Dr. Eko Hariyono, S.Pd., M.Pd.

Dr. Eko Hariyono, S.Pd., M.Pd., lahir di Lamongan pada tanggal 13-10-1974 adalah dosen di Universitas Negeri Surabaya. Dalam 1 tahun terakhir, mengampu 49 matakuliah. Sudah melakukan pengabdian sebanyak 13. Sudah mempublikasi Artikel Ilmiah dalam jurnal sebanyak 216. Memiliki karya buku sebanyak 1. Menjadi pemakalah seminar ilmiah sebanyak 36. Memperoleh HKI sebanyak 8.

Identitas Diri

Riwayat Pendidikan

S1 S2 S3
Nama Perguruan Tinggi IKIP Surabaya Universitas Negeri Surabaya Universitas Pendidikan Indonesia
Bidang Ilmu Pendidikan Fisika Pendidikan Sains Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Tahun Masuk-Lulus 1993 - 1997 1999 - 2002 2014 - 2018
Judul Skripsi/Tesis/Disertasi Pengaruh Pendekatan Keterampilan Proses Terhadap Tingkat Intelegensi Siswa Untuk Siswa Kelas II SMP N 21 Surabaya Peningkatan Kualitas Pembelajaran Fisika Melalui Pembelajaran Penemuan Terbimbing (Guided Discovery) Pada Konsep Kalor Untuk Siswa SMPN 21 Surabaya -
Nama Pembimbing/Promotor Dra. Endang Astuti Ningrum Prof. Soeparman Kardi, M.Sc., Ph.D; Prof. Dr. Prabowo, M.Pd. -

Mata Kuliah yang Diampu

No. Mata Kuliah
1 Asesmen dan Evaluasi
2 Dasar Kependidikan
3 Desain dan Analisis Data Penelitian Kualitatif
4 E-Learning Fisika
5 Filsafat Pendidikan IPA
6 Fisika Antariksa
7 Fisika Bumi
8 Ipa Terpadu
9 Ipba
10 Isu dan Tren Pendidikan Sains
11 Kajian Hasil Penelitian
12 Kajian IPA III
13 Kajian Mandiri Bidang Studi
14 Kajian Mandiri Bidang Studi Penunjang Disertasi
15 KETERAMPILAN MENGAJAR & PEMBELAJARAN MIKRO
16 Kurikulum Sekolah
17 Laboratorium Fisika
18 Metodologi Penelitian
19 Metodologi Penelitian Kualitatif lanjut
20 Metodologi Penelitian Kualitatif Lanjut
21 Pembelajaran Inovatif II
22 Pembelajaran Inovatif Lanjut
23 Pembelajaran Mikro
24 Pembelajaran STEAM
25 Pendidikan Sains untuk Pembangunan Berkelanjutan
26 Pendidikan Sains untuk Pembangunan Berkelanjutan (Science Education for Sustainable Development).
27 Pendidikan STEAM
28 Pengembangan Bahan Pembelajaran (PBP)
29 Pengembangan Kurikulum
30 Penunjang Disertasi
31 Perencanaan Pembelajaran Inovatif
32 Physics Edutainment
33 PLP-Pengembangan Bahan Ajar
34 Proposal Penelitian
35 Publikasi
36 Publikasi Ilmiah
37 Publikasi Internasional
38 Riset-1
39 Sains Edupreneurship
40 Seminar
41 Seminar Proposal
42 Statistika
43 STEAM dan Isu Terbaru dalam Pendidikan Sains (STEAM and Current Issues in Science Education)
44 Studi Lapangan
45 Telaah Kurikulum Sekolah
46 Teori Belajar Lanjut
47 Tesis
48 Ujian Komprehensif
49 Ujian Komprehensif (Seminar Proposal)

Data Penelitian Dari Sim Litabmas

No. Tahun Judul Sumber Dana
1 2017 Pengembangan Model Simulasi Gunungapi sebagai Media Virtual untuk Meningkatkan Keterampilan Memprediksi Mahasiswa Calon Guru Fisika Litabmas
2 2020 LITERASI SAINS MAHASISWA PASCA DITINJAU DARI KEMAMPUAN MENYELESAIKAN MASALAH LINGKUNGAN BERBASIS ISU COVID 19 Litabmas
3 2019 Pengembangan Kemampuan Menyelesaikan Berbagai Masalah Kebumian Melalui Rekonstruksi Desain Pembelajaran Geosains yang Sustainable Litabmas
4 2020 Pengembangan Kemampuan Menyelesaikan Berbagai Masalah Kebumian Melalui Rekonstruksi Desain Pembelajaran Geosains yang Sustainable Litabmas
5 2013 Pengembangan Kurikulum IPA SD yang Mengintegrasikan Teknik Mitigasi dan Sikap Tanggap Bencana Untuk Sekolah di Wilayah Pesisir Jawa Timur Litabmas
6 2019 OPTIMALISASI PEMBELAJARAN IPBA BERBASIS FIELD BASED APPROACH (FBA) UNTUK MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN RISET MAHASISWA FISIKA DI BIDANG GEOSAINS Litabmas
7 2022 ANALISIS LITERASI PERUBAHAN IKLIM DAN KESADARAN IKLIM (CLIMATE AWARENESS) BAGI MAHASISWA CALON GURU IPA DI INDONESIA Litabmas
8 2013 Pengembangan Kurikulum IPA SD yang Mengintegrasikan Teknik Mitigasi dan Sikap Tanggap Bencana Untuk Sekolah di Wilayah Pesisir Jawa Timur Litabmas
9 2020 LITERASI SAINS MAHASISWA PASCA DITINJAU DARI KEMAMPUAN MENYELESAIKAN MASALAH LINGKUNGAN BERBASIS ISU COVID 19 Litabmas
10 2013 Pengembangan Kurikulum IPA SD yang Mengintegrasikan Teknik Mitigasi dan Sikap Tanggap Bencana Untuk Sekolah di Wilayah Pesisir Jawa Timur Litabmas
11 2022 RESTRUKTURISASI KURIKULUM SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MUTU AKADEMIK DI PRODI S2 PENDIDIKAN SAINS PASCASARJANA UNESA Litabmas
12 2022 ANALISIS LITERASI PERUBAHAN IKLIM DAN KESADARAN IKLIM (CLIMATE AWARENESS) BAGI MAHASISWA CALON GURU IPA DI INDONESIA Litabmas
13 2022 RESTRUKTURISASI KURIKULUM SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MUTU AKADEMIK DI PRODI S2 PENDIDIKAN SAINS PASCASARJANA UNESA Litabmas
14 2022 PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA FLIP BOOK INTERAKTIF DALAM MENGEMBANGKAN LITERASI SAINS BAGI GURU IPA SMP DI KABUPATEN LAMONGAN Litabmas
15 2021 PELATIHAN PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA BERBASIS ESD PADA MATERI PERUBAHAN IKLIM UNTUK MENINGKATKAN LITERASI LINGKUNGAN GURU IPA SMP DI KABUPATEN NGANJUK Litabmas
16 2021 PEMETAAN PROFIL TESIS MAHASISWA S2 PRODI PENDIDIKAN SAINS SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KINERJA PENELITIAN DAN PUBLIKASI Litabmas
17 2020 PEMBUATAN BILIK STERILISASI SEDERHANA BERBASIS SENSOR SEBAGAI UPAYA MEREDUKSI PENYEBARAN COVID-19 DI PASCA UNESA Litabmas
18 2019 PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN IPBA BERBASIS SDGS (SUSTAINABLE DEVELOPMENT GOALS) DALAM MEMBANGUN LITERASI SAINS KEBUMIAN DI INDONESIA Litabmas
19 2019 OPTIMALISASI PEMBELAJARAN IPBA BERBASIS FIELD BASED APPROACH (FBA) UNTUK MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN RISET MAHASISWA FISIKA DI BIDANG GEOSAINS Litabmas
20 2019 PELATIHAN PEMBELAJARAN BERBASIS STEM DALAM MELATIHKAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN MASLAAH BAGI GURU-GURU IPA SMP DI KABUPATEN MAGETAN Litabmas
21 2017 Pengembangan Model Simulasi Gunungapi sebagai Media Virtual untuk Meningkatkan Keterampilan Memprediksi Mahasiswa Calon Guru Fisika Litabmas
22 2013 Pengembangan Kurikulum IPA SD yang Mengintegrasikan Teknik Mitigasi dan Sikap Tanggap Bencana Untuk Sekolah di Wilayah Pesisir Jawa Timur Litabmas
23 2022 RESTRUKTURISASI KURIKULUM SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MUTU AKADEMIK DI PRODI S2 PENDIDIKAN SAINS PASCASARJANA UNESA Litabmas
24 2022 RESTRUKTURISASI KURIKULUM SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MUTU AKADEMIK DI PRODI S2 PENDIDIKAN SAINS PASCASARJANA UNESA Litabmas
25 2022 RESTRUKTURISASI KURIKULUM SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MUTU AKADEMIK DI PRODI S2 PENDIDIKAN SAINS PASCASARJANA UNESA Litabmas
26 2022 PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA FLIP BOOK INTERAKTIF DALAM MENGEMBANGKAN LITERASI SAINS BAGI GURU IPA SMP DI KABUPATEN LAMONGAN Litabmas
27 2021 PELATIHAN PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA BERBASIS ESD PADA MATERI PERUBAHAN IKLIM UNTUK MENINGKATKAN LITERASI LINGKUNGAN GURU IPA SMP DI KABUPATEN NGANJUK Litabmas
28 2021 PEMETAAN PROFIL TESIS MAHASISWA S2 PRODI PENDIDIKAN SAINS SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KINERJA PENELITIAN DAN PUBLIKASI Litabmas
29 2020 PEMBUATAN BILIK STERILISASI SEDERHANA BERBASIS SENSOR SEBAGAI UPAYA MEREDUKSI PENYEBARAN COVID-19 DI PASCA UNESA Litabmas
30 2019 PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN IPBA BERBASIS SDGS (SUSTAINABLE DEVELOPMENT GOALS) DALAM MEMBANGUN LITERASI SAINS KEBUMIAN DI INDONESIA Litabmas
31 2019 OPTIMALISASI PEMBELAJARAN IPBA BERBASIS FIELD BASED APPROACH (FBA) UNTUK MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN RISET MAHASISWA FISIKA DI BIDANG GEOSAINS Litabmas
32 2019 PELATIHAN PEMBELAJARAN BERBASIS STEM DALAM MELATIHKAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN MASLAAH BAGI GURU-GURU IPA SMP DI KABUPATEN MAGETAN Litabmas
33 2017 Pengembangan Model Simulasi Gunungapi sebagai Media Virtual untuk Meningkatkan Keterampilan Memprediksi Mahasiswa Calon Guru Fisika Litabmas
34 2022 RESTRUKTURISASI KURIKULUM SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MUTU AKADEMIK DI PRODI S2 PENDIDIKAN SAINS PASCASARJANA UNESA Litabmas
35 2022 RESTRUKTURISASI KURIKULUM SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MUTU AKADEMIK DI PRODI S2 PENDIDIKAN SAINS PASCASARJANA UNESA Litabmas
36 2021 PEMETAAN PROFIL TESIS MAHASISWA S2 PRODI PENDIDIKAN SAINS SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KINERJA PENELITIAN DAN PUBLIKASI Litabmas
37 2022 ANALISIS LITERASI PERUBAHAN IKLIM DAN KESADARAN IKLIM (CLIMATE AWARENESS) BAGI MAHASISWA CALON GURU IPA DI INDONESIA Litabmas
38 2022 RESTRUKTURISASI KURIKULUM SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MUTU AKADEMIK DI PRODI S2 PENDIDIKAN SAINS PASCASARJANA UNESA Litabmas
39 2022 PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA FLIP BOOK INTERAKTIF DALAM MENGEMBANGKAN LITERASI SAINS BAGI GURU IPA SMP DI KABUPATEN LAMONGAN Litabmas
40 2021 PELATIHAN PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA BERBASIS ESD PADA MATERI PERUBAHAN IKLIM UNTUK MENINGKATKAN LITERASI LINGKUNGAN GURU IPA SMP DI KABUPATEN NGANJUK Litabmas
41 2020 PEMBUATAN BILIK STERILISASI SEDERHANA BERBASIS SENSOR SEBAGAI UPAYA MEREDUKSI PENYEBARAN COVID-19 DI PASCA UNESA Litabmas
42 2020 LITERASI SAINS MAHASISWA PASCA DITINJAU DARI KEMAMPUAN MENYELESAIKAN MASALAH LINGKUNGAN BERBASIS ISU COVID 19 Litabmas
43 2019 PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN IPBA BERBASIS SDGS (SUSTAINABLE DEVELOPMENT GOALS) DALAM MEMBANGUN LITERASI SAINS KEBUMIAN DI INDONESIA Litabmas
44 2019 OPTIMALISASI PEMBELAJARAN IPBA BERBASIS FIELD BASED APPROACH (FBA) UNTUK MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN RISET MAHASISWA FISIKA DI BIDANG GEOSAINS Litabmas
45 2019 PELATIHAN PEMBELAJARAN BERBASIS STEM DALAM MELATIHKAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN MASLAAH BAGI GURU-GURU IPA SMP DI KABUPATEN MAGETAN Litabmas
46 2017 Pengembangan Model Simulasi Gunungapi sebagai Media Virtual untuk Meningkatkan Keterampilan Memprediksi Mahasiswa Calon Guru Fisika Litabmas
47 2013 Pengembangan Kurikulum IPA SD yang Mengintegrasikan Teknik Mitigasi dan Sikap Tanggap Bencana Untuk Sekolah di Wilayah Pesisir Jawa Timur Litabmas
48 2022 RESTRUKTURISASI KURIKULUM SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MUTU AKADEMIK DI PRODI S2 PENDIDIKAN SAINS PASCASARJANA UNESA Litabmas
49 2020 PEMBUATAN BILIK STERILISASI SEDERHANA BERBASIS SENSOR SEBAGAI UPAYA MEREDUKSI PENYEBARAN COVID-19 DI PASCA UNESA Litabmas
50 2019 PELATIHAN PEMBELAJARAN BERBASIS STEM DALAM MELATIHKAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN MASLAAH BAGI GURU-GURU IPA SMP DI KABUPATEN MAGETAN Litabmas
51 2022 RESTRUKTURISASI KURIKULUM SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MUTU AKADEMIK DI PRODI S2 PENDIDIKAN SAINS PASCASARJANA UNESA Litabmas
52 2021 PELATIHAN PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA BERBASIS ESD PADA MATERI PERUBAHAN IKLIM UNTUK MENINGKATKAN LITERASI LINGKUNGAN GURU IPA SMP DI KABUPATEN NGANJUK Litabmas
53 2021 PEMETAAN PROFIL TESIS MAHASISWA S2 PRODI PENDIDIKAN SAINS SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KINERJA PENELITIAN DAN PUBLIKASI Litabmas
54 2020 PEMBUATAN BILIK STERILISASI SEDERHANA BERBASIS SENSOR SEBAGAI UPAYA MEREDUKSI PENYEBARAN COVID-19 DI PASCA UNESA Litabmas
55 2020 LITERASI SAINS MAHASISWA PASCA DITINJAU DARI KEMAMPUAN MENYELESAIKAN MASALAH LINGKUNGAN BERBASIS ISU COVID 19 Litabmas
56 2019 PELATIHAN PEMBELAJARAN BERBASIS STEM DALAM MELATIHKAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN MASLAAH BAGI GURU-GURU IPA SMP DI KABUPATEN MAGETAN Litabmas
57 2013 Pengembangan Kurikulum IPA SD yang Mengintegrasikan Teknik Mitigasi dan Sikap Tanggap Bencana Untuk Sekolah di Wilayah Pesisir Jawa Timur Litabmas
58 2022 RESTRUKTURISASI KURIKULUM SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MUTU AKADEMIK DI PRODI S2 PENDIDIKAN SAINS PASCASARJANA UNESA Litabmas
59 2021 PELATIHAN PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA BERBASIS ESD PADA MATERI PERUBAHAN IKLIM UNTUK MENINGKATKAN LITERASI LINGKUNGAN GURU IPA SMP DI KABUPATEN NGANJUK Litabmas
60 2021 PEMETAAN PROFIL TESIS MAHASISWA S2 PRODI PENDIDIKAN SAINS SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KINERJA PENELITIAN DAN PUBLIKASI Litabmas
61 2020 PEMBUATAN BILIK STERILISASI SEDERHANA BERBASIS SENSOR SEBAGAI UPAYA MEREDUKSI PENYEBARAN COVID-19 DI PASCA UNESA Litabmas
62 2020 LITERASI SAINS MAHASISWA PASCA DITINJAU DARI KEMAMPUAN MENYELESAIKAN MASALAH LINGKUNGAN BERBASIS ISU COVID 19 Litabmas
63 2019 PELATIHAN PEMBELAJARAN BERBASIS STEM DALAM MELATIHKAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN MASLAAH BAGI GURU-GURU IPA SMP DI KABUPATEN MAGETAN Litabmas
64 2023 PENGEMBANGAN PROJECT STEAM BERBASIS ESD DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN MASALAH BAGI MAHASISWA CALON GURU IPA DI INDONESIA Litabmas
65 2022 RESTRUKTURISASI KURIKULUM SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MUTU AKADEMIK DI PRODI S2 PENDIDIKAN SAINS PASCASARJANA UNESA Litabmas
66 2013 Pengembangan Kurikulum IPA SD yang Mengintegrasikan Teknik Mitigasi dan Sikap Tanggap Bencana Untuk Sekolah di Wilayah Pesisir Jawa Timur Litabmas
67 2022 RESTRUKTURISASI KURIKULUM SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MUTU AKADEMIK DI PRODI S2 PENDIDIKAN SAINS PASCASARJANA UNESA Litabmas
68 2022 RESTRUKTURISASI KURIKULUM SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MUTU AKADEMIK DI PRODI S2 PENDIDIKAN SAINS PASCASARJANA UNESA Litabmas
69 2023 PENGEMBANGAN MODUL AJAR MATA KULIAH ESENSIAL BERBASIS TPACK DI PRODI S2 PENDIDIKAN SAINS FMIPA UNESA Litabmas
70 2022 RESTRUKTURISASI KURIKULUM SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MUTU AKADEMIK DI PRODI S2 PENDIDIKAN SAINS PASCASARJANA UNESA Litabmas
71 2013 Pengembangan Kurikulum IPA SD yang Mengintegrasikan Teknik Mitigasi dan Sikap Tanggap Bencana Untuk Sekolah di Wilayah Pesisir Jawa Timur Litabmas
72 2022 RESTRUKTURISASI KURIKULUM SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MUTU AKADEMIK DI PRODI S2 PENDIDIKAN SAINS PASCASARJANA UNESA Litabmas
73 2023 PENGEMBANGAN PROJECT STEAM BERBASIS ESD DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN MASALAH BAGI MAHASISWA CALON GURU IPA DI INDONESIA Litabmas
74 2023 PENGEMBANGAN MODUL AJAR MATA KULIAH ESENSIAL BERBASIS TPACK DI PRODI S2 PENDIDIKAN SAINS FMIPA UNESA Litabmas
75 2022 PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA FLIP BOOK INTERAKTIF DALAM MENGEMBANGKAN LITERASI SAINS BAGI GURU IPA SMP DI KABUPATEN LAMONGAN Litabmas
76 2023 PELATIHAN PENYUSUNAN BAHAN AJAR BERBASIS TPACK BAGI GURU-GURU IPA DI MALAYSIA Litabmas
77 2022 ANALISIS LITERASI PERUBAHAN IKLIM DAN KESADARAN IKLIM (CLIMATE AWARENESS) BAGI MAHASISWA CALON GURU IPA DI INDONESIA Litabmas
78 2022 RESTRUKTURISASI KURIKULUM SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MUTU AKADEMIK DI PRODI S2 PENDIDIKAN SAINS PASCASARJANA UNESA Litabmas
79 2021 PELATIHAN PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA BERBASIS ESD PADA MATERI PERUBAHAN IKLIM UNTUK MENINGKATKAN LITERASI LINGKUNGAN GURU IPA SMP DI KABUPATEN NGANJUK Litabmas
80 2021 PEMETAAN PROFIL TESIS MAHASISWA S2 PRODI PENDIDIKAN SAINS SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KINERJA PENELITIAN DAN PUBLIKASI Litabmas
81 2020 PEMBUATAN BILIK STERILISASI SEDERHANA BERBASIS SENSOR SEBAGAI UPAYA MEREDUKSI PENYEBARAN COVID-19 DI PASCA UNESA Litabmas
82 2020 LITERASI SAINS MAHASISWA PASCA DITINJAU DARI KEMAMPUAN MENYELESAIKAN MASALAH LINGKUNGAN BERBASIS ISU COVID 19 Litabmas
83 2019 PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN IPBA BERBASIS SDGS (SUSTAINABLE DEVELOPMENT GOALS) DALAM MEMBANGUN LITERASI SAINS KEBUMIAN DI INDONESIA Litabmas
84 2019 OPTIMALISASI PEMBELAJARAN IPBA BERBASIS FIELD BASED APPROACH (FBA) UNTUK MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN RISET MAHASISWA FISIKA DI BIDANG GEOSAINS Litabmas
85 2019 PELATIHAN PEMBELAJARAN BERBASIS STEM DALAM MELATIHKAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN MASLAAH BAGI GURU-GURU IPA SMP DI KABUPATEN MAGETAN Litabmas
86 2017 Pengembangan Model Simulasi Gunungapi sebagai Media Virtual untuk Meningkatkan Keterampilan Memprediksi Mahasiswa Calon Guru Fisika Litabmas
87 2013 Pengembangan Kurikulum IPA SD yang Mengintegrasikan Teknik Mitigasi dan Sikap Tanggap Bencana Untuk Sekolah di Wilayah Pesisir Jawa Timur Litabmas
88 2022 RESTRUKTURISASI KURIKULUM SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MUTU AKADEMIK DI PRODI S2 PENDIDIKAN SAINS PASCASARJANA UNESA Litabmas
89 2022 ANALISIS LITERASI PERUBAHAN IKLIM DAN KESADARAN IKLIM (CLIMATE AWARENESS) BAGI MAHASISWA CALON GURU IPA DI INDONESIA Litabmas
90 2021 PELATIHAN PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA BERBASIS ESD PADA MATERI PERUBAHAN IKLIM UNTUK MENINGKATKAN LITERASI LINGKUNGAN GURU IPA SMP DI KABUPATEN NGANJUK Litabmas
91 2022 RESTRUKTURISASI KURIKULUM SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MUTU AKADEMIK DI PRODI S2 PENDIDIKAN SAINS PASCASARJANA UNESA Litabmas
92 2022 RESTRUKTURISASI KURIKULUM SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MUTU AKADEMIK DI PRODI S2 PENDIDIKAN SAINS PASCASARJANA UNESA Litabmas
93 2023 PENGEMBANGAN PROJECT STEAM BERBASIS ESD DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN MASALAH BAGI MAHASISWA CALON GURU IPA DI INDONESIA Litabmas
94 2023 PENGEMBANGAN MODUL AJAR MATA KULIAH ESENSIAL BERBASIS TPACK DI PRODI S2 PENDIDIKAN SAINS FMIPA UNESA Litabmas
95 2022 PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA FLIP BOOK INTERAKTIF DALAM MENGEMBANGKAN LITERASI SAINS BAGI GURU IPA SMP DI KABUPATEN LAMONGAN Litabmas
96 2022 RESTRUKTURISASI KURIKULUM SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MUTU AKADEMIK DI PRODI S2 PENDIDIKAN SAINS PASCASARJANA UNESA Litabmas
97 2022 RESTRUKTURISASI KURIKULUM SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MUTU AKADEMIK DI PRODI S2 PENDIDIKAN SAINS PASCASARJANA UNESA Litabmas
98 2022 RESTRUKTURISASI KURIKULUM SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MUTU AKADEMIK DI PRODI S2 PENDIDIKAN SAINS PASCASARJANA UNESA Litabmas
99 2021 PELATIHAN PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA BERBASIS ESD PADA MATERI PERUBAHAN IKLIM UNTUK MENINGKATKAN LITERASI LINGKUNGAN GURU IPA SMP DI KABUPATEN NGANJUK Litabmas
100 2023 PELATIHAN PENYUSUNAN BAHAN AJAR BERBASIS TPACK BAGI GURU-GURU IPA DI MALAYSIA Litabmas
101 2022 ANALISIS LITERASI PERUBAHAN IKLIM DAN KESADARAN IKLIM (CLIMATE AWARENESS) BAGI MAHASISWA CALON GURU IPA DI INDONESIA Litabmas
102 2022 RESTRUKTURISASI KURIKULUM SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MUTU AKADEMIK DI PRODI S2 PENDIDIKAN SAINS PASCASARJANA UNESA Litabmas
103 2021 PEMETAAN PROFIL TESIS MAHASISWA S2 PRODI PENDIDIKAN SAINS SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KINERJA PENELITIAN DAN PUBLIKASI Litabmas
104 2020 PEMBUATAN BILIK STERILISASI SEDERHANA BERBASIS SENSOR SEBAGAI UPAYA MEREDUKSI PENYEBARAN COVID-19 DI PASCA UNESA Litabmas
105 2020 LITERASI SAINS MAHASISWA PASCA DITINJAU DARI KEMAMPUAN MENYELESAIKAN MASALAH LINGKUNGAN BERBASIS ISU COVID 19 Litabmas
106 2019 PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN IPBA BERBASIS SDGS (SUSTAINABLE DEVELOPMENT GOALS) DALAM MEMBANGUN LITERASI SAINS KEBUMIAN DI INDONESIA Litabmas
107 2019 PELATIHAN PEMBELAJARAN BERBASIS STEM DALAM MELATIHKAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN MASLAAH BAGI GURU-GURU IPA SMP DI KABUPATEN MAGETAN Litabmas
108 2017 Pengembangan Model Simulasi Gunungapi sebagai Media Virtual untuk Meningkatkan Keterampilan Memprediksi Mahasiswa Calon Guru Fisika Litabmas
109 2013 Pengembangan Kurikulum IPA SD yang Mengintegrasikan Teknik Mitigasi dan Sikap Tanggap Bencana Untuk Sekolah di Wilayah Pesisir Jawa Timur Litabmas

Data Penelitian Dari Non Litabmas

No. Tahun Judul Sumber Dana
1 2024 S.E.E.D (Sustainability. Exploration. Education. Discovery) Program” Melalui Hybrid Inquiry-Based Learning (IBL) untuk Menumbuhkan Keterampilan High Order Thinking Skill (HOTS) Berbasis Pembelajaran STEAM Berkelanjutan
2 2024 Respon Kesadaran Literasi Iklim Mahasiswa Calon Guru Fisika sebagai Pendukung Education for Sustainable Development (ESD) Indonesia
3 2024 Pengembangan Buku Ajar Sains Edupreneurship sebagai Sarana Peningkatan Kualitas Perkuliahan di Program Studi S2 Pendidikan IPA FMIPA Unesa
4 2022 Restrukturisasi Kurikulum Sebagai Upaya Meningkatkan Mutu Akademik di Prodi S2 Pendidikan Sains Pascasarjana Unesa
5 2022 Analisis Literasi Perubahan Iklim dan Kesadaran Iklim (Climate Awareness) Bagi Mahasiswa Calon Guru IPA di Indonesia
6 2022 Kontribusi SDGs dalam Pendidikan Mitigasi Bencana Tsunami di Indonesia
7 2020 MODEL MobLen DALAM PERKULIAHAN IPA TERPADU UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS ILMIAH MAHASISWA: SEBUAH ALTERNATIF KULIAH ONLINE DI ERA PANDEMI COVID-19
8 2023 PENGEMBANGAN PROJECT STEAM BERBASIS ESD DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN MASALAH BAGI MAHASISWA CALON GURU IPA DI INDONESIA
9 2024 Pengembangan Perangkat Pembelajaran pada Matakuliah Sains Edupreneurship Prodi S2 IPA sebagai Pendukung Implementasi Model Pembelajaran PjBL dan Penanaman Jiwa Kewirausahaan
10 2024 ANALISIS TREN DAN DAMPAK IMPLEMENTASI CHATGPT DALAM PENDIDIKAN FISIKA
11 2021 EFEKTIVITAS PERANGKAT PEMBELAJARAN INTEGRASI LITERASI, KARAKTER DAN KOMPETENSI 4C (CRITICAL THINKING, CREATIVITY, COLLABORATION, AND COMMUNICATION) SEBAGAI BENTUK ROLE MODEL PENGEMBANGAN PERANGKAT MAHASISWA PENDIDIKAN SAINS UNESA DI ERA PANDEMI COVID-19
12 2021 Implementasi Project Based Inquiry Science (PjBI-Science) dengan Memanfaatkan Google Workspace For Education Pada Pembelajaran Fisika
13 2023 Kesadaran dan Literasi Iklim Masyarakat dalam Menghadapi Bencana Akibat Perubahan Iklim: Studi Fenomenologi untuk Mendukung SDGs
14 2022 Pembelajaran Proyek Mitigasi Bencana berbasis SSI-STEAM (Socio Scientific Issues-Science Technology Engineering Art Mathematics) untuk meningkatkan Kemampuan Literasi Iklim
15 2023 PENGEMBANGAN MODUL AJAR MATA KULIAH ESENSIAL BERBASIS TPACK DI PRODI S2 PENDIDIKAN SAINS FMIPA UNESA
16 2021 PEMETAAN PROFIL TESIS MAHASISWA S2 PRODI PENDIDIKAN SAINS SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KINERJA PENELITIAN DAN PUBLIKASI
17 2020 LITERASI SAINS MAHASISWA PASCA DITINJAU DARI KEMAMPUAN MENYELESAIKAN MASALAH LINGKUNGAN BERBASIS ISU COVID 19

Pengabdian Kepada Masyarakat

No Tahun Judul Pengabdian Sumber Pendanaan
1 2022 PEMBELAJARAN STEAM TERINTEGRASI MITIGASI BENCANA ALAM DALAM KURIKULUM MERDEKA BELAJAR
2 2024 Pendampingan Penulisan Ilmiah Berbasis Small Scale Research Berbantuan Artificial Intelligence (AI) Bagi Guru IPA SMP di Kota Blitar
3 2024 Pelatihan Penyusunan Rencana Pembelajaran Proyek STEM dalam Materi Perubahan Iklim pada Penerapan Pendidikan untuk Pembangunan Berkelanjutan di Sekolah
4 2021 PELATIHAN PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA BERBASIS ESD PADA MATERI PERUBAHAN IKLIM UNTUK MENINGKATKAN LITERASI LINGKUNGAN GURU IPA SMP DI KABUPATEN NGANJUK
5 2021 PEMBERDAYAAN KARANGTARUNA DAN BUMDES MELALUI USAHA PENGELOLAAN SAMPAH UNTUK PENINGKATAN EKONOMI MASYARAKAT
6 2022 Pelatihan Pembuatan Media Flip Book Interaktif dalam Mengembangkan Literasi Sains Bagi Guru IPA SMP di Kabupaten Lamongan
7 2023 Penerapan Teknologi Pengolahan Sampah Berbasis Masyarakat di RW IV Kelurahan Tenggilis Mejoyo Dalam Mewujudkan Kota Surabaya Yang Maju, Humanis dan Berkelanjutan
8 2024 PELATIHAN PEMBELAJARAN SAINS INOVATIF BERBASIS STEAM-ESD DALAM MENDUKUNG PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN BAGI GURU-GURU SANGGAR BELAJAR DI MALAYSIA
9 2020 Pemanfaatan tanaman Piper betle (Sirih) sebagai disinfektan keluarga di Kampung Tua Dinoyo Surabaya
10 2021 Pelatihan Pembuatan Alat Deteksi Retakan Tanah Sederhana Sebagai Media Pembelajaran Guru di Sawahan, Nganjuk
11 2023 Pelatihan KIR dan Penggunaan alat peraga IPA sederhana bagi guru dan siswa MTs YKUI Maskumabang
12 2020 Pembuatan Bilik Sterilisasi Sederhana Berbasis Sensor Sebagai Upaya Mereduksi Penyebaran Covid-19 di Pasca Unesa
13 2023 PELATIHAN PENYUSUNAN BAHAN AJAR BERBASIS TPACK BAGI GURU-GURU IPA DI MALAYSIA

Publikasi Jurnal

No Judul Artikel Ilmiah Nama Jurnal Volume/Nomor/Tahun
1 The effectiveness of volcanology learning through inquiry based on education for sustainable development (Esd) Journal of Science Education 20 /-/2019
2 Tsunami mitigation – online learning effectiveness by using ombak learning model Science of Tsunami Hazards 40 /-/2021
3 Tsunami faulting model analysis for the 30 october 2020 normal earthquake occurred in Izmir-Turkey Science of Tsunami Hazards 40 /-/2021
4 Learning Management System (LMS) Research During 1991–2021: How Technology Affects Education International Journal of Emerging Technologies in Learning 17 /-/2022
5 ANALYZE THE MECHANISM OF TSUNAMI BASED ON THE SCOPUS DATABASE Science of Tsunami Hazards 41 /-/2022
6 RESEARCH PROFILE OF CLIMATE CHANGE AND TSUNAMI MITIGATION: EFFORTS TO REALIZE SDGS 11 AND 13 Science of Tsunami Hazards 41 /-/2022
7 CONTRIBUTION OF SDGS IN TSUNAMI DISASTER PREPAREDNESS EDUCATION IN INDONESIA Science of Tsunami Hazards 41 /-/2022
8 RESEARCH TRENDS ON LIQUEFACTION IN 2011-2021: A REVIEW AND BIBLIOMETRIC ANALYSIS Science of Tsunami Hazards 41 /-/2022
9 Designing a prototype of a waterproof doorbell motion sensor: an exemplification in STEAM learning World Transactions on Engineering and Technology Education 20 /-/2022
10 GLOBAL RESEARCH ON TSUNAMI EDUCATION AND TSUNAMI MITIGATION: A BIBLIOMETRIC ANALYSIS Science of Tsunami Hazards 41 /-/2022
11 PROFILE OF TSUNAMI EARLY WARNING SYSTEM FOR DISABILITIES: A MANIFESTATION OF THE INDONESIAN’S NATIONAL CONGRESS IN DISASTER MANAGEMENT Science of Tsunami Hazards 42 /-/2023
12 Designing Vertical Axis Wind Turbine Prototype as Future Renewable Energy Source in STEAM Learning TEM Journal 12 /-/2023
13 DEVELOPMENT OF DYE-SENSITIZED SOLAR CELLS STEAM LEARNING PROTOTYPE FOR SUPPORTING EDUCATIONAL FOR SUSTAINABLE DEVELOPMENT EUREKA, Physics and Engineering 2023 /-/2023
14 Development of Affordable Pendulum and Collision Prop as Media in Science Learning TEM Journal 12 /-/2023
15 Online discussion in improving argumentation skills during last decade: A review International Journal of Evaluation and Research in Education 12 /-/2023
16 ENGKLEK GAME ETHNOSCIENCE-BASED LEARNING MATERIAL (EGEBLM) TO IMPROVE STUDENTS’ CONCEPTUAL UNDERSTANDING AND LEARNING MOTIVATION Jurnal Pendidikan IPA Indonesia 12 /-/2023
17 Water and Sustainable Development: Implementation and Impact of Eco-Enzyme Flushing Program in Green Universities International Journal of Sustainable Development and Planning 19 /-/2024
18 Renewable Energy Learning Project in Physics Classroom: Achieving Education for Sustainable Development TEM Journal 13 /-/2024
19 Enhancing decision-making skills through geoscience education for sustainable development International Journal of Evaluation and Research in Education 13 /-/2024
20 Web-Based Module on Biotechnology: Fostering Preservice Science Teachers’ Eco-literacy Skills - /-/0
21 Implementation of Multi-representation Learning on Climate Change Integrated Dynamic Fluid to Improve Student’s Problem-Solving Skills Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika 10 (1), 44-55, 0 - /-/0
22 PENGEMBANGAN ALAT PERAGA ALARM GEMPA BUMI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATERI GELOMBANG KELAS XI DI SMA NEGERI 1 PANGGUL, TRENGGALEK - /-/0
23 PENGARUH PENERAPAN MOTIVASI DENGAN MENGGUNAKAN METODE INDEX CARD MATCH (MENCARI PASANGAN KARTU) DALAM MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA … - /-/0
24 Designing a prototype of a waterproof doorbell motion sensor: an exemplification in STEAM learning - /-/0
25 Penerapan Model Pembelajaran Modified Free Inquiry Berbasis Ecopreneurship untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik pada Materi Teori Kinetik Gas - /-/0
26 Bibliometric Analysis of Multi Representation Based on Problem-Solving Skills Using VOSviewer Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika 9 (3), 274-284 - /-/0
27 Bibliometric Analysis of Multi Representation Based on Problem-Solving Skills Using VOSviewer Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika 9 (3), 274-284, 0 - /-/0
28 S, L.(2018). The Characteristics of Volcanic Eruption in Indonesia. Volcanoes-Geological and Geophysical Setting, Theoretical Aspects and Numerical Modeling, Applications to … - /-/0
29 S., Misbah, & Asy’ari, M.(2021). Critical thinking skills on physics learning during covid-19 pandemic: A bibliometric analysis using VOSViewer Journal of Physics: Conference Series 2110 (1), 012020, 0 - /-/0
30 Analisis Desain Bangunan Pemukiman Warga Sekitar Gunung Kelud di Desa Sugihwaras Sebagai Bentuk Mitigasi Bencana Erupsi - /-/0
31 PENELITIAN PENUGASAN PASCA - /-/0
32 Upaya Untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik SMA Pada Masa Pandemic COVID-19 Melalui Media Pembelajaran Software Simulasi Gunungapi - /-/0
33 Journal of Tsunami Society International - /-/0
34 Analisis Minat dan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas XI Pada Materi Gelombang Dimasa Pandemi Covid-19 - /-/0
35 Profile of Physics E-learning Activities During The Covid-19 Pandemic: Voices from High School Students and Teachers Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika 10 (2), 225-239, 0 - /-/0
36 ANALYSIS OF SCIENCE LITERATURE CAPABILITIES OF HIGH SCHOOL STUDENTS IN PHYSICS LEARNING DURING THE COVID-19 PANDEMIC ON STRAIGHT MOTION KINEMATICS MATERIALS - /-/0
37 Analisis Desain Bangunan Pemukiman Warga Sekitar Gunung Kelud di Desa Sugihwaras Sebagai Bentuk Mitigasi Bencana Erupsi - /-/0
38 PEMANFAATAN PASIR LAVA GUNUNG KELUD SEBAGAI BAHAN PENJERNIH AIR - /-/0
39 Contribution of Science Writing Heuristics to students' argumentation skills in learning science Reimagining Innovation in Education and Social Sciences, 389-396, 0 - /-/0
40 Madlazim, & Mahtari, S.(2022). Analysis of the Top 100 Cited Publications in Earthquake Research During 1991 to 2021 Journal of Tsunami Society Internasional 41 (1), 77-94, 0 - /-/0
41 Seminar Nasional Fisika (SNF) 2018 - /-/0
42 PENGARUH PENERAPAN MOTIVASI DENGAN MENGGUNAKAN METODE INDEX CARD MATCH (MENCARI PASANGAN KARTU) DALAM MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KALOR DI KELAS X DI SMA NEGERI 1 PACIRAN Inovasi Pendidikan Fisika 1 (1) - /-/2012
43 PENGARUH PENERAPAN MOTIVASI DENGAN MENGGUNAKAN METODE INDEX CARD MATCH (MENCARI PASANGAN KARTU) DALAM MODEL PEMBELAJA... Inovasi Pendidikan Fisika 1 (1) - /-/2012
44 Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Yang Mengintegrasikan Keterampilan Time Token Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Xi SMA Khadijah Sura... Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika: FMIPA, UNESA - /-/2012
45 PENGARUH PENERAPAN MOTIVASI DENGAN MENGGUNAKAN METODE INDEX CARD MATCH (MENCARI PASANGAN KARTU) DALAM MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA … Inovasi Pendidikan Fisika 1 (1) - /-/2012
46 Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Yang Mengintegrasikan Keterampilan Time Token Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Xi SMA Khadijah Surabaya Pada Materi Pokok … Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika: FMIPA, UNESA - /-/2012
47 Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Yang Mengintegrasikan Keterampilan Time Token Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Xi SMA Khadijah Surabaya Pada Materi Pokok Fisika Fluida Statik Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika: FMIPA, UNESA - /-/2012
48 PENGARUH PENERAPAN MOTIVASI DENGAN MENGGUNAKAN METODE INDEX CARD MATCH (MENCARI PASANGAN KARTU) DALAM MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA … Inovasi Pendidikan Fisika 1 (1), 2012 - /-/2012
49 Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD yang Mengintegrasikan Keterampilan Time Token terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMA Khadijah Surabaya pada Materi Pokok … Jurnal FMIPA Unesa Surabaya, 2012 - /-/2012
50 Integrasi peristiwa gempa bumi dan teknik mitigasi dalam diktat gejala gelombang Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika 2 (3), 167-173, 2013 - /-/2013
51 Pengembangan Alat Peraga Alarm Gempa Bumi Sebagai Media Pembelajaran Materi Gelombang Kelas XI di SMA Negeri 1 Panggul, Trenggalek Jurnal Pendidikan Inovasi Fisika, 2013 - /-/2013
52 Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Yang Mengintegrasikan Keterampilan Time Token Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Xi SMA Khadijah Surabaya Pada Materi Pokok … Inovasi Pendidikan Fisika 2 (1), 2013 - /-/2013
53 The Effectiveness of Volcanology Learning Through Inquiry Based on Education for Sustainable Development (Esd) Science, 23 - /-/2013
54 PENGARUH PENERAPAN MOTIVASI DENGAN MENGGUNAKAN METODE INDEX CARD MATCH (MENCARI PASANGAN KARTU) DALAM MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA … - /-/2013
55 PENGEMBANGAN ALAT PERAGA ALARM GEMPA BUMI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATERI GELOMBANG KELAS XI DI SMA NEGERI 1 PANGGUL, TRE... Inovasi Pendidikan Fisika 2 (3) - /-/2013
56 Joko Tingkir program for estimating tsunami potential rapidly AIP Conference Proceedings 1617 (1), 57-59, 2014 - /-/2014
57 Implementations of Science Curriculum Models for Elementary Schools with Integration Mitigation and Disaster Management for Students At Coastal Area of East Java International Journal of Education and Research 3, 149-156, 2015 - /-/2015
58 Volcanic eruption crisis and the challenges of geoscience education in Indonesia MSCEIS 2015 1708, 080001-080004, 2016 - /-/2016
59 Madlazim. Volcanic eruption crisis and the challenges of geoscience education in Indonesia AIP Conference Proceedings 1708, 080004, 2016 - /-/2016
60 VLP Simulation: An Interactive Simple Virtual Model to Encourage Geoscience Skill about Volcano Journal of Physics: Conference Series 895 (1), 012142, 2017 - /-/2017
61 Product and Process Performance Improvement of Candidate Physics Teachers by Implementation of an Integrated Learning Strategy Advanced Science Letters 23 (12), 11952-11955, 2017 - /-/2017
62 Kontribusi Sains (Fisika) dalam Melestarikan Budaya Seni Musik Tradisional di Indonesia OSF Preprints, 2018 - /-/2018
63 Pengembangan Program Volcano Learning Project (VLP) dalam Pembelajaran Geosains Bagi Mahasiswa Calon Guru Fisika Universitas Pendidikan Indonesia, 2018 - /-/2018
64 Disaster mitigation model of eruption based on local wisdom in Indonesia Natural Hazards: Risk Assessment and Vulnerability Reduction, 149-167, 2018 - /-/2018
65 Designing geoscience learning for sustainable development: A professional competency assessment for postgraduate students in science education program Jurnal Penelitian Fisika Dan Aplikasinya (JPFA) 8 (2), 61-70, 2018 - /-/2018
66 PEMANFAATAN PASIR LAVA GUNUNG KELUD SEBAGAI BAHAN PENJERNIH AIR Prosiding Semnas PPM 2018 1 (1), 1191-1201, 2018 - /-/2018
67 Strengthening Geoscience Conceptions and Research Skills through Field Work International Conference on Science and Technology (ICST 2018), 495-499, 2018 - /-/2018
68 The Characteristics of Volcanic Eruption in Indonesia. Volcanoes-Geological and Geophysical Setting, Theoretical Aspects and Numerical Modeling, Applications to Industry and … - /-/2018
69 The characteristics of volcanic eruption in Indonesia Volcanoes: Geological and Geophysical Setting, Theoretical Aspects and …, 2018 - /-/2018
70 ECOPRENEURSHIP ON PROJECT-BASED LEARNING (PBL): AN APPROACH TO INCREASE LEARNING RESPONSE IN PHYSICS Inovasi Pendidikan Fisika 8 (2), 2019 - /-/2019
71 Development of OrSAEv model learning materials to strengthen the characters of tsunami disaster mitigation for Middle School Students (Preliminary Study) journal of physics: Conference series 1417 (1), 012082, 2019 - /-/2019
72 Peningkatan literasi sains siswa dengan menggunakan model pembelajaran guided inquiry Inovasi Pendidikan Fisika 8 (02), 682-685, 2019 - /-/2019
73 Penerapan Model Pembelajaran Modified Free Inquiry Berbasis Ecopreneurship untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik pada Materi Teori Kinetik Gas Inovasi Pendidikan Fisika 8 (2), 2019 - /-/2019
74 Science teacher’s conception about importance of Geoscience learning: A case study of junior high schools in Surabaya Indonesia Journal of Physics: Conference Series 1417 (1), 012090, 2019 - /-/2019
75 The effectiveness of volcanology learning through inquiry based on education for sustainable development Journal of Science Education 20 (2), 2019 - /-/2019
76 ECOPRENEURSHIP ON PROJECT-BASED LEARING (PBL): AN APPROACH TO INCREASE LEARNING RESPONSE IN PHYSICS Inovasi Pendidikan Fisika 8 (02), 761-765, 2019 - /-/2019
77 Development of OrSAEv Model Learning Materials to Improve Tsunami Disaster Mitigation Skills (Preliminary Study) - /-/2019
78 THE SIMPLE PRACTICUM KIT TO IMPROVE UNDERSTANDING OF THE STUDENT’S CONCEPT DYNAMIC ELECTRICITY Inovasi Pendidikan Fisika 8 (2), 2019 - /-/2019
79 Development of The OrSAEv Learning Materials: Preliminary Study of Student’s Knowledge about Earthquake and Tsunami Mitigation Journal of Physics: Conference Series 1417 (1), 012083, 2019 - /-/2019
80 Student response to the implementation of an ecopreneurship based modified free inquiry model on physics learning Inovasi Pendidikan Fisika 8 (2), 696-699, 2019 - /-/2019
81 Profil Penguasaan Konsep Siswa pada Sub Materi Gerak Jatuh Bebas dengan Menggunakan Four Tier Diagnostic Test Inovasi Pendidikan Fisika 8 (2), 618-622, 2019 - /-/2019
82 Fostering prospective physics teachers’ creativity in analysing education for sustainable development based curricula Journal of Physics: Conference Series 1417 (1), 012086, 2019 - /-/2019
83 Volcano project design: Innovation in geoscience learning Prisma Sains: Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran Matematika dan IPA …, 2020 - /-/2020
84 The Impact of Environmental Based Physics Learning on Students' Concept and Ecopreneurship Management - /-/2020
85 SETS VISION: HOW TO DEVELOP STUDENTS’CLIMATE LITERACY THROUGH PHYSICS LEARNING? Inovasi Pendidikan Fisika 9 (2), 2020 - /-/2020
86 4th International Conference on Geoscience - /-/2020
87 Ecopreneurship-Oriented Project-Based Learning (PBL): An Approach to Enhance Students’ Problem-Solving Skill Journal of Physics: Conference Series 1491 (1), 012025, 2020 - /-/2020
88 Efektifitas Pembelajaran Fisika Terintegrasi Dengan Aksi Iklim Pada Prinsip Sdgs (Sustainable Development Goals) Dalam Meningkatakan Karakter Peduli Lingkungan Inovasi Pendidikan Fisika 9 (3), 349-355, 2020 - /-/2020
89 STUDENTS’RESPONSES TO THE IM INTEGRATED WITH VOLCANIC DI - /-/2020
90 The Implementation of Argument Driven Inquiry (ADI) Learning Model to Improve Scientific Argumentation Skills of High School Student MISEIC 2020 - /-/2020
91 Upaya Untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Sma Pada Masa Pandemic Covid-19 Melalui Media Pembelajaran Software Simulasi Gunungapi Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika 9 (3), 400-409, 2020 - /-/2020
92 The Impact of Environmental Based Physics Learning on Students' Concept Mastery and Ecopreneurship Management Prisma Sains: Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran Matematika dan IPA …, 2020 - /-/2020
93 The students’ voice of volcanology in education for sustainable development context Journal of Physics: Conference Series 1491 (1), 012032, 2020 - /-/2020
94 Physics student’s research skills performance: A field-based approach in geoscience learning Journal of Physics: Conference Series 1491 (1), 012003, 2020 - /-/2020
95 Sets Vision: How To Develop Students’ climate Literacy Through Physics Learning Inovasi Pendidikan Fisika 9 (2), 2020 - /-/2020
96 ESD for physics: how to infuse ESD to the physics curricula MISEIC 2020, 2020 - /-/2020
97 Application of POE (predict-observe-explain) learning strategies to reduce students’ misconceptions in science subjects in elementary school International Journal of Innovative Science and Research Technology 5 (7 …, 2020 - /-/2020
98 Analisis minat dan motivasi belajar peserta didik kelas XI pada materi gelombang dimasa pandemi covid-19 IPF: Inovasi Pendidikan Fisika 10 (2), 28-38, 2021 - /-/2021
99 Analysis of temperature and relative humidity towards the dispersion of covid-19 in indonesia Journal of Physics: Conference Series 1747 (1), 012030, 2021 - /-/2021
100 MobLen Model for Enhancing Scientific Creativity of Physics Students: An Alternative in the Covid-19 Pandemic Journal of Physics: Conference Series 1805 (1), 012006, 2021 - /-/2021
101 The effectiveness of online based physics learning in the covid-19 pandemic period on the material of work and energy PENDIPA Journal of Science Education 5 (3), 451-458, 2021 - /-/2021
102 Profile of Implementation Direct Instruction and Physics Problem Solving Skills of Senior High School Students Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika 5 (3), 292-304, 2021 - /-/2021
103 The implementation of Argument Driven Inquiry (ADI) learning model to improve scientific argumentation skills of high school students Journal of Physics: Conference Series 1747 (1), 012046, 2021 - /-/2021
104 Bibliometric Analysis of Multi Representation Based on Problem-Solving Skills Using VOSviewer Berkala Ilmiah, 2021 - /-/2021
105 Research trends on ethnoscience based learning through bibliometric analysis: Contributed to physics learning Journal of Physics: Conference Series 2110 (1), 012026, 2021 - /-/2021
106 Critical thinking skills on physics learning during COVID-19 pandemic: A bibliometric analysis using VOSViewer Journal of Physics: Conference Series 2110 (1), 012020, 2021 - /-/2021
107 The Analysis Critical-Thinking Skills of Junior High School Students on Geoscience IJORER: International Journal of Recent Educational Research 2 (3), 293-304, 2021 - /-/2021
108 The Effectiveness of Science Learning Tools Based on Education Sustainable Development (ESD) to Improve Problem-Solving Skills IJORER: International Journal of Recent Educational Research 2 (3), 342-353, 2021 - /-/2021
109 Students’ understanding in airborne transmission of SARS-CoV-2 by dynamic fluid perspective using Structure of Observed Learning Outcomes (SOLO) taxonomy Gravity: Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Fisika 7 (2), 2021 - /-/2021
110 TSUNAMI MITIGATION-ONLINE LEARNING EFFECTIVENESS BY USING OMBAK LEARNING MODEL. Science of Tsunami Hazards 40 (2), 2021 - /-/2021
111 The Voices of Students About Climate Change: A Preliminary Research International Joint Conference on Science and Engineering 2021 (IJCSE 2021 …, 2021 - /-/2021
112 Analysis on Climate Literacy Capacity of Level XI High School Students in Surabaya Prisma Sains: Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran Matematika dan IPA …, 2021 - /-/2021
113 COMPARATIVE STUDY OF EFFECTIVENESS BETWEEN INQUIRY LAB AND GUIDED INQUIRY LEARNING MODELS TO IMPROVE STUDENTS’HIGHER ORDER THINKING SKILLS JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains), 12-26, 2021 - /-/2021
114 The Study of Postgraduate Students’ Scientific Literacy Based on the Ability to Solve the Environmental Problems International Joint Conference on Science and Engineering 2021 (IJCSE 2021 …, 2021 - /-/2021
115 Scientific literacy ability of junior high school students on static electricity and electricity in living things IJORER: International Journal of Recent Educational Research 2 (6), 700-708, 2021 - /-/2021
116 Geoscience literacy profile of junior high school students IJORER: International Journal of Recent Educational Research 2 (3), 305-315, 2021 - /-/2021
117 Bibliometric profile of science education research on argumentation and the contribution of Indonesia International Joint Conference on Science and Engineering 2021 (IJCSE 2021 …, 2021 - /-/2021
118 Pelatihan Pembuatan Alat Deteksi Retakan Tanah Sederhana bagi Guru di Sawahan, Nganjuk Prosiding Seminar Nasional Fisika (SNF) 5, 167-173, 2021 - /-/2021
119 TSUNAMI FAULTING MODEL ANALYSIS FOR THE 30 OCTOBER 2020 NORMAL EARTHQUAKE OCCURRED IN IZMIR-TURKEY - /-/2021
120 Using Toulmin’s Argument Pattern Approach to Identify Infodemics in the Covid-19 Pandemic Era Journal of Physics: Conference Series 1805 (1), 012011, 2021 - /-/2021
121 Profile of students’ scientific literacy in physics learning during COVID-19 pandemic Journal of Physics: Conference Series 2110 (1), 012031, 2021 - /-/2021
122 ESD for physics: how to infuse education for sustainable development (ESD) to the physics curricula? Journal of Physics: Conference Series 1747 (1), 012032, 2021 - /-/2021
123 A profile of scientific literacy of senior high school students on physics learning Journal of Physics: Conference Series 2110 (1), 012029, 2021 - /-/2021
124 A critical thinking skill profile of science education undergraduate student in basic physics Journal of Physics: Conference Series 2110 (1), 012030, 2021 - /-/2021
125 Profile of students’ creative thinking skills on global warming material: Gender perspective in physics learning Journal of Physics: Conference Series 2110 (1), 012028, 2021 - /-/2021
126 Profile of Junior High School Students' Constraints in Online Science Learning IJORER: International Journal of Recent Educational Research 2 (5), 557-564, 2021 - /-/2021
127 ANALYSIS OF SCIENCE LITERATURE CAPABILITIES OF HIGH SCHOOL STUDENTS IN PHYSICS LEARNING DURING THE COVID-19 PANDEMIC ON STRAIGHT MOTION KINEMATICS MATERIALS Inovasi Pendidikan Fisika 10 (2), 2021 - /-/2021
128 Profile of analytical thinking skills through inquiry-based learning in science subjects Studies in Learning and Teaching 2 (3), 45-60, 2021 - /-/2021
129 Profile of implementation direct ınstruction and physics problem solving skills of senior high school students Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika 5 (3), 292-304, 2021 - /-/2021
130 Penerapan experiential learning pada materi perubahan iklim untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis siswa Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual 7 (1), 134-144, 2022 - /-/2022
131 Pemanfaatan Terrarium Sederhana dengan Model Problem Based Learning untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Perubahan Iklim Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual 7 (2), 299-311, 2022 - /-/2022
132 Implementation of Multi-representation Learning on Climate Change Integrated Dynamic Fluid to Improve Student’s Problem-Solving Skills Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika 10 (1), 44, 2022 - /-/2022
133 Physics edutainment learning based on engklek and ontang-anting games: Creating fun physics for students Journal of Physics: Conference Series 2392 (1), 012023, 2022 - /-/2022
134 The Volcano Simulation Software Implementation in Integrated Physics Learning Disaster Mitigation to Develop Critical Thinking Skills Prisma Sains: Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran Matematika dan IPA …, 2022 - /-/2022
135 Research trends for masters of science education at the State University of Surabaya: Case studies The 8th SEA DR and the 2nd STEACH international Conference 2021, 2022 - /-/2022
136 RESEARCH PROFILE OF CLIMATE CHANGE AND TSUNAMI MITIGATION: EFFORTS TO REALIZE SDGS 11 AND 13. Science of Tsunami Hazards 41 (3), 2022 - /-/2022
137 The Development Research: Assessment Instruments of Science Literacy Based on Minimum Competency Assessment (AKM) Level 4th for Solar System Concepts Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika 8 (1), 115-124, 2022 - /-/2022
138 The use of STEM-integrated project-based learning models to improve learning outcomes of junior high school students Eighth Southeast Asia Design Research (SEA-DR) & the Second Science …, 2022 - /-/2022
139 CONTRIBUTION OF SDGS IN TSUNAMI DISASTER PREPAREDNESS EDUCATION IN INDONESIA. Science of Tsunami Hazards 41 (4), 2022 - /-/2022
140 The Study of Implementation SETS Approach to Improve Students' Critical Thinking Skills - /-/2022
141 Science Technology Engineering Arts Mathematics (STEAM) Approach for Learning Science in Junior High School Studies in Learning and Teaching 3 (1), 55-61, 2022 - /-/2022
142 RESEARCH TRENDS ON LIQUEFACTION IN 2011-2021: A REVIEW AND BIBLIOMETRIC ANALYSIS. Science of Tsunami Hazards 41 (3), 2022 - /-/2022
143 Learning Management System (LMS) Research During 1991-2021: How Technology Affects Education. International Journal of Emerging Technologies in Learning 17 (17), 2022 - /-/2022
144 Learning management system (LMS) research during 1991-2021: How technology affects education International Journal of Emerging Technologies in Learning (iJET) 17 (17), 28-49, 2022 - /-/2022
145 The study of implementation SETS approach to improve students’ critical thinking skills Eighth Southeast Asia Design Research (SEA-DR) & the Second Science …, 2022 - /-/2022
146 Profil of science literacy skill of junior high school student on energy materials in living systems in online learning AIP Conference Proceedings 2600 (1), 2022 - /-/2022
147 ANALYZE THE MECHANISM OF TSUNAMI BASED ON THE SCOPUS DATABASE. Science of Tsunami Hazards 41 (3), 2022 - /-/2022
148 Flood alarm prototype: A STEAM project to study physics and building students’ awareness of natural disasters Stud Learn Teach 3, 147-55, 2022 - /-/2022
149 ANALYSIS OF THE TOP 100 CITED PUBLICATIONS IN EARTHQUAKE RESEARCH DURING 1991 TO 2021. Science of Tsunami Hazards 41 (1), 2022 - /-/2022
150 The Development Research: Assessment Instruments Science Literacy Based on Minimum Competency Assessment (AKM) Level 4th Solar System Concepts Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika 8 (1), 115-124, 2022 - /-/2022
151 Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis video dengan model POE (Predict Observe Explain) untuk melatihkan keterampilan proses IPA siswa sekolah dasar Jurnal Basicedu 6 (1), 1232-1242, 2022 - /-/2022
152 Analisis miskonsepsi peserta didik sekolah menengah atas pada materi fisika PENDIPA Journal of Science Education 6 (1), 177-182, 2022 - /-/2022
153 Global research on tsunami education and tsunami mitigation: A bibliometric analysis. Science of Tsunami Hazards 41 (2), 2022 - /-/2022
154 Inspirasi Modul Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Melalui Pembelajaran STEAM Terintegrasi Mitigasi Bencana Alam dalam Kurikulum Merdeka Belajar Mitra Edukasi dan Publikasi, 2022 - /-/2022
155 Implementation of Problem Based Learning in VLP Software Assisted Volunte Physics Learning on Students’ Problem Solving Ability Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal …, 2022 - /-/2022
156 Trends Research and Publication of Master Students in Science Education Program Prisma Sains: Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran Matematika dan IPA …, 2022 - /-/2022
157 STEAM-integrated project based learning models: Alternative to improve 21st century skills Eighth Southeast Asia Design Research (SEA-DR) & the Second Science …, 2022 - /-/2022
158 Profile of physics e-learning activities during the COVID-19 pandemic: voices from high school students and teachers Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika 10 (2), 225-239, 2022 - /-/2022
159 Profile of Students’ Science Process Skills on Substance Pressure Material Eighth Southeast Asia Design Research (SEA-DR) & the Second Science …, 2022 - /-/2022
160 Development of STEAM-Based Rain Alarm Prototype Studies in Learning and Teaching 3 (2), 156-167, 2022 - /-/2022
161 Determining learning activities to promote scientific reasoning in science learning: A literature review IJORER: International Journal of Recent Educational Research 4 (3), 271-285, 2023 - /-/2023
162 Light Pollution Phenomenon: Prior Knowledge, Attitudes, and Awareness of Physics Undergraduate Students at State University of Surabaya Jurnal Penelitian Pendidikan IPA 9 (1), 149-153, 2023 - /-/2023
163 Exploration of The Magnetic Rocks Potential of Mount Penanggungan: A Study of Myth, History, and Its Implications for Educators and Mountaineers Journal of Geoscience, Engineering, Environment, and Technology 8 (2), 84-89, 2023 - /-/2023
164 Designing Vertical Axis Wind Turbine Prototype as Future Renewable Energy Source in STEAM Learning. TEM Journal 12 (1), 2023 - /-/2023
165 Profile of students' creative thinking skill for integrated physics environmental learning on climate change materials Journal of Environment and Sustainability Education 1 (2), 2023 - /-/2023
166 PROFILE OF TSUNAMI EARLY WARNING SYSTEM FOR DISABILITIES: A MANIFESTATION OF THE INDONESIAN'S NATIONAL CONGRESS IN DISASTER MANAGEMENT. Science of Tsunami Hazards 42 (3), 2023 - /-/2023
167 Scientific Mapping of Publication on Climate Change Education (CCE) using Bibliometric Analysis Journal of Law and Sustainable Development 11 (12), e1862-e1862, 2023 - /-/2023
168 Development of Affordable Pendulum and Collision Prop as Media in Science Learning TEM Journal 12 (4), 2064, 2023 - /-/2023
169 Morphological Identification of Rocks around Ranupani Village, Mount Semeru, Lumajang, East Java Journal of Physics: Conference Series 2623 (1), 012030, 2023 - /-/2023
170 Rancang Bangun Aplikasi Absensi Menggunakan Teknologi QR Code Untuk Meningkatkan Efektivitas Guru Dan Karyawan Berbasis Mobile Android Universitas Yudharta, 2023 - /-/2023
171 Designing Vertical Axis Wind Turbine Prototype as Future Renewable Energy Source in STEAM Learning - /-/2023
172 Research on Bibliometric Analysis of Toulmin's Argument Pattern (TAP) in Learning Physics in the Last Ten Years International Journal of Current Educational Research 2 (1), 66-79, 2023 - /-/2023
173 Geotourism: Ecological Geology for Global Warming Mitigation (Kayangan Api Bojonegoro) Studies in Philosophy of Science and Education 4 (3), 2023 - /-/2023
174 Development of Students’ Worksheet Through Guided Inquiry Model to Increase Science Process Skills in The Harmonic Vibration Subject IJORER: International Journal of Recent Educational Research 4 (4), 469-480, 2023 - /-/2023
175 Science Teaching Materials Based on Field Trips with Local Wisdom to Improve Elementary School Students' Critical Thinking International Journal of Current Educational Research 2 (2), 115-127, 2023 - /-/2023
176 Early geoscience literacy skills assessment based on TIMSS’S view AIP Conference Proceedings 2751 (1), 2023 - /-/2023
177 Prediction of El Niño La Niña & Indian Ocean Dipole Phenomena Using the ARIMA Model by Prospective Teachers in Indonesia Jurnal Penelitian Pendidikan IPA 9 (10), 8730-8744, 2023 - /-/2023
178 Online discussion in improving argumentation skills during last decade: A review International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE) 12 (4 …, 2023 - /-/2023
179 Contribution of Science Writing Heuristics to students' argumentation skills in learning science Reimagining Innovation in Education and Social Sciences, 389-396, 2023 - /-/2023
180 Implementation of ESD (Education for Sustainable Development) in Climate Change Learning: A Literature Review IJORER: International Journal of Recent Educational Research 4 (4), 399-415, 2023 - /-/2023
181 Penerapan PhET Simulations Pada Pembelajaran Fisika Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik SMA Kelas X Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pembelajaran 1 (2), 56-65, 2023 - /-/2023
182 Integration of independent learning and physics innovation in STEAM-based renewable energy education to improve critical thinking skills in the era of Society 5.0 for … E3S Web of Conferences 450, 01010, 2023 - /-/2023
183 Development of dye-sensitized solar cells STEAM learning prototype for supporting educational for sustainable development EUREKA: Physics and Engineering, 56-66, 2023 - /-/2023
184 Geotourism: Use of Environmentally Friendly Geological Wealth Studies in Philosophy of Science and Education 4 (3), 94-102, 2023 - /-/2023
185 Research trend of environmental education in science based on scopus database IJORER: International Journal of Recent Educational Research 4 (3), 296-308, 2023 - /-/2023
186 The pathway of digital learning environments in advancing Sustainable Development Goals (SDGs): A Bibliometric analysis covering three decades of research E3S Web of Conferences 450, 01005, 2023 - /-/2023
187 Integration of PJBL, STEAM, and Learning Tool Development in Improving Students' Critical Thinking Skills IJORER: International Journal of Recent Educational Research 4 (6), 808-818, 2023 - /-/2023
188 Profile of online integrated science learning in schools: An observational study AIP Conference Proceedings 2646 (1), 2023 - /-/2023
189 Engklek Games Ethnoscience-Based Learning Material (EGEBLM) to Improve Students’ Physics Concept Understanding and Learning Motivation Jurnal Pendidikan IPA Indonesia 12 (4), 2023 - /-/2023
190 Pelatihan pembuatan modul proyek pembelajaran steam (science, technology, engineering, art, and mathematics) terintegrasi mitigasi bencana alam dalam kurikulum merdeka belajar Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat 5 (2), 710-727, 2023 - /-/2023
191 Development of an integrated solar panel fan with STEAM AIP Conference Proceedings 3116 (1), 2024 - /-/2024
192 Utilisation of augmented reality technology in physics education: A bibliometric analysis and its impact on Sustainable Development Goals (SDGs) E3S Web of Conferences 513, 04006, 2024 - /-/2024
193 Metaverse: A Paradigm Shift in STEM Education for Science Learning Beyond the Review E3S Web of Conferences 482, 04004, 2024 - /-/2024
194 Integrated environmental education physics project to enhance student creativity Momentum: Physics Education Journal 8 (1), 75-83, 2024 - /-/2024
195 PENERAPAN MODEL PBL BERBASIS STEM MATERI PEMANASAN GLOBAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK Jurnal Eksplorasi Pendidikan 7 (6), 2024 - /-/2024
196 Pre-service science teacher’s perception toward climate change and climate awareness AIP Conference Proceedings 3106 (1), 2024 - /-/2024
197 Exploring Augmented Reality-Based Learning Media Implementation in Solar System Materials IJORER: International Journal of Recent Educational Research 5 (1), 29-41, 2024 - /-/2024
198 Analysis of High School Students’ Critical Thinking Skills Profile According to Ennis Indicators IJORER: International Journal of Recent Educational Research 5 (1), 157-167, 2024 - /-/2024
199 OPTIMALISASI AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL PeTeKa 7 (3), 316-328, 2024 - /-/2024
200 The sustainability awareness of students on ecological and biodiversity learning with STEAM project integrated ESD AIP Conference Proceedings 3116 (1), 2024 - /-/2024
201 3D MODEL’S ONLINE MODULES EFFECTIVENESS IN PRACTICING MASTERY OF SOLAR SYSTEM CONCEPTUAL KNOWLEDGE Turkish Online Journal of Distance Education 25 (3), 76-96, 2024 - /-/2024
202 Web-Based Module on Biotechnology: Fostering Preservice Science Teachers' Eco-Literacy Skills. International Journal of Educational Methodology 10 (1), 845-863, 2024 - /-/2024
203 Climate Change Education in Sustainable Physics Learning: Systematic Literature Review E3S Web of Conferences 482, 04003, 2024 - /-/2024
204 Development of generator windmills with dynamo torch as STEAM learning on energy conversion materials AIP Conference Proceedings 3116 (1), 2024 - /-/2024
205 Water and Sustainable Development: Implementation and Impact of Eco-Enzyme Flushing Program in Green Universities. International Journal of Sustainable Development & Planning 19 (2), 2024 - /-/2024
206 Exploring global dynamics of sustainable environmental sciences in climate change mitigation for sustainable development E3S Web of Conferences 513, 03014, 2024 - /-/2024
207 Design of LED kit prototype integrated ESP 8266 MCU mode and its implementation in physics-STEAM learning AIP Conference Proceedings 3116 (1), 2024 - /-/2024
208 Web-Based Module on Biotechnology: Fostering Preservice Science Teachers’ Eco-literacy Skills International Journal of Educational Methodology 10 (issue-1-february-2024 …, 2024 - /-/2024
209 The Science Education Students' Understanding About Global Climate Change Issues in Indonesia KnE Social Sciences, 819–828-819–828, 2024 - /-/2024
210 Culturally Responsive Teaching dalam Pembelajaran IPA: Analisis Soft Skills Peserta Didik SMPN 2 Lamongan INKUIRI: Jurnal Pendidikan IPA 13 (2), 139-150, 2024 - /-/2024
211 Bibliometric analysis of implementation Indonesian local wisdom in physics learning during 1986–2023 AIP Conference Proceedings 3116 (1), 2024 - /-/2024
212 PENGARUH PENDEKATAN CULTURALLY RESPONSIVE TEACHING TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR IPA SCIENCE: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika dan IPA 4 (2), 74-88, 2024 - /-/2024
213 Infusing Education for Sustainable Development into the Curriculum: Best Practice from Indonesia’s Science Curriculum Implementation Science Education for Sustainable Development in Asia, 141-157, 2024 - /-/2024
214 International Journal of Educational Methodology - /-/2024
215 PENINGKATAN BERPIKI KRITIS PESERTA DIDIK DENGAN PENERAPAN MODEL PBL BERBASIS ESD PADA MATERI PERUBAHAN IKLIM Jurnal Pendidikan Ilmiah Transformatif 8 (6), 2024 - /-/2024
216 Role of climate literacy in fostering climate change education, mitigation, and adaptation for sustainability: A bibliometric analysis AIP Conference Proceedings 3106 (1), 2024 - /-/2024

Karya Buku

No Judul Buku Tahun Jumlah Halaman Penerbit
1 Bagaimana menyusun kurikulum yang ideal? 2023 S2 Pendidikan Sains

Pemakalah Seminar Ilmiah

No Nama Temu ilmiah / Seminar Judul Artikel Ilmiah Waktu dan Tempat
1 AIP Conference Proceedings Joko Tingkir program for estimating tsunami potential rapidly 2014
2 AIP Conference Proceedings Volcanic eruption crisis and the challenges of geoscience education in Indonesia 2016
3 Journal of Physics: Conference Series VLP Simulation: An Interactive Simple Virtual Model to Encourage Geoscience Skill about Volcano 2017
4 Journal of Physics: Conference Series Development of OrSAEv Model Learning Materials to Strengthen the Characters of Tsunami Disaster Mitigation for Middle School Students (Preliminary Study) 2019
5 Journal of Physics: Conference Series Fostering Prospective Physics Teachers' Creativity in Analysing Education for Sustainable Development Based Curricula 2019
6 Journal of Physics: Conference Series Development of the OrSAEv Learning Materials: Preliminary Study of Student's Knowledge about Earthquake and Tsunami Mitigation 2019
7 Journal of Physics: Conference Series Science teacher's conception about importance of Geoscience learning: A case study of junior high schools in Surabaya Indonesia 2019
8 Journal of Physics: Conference Series The Students' Voice of Volcanology in Education for Sustainable Development Context 2020
9 Journal of Physics: Conference Series Ecopreneurship-Oriented Project-Based Learning (PBL): An Approach to Enhance Students' Problem-Solving Skill 2020
10 Journal of Physics: Conference Series Physics Student's Research Skills Performance: A Field-Based Approach in Geoscience Learning 2020
11 Journal of Physics: Conference Series ESD for physics: How to infuse education for sustainable development (ESD) to the physics curricula? 2021
12 Journal of Physics: Conference Series The implementation of Argument Driven Inquiry (ADI) learning model to improve scientific argumentation skills of high school students 2021
13 Journal of Physics: Conference Series Analysis of Temperature and Relative Humidity towards the Dispersion of CoVid-19 in Indonesia 2021
14 Journal of Physics: Conference Series A critical thinking skill profile of science education undergraduate student in basic physics 2021
15 Journal of Physics: Conference Series Research trends on ethnoscience based learning through bibliometric analysis: Contributed to physics learning 2021
16 Journal of Physics: Conference Series Profile of students' scientific literacy in physics learning during COVID-19 pandemic 2021
17 Journal of Physics: Conference Series A profile of scientific literacy of senior high school students on physics learning 2021
18 Journal of Physics: Conference Series Profile of students' creative thinking skills on global warming material: Gender perspective in physics learning 2021
19 Journal of Physics: Conference Series Physics Edutainment Learning based on Engklek and Ontang-Anting Games: Creating Fun Physics for Students 2022
20 AIP Conference Proceedings Profil of Science Literacy Skill of Junior High School Student on Energy Materials in Living Systems in Online Learning 2022
21 Journal of Physics: Conference Series Morphological Identification of Rocks around Ranupani Village, Mount Semeru, Lumajang, East Java 2023
22 AIP Conference Proceedings Profile of online integrated science learning in schools: An observational study 2023
23 AIP Conference Proceedings Early geoscience literacy skills assessment based on TIMSS'S view 2023
24 E3S Web of Conferences The pathway of digital learning environments in advancing Sustainable Development Goals (SDGs): A Bibliometric analysis covering three decades of research 2023
25 E3S Web of Conferences Integration of independent learning and physics innovation in STEAM-based renewable energy education to improve critical thinking skills in the era of Society 5.0 for Sustainable Development Goals (SDGs) 2030 2023
26 E3S Web of Conferences Metaverse: A Paradigm Shift in STEM Education for Science Learning Beyond the Review 2024
27 E3S Web of Conferences Climate Change Education in Sustainable Physics Learning: Systematic Literature Review 2024
28 E3S Web of Conferences Exploring global dynamics of sustainable environmental sciences in climate change mitigation for sustainable development 2024
29 E3S Web of Conferences Utilisation of augmented reality technology in physics education: A bibliometric analysis and its impact on Sustainable Development Goals (SDGs) 2024
30 AIP Conference Proceedings The sustainability awareness of students on ecological and biodiversity learning with STEAM project integrated ESD 2024
31 AIP Conference Proceedings Development of generator windmills with dynamo torch as STEAM learning on energy conversion materials 2024
32 AIP Conference Proceedings Bibliometric analysis of implementation Indonesian local wisdom in physics learning during 1986-2023 2024
33 AIP Conference Proceedings Design of LED kit prototype integrated ESP 8266 MCU mode and its implementation in physics-STEAM learning 2024
34 AIP Conference Proceedings Role of climate literacy in fostering climate change education, mitigation, and adaptation for sustainability: A bibliometric analysis 2024
35 AIP Conference Proceedings Development of an integrated solar panel fan with STEAM 2024
36 AIP Conference Proceedings Pre-service science teacher's perception toward climate change and climate awareness 2024

Hak Karya Ilmiah

No Judul/Tema HKI Tahun Jenis Nomor
1 Buku Panduan Bilik Steril Otomatis Berbasis Sensor 2021 hak cipta EC00202158055
2 Video Proses Pembuatan Terarium Biekosistem berbasis STEAM 2022 hak cipta EC00202276600
3 Perangkat Pembelajaran Physics Edutainment berbasis Permainan Engklek untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Motivasi Belajar Fisika Siswa 2022 hak cipta EC00202288892
4 Physics Module Kurikulum Merdeka 2022 2022 hak cipta EC00202294040
5 Bahan Ajar Model Pengembangan 4D, R&D, Kemp dan Addie Status 2022 hak cipta EC00202232171
6 Bencana Alam dan Upaya Mitigasi Bencana 2023 hak cipta EC00202389163
7 Ekologi dan Keanekaragaman Hayati: STEAM Project Terintegrasi ESD 2023 hak cipta EC00202378029
8 Bagaimana menyusun kurikulum yang ideal ?? 2023 hak cipta EC002023110058