Dr. Agus Suprijono, M.Si.

Dr. Agus Suprijono, M.Si., lahir di Surabaya pada tanggal 11-01-1967 adalah dosen di Universitas Negeri Surabaya. Dalam 1 tahun terakhir, mengampu 31 matakuliah. Sudah melakukan pengabdian sebanyak 11.

Identitas Diri

Riwayat Pendidikan

S1 S2 S3
Nama Perguruan Tinggi Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Surabaya Universitas Airlangga Universitas Pendidikan Indonesia
Bidang Ilmu Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial Pendidikan
Tahun Masuk-Lulus 1986 - 1991 1995 - 1998 2009 - 2013
Judul Skripsi/Tesis/Disertasi Pengaruh Pendidikan Formal Terhadap Kepercayaan Masyarakat Desa Prigi Kabupaten Trenggalek terhadap Mitos Upacara Sembonyo Makna simbolik akik bagi akademisi perguruan tinggi di Surabaya Konstruksi sosial remaja Osing terhadap esoterisme religio magis dalam pembentukan jatidiri (Kajian Fenomenologi tentang Ritus Buyut Cili di Banyuwangi)
Nama Pembimbing/Promotor Drs. Suradji Noorwijanto, SE Dr. Dede Oetomo Prof. Dr. Gurniwan Kamil Pasha, M.Si

Mata Kuliah yang Diampu

No. Mata Kuliah
1 Asesmen Proses dan Hasil Belajar
2 Dasar-Dasar Pendidikan
3 Filsafat Pendidikan IPS
4 Keterampilan Mengajar dan Pembelajaran Mikro
5 Konsep Dasar Ips Sd
6 Kurikulum Sekolah
7 Metode Penelitian
8 Metodologi Penelitian Pendidikan
9 microteaching
10 Microteaching
11 Pedagogik Transformatif
12 Pembelajaran Inovatif I
13 Pembelajaran Inovatif II
14 Pendidikan Transformatif
15 Pendidikan Transformatif (pilihan IPS)
16 PENGEMBANGAN BAHAN AJAR
17 Pengembangan Perangkat Pembelajaran (Sejarah)
18 Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP)
19 Perancangan Pembelajaran IPS (pilihan IPS)
20 Perencanaan Pembelajaran
21 Rancangan Pembelajaran IPS
22 Sejarah Intelektual
23 Sejarah Pendidikan
24 Seminar Pendidikan IPS
25 Skripsi
26 Statistik
27 Statistik dan Teknik Analisis data Kualitatif
28 STUDI LAPANGAN (INTERNSHIP)
29 Telaah Kurikulum IPS (pilihan IPS)
30 Telaah Kurikulum Sekolah
31 Teori Belajar

Data Penelitian Dari Sim Litabmas

No. Tahun Judul Sumber Dana
1 2022 PEDAGOGIK TRANSFORMATIF KAJIAN ALIENASI PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMA NEGERI SE-JAWA TIMUR Litabmas
2 2019 PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN SEJARAH BERBASIS KARAKTER UNTUK MEMBANGUN BUDAYA ANTI-KORUPSI BAGI SISWA SMA DI JAWA TIMUR Litabmas
3 2019 PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN SEJARAH BERBASIS KARAKTER UNTUK MEMBANGUN BUDAYA ANTI-KORUPSI BAGI SISWA SMA DI JAWA TIMUR Litabmas
4 2020 SURVEI KARAKTER MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN SEJARAH: DAMPAK PENERAPAN HEUTAGOGY EDUCATION MASA PENDEMI COVID -19 Litabmas
5 2022 PEDAGOGIK TRANSFORMATIF KAJIAN ALIENASI PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMA NEGERI SE-JAWA TIMUR Litabmas
6 2019 PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN SEJARAH BERBASIS KARAKTER UNTUK MEMBANGUN BUDAYA ANTI-KORUPSI BAGI SISWA SMA DI JAWA TIMUR Litabmas
7 2019 KLINIK ARTIKEL ILMIAH JURNAL BAGI MUSYAWARAH GURU MATA PELAJARAN IPS JAWA TIMUR Litabmas
8 2022 PEDAGOGIK TRANSFORMATIF KAJIAN ALIENASI PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMA NEGERI SE-JAWA TIMUR Litabmas
9 2021 PEDAGOGIK TRANSFORMATIF BERBASIS LEARNING HOW TO LEARN IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN SEJARAH PEMINATAN ILMU-ILMU SOSIAL DAN KEMAMPUAN LITERASI SEJARAH Litabmas
10 2020 SURVEI KARAKTER MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN SEJARAH: DAMPAK PENERAPAN HEUTAGOGY EDUCATION MASA PENDEMI COVID -19 Litabmas
11 2022 PEDAGOGIK TRANSFORMATIF KAJIAN ALIENASI PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMA NEGERI SE-JAWA TIMUR Litabmas
12 2021 PEDAGOGIK TRANSFORMATIF BERBASIS LEARNING HOW TO LEARN IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN SEJARAH PEMINATAN ILMU-ILMU SOSIAL DAN KEMAMPUAN LITERASI SEJARAH Litabmas
13 2020 SURVEI KARAKTER MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN SEJARAH: DAMPAK PENERAPAN HEUTAGOGY EDUCATION MASA PENDEMI COVID -19 Litabmas
14 2022 PEDAGOGIK TRANSFORMATIF KAJIAN ALIENASI PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMA NEGERI SE-JAWA TIMUR Litabmas
15 2023 DEMOKRASI DELIBERATIF DALAM PEMBELAJARAN KOOPERATIF MATAPELAJARAN SEJARAH/IPS DI SEKOLAH MENENGAH ATAS Litabmas

Data Penelitian Dari Non Litabmas

No. Tahun Judul Sumber Dana
1 2023 DEMOKRASI DELIBERATIF DALAM PEMBELAJARAN KOOPERATIF MATAPELAJARAN SEJARAH/IPS DI SEKOLAH MENENGAH ATAS
2 2023 GAMBARAN RESILIENSI AKADEMIK MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN SEJARAH UNESA
3 2021 TANTANGAN DAN RESPON MAHASISWA IPS PASCASARJANA DALAM PEMBELAJARAN ONLINE SELAMA PANDEMI COVID-19: KASUS DARI UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA
4 2020 Survei Karakter Mahasiswa Jurusan Pendidikan Sejarah: Dampak Penerapan Heutagogy Education Masa Pendemi Covid -19
5 2024 Komparasi Respon Masyarakat Pesisir Di Indonesia Dan Malaysia Terhadap Perubahan Iklim
6 2022 PEDAGOGIK TRANSFORMATIF Kajian Alienasi Pembelajaran Sejarah Di SMA Negeri se-Jawa Timur
7 2024 BERPIKIR KRITIS GENERASI Z TERHADAP STEREOTIPE AGAMA RAKYAT DAN AGAMA NEGARA PERANNYA DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER TOLERANSI
8 2021 PEDAGOGIK TRANSFORMATIF BERBASIS LEARNING HOW TO LEARN Implementasi Pembelajaran Sejarah Peminatan Ilmu-Ilmu Sosial dan Kemampuan Literasi Sejarah
9 2024 PENERAPAN PEMBELAJARAN SOSIAL EMOSIONAL UNTUK MENINGKATKAN RESILIENSI AKADEMIK MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN SEJARAH ANGKATAN 2022
10 2020 Dampak Penerapan Pembelajaran Daring Terhadap Self Determined, Self Regulated Dan Self Directed Learning Pada Mahasiswa Pendidikan IPS Selama Pandemi Covid-19
11 2023 Analisis Kebutuhan Pengembangan Kurikulum Program Studi S1 IPS untuk Keselarasan dengan Visi Misi Unesa PTN-BH
12 2022 PEDAGOGIK TRANSFORMATIF : Dampak Alienasi Sosial Pembelajaran Sejarah/IPS di SMP Negeri
13 2023 EFEKTIVITAS MODEL PEMANFAATAN GUNUNG PENANGGUNGAN SEBAGAI WAHANA EDUCATION FOR SUSTAINABLE DEVELOPMENT DALAM PENDIDIKAN IPS
14 2024 Aktivitas Pedagang Jepang Masa Hindia Belanda
15 2021 PENGEMBANGAN MODEL STRUCTURED FORM UNTUK PROGRAM LECTURING EXCHANGE
16 2022 Pengembangan Desain Model Pemanfaatan Gunung Penanggungan Sebagai Wahana Education for Sustainable Development dalam Pendidikan IPS
17 2023 MENGEMAS PERISTIWA SEJARAH EVENEMENTIELLE, CUNJUNCTURELLE, DAN LONGE-DUREE UNTUK BAHAN PEMBELAJARAN SEJARAH
18 2023 HEGEMONI IDIOLOGI TERHADAP PEMBELAJARAN SEJARAH/IPS DI SEKOLAH MENENGAH ATAS

Pengabdian Kepada Masyarakat

No Tahun Judul Pengabdian Sumber Pendanaan
1 2021 Pelatihan Pengembangan Instrumen AKM untuk Kemampuan Literasi Sejarah bagi Guru Sejarah SMA/MA di Surabaya
2 2021 Workshop Pengembangan Materi Ajar Kontekstual dan Soal "HOTS" Bagi MGMP IPS Bojonegoro
3 2024 PELATIHAN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN SEJARAH BERBASIS TPCK (Integrasi Modul Ajar dan Aplikasi Lumio) BAGI GURU SEJARAH JAWA TIMUR
4 2024 PELATIHAN UNTUK PENGUATAN KAPASITAS GURU IPS SMP KABUPATEN PASURUAN DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA
5 2022 PELATIHAN APLIKASI METODE PROJECT BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN IPS PADA GURU-GURU SMP SE KOTA MOJOKERTO
6 2020 PELATIHAN PENDIDIKAN HEUTAGOGI MGMP SEJARAH SURABAYA UNTUK EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN PADA MASA PANDEMI COVID 19
7 2024 Training on the Wise Use of Social Media to Enhance National Awareness for Indonesian Immigrants in Malaysia
8 2020 PENINGKATAN PENGUASAAN SOCIAL MEDIA MARKETING BAGI PEDAGANG MAKANAN TERDAMPAK COVID-19 DI SENTRA KULINER KOTA SURABAYA UNTUK MENGHADAPI AGENDA NEW NORMAL
9 2020 Pelatihan Online Pembuatan Flyer Untuk Optimalisasi Pemasaran Produk UMKM Akibat Dampak Pandemi Covid 19 di Kota Bojonegoro
10 2022 PELATIHAN PENGEMBANGAN LKS LITERASI SEJARAH BAGI GURU SEJARAH SMA/MA DI SURABAYA
11 2023 PENINGKATAN INDEKS LITERASI DIGITAL BAGI GURU SEJARAH DI JAWA TIMUR

Publikasi Jurnal

No Judul Artikel Ilmiah Nama Jurnal Volume/Nomor/Tahun

Karya Buku

No Judul Buku Tahun Jumlah Halaman Penerbit

Pemakalah Seminar Ilmiah

No Nama Temu ilmiah / Seminar Judul Artikel Ilmiah Waktu dan Tempat

Hak Karya Ilmiah

No Judul/Tema HKI Tahun Jenis Nomor