Dr. Suhartono, M.Pd.
Dr. Suhartono, M.Pd., lahir di Tuban pada tanggal 10-02-1971 adalah dosen di Universitas Negeri Surabaya. Dalam 1 tahun terakhir, mengampu 54 matakuliah. Sudah melakukan pengabdian sebanyak 10. Sudah mempublikasi Artikel Ilmiah dalam jurnal sebanyak 5.
Identitas Diri
Riwayat Pendidikan
S1 | S2 | S3 | |
---|---|---|---|
Nama Perguruan Tinggi | IKIP | IKIP | UM |
Bidang Ilmu | Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia | Pendidikan Bahasa Indonesia | Pendidikan Bahasa Indonesia |
Tahun Masuk-Lulus | 1989 - 1994 | 1994 - 1997 | 1998 - 2005 |
Judul Skripsi/Tesis/Disertasi | Struktur Batin Lirik-lirik Lagu Ebiet G. Ade | Retorika Interpersonal dalam Tuturan Bersasmita Percakapan dalam Novel-novel Indonesia trilogi | Implikatur Percakapan dalam Bahasa Indonesia Lisan Informal Warga Masyarakat Tutur Mojokerto |
Nama Pembimbing/Promotor | Drs. Kamidjan | Prof. Soeseno Kartomihardjo, Ph.D. dan Dr. Roembilin Soepadi | Prof. Dr. Imam Syafi'ie, Prof. Dr. Suparno, dan Dr. Djoko Saryono |
Mata Kuliah yang Diampu
No. | Mata Kuliah |
---|---|
1 | Analisis Artikel Jurnal Mutakhir |
2 | Asesmen Proses dan Hasil Belajar |
3 | Bahasa Indonesia |
4 | Close Dissertation |
5 | Disertasi |
6 | Disertasi Terbuka |
7 | Disertasi Tertutup |
8 | Disertation |
9 | Dissertation |
10 | Dissertation-Supporting Subject 1 |
11 | Dissertation-Supporting Subject 2 |
12 | Inovasi Pembelajaran Bahasa dan Sastra Berbasis IT |
13 | Keterampilan Mengajar dan Pembelajaran Micro |
14 | KKN Asistensi Mengajar Mengembangan Perangkat |
15 | KKN Kewirausahaan Perancangan Program |
16 | KKN Proyek Desa Perancangan Program |
17 | KKN Proyek indpenden Pengembangan perangkat |
18 | KKN Proyek indpenden Perancangan Program |
19 | Komprehensif |
20 | Kurikulum Pendidikan Bahasa Indonesia |
21 | Kurikulum Pendidikan Bahasa-Sastra |
22 | Kurikulum Sekolah |
23 | language and literature classroom studies |
24 | Language and Literature Education Seminar |
25 | Literature in Education |
26 | Mata Kuliah Penunjang Disertasi 1 |
27 | Mata Kuliah Penunjang Disertasi 2 |
28 | Metode Penelitian |
29 | micro teaching |
30 | Open Dissertation |
31 | Penelitian Mutakhir Bahasa |
32 | Pengembangan Bahan Ajar |
33 | Penyuntingan |
34 | Penyuntingan Bahasa |
35 | Perencanaan Pembelajaran |
36 | Philosophy of Language-Literature Pedagogy |
37 | PLP-Analisis Kurikulum |
38 | PRAGMATIK |
39 | Pragmatik Pendidikan |
40 | Proposal Penelitian |
41 | publication |
42 | Publikasi |
43 | Seminar Hasil Penelitian |
44 | Seminar Of Research Findings |
45 | SEMINAR OF RESEARCH FINDINGS |
46 | Seminar Pendidikan Bahasa dan Sastra |
47 | Seminar Proposal |
48 | Sintaksis |
49 | Skripsi |
50 | SKRIPSI |
51 | Strategi Pembelajaran Bsi |
52 | Studi Lapangan |
53 | tesis |
54 | Tesis |
Data Penelitian Dari Sim Litabmas
No. | Tahun | Judul | Sumber Dana |
---|---|---|---|
1 | 2015 | PENGEMBANGAN MODUL MEMBACA DAN MENULIS BERBASIS UJI DIAGNOSTIK UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA SMP DAN SMA TERHADAP MATERI POKOK BAHASA INDONESIA | Litabmas |
2 | 2014 | PENGEMBANGAN MODUL MEMBACA DAN MENULIS BERBASIS UJI DIAGNOSTIK UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA SMP DAN SMA TERHADAP MATERI POKOK BAHASA INDONESIA | Litabmas |
3 | 2013 | Penelitian dan Pengembangan Teori Belajar Untuk Mengembangkan Ketrampilan Berfikir dan Perilaku Berkarakter | Litabmas |
4 | 2022 | PENGGUNAAN PEMARKAH PRAGMATIK TEKSTUAL PADA ARTIKEL JURNAL TERINDEKS SINTA | Litabmas |
5 | 2022 | PELATIHAN PENGGUNAAN PRAGMATIC MARKERS BAGI GURU BAHASA DI KABUPATEN GRESIK | Litabmas |
6 | 2021 | PELATIHAN PENGEMBANGAN BAHAN AJAR KONTEKSTUAL MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SMP/MTS DI KABUPATEN NGANJUK | Litabmas |
7 | 2022 | PENGGUNAAN PEMARKAH PRAGMATIK TEKSTUAL PADA ARTIKEL JURNAL TERINDEKS SINTA | Litabmas |
8 | 2022 | PELATIHAN PENGGUNAAN PRAGMATIC MARKERS BAGI GURU BAHASA DI KABUPATEN GRESIK | Litabmas |
9 | 2021 | PELATIHAN PENGEMBANGAN BAHAN AJAR KONTEKSTUAL MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SMP/MTS DI KABUPATEN NGANJUK | Litabmas |
10 | 2022 | PENGGUNAAN PEMARKAH PRAGMATIK TEKSTUAL PADA ARTIKEL JURNAL TERINDEKS SINTA | Litabmas |
11 | 2022 | PELATIHAN PENGGUNAAN PRAGMATIC MARKERS BAGI GURU BAHASA DI KABUPATEN GRESIK | Litabmas |
12 | 2021 | PELATIHAN PENGEMBANGAN BAHAN AJAR KONTEKSTUAL MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SMP/MTS DI KABUPATEN NGANJUK | Litabmas |
13 | 2022 | PENGGUNAAN PEMARKAH PRAGMATIK TEKSTUAL PADA ARTIKEL JURNAL TERINDEKS SINTA | Litabmas |
14 | 2022 | PELATIHAN PENGGUNAAN PRAGMATIC MARKERS BAGI GURU BAHASA DI KABUPATEN GRESIK | Litabmas |
15 | 2021 | PELATIHAN PENGEMBANGAN BAHAN AJAR KONTEKSTUAL MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SMP/MTS DI KABUPATEN NGANJUK | Litabmas |
16 | 2022 | PENGGUNAAN PEMARKAH PRAGMATIK TEKSTUAL PADA ARTIKEL JURNAL TERINDEKS SINTA | Litabmas |
17 | 2021 | PELATIHAN PENGEMBANGAN BAHAN AJAR KONTEKSTUAL MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SMP/MTS DI KABUPATEN NGANJUK | Litabmas |
18 | 2019 | PELATIHAN STIMULATIF PEMBELAJARAN INOVATIF BAGI GURU BAHASA SMP NEGERI-SWASTA KABUPATEN MAGETAN | Litabmas |
19 | 2022 | PENGGUNAAN PEMARKAH PRAGMATIK TEKSTUAL PADA ARTIKEL JURNAL TERINDEKS SINTA | Litabmas |
20 | 2022 | PELATIHAN PENGGUNAAN PRAGMATIC MARKERS BAGI GURU BAHASA DI KABUPATEN GRESIK | Litabmas |
21 | 2021 | PELATIHAN PENGEMBANGAN BAHAN AJAR KONTEKSTUAL MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SMP/MTS DI KABUPATEN NGANJUK | Litabmas |
22 | 2014 | PENGEMBANGAN MODUL MEMBACA DAN MENULIS BERBASIS UJI DIAGNOSTIK UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA SMP DAN SMA TERHADAP MATERI POKOK BAHASA INDONESIA | Litabmas |
23 | 2015 | PENGEMBANGAN MODUL MEMBACA DAN MENULIS BERBASIS UJI DIAGNOSTIK UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA SMP DAN SMA TERHADAP MATERI POKOK BAHASA INDONESIA | Litabmas |
24 | 2019 | TUTURAN DIALOGIS DALAM TERJEMAHAN HADIS-HADIS BUKHARI DAN MUSLIM: STUDI SOSIOLINGUISTIS | Litabmas |
25 | 2019 | PELATIHAN STIMULATIF PEMBELAJARAN INOVATIF BAGI GURU BAHASA SMP NEGERI-SWASTA KABUPATEN MAGETAN | Litabmas |
26 | 2022 | PELATIHAN PENGGUNAAN PRAGMATIC MARKERS BAGI GURU BAHASA DI KABUPATEN GRESIK | Litabmas |
27 | 2021 | PELATIHAN PENGEMBANGAN BAHAN AJAR KONTEKSTUAL MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SMP/MTS DI KABUPATEN NGANJUK | Litabmas |
28 | 2020 | KEARIFAN LOKAL DALAM MITOS SASTRA LISAN JAWA UNTUK MEMERKUAT KARAKTER MASYARAKAT DALAM MENGHADAPI WABAH COVID-19 | Litabmas |
29 | 2019 | PELATIHAN STIMULATIF PEMBELAJARAN INOVATIF BAGI GURU BAHASA SMP NEGERI-SWASTA KABUPATEN MAGETAN | Litabmas |
30 | 2022 | PENGGUNAAN PEMARKAH PRAGMATIK TEKSTUAL PADA ARTIKEL JURNAL TERINDEKS SINTA | Litabmas |
31 | 2022 | PELATIHAN PENGGUNAAN PRAGMATIC MARKERS BAGI GURU BAHASA DI KABUPATEN GRESIK | Litabmas |
32 | 2021 | PELATIHAN PENGEMBANGAN BAHAN AJAR KONTEKSTUAL MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SMP/MTS DI KABUPATEN NGANJUK | Litabmas |
33 | 2020 | SOSIALISASI TEKNIK IDENTIFIKASI BERITA HOAKS TENTANG COVID-19 SEBAGAI SARANA ANTISIPASI DISHARMONI SOSIAL DI KAWASAN LIDAH WETAN SURABAYA | Litabmas |
34 | 2020 | SOSIALISASI TEKNIK IDENTIFIKASI BERITA HOAKS TENTANG COVID-19 SEBAGAI SARANA ANTISIPASI DISHARMONI SOSIAL DI KAWASAN LIDAH WETAN SURABAYA | Litabmas |
35 | 2022 | PENGGUNAAN PEMARKAH PRAGMATIK TEKSTUAL PADA ARTIKEL JURNAL TERINDEKS SINTA | Litabmas |
36 | 2022 | PELATIHAN PENGGUNAAN PRAGMATIC MARKERS BAGI GURU BAHASA DI KABUPATEN GRESIK | Litabmas |
37 | 2021 | PELATIHAN PENGEMBANGAN BAHAN AJAR KONTEKSTUAL MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SMP/MTS DI KABUPATEN NGANJUK | Litabmas |
Data Penelitian Dari Non Litabmas
No. | Tahun | Judul | Sumber Dana |
---|---|---|---|
1 | 2021 | Pengembangan Bahan Ajar Berseri untuk Menunjang Mata Kuliah Linguistik Mikro berbasis Mind-mapping di Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia , FBS Unesa. | |
2 | 2023 | Stance Marking pada Caption Konten Instagram Politisi Indonesia | |
3 | 2021 | Implikatur Tuturan Presiden Indonesia dalam Youtube | |
4 | 2024 | Prinsip Pembelajaran yang Terefleksi dalam Kesantunan Berbahasa Penguji Kelayakan Disertasi Pendidikan Bahasa dan Sastra | |
5 | 2024 | Terorisme dalam Sastra dan Film Indonesia : Perspektif Psikologi Respons Pembaca | |
6 | 2020 | KEARIFAN LOKAL DALAM MITOS SASTRA LISAN JAWA UNTUK MEMERKUAT KARAKTER MASYARAKAT DALAM MENGHADAPI WABAH COVID-19 | |
7 | 2020 | PENGEMBANGAN TAKARIR DARING DALAM MASA PANDEMI COVID-19 | |
8 | 2024 | Graphic Organizer untuk Mengembangkan Keterampilan Berkomunikasi Pemelajar BIPA Pemula berbasis Plurilingual | |
9 | 2024 | BUDAYA BASA-BASI MASYARAKAT INDONESIA SEBAGAI ASPEK KOMPETENSI PLURIKULTURAL BIPA | |
10 | 2021 | Pengembangan Buku Ajar Sastra dalam Pendidikan | |
11 | 2023 | PENGGUNAAN PEMARKAH PRAGMATIK KAUSAL DALAM ARTIKEL DOSEN UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA | |
12 | 2022 | PENGGUNAAN PEMARKAH PRAGMATIK TEKSTUAL PADA ARTIKEL JURNAL TERINDEKS SINTA | |
13 | 2022 | Pengembangan Buku Ajar Pedagogi Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia | |
14 | 2020 | PENGEMBANGAN MODEL COMIC THERAPHY COVID-19 (CTC) BERBASIS LANGUAGE THERAPHY DENGAN METODE COGNITIVE BEHAVIORAL THERAPY (CBT) | |
15 | 2022 | PEMEROLEHAN KOSAKATA WARNA PADA ANAK USIA PRASEKOLAH SEBAGAI REFLEKSI LINGKUNGAN DI PERKOTAAN DAN PERDESAAN: KAJIAN EKOPSIKOLINGUISTIK | |
16 | 2022 | PEMARKAH PRAGMATIK OK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA | |
17 | 2023 | Problematika Pembelajaran BIPA bagi Penutur Asing di Unesa dan National Cheng Kung University Taiwan |