
Dr. Wisma Kurniawati, M.Pd.
Dr. Wisma Kurniawati, M.Pd., lahir di Malang pada tanggal 04-10-1966 adalah dosen di Universitas Negeri Surabaya. Dalam 1 tahun terakhir, mengampu 38 matakuliah. Sudah melakukan pengabdian sebanyak 10. Sudah mempublikasi Artikel Ilmiah dalam jurnal sebanyak 8.

Identitas Diri
Riwayat Pendidikan
S1 | S2 | S3 | |
---|---|---|---|
Nama Perguruan Tinggi | Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Surabaya | Universitas Negeri Surabaya | Universitas Negeri Surabaya |
Bidang Ilmu | Pendidikan Bahasa Jerman | Pendidikan Bahasa dan Sastra | S3 Pendidikan Bahasa dan Sastra |
Tahun Masuk-Lulus | 1985 - 1991 | 1999 - 2005 | 2015 - 2021 |
Judul Skripsi/Tesis/Disertasi | Faktor-faktor Penghambat proses Belajar Mengajar Bahasa Jerman di SMA Negeri Program Ilmu-ilmu Sosial (A3) kelas III Sekkodya Surabaya | Absurditas dalam Novel Franz Kafka Die Verwandlung | Perlawanan Proletar dalam Novel-novel Herta Muller: Kajian Dialektika Naratologi |
Nama Pembimbing/Promotor | Dra. Kartini dan Dra. Irine Risakotta, M.Pd. | Prof. Dr. Budi Darma, M.A. dan Dra. Irene Risakotta, M.Pd. | - |
Mata Kuliah yang Diampu
No. | Mata Kuliah |
---|---|
1 | Deutsch fuer Anfaenger (A1) |
2 | Deutsch fuer Anfaenger (A2) |
3 | Deutsch fuer Fortgeschrittene |
4 | Deutsch III |
5 | Deutsch IV |
6 | Hoeren 2 |
7 | Interkulturelle Landeskunde |
8 | Kajian Prosa |
9 | KKN Asistensi Mengajar Pengembangan Laporan |
10 | KKN Kewirausahaan Evaluasi Program |
11 | KKN Kewirausahaan Pengembangan laporan |
12 | KKN Proyek Desa Pengembangan Laporan |
13 | KKN Proyek indpenden Evaluasi Program |
14 | KKN Proyek indpenden Pengembangan laporan |
15 | KKN Proyek Kemanusiaan Pengembangan laporan |
16 | Kulturkunde |
17 | Lesen 1 |
18 | Lesen 2 |
19 | Lesen 3 |
20 | Lesen 4 |
21 | Literaturwerke fuer Anfaenger |
22 | Metode Penelitian |
23 | MPK-Desain Program |
24 | MPK-Pelaksanaan Program |
25 | MPK-Pelaporan Program |
26 | MPK-Penilaian Program |
27 | Pembelajaran Bahasa-Sastra Mutakhir |
28 | Pengembangan Bahan dan Media Pembelajaran Bahasa dan Sastra |
29 | Proposal Disertasi |
30 | Schreiben 1 |
31 | Schreiben 2 |
32 | Schreiben 3 |
33 | Schreiben 4 |
34 | Seminar Pendidikan Bahasa dan Sastra 1 |
35 | Skripsi |
36 | Sprechen 1 |
37 | Sprechen 2 |
38 | Vorbereitung zur Pruefung B1 |
Data Penelitian Dari Sim Litabmas
No. | Tahun | Judul | Sumber Dana |
---|---|---|---|
1 | 2022 | PENGEMBANGAN BAHAN AJAR LITERATUR IM DEUTSCHUNTERRICHT UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA JERMAN | Litabmas |
2 | 2021 | PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DALAM PENGEMBANGAN SOAL BAHASA JERMAN | Litabmas |
3 | 2022 | PENGEMBANGAN BAHAN AJAR LITERATUR IM DEUTSCHUNTERRICHT UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA JERMAN | Litabmas |
4 | 2021 | PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DALAM PENGEMBANGAN SOAL BAHASA JERMAN | Litabmas |
5 | 2022 | PENGEMBANGAN BAHAN AJAR LITERATUR IM DEUTSCHUNTERRICHT UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA JERMAN | Litabmas |
6 | 2021 | PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DALAM PENGEMBANGAN SOAL BAHASA JERMAN | Litabmas |
7 | 2022 | PENGEMBANGAN BAHAN AJAR LITERATUR IM DEUTSCHUNTERRICHT UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA JERMAN | Litabmas |
8 | 2021 | PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DALAM PENGEMBANGAN SOAL BAHASA JERMAN | Litabmas |
9 | 2022 | PENGEMBANGAN BAHAN AJAR LITERATUR IM DEUTSCHUNTERRICHT UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA JERMAN | Litabmas |
10 | 2021 | PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DALAM PENGEMBANGAN SOAL BAHASA JERMAN | Litabmas |
11 | 2022 | PENGEMBANGAN BAHAN AJAR LITERATUR IM DEUTSCHUNTERRICHT UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA JERMAN | Litabmas |
12 | 2021 | PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DALAM PENGEMBANGAN SOAL BAHASA JERMAN | Litabmas |
Data Penelitian Dari Non Litabmas
No. | Tahun | Judul | Sumber Dana |
---|---|---|---|
1 | 2025 | Memahami Budaya melalui Dongeng Digital | |
2 | 2022 | STUDI PENELUSURAN ALUMNI PROGRAM STUDI S2 PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA | |
3 | 2021 | Pengembangan Bahan Ajar Penyuntingan Naskah untuk Meningkatkan Kompetensi Mahasiswa Program Studi Sastra Jerman | |
4 | 2022 | Pengembangan Bahan Ajar Literatur im Deutschunterricht untuk Meningkatkan Kompetensi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Jerman | |
5 | 2023 | ANALISIS KESALAHAN MENULIS (SCHREIBEN) PADA UJIAN KOMPETENSI BAHASA JERMAN (UKBJ) MAHASISWA JERMAN UNESA | |
6 | 2023 | Perbandingan Pola Urutan Kata Kalimat Berita, Kalimat Tanya, dan Kalimat Perintah Pada Teks Terjemahan Bahasa Jerman ke Bahasa Indonesia | |
7 | 2022 | Pengembangan Kamus Tata Bahasa Jerman dari Perspektif Linguistik Multidimensi untuk Pembelajar Tingkat A1 dan A2 | |
8 | 2024 | Padanan Penerjemahan Preposisi dalam Bahasa Jerman ke Bahasa Indonesia | |
9 | 2020 | Analisis Kesalahan Berbahasa Mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Jerman pada Mata Kuliah Deutsch III | |
10 | 2022 | PENGEMBANGAN ROADMAP PENELITIAN BAHASA DAN SASTRA FAKULTAS BAHASA DAN SENI UNESA | |
11 | 2023 | Pemetaan Kompetensi Interaksional dalam Tes Berbicara bahasa Jerman Level B1 | |
12 | 2024 | STRATEGI WACANA PEMBERITAAN KONFLIK PALESTINA-ISRAEL DI MEDIA JERMAN DAN INDONESIA | |
13 | 2025 | Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Evaluasi Pembelajaran Untuk Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Jerman |