Prof. Dr. Endang Susantini, M.Pd.

Prof. Dr. Endang Susantini, M.Pd., lahir di Surabaya pada tanggal 13-07-1966 adalah dosen di Universitas Negeri Surabaya. Dalam 1 tahun terakhir, mengampu 34 matakuliah. Sudah melakukan pengabdian sebanyak 12. Sudah mempublikasi Artikel Ilmiah dalam jurnal sebanyak 131. Memiliki karya buku sebanyak 2. Menjadi pemakalah seminar ilmiah sebanyak 1. Memperoleh HKI sebanyak 7.

Identitas Diri

Riwayat Pendidikan

S1 S2 S3
Nama Perguruan Tinggi IKIP Surabaya IKIP Malang Universitas Negeri Malang
Bidang Ilmu Kependidikan Pendidikan Biologi Pendidikan Biologi
Tahun Masuk-Lulus 1984 - 1990 1990 - 1993 1999 - 2004
Judul Skripsi/Tesis/Disertasi Optimalisasi Fermentasi Alkohol pada Saccharomyces cerevisiae strain Wateii Pengaruh pH terhadap Konsentrasi Alkohol pada Saccharomyces cerevisiae strain Wateii Memperbaiki Kualitas Proses Belajar Genetika melalui Strategi Metakognitif dalam Pembelajaran Kooperatif pada Siswa SMU
Nama Pembimbing/Promotor 1. Dr. I.G. Wayan Seregeg, M.Ed. 2. Drs. Muslimin Ibrahim, M.Pd 1.Drs. Widarso, Ph.D 2.Dr. Made Ardana, M.App.Sc 1. Prof. Dr. Sutiman B. Sumitro 2. Prof. Dr. Duran Corebima, M.Pd 3. Prof. Dra. Herawati Susilo, M.Sc. Ph.D

Mata Kuliah yang Diampu

No. Mata Kuliah
1 Analisis Artikel dan Publikasi
2 Asesmen dan Evaluasi
3 Asesmen HOTS
4 Asesmen Proses dan Hasil Belajar
5 Evaluasi Belajar dan Pembelajaran
6 Genetika
7 Genetika dan Genomik
8 Genetika Populasi*
9 Genetika Terapan*
10 Internship
11 Kajian Mandiri Bidang Studi
12 Kajian Mandiri Bidang Studi Penunjang Disertasi
13 Kajian Teori Belajar dalam Model Pembelajaran Sains (Learning Theory in Science Learning Models).
14 Metodologi Penelitian
15 MICROTEACHING
16 Pembelajaran Inovatif
17 Pembelajaran Inovatif I
18 Pembelajaran Inovatif II
19 Pengembangan Asesmen dalam Pembelajaran Sains
20 Pengembangan Instrumen
21 PENGEMBANGAN INSTRUMEN
22 Pengembangan Kurikulum
23 Pengembangan Pembelajaran Sains Terintegrasi
24 Perancangan Penelitian Pendidikan Biologi
25 Perencanaan Pembelajaran
26 PLP-Pengembangan Program Sekolah
27 PLP-Pengembangan Rencana Pembelajaran
28 Seminar
29 Seminar Hasil
30 Seminar Hasil Penelitian
31 Telaah Kritis Teori Belajar
32 Teori Belajar
33 Teori Belajar di Era Teknologi
34 Teori Belajar Lanjut

Data Penelitian Dari Sim Litabmas

No. Tahun Judul Sumber Dana
1 2019 Pengembangan Perangkat Perkuliahan Biologi Berorientasi Strategi Metakognitif Untuk Melatih Strategi Belajar Metakognitif Litabmas
2 2018 Pengembangan Perangkat Perkuliahan Biologi Berorientasi Strategi Metakognitif Untuk Melatih Strategi Belajar Metakognitif Litabmas
3 2015 Pengembangan Video Pembelajaran Pendekatan Saintifik untuk Mengembangkan Keterampilan Mengajar Calon Guru MIPA Litabmas
4 2013 Penelitian dan Pengembangan Model-Model Pembelajaran Untuk Mengembangkan Ketrampilan Berfikir dan Perilaku Berkarakter Litabmas
5 2017 Pengembangan Perangkat Perkuliahan Biologi Berorientasi Strategi Metakognitif Untuk Melatih Strategi Belajar Metakognitif Litabmas
6 2016 Pengembangan Video Pembelajaran Pendekatan Saintifik untuk Mengembangkan Keterampilan Mengajar Calon Guru MIPA Litabmas
7 2021 APLIKASI ASSESSMENT-LINK SEBAGAI MEDIA UNTUK MELATIH KETERAMPILAN MENGANALISIS PADA TES BIOLOGI BERDASARKAN TAKSONOMI BLOOM REVISI Litabmas
8 2021 PELATIHAN PENYUSUNAN LKPD BERBASIS LABORATORIUM VIRTUAL BAGI GURU BIOLOGI DI KABUPATEN NGANJUK Litabmas
9 2021 PELATIHAN PENYUSUNAN LKPD BERBASIS LABORATORIUM VIRTUAL BAGI GURU BIOLOGI DI KABUPATEN NGANJUK Litabmas
10 2022 PENGADAAN APLIKASI MOBILE LEARNING ASSESMENT UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN GURU DALAM MEMBUAT SOAL Litabmas
11 2022 PENGEMBANGAN BUKU MONOGRAF STRATEGI METAKOGNITIF Litabmas
12 2022 PENGADAAN APLIKASI MOBILE LEARNING ASSESMENT UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN GURU DALAM MEMBUAT SOAL Litabmas
13 2022 PENGEMBANGAN BUKU MONOGRAF STRATEGI METAKOGNITIF Litabmas
14 2023 PENGEMBANGAN APLIKASI E-ASSESSMENT BERBASIS ANDROID UNTUK MEMFASILITASI GURU SMP DALAM MEMBUAT SOAL HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) Litabmas
15 2021 APLIKASI ASSESSMENT-LINK SEBAGAI MEDIA UNTUK MELATIH KETERAMPILAN MENGANALISIS PADA TES BIOLOGI BERDASARKAN TAKSONOMI BLOOM REVISI Litabmas
16 2018 Pengembangan Perangkat Perkuliahan Biologi Berorientasi Strategi Metakognitif Untuk Melatih Strategi Belajar Metakognitif Litabmas
17 2017 Pengembangan Perangkat Perkuliahan Biologi Berorientasi Strategi Metakognitif Untuk Melatih Strategi Belajar Metakognitif Litabmas
18 2021 APLIKASI ASSESSMENT-LINK SEBAGAI MEDIA UNTUK MELATIH KETERAMPILAN MENGANALISIS PADA TES BIOLOGI BERDASARKAN TAKSONOMI BLOOM REVISI Litabmas
19 2023 PENGEMBANGAN APLIKASI E-ASSESSMENT BERBASIS ANDROID UNTUK MEMFASILITASI GURU SMP DALAM MEMBUAT SOAL HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) Litabmas
20 2022 PENGADAAN APLIKASI MOBILE LEARNING ASSESMENT UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN GURU DALAM MEMBUAT SOAL Litabmas
21 2023 PENGEMBANGAN APLIKASI E-ASSESSMENT BERBASIS ANDROID UNTUK MEMFASILITASI GURU SMP DALAM MEMBUAT SOAL HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) Litabmas
22 2023 PENGEMBANGAN APLIKASI E-ASSESSMENT BERBASIS ANDROID UNTUK MEMFASILITASI GURU SMP DALAM MEMBUAT SOAL HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) Litabmas
23 2023 PENGEMBANGAN APLIKASI E-ASSESSMENT BERBASIS ANDROID UNTUK MEMFASILITASI GURU SMP DALAM MEMBUAT SOAL HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) Litabmas
24 2023 PENGEMBANGAN APLIKASI E-ASSESSMENT BERBASIS ANDROID UNTUK MEMFASILITASI GURU SMP DALAM MEMBUAT SOAL HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) Litabmas
25 2021 PELATIHAN PENYUSUNAN LKPD BERBASIS LABORATORIUM VIRTUAL BAGI GURU BIOLOGI DI KABUPATEN NGANJUK Litabmas
26 2015 Pengembangan Video Pembelajaran Pendekatan Saintifik untuk Mengembangkan Keterampilan Mengajar Calon Guru MIPA Litabmas
27 2016 Pengembangan Video Pembelajaran Pendekatan Saintifik untuk Mengembangkan Keterampilan Mengajar Calon Guru MIPA Litabmas
28 2023 PENGEMBANGAN APLIKASI E-ASSESSMENT BERBASIS ANDROID UNTUK MEMFASILITASI GURU SMP DALAM MEMBUAT SOAL HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) Litabmas
29 2021 PELATIHAN PENYUSUNAN LKPD BERBASIS LABORATORIUM VIRTUAL BAGI GURU BIOLOGI DI KABUPATEN NGANJUK Litabmas

Data Penelitian Dari Non Litabmas

No. Tahun Judul Sumber Dana
1 2024 Strategi Branding Inovatif Aplikasi EduAssess: Analisis Pasar dan Komersialisasi Aplikasi EduAssess dalam Meningkatkan Kemampuan Guru SMP dalam Pembuatan Soal HOTS
2 2024 Pengembangan Perangkat Pembelajaran Genetika dan Genomik Berbahasa Inggris untuk Memfasilitasi Program Inbond di Biologi FMIPA UNESA
3 2020 PENGEMBANGAN FMIPA SEBAGAI PUSAT DISTANCE LEARNING DI MASA PSBB DI SURABAYA
4 2023 Pengembangan Prototipe Produk Unesa High Performance Sportswear dengan Visualisasi Karya Seni Anak Berkebutuhan Khusus
5 2024 Produksi dan Komersialisasi Plant Growth Promotor Berbasis Ekstraksi Kolkhisin dari Kalus Kembang Sungsang ( Gloria superba) yang Ditumbuhkan Secara In Vitro
6 2023 Grand desain peningkatan klasterisasi, publikasi, income generating dari hasil inovasi dan rintisan rumah Inovasi/ Science Techno Park (STP) UNESA
7 2022 Pengembangan Keterampilan Berpikir Kritis, Self Efficacy, dan Sikap Positif terhadap Kimia Melalui Pembelajaran Kimia Menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Science, Technologyi, Engineering, and Mathematics (STEM) di Sekolah
8 2024 Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis SDGs untuk Membekalkan Nilai-Nilai Keberlanjutan pada Mata Kuliah Perencanaan Pembelajaran
9 2023 PENGEMBANGAN SUPLEMEN KURIKULUM OBE PRODI S2 PENDIDIKAN BIOLOGI DALAM UPAYA PENINGKATAN MUTU AKADEMIK
10 2023 PEMBELAJARAN IPA BERBASIS SOCIO SCIENTIFIC ISSUES (SSI) BERBANTUAN MOBILE MULTIMEDIA INTERACTIVE (MMI) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN LITERASI SAINS SISWA
11 2024 PETA ANALISIS KEARIFAN LOKAL MASYARAKAT INDONESIA SEBAGAI BAHAN AJAR PADA TESIS MAGISTER PENDIDIKAN BIOLOGI UNTUK MELATIHKAN KETRAMPILAN BERFIKIR TINGKAT TINGGI
12 2023 Pengembangan Aplikasi e-Assessment berbasis Android untuk Memfasilitasi Guru SMP dalam Membuat Soal Higher Order Thinking Skills (HOTS)
13 2024 IMPLEMENTASI PORTOFOLIO BERBANTUAN APLIKASI ASSESSMENT LINK UNTUK MELATIH KETERAMPILAN MAHASISWA MEMBUAT SOAL HOTS BIOLOGI
14 2021 Aplikasi Assessment-Link sebagai Media untuk Melatih Keterampilan Menganalisis pada Tes Biologi Berdasarkan Taksonomi Bloom Revisi
15 2019 Pengembangan E-Book Strategi Belajar Metakognitif untuk Melatih Keterampilan Metakognitif
16 2022 Pengembangan Buku Monograf Strategi Metakognitif

Pengabdian Kepada Masyarakat

No Tahun Judul Pengabdian Sumber Pendanaan
1 2024 PENGAYAAN MATERI IPA DASAR UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS BAGI SISWA INDONESIA DI SANGGAR BELAJAR MALAYSIA
2 2020 Pelatihan Pembuatan Minuman Kesehatan Berbasis Herbal untuk Warga Desa Binaan di Kabupaten Gresik
3 2021 Pelatihan Penyusunan LKPD Berbasis Laboratorium Virtual bagi Guru Biologi di Kabupaten Nganjuk
4 2023 Peningkatan Keterampilan Menyusun Soal Kognitif Menggunakan Multiplatform (Assessment Link - Quiziz) bagi Guru Biologi Kabupaten Tuban
5 2024 PELATIHAN PEMBELAJARAN KIMIA BERBASIS PROYEK UNTUK GURU MATA PELAJARAN KIMIA KOTA MOJOKERTO
6 2023 PELATIHAN PENYUSUNAN BAHAN AJAR BERBASIS PBL DAN PJBL UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA BAGI GURU SEKOLAH INDONESIA DAVAO PHILIPINA
7 2024 PEMANFAATAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE DALAM PEMBUATAN BAHAN AJAR DI MGMP MAPEL BIOLOGI KABUPATEN GRESIK
8 2019 Produksi Pakan Fermentasi Berbasis Limbah Kedelai sebagai Solusi Permasalahan Kesulitan Pembuangan Limbah pada Kelompok Masyarakat Produsen Tempe di Desa Tembarak, Nganjuk, Jawa Timur
9 2021 Pelatihan Pengelolaan E-Assessment Bagi Guru Biologi Era Pandemi Covid 19
10 2022 Pelatihan Penyusunan Modul Sesuai Kurikulum Merdeka Bagi Guru Biologi Kota Mojokerto.
11 2022 Pelatihan Pengembangan Instrumen Asesmen Nasional untuk Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru SDN Gisik Cemandi Sidoarjo
12 2020 Pelatihan Penyusunan Pembelajaran Daring Merdeka Belajar Bagi Guru Era Pandemi Covid 19

Publikasi Jurnal

No Judul Artikel Ilmiah Nama Jurnal Volume/Nomor/Tahun
1 Improving learning process in genetics classroom by using metacognitive strategy Asia Pacific Education Review 19 /-/2018
2 Assessing using technology: Is electronic portfolio effective to assess the scientific literacy on e International Journal of Emerging Technologies in Learning 15 /-/2020
3 The effectiveness of blended learning model based on inquiry collaborative tutorial toward students Journal for the Education of Gifted Young Scientists 8 /-/2020
4 Analytical Thinking Skills Through The 4A Learning Models on Science Education - /-/0
5 VALIDITAS BUKU AJAR BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH MATERI EKOLOGI UNTUK KELAS X SMA - /-/0
6 N., & Supeno.(2020). The Effectiveness of Collaborative Creativity Learning Models (CCL) on Secondary Schools Scientific Creativity Skills International Journal of Instruction 13 (3) - /-/0
7 Effectiveness of genetics student worksheet to improve creative thinking skills of teacher candidate students Eficacia de la hoja de trabajo para mejorar las habilidades de … A RETHINKING OF ASSESSMENT PRACTICE: AN EXPERIENCE WITH A STAGE TEST, 74 - /-/0
8 Raharjo. 2012. Pengembangan buku saku materi sistem ekskresi manusia di SMA/MA Kelas XI Jurnal Bioedu 1 (2), 10-13 - /-/0
9 PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) DENGAN TEMA PENCEMARAN AIR PADA SISWA KELAS VII APPLICATION OF PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) LEARNING MODEL WITH … - /-/0
10 FACULTY OF MATHEMATICS AND NATURAL SCIENCES - /-/0
11 Validity of Collaborative Creativity Model - /-/0
12 Development Of Physic Learning Instruments Using Cooperative Learning Model STAD Type With ARCS Model To Improve Student’s Creative Thinking Skills In Senior High School - /-/0
13 IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KIMIA BERBASIS ANALOGI MENGGUNAKAN METODE FAR (FOKUS-AKSI-REFLEKSI) PADA MATERI STRUKTUR ATOM UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP SISWA - /-/0
14 Wisanti. 2012 The development of teaching and learning (CTL)-based ecosystem module for … - /-/0
15 Endang Susantini_Artikel9 - /-/0
16 Lesson Study untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaranguru Ipa-biologi SMPN di Kabupaten Ponorogo Proceeding Biology Education Conference: Biology, Science, Enviromental, and … - /-/0
17 THE DEVELOPMENT OF LEARNING MATERIAL BASED ON FIELD TRIP STRATEGY FOR THE TOPIC OF ECOSYSTEM TO TRAIN STUDENT’S CRITICAL THINKING SKILLS - /-/0
18 The effectiveness of blended learning model based on inquiry collaborative tutorial toward students’ problem-solving skills in physics Journal for the Education of Gifted Young Scientists 8 (3), 959-972 - /-/0
19 UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP IPA MELALUI MODEL DAUR BELAJAR DI SMP NEGERI 2 SIDOARJO - /-/0
20 Engaging pre-service teachers to teach science contextually with scientific approach instructional - /-/0
21 Isnawati. 2013. Pengembangan Lembar Kerja Peserta didik (LKPD) Berbasis Penemuan Terbimbing (Guided Discovery) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XII IPA SMA … Jurnal Pendidikan Biologi 2 (1), 27-30 - /-/0
22 Isnawati. 2013. Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Strategi Belajar Metakognitif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pewarisan Sifat Manusia Jurnal BioEdu 2 (1), 77-83 - /-/0
23 VIDEO PEMBELAJARAN PENDEKATAN SAINTIFIK: VALIDITAS, KETERLAKSANAAN PERKULIAHAN, DAN RESPONS MAHASISWA CALON GURU BIOLOGI BUKU PROSIDING, 3 - /-/0
24 KELAYAKAN TEORITIS LEMBAR PENILAIAN PEMAHAMAN DIRI BERBASIS METAKOGNITIF PADA MATERI GENETIKA - /-/0
25 PENGEMBANGAN MIND MAPPING PLUS SEBAGAI STRATEGI BELAJAR MATERI SISTEM SARAF DI SMA - /-/0
26 Endang Susantini_Artikel - /-/0
27 Isnawati. 2013. Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Penemuan Terbimbing (Guided Discovery) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XII IPA SMA Pada … Jurnal BioEdu 2 (1), 27-30 - /-/0
28 Isnawati, & Lisdiana, L.(2016). Effectiveness of genetics student worksheet to improve creative thinking skills of teacher candidate students Journal Of Science Education 17 (2), 74-79 - /-/0
29 Kepraktisan LKS Berorientasi Strategi KWL (Know-Want-Learned) pada Materi Substansi Genetika untuk Melatihkan Keterampilan Metakognitif Siswa Prosiding Seminar Nasional Biologi 2018_ ISBN 978 (0951.22), 5 - /-/0
30 Isnawati, & Lisdiana. 2012. Pengembangan Petunjuk Praktikum Genetika untuk Melatih Keterampilan Berpikir Kritis Jurnal Pendidikan IPA Indonesia 1 (2), 102-108 - /-/0
31 MENYIAPKAN MEDIA TUNGGAL UNTUK Drosophilla SECARA ALAMI Berkala Penelitian Hayati 6 (2), 129-129 - /-/2001
32 Menyiapkan media tunggal untuk Drosophila secara alami Journal of Biological Researches 6 (2), 129-138 - /-/2001
33 Memperbaiki kualitas proses belajar genetika melalui strategi metakognitif dalam pembelajaran kooperatif pada siswa SMU Disertasi tidak diterbitkan. Malang: Universitas Negeri Malang - /-/2004
34 Efektivitas Model DNA dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Materi Genetika Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika dan Sains 15 (2), 13-21 - /-/2008
35 Pengaruh Kemampuan Siswa Terhadap Perolehan Kognitif dan Metakognitif pada Pembelajaran Biologi Berk. Penel. Hayati Edisi Khusus 3, 31-35 - /-/2009
36 Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (Lks) Berbasis Pembelajaran Kooperatif Group Investigation (Gi) untuk Melatih Keterampilan Berpikir Kritis Prosiding Seminar Biologi 7 (1) - /-/2010
37 Efektivitas perangkat pembelajaran Biologi berbasis strategi metakognitif ditinjau dari kemampuan siswa dan kategori sekolah Prosiding Seminar Biologi 7 (1) - /-/2010
38 Pengembangan Berbagai Tipe Pembelajaran Kooperatif pada Pembelajaran Biologi untuk Melatihkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Prosiding Seminar Biologi 7 (1) - /-/2010
39 Karakterisasi Morfologi Tanaman Durian Sukun (Durio Zibenthinus Murr.) Download Universitas - /-/2010
40 Penerapan Perangkat Pembelajaran Biologi Berbasis Kooperatif Tipe Think Pair Share (Tps) untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis di SMA Sejahtera Surabaya Prosiding Seminar Biologi 7 (1) - /-/2010
41 Penerapan perangkat pembelajaran pencemaran dan pelestarian lingkungan untuk melatih keterampilan berpikir kritis Prosiding Seminar Biologi 7 (1) - /-/2010
42 Pengembangan Modul Pembelajaran Berorientasi Guided Discovery Pada Materi Sistem Peredaran Darah Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu) 1 (2), 37-40 - /-/2012
43 Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa Berbasis Keterampilan Berpikir Kritis pada Materi Keanekaragaman Hayati Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu) 1 (2), 45-49 - /-/2012
44 Pengembangan buku saku materi sistem ekskresi manusia di SMA/MA Kelas XI Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (Bioedu) 1 (2), 10-13 - /-/2012
45 Development of Instructional Equipment Based on Cooperative Learning on The Subtopic Modification of Mendelian Ratios BioEdu 1 (1) - /-/2012
46 Seminar Nasional X Pendidikan Biologi FKIP UNS 2013 (SEMBIO) Universitas - /-/2013
47 Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa Berbasis Strategi Metakognitif Pada Materi Pewarisan Sifat Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu) 2 (1), 40-47 - /-/2013
48 Pengembangan lembar kerja siswa (LKS) berbasis strategi belajar metakognitif untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pewarisan sifat manusia Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu) 2 (1), 77-83 - /-/2013
49 Penerapan Model Pembelajaran Problem Posing Untuk Mengajarkan Materi Botani Yang Teritegrasi Pada Siswa Kelas XI Jurnal UNESA 2 (3) - /-/2013
50 Implementasi metode penugasan analisis video pada materi perkembangan kognitif, sosial, dan moral Jurnal Pendidikan IPA Indonesia 2 (2) - /-/2013
51 Penerapan Model Pembelajaran Problem Posing untuk Mengajarkan Materi Botani yang Terintegrasi pada Siswa Kelas XI SMA Jurnal Biologi 2 (3), 278-281 - /-/2013
52 Pengembangan lembar kerja siswa (lks) berbasis penemuan terbimbing (guided discovery) untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas xii ipa sma pada materi substansi … BioEdu 2 (1), 27-30 - /-/2013
53 Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbahasa Inggris yang Berorientasi Pemetaan Pikiran Menggunakan Aplikasi iMindMap Pada Materi Struktur Jaringan Hewan BioEdu 2 (1), 1-5 - /-/2013
54 MIND MAPPING PLUS DEVELOPMENT AS LEARNING STRATEGY ON NERVOUS SYSTEM SUBJECT AT SENIOR HIGH SCHOOL BioEdu 2 (3) - /-/2013
55 EFFECTIVENESS OF COLLABORATIVE STUDENTS WORKSHEET TO IMPROVE STUDENT’S AFFECTIVE SCIENTIFIC COLLABORATIVE AND - /-/2013
56 Penerapan Pembelajaran Tutor Sebaya Dalam Perkuliahan Taksonomi Tumbuhan Tinggi Di Prodi Pendidikan Biologi Fmipa Universitas Negeri Surabaya Proceeding Biology Education Conference: Biology, Science, Enviromental, and … - /-/2013
57 Pengembangan Media Permainan Penemuan Harta Karun Finding Treasure pada Sub Pokok Bahasan Respirasi Sel BioEdu 3 (2) - /-/2014
58 Pengembangan Perangkat Pembelajaran Biologi SMA Berorientasi Strategi Pembelajaran Think-Talk-Write Untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Melatihkan Keterampilan Komunikasi Siswa Jurnal Pena Sains Vol 1 (1) - /-/2014
59 Seminar Nasional XI Pendidikan Biologi FKIP UNS 2014 (SEMBIO) Universitas - /-/2014
60 Validitas LKS Berbasis CPS Materi Perubahan Lingkungan dan Daur Ulang Limbah Kelas X BioEdu 3 (3) - /-/2014
61 Validitas Permainan Planopoly (Plant Monopoly) sebagai Sumber Belajar pada Materi Angiospermae BioEdu 3 (3), 245208 - /-/2014
62 PENERAPAN LKS BERORIENTASI LIFE SKILL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMA PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH BioEdu 3 (1) - /-/2014
63 PENERAPAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) UNTUK MELATIHKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi 3 (1), 339-344 - /-/2014
64 Development of the hypothetical model to teach the skills of scientific creativity students in learning science The national conference on research, reform of education in the entering … - /-/2015
65 Validitas LKS Berorientasi 5M Materi Perubahan Lingkungan dan Daur Ulang Limbah untuk Melatihkan Siswa Memecahkan Masalah BioEdu 4 (1) - /-/2015
66 Validitas Lks Berbasis Strategi Metakognitif pada Materi Sistem Pernapasan Kelas XI SMA BioEdu 4 (1) - /-/2015
67 Validitas Buku Pelajaran Biologi Berbasis Pendekatan Kontekstual pada Materi Sistem Pernapasan Bagi Siswa Sma/ma Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu) 4 (1) - /-/2015
68 PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BIOLOGI BERORIENTASI LAB MINI DI SMA NEGERI NGORO JOMBANG EDUSCOPE: Jurnal Pendidikan, Pembelajaran, dan Teknologi 1 (1), 48-55 - /-/2015
69 Validitas bahan ajar berbasis metakognitif pada materi anabolisme karbohidrat BioEdu 4 (3) - /-/2015
70 Penerapan Lks Berbasis Cps Materi Perubahan Lingkungan dan Daur Ulang Limbah untuk Mencapai Ketuntasan Hasil Belajar Siswa BioEdu 5 (2) - /-/2016
71 Pengembangan Instrumen Penilaian Portofolio Materi Sistem Pencernaan Kelas XI SMA BioEdu 5 (3) - /-/2016
72 Validity of collaborative creativity (CC) models The 3 International Conference on Research, Implementation and Education of … - /-/2016
73 Strategi Metakognitif dalam Pembelajaran Kooperatif untuk Meningkatkan Kualitas Proses Pembelajaran Genetika di SMA Jurnal Ilmu Pendidikan 12 (1) - /-/2016
74 The development of biology material resources by metacognitive strategy Jurnal Ilmu Pendidikan 16 (2) - /-/2016
75 Validitas Buku Saku Materi Ekologi untuk Siswa Kelas X SMA Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu) 5 (3) - /-/2016
76 Upaya Peningkatan Pemahaman Konsep Siswa melalui Media Permainan Gaprek Kempung Berbasis Penyelesaian Soal pada Materi Kalor PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS 4 (02) - /-/2016
77 Penerapan Lks Berorientasi Learning Cycle 7e Materi Pengelolaan Limbah untuk Melatihkan Keterampilan Proses pada Siswa Kelas X Ma BioEdu 5 (3) - /-/2016
78 Keefektifan Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Problem Solving Untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains) 5 (2), 1068-1076 - /-/2016
79 Pengembangan Permainan Kotak-katik IPA pada Materi Sistem Ekskresi sebagai Media Pembelajaran Siswa di SMP PENSA E-JURNAL: PENDIDIKAN SAINS 4 (03) - /-/2016
80 Validitas dan Keefektifan Kartu Permainan Dilelang untuk Melatih Keterampilan Berkomunikasi Siswa Materi Sistem Pencernaan Manusia BioEdu 5 (3) - /-/2016
81 THE EFFECTIVENESS OF THE COOPERATIVE LEARNING TYPE NHT ASSITED WITH MINI LABORATORY TO PRATICE COMMUNICATION SKILLS OF JUNIOR HIGH STUDENTS MISEIC 2017 - /-/2017
82 Worksheet of Investigation Based Multiple Representation (IBMR) to Improving Representation Skills of Magnetic Field Concepts MISEIC 2017 - /-/2017
83 Kendala-Kendala Pembelajaran Multi Representasi Berbasis Investigation Dalam Pembelejaran Fisika Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika 8 (1) - /-/2017
84 THE EFFECT OF SELF-REGULATED ORIENTED LEARNING ON STUDENTS’ACHIEVEMENT AND PERCEPTIONS IN ENVIRONMENTAL POLLUTION MATERIAL JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains) 4 (1), 481-487 - /-/2017
85 Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Pemaknaan pada Materi Gelombang dan Bunyi untuk Melatihkan Sensitivitas Moral Siswa SMP JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains) 5 (1), 811-821 - /-/2017
86 Pengaruh Penggunaan Perangkat Pembelajaran Ipa Terpadu Tipe Connected Terhadap Kompetensi Pengetahuan Dan Keterampilan Siswa Smp Negeri 2 Kelumpang Tengah JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains) 6 (2), 1355-1362 - /-/2017
87 VALIDASI PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA BERBASIS INKUIRI TERBIMBING UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN MEMECAHKAN MASALAH PADA POKOK BAHASAN CERMIN JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains) 5 (2), 920-923 - /-/2017
88 PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA BERBASIS KOOPERATIF UNTUK MELATIH LITERASI SAINS SISWA PADA MATERI FOTOSINTESIS DAN RESPIRASI JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains) 6 (2), 1348-1354 - /-/2017
89 The Development of Learning Material Based on Field Trip Strategy BioEdu 6 (2) - /-/2017
90 PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains) 6 (1), 1283-1288 - /-/2017
91 PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL KOOPERTIF TIPE TWO STAY TWO STRAY UNTUK MELATIH KETERAMPILAN SOSIAL DAN MENUNTASKAN HASIL BELAJAR SISWA SMP JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains) 6 (1), 1273-1282 - /-/2017
92 Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Inkuri Terbimbing Untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains Dan Meningkatkan Hasil Belajar Pada Topik Suhu Dan Perubahannya JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains) 4 (2), 658-671 - /-/2017
93 Common False of Student’s Scientific Reasoning in Physics Problems Journal of Physics: Conference Series 1108 (1), 012016 - /-/2018
94 THE PROPERNESS OF MUTATION TEXTBOOK USING METACOGNITIVE AND MIND MAP STRATEGY FOR SENIOR HIGH SCHOOL GRADE XII Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu) 7 (2), 250-258 - /-/2018
95 The Influence of Inquiry Method on Student Learning Result With Different Class Learning Style on Plantae Material Journal of Physics: Conference Series 1108 (1), 012036 - /-/2018
96 Validity of Genetics Material Topic Student Worksheet Based On Know-Want-Learned (KWL) Strategy To Train Student Metacognitive Skills BioEdu 7 (1), 22-25 - /-/2018
97 Improving learning process in genetics classroom by using metacognitive strategy Asia Pacific Education Review 19 (3), 401-411 - /-/2018
98 VALIDITAS LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI DAUR ULANG LIMBAH UNTUK MELATIH KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS X SMA BioEdu 7 (2), 105-112 - /-/2018
99 Strategi Belajar Metakognitif yang Berwawasan Lingkungan untuk Mendukung Sustainable Development Goals (SDGs) SEMINAR NASIONAL SAINS & ENTREPRENEURSHIP V 2018 - /-/2018
100 The effectiveness of evidence-based reasoning in inquiry-based physics teaching to increase students’ scientific reasoning Journal of Baltic Science Education 17 (6), 972 - /-/2018
101 KELAYAKAN TEORETIS LKS BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI BIOTEKNOLOGI SMA Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu) 7 (2), 395-400 - /-/2018
102 Development of Creative Mind Map Rubric to Assess Creative Thinking Skills in Biology for the Concept of Environmental Change International Journal of Innovation and Research in Educational Sciences 5 (2) - /-/2018
103 THE EFFECTIVENESS OF INDEX CARD MATCH TO PRACTICE ANALYSIS AND EVALUATION THINKING SKILLS ON VIRUS MATERIAL FOR SENIOR HIGH SCHOOL GRADE 1 Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu) 7 (3), 563-568 - /-/2018
104 Wasis (2018). Common false of student’s scientific reasoning in physics problems Journal of Physics: Conference Series 1108 (1), 012-016 - /-/2018
105 THE EFFECTIVENESS OF EVIDENCE-BASED REASONING IN INQUIRY-BASED PHYSICS TEACHING TO INCREASE STUDENTS'SCIENTIFIC REASONING Journal of Baltic Science Education 17 (6), 972-985 - /-/2018
106 SKKD No. 147/UN25. 5.1/TU. 3/2019" Effectiveness of Collaborative Students Worksheet to Improve Student's Affective Scientific Collaborative and Science Process Skills (SPS)" - /-/2019
107 The Validity of Teaching Materials Oriented to Argument-Driven-Inquiry Model to Train Students’ Science Literacy National Seminar on Chemistry 2019 (SNK-19), 211-215 - /-/2019
108 Efectiveness Of Virus Material Topic Student Worksheet Based On Know-Learned (Kl) Metacognitive Strategy To Train Student Metacognitive Skills BioEdu 8 (2) - /-/2019
109 The Students Worksheet Development on Fungi Based on The Plus KWL’s Strategy to Train the Metacognitive Skills Jurnal Riset Biologi dan Aplikasinya 1 (1), 32-39 - /-/2019
110 PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN SISWA (LKS) BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH PADA MATERI EKOLOGI KELAS X SMA BioEdu 8 (2) - /-/2019
111 DEVELOPING PLANTAE ATLAS FOR PLANT IDENTIFICATION AND BASIC SCIENCE PROCESS SKILLS TRAINING BioEdu 8 (3) - /-/2019
112 PENGARUH IMPLEMENTASI BUKU AJAR STRATEGI METAKOGNITIF TERINTEGRASI MIND MAP TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI MUTASI BioEdu 8 (2) - /-/2019
113 ASSESSING USING TECHNOLOGY: IS ELECTRONIC PORTFOLIO EFFECTIVE TO ASSESS THE SCIENTIFIC LITERACY OF EVOLUTION THEORY Unnes Science Education Journal 8 (3) - /-/2019
114 Kelayakan Empiris E-book Berbasis Hots Pada Materi Pembelahan Sel Untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Kelas XII SMA/MA BioEdu 8 (2) - /-/2019
115 SKKD No. 164/UN25. 5.1/TU. 3/2019" Pengembangan Model Hipotetik untuk Mengajarkan Keterampilan Kreativitas Ilmiah Siswa pada Pembelajaran IPA" - /-/2019
116 Blended Learning Based Inquiry Collaborative Tutorial Model for Physics Students JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains) 8 (2), 1676-1683 - /-/2019
117 Development of Karmana-Problem Based Learning Modelto Train Problem Solving Skills and Concept Mastery of Biology Teacher Candidates Journal of Physics: Conference Series 1227 (1), 012002 - /-/2019
118 KELAYAKAN LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK (LKPD) LITERASI SAINS PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK BioEdu 8 (3) - /-/2019
119 Assessing Using Technology: Is Electronic Portfolio Effective To Assess the Scientific Literacy on Evolution Theory International Journal of Emerging Technologies in Learning (iJET) 15 (12 … - /-/2020
120 The Role of E-Book Metacognitive Learning Strategies in Self-Regulated and Learning Outcomes MISEIC 2020 - /-/2020
121 The Development of Science Learning Devices with Guided Inquiry Model through Flipbook Media on Human Respiratory System Material to Train Critical Thinking Skills of Junior … International Journal for Educational and Vocational Studies 2 (5) - /-/2020
122 Physics innovative learning: RODE learning model to train student communication skills Journal of Physics: Conference Series 1422 (1), 012016 - /-/2020
123 The Effectiveness of Student Worksheet (Project-Based Learning) Based on The Values of Islamic Boarding School for The Biotechnology Subject to Train High School Students with … Jurnal Inovasi Pembelajaran Biologi 1 (1), 35-43 - /-/2020
124 Validitas Pengembangan LKS Berbasis CTL pada Materi Ekosistem untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas X SMA Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu) 9 (3), 397-405 - /-/2020
125 Pengembangan Instrumen Tes Miskonsepsi Menggunakan Four-Tier Test pada Materi Transpor Membran Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu) 9 (3), 371-377 - /-/2020
126 ANALISIS KETERAMPILAN PROSES SAINS (KPS) MAHASISWA MELALUI KEGIATAN PRAKTIKUM EKOLOGI EDUSAINS 12 (1), 98-105 - /-/2020
127 The role of science project based peer interaction on improving collaborative skills and physical problem solving: a mini review Journal of Physics: Conference Series 1521 (2), 022032 - /-/2020
128 The Development of Student Worksheet Integrated by Stem Approach in Plant Growth and Development Material to Train Bio-Entrepreneurship Skills Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu) 10 (1), 150-157 - /-/2021
129 IMPLEMENTATION OF E-LKPD VIRUS MATERIAL BASED ON KNOW-LEARNED (KL) STRATEGY TO TRAIN STUDENT METACOGNITIVE SKILLS Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu) 10 (3), 471-478 - /-/2021
130 PROFIL MISKONSEPSI PESERTA DIDIK SMA PADA MATERI KINGDOM ANIMALIA MENGGUNAKAN FOUR-TIER MULTIPLE CHOICE DIAGNOSTIC TEST Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu) 10 (3), 479-489 - /-/2021
131 Pengembangam Instrumen Four-Tier Test untuk Mendetesksi Miskosnsepsi Siswa pada Materi Pembelahan Sel Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu) 10 (1), 126-134 - /-/2021

Karya Buku

No Judul Buku Tahun Jumlah Halaman Penerbit
1 Panduan Microteaching untuk Dosen, Mahasiswa, & Crew 2014 UNESA UNIVERSITY PRESS
2 Petunjuk Praktikum Genetika 2016 UNESA UNIVERSITY PRESS

Pemakalah Seminar Ilmiah

No Nama Temu ilmiah / Seminar Judul Artikel Ilmiah Waktu dan Tempat
1 Journal of Physics: Conference Series Development of Karmana-Problem Based Learning Modelto Train Problem Solving Skills and Concept Maste 2019

Hak Karya Ilmiah

No Judul/Tema HKI Tahun Jenis Nomor
1 PEMBUATAN POLIPLOIDI DENGAN MEMANFAATKAN KEMBANG SUNGSANG (GLORIA SUPERBA) SEBAGAI SUMBER KOLHKISIN UNTUK MEMPERBESAR UMBI LAPIS PADA KELOMPOK TANAMAN BAWANG (ALLIUM SP.) 2017 paten P00201702318
2 FOTOSINTESIS DAN RESPIRASI SELULER, MELATIHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS MELALUI INKUIRI BEBAS TERMODIFIKASI 2017 hak cipta C00201704477
3 MEDIA PEMBELAJARAN DAN PERMAINAN RODA BERPUTAR IPA 2017 hak cipta C00201704480
4 Strategi Belajar Metakognitif Teori dan Implementasi 2018 hak cipta EC00201807463
5 Genetika 2018 hak cipta EC00201824814
6 Video Pembelajaran Pendekatan Saintifik Berbasis Contextual Teaching and Learning Topik Pengungkit Pada Sistem Gerak Manusia 2019 hak cipta EC00201976599
7 Strategi Belajar Metakognitif 2019 paten EC00201984462