
Prof. Dr. Suhartono, M.Pd.
Prof. Dr. Suhartono, M.Pd., lahir di Tuban pada tanggal 10-02-1971 adalah dosen di Universitas Negeri Surabaya. Dalam 1 tahun terakhir, mengampu 69 matakuliah. Sudah melakukan pengabdian sebanyak 14. Sudah mempublikasi Artikel Ilmiah dalam jurnal sebanyak 5.

Identitas Diri
Riwayat Pendidikan
S1 | S2 | S3 | |
---|---|---|---|
Nama Perguruan Tinggi | IKIP | IKIP | UM |
Bidang Ilmu | Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia | Pendidikan Bahasa Indonesia | Pendidikan Bahasa Indonesia |
Tahun Masuk-Lulus | 1989 - 1994 | 1994 - 1997 | 1998 - 2005 |
Judul Skripsi/Tesis/Disertasi | Struktur Batin Lirik-lirik Lagu Ebiet G. Ade | Retorika Interpersonal dalam Tuturan Bersasmita Percakapan dalam Novel-novel Indonesia trilogi | Implikatur Percakapan dalam Bahasa Indonesia Lisan Informal Warga Masyarakat Tutur Mojokerto |
Nama Pembimbing/Promotor | Drs. Kamidjan | Prof. Soeseno Kartomihardjo, Ph.D. dan Dr. Roembilin Soepadi | Prof. Dr. Imam Syafi'ie, Prof. Dr. Suparno, dan Dr. Djoko Saryono |
Mata Kuliah yang Diampu
No. | Mata Kuliah |
---|---|
1 | Analisis Artikel Jurnal Mutakhir |
2 | Analisis Wacana Kritis |
3 | Asesmen Proses dan Hasil Belajar |
4 | Bahasa Indonesia |
5 | Close Dissertation |
6 | Disertasi |
7 | Disertasi Terbuka |
8 | Disertasi Tertutup |
9 | Disertation |
10 | Dissertation |
11 | Dissertation-Supporting Subject 1 |
12 | Dissertation-Supporting Subject 2 |
13 | Inovasi Pembelajaran Bahasa dan Sastra Berbasis IT |
14 | Instrumen Penelitian |
15 | Kajian Penelitian Mutakhir Bahasa |
16 | Kajian Penelitian Mutakhir Pembelajaran Bahasa dan Sastra |
17 | Keterampilan Mengajar dan Pembelajaran Micro |
18 | KKN Asistensi Mengajar Mengembangan Perangkat |
19 | KKN Kewirausahaan Perancangan Program |
20 | KKN Proyek Desa Perancangan Program |
21 | KKN Proyek indpenden Pengembangan perangkat |
22 | KKN Proyek indpenden Perancangan Program |
23 | Komprehensif |
24 | Kurikulum Pendidikan Bahasa Indonesia |
25 | Kurikulum Pendidikan Bahasa-Sastra |
26 | Kurikulum Sekolah |
27 | language and literature classroom studies |
28 | Language and Literature Education Seminar |
29 | Language and Literature Education Seminar 2 |
30 | Literature in Education |
31 | Mata Kuliah Penunjang Disertasi 1 |
32 | Mata Kuliah Penunjang Disertasi 2 |
33 | Metode Penelitian |
34 | Metode Penelitian Lanjut |
35 | Metodologi Penelitian Pendidikan Bahasa dan Sastra |
36 | micro teaching |
37 | Open Dissertation |
38 | Penelitian Mutakhir Bahasa |
39 | Pengembangan Bahan Ajar |
40 | Pengembangan Instrumen Penelitian |
41 | Penyuntingan |
42 | Penyuntingan Bahasa |
43 | Perencanaan Pembelajaran |
44 | Philosophy of Language-Literature Pedagogy |
45 | PLP-Analisis Kurikulum |
46 | PRAGMATIK |
47 | Pragmatik Pendidikan |
48 | Proposal Disertasi |
49 | Proposal Penelitian |
50 | publication |
51 | Publikasi |
52 | Research Instruments |
53 | Research Proposal |
54 | Seminar Hasil Penelitian |
55 | Seminar Of Research Findings |
56 | SEMINAR OF RESEARCH FINDINGS |
57 | Seminar Pendidikan Bahasa dan Sastra |
58 | Seminar Pendidikan Bahasa dan Sastra 1 |
59 | Seminar Pendidikan Bahasa dan Sastra 2 |
60 | Seminar Proposal |
61 | Seminar Proposal Tugas Akhir |
62 | Sintaksis |
63 | Skripsi |
64 | SKRIPSI |
65 | Strategi Belajar Mengajar |
66 | Strategi Pembelajaran Bsi |
67 | Studi Lapangan |
68 | tesis |
69 | Tesis |
Data Penelitian Dari Sim Litabmas
No. | Tahun | Judul | Sumber Dana |
---|---|---|---|
1 | 2015 | PENGEMBANGAN MODUL MEMBACA DAN MENULIS BERBASIS UJI DIAGNOSTIK UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA SMP DAN SMA TERHADAP MATERI POKOK BAHASA INDONESIA | Litabmas |
2 | 2014 | PENGEMBANGAN MODUL MEMBACA DAN MENULIS BERBASIS UJI DIAGNOSTIK UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA SMP DAN SMA TERHADAP MATERI POKOK BAHASA INDONESIA | Litabmas |
3 | 2013 | Penelitian dan Pengembangan Teori Belajar Untuk Mengembangkan Ketrampilan Berfikir dan Perilaku Berkarakter | Litabmas |
4 | 2022 | PENGGUNAAN PEMARKAH PRAGMATIK TEKSTUAL PADA ARTIKEL JURNAL TERINDEKS SINTA | Litabmas |
5 | 2022 | PELATIHAN PENGGUNAAN PRAGMATIC MARKERS BAGI GURU BAHASA DI KABUPATEN GRESIK | Litabmas |
6 | 2021 | PELATIHAN PENGEMBANGAN BAHAN AJAR KONTEKSTUAL MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SMP/MTS DI KABUPATEN NGANJUK | Litabmas |
7 | 2022 | PENGGUNAAN PEMARKAH PRAGMATIK TEKSTUAL PADA ARTIKEL JURNAL TERINDEKS SINTA | Litabmas |
8 | 2022 | PELATIHAN PENGGUNAAN PRAGMATIC MARKERS BAGI GURU BAHASA DI KABUPATEN GRESIK | Litabmas |
9 | 2021 | PELATIHAN PENGEMBANGAN BAHAN AJAR KONTEKSTUAL MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SMP/MTS DI KABUPATEN NGANJUK | Litabmas |
10 | 2022 | PENGGUNAAN PEMARKAH PRAGMATIK TEKSTUAL PADA ARTIKEL JURNAL TERINDEKS SINTA | Litabmas |
11 | 2022 | PELATIHAN PENGGUNAAN PRAGMATIC MARKERS BAGI GURU BAHASA DI KABUPATEN GRESIK | Litabmas |
12 | 2021 | PELATIHAN PENGEMBANGAN BAHAN AJAR KONTEKSTUAL MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SMP/MTS DI KABUPATEN NGANJUK | Litabmas |
13 | 2022 | PENGGUNAAN PEMARKAH PRAGMATIK TEKSTUAL PADA ARTIKEL JURNAL TERINDEKS SINTA | Litabmas |
14 | 2022 | PELATIHAN PENGGUNAAN PRAGMATIC MARKERS BAGI GURU BAHASA DI KABUPATEN GRESIK | Litabmas |
15 | 2021 | PELATIHAN PENGEMBANGAN BAHAN AJAR KONTEKSTUAL MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SMP/MTS DI KABUPATEN NGANJUK | Litabmas |
16 | 2022 | PENGGUNAAN PEMARKAH PRAGMATIK TEKSTUAL PADA ARTIKEL JURNAL TERINDEKS SINTA | Litabmas |
17 | 2021 | PELATIHAN PENGEMBANGAN BAHAN AJAR KONTEKSTUAL MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SMP/MTS DI KABUPATEN NGANJUK | Litabmas |
18 | 2019 | PELATIHAN STIMULATIF PEMBELAJARAN INOVATIF BAGI GURU BAHASA SMP NEGERI-SWASTA KABUPATEN MAGETAN | Litabmas |
19 | 2022 | PENGGUNAAN PEMARKAH PRAGMATIK TEKSTUAL PADA ARTIKEL JURNAL TERINDEKS SINTA | Litabmas |
20 | 2022 | PELATIHAN PENGGUNAAN PRAGMATIC MARKERS BAGI GURU BAHASA DI KABUPATEN GRESIK | Litabmas |
21 | 2021 | PELATIHAN PENGEMBANGAN BAHAN AJAR KONTEKSTUAL MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SMP/MTS DI KABUPATEN NGANJUK | Litabmas |
22 | 2014 | PENGEMBANGAN MODUL MEMBACA DAN MENULIS BERBASIS UJI DIAGNOSTIK UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA SMP DAN SMA TERHADAP MATERI POKOK BAHASA INDONESIA | Litabmas |
23 | 2015 | PENGEMBANGAN MODUL MEMBACA DAN MENULIS BERBASIS UJI DIAGNOSTIK UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA SMP DAN SMA TERHADAP MATERI POKOK BAHASA INDONESIA | Litabmas |
24 | 2019 | TUTURAN DIALOGIS DALAM TERJEMAHAN HADIS-HADIS BUKHARI DAN MUSLIM: STUDI SOSIOLINGUISTIS | Litabmas |
25 | 2019 | PELATIHAN STIMULATIF PEMBELAJARAN INOVATIF BAGI GURU BAHASA SMP NEGERI-SWASTA KABUPATEN MAGETAN | Litabmas |
26 | 2022 | PELATIHAN PENGGUNAAN PRAGMATIC MARKERS BAGI GURU BAHASA DI KABUPATEN GRESIK | Litabmas |
27 | 2021 | PELATIHAN PENGEMBANGAN BAHAN AJAR KONTEKSTUAL MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SMP/MTS DI KABUPATEN NGANJUK | Litabmas |
28 | 2020 | KEARIFAN LOKAL DALAM MITOS SASTRA LISAN JAWA UNTUK MEMERKUAT KARAKTER MASYARAKAT DALAM MENGHADAPI WABAH COVID-19 | Litabmas |
29 | 2019 | PELATIHAN STIMULATIF PEMBELAJARAN INOVATIF BAGI GURU BAHASA SMP NEGERI-SWASTA KABUPATEN MAGETAN | Litabmas |
30 | 2022 | PENGGUNAAN PEMARKAH PRAGMATIK TEKSTUAL PADA ARTIKEL JURNAL TERINDEKS SINTA | Litabmas |
31 | 2022 | PELATIHAN PENGGUNAAN PRAGMATIC MARKERS BAGI GURU BAHASA DI KABUPATEN GRESIK | Litabmas |
32 | 2021 | PELATIHAN PENGEMBANGAN BAHAN AJAR KONTEKSTUAL MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SMP/MTS DI KABUPATEN NGANJUK | Litabmas |
33 | 2020 | SOSIALISASI TEKNIK IDENTIFIKASI BERITA HOAKS TENTANG COVID-19 SEBAGAI SARANA ANTISIPASI DISHARMONI SOSIAL DI KAWASAN LIDAH WETAN SURABAYA | Litabmas |
34 | 2020 | SOSIALISASI TEKNIK IDENTIFIKASI BERITA HOAKS TENTANG COVID-19 SEBAGAI SARANA ANTISIPASI DISHARMONI SOSIAL DI KAWASAN LIDAH WETAN SURABAYA | Litabmas |
35 | 2022 | PENGGUNAAN PEMARKAH PRAGMATIK TEKSTUAL PADA ARTIKEL JURNAL TERINDEKS SINTA | Litabmas |
36 | 2022 | PELATIHAN PENGGUNAAN PRAGMATIC MARKERS BAGI GURU BAHASA DI KABUPATEN GRESIK | Litabmas |
37 | 2021 | PELATIHAN PENGEMBANGAN BAHAN AJAR KONTEKSTUAL MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SMP/MTS DI KABUPATEN NGANJUK | Litabmas |
38 | 2020 | SOSIALISASI TEKNIK IDENTIFIKASI BERITA HOAKS TENTANG COVID-19 SEBAGAI SARANA ANTISIPASI DISHARMONI SOSIAL DI KAWASAN LIDAH WETAN SURABAYA | Litabmas |
39 | 2020 | SOSIALISASI TEKNIK IDENTIFIKASI BERITA HOAKS TENTANG COVID-19 SEBAGAI SARANA ANTISIPASI DISHARMONI SOSIAL DI KAWASAN LIDAH WETAN SURABAYA | Litabmas |
40 | 2022 | PENGGUNAAN PEMARKAH PRAGMATIK TEKSTUAL PADA ARTIKEL JURNAL TERINDEKS SINTA | Litabmas |
41 | 2022 | PELATIHAN PENGGUNAAN PRAGMATIC MARKERS BAGI GURU BAHASA DI KABUPATEN GRESIK | Litabmas |
42 | 2021 | PELATIHAN PENGEMBANGAN BAHAN AJAR KONTEKSTUAL MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SMP/MTS DI KABUPATEN NGANJUK | Litabmas |
Data Penelitian Dari Non Litabmas
No. | Tahun | Judul | Sumber Dana |
---|---|---|---|
1 | 2021 | Pengembangan Bahan Ajar Berseri untuk Menunjang Mata Kuliah Linguistik Mikro berbasis Mind-mapping di Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia , FBS Unesa. | |
2 | 2023 | Stance Marking pada Caption Konten Instagram Politisi Indonesia | |
3 | 2021 | Implikatur Tuturan Presiden Indonesia dalam Youtube | |
4 | 2024 | Prinsip Pembelajaran yang Terefleksi dalam Kesantunan Berbahasa Penguji Kelayakan Disertasi Pendidikan Bahasa dan Sastra | |
5 | 2024 | Terorisme dalam Sastra dan Film Indonesia : Perspektif Psikologi Respons Pembaca | |
6 | 2020 | KEARIFAN LOKAL DALAM MITOS SASTRA LISAN JAWA UNTUK MEMERKUAT KARAKTER MASYARAKAT DALAM MENGHADAPI WABAH COVID-19 | |
7 | 2020 | PENGEMBANGAN TAKARIR DARING DALAM MASA PANDEMI COVID-19 | |
8 | 2024 | Graphic Organizer untuk Mengembangkan Keterampilan Berkomunikasi Pemelajar BIPA Pemula berbasis Plurilingual | |
9 | 2025 | Peran Faktor Kognitif dalam Performansi Pembelajaran Bahasa Kedua (L2): Kajian Neurolinguistik pada Siswa SMA di Surabaya dalam Mendukung Pendidikan Inklusif dan Berkualitas | |
10 | 2024 | BUDAYA BASA-BASI MASYARAKAT INDONESIA SEBAGAI ASPEK KOMPETENSI PLURIKULTURAL BIPA | |
11 | 2021 | Pengembangan Buku Ajar Sastra dalam Pendidikan | |
12 | 2023 | PENGGUNAAN PEMARKAH PRAGMATIK KAUSAL DALAM ARTIKEL DOSEN UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA | |
13 | 2022 | PENGGUNAAN PEMARKAH PRAGMATIK TEKSTUAL PADA ARTIKEL JURNAL TERINDEKS SINTA | |
14 | 2022 | Pengembangan Buku Ajar Pedagogi Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia | |
15 | 2020 | PENGEMBANGAN MODEL COMIC THERAPHY COVID-19 (CTC) BERBASIS LANGUAGE THERAPHY DENGAN METODE COGNITIVE BEHAVIORAL THERAPY (CBT) | |
16 | 2022 | PEMEROLEHAN KOSAKATA WARNA PADA ANAK USIA PRASEKOLAH SEBAGAI REFLEKSI LINGKUNGAN DI PERKOTAAN DAN PERDESAAN: KAJIAN EKOPSIKOLINGUISTIK | |
17 | 2025 | INDONESIAN CULTURAL IMMERSION: MEMPELAJARI TRADISI INDONESIA MELALUI KULINER, BUSANA TRADISIONAL DAN PARIWISATA PADA PEMBELAJARAN BIPA DI UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA | |
18 | 2025 | EFEKTIVITAS PEMANFAATAN NILAI-NILAI BUDAYA DALAM PERIBAHASA UNTUK PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA BERADAB DAN BERWAWASAN GLOBAL: KAJIAN ETNOPEDAGOGI DALAM PENDIDIKAN BAHASA | |
19 | 2022 | PEMARKAH PRAGMATIK OK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA | |
20 | 2023 | Problematika Pembelajaran BIPA bagi Penutur Asing di Unesa dan National Cheng Kung University Taiwan | |
21 | 2025 | Perbandingan Tingkat Metakognitif pada Mahasiswa BIPA Berdasarkan Usia dan Lama Belajar dalam Pemerolehan Bahasa Indonesia sebagai Bahasa Ketiga |