Dr. Sifak Indana, M.Pd.

Dr. Sifak Indana, M.Pd., lahir di Jombang pada tanggal 18-08-1968 adalah dosen di Universitas Negeri Surabaya. Dalam 1 tahun terakhir, mengampu 27 matakuliah. Sudah melakukan pengabdian sebanyak 23. Sudah mempublikasi Artikel Ilmiah dalam jurnal sebanyak 72.

Identitas Diri

Riwayat Pendidikan

S1 S2 S3
Nama Perguruan Tinggi IKIP Surabaya Unesa UM
Bidang Ilmu Pendidikan Biologi Pendidikan Matematika Konsentrasi Pend.Sains Pendidikan Biologi
Tahun Masuk-Lulus 1988 - 1992 1995 - 1998 2008 - 2013
Judul Skripsi/Tesis/Disertasi Analisis Soal Biologi Sekolah Menegah Umum Tingkat AtasStudi Kasus di Madrasah Aliyah Negeri Trenggalek Pengembangan Model Pembelajaran Biologi Interaktif dengan Menerapkan Pembelajaran Kooperatif Pengembangan Bahan Ajar Biologi SMA Terintegrasi Model Pembelajaran yang Inovatif
Nama Pembimbing/Promotor - - -

Mata Kuliah yang Diampu

No. Mata Kuliah
1 Analisis Artikel Ilmiah
2 Asesmen Inovatif
3 Asesmen Proses dan Hasil Belajar
4 Biologi Umum
5 Dasar-Dasar Pendidikan
6 Dasar Kependidikan
7 Evaluasi Belajar dan Pembelajaran
8 Filsafat Ilmu
9 FILSAFAT PENDIDIKAN
10 Kajian Mandiri Bidang Studi Penunjang Disertasi
11 Kajian sains interdisipliner dalam pembelajaran (Interdisciplinary science studies in learning)
12 Keterampilan Mengajar dan Pembelajaran Mikro
13 Kurikulum Sekolah
14 MICROTEACHING
15 Pembelajaran Inovatif
16 Pembelajaran Inovatif I
17 Pembelajaran Inovatif II
18 Pengembangan Bahan Ajar
19 Pengembangan Bahan Pembelajaran
20 Pengembangan Bahan Pembelajaran (PBP)
21 Pengembangan Pembelajaran Sains Terintegrasi
22 Perencanaan Pembelajaran
23 PLP-Analisis Kurikulum
24 Problematika dan Inovasi Pendidikan Biologi
25 Studi Lapangan
26 Studi Lapangan (Internship)
27 Telaah Kurikulum Sekolah

Data Penelitian Dari Sim Litabmas

No. Tahun Judul Sumber Dana
1 2021 EFEKTIVITAS PERANGKAT PEMBELAJARAN INTEGRASI LITERASI, KARAKTER DAN KOMPETENSI 4C (CRITICAL THINKING, CREATIVITY, COLLABORATION, AND COMMUNICATION) SEBAGAI BENTUK ROLE MODEL PENGEMBANGAN PERANGKAT MAHASISWA PENDIDIKAN SAINS UNESA DI ERA PANDEMI COVID-19 Litabmas
2 2021 EFEKTIVITAS PERANGKAT PEMBELAJARAN INTEGRASI LITERASI, KARAKTER DAN KOMPETENSI 4C (CRITICAL THINKING, CREATIVITY, COLLABORATION, AND COMMUNICATION) SEBAGAI BENTUK ROLE MODEL PENGEMBANGAN PERANGKAT MAHASISWA PENDIDIKAN SAINS UNESA DI ERA PANDEMI COVID-19 Litabmas
3 2020 PKM MAKANAN SEHAT UNTUK PENCEGAHAN COVID-19 DI PANTI ASUHAN KOTA SURABAYA Litabmas
4 2020 PKM MAKANAN SEHAT UNTUK PENCEGAHAN COVID-19 DI PANTI ASUHAN KOTA SURABAYA Litabmas
5 2021 EFEKTIVITAS PERANGKAT PEMBELAJARAN INTEGRASI LITERASI, KARAKTER DAN KOMPETENSI 4C (CRITICAL THINKING, CREATIVITY, COLLABORATION, AND COMMUNICATION) SEBAGAI BENTUK ROLE MODEL PENGEMBANGAN PERANGKAT MAHASISWA PENDIDIKAN SAINS UNESA DI ERA PANDEMI COVID-19 Litabmas
6 2022 PENGEMBANGAN E-LKM BERBASIS PJBL UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS MAHASISWA MENGEMBANGKAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS KURIKULUM MERDEKA Litabmas
7 2021 EFEKTIVITAS PERANGKAT PEMBELAJARAN INTEGRASI LITERASI, KARAKTER DAN KOMPETENSI 4C (CRITICAL THINKING, CREATIVITY, COLLABORATION, AND COMMUNICATION) SEBAGAI BENTUK ROLE MODEL PENGEMBANGAN PERANGKAT MAHASISWA PENDIDIKAN SAINS UNESA DI ERA PANDEMI COVID-19 Litabmas
8 2020 PKM MAKANAN SEHAT UNTUK PENCEGAHAN COVID-19 DI PANTI ASUHAN KOTA SURABAYA Litabmas
9 2020 PKM MAKANAN SEHAT UNTUK PENCEGAHAN COVID-19 DI PANTI ASUHAN KOTA SURABAYA Litabmas
10 2021 EFEKTIVITAS PERANGKAT PEMBELAJARAN INTEGRASI LITERASI, KARAKTER DAN KOMPETENSI 4C (CRITICAL THINKING, CREATIVITY, COLLABORATION, AND COMMUNICATION) SEBAGAI BENTUK ROLE MODEL PENGEMBANGAN PERANGKAT MAHASISWA PENDIDIKAN SAINS UNESA DI ERA PANDEMI COVID-19 Litabmas
11 2023 PEMETAAN KEILMUAN MELALUI PORTOFOLIO DOSEN DAN TENAGA PENDIDIK FMIPA UNESA DALAM MEMPERKUAT STATUS PTNBH Litabmas
12 2021 EFEKTIVITAS PERANGKAT PEMBELAJARAN INTEGRASI LITERASI, KARAKTER DAN KOMPETENSI 4C (CRITICAL THINKING, CREATIVITY, COLLABORATION, AND COMMUNICATION) SEBAGAI BENTUK ROLE MODEL PENGEMBANGAN PERANGKAT MAHASISWA PENDIDIKAN SAINS UNESA DI ERA PANDEMI COVID-19 Litabmas
13 2023 PEMETAAN KEILMUAN MELALUI PORTOFOLIO DOSEN DAN TENAGA PENDIDIK FMIPA UNESA DALAM MEMPERKUAT STATUS PTNBH Litabmas
14 2023 PEMETAAN KEILMUAN MELALUI PORTOFOLIO DOSEN DAN TENAGA PENDIDIK FMIPA UNESA DALAM MEMPERKUAT STATUS PTNBH Litabmas
15 2022 PENGEMBANGAN E-LKM BERBASIS PJBL UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS MAHASISWA MENGEMBANGKAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS KURIKULUM MERDEKA Litabmas
16 2021 EFEKTIVITAS PERANGKAT PEMBELAJARAN INTEGRASI LITERASI, KARAKTER DAN KOMPETENSI 4C (CRITICAL THINKING, CREATIVITY, COLLABORATION, AND COMMUNICATION) SEBAGAI BENTUK ROLE MODEL PENGEMBANGAN PERANGKAT MAHASISWA PENDIDIKAN SAINS UNESA DI ERA PANDEMI COVID-19 Litabmas
17 2024 PELATIHAN PENGEMBANGAN DOKUMEN PROYEK PROFIL PELAJAR PANCASILA DAN PENULISAN KARYA TULIS ILMIAH BAGI GURU PONDOK PESANTREN BUMI SHOLAWAT Litabmas
18 2024 PELATIHAN PENGEMBANGAN DOKUMEN PROYEK PROFIL PELAJAR PANCASILA DAN PENULISAN KARYA TULIS ILMIAH BAGI GURU PONDOK PESANTREN BUMI SHOLAWAT Litabmas
19 2021 EFEKTIVITAS PERANGKAT PEMBELAJARAN INTEGRASI LITERASI, KARAKTER DAN KOMPETENSI 4C (CRITICAL THINKING, CREATIVITY, COLLABORATION, AND COMMUNICATION) SEBAGAI BENTUK ROLE MODEL PENGEMBANGAN PERANGKAT MAHASISWA PENDIDIKAN SAINS UNESA DI ERA PANDEMI COVID-19 Litabmas
20 2021 EFEKTIVITAS PERANGKAT PEMBELAJARAN INTEGRASI LITERASI, KARAKTER DAN KOMPETENSI 4C (CRITICAL THINKING, CREATIVITY, COLLABORATION, AND COMMUNICATION) SEBAGAI BENTUK ROLE MODEL PENGEMBANGAN PERANGKAT MAHASISWA PENDIDIKAN SAINS UNESA DI ERA PANDEMI COVID-19 Litabmas
21 2021 EFEKTIVITAS PERANGKAT PEMBELAJARAN INTEGRASI LITERASI, KARAKTER DAN KOMPETENSI 4C (CRITICAL THINKING, CREATIVITY, COLLABORATION, AND COMMUNICATION) SEBAGAI BENTUK ROLE MODEL PENGEMBANGAN PERANGKAT MAHASISWA PENDIDIKAN SAINS UNESA DI ERA PANDEMI COVID-19 Litabmas
22 2024 PENGEMBANGAN E-PERANGKAT PERKULIAHAN MICROTEACHING UNTUK MELATIH KESIAPAN MAHASISWA DALAM PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN Litabmas
23 2023 PEMETAAN KEILMUAN MELALUI PORTOFOLIO DOSEN DAN TENAGA PENDIDIK FMIPA UNESA DALAM MEMPERKUAT STATUS PTNBH Litabmas
24 2024 PENGEMBANGAN E-PERANGKAT PERKULIAHAN MICROTEACHING UNTUK MELATIH KESIAPAN MAHASISWA DALAM PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN Litabmas
25 2023 PEMETAAN KEILMUAN MELALUI PORTOFOLIO DOSEN DAN TENAGA PENDIDIK FMIPA UNESA DALAM MEMPERKUAT STATUS PTNBH Litabmas
26 2024 PELATIHAN PENGEMBANGAN DOKUMEN PROYEK PROFIL PELAJAR PANCASILA DAN PENULISAN KARYA TULIS ILMIAH BAGI GURU PONDOK PESANTREN BUMI SHOLAWAT Litabmas
27 2022 PENGEMBANGAN E-LKM BERBASIS PJBL UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS MAHASISWA MENGEMBANGKAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS KURIKULUM MERDEKA Litabmas
28 2024 PELATIHAN PENGEMBANGAN DOKUMEN PROYEK PROFIL PELAJAR PANCASILA DAN PENULISAN KARYA TULIS ILMIAH BAGI GURU PONDOK PESANTREN BUMI SHOLAWAT Litabmas
29 2020 PKM MAKANAN SEHAT UNTUK PENCEGAHAN COVID-19 DI PANTI ASUHAN KOTA SURABAYA Litabmas
30 2021 EFEKTIVITAS PERANGKAT PEMBELAJARAN INTEGRASI LITERASI, KARAKTER DAN KOMPETENSI 4C (CRITICAL THINKING, CREATIVITY, COLLABORATION, AND COMMUNICATION) SEBAGAI BENTUK ROLE MODEL PENGEMBANGAN PERANGKAT MAHASISWA PENDIDIKAN SAINS UNESA DI ERA PANDEMI COVID-19 Litabmas
31 2021 EFEKTIVITAS PERANGKAT PEMBELAJARAN INTEGRASI LITERASI, KARAKTER DAN KOMPETENSI 4C (CRITICAL THINKING, CREATIVITY, COLLABORATION, AND COMMUNICATION) SEBAGAI BENTUK ROLE MODEL PENGEMBANGAN PERANGKAT MAHASISWA PENDIDIKAN SAINS UNESA DI ERA PANDEMI COVID-19 Litabmas
32 2022 PENGEMBANGAN E-LKM BERBASIS PJBL UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS MAHASISWA MENGEMBANGKAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS KURIKULUM MERDEKA Litabmas

Data Penelitian Dari Non Litabmas

No. Tahun Judul Sumber Dana
1 2024 Uji Kandungan Kalsium Pisang Menggunakan Spectrometer Uv-Fis Untuk Memilih Makanan Tebaik Bayi
2 2024 PENGEMBANGAN E-PERANGKAT PERKULIAHAN MICROTEACHING UNTUK MELATIH KESIAPAN MAHASISWA DALAM PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN
3 2024 Pengembangan dan Analisis Dinamik Model Penyebaran Penyakit Tuberkolosis dengan Penerapan Vaksinasi Booster
4 2023 Karakterisasi Parameter Kinerja Alat Laboratorium IPA FMIPA UNESA
5 2020 STERILISATOR LIMBAH INFEKSIUS DI LINGKUNGAN KELUARGA SEBAGAI PEMUTUSAN MATA RANTAI PENYEBARAN PANDEMI COVID-19 DALAM MEMASUKI TATANAN KEHIDUPAN BARU (The Life New Normal)
6 2025 Desain Lintasan belajar pada perkuliahan STEM dengan metode Deep Learning untuk mahasiswa calon guru
7 2021 Pengembangan E-Worksheat Virtual Reality-Augmented Reality Struktur Tumbuhan sebagai Model Mengelola Pembelajaran Calon Guru Biolo
8 2021 Pengembangan Business Plan (Rencanan Bisnis) FMIPA Universitas Negeri Surabaya
9 2019 PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN ORSAEV UNTUK MENINGKATKAN KESIAPSIAGAAN BENCANA BAGI MAHASISWA CALON GURU
10 2025 Pengembangan Model pembelajaran PAIKEM GEMOI (Gemar Olahrga dan Seni) Untuk Meningkatkan Kompetensi Guru dalam impelemntasi SDGS 3 (Sehat dan Kesejahteraan)
11 2025 Peran Inteligensia Artifisial dalam Meningkatkan Literasi Digital melalui Asesmen Daring: Sebuah Pendekatan Evaluatif
12 2021 EFEKTIVITAS PERANGKAT PEMBELAJARAN INTEGRASI LITERASI, KARAKTER DAN KOMPETENSI 4C (CRITICAL THINKING, CREATIVITY, COLLABORATION, AND COMMUNICATION) SEBAGAI BENTUK ROLE MODEL PENGEMBANGAN PERANGKAT MAHASISWA PENDIDIKAN SAINS UNESA DI ERA PANDEMI COVID-19
13 2022 PENGEMBANGAN BAHAN AJAR INTEGRASI PROJECT BASED LEARNING (PjBL) MELALUI KAJIAN PEMANFAATAN TUMBUHAN PADA PERKAWINAN ADAT ETNIK MADURA UNTUK MELATIHKAN LITERASI SAINS
14 2024 PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PEMBELAJARAN INOVATIF UNTUK MENJAWAB TANTANGAN PROSES BELAJAR BERBASIS PENYELESAIAN MASALAH
15 2023 Pengembangan Rencana Bisnis serta Roadmap Penelitian dan PKM FMIPA untuk Mendukung Unesa PTN-BH
16 2022 PEMETAAN SUMBER PENDAPATAN FMIPA UNESA
17 2021 Pengembangan Prototipe Laik Industri “Smart Plantation” Berbasis Daur Ulang sebagai Inisiasi Ecoproduct dan Ecocharacter
18 2022 Restrukturisasi Kurikulum Sebagai Upaya Meningkatkan Mutu Akademik di Prodi S2 Pendidikan Sains Pascasarjana Unesa
19 2023 DINAMIKA KOMPETENSI PEDAGOGI MAHASISWA CALON GURU BIOLOGI SEBELUM, SELAMA DAN SETELAH PANDEMI COVID-19
20 2020 PENGEMBANGAN ROADMAP PENELITIAN BIDANG UNGGULAN SAINS UNESA
21 2020 Implementasi Portofolio Elektronik sebagai Bentuk Penilaian Kenormalan Baru Mahasiswa Pendidikan Biologi Unesa Era Pandemi Covid-19
22 2023 PEMETAAN KEILMUAN MELALUI PORTOFOLIO DOSEN DAN TENAGA PENDIDIK FMIPA UNESA DALAM MEMPERKUAT STATUS PTNBH
23 2023 PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN LABORATORIUM FMIPA UNESA BERBASIS WEB
24 2022 Pengembangan E-LKM Berbasis Pjbl untuk Meningkatkan Kreativitas Mahasiswa Mengembangkan Perangkat Pembelajaran Berbasis Kurikulum Merdeka

Pengabdian Kepada Masyarakat

No Tahun Judul Pengabdian Sumber Pendanaan
1 2021 PKM Pemberdayaan Progresif Science and Innovation dan Manajemen International Competition bagi Santri dan Guru SMA Progresif Bumi Shalawat
2 2023 PEMBELAJARAN INOVATIF SEBAGAI WADAH BERLATIH LITERASI SAINS DI MGMP IPA KOTA MOJOKERTO
3 2021 PELATIHAN PEMBELAJARAN DAN PENILAIAN HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) DAN LITERASI SAINS BAGI GURU IPA SMP DI KABUPATEN NGANJUK
4 2025 PKM Seni Pidato dan Baca Puisi Siswa TK SD untuk Meningkatkan Kompetensi Guru TK SD di Kabupaten Magetan
5 2024 Pendampingan Pembelajaran STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) STEM bagi Guru-Guru Sekolah Indonesia Riyadh di Arab Saudi
6 2023 PKM Self-Efficacy Berbicara di Muka Umum bagi santri Pondok Pesantren Mambaul Ma'arif Denanyar Jombang
7 2020 Pelatihan Penyusunan Pembelajaran Daring Merdeka Belajar Bagi Guru Era Pandemi Covid 19
8 2020 Peningkatan Kualitas dan Kapasitas Produksi Masker Ramah Lingkungan untuk Pencegahan Penyebaran Covid-19 dan Pemberdayaan Ekonomi Keluarga Mahasiswa Pascasarjana Unesa
9 2025 Pelatihan Menyusun Soal Kognitif Berbantuan Aplikasi Assessment Link bagi Calon Guru Biologi di Universiti Sains Malaysia
10 2020 PKM Makanan Sehat untuk Pencegahan COVID-19 di Panti Asuhan Kota Surabaya
11 2022 Pelatihan Pengembangan Instrumen Asesmen Nasional untuk Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru SDN Gisik Cemandi Sidoarjo
12 2025 Pelatihan Eduecopreneurship sebagai Solusi Pendidikan dan Pemberdayaan Ekonomi bagi Pekerja Migran Indonesia (PMI) di Jepang
13 2019 Pemberdayaan Guru SMA Progresif Bumi Shalawat Sidoarjo dalam Penyusunan Instrumen Pengembangan Prestasi Siswa
14 2020 Pelatihan Penyusunan Pembelajaran Daring Merdeka Belajar Bagi Guru Era Pandemi Covid 19
15 2024 PENGAYAAN MATERI IPA DASAR UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS BAGI SISWA INDONESIA DI SANGGAR BELAJAR MALAYSIA
16 2021 Peningkatan Kemampuan Penyusunan Asesmen Kompetensi Minimum Bagi Guru
17 2024 Pelatihan Pengembangan Dokumen Proyek Profil Pelajar Pancasila dan Penulisan Karya Tulis Ilmiah Bagi Guru Pondok Pesantren Bumi Sholawat
18 2024 PEMANFAATAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE DALAM PEMBUATAN BAHAN AJAR DI MGMP MAPEL BIOLOGI KABUPATEN GRESIK
19 2025 Peningkatan Keterampilan Proses Sains pada Anak Bimbing Sanggar Belajar Permai Melalui Eksperimen Sederhana
20 2025 PELATIHAN PENGUATAN DESAIN PEMBELAJARAN INOVATIF MELALUI STRATEGI LITERASI DI LINGKUNGAN PONDOK PESANTERN WISATA ANNUR 2 AL MURTADLO
21 2022 PELATIHAN PEMBELAJARAN DAN PENILAIAN HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) DAN LITERASI SAINS BAGI GURU IPA SMP DI KOTA MOJOKERTO
22 2020 PKM Bantuan Makanan Pokok untuk Masyarakat Terdampak Covid 19
23 2023 PELATIHAN PENYUSUNAN BAHAN AJAR BERBASIS TPACK BAGI GURU-GURU IPA DI MALAYSIA

Publikasi Jurnal

No Judul Artikel Ilmiah Nama Jurnal Volume/Nomor/Tahun
1 Effectiveness of P3E Learning Model With Contextual Approach to Train Critical Thinking Skills of Elementary School Students on Science Lessons - /-/0
2 KELAYAKAN DAN KEPRAKTISAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN KULTUR JARINGAN ANGGREK (Orchidaceae) BERBASIS PINNACLE UNTUK SMA THE VALI... - /-/0
3 VALIDITAS DAN EFEKTIVITAS LKS BERBASIS LITERASI SAINS PADA MATERI TUMBUHAN UNTUK SISWA KELAS X THE VALIDITY AND EFFECTIVENESS OF WORKSHEETS BASED ON SCIENTIFIC LITERACY IN … - /-/0
4 Development of Learning Instructional Based On 3R (Reduce, Reuse, & Recycle) to Improve Learning’s Outcome on Fourth Grade of Elementary School on Environmental Preservation’s … - /-/0
5 Hak Cipta pada Departemen Pendidikan Nasional - /-/0
6 Pengembangan Modul Echinodermata Berbasis Kurikulum 2013 Siswa SMA Kelas X BioEdu 5 (3), 248357 - /-/0
7 VALIDITAS DAN EFEKTIVITAS LKS BERBASIS LITERASI SAINS PADA MATERI TUMBUHAN UNTUK SISWA KELAS X THE VALIDITY AND EFFECTIVENESS OF... - /-/0
8 PENGEMBANGAN MODUL ECHINODERMATA BERBASIS KURIKULUM 2013 SISWA SMA KELAS X DEVELOPMENT 2013 CURRICULUM BASED MODULE OF ECHINODERMS FOR X HIGH SCHOOL STUDENT - /-/0
9 PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BIOLOGI SMA BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN SEBAGAI CONTOH PERANGKAT PERKULIAHAN MKPBM 3 Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika dan Sains 15 (1) - /-/2008
10 PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BIOLOGI SMA BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN SEBAGAI CONTOH PERANGKAT PERKULIAHAN MKPB... Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika dan Sains 15 (1) - /-/2008
11 Pengembangan Model PBM Biologi Berbasis Kompetensi Untuk Meningkatkan Keterampilan Mengajar Mahasiswa (Pengembangan Perangkat) Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika dan Sains 15 (1) - /-/2008
12 Efektivitas Perangkat Pembelajaran Virus Dengan Strategi Metakognitif Terhadap Perolehan Kognitif Siswa SMA Kelas X Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA … - /-/2009
13 Pengembangan Bahan Ajar Biologi SMA Terintegrasi dengan Model Pembelajaran yang Inovatif Disertasi tidak Diterbitkan: PSSJ Pendidikan Biologi PPS UM - /-/2013
14 Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa dengan Pendekatan Strategi Penemuan Konsep pada Materi Keanekaragaman Hayati Kelas X SMA BioEdu 3 (1), 243863 - /-/2014
15 Kelayakan teoritis LKS project based learning (PjBL) penggunaan bahan alternatif produk bioteknologi konvensional BioEdu 3 (3) - /-/2014
16 Analisis kesesuaian kegiatan pembelajaran pendekatan saintifik dengan tujuan pembelajaran di SMAN Mojokerto BioEdu 3 (3) - /-/2014
17 PROBLEM BASED LEARNINGSEBAGAI STRATEGI PENGEMBANGAN KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH PADA KONSEP BAKTERI Jurnal Pendidikan Biologi 2 (2) - /-/2014
18 VALIDITAS LKS BERBASIS STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI PADA MATERI PENGOLAHAN LIMBAH KELAS X BioEdu 3 (3) - /-/2014
19 Efektivitas Penerapan LKS Berorientasi Guided Discovery Materi Pteridophyta Kelas X SMAN 1 Dawarblandong Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan 3 (3) - /-/2014
20 Validitas Lks Berorientasi Project Based Learning pada Materi Keanekaragaman Hayati Kelas X BioEdu 3 (3) - /-/2014
21 Pengembangan Buku Ajar Berorientasi Problem Solving Learning Materi Hereditas pada Manusia BioEdu 4 (1) - /-/2015
22 Validitas LKS Berbasis Pendekatan Keterampilan Proses pada Materi Ekosistem BioEdu 4 (2) - /-/2015
23 Kelayakan Teoretis LKS Invertebrata Tanah dengan Pendekatan Ilmiah pada Materi Dunia Hewan Kelas X Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu) 4 (1) - /-/2015
24 Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (Lks) Berbasis Contextual Teaching And Learning (Ctl) Terintegrasi Pendidikan Kecakapan Hidup Materi Bioteknologi BioEdu 5 (3) - /-/2016
25 KELAYAKAN INSTRUMEN PENILAIAN ALTERNATIF UNTUK MENGUKUR KOMPETENSI KETERAMPILAN SISWA PADA MATERI BIOLOGI KELAS X BioEdu 5 (3) - /-/2016
26 PENERAPAN LKS BERBASIS PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES PADA MATERI EKOSISTEM UNTUK MENCAPAI KETUNTASAN HASIL BELAJAR SISWA... BioEdu 5 (3) - /-/2016
27 Penerapan Lks Berbasis Pendekatan Keterampilan Proses pada Materi Ekosistem untuk Mencapai Ketuntasan Hasil Belajar Siswa Kelas X di Ma Fathul Hidayah Lamongan BioEdu 5 (3) - /-/2016
28 PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN SISWA (LKS) BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERINTEGRASI PENDIDIKAN KECAKAPAN... BioEdu 5 (3) - /-/2016
29 Kelayakan Teoritis Lks Berbasis Pendekatan Saintifik Submateri Tumbuhan Paku untuk Melatihkan Keterampilan Proses Siswa Kelas X BioEdu 5 (1), 247688 - /-/2016
30 Modul Pengayaan Berstrategi Pq4r pada Materi Pemanansan Global PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS 4 (02) - /-/2016
31 VALIDITAS DAN KETERLAKSANAAN LKS GUIDED DISCOVERY UNTUK MENUNJANG PELAKSANAAN PENDEKATAN SAINTIFIK MATERI SISTEM INDERA VALI... BioEdu 5 (1) - /-/2016
32 KELAYAKAN TEORITIS LKS BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK SUBMATERI TUMBUHAN PAKU UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN PROSES SISWA KEL... BioEdu 5 (1) - /-/2016
33 Kelayakan dan Kepraktisan Media Video Pembelajaran Kultur Jaringan Anggrek (Orchidaceae) Berbasis Pinnacle untuk SMA BioEdu 6 (1) - /-/2017
34 PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA BERBASIS INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENUMBUHKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA SMPN S... JPPS: Jurnal Penelitian Pendidikan Sains 5 (1), 867-873 - /-/2017
35 VALIDITAS DAN EFEKTIVITAS LKS BERBASIS LITERASI SAINS PADA MATERI TUMBUHAN UNTUK SISWA KELAS X BioEdu 6 (1) - /-/2017
36 PENGEMBANGAN BAHAN AJAR KOMIK PADA MATERI SISTEM TRANSPORTASI MAKHLUK HIDUP UNTUK MENUMBUHKAN MINAT BACA DAN MENINGKATK... JPPS: Jurnal Penelitian Pendidikan Sains 6 (1), 1090-1099 - /-/2017
37 Pengembangan perangkat pembelajaran ipa berbasis inkuiri terbimbing untuk menumbuhkan minat dan hasil belajar siswa SMPN satu atap JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains) 5 (1), 867-873 - /-/2017
38 Developing Biology based Monopoly Game as Media to Enhance Students' Learning Outcome and Social Ability Social Sciences, Humanities and Economics Conference (SoSHEC 2017), 218-222 - /-/2017
39 Pengembangan Flashcard pada Materi Sistem Gerak Manusia untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Kelas VIII SMP PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS 5 (03) - /-/2017
40 Pengembangan perangkat pembelajaran IPA model inkuiri terbimbing untuk melatihkan keterampilan proses sains siswa SMP JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains) 6 (1), 1255-1264 - /-/2017
41 Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif: Teknik Kancing Gemerincing pada Materi Ekosistem Kelas X SMA Negeri 4 Sidoarjo Hikmah: Journal of Islamic Studies 13 (1), 21-35 - /-/2017
42 Pengembangan bahan ajar komik pada materi sistem transportasi makhluk hidup untuk menumbuhkan minat baca dan meningkatkan hasil belajar JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains) 6 (1), 1090-1099 - /-/2017
43 Perangkat pembelajaran IPA berbasis inkuiri terbimbing dengan tugas proyek materi sistem ekskresi untuk menuntaskan hasil belajar siswa SMP Jurnal IPA & Pembelajaran IPA 1 (1), 81-97 - /-/2017
44 PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA BERBASIS GUIDED DISCOVERY UNTUK MENUNTASKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTE... Jurnal IPA & Pembelajaran IPA 1 (1), 100-116 - /-/2018
45 MELATIHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA MENGGUNAKAN LKS BERBASIS PROYEK MEDAN LISTRIK DC PADA DORMANSI DAN GERMINASI JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN MATEMATIKA DAN SAINS 1 (2) - /-/2018
46 Keefektifan Lks Precise Card Book untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa SMP pada Materi Fotosintesis PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS 6 (01) - /-/2018
47 PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN SISWA BERBASIS GUIDED DISCOVERY PADA MATERI FOTOSINTESIS UNTUK MELATIH KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS BioEdu 7 (2), 388-394 - /-/2018
48 Profile Of Science Literacy Skills In SMPN Satu Atap Kenduruan MISEIC 2018 - /-/2018
49 PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENUNTASKAN HASIL BELAJAR SISWA POKOK BAHASA... JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains) 7 (1), 1386-1396 - /-/2018
50 PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES MISKONSEPSI SISWA MENGGUNAKAN KOMBINASI THREE-TIER TEST DAN CERTAINTY OF RESPONSE INDEX PADA MATERI KINGDOM ANIMALIA KELAS X SMAPENGEMBANGAN … Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu) 7 (2), 119-128 - /-/2018
51 PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA BERBASIS INKUIRI TERBIMBING DENGAN TUGAS PROYEK MATERI SISTEM EKSKRESI UNTUK MENUNTASKAN HASIL B... Jurnal IPA & Pembelajaran IPA 1 (1), 82-99 - /-/2018
52 PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENUNTASKAN HASIL BELAJAR SISWA POKOK BAHASAN SISTEM GERAK MANUSIA DI SMP JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains) 7 (1), 1386-1396 - /-/2018
53 MEMBANGUN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS INKUIRI TERBIMBING Jurnal Penelitian Pendidikan IPA 3 (1), 15-20 - /-/2018
54 Validitas dan Kepraktisan LKPD Literasi Sains pada Materi Jamur untuk Melatihkan Berpikir Kritis Siswa Kelas X SMA BioEdu 7 (2), 177-186 - /-/2018
55 Pengembangan Instrumen Penilaian Akhir Semester (PAS) Mata Pelajaran Biologi pada Kelas X di MAN Sidoarjo BioEdu 7 (2), 298-303 - /-/2018
56 THE DEVELOPMENT OF AN AUTHENTHIC INSTRUMENT FOR TO THE MATTER ENVIRONMENTAL CHANGES CLASS X HIGH SCHOOL IN ORDER TO STUDY RESULTS STUDENTS Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu) 7 (1), 50-55 - /-/2018
57 THE VALIDITY AND PRACTICALITY OF E-BOOK FLIPBOOK-BASED ON TISSUES STRUCTURE AND ORGAN FUNCTION OF PLANT IN 11TH GRADES HIGH SCHOOL MATERIAL Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu) 7 (2), 441-449 - /-/2018
58 THE VALIDITY OF STUDENT WORK SHEETS BASED ON CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) IN ENVIRONMENTAL CHANGE MATERIAL TO TRAIN SCIENTIFIC LITERACY SKILLS BioEdu 8 (3) - /-/2019
59 VALIDITY OF STUDENT WORKSHEET BASED GUIDED DISCOVERY ON ECOSYSTEM MATERIAL TO TRAIN STUDENT SCIENCE LITERACY FOR SENIOR HIGH SCHOOL GRADE 10th BioEdu 8 (3) - /-/2019
60 Pengembangan Handout Perkuliahan Model Pembelajaran Kooperatif Untuk Meningkatkan Keterampilan Merencanakan Pembelajaran Bagi Mahasiswa Jurnal Pendidikan Biologi 9 (2), 71-79 - /-/2019
61 Competency profile of junior high school teachers in developing high-level science thinking questions International Conference on Education, Science and Technology, 286-291 - /-/2019
62 KEEFEKTIFAN LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS BIOENTREPRENEURSHIP PADA MATERI BIOTEKNOLOGI KONVENSIONAL UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF BioEdu 8 (2) - /-/2019
63 Enabling Indonesian Pre-Service Teachers to Design Biology Learning Tools Using Metacognitive Strategy Jurnal Pendidikan IPA Indonesia 8 (3), 391-397 - /-/2019
64 The Development of Student Worksheets (LKPD) in Learning Science through Group Investigation Learning to Train Critical Thinking Skills of Junior High School Students Mathematics, Informatics, Science, and Education International Conference … - /-/2019
65 FEASIBILITY OF SCHOOLOGY-BASED BLENDED LEARNING MEDIA IN RESPIRATORY SYSTEM OF XI GRADE TO TRAIN SCIENTIFIC LITERACY SKILL BioEdu 8 (3) - /-/2019
66 Developing Instructional Video to EnhanceBiology Pre-Service Teachers’ Metacognitive Skills Mathematics, Informatics, Science, and Education International Conference … - /-/2019
67 VALIDITAS LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK (LKPD)-BERBASISiPROBLEMiBASED LEARNINGl (PBL) PADAlMATERI PERUBAHAN LINGKUNGANlUNTUKlMELATIHKAN KETERAMPILANlLITERASIlSAINS Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu) 8 (2) - /-/2019
68 PENGGUNAAN MEDIA TEKA TEKI SILANG (TTS) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA SWASTA KARANU WAIKABUBAK SUMBA BARAT PADA MATERI INVERTEBRATA JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT 8 (3), 809-809 - /-/2020
69 Validitas LKPD Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan Berbasis Guided Discovery untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas XII SMA Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu) 9 (3), 545-552 - /-/2020
70 Validitas dan Keefektifan Lembar Kegiatan Siswa (Lks) Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) Pada Materi Psikotropika Untuk Melatihkan Kemampuan Literasi Sains Siswa SMA BioEdu 9 (1), 26-32 - /-/2020
71 Validitas Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Materi Keanekaragaman Hayati untuk Melatihkan Keterampilan Literasi Sains Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu) 10 (1), 12-19 - /-/2021
72 Validitas dan Reliabilitas Tes Elektronik (E-Test) Materi Ekosistem untuk Mengukur Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X SMA Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu) 10 (1), 171-176 - /-/2021

Karya Buku

No Judul Buku Tahun Jumlah Halaman Penerbit

Pemakalah Seminar Ilmiah

No Nama Temu ilmiah / Seminar Judul Artikel Ilmiah Waktu dan Tempat

Hak Karya Ilmiah

No Judul/Tema HKI Tahun Jenis Nomor