Dr. Elok Sudibyo, S.Pd.,M.Pd.

Dr. Elok Sudibyo, S.Pd.,M.Pd., lahir di Sidoarjo pada tanggal 04-07-1970 adalah dosen di Universitas Negeri Surabaya. Dalam 1 tahun terakhir, mengampu 12 matakuliah. Sudah melakukan pengabdian sebanyak 5. Sudah mempublikasi Artikel Ilmiah dalam jurnal sebanyak 80. Menjadi pemakalah seminar ilmiah sebanyak 1.

Identitas Diri

Riwayat Pendidikan

S1 S2 S3
Nama Perguruan Tinggi IKIP Surabaya IKIP Surabaya UNESA
Bidang Ilmu Pendidikan Sains Pendidikan Sains Pendidikan Sains
Tahun Masuk-Lulus 1990 - 1970 - - 1998 - - 2016
Judul Skripsi/Tesis/Disertasi - - -
Nama Pembimbing/Promotor - - -

Mata Kuliah yang Diampu

No. Mata Kuliah
1 Asesmen Proses dan Hasil Belajar
2 Dasar-Dasar IPA
3 Dasar - Dasar Kependidikan
4 Gerak dan Perubahan
5 Konsep Dasar Ipa Sd
6 Metodologi Penelitian
7 Pembelajaran Mikro
8 Seminar
9 Skripsi
10 Statistika Pendidikan
11 Telaah Kurikulum Sekolah
12 Teori Belajar

Data Penelitian Dari Sim Litabmas

No. Tahun Judul Sumber Dana
1 2014 PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN FISIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MAHASISWA IKOR DALAM MELAKUKAN ANALISIS MEKANIKA OLAHRAGA Litabmas
2 2020 PENGEMBANGAN INSTRUMEN LITERASI SAINS UNTUK MENDETEKSI PEMAHAMAN PESERTA DIDIK TERHADAP PANDEMI COVID-19 Litabmas

Data Penelitian Dari Non Litabmas

No. Tahun Judul Sumber Dana
1 2023 Pemetaan Produk Unggulan Pusat Kajian Matematika, IPA, dan Pembelajaran (PKMP) FMIPA dalam Rangka Pengoptimalan Program Kerja pada Unit Layanan FMIPA Unesa
2 2020 IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN ONLINE DI FMIPA MELALUI BERBAGAI PLATFORM SEBAGAI ALTERNATIF PEMBELAJARAN PADA MASA PANDEMI COVID 19
3 2023 PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF IPA BERBASIS ANDROID UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN LITERASI SAINS SISWA SMP DI SURABAYA
4 2020 PENGEMBANGAN ROADMAP PENELITIAN BIDANG UNGGULAN SAINS UNESA
5 2022 PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN KOMPETENSI LITERASI SAINS BERBASIS KEARIFAN LOKAL DALAM MELACAK PEMAHAMAN PESERTA DIDIK TERHADAP ISU-ISU KESEHATAN
6 2020 PENGEMBANGAN INSTRUMEN LITERASI SAINS UNTUK MENDETEKSI PEMAHAMAN PESERTA DIDIK TERHADAP PANDEMI COVID-19
7 2022 Pemetaan Karya Penelitian Dosen dan Mahasiswa dalam Rangka Identifikasi Potensi Unggulan FMIPA untuk Mendukung Pengembangan Kerjasama Pusat Kajian Matematika, IPA, dan Pembelajaran
8 2023 PENGARUH ASESMEN FORMATIF TERHADAP PRESTASI AKADEMIK DAN KETERAMPILAN SELF-REGULATION DALAM PEMBELAJARAN IPA SMP
9 2019 MODEL COLLABORATIVE PHYSCIS SOLVING (CPS) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH DAN KOLABORATIF MAHASISWA
10 2021 ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK SMP TERKAIT PANDEMI COVID-19
11 2024 Analisis Kepuasan Pengguna Produk Layanan PKMP FMIPA Unesa dengan Metode AHP (Analytical Hierarchy Process)
12 2021 SENSITIVITAS UJI KANDUNGAN KALIUM DALAM TUJUH VARIASI PISANG MENGGUNAKAN SENSOR SERAT OPTIK
13 2024 Analisis Kemampuan Mahasiswa Calon Guru IPA Profesional Dalam Pengembangan Butir Soal Pilihan Ganda

Pengabdian Kepada Masyarakat

No Tahun Judul Pengabdian Sumber Pendanaan
1 2020 PEMBUATAN DAN PEMBAGIAN MASKER BERLAPIS PADA MASYARAKAT UNTUK MENCEGAH PENULARAN COVID-19
2 2022 PELATIHAN PEMBUATAN INSTRUMEN PENILAIAN PEMBELAJARAN IPA BERORIENTASI PROJECT BASED LEARNING (PjBL) PADA GURU IPA DI KABUPATEN MAGETAN
3 2021 Pelatihan Pembuatan Instrumen Penilaian Blended Learning dengan Aplikasi Weklet untuk Guru IPA di Kabupaten Gresik
4 2023 Pelatihan Penerapan Asesmen dalam Implementasi Kurikulum Merdeka untuk Guru-Guru IPA SMP Kota Mojokerto
5 2024 Pendampingan Implementasi Assessment For Learning dalam Mewujudkan Pembelajaran Berdiferensiasi pada Kurikulum Merdeka

Publikasi Jurnal

No Judul Artikel Ilmiah Nama Jurnal Volume/Nomor/Tahun
1 Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad untuk Melatih Keterampilan Sosial dan Akademik Siswa SMP Pensa: Jurnal Pendidikan Sains 1 (02) - /-/0
2 IMPLEMENTASI MODEL INQUIRY LEARNING PADA MATERI SUHU UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 MOJOKERTO - /-/0
3 dkk,(2008), Buku Paket Kelas 9 Jakarta, Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional jakarta - /-/0
4 ASPECTS OF" CEPS" AS BASIS THE DEVELOPING INSTRUMENT OF PHYSICS LEARNING MOTIVATION i| Indonesia University of Education, 40 - /-/0
5 KEGIATAN PRAKTIKUM DAN TINGKAT KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SMP NEGERI 2 WRINGINANOM Mu’jizatul A’iniyah - /-/0
6 Sofyan Article - /-/0
7 Beberapa Model Pengajaran dan Strategi Belajar dalam Pembelajaran Fisika Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional - /-/2002
8 Beberapa Teori yang Melandasi Pengembangan Model-model Pengajaran Jakarta: Dit PLP Ditjen Diksasmen Depdiknas - /-/2003
9 Beberapa model pengajaran dan strategi belajar dalam pembelajaran IPA-Fisika Jakarta: Dirjen Dikdasmen Depdiknas - /-/2003
10 Respon Siswa SLTP Khodijah Surabaya Terhadap Kegiatan Uji Coba Perangkat Pembelajaran IPA Terpadu Jurnal Pendidikan Dasar 6 (2), 88-96 - /-/2005
11 Respon Siswa SLTP Khodijah Surabaya terhadap Kegiatan Ujicoba Perangkat Pembelajaran IPA Terpadu Jurnal Pendidikan Dasar 6 (2), 88-96 - /-/2005
12 Pembelajaran Kontekstual untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Fisika Siswa SMPN 3 Porong Jurnal Pendidikan Dasar 9 (1), 7-15 - /-/2008
13 Mari Belajar IPA 3 Jakarta: Pusat Perbukuan - /-/2008
14 Mari Belajar IPA 3: Ilmu Pengetahuan Alam untuk SMP/MTs kelas IX Jakarta: Depdiknas - /-/2008
15 Keterampilan Proses Sains On Line at http://vahonov. files. wordpress. com/2009/07/keterampilan … - /-/2009
16 Studi tentang jenis penelitian skripsi mahasiswa ilmu keolahragaan yang berkategori analisis gerak Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan 7 (1) - /-/2012
17 Penerapan Pembelajaran IPA Terpadu Tipe Webbed Dengan Metode Bermain Peran Pada Tema Kebakaran Hutan Untuk Siswa Kelas Viii SMP Negeri 1 Madiun PENSA E-JURNAL: PENDIDIKAN SAINS 1 (02) - /-/2013
18 Kemampuan mahasiswa ikor Unesa dalam melakukan analisis mekanika olahraga Ilmu Keolahragaan 8 (1) - /-/2013
19 Aspect of “CEPS” as Basis the Development Instrument of Physics Learning Motivation Makalah disajikan dalam International Seminar on Mathematics, Science and … - /-/2013
20 PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AKADEMIK DAN KETERAMPILAN SOSIAL SISWA SMPN 2 SINGGAHAN TUBAN PENSA E-JURNAL: PENDIDIKAN SAINS 2 (02) - /-/2014
21 PROFIL PERANGKAT PEMBELAJARAN DENGAN STRATEGI MIND MAPPING PADA MATERI PERUBAHAN ZAT UNTUK SMP KELAS VII PENSA E-JURNAL: PENDIDIKAN SAINS 2 (03) - /-/2014
22 HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP IPA PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 21 SURABAYA PENSA E-JURNAL: PENDIDIKAN SAINS 3 (02) - /-/2015
23 PENERAPAN PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP (PLH) DALAM PEMBELAJARAN IPA PADA MATERI PEMANASAN GLOBAL UNTUK MELATIHKAN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN PADA SISWA KELAS VII-B SMPN 2 WONOAYU SIDOARJO PENDIDIKAN SAINS 3 (03) - /-/2015
24 PENERAPAN PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP (PLH) DALAM PEMBELAJARAN IPA PADA MATERI PEMANASAN GLOBAL UNTUK MELATIHKAN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN PADA SISWA KELAS VII-B SMPN 2 WONOAYU … Jurnal Tata Rias 4 (03) - /-/2015
25 PENGEMBANGAN TES DIAGNOSTIK PADA MATERI KALOR DAN PERPINDAHANNYA UNTUK SISWA SMP KELAS VII PENSA E-JURNAL: PENDIDIKAN SAINS 3 (03) - /-/2015
26 Pengembangan Tes Diagnostik pada Materi Kalor dan Perpindahannya, Untuk Siswa SMP Kelas VII Jurnal Pendidikan Sains 3 (02) - /-/2015
27 Peningkatan Keterampilan Proses Sains Siswa melalui Model Pembelajaran Guided Inquiry pada Materi Suhu dan Perubahannya PENSA E-JURNAL: PENDIDIKAN SAINS 4 (02) - /-/2016
28 Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Melalui Penerapan Pendekatan Saintifik pada Materi Getaran dan Gelombang PENSA E-JURNAL: PENDIDIKAN SAINS 4 (02) - /-/2016
29 PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMP PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN PENSA E-JURNAL: PENDIDIKAN SAINS 4 (03) - /-/2016
30 The Effectiveness of CBL Model to Improve Analytical Thinking Skills the Students of Sport Science International Education Studies 9 (4), 195 - /-/2016
31 PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN MYSTERY ADVENTURE SEBAGAI MEDIA DALAM PEMBELAJARAN MATERI SISTEM PENCERNAAN MAKANAN UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI LISAN SISWA PENSA E-JURNAL: PENDIDIKAN SAINS 4 (03) - /-/2016
32 The Effectiveness of CBL Model to Improve Analytical Thinking Skills the Students of Sport Science. International Education Studies 9 (4), 195-203 - /-/2016
33 Model Pembelajaran Untuk Menumbuhkan Motivasi Belajar, Meningkatkan pemahaman Konsep Fisika dan Keterampilan Berfikir Analitis Mahasiswa Ilmu Keolahragaan Disertasi tidak diterbitkan - /-/2016
34 Penerapan Model Pembelajaran Pemerolehan Konsep untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Kelas VIII pada Materi Tekanan PENSA E-JURNAL: PENDIDIKAN SAINS 5 (03) - /-/2017
35 PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK MENUMBUHKAN MOTIVASI BELAJAR DAN MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS VII MTS MIFTAHUL HUDA PENDIDIKAN SAINS 5 (02) - /-/2017
36 Pengembangan instrumen motivasi belajar fisika: angket Jurnal Penelitian Pendidikan IPA 1 (1), 13-21 - /-/2017
37 Respons Siswa SMP Al-falah Ketintang Surabaya terhadap Lks dengan Strategi Learning Starts With A Question pada Materi Perubahan Fisika dan Kimia PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS 5 (03) - /-/2017
38 Keefektifan Media Permainan Science Dart Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Motivasi Belajar Siswa Pada Materi Tekanan Zat Untuk Siswa SMP PENSA E-JURNAL: PENDIDIKAN SAINS 5 (02) - /-/2017
39 Upaya Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa terhadap Penerapan Model Guided Discovery pada Materi Cermin dan Lensa PENSA E-JURNAL: PENDIDIKAN SAINS 5 (03) - /-/2017
40 PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DAN TIPE TAI PADA MATERI KALOR UNTUK MENCAPAI KETUNTASAN HASIL BELAJAR SISWA SMPN 1 BANGIL PENSA E-JURNAL: PENDIDIKAN SAINS 6 (02) - /-/2018
41 Keterampilan Berpikir Kritis Siswa dalam Implementasi Model Discovery Learning pada Sub Materi Pemanasan Global PENSA E-JURNAL: PENDIDIKAN SAINS 6 (02) - /-/2018
42 UNDERGRADUATE MATHEMATICS AND SCIENCES EDUCATION COMPETENCY PROFILE BASED ON INDONESIA NATIONAL QUALIFICATION FRAMEWORK (KKNI), 21ST CENTURY DEMAND, AND ITS COMPETENCY … MISEIC 2018 - /-/2018
43 PENGEMBANGAN LKS BERBASIS ETNOSAINS PADA KELAS IX UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PENSA E-JURNAL: PENDIDIKAN SAINS 6 (02) - /-/2018
44 Keterampilan Proses Sains dan Pemahaman Peserta Didik pada Sub Materi Aplikasi Tekanan pada Makhluk Hidup PENSA E-JURNAL: PENDIDIKAN SAINS 6 (02) - /-/2018
45 PENINGKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SMP DENGAN PENERAPAN MODEL PROCESS ORIENTED GUIDED INQUIRY LEARNING (POGIL) MATERI TEKANAN ZAT CAIR PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS 6 (3) - /-/2018
46 Keefektifan Lembar Kegiatan Siswa (Lks) Berorientasi Keterampilan Proses Sains pada Materi Tekanan Kelas VIII SMP PENSA E-JURNAL: PENDIDIKAN SAINS 6 (02) - /-/2018
47 DEVELOPMENT OF INQUIRI-BASED LEARNING DEVICES FOR TRAINING STUDENTS’SCIENCE PROCESS ON MATERIAL ELASTICITY JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains) 7 (2), 1455-1463 - /-/2018
48 Validity of Teaching Materials Based on Socio-Scientific Issues Approach on The Topic of Vibration, Waves, and Sound Journal of Physics: Conference Series 1108 (1), 012034 - /-/2018
49 Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa SMP Negeri 6 Ngawi pada Materi Perpindahan Kalor PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS 6 (02) - /-/2018
50 Penerapan Model Learning Cycle 5E untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa pada Materi Tekanan Zat Cair PENSA E-JURNAL: PENDIDIKAN SAINS 6 (02) - /-/2018
51 Keefektifan Penggunaan Media Pembelajaran Komik Pada Materi Gerak Untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa Smp Kelas Viii PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS 6 (02) - /-/2018
52 Improving student's science process skills through inquiry model on material elasticity subjects International Conference on Mathematics and Science Education of Universitas … - /-/2018
53 PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY UNTUK MENINGKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK PENSA E-JURNAL: PENDIDIKAN SAINS 7 (2) - /-/2019
54 Developing Entrepreneurship-Oriented Project-Based Learning Devices to Improve Elementary School Students’ Collaboration Skills International Journal of Innovative Science and Research Technology 4 … - /-/2019
55 Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning pada Materi Gerak Lurus untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMP PENSA E-JURNAL: PENDIDIKAN SAINS 7 (2) - /-/2019
56 Kevalidan Lembar Kegiatan Siswa Berorientasi Keterampilan Proses Sains untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains PENSA E-JURNAL: PENDIDIKAN SAINS 7 (2) - /-/2019
57 KEVALIDAN LKS BERBASIS GUIDED DISCOVERY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PENSA E-JURNAL: PENDIDIKAN SAINS 7 (2) - /-/2019
58 PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS MATERI GETARAN DAN GELOMBANG PENSA E-JURNAL: PENDIDIKAN SAINS 7 (3) - /-/2019
59 PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK PADA MATERI GETARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PENSA E-JURNAL: PENDIDIKAN SAINS 7 (2) - /-/2019
60 PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI HUKUM NEWTON TENTANG GERAK PENSA E-JURNAL: PENDIDIKAN SAINS 7 (2) - /-/2019
61 PENERAPANnMODEL PEMBELAJARAN GUIDEDnDISCOVERY UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILANiPROSES SAINS PESERTA DIDIK PADAiMATERI GETARAN DANiGELOMBANG PENSA E-JURNAL: PENDIDIKAN SAINS 7 (2) - /-/2019
62 EFEKTIVITAS APLIKASI E-STUDENT’S WORKSHEET (ESW) BERBASIS ETNOSAINS PADA MATERI PERUBAHAN FISIKA & KIMIA UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA KELAS VII PENSA E-JURNAL: PENDIDIKAN SAINS 7 (2) - /-/2019
63 UPAYA MELATIHKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI SISWA KELAS VIII DENGAN MENERAPKAN STRATEGI THINK-PAIR-SHARE DALAM MODEL DISKUSI PENSA E-JURNAL: PENDIDIKAN SAINS 7 (3) - /-/2019
64 KEVALIDAN LEMBAR KEGIATAN SISWA BERBASIS GUIDED DISCOVERY UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PENSA E-JURNAL: PENDIDIKAN SAINS 7 (2) - /-/2019
65 PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS INKUIRI BERBANTUAN MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SEKOLAH DASAR JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT 8 (3), 101-101 - /-/2020
66 Training Elementary Students’ Collaborative and Entrepreneurship Skills Using Science Student Worksheet Based on Project Learning 1st Borobudur International Symposium on Humanities, Economics and Social … - /-/2020
67 THE EFFECTIVENESS OF LEARNING DEVICES THROUGH THE STEM APPROACHES TO TRAIN STUDENTS'CRITICAL THINKING SKILLS Jurnal Education and Development 8 (2), 281-281 - /-/2020
68 PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMP PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS 8 (3), 330-333 - /-/2020
69 PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SMP PENSA E-JURNAL: PENDIDIKAN SAINS 8 (1) - /-/2020
70 Development of Online Science Teaching Instrument Based on Scientific Approach Using PhET Simulation to Improve Learning Outcomes at Elementary School IJORER: International Journal of Recent Educational Research 1 (2), 90-107 - /-/2020
71 KEEFEKTIFAN PERANGKAT PEMBELAJARAN INVESTIGATION BASED MULTI REPRESENTATION UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA 10 (1), 40-45 - /-/2020
72 PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SIKLUS 5E PADA MATERI PEMANASAN GLOBAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMP PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS 8 (3), 228-234 - /-/2020
73 The Effectiveness of Student Worksheet to Train Science Process Skills Jurnal Penelitian Pendidikan IPA 4 (2), 70-74 - /-/2020
74 KEVALIDAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS ETNOSAINS UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS 9 (1), 59-66 - /-/2021
75 EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODUL IPA DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI MASA PANDEMI COVID-19 PADA SISWA KELAS VIII MTsN 2 KOTA KEDIRI PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS 9 (2), 227-233 - /-/2021
76 IMPLEMENTASI ASESMEN DIAGNOSTIK DALAM PEMBELAJARAN IPA PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMP/MTS WILAYAH MENGANTI, GRESIK PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS 9 (2), 165-170. pdf - /-/2021
77 VALIDASI MEDIA PERMAINAN TEKA-TEKI SILANG TIGA DIMENSI (TTS3D) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PADA MATERI LAPISAN BUMI PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS 9 (1), 53-58 - /-/2021
78 PENGARUH PEMBELAJARAN E-LEARNING EDMODO TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP PADA MATERI KALOR DAN PERPINDAHANNYA PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS 9 (2), 193-198 - /-/2021
79 PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS SOCIO SCIENTIFIC ISSUES DENGAN MENGGUNAKAN MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK MELATIH KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT 9 (1), 273-273 - /-/2021
80 Improving Senior High School Students’ Physics Problem-solving Skills Through Investigated Based Multiple Representation (IBMR) Learning Model IJORER: International Journal of Recent Educational Research 2 (1), 42-53 - /-/2021

Karya Buku

No Judul Buku Tahun Jumlah Halaman Penerbit

Pemakalah Seminar Ilmiah

No Nama Temu ilmiah / Seminar Judul Artikel Ilmiah Waktu dan Tempat
1 Journal of Physics: Conference Series Effect of materials character on the design of the 12 slot 8 pole generators on power efficiency 2019

Hak Karya Ilmiah

No Judul/Tema HKI Tahun Jenis Nomor