017 Pengembangan Keterampilan Menulis Berbasis Psychowriting untuk Menunjang Literacy Writing Litabmas
84 2016 Pengembangan Keterampilan Menulis Berbasis Psychowriting untuk Menunjang Literacy Writing Litabmas
85 2022 PENGEMBANGAN RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER MATA KULIAH DALAM KEGIATAN DI LUAR KAMPUS UNTUK MENDUKUNG MERDEKA BELAJAR KAMPUS MEREDAKA DI UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA Litabmas
86 2022 PENGEMBANGAN BUKU AJAR PEDAGOGI PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA Litabmas
87 2018 Pengembangan Keterampilan Menulis Berbasis Psychowriting untuk Menunjang Literacy Writing Litabmas
88 2017 Pengembangan Keterampilan Menulis Berbasis Psychowriting untuk Menunjang Literacy Writing Litabmas
89 2016 Pengembangan Keterampilan Menulis Berbasis Psychowriting untuk Menunjang Literacy Writing Litabmas
90 2016 Pengembangan Keterampilan Menulis Berbasis Psychowriting untuk Menunjang Literacy Writing Litabmas
91 2022 PENGEMBANGAN RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER MATA KULIAH DALAM KEGIATAN DI LUAR KAMPUS UNTUK MENDUKUNG MERDEKA BELAJAR KAMPUS MEREDAKA DI UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA Litabmas
92 2022 PENGEMBANGAN BUKU AJAR PEDAGOGI PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA Litabmas
93 2018 Pengembangan Keterampilan Menulis Berbasis Psychowriting untuk Menunjang Literacy Writing Litabmas
94 2017 Pengembangan Keterampilan Menulis Berbasis Psychowriting untuk Menunjang Literacy Writing Litabmas
95 2022 PENGEMBANGAN RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER MATA KULIAH DALAM KEGIATAN DI LUAR KAMPUS UNTUK MENDUKUNG MERDEKA BELAJAR KAMPUS MEREDAKA DI UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA Litabmas
96 2022 PENGEMBANGAN BUKU AJAR PEDAGOGI PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA Litabmas
97 2018 Pengembangan Keterampilan Menulis Berbasis Psychowriting untuk Menunjang Literacy Writing Litabmas
98 2017 Pengembangan Keterampilan Menulis Berbasis Psychowriting untuk Menunjang Literacy Writing Litabmas
99 2016 Pengembangan Keterampilan Menulis Berbasis Psychowriting untuk Menunjang Literacy Writing Litabmas
100 2022 PENGEMBANGAN RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER MATA KULIAH DALAM KEGIATAN DI LUAR KAMPUS UNTUK MENDUKUNG MERDEKA BELAJAR KAMPUS MEREDAKA DI UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA Litabmas
101 2022 PENGEMBANGAN BUKU AJAR PEDAGOGI PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA Litabmas
102 2016 Pengembangan Keterampilan Menulis Berbasis Psychowriting untuk Menunjang Literacy Writing Litabmas
103 2018 Pengembangan Keterampilan Menulis Berbasis Psychowriting untuk Menunjang Literacy Writing Litabmas
104 2017 Pengembangan Keterampilan Menulis Berbasis Psychowriting untuk Menunjang Literacy Writing Litabmas
105 2022 PENGEMBANGAN RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER MATA KULIAH DALAM KEGIATAN DI LUAR KAMPUS UNTUK MENDUKUNG MERDEKA BELAJAR KAMPUS MEREDAKA DI UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA Litabmas
106 2022 PENGEMBANGAN BUKU AJAR PEDAGOGI PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA Litabmas
107 2016 Pengembangan Keterampilan Menulis Berbasis Psychowriting untuk Menunjang Literacy Writing Litabmas
108 2018 Pengembangan Keterampilan Menulis Berbasis Psychowriting untuk Menunjang Literacy Writing Litabmas
109 2017 Pengembangan Keterampilan Menulis Berbasis Psychowriting untuk Menunjang Literacy Writing Litabmas

Data Penelitian Dari Non Litabmas

No. Tahun Judul Sumber Dana
1 2024 PENYERAPAN KOSAKATA KULINER DALAM BAHASA INDONESIA SEBAGAI REPRESENTASI BUDAYA MASYARAKAT MILENIAL
2 2021 PENGEMBANGAN ROADMAP PEMBELAJARAN DAN PROFESI UNTUK MENDUKUNG MERDEKA BELAJAR DI UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA
3 2022 Relevansi Capaian Pembelajaran dan Pengalaman Belajar Mahasiswa dalam Implementasi Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka
4 2022 Penyusunan Daftar Kosakata Khusus Pembelajar BIPA: Kajian Linguistik Korpus
5 2021 PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA MATA KULIAH BIPA
6 2023 PENGEMBANGAN MEDIA FLIPBOOK DIGITAL KULINER NUSANTARA UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI PLURIKULTURAL PEMELAJAR BIPA
7 2023 Implementasi Prinsip Pembelajaran Literasi pada Pembelajaran Mata Kuliah Artikel Jurnal Mahasiswa S2 Pendidikan Bahasa Indonesia
8 2024 Pengembangan Video Interaktif berbasis Proyek Variasi Sistem Permainan Monopoli untuk Mengembangkan Kompetensi Plurikultural Lulusan BIPA Thailand
9 2020 PENGEMBANGAN BUKU DONGENG COVID-19 BERBASIS TEKA-TEKI SEBAGAI UPAYA PENGENDALIAN WABAH COVID-19
10 2024 BUDAYA BASA-BASI MASYARAKAT INDONESIA SEBAGAI ASPEK KOMPETENSI PLURIKULTURAL BIPA
11 2020 MERDEKA BELAJAR DENGAN MODEL ASINKRON UNTUK PEMBELAJARAN KEBAHASAAN PADA JENJANG SMP
12 2022 Relevansi Capaian Pembelajaran dan Pengalaman Belajar Mahasiswa dalam Implementasi Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka
13 2024 Penggunaan Teknologi dan Peningkatan Kemampuan Berbahasa Indonesia dan Inggris pada Pembelajaran di Perguruan Tinggi
14 2024 Perkembangan Sastra Digital di Indonesia: Bentuk, Implikasi Metodologis, dan Analisisnya
15 2022 Pengembangan Buku Ajar Pedagogi Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia
16 2019 PENGEMBANGAN INSTRUMEN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN BAGI SISWA SMP
17 2024 Penggunaan Chat Generative Pre-trained Transformer oleh Mahasiswa Indonesia dalam Praktik Menulis Esai
18 2023 Problematika Pembelajaran BIPA bagi Penutur Asing di Unesa dan National Cheng Kung University Taiwan
19 2022 PENGEMBANGAN RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER MATA KULIAH DALAM KEGIATAN DI LUAR KAMPUS UNTUK MENDUKUNG MERDEKA BELAJAR KAMPUS MEREDAKA DI UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA
20 2024 Pengembangan Media Berbasis Aplikasi CapCut, Canva, dan Remov BG sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Perkuliahan MK Pembelajaran Inovatif untuk BIPA pada Mahasiswa S2 PBI, FBS, Unesa
21 2020 EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATA KULIAH PENYUNTINGAN BAHASA DI PRODI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA UNESA
22 2021 ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PELAYANAN DALAM PELAKSANAAN PPG DALAM JABATAN TAHUN 2020
23 2021 PEMBIASAAN KESANTUNAN BERBAHASA BERBASIS AKTIVITAS EMPIRIS DALAM KOMUNIKASI INFORMAL SISWA SMPN 1 KARANGREJO MAGETAN: SATU UPAYA PEMERTAHANAN BAHASA INDONESIA

Pengabdian Kepada Masyarakat

No Tahun Judul Pengabdian Sumber Pendanaan
1 2021 MENDESAIN PEMBIASAAN KESANTUNAN BERBAHASA INDONESIA PARA SISWA BERBASIS AKTIVITAS EMPIRIS OLEH GURU-GURU SMK TELKOM SIDOARJO
2 2022 PELATIHAN PENERAPAN PERMAINAN TRADISIONAL UNTUK PENINGKATAN REGULASI EMOSI DAN KEBUGARAN SANTRIWATI PONDOK PESANTREN DARUL FALAH PONOROGO
3 2024 Penguatan Kompetensi Dosen UNISKA melalui Model Pembelajaran Case Method dan Team Based Project
4 2023 Perlatihan Penulisan Kreatif Bermedia Canva bagi Siswa SMA di Tulungagung
5 2024 Pelatihan Seni Budaya dan Bahasa Bagi Anak Anak Indonesia di Sanggar Bimbingan Muallim Kampung Berop Tanjong Malim Malaysia
6 2024 Penciptaan Lingkungan Kaya Teks Multimodal sebagai Upaya Meningkatkan Kompetensi Literasi Siswa Sekolah Dasar di Kecamatan Taman, Sidoarjo
7 2020 Penguatan Imun Masyarakat Lidah Wetan Terdampak Covid-19 melalui Program Pembagian Sembako
8 2022 Pembinaan Strategi Membangun Wirausaha Berbasis Green Marketing dan Mobile Apps Produk Unggulan Batik Gulijat Pondok Pesantren Sabilul Muttaqin Mojokerto (Pendampingan Tahun ke-2)
9 2022 PERLATIHAN PENGEMBANGAN MEDIA HIJAU (GREEN MEDIA) DALAM PEMBELAJARAN SASTRA BAGI GURU BAHASA INDONESIA DI SMP 2 NGAWI

Publikasi Jurnal

No Judul Artikel Ilmiah Nama Jurnal Volume/Nomor/Tahun
1 Muslims with tattoos: The punk Muslim community in Indonesia Al-Jami'ah 55 /-/2017
2 Pengembangan Media Video Animasi dalam Pembelajaran Menulis Teks Eksplanasi Berbasis Psychowriting Kelas VIII B MTs Ihyaul Ulum Dukun, Gresik Bapala 5 (2), 244217, 0 - /-/0
3 IDENTIFIKASI FAKTOR PENYEBAB KESULITAN BELAJAR KETERAMPILAN BERBICARA KELAS VII-C SMP NEGERI 15 GRESIK DAN SOLUSINYA - /-/0
4 REGISTER JUAL BELI ONLINE DALAM APLIKASI SHOPEE: KAJIAN SOSIOLINGSUTIK - /-/0
5 Pengembangan Media Buku Saku Materi Cerpen (Busa Rice) dalam Pembelajaran Menulis Teks Cerpen Berbasis Psychowriting Kelas XI SMAN 1 Sidayu, Gresik Bapala 5 (2), 244240, 0 - /-/0
6 INTEGRASI KARAKTER DAN INTEGRASI PEMBELAJARAN LITERASI DALAM MODUL PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS VII SEMESTER GENAP - /-/0
7 Pengembangan media teka-teki terintegrasi pantun dalam pembelajaran puisi rakyat pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 3 Sugio Lamongan Tiyan Rahayu Ningtyas - /-/0
8 Pengembangan Perangkat Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Pendekatan Psychowriting Kelas X pada Semester Genap Berdasarkan Kurikulum 2013 Implementasi 2016 Bapala 4 (1), 242095 - /-/0
9 Pengmbangan Media Logico Piccolo Kosakata Bahasa Indonesia Berbasis Psychowriting untuk Mahasiswa BIPA Unesa Muhammad Nor Miftah Faridl - /-/0
10 IZATUL LAILA - /-/0
11 Pengembangan Materi Ajar Teks Berita Berbasis Savi (Somatis, Auditori, Visual, dan Intelektual) dalam Bentuk Media Flash Player untuk Kelas VIII Mts Al-falah Bangilan Tuban Bapala 4 (1), 242339 - /-/0
12 STRATEGI MENULIS BERBASIS PSYCHOWRITING: PRAKTIK - /-/0
13 STRATEGI MENULIS BERBASIS PSYCHOWRITING: PRAKTIK - /-/0
14 Pengembangan Materi Ajar dalam Bentuk Buku Interaktif dalam Pembelajaran Teks Puisi pada Siswa Kelas VIII SMPN 1 Balongbendo Tahun Pelajaran 2018/2019 Yeti Kumalasari - /-/0
15 Pengembangan Materi Ajar Teks Berita Berbasis Savi (Somatis, Auditori, Visual, dan Intelektual) dalam Bentuk Media Flash Player untuk Kelas VIII Mts Al-falah Bangilan Tuban Bapala 4 (1), 242339, 0 - /-/0
16 PENGGUNAAN APLIKASI INSHOT PADA PEMBELAJARAN TEKS PROSEDUR DI SMP - /-/0
17 IZATUL LAILA - /-/0
18 INTEGRASI KARAKTER DAN INTEGRASI PEMBELAJARAN LITERASI DALAM MODUL PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS VII SEMESTER GENAP - /-/0
19 Pengembangan Perangkat Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Pendekatan Psychowriting Kelas X pada Semester Genap Berdasarkan Kurikulum 2013 Implementasi 2016 Bapala 4 (1), 242095, 0 - /-/0
20 Pengaruh Penggunaan Media Motion Graphic pada Pembelajaran Teks Negosiasi di Kelas X SMK Pancasila Dander - /-/0
21 PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL QUORA UNTUK PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPLANASI SISWA KELAS XI - /-/0
22 Sanjungan terhadap perempuan dalam dominasi laki-laki pada lagu-lagu Sheila On 7: satu kajian linguistik: laporan penelitian studi kajian wanita Lembaga Penelitian, Universitas Negeri Surabaya, 2004 - /-/2004
23 Konfensi Pendidikan Muhammadiyah 2006 Surabaya: PT, Temprina Media Grafika, 2006 - /-/2006
24 Pengembangan Materi Pendidikan Kecakapan Hidup pada Buku Pelajaran Bahasa Indonesia dengan Model Pembelajaran Literasi Ringkasan Disertasi. Program Pascasarjana UNESA, 2009 - /-/2009
25 Pengembangan Materi Pendidikan Kecakapan Hidup pada Buku Pelajaran Bahasa Indonesia dengan Model Pembelajaran Literasi Surabaya: Disertasi1 tidak diterbitkan - /-/2010
26 Pengembangan Materi Pendidikan Kecakapan Hidup pada Buku Pelajaran Bahasa Indonesia dengan Model Literasi: Disertasi Surabaya: Unesa, 2010 - /-/2010
27 Developing Language Learning Textbooks Enriched with Sense of Literacy: The Case of Junior High School in Indonesia. International Education Studies 8 (9), 120-125, 2015 - /-/2015
28 Writing Skills Development Trought Psychowriting Approach Seminar Antarabangsa Psikolinguistik IV, Malaysia, 1-10, 2017 - /-/2017
29 PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS X SEMESTER GASAL BERBASIS PSYCHOWRITING KURIKULUM 2013 IMPLEM... BAPALA 4 (1) - /-/2017
30 PENGEMBANGAN MATERI AJAR TEKS BERITA BERBASIS SAVI (SOMATIS, AUDITORI, VISUAL, DAN INTELEKTUAL) DALAM BENTUK MEDIA FLASH PLAYER... BAPALA 4 (1) - /-/2017
31 Muslims with tattoos: The punk Muslim community in Indonesia Al-Jami'ah: Journal of Islamic Studies 55 (1), 47-70, 2017 - /-/2017
32 PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN SISWA BAHASA INDONESIA KELAS X SEMESTER GASAL BERBASIS PENDEKATAN PSYCHOWRITING SMAN 13 SUR... BAPALA 4 (1) - /-/2017
33 PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS PENDEKATAN PSYCHOWRITING KELAS X PADA SEMESTER GENAP BER... BAPALA 4 (1) - /-/2017
34 Pengembangan Media Mini Mading Lipat Kain (MIMALIKA) Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Pada Psychowriting Kelas X Semester Gasal Berdasarkan Kurikulum 2013 … Bapala 4 (1) - /-/2017
35 Pengembangan Media Mini Mading Lipat Kain (MIMALIKA) Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Pada Psychowriting Kelas X Semester Gasal Berdasarkan Kurikulum 2013 … Bapala 4 (1), 242069, 2017 - /-/2017
36 Strategi Menulis Berbasis Psychowriting: Praktik Gresik: Graniti, 2017 - /-/2017
37 DEVELOPMENT OF NEGOTIATION TEXT SUPPLEMENT BOOK INCREASED TIMOR LOCAL ADARIANCE WITH APPROACH CONTENT LANGUAGE INTEGRATIVE LEARNING MISEIC 2017, 2017 - /-/2017
38 Pengembangan Lembar Kerja Siswa Bahasa Indonesia Kelas X-7 Berdasarkan Pendekatan Psychowriting Kurikulum 2013 Implementasi 2016 Semester Genap SMA Negeri 13 Surabaya Bapala 4 (1) - /-/2017
39 PENGEMBANGAN MEDIA MINI MADING LIPAT KAIN (MIMALIKA) DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS PADA PSYCHOWRITING KELAS X... BAPALA 4 (1) - /-/2017
40 Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa Bahasa Indonesia Kelas X Semester Gasal Berbasis Pendekatan Psychowriting Sman 13 Surabaya Bapala 4 (1) - /-/2017
41 PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BAHASA INDONESIA KELAS X-7 BERDASARKAN PENDEKATAN PSYCHOWRITING KURIKULUM 2013 IMPLEMENT... BAPALA 4 (1) - /-/2017
42 Pengembangan Perangkat Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas x Semester Gasal Berbasis Psychowriting Kurikulum 2013 Implementasi 2016 Bapala 4 (1) - /-/2017
43 Pengembangan Media Buku Saku Materi Cerpen (Busa Rice) dalam Pembelajaran Menulis Teks Cerpen Berbasis Psychowriting Kelas XI SMAN 1 Sidayu, Gresik Bapala 5 (2) - /-/2018
44 Pengembangan Media Video Animasi dalam Pembelajaran Menulis Teks Eksplanasi Berbasis Psychowriting Kelas VIII B MTs Ihyaul Ulum Dukun, Gresik Bapala 5 (2) - /-/2018
45 Comparing genres of Indonesian literature by utilizing big data IOP Conference Series: Materials Science and Engineering 434 (1), 012277, 2018 - /-/2018
46 WRITING LITERACY BASED ON LIFE SKILLS AND PSYCHOLOGY: AN LEARNING ALTERNATIVE PROCEEDING International Conference Technopreneur and Education 2018 1 (1 …, 2018 - /-/2018
47 Pengembangan Media Pop Up Book dalam Pembelajaran Menulis Puisi Berbasis Psychowriting pada Siswa Kelas VIII D SMP Negeri 1 Srengat Kabupaten Blitar Tahun Pelajaran 2017/2018 … Bapala 5 (2), 244457, 2018 - /-/2018
48 Pengembangan Media Logico Piccolo Kosakata Bahasa Indonesia Berbasis Psychowriting untuk Mahasiswa BIPA Unesa Bapala 5 (2), 244371, 2018 - /-/2018
49 Pengembangan Media Buku Permainan Labirin Fantasi (Buperlafa) dalam Pembelajaran Menulis Cerita Fantasi Berbasis Psychowriting Kelas VII SMP Bapala 5 (2), 244398, 2018 - /-/2018
50 Penggunaan Variasi Bahasa Dalam Khotbah Salat Jumat Berdasarkan Stratifikasi Sosial Jamaah Di Masjid-Masjid Wilayah Provinsi Jawa Timur: Suatu Kajian Sosiolinguistik FAKULTAS ILMU BUDAYA, 2018 - /-/2018
51 PENDEKATAN INTERDISIPLINER DALAM KONTEKS KEPENULISANSEMNAS PPM 2018 Prosiding Semnas PPM 2018 1 (1), 202-210, 2018 - /-/2018
52 Pengembangan Media Pop Up Book dalam Pembelajaran Menulis Puisi Berbasis Psychowriting pada Siswa Kelas VIII D SMP Negeri 1 Srengat Kabupaten Blitar Tahun Pelajaran 2017/2018 Bapala 5 (2) - /-/2018
53 Learning Writing through Psychowriting Perspective. Advances in Language and Literary Studies 10 (1), 4-8 - /-/2019
54 The Use of Language Variation in Friday Prayer Sermon in Accordance with the Congregations Social Stratification in East Java - /-/2019
55 The Use of Language Variation in Friday Prayer Sermon in Accordance with the Congregations Social Stratification in East Java: A Sociolinguistics Study Fifth Prasasti International Seminar on Linguistics (PRASASTI 2019), 135-139, 2019 - /-/2019
56 Learning writing through psychowriting perspective Advances in Language and Literary Studies 10 (1), 4-8, 2019 - /-/2019
57 “Learning Freedom”: Repositioning the Teachings of Nem Sa Ki Ageng Suryomentaraman International Joint Conference on Arts and Humanities (IJCAH 2020), 821-827, 2020 - /-/2020
58 The Students’ Mastery of Indonesian Affixes in Telling Story based on Age International Journal for Educational and Vocational Studies 2 (2), 2020 - /-/2020
59 Pengembangan Media Pembelajaran Menulis Teks Cerita Fantasi Berbasis Aplikasi Android Ayo Berfantasi bagi Siswa Kelas VII SMP dengan Pendekatan Saintifik Jurnal Education And Development 8 (4), 337-337, 2020 - /-/2020
60 The Problems of Performance Assessment of Japanese Language Subjects Based on E-Learning Using E-lingo Platform International Joint Conference on Arts and Humanities 2021 (IJCAH 2021), 143-147, 2021 - /-/2021
61 Pengembangan Bahan Ajar Teks Eksposisi Bermuatan Lingkungan Alam dan Sosial dalam Bentuk Majalah untuk Kelas VIII dengan Model Pembelajaran Pencapaian Konsep Jurnal Education And Development 9 (1), 266-266, 2021 - /-/2021
62 VARIASI BAHASA MADURA DI KECAMATAN MUNCAR, BANYUWANGI: KAJIAN DIALEKTOLOGI DIAKRONIS JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT 9 (2), 261-264, 2021 - /-/2021
63 Register Jual Beli Online dalam Aplikasi Shopee: Kajian Sosiolingsutik Bapala 8 (6), 145-53, 2021 - /-/2021
64 Perkembangan kosakata pemelajar sekolah dasar Jurnal Education And Development 9 (2), 225-231, 2021 - /-/2021
65 EFFEKTIVITAS PENGEMBANGAN E-MODUL BERBENTUK ONLINE FLIPBOOK PADA MATERI AKSARA JAWA KELAS X SMK JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT 9 (3), 270-275, 2021 - /-/2021
66 Pemanfaatan Media Sosial Quora Untuk Pembelajaran Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas Xi Jurnal Bapala 8 (04), 221-225, 2021 - /-/2021
67 Identifikasi Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Keterampilan Berbicara Kelas VII-C SMP Negeri 15 Gresik Dan Solusinya Jurnal Bapala 8 (06), 2021 - /-/2021
68 THE ANALYSIS OF SERVICE SATISFACTION LEVEL IN THE IMPLEMENTATION OF TEACHER PROFESSIONAL EDUCATION PROGRAM IN 2020 Education and Human Development Journal 6 (1), 18-30, 2021 - /-/2021
69 Analysis of Objective Test Type of Multiple Choice in Final Semester Assessment Problems (PAS) Japanese Language Class VI Proceeding of International Conference on Arts and Humanities: International …, 2021 - /-/2021
70 A Case Study of the Implementation of Alternative Psychomotor Assessment in Japanese Language Online Learning International Joint Conference on Arts and Humanities 2021 (IJCAH 2021), 92-99, 2021 - /-/2021
71 Actualizing the Phrase" Please Be Happy There Is An Exam" in the Tembang Exam Proceeding Series of International Conference on Arts and Humanities 1, 2021 - /-/2021
72 The Implementation of Portfolio Assessment in Japanese Learning at Senior High School International Joint Conference on Arts and Humanities 2021 (IJCAH 2021), 86-91, 2021 - /-/2021
73 Implementation of Authentic Assessment Curriculum 2013 of Mandarin Language in SMK Prapanca 2 Surabaya International Joint Conference on Arts and Humanities 2021 (IJCAH 2021), 32-37, 2021 - /-/2021
74 Online Identification of Weaknesses of Subjective Tests in Javanese Course Assessment: A Case Study of Second Grade Students at SMAN 2 Malang International Joint Conference on Arts and Humanities 2021 (IJCAH 2021), 19-23, 2021 - /-/2021
75 Representasi konten budaya pada buku ajar bahasa Prancis Super Francais kelas X SMA/MA LingTera 8 (2), 2021 - /-/2021
76 Pembelajaran Menulis Puisi Dengan Model Pembelajaran Outdoor Learning Activity Menggunakan Media Pembelajaran Musik Bagi Siswa SMP Kelas VIII Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia 7 (12), 18853-18867, 2022 - /-/2022
77 Pemanfaatan Aplikasi Canva pada Pembelajaran Menyusun Teks IkLan Kelas XII DKV 2 SMKN 13 Surabaya BAPALA 9 (8), 198-207, 2022 - /-/2022
78 The Ambivalence of Emancipated Learning and Student’s Learning Experience on Graduate Attributes: An Initial Identification International Joint Conference on Arts and Humanities 2022 (IJCAH 2022 …, 2023 - /-/2023
79 Analysis of Multiple Choice Questions for Japanese Language Mid-Term Exam at Public Senior High School International Joint Conference on Arts and Humanities 2022 (IJCAH 2022 …, 2023 - /-/2023
80 Practising Japanese Speaking Skills Using Project-Based Learning Model in Online Learning for Senior High School Chi'e: Journal of Japanese Learning and Teaching 11 (1), 42-50, 2023 - /-/2023
81 Analysis of Multiple Choice Questions for Japanese Language Final-Term Exam at Senior High School International Joint Conference on Arts and Humanities 2022 (IJCAH 2022 …, 2023 - /-/2023

Karya Buku

No Judul Buku Tahun Jumlah Halaman Penerbit

Pemakalah Seminar Ilmiah

No Nama Temu ilmiah / Seminar Judul Artikel Ilmiah Waktu dan Tempat
1 IOP Conference Series: Materials Science and Engineering Comparing genres of Indonesian literature by utilizing big data 2018

Hak Karya Ilmiah

No Judul/Tema HKI Tahun Jenis Nomor
1 Psikolinguistik 2018 hak cipta EC00201824443