Dra. Martini, M.Pd.

Dra. Martini, M.Pd., lahir di Bandung pada tanggal 02-04-1967 adalah dosen di Universitas Negeri Surabaya. Dalam 1 tahun terakhir, mengampu 11 matakuliah. Sudah melakukan pengabdian sebanyak 5. Sudah mempublikasi Artikel Ilmiah dalam jurnal sebanyak 55. Memiliki karya buku sebanyak 1. Menjadi pemakalah seminar ilmiah sebanyak 2.

Identitas Diri

Riwayat Pendidikan

S1 S2
Nama Perguruan Tinggi IKIP Surabaya Universitas Negeri Surabaya
Bidang Ilmu Pendidikan Kimia Pendidikan Sains
Tahun Masuk-Lulus 1986 - 1991 1998 - 2001
Judul Skripsi/Tesis/Disertasi - -
Nama Pembimbing/Promotor - -

Mata Kuliah yang Diampu

No. Mata Kuliah
1 Dasar-dasar Biokimia
2 Dasar-Dasar IPA
3 Gerak dan Perubahan
4 Ilmu Alamiah Dasar (Iad)
5 Kajian Hasil-hasil Penelitian Pendidikan IPA
6 Kimia Umum
7 Pembelajaran Mikro
8 Sains, Lingkungan, Teknologi dan Masyarakat
9 Seminar
10 Skripsi
11 Statistika Pendidikan

Data Penelitian Dari Sim Litabmas

No. Tahun Judul Sumber Dana
1 2015 Model Pembelajaran Berbasis Pendidikan Karakter dan Kewirausahaan dalam Perkuliahan Salingtemas Litabmas
2 2015 Model Pembelajaran Berbasis Pendidikan Karakter dan Kewirausahaan dalam Perkuliahan Salingtemas Litabmas
3 2015 Model Pembelajaran Berbasis Pendidikan Karakter dan Kewirausahaan dalam Perkuliahan Salingtemas Litabmas
4 2015 Model Pembelajaran Berbasis Pendidikan Karakter dan Kewirausahaan dalam Perkuliahan Salingtemas Litabmas
5 2015 Model Pembelajaran Berbasis Pendidikan Karakter dan Kewirausahaan dalam Perkuliahan Salingtemas Litabmas
6 2015 Model Pembelajaran Berbasis Pendidikan Karakter dan Kewirausahaan dalam Perkuliahan Salingtemas Litabmas
7 2015 Model Pembelajaran Berbasis Pendidikan Karakter dan Kewirausahaan dalam Perkuliahan Salingtemas Litabmas
8 2015 Model Pembelajaran Berbasis Pendidikan Karakter dan Kewirausahaan dalam Perkuliahan Salingtemas Litabmas
9 2015 Model Pembelajaran Berbasis Pendidikan Karakter dan Kewirausahaan dalam Perkuliahan Salingtemas Litabmas
10 2015 Model Pembelajaran Berbasis Pendidikan Karakter dan Kewirausahaan dalam Perkuliahan Salingtemas Litabmas
11 2019 PENERAPAN METODE DEBAT ISU-ISU SOSIOSAINS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN ARGUMENTASI MAHASISWA CALON GURU IPA Litabmas
12 2019 PENERAPAN METODE DEBAT ISU-ISU SOSIOSAINS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN ARGUMENTASI MAHASISWA CALON GURU IPA Litabmas
13 2015 Model Pembelajaran Berbasis Pendidikan Karakter dan Kewirausahaan dalam Perkuliahan Salingtemas Litabmas
14 2015 Model Pembelajaran Berbasis Pendidikan Karakter dan Kewirausahaan dalam Perkuliahan Salingtemas Litabmas
15 2015 Model Pembelajaran Berbasis Pendidikan Karakter dan Kewirausahaan dalam Perkuliahan Salingtemas Litabmas
16 2015 Model Pembelajaran Berbasis Pendidikan Karakter dan Kewirausahaan dalam Perkuliahan Salingtemas Litabmas
17 2015 Model Pembelajaran Berbasis Pendidikan Karakter dan Kewirausahaan dalam Perkuliahan Salingtemas Litabmas
18 2015 Model Pembelajaran Berbasis Pendidikan Karakter dan Kewirausahaan dalam Perkuliahan Salingtemas Litabmas
19 2015 Model Pembelajaran Berbasis Pendidikan Karakter dan Kewirausahaan dalam Perkuliahan Salingtemas Litabmas
20 2015 Model Pembelajaran Berbasis Pendidikan Karakter dan Kewirausahaan dalam Perkuliahan Salingtemas Litabmas
21 2015 Model Pembelajaran Berbasis Pendidikan Karakter dan Kewirausahaan dalam Perkuliahan Salingtemas Litabmas
22 2015 Model Pembelajaran Berbasis Pendidikan Karakter dan Kewirausahaan dalam Perkuliahan Salingtemas Litabmas

Data Penelitian Dari Non Litabmas

No. Tahun Judul Sumber Dana
1 2021 PERSPEKTIF PROBLEM SOLVING MELALUI REPRESENTASI CALON GURU IPA PADA MATERI LISTRIK DINAMIS
2 2022 STRATEGY OF SCIENTIFIC ARGUMENTATION OF COLLEGE STUDENT TO EXPLAIN FOCAL ISSUES IN A CONNECTION WITH SOCIO-SCIENTIFIC ISSUES
3 2021 AN INTENSIVE SCAFFOLDING IN ADDRESSING MACROSCOPIC SOCIO-SCIENTIFIC ISSUES TO HELP COLLEGE STUDENT LEARNING SCIENCE AT MICROSCOPIC LEVEL
4 2023 IMPLEMENTASI MODE AKTIVITAS BERSYARAT DI LMS TERHADAP PARTISIPASI MAHASISWA DALAM PEMBELAJARAN HIBRID
5 2022 INTEGRASI STEAM-PROJECT BASE LEARNING (PjBL) UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA CALON GURU IPA
6 2021 PERSPEKTIF PROBLEM SOLVING MELALUI REPRESENTASI CALON GURU IPA PADA MATERI LISTRIK DINAMIS
7 2024 Model Kompetensi: Penerapan Penugasan Terstruktur Penyusunan Modul Ajar Berbasis TPACK Bagi Calon Guru IPA
8 2020 LEARNING FORM HOME (LFH) DENGAN METODE DISKUSI MELALUI WHATSAPP GRUP (WAG) UNTUK MELATIHKAN KEMAMPUAN BERTANYA MAHASISWA

Pengabdian Kepada Masyarakat

No Tahun Judul Pengabdian Sumber Pendanaan
1 2024 Pendampingan Guru IPA SMP dalam Mendesain Modul Ajar Kurikulum Merdeka dengan Strategi Understanding by Design
2 2021 PELATIHAN BLENDED LEARNING DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK PEMBELAJARAN IPA BAGI GURU-GURU SMP KABUPATEN GRESIK
3 2022 PELATIHAN PERANCANGAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI SESUAI KERANGKA KURIKULUM MERDEKA BAGI GURU IPA
4 2023 PELATIHAN PEMBUATAN VIDEO PEMBELAJARAN BAGI GURU IPA SESUAI PRINSIP PRODUCTIVE USE OF VIDEO FRAMEWORK
5 2020 Pelatihan Pembuatan Sabun Cair Pencuci Tangan Pada Masyarakat Terdampak Covid-19

Publikasi Jurnal

No Judul Artikel Ilmiah Nama Jurnal Volume/Nomor/Tahun
1 MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI IPA-2 SMAN 1 JOMBANG MELALUI PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJAR... - /-/0
2 MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI IPA-2 SMAN 1 JOMBANG MELALUI PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN KIMIA PADA MATERI TERMOKIMIA - /-/0
3 Penerapan Pendekatan Multimodel dalam Pembelajaran untuk Meningkatkan Kualitas Belajar IPA Siswa SD Pendidikan Sekolah Dasar 4 (3) - /-/2005
4 Prosedur dan Prinsip-prinsip Statistika (dengan penerapan di bidang olahraga) Edisi Revisi Surabaya: Unesa University Press - /-/2007
5 PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA TERPADU TIPE WEBBED PADA TEMA PENCEMARAN AIR BERORIENTASI MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMP PENDIDIKAN SAINS 1 (03) - /-/2013
6 PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA TERPADU TIPE WEBBED PADA TEMA PENCEMARAN AIR BERORIENTASI MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA … PENDIDIKAN SAINS 1 (03) - /-/2013
7 KETERLAKSANAAN PEMBELAJARAN IPA TERPADU BERBASIS LEARNING CYCLE PADA TEMA PENCEMARAN AIR DI MTsN PARTEKER PAMEKASAN PENDIDIKAN SAINS 1 (02) - /-/2013
8 PENERAPAN MODEL DIRECT INSTRUCTION DENGAN TEKNIK MIND MAPPING PADA TEMA PERKARATAN LOGAM BESI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BEL... PENDIDIKAN SAINS 1 (02) - /-/2013
9 PENERAPAN MODEL DIRECT INSTRUCTION DENGAN TEKNIK MIND MAPPING PADA TEMA PERKARATAN LOGAM BESI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PENDIDIKAN SAINS 1 (02) - /-/2013
10 PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA TERPADU TIPE WEBBED PADA TEMA PENCEMARAN AIR BERORIENTASI MODEL PROBLEM BASED IN... PENDIDIKAN SAINS 1 (03) - /-/2013
11 PENGEMBANGAN PERANGKAT IPA TERPADU TEMA MAKANAN DENGAN STRATEGI MIND MAPPING DI KELAS VIII SMPN 1 JETIS MOJOKERTO PENDIDIKAN SAINS 1 (03) - /-/2013
12 PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) IPA TERPADU TEMA SAMPAH BERORIENTASI KETERAMPILAN PROSES PADA SISWA SMP KELAS VII PENDIDIKAN SAINS 1 (02) - /-/2013
13 PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERORIENTASI INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP KELAS IX P... PENDIDIKAN SAINS 2 (01) - /-/2014
14 Penerapan Pembelajaran IPA Terpadu Dengan Pendekatan Sets-Edutainment Tema Baterai Alami Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belaj... PENDIDIKAN SAINS 2 (01) - /-/2014
15 PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERORIENTASI INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP KELAS IX PADA TEMA VIRGIN COCONUT OIL (VCO) PENDIDIKAN SAINS 2 (01) - /-/2014
16 PENERAPAN PEMBELAJARAN INKUIRI PADA MATERI KALOR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 TROWULAN PENDIDIKAN SAINS 2 (03) - /-/2014
17 IMPLEMENTASI METODE PROBLEM SOLVING DALAM PEMBELAJARAN IPA PADA MATERI METABOLISME TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 5 SIDOARJO PENDIDIKAN SAINS 3 (02) - /-/2015
18 PENERAPAN LEMBAR KEGIATAN SISWA (LKS) BERBASIS DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI... PENDIDIKAN SAINS 3 (03) - /-/2015
19 IMPLEMENTASI METODE PROBLEM SOLVING DALAM PEMBELAJARAN IPA PADA MATERI METABOLISME TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISW... PENDIDIKAN SAINS 3 (02) - /-/2015
20 PENERAPAN LEMBAR KEGIATAN SISWA (LKS) BERBASIS DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI PEMANASAN GLOBAL PENDIDIKAN SAINS 3 (03) - /-/2015
21 PENGARUH PENERAPAN PERMAINAN DOMINO CARD PADA MATERI SISTEM EKSKRESI TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS VIII PENDIDIKAN SAINS 4 (03) - /-/2016
22 PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN MONOPOLI UNTUK MELATIHKAN SIKAP SOSIAL SISWA PADA MATERI SISTEM GERAK MANUSIA DI SMP PENDIDIKAN SAINS 4 (02) - /-/2016
23 IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA MATERI ZAT ADITIF MAKANAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PENDIDIKAN SAINS 4 (02) - /-/2016
24 IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI PENGUKURAN KELAS VII DI SMPN... PENDIDIKAN SAINS 4 (01) - /-/2016
25 IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA MATERI ZAT ADITIF MAKANAN UNTUK... PENDIDIKAN SAINS 4 (02) - /-/2016
26 IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI PENGUKURAN KELAS VII DI SMPN 5 SIDOARJO PENDIDIKAN SAINS 4 (01) - /-/2016
27 KEEFEKTIFAN PERMAINAN SCIENCE ARCHERY GAME SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DALAM MATERI WUJUD ZAT DAN PERUBAHANNYA DITINJAU BE... PENDIDIKAN SAINS 5 (02) - /-/2017
28 KEEFEKTIFAN PERMAINAN SCIENCE ARCHERY GAME SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DALAM MATERI WUJUD ZAT DAN PERUBAHANNYA DITINJAU BERDASARKAN AKTIVITAS SISWA DAN PENINGKATAN PEMAHAMAN … PENDIDIKAN SAINS 5 (02) - /-/2017
29 Penerapan Model Direct Instruction Untuk Meningkatan Hasil Belajarsiswa Pada Materi Sistem Organisasi Kehidupan PENSA E-JURNAL: PENDIDIKAN SAINS 5 (03) - /-/2017
30 PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF MENGGUNAKAN ISPRING SUITE 8 PADA SUB MATERI ZAT ADITIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMP KELAS VIII PENDIDIKAN SAINS 5 (02) - /-/2017
31 LKS “CIRCULAR CIRCUIT GAME” PADA MATERI ASAM, BASA, DAN GARAM UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA SISWA SMP PENDIDIKAN SAINS 5 (02) - /-/2017
32 Respon Siswa terhadap Model Experiential Learning pada Materi Pencemaran Lingkungan dalam Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas VII PENSA E-JURNAL: PENDIDIKAN SAINS 5 (03) - /-/2017
33 PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF MENGGUNAKAN ISPRING SUITE 8 PADA SUB MATERI ZAT ADITIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SIS... PENDIDIKAN SAINS 5 (02) - /-/2017
34 KEEFEKTIFAN PERMAINAN SCIENCE ARCHERY GAME SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DALAM MATERI WUJUD ZAT DAN PERUBAHANNYA DITINJAU BERDASARKAN AKTIVITAS SISWA DAN PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PENDIDIKAN SAINS 5 (02) - /-/2017
35 Profil Tingkat Kepedulian Lingkungan Siswa Program Adiwiyata PENSA E-JURNAL: PENDIDIKAN SAINS 6 (02) - /-/2018
36 PENINGKATAN LITERASI SAINS SISWA PADA MATERI ZAT ADITIF MAKANAN PENSA E-JURNAL: PENDIDIKAN SAINS 6 (3) - /-/2018
37 Pengaruh Penerapan Inkuiri Terstruktur pada Sub Materi Pemuaian terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMPN 17 Surabaya PENSA E-JURNAL: PENDIDIKAN SAINS 6 (02) - /-/2018
38 Keterampilan Proses Sains Peserta Didik SMP Negeri 1 Sendang pada Materi Energi dalam Sistem Kehidupan PENSA E-JURNAL: PENDIDIKAN SAINS 6 (02) - /-/2018
39 PENINGKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK PADA SUB MATERI SUHU DENGAN MENGGUNAKAN MODEL GUIDED DISCOVERY PENSA E-JURNAL: PENDIDIKAN SAINS 6 (02) - /-/2018
40 Peningkatan Keterampilan Komunikasi Siswa SMP dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad pada Materi Pencemaran Air PENSA E-JURNAL: PENDIDIKAN SAINS 6 (02) - /-/2018
41 Peningkatan Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas VIII SMPN 1 Krembung pada Materi Zat Aditif PENSA E-JURNAL: PENDIDIKAN SAINS 6 (02) - /-/2018
42 Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Peserta Didik Pada Materi Pesawat Sederhana PENSA E-JURNAL: PENDIDIKAN SAINS 6 (02) - /-/2018
43 PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI KALOR DAN PERPINDAHANNYA PENSA E-JURNAL: PENDIDIKAN SAINS 6 (02) - /-/2018
44 PENINGKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA MELALUI MODEL EXPERIENTIAL LEARNING PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN Jurnal Penelitian Pendidikan IPA 2 (2), 45-52 - /-/2018
45 PENGEMBANGAN LKS BERMUATAN AUGMENT REALITY UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA SMP PENSA E-JURNAL: PENDIDIKAN SAINS 7 (2) - /-/2019
46 PENGGUNAAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SUB MATERI METABOLISME SEL PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS 7 (3) - /-/2019
47 Penggunaan Media Truth or Dare Pada Materi Sistem Ekskresi Manusia Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik di SMP Negeri 3 Sidoarjo PENSA E-JURNAL: PENDIDIKAN SAINS 7 (2) - /-/2019
48 MISCONCEPTION IDENTIFICATION OF VII CLASS GRADE STUDENTS ON THE SUBJECTS OF MATERIAL AND CHANGE CLASSIFICATION PENSA E-JURNAL: PENDIDIKAN SAINS 7 (2) - /-/2019
49 Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Materi Cermin Cekung dan Cermin Cembung dengan Strategi Predict-Observe-Explain (POE) PENSA E-JURNAL: PENDIDIKAN SAINS 7 (2) - /-/2019
50 VALIDITAS PENGEMBANGAN LKS BERBASIS ASSESSMENT FOR LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PENSA E-JURNAL: PENDIDIKAN SAINS 7 (2) - /-/2019
51 PENGGUNAAN MEDIA TRUTH OR DARE PADA MATERI SISTEM EKSKRESI MANUSIA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 3 SIDOARJO PENDIDIKAN SAINS 7 (2) - /-/2019
52 RESPON SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN DENGAN LKS BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES PADA MATERI SISTEM GERAK MANUSIA PENSA E-JURNAL: PENDIDIKAN SAINS 7 (2) - /-/2019
53 The Development of Ethnoscience Based Acid-Base Modules to Improve Students' Scientific Literacy Ability Development 14 (1) - /-/2020
54 Worksheet based on multiple intelligences for improving student’s result Journal of Physics: Conference Series 1567 (4), 042017 - /-/2020
55 Deep Learning Ability of Students from Superior and Non-Superior Classes at Microscopic Level of Protein Journal of Physics: Conference Series 1747 (1), 012009 - /-/2021

Karya Buku

No Judul Buku Tahun Jumlah Halaman Penerbit
1 Buku Prototipe Kurikulum Pendidikan Sains Berorientasi KKNI 2015 Jaudar Press

Pemakalah Seminar Ilmiah

No Nama Temu ilmiah / Seminar Judul Artikel Ilmiah Waktu dan Tempat
1 Journal of Physics: Conference Series Worksheet based on multiple intelligences for improving student s result 2020
2 Journal of Physics: Conference Series Deep Learning Ability of Students from Superior and Non-Superior Classes at Microscopic Level of Protein 2021

Hak Karya Ilmiah

No Judul/Tema HKI Tahun Jenis Nomor