Anita Qoiriah, S.Kom., M.Kom.

Anita Qoiriah, S.Kom., M.Kom., lahir di Bojonegoro pada tanggal 25-01-1969 adalah dosen di Universitas Negeri Surabaya. Dalam 1 tahun terakhir, mengampu 5 matakuliah. Sudah melakukan pengabdian sebanyak 5. Sudah mempublikasi Artikel Ilmiah dalam jurnal sebanyak 58. Memiliki karya buku sebanyak 1. Memperoleh HKI sebanyak 1.

Identitas Diri

Riwayat Pendidikan

S1 S2
Nama Perguruan Tinggi ITS ITS
Bidang Ilmu Teknik Komputer Teknik Informatika
Tahun Masuk-Lulus - - 1993 2000 - 2004
Judul Skripsi/Tesis/Disertasi - -
Nama Pembimbing/Promotor - -
Status Validasi Sudah divalidasi Sudah divalidasi

Mata Kuliah yang Diampu

No. Mata Kuliah
1 Kecerdasan Buatan
2 Pemrograman Dasar
3 Pemrosesan Bahasa Alami
4 Struktur Data
5 Teori Bahasa dan Otomata

Data Penelitian Dari Sim Litabmas

No. Tahun Judul Sumber Dana
1 2013 Pengembangan Modul Ajar Pemrograman Komputer dengan Mengintegrasikan Algoritma Pemrograman Berbasis Pembelajaran Kontekstual untuk Meningkatkan Ketrampilan Peserta Didik Litabmas
2 2021 PREDIKSI PRESTASI MAHASISWA PESERTA MATAKULIAH PEMROGRAMAN DASAR MENGGUNAKAN METODE REGRESI Litabmas
3 2020 PELATIHAN PEMANFAATAN INTERNET UNTUK MENUNJANG KREATIVITAS GURU SD DALAM PENYAMPAIAN DARING MATERI “MATEMATIKA” PADA MASA ISOLASI PANDEMI Litabmas
4 2021 PREDIKSI PRESTASI MAHASISWA PESERTA MATAKULIAH PEMROGRAMAN DASAR MENGGUNAKAN METODE REGRESI Litabmas
5 2020 PELATIHAN PEMANFAATAN INTERNET UNTUK MENUNJANG KREATIVITAS GURU SD DALAM PENYAMPAIAN DARING MATERI “MATEMATIKA” PADA MASA ISOLASI PANDEMI Litabmas
6 2013 Pengembangan Modul Ajar Pemrograman Komputer dengan Mengintegrasikan Algoritma Pemrograman Berbasis Pembelajaran Kontekstual untuk Meningkatkan Ketrampilan Peserta Didik Litabmas
7 2023 ANALISIS SENTIMEN UMPAN BALIK MAHASISWA TERHADAP MATERI KULIAH MENGGUNAKAN MACHINE LEARNING Litabmas
8 2021 PREDIKSI PRESTASI MAHASISWA PESERTA MATAKULIAH PEMROGRAMAN DASAR MENGGUNAKAN METODE REGRESI Litabmas
9 2020 PELATIHAN PEMANFAATAN INTERNET UNTUK MENUNJANG KREATIVITAS GURU SD DALAM PENYAMPAIAN DARING MATERI “MATEMATIKA” PADA MASA ISOLASI PANDEMI Litabmas

Data Penelitian Dari Non Litabmas

No. Tahun Judul Sumber Dana
1 2020 PEMETAAN PERILAKU MAHASISWA PADA PERKULIAHAN DARING DALAM MASA KARANTINA PANDEMI COVID-19 (STUDI KASUS MATA KULIAH STRUKTUR DATA, PRODI TEKNIK INFORMATIKA, UNESA)
2 2023 SEGMENTASI TUMOR OTAK MENGGUNAKAN ARSITEKTER U-NET PADA CITRA MRI
3 2024 METODE INVESTIGASI PERILAKU-PERILAKU YANG MEMPENGARUHI KINERJA AKADEMIK SISWA PADA PEMBELAJARAN DARING
4 2023 ANALISIS SENTIMEN UMPAN BALIK MAHASISWA TERHADAP MATERI KULIAH MENGGUNAKAN MACHINE LEARNING
5 2021 Prediksi Prestasi Mahasiswa Peserta Matakuliah Pemrograman Dasar Menggunakan Metode Regresi
6 2023 Metode deteksi anomali kinerja mahasiswa menggunakan kreasi fitur berbasis aplikasi hakim online
7 2022 KLASIFIKASI PERILAKU SISWA PADA SISTEM E-LEARNING MENGGUNAKAN METODE K-NN

Pengabdian Kepada Masyarakat

No Tahun Judul Pengabdian Sumber Pendanaan
1 2020 Pelatihan Pemanfaatan Internet untuk Menunjang Kreativitas Guru SD dalam Penyampaian Daring Materi “Matematika” pada masa isolasi Pandemi
2 2022 PELATIHAN CANVA UNTUK MENINGKATKAN KETRAMPILAN DIGITAL GURU MI AL AHMAD, KRIAN, SIDOARJO
3 2023 PELATIHAN CANVA UNTUK MENINGKATKAN KETRAMPILAN DIGITAL GURU MTS. SALAFIYAH ASY-SYAFI'IYAH, JATIROGO, TUBAN
4 2021 PERBAIKAN LAYANAN ADMINISTRASI TABUNGAN SANTRI BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DI PONPES AL FATTAH SIDOARJO
5 2024 Pelatihan aplikasi untuk menunjang penulisan ilmiah

Publikasi Jurnal

No Judul Artikel Ilmiah Nama Jurnal Volume/Nomor/Tahun
1 SISTEM INFORMASI INVENTORY CONTROL PADA PERUSAHAAN INDUSTRI GAS DI PT. XYZ - /-/0
2 RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PEMESANAN RUANG KULIAH - /-/0
3 Pemrograman Dasar Zifatama Jawara - /-/0
4 Penerapan Multimedia dalam Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning–Pbl) pada Matakuliah Struktur Data Buku–, 17 - /-/0
5 SISTEM INFORMASI INVENTORY CONTROL PADA PERUSAHAAN INDUSTRI GAS DI PT. XYZ - /-/0
6 Penerapan Multimedia dalam Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning–Pbl) pada Matakuliah Struktur Data Buku–, 17, 0 - /-/0
7 SISTEM INFORMASI INVENTORY CONTROL PADA PERUSAHAAN INDUSTRI GAS DI PT. XYZ - /-/0
8 Pengukuran Peminatan Siswa Sekolah Dasar Menggunakan Web Pembelajaran Berbasis Game Journal Information Engineering and Educational Technology) ISSN 2549, 869X, 0 - /-/0
9 Pemrograman Dasar Zifatama Jawara, 0 - /-/0
10 IMPLEMENTASI AHP (ANALYTIC HIERARCHY PROCESS) PADA SISTEM SELEKSI EVENT ORGANIZER PT. CBM Jurnal Manajemen Informatika 1 (1) - /-/2012
11 APLIKASI PENJADWALAN MATA KULIAH MENGGUNAKAN ALGORITMA GENETIKA (STUDI KASUS JURUSAN TEKNIK ELEKTRO UNESA) Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan 1 (2) - /-/2012
12 Rancang Bangun Aplikasi Enkripsi Database MYSQL Dengan Algoritma BLOWFISH Jurnal Manajemen Informatika 2 (1), 2013 - /-/2013
13 Rancang Bangun Aplikasi Enkripsi Database MYSQL Dengan Algoritma BLOWFISH Jurnal Manajemen Informatika 2 (1) - /-/2013
14 Sistem Pakar untuk Menentukan Menu Makanan Sehat pada Penderita Diabetes Mellitus S@ CIES 5 (1), 9-23, 2014 - /-/2014
15 Penjadwalan ujian akhir semester dengan algoritma genetika (studi kasus Jurusan Teknik Informatika UNESA) Jurnal Manajemen Informatika 3 (2) - /-/2014
16 APLIKASI PEMBUATAN DESAIN SARUNG PALEKAT Jurnal Manajemen Informatika 3 (1) - /-/2014
17 APLIKASI PEMBUATAN DESAIN SARUNG PALEKAT Jurnal Manajemen Informatika 3 (1), 2014 - /-/2014
18 Penjadwalan ujian akhir semester dengan algoritma genetika (studi kasus Jurusan Teknik Informatika UNESA) Jurnal Manajemen Informatika 3 (2), 2014 - /-/2014
19 ‘GO-TEACHER’SISTEM PENCARIAN GURU LES PRIVAT BERBASIS WEB Jurnal Manajemen Informatika 6 (1) - /-/2016
20 Perancangan Sistem Informasi Pencarian Asisten Rumah Tangga Berbasis Web Jurnal Manajemen Informatika 6 (1) - /-/2016
21 GO-TEACHER SISTEM PENCARIAN GURU LES PRIVAT BERBASIS WEB Jurnal Manajemen Informatika 6 (1) - /-/2016
22 Pembuatan Website Penanganan Keluhan Pelanggan di PT Midi Utama Indonesia Tbk Jurnal Manajemen Informatika 5 (2) - /-/2016
23 RANCANG BANGUN APLIKASI EDUKASI “ENGLISH LEARNING” BERBASIS ANDROID SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK SISWA KELAS SATU SD SESUAI KURIKULUM 2006 (Studi Kasus: SDN TENARU … Jurnal Manajemen Informatika 5 (2) - /-/2016
24 DESIGN AND DEVELOPMENT OF CLASSROOM RESERVATION INFORMATION SYSTEM Seminar Nasional Riset Terapan 1, A236-A245 - /-/2016
25 RANCANG BANGUN APLIKASI EDUKASI “ENGLISH LEARNING” BERBASIS ANDROID SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK SISWA KELAS SATU SD SES... Jurnal Manajemen Informatika 5 (2) - /-/2016
26 RANCANG BANGUN APLIKASI EDUKASI “ENGLISH LEARNING” BERBASIS ANDROID SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK SISWA KELAS SATU SD SESUAI KURIKULUM 2006 (Studi Kasus: SDN TENARU Driyorejo-Gresik) Jurnal Manajemen Informatika 5 (2) - /-/2016
27 Perancangan Sistem Informasi Pencarian Asisten Rumah Tangga Berbasis Web Jurnal Manajemen Informatika 6 (1) - /-/2016
28 Go-Teacher Sistem Pencarian Guru Les Privat Berbasis Web Jurnal Manajemen Informatika 6 (1), 2016 - /-/2016
29 Rancang Bangun Sistem Info rmasi Pemesanan Ruang Kuliah Prosiding SNRT (Seminar Nasional Riset Terapan) 1 (2), A236-A245, 2016 - /-/2016
30 Pembuatan Website Penanganan Keluhan Pelanggan di PT Midi Utama Indonesia Tbk Jurnal Manajemen Informatika 5 (2), 2016 - /-/2016
31 RANCANG BANGUN APLIKASI EDUKASI “ENGLISH LEARNING” BERBASIS ANDROID SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK SISWA KELAS SATU SD SESUAI KURIKULUM 2006 (Studi Kasus: SDN TENARU … Jurnal Manajemen Informatika 5 (2) - /-/2016
32 DESIGN AND DEVELOPMENT OF CLASSROOM RESERVATION INFORMATION SYSTEM Seminar Nasional Riset Terapan 1, A236-A245, 2016 - /-/2016
33 RANCANG BANGUN APLIKASI EDUKASI “ENGLISH LEARNING” BERBASIS ANDROID SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK SISWA KELAS SATU SD SESUAI KURIKULUM 2006 (Studi Kasus: SDN TENARU … Jurnal Manajemen Informatika 5 (2), 2016 - /-/2016
34 RANCANG BANGUN APLIKASI EDUKASI “ENGLISH LEARNING” BERBASIS ANDROID SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK SISWA KELAS SATU SD SESUAI KURIKULUM 2006 (Studi Kasus: SDN TENARU … Jurnal Manajemen Informatika 5 (2), 2016 - /-/2016
35 Rancang Bangun Sistem Informasi Kursus Mengemudi Berbasis Web pada Lembaga Kursus Mengemudi Berlian Jurnal Manajemen Informatika 7 (2) - /-/2017
36 Beef weight prediction system based on image processing in order to increase livestock productivity Advanced Science Letters 23 (12), 11892-11896, 2017 - /-/2017
37 RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI KURSUS MENGEMUDI BERBASIS WEB PADA LEMBAGA KURSUS MENGEMUDI BERLIAN Jurnal Manajemen Informatika 7 (2) - /-/2017
38 Implementation of Computational Thinking Concepts in ICT Learning Using Scratch Programming International Conference on Indonesian Technical Vocational Education and …, 2018 - /-/2018
39 Implementasi Algoritma Fuzzy Sugeno sebagai Pendukung Keputusan dalam Penentuan Skor Akhir pada Game Edukasi Simple Nomic Journal of Informatics and Computer Science (JINACS) 1 (01), 48-55, 2019 - /-/2019
40 Penerapan Algoritma Fp-Growth dan K-Means pada Data Transaksi Minimarket Journal of Informatics and Computer Science (JINACS) 1 (02), 78-83, 2019 - /-/2019
41 Smart Lemon autoMaker System (SLaM’s) Berbasis Internet of Things (IoT) Indonesian Journal of Engineering and Technology (INAJET) Vol 2 (1), 2019 - /-/2019
42 Smart Lemon autoMaker System (SLaMs) Berbasis Internet of Things (IoT) Indonesian Journal of Engineering and Technology (INAJET) 2 (1), 30-35, 2019 - /-/2019
43 Implementasi Algoritma Fuzzy Sugeno sebagai Pendukung Keputusan dalam Penentuan Skor Akhir pada Game Edukasi Simple Nomic Journal of Informatics and Computer Science (JINACS) 1 (01) - /-/2019
44 Implementasi Algoritma Fisher-Yates Shuffle Dan Fuzzy Tsukamoto Pada Game Petualangan Si Thole Berbasis Android Menggunakan Game Engine Unity Journal of Informatics and Computer Science (JINACS) 1 (4), 2020 - /-/2020
45 Penerapan Algoritma Fp-Growth dan K-Means pada Data Transaksi Minimarket Journal of Informatics and Computer Science (JINACS) 1 (02) - /-/2020
46 Game Edukatif Simulasi Pembuatan SIM Menggunakan Neural Network Backpropagation Sebagai Rekomendasi Penentu Kelulusan Journal of Informatics and Computer Science (JINACS) 1 (4), 2020 - /-/2020
47 Implementasi Algoritma Fisher-Yates Shuffle Dan Fuzzy Tsukamoto Pada Game Petualangan Si Thole Berbasis Android Menggunakan Game Engine Unity Journal of Informatics and Computer Science (JINACS) 1 (4) - /-/2020
48 Application of K-Means algorithm for clustering student’s computer programming performance in automatic programming assessment tool International Joint Conference on Science and Engineering (IJCSE 2020), 421-425, 2020 - /-/2020
49 Game Edukatif Simulasi Pembuatan SIM Menggunakan Neural Network Backpropagation Sebagai Rekomendasi Penentu Kelulusan Journal of Informatics and Computer Science (JINACS) 1 (4) - /-/2020
50 Implementasi Algoritma Fisher-Yates pada Game Pembelajaran LBB YSYPRIVATE Berbasis Website Journal of Informatics and Computer Science (JINACS) 2 (04), 279-289, 2021 - /-/2021
51 Penerapan Algoritma Naïve Bayes dalam Klasifikasi Tingkat Kepuasan Siswa terhadap Pembelajaran Daring Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi dan Robotika 3 (2), 16-23, 2021 - /-/2021
52 Pengukuran Peminatan Siswa Sekolah Dasar MenggunakanWeb Pembelajaran Berbasis Game JIEET (Journal of Information Engineering and Educational Technology) 3 (1 …, 2021 - /-/2021
53 Penerapan Algoritma Naïve Bayes dalam Klasifikasi Tingkat Kepuasan Siswa terhadap Pembelajaran Daring Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi dan Robotika 3 (2), 16-23, 2021 - /-/2021
54 Sistem Rekomendasi Wedding Organizer Menggunakan Metode Content-Based Filtering Dengan Algoritma Random Forest Regression Journal of Informatics and Computer Science (JINACS) 3 (03), 231-239, 2022 - /-/2022
55 Implementasi Metode Backpropagation dalam Pengolahan Citra Teks Tulisan Tangan Menjadi Teks Digital dan Text-to-Speech pada Sistem Operasi Android Sebagai Alat Bantu Komunikasi … Journal of Informatics and Computer Science (JINACS), 2022 - /-/2022
56 Penerapan Algoritma C4. 5 Untuk Mengatur Persediaan Stok Barang Berbasis Website Journal of Informatics and Computer Science (JINACS), 2022 - /-/2022
57 Implementasi Pathfinding dengan Algoritma A* pada Aplikasi Indoor Navigation Menggunakan Unity Navmesh Journal of Informatics and Computer Science (JINACS) 3 (03), 334-342, 2022 - /-/2022
58 Aplikasi Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Web Dengan Pendekatan Gamifikasi Menggunakan Algoritma Linear Congruent Method Journal of Informatics and Computer Science (JINACS), 2022 - /-/2022

Karya Buku

No Judul Buku Tahun Jumlah Halaman Penerbit
1 Pemrograman dasar 2019 Zifatama Jawara

Pemakalah Seminar Ilmiah

No Nama Temu ilmiah / Seminar Judul Artikel Ilmiah Waktu dan Tempat

Hak Karya Ilmiah

No Judul/Tema HKI Tahun Jenis Nomor
1 Automatic Programming Assessment Tool 2019 hak cipta EC00201986555