
Miftachul Amri, S.Pd., M.Pd., M.Ed., Ph.D.
Miftachul Amri, S.Pd., M.Pd., M.Ed., Ph.D., lahir di Sidoarjo pada tanggal 05-12-1973 adalah dosen di Universitas Negeri Surabaya. Dalam 1 tahun terakhir, mengampu 64 matakuliah. Sudah melakukan pengabdian sebanyak 17. Sudah mempublikasi Artikel Ilmiah dalam jurnal sebanyak 28.

Identitas Diri
Riwayat Pendidikan
S1 | S2 | S3 | |
---|---|---|---|
Nama Perguruan Tinggi | Universitas Negeri Surabaya | Universitas Pendidikan Indonesia | Aichi Gakuin University |
Bidang Ilmu | Pendidikan Bahasa Jepang | Pendidikan Bahasa Jepang | Bahasa Jepang (Bahasa Jepang Bisnis) |
Tahun Masuk-Lulus | 1994 - 2000 | 2001 - 2003 | 2012 - 2016 |
Judul Skripsi/Tesis/Disertasi | Perilaku Ojigi Pada Anak Muda Di Daerah Nagoya, Tinjauan Sosiolinguistik | Ojigi Komunikasi Non-Verbal Masyarakat Jepang - Studi Kasus Perilaku Ojigi Terhadap Empat Orang Jepang Di Indonesia | Indonesiago・Nihongo Bijinesu Denshi Me-ru Ni Tsuite - (Keisho) (Zenbun) (Shubun) (Matsubun) No Hyougen Kara Mita Kenkyu |
Nama Pembimbing/Promotor | Dra. Joharni Harjono | Dr. Nandang Rahmat | Prof. Dr. Tamon Yasunori |
Mata Kuliah yang Diampu
No. | Mata Kuliah |
---|---|
1 | Analisis Kesalahan Berbahasa |
2 | Analisis Wacana |
3 | Asesmen Pembelajaran Bahasa-Sastra |
4 | Bijinesu Kaiwa |
5 | Bijinesu Nihongo |
6 | BM Berbicara Mahir |
7 | Bm Komprehensif Lanjut |
8 | BM Komprehensif Mahir |
9 | BM Membaca Lanjut |
10 | BM Menulis Lanjut |
11 | Bm Menyimak Lanjut |
12 | Budaya dan Masyarakat Jepang |
13 | Chujokyu Nihongo |
14 | Chukyu Hyoki |
15 | Chukyu Nihongo |
16 | Chukyu Nihongo Oyo |
17 | Chukyu Sakubun |
18 | Dasar - Dasar Kependidikan |
19 | Goyoron |
20 | Honyaku |
21 | Ibunka Komyunikeshion |
22 | Inovasi Pembelajaran Bahasa dan Sastra Berbasis IT |
23 | Keterampilan Mengajar dan Pembelajaran Mikro |
24 | KKN Asistensi Mengajar Pelaksanaan Program |
25 | KKN Kewirausahaan Pelaksanaan Program |
26 | KKN Proyek Desa Pelaksanaan Program |
27 | KKN Proyek indpenden Pelaksanaan Program |
28 | KKN Proyek Kemanusiaan Pelaksanaan Program |
29 | KKNT |
30 | Kuliah Kerja Nyata (Kkn) |
31 | KURIKULUM SEKOLAH |
32 | Literacy in Education |
33 | Literasi Dalam Pendidikan |
34 | Media Pembelajaran |
35 | Media Pembelajaran BM |
36 | Metode Penelitian |
37 | Metodologi Penelitian |
38 | Metodologi Penelitian Pendidikan |
39 | Microteaching |
40 | MPK-Pendesiminasian Program |
41 | Nihon Shakai To Bunka |
42 | Pengembangan Bahan dan Media Pembelajaran Bahasa dan Sastra |
43 | Pengembangan Perangkat Pembelajaran |
44 | Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) |
45 | PLP-Manajemen Sekolah |
46 | PLP-Pengembangan Rencana Pembelajaran |
47 | PLP-Praktik Mengajar |
48 | Proposal Penelitian |
49 | Publikasi |
50 | Seminar |
51 | Seminar Proposal Tugas Akhir |
52 | Seminar Tugas Akhir |
53 | Shochukyu Chokai |
54 | Shokyu Dokkai Oyo |
55 | Shokyu Hanashikata |
56 | Shokyu Hanashikata Oyo |
57 | Shokyu Nihongo Oyo |
58 | Shokyu Sakubun |
59 | Skripsi |
60 | Sosiolinguistik |
61 | Teori Belajar |
62 | Tesis |
63 | Tsurizumu Nihongo |
64 | Tugas Akhir |
Data Penelitian Dari Sim Litabmas
No. | Tahun | Judul | Sumber Dana |
---|---|---|---|
1 | 2021 | PELATIHAN PEMAKAIAN YUKATA UNTUK MEMBERIKAN PEMAHAMAN BUDAYA PAKAIAN TRADISIONAL JEPANG PADA SISWA SMKN 1 BOYOLANGU TULUNGAGUNG | Litabmas |
2 | 2019 | PENDAMPINGAN PELATIHAN SENI MELIPAT KERTAS (ORIGAMI) UNTUK SISWA SMA DI SMAN 2 GENTENG BANYUWANGI | Litabmas |
3 | 2020 | BUDAYA OJIGI DENGAN MENERAPKAN PHYSICAL DISTANCING DALAM PEMBELAJARAN BAHASA JEPANG DI KELAS BISNIS NIHONGO ANGKATAN 2017 PADA MASA PANDEMI COVID-19 | Litabmas |
4 | 2021 | PELATIHAN PEMAKAIAN YUKATA UNTUK MEMBERIKAN PEMAHAMAN BUDAYA PAKAIAN TRADISIONAL JEPANG PADA SISWA SMKN 1 BOYOLANGU TULUNGAGUNG | Litabmas |
5 | 2019 | PENDAMPINGAN PELATIHAN SENI MELIPAT KERTAS (ORIGAMI) UNTUK SISWA SMA DI SMAN 2 GENTENG BANYUWANGI | Litabmas |
6 | 2020 | BUDAYA OJIGI DENGAN MENERAPKAN PHYSICAL DISTANCING DALAM PEMBELAJARAN BAHASA JEPANG DI KELAS BISNIS NIHONGO ANGKATAN 2017 PADA MASA PANDEMI COVID-19 | Litabmas |
7 | 2020 | BUDAYA OJIGI DENGAN MENERAPKAN PHYSICAL DISTANCING DALAM PEMBELAJARAN BAHASA JEPANG DI KELAS BISNIS NIHONGO ANGKATAN 2017 PADA MASA PANDEMI COVID-19 | Litabmas |
8 | 2020 | BUDAYA OJIGI DENGAN MENERAPKAN PHYSICAL DISTANCING DALAM PEMBELAJARAN BAHASA JEPANG DI KELAS BISNIS NIHONGO ANGKATAN 2017 PADA MASA PANDEMI COVID-19 | Litabmas |
Data Penelitian Dari Non Litabmas
No. | Tahun | Judul | Sumber Dana |
---|---|---|---|
1 | 2022 | KESALAHAN PENGGUNAAN BENTUK KATA DAN KATA KERJA BAHASA JEPANG DALAM MATA KULIAH CHUKYU SAKUBUN | |
2 | 2020 | BELAJAR KEBERSIHAN SEJAK DINI UNTUK KESEHATAN MELALUI NYANYIAN RAKYAT ANAK-ANAK JEPANG | |
3 | 2025 | HUBUNGAN ANTARA EYE CONTACT, SPEAKING ANXIETY, DAN CLASSROOM INTERACTION DALAM KONTEKS PEMBELAJARAN BAHASA MANDARIN PADA MAHASISWA DI PERGURUAN TINGGI | |
4 | 2024 | Studi dan Analisis pengaruh Program Internship ke Jepang terhadap Arah Karir Alumni Prodi Pendidikan Bahasa Jepang Unesa | |
5 | 2024 | BAHASA FIGURATIF DALAM NOVEL UTSUKUSHISA TO KANASHIMI TO 「美しさと哀しみと」 KARYA YASUNARI KAWABATA: KAJIAN STILISTIKA | |
6 | 2024 | METODE DAN TEKNIK PENYESUAIAN ALTERASI DALAM PENERJEMAHAN MANGA “SAKAMOTO DAYS KARYA YUTO SUZUKI” | |
7 | 2023 | PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MICROTEACHING UNTUK MAHASISWA S1 PRODI PENDIDIKAN BAHASA MANDARIN UNESA | |
8 | 2025 | PENERAPAN TRANSLANGUAGING DAN CODE-SWITCHING SEBAGAI PENDEKATAN PEDAGOGIS UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOUYU BAHASA MANDARIN DI SMA | |
9 | 2022 | KESALAHAN PENGGUNAAN BENTUK KATA DAN KATA KERJA BAHASA JEPANG DALAM MATA KULIAH CHUKYU SAKUBUN | |
10 | 2023 | Penggunaan Bahasa Nonverbal Masyarakat Jepang dan Tiongkok Dalam Berkomunikasi | |
11 | 2024 | Perancangan Media Tabel Materi sebagai Optimalisasi Kemampuan Bahasa Mandarin bagi Pembelajar Indonesia: Perspektif Kajian Analisis Kontrastif | |
12 | 2025 | Seni Menulis Email Bisnis dalam Bahasa Jepang: Langkah Strategis Menuju Karier di Perusahaan Jepang | |
13 | 2022 | PERAN BIMBINGAN KONSELING TERHADAP PEMINATAN DAN KEPROFESIAN MAHASISWA JURUSAN BAHASA DAN SASTRA MANDARIN UNESA | |
14 | 2021 | Perbandingan Dongeng Tiongkok 《牛郎织女》Gadis Penenun dan Si penggembala sapi, dengan Dongeng Indonesia Jaka Tarub dan Nawang Wulan. | |
15 | 2021 | Pengembangan Buku Ajar Dokkai Tingkat Menengah | |
16 | 2023 | HUBUNGAN ANTARA GAYA BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN BAHASA JEPANG ANGKATAN 2022 PADA MATA KULIAH NIHONGO TINGKAT DASAR | |
17 | 2020 | Pengembangan Budaya Physical Distancing Interaksi Masyarakat Jepang Dengan Salam Ojigi Untuk Mencegah Penyebaran Covid-19 |