Miftachul Amri, S.Pd., M.Pd., M.Ed., Ph.D.

Miftachul Amri, S.Pd., M.Pd., M.Ed., Ph.D., lahir di Sidoarjo pada tanggal 05-12-1973 adalah dosen di Universitas Negeri Surabaya. Dalam 1 tahun terakhir, mengampu 64 matakuliah. Sudah melakukan pengabdian sebanyak 17. Sudah mempublikasi Artikel Ilmiah dalam jurnal sebanyak 28.

Identitas Diri

Riwayat Pendidikan

S1 S2 S3
Nama Perguruan Tinggi Universitas Negeri Surabaya Universitas Pendidikan Indonesia Aichi Gakuin University
Bidang Ilmu Pendidikan Bahasa Jepang Pendidikan Bahasa Jepang Bahasa Jepang (Bahasa Jepang Bisnis)
Tahun Masuk-Lulus 1994 - 2000 2001 - 2003 2012 - 2016
Judul Skripsi/Tesis/Disertasi Perilaku Ojigi Pada Anak Muda Di Daerah Nagoya, Tinjauan Sosiolinguistik Ojigi Komunikasi Non-Verbal Masyarakat Jepang - Studi Kasus Perilaku Ojigi Terhadap Empat Orang Jepang Di Indonesia Indonesiago・Nihongo Bijinesu Denshi Me-ru Ni Tsuite - (Keisho) (Zenbun) (Shubun) (Matsubun) No Hyougen Kara Mita Kenkyu
Nama Pembimbing/Promotor Dra. Joharni Harjono Dr. Nandang Rahmat Prof. Dr. Tamon Yasunori

Mata Kuliah yang Diampu

No. Mata Kuliah
1 Analisis Kesalahan Berbahasa
2 Analisis Wacana
3 Asesmen Pembelajaran Bahasa-Sastra
4 Bijinesu Kaiwa
5 Bijinesu Nihongo
6 BM Berbicara Mahir
7 Bm Komprehensif Lanjut
8 BM Komprehensif Mahir
9 BM Membaca Lanjut
10 BM Menulis Lanjut
11 Bm Menyimak Lanjut
12 Budaya dan Masyarakat Jepang
13 Chujokyu Nihongo
14 Chukyu Hyoki
15 Chukyu Nihongo
16 Chukyu Nihongo Oyo
17 Chukyu Sakubun
18 Dasar - Dasar Kependidikan
19 Goyoron
20 Honyaku
21 Ibunka Komyunikeshion
22 Inovasi Pembelajaran Bahasa dan Sastra Berbasis IT
23 Keterampilan Mengajar dan Pembelajaran Mikro
24 KKN Asistensi Mengajar Pelaksanaan Program
25 KKN Kewirausahaan Pelaksanaan Program
26 KKN Proyek Desa Pelaksanaan Program
27 KKN Proyek indpenden Pelaksanaan Program
28 KKN Proyek Kemanusiaan Pelaksanaan Program
29 KKNT
30 Kuliah Kerja Nyata (Kkn)
31 KURIKULUM SEKOLAH
32 Literacy in Education
33 Literasi Dalam Pendidikan
34 Media Pembelajaran
35 Media Pembelajaran BM
36 Metode Penelitian
37 Metodologi Penelitian
38 Metodologi Penelitian Pendidikan
39 Microteaching
40 MPK-Pendesiminasian Program
41 Nihon Shakai To Bunka
42 Pengembangan Bahan dan Media Pembelajaran Bahasa dan Sastra
43 Pengembangan Perangkat Pembelajaran
44 Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP)
45 PLP-Manajemen Sekolah
46 PLP-Pengembangan Rencana Pembelajaran
47 PLP-Praktik Mengajar
48 Proposal Penelitian
49 Publikasi
50 Seminar
51 Seminar Proposal Tugas Akhir
52 Seminar Tugas Akhir
53 Shochukyu Chokai
54 Shokyu Dokkai Oyo
55 Shokyu Hanashikata
56 Shokyu Hanashikata Oyo
57 Shokyu Nihongo Oyo
58 Shokyu Sakubun
59 Skripsi
60 Sosiolinguistik
61 Teori Belajar
62 Tesis
63 Tsurizumu Nihongo
64 Tugas Akhir

Data Penelitian Dari Sim Litabmas

No. Tahun Judul Sumber Dana
1 2021 PELATIHAN PEMAKAIAN YUKATA UNTUK MEMBERIKAN PEMAHAMAN BUDAYA PAKAIAN TRADISIONAL JEPANG PADA SISWA SMKN 1 BOYOLANGU TULUNGAGUNG Litabmas
2 2019 PENDAMPINGAN PELATIHAN SENI MELIPAT KERTAS (ORIGAMI) UNTUK SISWA SMA DI SMAN 2 GENTENG BANYUWANGI Litabmas
3 2020 BUDAYA OJIGI DENGAN MENERAPKAN PHYSICAL DISTANCING DALAM PEMBELAJARAN BAHASA JEPANG DI KELAS BISNIS NIHONGO ANGKATAN 2017 PADA MASA PANDEMI COVID-19 Litabmas
4 2021 PELATIHAN PEMAKAIAN YUKATA UNTUK MEMBERIKAN PEMAHAMAN BUDAYA PAKAIAN TRADISIONAL JEPANG PADA SISWA SMKN 1 BOYOLANGU TULUNGAGUNG Litabmas
5 2019 PENDAMPINGAN PELATIHAN SENI MELIPAT KERTAS (ORIGAMI) UNTUK SISWA SMA DI SMAN 2 GENTENG BANYUWANGI Litabmas
6 2020 BUDAYA OJIGI DENGAN MENERAPKAN PHYSICAL DISTANCING DALAM PEMBELAJARAN BAHASA JEPANG DI KELAS BISNIS NIHONGO ANGKATAN 2017 PADA MASA PANDEMI COVID-19 Litabmas
7 2020 BUDAYA OJIGI DENGAN MENERAPKAN PHYSICAL DISTANCING DALAM PEMBELAJARAN BAHASA JEPANG DI KELAS BISNIS NIHONGO ANGKATAN 2017 PADA MASA PANDEMI COVID-19 Litabmas
8 2020 BUDAYA OJIGI DENGAN MENERAPKAN PHYSICAL DISTANCING DALAM PEMBELAJARAN BAHASA JEPANG DI KELAS BISNIS NIHONGO ANGKATAN 2017 PADA MASA PANDEMI COVID-19 Litabmas

Data Penelitian Dari Non Litabmas

No. Tahun Judul Sumber Dana
1 2022 KESALAHAN PENGGUNAAN BENTUK KATA DAN KATA KERJA BAHASA JEPANG DALAM MATA KULIAH CHUKYU SAKUBUN
2 2020 BELAJAR KEBERSIHAN SEJAK DINI UNTUK KESEHATAN MELALUI NYANYIAN RAKYAT ANAK-ANAK JEPANG
3 2025 HUBUNGAN ANTARA EYE CONTACT, SPEAKING ANXIETY, DAN CLASSROOM INTERACTION DALAM KONTEKS PEMBELAJARAN BAHASA MANDARIN PADA MAHASISWA DI PERGURUAN TINGGI
4 2024 Studi dan Analisis pengaruh Program Internship ke Jepang terhadap Arah Karir Alumni Prodi Pendidikan Bahasa Jepang Unesa
5 2024 BAHASA FIGURATIF DALAM NOVEL UTSUKUSHISA TO KANASHIMI TO 「美しさと哀しみと」 KARYA YASUNARI KAWABATA: KAJIAN STILISTIKA
6 2024 METODE DAN TEKNIK PENYESUAIAN ALTERASI DALAM PENERJEMAHAN MANGA “SAKAMOTO DAYS KARYA YUTO SUZUKI”
7 2023 PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MICROTEACHING UNTUK MAHASISWA S1 PRODI PENDIDIKAN BAHASA MANDARIN UNESA
8 2025 PENERAPAN TRANSLANGUAGING DAN CODE-SWITCHING SEBAGAI PENDEKATAN PEDAGOGIS UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOUYU BAHASA MANDARIN DI SMA
9 2022 KESALAHAN PENGGUNAAN BENTUK KATA DAN KATA KERJA BAHASA JEPANG DALAM MATA KULIAH CHUKYU SAKUBUN
10 2023 Penggunaan Bahasa Nonverbal Masyarakat Jepang dan Tiongkok Dalam Berkomunikasi
11 2024 Perancangan Media Tabel Materi sebagai Optimalisasi Kemampuan Bahasa Mandarin bagi Pembelajar Indonesia: Perspektif Kajian Analisis Kontrastif
12 2025 Seni Menulis Email Bisnis dalam Bahasa Jepang: Langkah Strategis Menuju Karier di Perusahaan Jepang
13 2022 PERAN BIMBINGAN KONSELING TERHADAP PEMINATAN DAN KEPROFESIAN MAHASISWA JURUSAN BAHASA DAN SASTRA MANDARIN UNESA
14 2021 Perbandingan Dongeng Tiongkok 《牛郎织女》Gadis Penenun dan Si penggembala sapi, dengan Dongeng Indonesia Jaka Tarub dan Nawang Wulan.
15 2021 Pengembangan Buku Ajar Dokkai Tingkat Menengah
16 2023 HUBUNGAN ANTARA GAYA BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN BAHASA JEPANG ANGKATAN 2022 PADA MATA KULIAH NIHONGO TINGKAT DASAR
17 2020 Pengembangan Budaya Physical Distancing Interaksi Masyarakat Jepang Dengan Salam Ojigi Untuk Mencegah Penyebaran Covid-19

Pengabdian Kepada Masyarakat

No Tahun Judul Pengabdian Sumber Pendanaan
1 2021 Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Bahasa Mandarin Kepada Guru-guru MGMP Bahasa Mandarin
2 2023 Implementasi Model Pembelajaran PjBl (Project Based Learning) Melalui Literasi Budaya Jepang Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Kreatifitas Siswa SMAN 8 Malang
3 2022 Pelatihan Ketrampilan (Menulis dan Membaca)Huruf Katakana Melalui Media Nyanyian Anak JepangUntuk Meningkatkan Minat Belajar Bahasa Jepang Pada Siswa-Siswi SMP Labschool Unesa 3 Surabaya
4 2022 Pelatihan Menulis Karya Ilmiah untuk Guru SMP/MTSN di Surabaya Berbasis Kolaboratif Riset
5 2025 Pelatihan Origami untuk Meningkatkan Team Working Skill Siswa MAN 3 Kediri
6 2023 PENDAMPINGAN PEMAHAMAN KARAKTER HANZI MENGGUNAKAN ANALISIS RADIKAL UNTUK SISWA KELAS X SMK 17 AGUSTUS 1945 SURABAYA
7 2024 Pendampingan Pengembangan Program Pengajaran Bahasa Mandarin di SD Chenghoo Surbaaya
8 2025 PELATIHAN PEMAHAMAN AKSARA MANDARIN DASAR DAN PERCAKAPAN BAHASA MANDARIN DASAR UNTUK ANAK-ANAK DISABILITAS INTELEKTUAL YAYASAN CAHAYA OBOR BERKAT, BATAM
9 2022 PELATIHAN MENULIS HANZI SEDERHANA UNTUK SISWA KELAS X SMAN 2 SIDOARJO
10 2020 Studi Autoetnografi dalam Konstruksi Bahasa Lokal Masyarakat Sekitaran Lidah Wetan Mengenai Pandemi Covid-19
11 2020 PKM SEMBAKO UNTUK PEMULUNG SEKITAR KAMPUS LIDAH WETAN DI MASA PANDEMI COVID-19
12 2024 Pelatihan Penggunaan Aizuchi dalam Kaiwa Bahasa Jepang bagi Siswa SMK Antartika Sidoarjo
13 2023 Pelatihan Wawancara Bahasa Asing dan Kesegaran Jasmani Guru MGMP Bahasa Jepang dan Mandarin di Sidoarjo
14 2025 Pelatihan Pembuatan Chinese Knot (中国结) sebagai Upaya Pengenalan Budaya Tiongkok di SMA Khadijah Surabaya
15 2024 Pelatihan Bahasa dan Budaya Indonesia bagi Siswa Sekolah Indonesia Kuala Lumpur sebagai Upaya Penanaman Cinta Tanah Air
16 2024 PELATIHAN SENI LUKIS TIUP CHINA UNTUK SISWA SD ISLAM CHENG HOO SURABAYA DALAM MEMPERKENALKAN KEINDAHAN BUDAYA TIONGHOA PADA ANAK USIA DINI
17 2021 PELATIHAN PEMAKAIAN YUKATA UNTUK MEMBERIKAN PEMAHAMAN BUDAYA PAKAIAN TRADISIONAL JEPANG PADA SISWA SMKN 1 BOYOLANGU TULUNGAGUNG

Publikasi Jurnal

No Judul Artikel Ilmiah Nama Jurnal Volume/Nomor/Tahun
1 PENGGUNAAN DEIKSIS ENDOFORA DALAM FILM LOOKING UP (银河补习班 yínhé bǔxí bān) KARYA DENGCHAO - /-/0
2 ビジネスメールの言語学的研究: インドネシアの日系企業における日本 愛知教育大学 - /-/0
3 ABREVIASI BAHASA JEPANG DAN BAHASA INDONESIA DALAM ASAHI SHIMBUN [朝日新聞] DAN CNN INDONESIA–KAJIAN KONTRASTIF– - /-/0
4 DIKSIiDANiGAYAiBAHASAiKIASANIPADAiLIRIKiLAGUiALBUM《 火力全开》(HuǒlìiQuániKāi) KARYA《 王力 宏》(WángiLìiHóng) Widya Helmiya - /-/0
5 Yuliana Eka Darmayanti - /-/0
6 Khory Aik Kumala Dewi - /-/0
7 KESALAHAN PENGGUNAAN KATA “差不多”(chàbúduō) dan “几乎”(jīhū) DALAM KALIMAT BAHASA MANDARIN ANGKATAN 2018 PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA MANDARIN UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA - /-/0
8 Potret Pendidikan di Jepang https://unesaprodijepang.wordpress.com/2008/10/10/potret-pendidikan-di … - /-/2003
9 ビジネスメールの言語学的研究: インドネシアの日系企業における日本 愛知教育大学 - /-/2010
10 お辞儀考 A Study of Ojigi                愛知学院大学大学院 文学研究科 文研会 25, 15 hal. - /-/2014
11 インドネシア語・日本語のビジネスメールの対照研究 -「前文」を中&#2451 Bunkenkai Kiyo The Journal of the Graduate School of Humanities, 20 hal. - /-/2015
12 インドネシア語・日本語のビジネスメールの対照研究 -「前文」を中&#2451 Bunkenkai Kiyo The Journal of the Graduate School of Humanities, 20 hal. - /-/2015
13 インドネシア語・日本語のビジネスメールの対照研究 -「前文」を中&#2451 Bunkenkai Kiyo The Journal of the Graduate School of Humanities, 20 hal. - /-/2015
14 BCCWJ における前置き表現の用法について ASA 3 - /-/2016
15 UNSUR-UNSUR INTRINSIK CERPEN" SUQUTU AL-'AQLI" DALAM ANTOLOGI CERPEN BIRU AL-HIRMANI KARYA IHSAN'ABDU AL-QUDDUS: ANALISIS STRUKTURAL ROBERT STANTON Universitas Gadjah Mada - /-/2017
16 ABREVIASI BAHASA JEPANG DAN BAHASA INDONESIA DALAM ASAHI SHIMBUN 「朝日新聞」 DAN CNN INDONESIA–KAJIAN KONTRASTIF– GoKen 5 (3) - /-/2017
17 Perbandingan Makna Idiom Bahasa Jepang dan Bahasa Indonesia yang Mengandung Unsur Warna dalam Koran Online Asahi Shimbun [朝日新聞] dan Kompas HIKARI 6 (2) - /-/2018
18 ビジネスメールの言語学的研究: インドネシアの日系企業における日本&#354 愛知教育大学 - /-/2018
19 ビジネスメールの言語学的研究: インドネシアの日系企業における日本&#354 愛知教育大学 - /-/2018
20 TINDAK TUTUR ILOKUSI DIREKTIF DALAM SERIAL ANIMASI ONE PIECE KARYA ODA EIICHIRO EPISODE 384-400 HIKARI 6 (1) - /-/2018
21 PENGGUNAAN GAYA BAHASA HIPERBOLA DAN METAFORA DALAM LAGU PEMBUKA ANIMASI ONE PIECE GoKen 6 (1) - /-/2018
22 ビジネスメールの言語学的研究: インドネシアの日系企業における日本&#354 愛知教育大学 - /-/2018
23 ビジネスメールの言語学的研究: インドネシアの日系企業における日本&#354 愛知教育大学 - /-/2018
24 Nilai Moral Dalam Film The Wandering Earth Karya Liu Cixin Mandarin Unesa 2 (2) - /-/2019
25 Ojigi: The Ethics of Japanese Community's Nonverbal Language Social Sciences, Humanities and Education Conference (SoSHEC 2019), 305-308 - /-/2019
26 Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Scramble terhadap Kemampuan Menyusun Karangan Sederhana Bahasa Mandarin Siswa Kelas XI MIPA SMA NU 1 Gresik Mandarin Unesa 3 (1) - /-/2020
27 Diksi Dan Gaya Bahasa Pada Lirik Lagu Angela《 張韶涵》(ZhāngShàohán) Dalam Album《 一定要爱你》(yīdìngyàoàinǐ) Mandarin Unesa 3 (2) - /-/2020
28 Pengaruh Penggunaan MediaaPapan Kantonggterhadap Kemampuan MenyusunnKalimat Sederhana Bahasa Mandarin Siswa Kelas X APK SMKnPGRI 133Surabaya TP 2019/2020 Mandarin Unesa 3 (1) - /-/2020

Karya Buku

No Judul Buku Tahun Jumlah Halaman Penerbit

Pemakalah Seminar Ilmiah

No Nama Temu ilmiah / Seminar Judul Artikel Ilmiah Waktu dan Tempat

Hak Karya Ilmiah

No Judul/Tema HKI Tahun Jenis Nomor