Prof. Dr. Eko Hariyono, S.Pd., M.Pd.

Prof. Dr. Eko Hariyono, S.Pd., M.Pd., lahir di Lamongan pada tanggal 13-10-1974 adalah dosen di Universitas Negeri Surabaya. Dalam 1 tahun terakhir, mengampu 53 matakuliah. Sudah melakukan pengabdian sebanyak 17. Sudah mempublikasi Artikel Ilmiah dalam jurnal sebanyak 185. Menjadi pemakalah seminar ilmiah sebanyak 18. Memperoleh HKI sebanyak 5.

Identitas Diri

Riwayat Pendidikan

S1 S2 S3
Nama Perguruan Tinggi IKIP Surabaya Universitas Negeri Surabaya Universitas Pendidikan Indonesia
Bidang Ilmu Pendidikan Fisika Pendidikan Sains Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Tahun Masuk-Lulus 1993 - 1997 1999 - 2002 2014 - 2018
Judul Skripsi/Tesis/Disertasi Pengaruh Pendekatan Keterampilan Proses Terhadap Tingkat Intelegensi Siswa Untuk Siswa Kelas II SMP N 21 Surabaya Peningkatan Kualitas Pembelajaran Fisika Melalui Pembelajaran Penemuan Terbimbing (Guided Discovery) Pada Konsep Kalor Untuk Siswa SMPN 21 Surabaya -
Nama Pembimbing/Promotor Dra. Endang Astuti Ningrum Prof. Soeparman Kardi, M.Sc., Ph.D; Prof. Dr. Prabowo, M.Pd. -

Mata Kuliah yang Diampu

No. Mata Kuliah
1 Asesmen dan Evaluasi
2 Dasar Kependidikan
3 Desain dan Analisis Data Penelitian Kualitatif
4 E-Learning Fisika
5 Filsafat Pendidikan IPA
6 Fisika Antariksa
7 Fisika Bumi
8 Ipa Terpadu
9 Ipba
10 Isu dan Tren Pendidikan Sains
11 Kajian Hasil Penelitian
12 Kajian IPA III
13 Kajian Mandiri Bidang Studi
14 Kajian Mandiri Bidang Studi Penunjang Disertasi
15 KETERAMPILAN MENGAJAR & PEMBELAJARAN MIKRO
16 Kurikulum Sekolah
17 Laboratorium Fisika
18 Metodologi Penelitian
19 Metodologi Penelitian Kualitatif lanjut
20 Metodologi Penelitian Kualitatif Lanjut
21 Pembelajaran Inovatif II
22 Pembelajaran Inovatif Lanjut
23 Pembelajaran Mikro
24 Pembelajaran STEAM
25 Pendidikan fisika untuk pembangunan berkelanjutan
26 Pendidikan Sains Kebumian dan Antariksa (Geoscience Education)
27 Pendidikan Sains untuk Pembangunan Berkelanjutan
28 Pendidikan Sains untuk Pembangunan Berkelanjutan (Science Education for Sustainable Development).
29 Pendidikan STEAM
30 Pengembangan Bahan Pembelajaran (PBP)
31 Pengembangan Kurikulum
32 Penunjang Disertasi
33 Perencanaan Pembelajaran Inovatif
34 Physics Edutainment
35 PLP-Pengembangan Bahan Ajar
36 Proposal Penelitian
37 Proposal Penelitian ( Research Proposal)
38 Publikasi
39 Publikasi Ilmiah
40 Publikasi Internasional
41 Riset-1
42 Riset-2
43 Sains Edupreneurship
44 Seminar
45 Seminar Proposal
46 Statistika
47 STEAM dan Isu Terbaru dalam Pendidikan Sains (STEAM and Current Issues in Science Education)
48 Studi Lapangan
49 Telaah Kurikulum Sekolah
50 Teori Belajar Lanjut
51 Tesis
52 Ujian Komprehensif
53 Ujian Komprehensif (Seminar Proposal)

Data Penelitian Dari Sim Litabmas

No. Tahun Judul Sumber Dana
1 2017 Pengembangan Model Simulasi Gunungapi sebagai Media Virtual untuk Meningkatkan Keterampilan Memprediksi Mahasiswa Calon Guru Fisika Litabmas
2 2020 LITERASI SAINS MAHASISWA PASCA DITINJAU DARI KEMAMPUAN MENYELESAIKAN MASALAH LINGKUNGAN BERBASIS ISU COVID 19 Litabmas
3 2019 Pengembangan Kemampuan Menyelesaikan Berbagai Masalah Kebumian Melalui Rekonstruksi Desain Pembelajaran Geosains yang Sustainable Litabmas
4 2020 Pengembangan Kemampuan Menyelesaikan Berbagai Masalah Kebumian Melalui Rekonstruksi Desain Pembelajaran Geosains yang Sustainable Litabmas
5 2013 Pengembangan Kurikulum IPA SD yang Mengintegrasikan Teknik Mitigasi dan Sikap Tanggap Bencana Untuk Sekolah di Wilayah Pesisir Jawa Timur Litabmas
6 2019 OPTIMALISASI PEMBELAJARAN IPBA BERBASIS FIELD BASED APPROACH (FBA) UNTUK MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN RISET MAHASISWA FISIKA DI BIDANG GEOSAINS Litabmas
7 2022 ANALISIS LITERASI PERUBAHAN IKLIM DAN KESADARAN IKLIM (CLIMATE AWARENESS) BAGI MAHASISWA CALON GURU IPA DI INDONESIA Litabmas
8 2013 Pengembangan Kurikulum IPA SD yang Mengintegrasikan Teknik Mitigasi dan Sikap Tanggap Bencana Untuk Sekolah di Wilayah Pesisir Jawa Timur Litabmas
9 2020 LITERASI SAINS MAHASISWA PASCA DITINJAU DARI KEMAMPUAN MENYELESAIKAN MASALAH LINGKUNGAN BERBASIS ISU COVID 19 Litabmas
10 2013 Pengembangan Kurikulum IPA SD yang Mengintegrasikan Teknik Mitigasi dan Sikap Tanggap Bencana Untuk Sekolah di Wilayah Pesisir Jawa Timur Litabmas
11 2022 RESTRUKTURISASI KURIKULUM SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MUTU AKADEMIK DI PRODI S2 PENDIDIKAN SAINS PASCASARJANA UNESA Litabmas
12 2022 ANALISIS LITERASI PERUBAHAN IKLIM DAN KESADARAN IKLIM (CLIMATE AWARENESS) BAGI MAHASISWA CALON GURU IPA DI INDONESIA Litabmas
13 2022 RESTRUKTURISASI KURIKULUM SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MUTU AKADEMIK DI PRODI S2 PENDIDIKAN SAINS PASCASARJANA UNESA Litabmas
14 2022 PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA FLIP BOOK INTERAKTIF DALAM MENGEMBANGKAN LITERASI SAINS BAGI GURU IPA SMP DI KABUPATEN LAMONGAN Litabmas
15 2021 PELATIHAN PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA BERBASIS ESD PADA MATERI PERUBAHAN IKLIM UNTUK MENINGKATKAN LITERASI LINGKUNGAN GURU IPA SMP DI KABUPATEN NGANJUK Litabmas
16 2021 PEMETAAN PROFIL TESIS MAHASISWA S2 PRODI PENDIDIKAN SAINS SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KINERJA PENELITIAN DAN PUBLIKASI Litabmas
17 2020 PEMBUATAN BILIK STERILISASI SEDERHANA BERBASIS SENSOR SEBAGAI UPAYA MEREDUKSI PENYEBARAN COVID-19 DI PASCA UNESA Litabmas
18 2019 PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN IPBA BERBASIS SDGS (SUSTAINABLE DEVELOPMENT GOALS) DALAM MEMBANGUN LITERASI SAINS KEBUMIAN DI INDONESIA Litabmas
19 2019 OPTIMALISASI PEMBELAJARAN IPBA BERBASIS FIELD BASED APPROACH (FBA) UNTUK MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN RISET MAHASISWA FISIKA DI BIDANG GEOSAINS Litabmas
20 2019 PELATIHAN PEMBELAJARAN BERBASIS STEM DALAM MELATIHKAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN MASLAAH BAGI GURU-GURU IPA SMP DI KABUPATEN MAGETAN Litabmas
21 2017 Pengembangan Model Simulasi Gunungapi sebagai Media Virtual untuk Meningkatkan Keterampilan Memprediksi Mahasiswa Calon Guru Fisika Litabmas
22 2013 Pengembangan Kurikulum IPA SD yang Mengintegrasikan Teknik Mitigasi dan Sikap Tanggap Bencana Untuk Sekolah di Wilayah Pesisir Jawa Timur Litabmas
23 2022 RESTRUKTURISASI KURIKULUM SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MUTU AKADEMIK DI PRODI S2 PENDIDIKAN SAINS PASCASARJANA UNESA Litabmas
24 2022 RESTRUKTURISASI KURIKULUM SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MUTU AKADEMIK DI PRODI S2 PENDIDIKAN SAINS PASCASARJANA UNESA Litabmas
25 2022 RESTRUKTURISASI KURIKULUM SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MUTU AKADEMIK DI PRODI S2 PENDIDIKAN SAINS PASCASARJANA UNESA Litabmas
26 2022 PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA FLIP BOOK INTERAKTIF DALAM MENGEMBANGKAN LITERASI SAINS BAGI GURU IPA SMP DI KABUPATEN LAMONGAN Litabmas
27 2021 PELATIHAN PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA BERBASIS ESD PADA MATERI PERUBAHAN IKLIM UNTUK MENINGKATKAN LITERASI LINGKUNGAN GURU IPA SMP DI KABUPATEN NGANJUK Litabmas
28 2021 PEMETAAN PROFIL TESIS MAHASISWA S2 PRODI PENDIDIKAN SAINS SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KINERJA PENELITIAN DAN PUBLIKASI Litabmas
29 2020 PEMBUATAN BILIK STERILISASI SEDERHANA BERBASIS SENSOR SEBAGAI UPAYA MEREDUKSI PENYEBARAN COVID-19 DI PASCA UNESA Litabmas
30 2019 PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN IPBA BERBASIS SDGS (SUSTAINABLE DEVELOPMENT GOALS) DALAM MEMBANGUN LITERASI SAINS KEBUMIAN DI INDONESIA Litabmas
31 2019 OPTIMALISASI PEMBELAJARAN IPBA BERBASIS FIELD BASED APPROACH (FBA) UNTUK MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN RISET MAHASISWA FISIKA DI BIDANG GEOSAINS Litabmas
32 2019 PELATIHAN PEMBELAJARAN BERBASIS STEM DALAM MELATIHKAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN MASLAAH BAGI GURU-GURU IPA SMP DI KABUPATEN MAGETAN Litabmas
33 2017 Pengembangan Model Simulasi Gunungapi sebagai Media Virtual untuk Meningkatkan Keterampilan Memprediksi Mahasiswa Calon Guru Fisika Litabmas
34 2022 RESTRUKTURISASI KURIKULUM SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MUTU AKADEMIK DI PRODI S2 PENDIDIKAN SAINS PASCASARJANA UNESA Litabmas
35 2022 RESTRUKTURISASI KURIKULUM SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MUTU AKADEMIK DI PRODI S2 PENDIDIKAN SAINS PASCASARJANA UNESA Litabmas
36 2021 PEMETAAN PROFIL TESIS MAHASISWA S2 PRODI PENDIDIKAN SAINS SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KINERJA PENELITIAN DAN PUBLIKASI Litabmas
37 2022 ANALISIS LITERASI PERUBAHAN IKLIM DAN KESADARAN IKLIM (CLIMATE AWARENESS) BAGI MAHASISWA CALON GURU IPA DI INDONESIA Litabmas
38 2022 RESTRUKTURISASI KURIKULUM SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MUTU AKADEMIK DI PRODI S2 PENDIDIKAN SAINS PASCASARJANA UNESA Litabmas
39 2022 PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA FLIP BOOK INTERAKTIF DALAM MENGEMBANGKAN LITERASI SAINS BAGI GURU IPA SMP DI KABUPATEN LAMONGAN Litabmas
40 2021 PELATIHAN PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA BERBASIS ESD PADA MATERI PERUBAHAN IKLIM UNTUK MENINGKATKAN LITERASI LINGKUNGAN GURU IPA SMP DI KABUPATEN NGANJUK Litabmas
41 2020 PEMBUATAN BILIK STERILISASI SEDERHANA BERBASIS SENSOR SEBAGAI UPAYA MEREDUKSI PENYEBARAN COVID-19 DI PASCA UNESA Litabmas
42 2020 LITERASI SAINS MAHASISWA PASCA DITINJAU DARI KEMAMPUAN MENYELESAIKAN MASALAH LINGKUNGAN BERBASIS ISU COVID 19 Litabmas
43 2019 PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN IPBA BERBASIS SDGS (SUSTAINABLE DEVELOPMENT GOALS) DALAM MEMBANGUN LITERASI SAINS KEBUMIAN DI INDONESIA Litabmas
44 2019 OPTIMALISASI PEMBELAJARAN IPBA BERBASIS FIELD BASED APPROACH (FBA) UNTUK MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN RISET MAHASISWA FISIKA DI BIDANG GEOSAINS Litabmas
45 2019 PELATIHAN PEMBELAJARAN BERBASIS STEM DALAM MELATIHKAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN MASLAAH BAGI GURU-GURU IPA SMP DI KABUPATEN MAGETAN Litabmas
46 2017 Pengembangan Model Simulasi Gunungapi sebagai Media Virtual untuk Meningkatkan Keterampilan Memprediksi Mahasiswa Calon Guru Fisika Litabmas
47 2013 Pengembangan Kurikulum IPA SD yang Mengintegrasikan Teknik Mitigasi dan Sikap Tanggap Bencana Untuk Sekolah di Wilayah Pesisir Jawa Timur Litabmas
48 2022 RESTRUKTURISASI KURIKULUM SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MUTU AKADEMIK DI PRODI S2 PENDIDIKAN SAINS PASCASARJANA UNESA Litabmas
49 2020 PEMBUATAN BILIK STERILISASI SEDERHANA BERBASIS SENSOR SEBAGAI UPAYA MEREDUKSI PENYEBARAN COVID-19 DI PASCA UNESA Litabmas
50 2019 PELATIHAN PEMBELAJARAN BERBASIS STEM DALAM MELATIHKAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN MASLAAH BAGI GURU-GURU IPA SMP DI KABUPATEN MAGETAN Litabmas
51 2022 RESTRUKTURISASI KURIKULUM SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MUTU AKADEMIK DI PRODI S2 PENDIDIKAN SAINS PASCASARJANA UNESA Litabmas
52 2021 PELATIHAN PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA BERBASIS ESD PADA MATERI PERUBAHAN IKLIM UNTUK MENINGKATKAN LITERASI LINGKUNGAN GURU IPA SMP DI KABUPATEN NGANJUK Litabmas
53 2021 PEMETAAN PROFIL TESIS MAHASISWA S2 PRODI PENDIDIKAN SAINS SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KINERJA PENELITIAN DAN PUBLIKASI Litabmas
54 2020 PEMBUATAN BILIK STERILISASI SEDERHANA BERBASIS SENSOR SEBAGAI UPAYA MEREDUKSI PENYEBARAN COVID-19 DI PASCA UNESA Litabmas
55 2020 LITERASI SAINS MAHASISWA PASCA DITINJAU DARI KEMAMPUAN MENYELESAIKAN MASALAH LINGKUNGAN BERBASIS ISU COVID 19 Litabmas
56 2019 PELATIHAN PEMBELAJARAN BERBASIS STEM DALAM MELATIHKAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN MASLAAH BAGI GURU-GURU IPA SMP DI KABUPATEN MAGETAN Litabmas
57 2013 Pengembangan Kurikulum IPA SD yang Mengintegrasikan Teknik Mitigasi dan Sikap Tanggap Bencana Untuk Sekolah di Wilayah Pesisir Jawa Timur Litabmas
58 2022 RESTRUKTURISASI KURIKULUM SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MUTU AKADEMIK DI PRODI S2 PENDIDIKAN SAINS PASCASARJANA UNESA Litabmas
59 2021 PELATIHAN PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA BERBASIS ESD PADA MATERI PERUBAHAN IKLIM UNTUK MENINGKATKAN LITERASI LINGKUNGAN GURU IPA SMP DI KABUPATEN NGANJUK Litabmas
60 2021 PEMETAAN PROFIL TESIS MAHASISWA S2 PRODI PENDIDIKAN SAINS SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KINERJA PENELITIAN DAN PUBLIKASI Litabmas
61 2020 PEMBUATAN BILIK STERILISASI SEDERHANA BERBASIS SENSOR SEBAGAI UPAYA MEREDUKSI PENYEBARAN COVID-19 DI PASCA UNESA Litabmas
62 2020 LITERASI SAINS MAHASISWA PASCA DITINJAU DARI KEMAMPUAN MENYELESAIKAN MASALAH LINGKUNGAN BERBASIS ISU COVID 19 Litabmas
63 2019 PELATIHAN PEMBELAJARAN BERBASIS STEM DALAM MELATIHKAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN MASLAAH BAGI GURU-GURU IPA SMP DI KABUPATEN MAGETAN Litabmas
64 2023 PENGEMBANGAN PROJECT STEAM BERBASIS ESD DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN MASALAH BAGI MAHASISWA CALON GURU IPA DI INDONESIA Litabmas
65 2022 RESTRUKTURISASI KURIKULUM SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MUTU AKADEMIK DI PRODI S2 PENDIDIKAN SAINS PASCASARJANA UNESA Litabmas
66 2013 Pengembangan Kurikulum IPA SD yang Mengintegrasikan Teknik Mitigasi dan Sikap Tanggap Bencana Untuk Sekolah di Wilayah Pesisir Jawa Timur Litabmas
67 2022 RESTRUKTURISASI KURIKULUM SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MUTU AKADEMIK DI PRODI S2 PENDIDIKAN SAINS PASCASARJANA UNESA Litabmas
68 2022 RESTRUKTURISASI KURIKULUM SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MUTU AKADEMIK DI PRODI S2 PENDIDIKAN SAINS PASCASARJANA UNESA Litabmas
69 2023 PENGEMBANGAN MODUL AJAR MATA KULIAH ESENSIAL BERBASIS TPACK DI PRODI S2 PENDIDIKAN SAINS FMIPA UNESA Litabmas
70 2022 RESTRUKTURISASI KURIKULUM SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MUTU AKADEMIK DI PRODI S2 PENDIDIKAN SAINS PASCASARJANA UNESA Litabmas
71 2013 Pengembangan Kurikulum IPA SD yang Mengintegrasikan Teknik Mitigasi dan Sikap Tanggap Bencana Untuk Sekolah di Wilayah Pesisir Jawa Timur Litabmas
72 2022 RESTRUKTURISASI KURIKULUM SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MUTU AKADEMIK DI PRODI S2 PENDIDIKAN SAINS PASCASARJANA UNESA Litabmas
73 2023 PENGEMBANGAN PROJECT STEAM BERBASIS ESD DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN MASALAH BAGI MAHASISWA CALON GURU IPA DI INDONESIA Litabmas
74 2023 PENGEMBANGAN MODUL AJAR MATA KULIAH ESENSIAL BERBASIS TPACK DI PRODI S2 PENDIDIKAN SAINS FMIPA UNESA Litabmas
75 2022 PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA FLIP BOOK INTERAKTIF DALAM MENGEMBANGKAN LITERASI SAINS BAGI GURU IPA SMP DI KABUPATEN LAMONGAN Litabmas
76 2023 PELATIHAN PENYUSUNAN BAHAN AJAR BERBASIS TPACK BAGI GURU-GURU IPA DI MALAYSIA Litabmas
77 2022 ANALISIS LITERASI PERUBAHAN IKLIM DAN KESADARAN IKLIM (CLIMATE AWARENESS) BAGI MAHASISWA CALON GURU IPA DI INDONESIA Litabmas
78 2022 RESTRUKTURISASI KURIKULUM SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MUTU AKADEMIK DI PRODI S2 PENDIDIKAN SAINS PASCASARJANA UNESA Litabmas
79 2021 PELATIHAN PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA BERBASIS ESD PADA MATERI PERUBAHAN IKLIM UNTUK MENINGKATKAN LITERASI LINGKUNGAN GURU IPA SMP DI KABUPATEN NGANJUK Litabmas
80 2021 PEMETAAN PROFIL TESIS MAHASISWA S2 PRODI PENDIDIKAN SAINS SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KINERJA PENELITIAN DAN PUBLIKASI Litabmas
81 2020 PEMBUATAN BILIK STERILISASI SEDERHANA BERBASIS SENSOR SEBAGAI UPAYA MEREDUKSI PENYEBARAN COVID-19 DI PASCA UNESA Litabmas
82 2020 LITERASI SAINS MAHASISWA PASCA DITINJAU DARI KEMAMPUAN MENYELESAIKAN MASALAH LINGKUNGAN BERBASIS ISU COVID 19 Litabmas
83 2019 PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN IPBA BERBASIS SDGS (SUSTAINABLE DEVELOPMENT GOALS) DALAM MEMBANGUN LITERASI SAINS KEBUMIAN DI INDONESIA Litabmas
84 2019 OPTIMALISASI PEMBELAJARAN IPBA BERBASIS FIELD BASED APPROACH (FBA) UNTUK MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN RISET MAHASISWA FISIKA DI BIDANG GEOSAINS Litabmas
85 2019 PELATIHAN PEMBELAJARAN BERBASIS STEM DALAM MELATIHKAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN MASLAAH BAGI GURU-GURU IPA SMP DI KABUPATEN MAGETAN Litabmas
86 2017 Pengembangan Model Simulasi Gunungapi sebagai Media Virtual untuk Meningkatkan Keterampilan Memprediksi Mahasiswa Calon Guru Fisika Litabmas
87 2013 Pengembangan Kurikulum IPA SD yang Mengintegrasikan Teknik Mitigasi dan Sikap Tanggap Bencana Untuk Sekolah di Wilayah Pesisir Jawa Timur Litabmas
88 2022 RESTRUKTURISASI KURIKULUM SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MUTU AKADEMIK DI PRODI S2 PENDIDIKAN SAINS PASCASARJANA UNESA Litabmas
89 2022 ANALISIS LITERASI PERUBAHAN IKLIM DAN KESADARAN IKLIM (CLIMATE AWARENESS) BAGI MAHASISWA CALON GURU IPA DI INDONESIA Litabmas
90 2021 PELATIHAN PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA BERBASIS ESD PADA MATERI PERUBAHAN IKLIM UNTUK MENINGKATKAN LITERASI LINGKUNGAN GURU IPA SMP DI KABUPATEN NGANJUK Litabmas
91 2022 RESTRUKTURISASI KURIKULUM SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MUTU AKADEMIK DI PRODI S2 PENDIDIKAN SAINS PASCASARJANA UNESA Litabmas
92 2022 RESTRUKTURISASI KURIKULUM SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MUTU AKADEMIK DI PRODI S2 PENDIDIKAN SAINS PASCASARJANA UNESA Litabmas
93 2023 PENGEMBANGAN PROJECT STEAM BERBASIS ESD DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN MASALAH BAGI MAHASISWA CALON GURU IPA DI INDONESIA Litabmas
94 2023 PENGEMBANGAN MODUL AJAR MATA KULIAH ESENSIAL BERBASIS TPACK DI PRODI S2 PENDIDIKAN SAINS FMIPA UNESA Litabmas
95 2022 PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA FLIP BOOK INTERAKTIF DALAM MENGEMBANGKAN LITERASI SAINS BAGI GURU IPA SMP DI KABUPATEN LAMONGAN Litabmas
96 2022 RESTRUKTURISASI KURIKULUM SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MUTU AKADEMIK DI PRODI S2 PENDIDIKAN SAINS PASCASARJANA UNESA Litabmas
97 2022 RESTRUKTURISASI KURIKULUM SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MUTU AKADEMIK DI PRODI S2 PENDIDIKAN SAINS PASCASARJANA UNESA Litabmas
98 2022 RESTRUKTURISASI KURIKULUM SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MUTU AKADEMIK DI PRODI S2 PENDIDIKAN SAINS PASCASARJANA UNESA Litabmas
99 2021 PELATIHAN PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA BERBASIS ESD PADA MATERI PERUBAHAN IKLIM UNTUK MENINGKATKAN LITERASI LINGKUNGAN GURU IPA SMP DI KABUPATEN NGANJUK Litabmas
100 2023 PELATIHAN PENYUSUNAN BAHAN AJAR BERBASIS TPACK BAGI GURU-GURU IPA DI MALAYSIA Litabmas
101 2022 ANALISIS LITERASI PERUBAHAN IKLIM DAN KESADARAN IKLIM (CLIMATE AWARENESS) BAGI MAHASISWA CALON GURU IPA DI INDONESIA Litabmas
102 2022 RESTRUKTURISASI KURIKULUM SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MUTU AKADEMIK DI PRODI S2 PENDIDIKAN SAINS PASCASARJANA UNESA Litabmas
103 2021 PEMETAAN PROFIL TESIS MAHASISWA S2 PRODI PENDIDIKAN SAINS SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KINERJA PENELITIAN DAN PUBLIKASI Litabmas
104 2020 PEMBUATAN BILIK STERILISASI SEDERHANA BERBASIS SENSOR SEBAGAI UPAYA MEREDUKSI PENYEBARAN COVID-19 DI PASCA UNESA Litabmas
105 2020 LITERASI SAINS MAHASISWA PASCA DITINJAU DARI KEMAMPUAN MENYELESAIKAN MASALAH LINGKUNGAN BERBASIS ISU COVID 19 Litabmas
106 2019 PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN IPBA BERBASIS SDGS (SUSTAINABLE DEVELOPMENT GOALS) DALAM MEMBANGUN LITERASI SAINS KEBUMIAN DI INDONESIA Litabmas
107 2019 PELATIHAN PEMBELAJARAN BERBASIS STEM DALAM MELATIHKAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN MASLAAH BAGI GURU-GURU IPA SMP DI KABUPATEN MAGETAN Litabmas
108 2017 Pengembangan Model Simulasi Gunungapi sebagai Media Virtual untuk Meningkatkan Keterampilan Memprediksi Mahasiswa Calon Guru Fisika Litabmas
109 2013 Pengembangan Kurikulum IPA SD yang Mengintegrasikan Teknik Mitigasi dan Sikap Tanggap Bencana Untuk Sekolah di Wilayah Pesisir Jawa Timur Litabmas
110 2021 PEMETAAN PROFIL TESIS MAHASISWA S2 PRODI PENDIDIKAN SAINS SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KINERJA PENELITIAN DAN PUBLIKASI Litabmas
111 2024 Pengembangan Pembelajaran Digital Berbasis Website dengan Pendekatan PBL-STEAM untuk Melatihkan Kompetensi ESD dalam Pendidikan Sains Berkelanjutan Litabmas
112 2024 S.E.E.D (SUSTAINABILITY. EXPLORATION. EDUCATION. DISCOVERY) PROGRAM” MELALUI HYBRID INQUIRY-BASED LEARNING (IBL) UNTUK MENUMBUHKAN KETERAMPILAN HIGH ORDER THINKING SKILL (HOTS) BERBASIS PEMBELAJARAN STEAM BERKELANJUTAN Litabmas
113 2024 PELATIHAN PEMBELAJARAN SAINS INOVATIF BERBASIS STEAM-ESD DALAM MENDUKUNG PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN BAGI GURU-GURU SANGGAR BELAJAR DI MALAYSIA Litabmas
114 2023 PENGEMBANGAN PROJECT STEAM BERBASIS ESD DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN MASALAH BAGI MAHASISWA CALON GURU IPA DI INDONESIA Litabmas
115 2023 PENGEMBANGAN MODUL AJAR MATA KULIAH ESENSIAL BERBASIS TPACK DI PRODI S2 PENDIDIKAN SAINS FMIPA UNESA Litabmas
116 2023 PELATIHAN PENYUSUNAN BAHAN AJAR BERBASIS TPACK BAGI GURU-GURU IPA DI MALAYSIA Litabmas
117 2022 ANALISIS LITERASI PERUBAHAN IKLIM DAN KESADARAN IKLIM (CLIMATE AWARENESS) BAGI MAHASISWA CALON GURU IPA DI INDONESIA Litabmas
118 2022 RESTRUKTURISASI KURIKULUM SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MUTU AKADEMIK DI PRODI S2 PENDIDIKAN SAINS PASCASARJANA UNESA Litabmas
119 2022 PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA FLIP BOOK INTERAKTIF DALAM MENGEMBANGKAN LITERASI SAINS BAGI GURU IPA SMP DI KABUPATEN LAMONGAN Litabmas
120 2021 PELATIHAN PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA BERBASIS ESD PADA MATERI PERUBAHAN IKLIM UNTUK MENINGKATKAN LITERASI LINGKUNGAN GURU IPA SMP DI KABUPATEN NGANJUK Litabmas
121 2021 PEMETAAN PROFIL TESIS MAHASISWA S2 PRODI PENDIDIKAN SAINS SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KINERJA PENELITIAN DAN PUBLIKASI Litabmas
122 2020 PEMBUATAN BILIK STERILISASI SEDERHANA BERBASIS SENSOR SEBAGAI UPAYA MEREDUKSI PENYEBARAN COVID-19 DI PASCA UNESA Litabmas
123 2020 LITERASI SAINS MAHASISWA PASCA DITINJAU DARI KEMAMPUAN MENYELESAIKAN MASALAH LINGKUNGAN BERBASIS ISU COVID 19 Litabmas
124 2019 PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN IPBA BERBASIS SDGS (SUSTAINABLE DEVELOPMENT GOALS) DALAM MEMBANGUN LITERASI SAINS KEBUMIAN DI INDONESIA Litabmas
125 2019 OPTIMALISASI PEMBELAJARAN IPBA BERBASIS FIELD BASED APPROACH (FBA) UNTUK MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN RISET MAHASISWA FISIKA DI BIDANG GEOSAINS Litabmas
126 2019 PELATIHAN PEMBELAJARAN BERBASIS STEM DALAM MELATIHKAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN MASLAAH BAGI GURU-GURU IPA SMP DI KABUPATEN MAGETAN Litabmas
127 2019 Pengembangan Kemampuan Menyelesaikan Berbagai Masalah Kebumian Melalui Rekonstruksi Desain Pembelajaran Geosains yang Sustainable Litabmas
128 2017 Pengembangan Model Simulasi Gunungapi sebagai Media Virtual untuk Meningkatkan Keterampilan Memprediksi Mahasiswa Calon Guru Fisika Litabmas
129 2013 Pengembangan Kurikulum IPA SD yang Mengintegrasikan Teknik Mitigasi dan Sikap Tanggap Bencana Untuk Sekolah di Wilayah Pesisir Jawa Timur Litabmas
130 2024 Pengembangan Pembelajaran Digital Berbasis Website dengan Pendekatan PBL-STEAM untuk Melatihkan Kompetensi ESD dalam Pendidikan Sains Berkelanjutan Litabmas
131 2021 PELATIHAN PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA BERBASIS ESD PADA MATERI PERUBAHAN IKLIM UNTUK MENINGKATKAN LITERASI LINGKUNGAN GURU IPA SMP DI KABUPATEN NGANJUK Litabmas
132 2020 PEMBUATAN BILIK STERILISASI SEDERHANA BERBASIS SENSOR SEBAGAI UPAYA MEREDUKSI PENYEBARAN COVID-19 DI PASCA UNESA Litabmas
133 2020 LITERASI SAINS MAHASISWA PASCA DITINJAU DARI KEMAMPUAN MENYELESAIKAN MASALAH LINGKUNGAN BERBASIS ISU COVID 19 Litabmas
134 2019 PELATIHAN PEMBELAJARAN BERBASIS STEM DALAM MELATIHKAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN MASLAAH BAGI GURU-GURU IPA SMP DI KABUPATEN MAGETAN Litabmas
135 2024 Pengembangan Pembelajaran Digital Berbasis Website dengan Pendekatan PBL-STEAM untuk Melatihkan Kompetensi ESD dalam Pendidikan Sains Berkelanjutan Litabmas
136 2024 S.E.E.D (SUSTAINABILITY. EXPLORATION. EDUCATION. DISCOVERY) PROGRAM” MELALUI HYBRID INQUIRY-BASED LEARNING (IBL) UNTUK MENUMBUHKAN KETERAMPILAN HIGH ORDER THINKING SKILL (HOTS) BERBASIS PEMBELAJARAN STEAM BERKELANJUTAN Litabmas
137 2024 PELATIHAN PEMBELAJARAN SAINS INOVATIF BERBASIS STEAM-ESD DALAM MENDUKUNG PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN BAGI GURU-GURU SANGGAR BELAJAR DI MALAYSIA Litabmas
138 2023 PENGEMBANGAN PROJECT STEAM BERBASIS ESD DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN MASALAH BAGI MAHASISWA CALON GURU IPA DI INDONESIA Litabmas
139 2023 PENGEMBANGAN MODUL AJAR MATA KULIAH ESENSIAL BERBASIS TPACK DI PRODI S2 PENDIDIKAN SAINS FMIPA UNESA Litabmas
140 2023 PELATIHAN PENYUSUNAN BAHAN AJAR BERBASIS TPACK BAGI GURU-GURU IPA DI MALAYSIA Litabmas
141 2022 ANALISIS LITERASI PERUBAHAN IKLIM DAN KESADARAN IKLIM (CLIMATE AWARENESS) BAGI MAHASISWA CALON GURU IPA DI INDONESIA Litabmas
142 2022 RESTRUKTURISASI KURIKULUM SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MUTU AKADEMIK DI PRODI S2 PENDIDIKAN SAINS PASCASARJANA UNESA Litabmas
143 2022 PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA FLIP BOOK INTERAKTIF DALAM MENGEMBANGKAN LITERASI SAINS BAGI GURU IPA SMP DI KABUPATEN LAMONGAN Litabmas
144 2021 PELATIHAN PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA BERBASIS ESD PADA MATERI PERUBAHAN IKLIM UNTUK MENINGKATKAN LITERASI LINGKUNGAN GURU IPA SMP DI KABUPATEN NGANJUK Litabmas
145 2021 PEMETAAN PROFIL TESIS MAHASISWA S2 PRODI PENDIDIKAN SAINS SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KINERJA PENELITIAN DAN PUBLIKASI Litabmas
146 2020 PEMBUATAN BILIK STERILISASI SEDERHANA BERBASIS SENSOR SEBAGAI UPAYA MEREDUKSI PENYEBARAN COVID-19 DI PASCA UNESA Litabmas
147 2020 LITERASI SAINS MAHASISWA PASCA DITINJAU DARI KEMAMPUAN MENYELESAIKAN MASALAH LINGKUNGAN BERBASIS ISU COVID 19 Litabmas
148 2019 PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN IPBA BERBASIS SDGS (SUSTAINABLE DEVELOPMENT GOALS) DALAM MEMBANGUN LITERASI SAINS KEBUMIAN DI INDONESIA Litabmas
149 2019 OPTIMALISASI PEMBELAJARAN IPBA BERBASIS FIELD BASED APPROACH (FBA) UNTUK MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN RISET MAHASISWA FISIKA DI BIDANG GEOSAINS Litabmas
150 2019 PELATIHAN PEMBELAJARAN BERBASIS STEM DALAM MELATIHKAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN MASLAAH BAGI GURU-GURU IPA SMP DI KABUPATEN MAGETAN Litabmas
151 2019 Pengembangan Kemampuan Menyelesaikan Berbagai Masalah Kebumian Melalui Rekonstruksi Desain Pembelajaran Geosains yang Sustainable Litabmas
152 2017 Pengembangan Model Simulasi Gunungapi sebagai Media Virtual untuk Meningkatkan Keterampilan Memprediksi Mahasiswa Calon Guru Fisika Litabmas
153 2013 Pengembangan Kurikulum IPA SD yang Mengintegrasikan Teknik Mitigasi dan Sikap Tanggap Bencana Untuk Sekolah di Wilayah Pesisir Jawa Timur Litabmas
154 2022 RESTRUKTURISASI KURIKULUM SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MUTU AKADEMIK DI PRODI S2 PENDIDIKAN SAINS PASCASARJANA UNESA Litabmas
155 2022 RESTRUKTURISASI KURIKULUM SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MUTU AKADEMIK DI PRODI S2 PENDIDIKAN SAINS PASCASARJANA UNESA Litabmas
156 2023 PENGEMBANGAN MODUL AJAR MATA KULIAH ESENSIAL BERBASIS TPACK DI PRODI S2 PENDIDIKAN SAINS FMIPA UNESA Litabmas
157 2019 Pengembangan Kemampuan Menyelesaikan Berbagai Masalah Kebumian Melalui Rekonstruksi Desain Pembelajaran Geosains yang Sustainable Litabmas
158 2023 PENGEMBANGAN MODUL AJAR MATA KULIAH ESENSIAL BERBASIS TPACK DI PRODI S2 PENDIDIKAN SAINS FMIPA UNESA Litabmas
159 2024 S.E.E.D (SUSTAINABILITY. EXPLORATION. EDUCATION. DISCOVERY) PROGRAM” MELALUI HYBRID INQUIRY-BASED LEARNING (IBL) UNTUK MENUMBUHKAN KETERAMPILAN HIGH ORDER THINKING SKILL (HOTS) BERBASIS PEMBELAJARAN STEAM BERKELANJUTAN Litabmas
160 2024 PELATIHAN PEMBELAJARAN SAINS INOVATIF BERBASIS STEAM-ESD DALAM MENDUKUNG PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN BAGI GURU-GURU SANGGAR BELAJAR DI MALAYSIA Litabmas
161 2023 PENGEMBANGAN PROJECT STEAM BERBASIS ESD DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN MASALAH BAGI MAHASISWA CALON GURU IPA DI INDONESIA Litabmas
162 2024 Pengembangan Pembelajaran Digital Berbasis Website dengan Pendekatan PBL-STEAM untuk Melatihkan Kompetensi ESD dalam Pendidikan Sains Berkelanjutan Litabmas
163 2021 PELATIHAN PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA BERBASIS ESD PADA MATERI PERUBAHAN IKLIM UNTUK MENINGKATKAN LITERASI LINGKUNGAN GURU IPA SMP DI KABUPATEN NGANJUK Litabmas
164 2021 PELATIHAN PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA BERBASIS ESD PADA MATERI PERUBAHAN IKLIM UNTUK MENINGKATKAN LITERASI LINGKUNGAN GURU IPA SMP DI KABUPATEN NGANJUK Litabmas
165 2021 PEMETAAN PROFIL TESIS MAHASISWA S2 PRODI PENDIDIKAN SAINS SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KINERJA PENELITIAN DAN PUBLIKASI Litabmas
166 2020 PEMBUATAN BILIK STERILISASI SEDERHANA BERBASIS SENSOR SEBAGAI UPAYA MEREDUKSI PENYEBARAN COVID-19 DI PASCA UNESA Litabmas
167 2020 LITERASI SAINS MAHASISWA PASCA DITINJAU DARI KEMAMPUAN MENYELESAIKAN MASALAH LINGKUNGAN BERBASIS ISU COVID 19 Litabmas
168 2019 PELATIHAN PEMBELAJARAN BERBASIS STEM DALAM MELATIHKAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN MASLAAH BAGI GURU-GURU IPA SMP DI KABUPATEN MAGETAN Litabmas
169 2021 PEMETAAN PROFIL TESIS MAHASISWA S2 PRODI PENDIDIKAN SAINS SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KINERJA PENELITIAN DAN PUBLIKASI Litabmas
170 2020 PEMBUATAN BILIK STERILISASI SEDERHANA BERBASIS SENSOR SEBAGAI UPAYA MEREDUKSI PENYEBARAN COVID-19 DI PASCA UNESA Litabmas
171 2020 LITERASI SAINS MAHASISWA PASCA DITINJAU DARI KEMAMPUAN MENYELESAIKAN MASALAH LINGKUNGAN BERBASIS ISU COVID 19 Litabmas
172 2019 PELATIHAN PEMBELAJARAN BERBASIS STEM DALAM MELATIHKAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN MASLAAH BAGI GURU-GURU IPA SMP DI KABUPATEN MAGETAN Litabmas
173 2022 RESTRUKTURISASI KURIKULUM SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MUTU AKADEMIK DI PRODI S2 PENDIDIKAN SAINS PASCASARJANA UNESA Litabmas

Data Penelitian Dari Non Litabmas

No. Tahun Judul Sumber Dana
1 2024 S.E.E.D (Sustainability. Exploration. Education. Discovery) Program” Melalui Hybrid Inquiry-Based Learning (IBL) untuk Menumbuhkan Keterampilan High Order Thinking Skill (HOTS) Berbasis Pembelajaran STEAM Berkelanjutan
2 2024 Respon Kesadaran Literasi Iklim Mahasiswa Calon Guru Fisika sebagai Pendukung Education for Sustainable Development (ESD) Indonesia
3 2024 Pengembangan Buku Ajar Sains Edupreneurship sebagai Sarana Peningkatan Kualitas Perkuliahan di Program Studi S2 Pendidikan IPA FMIPA Unesa
4 2025 Eksplorasi Kearifan Lokal terhadap Realitas Perubahan Iklim dalam Pembelajaran Sains untuk Mendukung SDGs: Studi Komparasi pada Sekolah-Sekolah di Pulau Kecil Indonesia dan Filipina
5 2022 Kontribusi SDGs dalam Pendidikan Mitigasi Bencana Tsunami di Indonesia
6 2025 Asesmen Kreativitas IPA dalam Pembelajaran: Mendukung SDGs point 4 Quality Education
7 2020 MODEL MobLen DALAM PERKULIAHAN IPA TERPADU UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS ILMIAH MAHASISWA: SEBUAH ALTERNATIF KULIAH ONLINE DI ERA PANDEMI COVID-19
8 2024 Pengembangan Perangkat Pembelajaran pada Matakuliah Sains Edupreneurship Prodi S2 IPA sebagai Pendukung Implementasi Model Pembelajaran PjBL dan Penanaman Jiwa Kewirausahaan
9 2024 ANALISIS TREN DAN DAMPAK IMPLEMENTASI CHATGPT DALAM PENDIDIKAN FISIKA
10 2024 Peningkatan Kompetensi Guru IPA Melalui Program Pelatihan Berbasis TPACK-ESD dalam Mendukung Pendidikan Sains Berkelanjutan
11 2021 EFEKTIVITAS PERANGKAT PEMBELAJARAN INTEGRASI LITERASI, KARAKTER DAN KOMPETENSI 4C (CRITICAL THINKING, CREATIVITY, COLLABORATION, AND COMMUNICATION) SEBAGAI BENTUK ROLE MODEL PENGEMBANGAN PERANGKAT MAHASISWA PENDIDIKAN SAINS UNESA DI ERA PANDEMI COVID-19
12 2025 PENGEMBANGAN PROJECT STEAM BERBASIS ISU-ISU SOSIAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN MASALAH LINGKUNGAN DALAM MENDUKUNG PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN
13 2021 Implementasi Project Based Inquiry Science (PjBI-Science) dengan Memanfaatkan Google Workspace For Education Pada Pembelajaran Fisika
14 2023 Kesadaran dan Literasi Iklim Masyarakat dalam Menghadapi Bencana Akibat Perubahan Iklim: Studi Fenomenologi untuk Mendukung SDGs
15 2022 Pembelajaran Proyek Mitigasi Bencana berbasis SSI-STEAM (Socio Scientific Issues-Science Technology Engineering Art Mathematics) untuk meningkatkan Kemampuan Literasi Iklim
16 2025 Penerapan LKPD Berbasis Etnofisika Dalam Kearifan Lokal Becak Lawu Dalam Meningkatkan Keterampilan Literasi Sains Pada Peserta Didik
17 2021 PEMETAAN PROFIL TESIS MAHASISWA S2 PRODI PENDIDIKAN SAINS SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KINERJA PENELITIAN DAN PUBLIKASI
18 2023 PENGEMBANGAN MODUL AJAR MATA KULIAH ESENSIAL BERBASIS TPACK DI PRODI S2 PENDIDIKAN SAINS FMIPA UNESA
19 2025 Problem Based Learning Assisted by Augmented Reality (AR) in Physics to Improve Problem Solving Skills in Renewable Energy Material
20 2020 LITERASI SAINS MAHASISWA PASCA DITINJAU DARI KEMAMPUAN MENYELESAIKAN MASALAH LINGKUNGAN BERBASIS ISU COVID 19
21 2025 HYBRID ENERGY LEARNING PROJECT (HELP): PROGRAM PEMBELAJARAN UNTUK MENGOMUNIKASIKAN ENERGI TERBARUKAN PADA CALON GURU FISIKA
22 2022 Restrukturisasi Kurikulum Sebagai Upaya Meningkatkan Mutu Akademik di Prodi S2 Pendidikan Sains Pascasarjana Unesa
23 2022 Analisis Literasi Perubahan Iklim dan Kesadaran Iklim (Climate Awareness) Bagi Mahasiswa Calon Guru IPA di Indonesia
24 2023 PENGEMBANGAN PROJECT STEAM BERBASIS ESD DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN MASALAH BAGI MAHASISWA CALON GURU IPA DI INDONESIA

Pengabdian Kepada Masyarakat

No Tahun Judul Pengabdian Sumber Pendanaan
1 2022 PEMBELAJARAN STEAM TERINTEGRASI MITIGASI BENCANA ALAM DALAM KURIKULUM MERDEKA BELAJAR
2 2024 Pendampingan Penulisan Ilmiah Berbasis Small Scale Research Berbantuan Artificial Intelligence (AI) Bagi Guru IPA SMP di Kota Blitar
3 2024 Pelatihan Penyusunan Rencana Pembelajaran Proyek STEM dalam Materi Perubahan Iklim pada Penerapan Pendidikan untuk Pembangunan Berkelanjutan di Sekolah
4 2025 Pelatihan Penyusunan Asesmen Kreativitas IPA bagi Guru-guru MGMP IPA Kabupaten Trenggalek
5 2021 PELATIHAN PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA BERBASIS ESD PADA MATERI PERUBAHAN IKLIM UNTUK MENINGKATKAN LITERASI LINGKUNGAN GURU IPA SMP DI KABUPATEN NGANJUK
6 2021 PEMBERDAYAAN KARANGTARUNA DAN BUMDES MELALUI USAHA PENGELOLAAN SAMPAH UNTUK PENINGKATAN EKONOMI MASYARAKAT
7 2022 Pelatihan Pembuatan Media Flip Book Interaktif dalam Mengembangkan Literasi Sains Bagi Guru IPA SMP di Kabupaten Lamongan
8 2023 Penerapan Teknologi Pengolahan Sampah Berbasis Masyarakat di RW IV Kelurahan Tenggilis Mejoyo Dalam Mewujudkan Kota Surabaya Yang Maju, Humanis dan Berkelanjutan
9 2024 PELATIHAN PEMBELAJARAN SAINS INOVATIF BERBASIS STEAM-ESD DALAM MENDUKUNG PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN BAGI GURU-GURU SANGGAR BELAJAR DI MALAYSIA
10 2020 Pemanfaatan tanaman Piper betle (Sirih) sebagai disinfektan keluarga di Kampung Tua Dinoyo Surabaya
11 2021 Pelatihan Pembuatan Alat Deteksi Retakan Tanah Sederhana Sebagai Media Pembelajaran Guru di Sawahan, Nganjuk
12 2023 Pelatihan KIR dan Penggunaan alat peraga IPA sederhana bagi guru dan siswa MTs YKUI Maskumabang
13 2025 Literasi Iklim untuk Masa Depan Berkelanjutan: Edukasi Perubahan Lingkungan bagi Siswa dan Guru Sekolah Coastal Area Filipina
14 2025 PELATIHAN PENYUSUNAN PERANGKAT PEMBELAJARAN SAINS INOVATIF BERBASIS DEEP LEARNING BAGI GURU-GURU SMP DI KABUPATEN TUBAN
15 2020 Pembuatan Bilik Sterilisasi Sederhana Berbasis Sensor Sebagai Upaya Mereduksi Penyebaran Covid-19 di Pasca Unesa
16 2023 PELATIHAN PENYUSUNAN BAHAN AJAR BERBASIS TPACK BAGI GURU-GURU IPA DI MALAYSIA
17 2025 Penguatan Konseptual “Indeep Learning” Bagi Para Guru Sebagai Sarana Meningkatkan Pemahaman Para Siswa Terhadap Proses Pembelajaran Di Hat Yai Rat Prachasun School, Thailand

Publikasi Jurnal

No Judul Artikel Ilmiah Nama Jurnal Volume/Nomor/Tahun
1 Development of Affordable Pendulum and Collision Prop as Media in Science Learning TEM Journal 12 /-/2023
2 ENGKLEK GAME ETHNOSCIENCE-BASED LEARNING MATERIAL (EGEBLM) TO IMPROVE STUDENTS’ CONCEPTUAL UNDERSTANDING AND LEARNING MOTIVATION Jurnal Pendidikan IPA Indonesia 12 /-/2023
3 Ocean wave energy learning project (OWELP): a program to communicate alternative energy technology Research in Science and Technological Education - /-/2024
4 Science Teachers’ Instructional Practices: A Need Analysis for Preparing Integrated STEM Practices through Scientist-Teacher-Student Partnership Asian Journal of University Education 20 /-/2024
5 Web-Based Module on Biotechnology: Fostering Preservice Science Teachers’ Eco-literacy Skills - /-/0
6 Profile of Physics E-learning Activities During The Covid-19 Pandemic: Voices from High School Students and Teachers Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika 10 (2), 225-239, 0 - /-/0
7 Journal of Tsunami Society International - /-/0
8 Contribution of Science Writing Heuristics to students' argumentation skills in learning science Reimagining Innovation in Education and Social Sciences, 389-396, 0 - /-/0
9 Analisis Minat dan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas XI Pada Materi Gelombang Dimasa Pandemi Covid-19 - /-/0
10 ANALYSIS OF SCIENCE LITERATURE CAPABILITIES OF HIGH SCHOOL STUDENTS IN PHYSICS LEARNING DURING THE COVID-19 PANDEMIC ON STRAIGHT MOTION KINEMATICS MATERIALS - /-/0
11 Analisis Desain Bangunan Pemukiman Warga Sekitar Gunung Kelud di Desa Sugihwaras Sebagai Bentuk Mitigasi Bencana Erupsi - /-/0
12 PEMANFAATAN PASIR LAVA GUNUNG KELUD SEBAGAI BAHAN PENJERNIH AIR - /-/0
13 PENGEMBANGAN ALAT PERAGA ALARM GEMPA BUMI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATERI GELOMBANG KELAS XI DI SMA NEGERI 1 PANGGUL, TRENGGALEK - /-/0
14 PENGARUH PENERAPAN MOTIVASI DENGAN MENGGUNAKAN METODE INDEX CARD MATCH (MENCARI PASANGAN KARTU) DALAM MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA … - /-/0
15 BERBASIS - /-/0
16 S, L.(2018). The Characteristics of Volcanic Eruption in Indonesia. Volcanoes-Geological and Geophysical Setting, Theoretical Aspects and Numerical Modeling, Applications to … - /-/0
17 PENERAPAN MODEL PBL BERBASIS STEM MATERI PEMANASAN GLOBAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK - /-/0
18 Designing a prototype of a waterproof doorbell motion sensor: an exemplification in STEAM learning - /-/0
19 Bibliometric Analysis of Multi Representation Based on Problem-Solving Skills Using VOSviewer Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika 9 (3), 274-284, 0 - /-/0
20 Bibliometric Analysis of Multi Representation Based on Problem-Solving Skills Using VOSviewer Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika 9 (3), 274-284 - /-/0
21 Penerapan Model Pembelajaran Modified Free Inquiry Berbasis Ecopreneurship untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik pada Materi Teori Kinetik Gas - /-/0
22 Upaya Untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik SMA Pada Masa Pandemic COVID-19 Melalui Media Pembelajaran Software Simulasi Gunungapi - /-/0
23 Analisis Desain Bangunan Pemukiman Warga Sekitar Gunung Kelud di Desa Sugihwaras Sebagai Bentuk Mitigasi Bencana Erupsi - /-/0
24 Implementation of Multi-representation Learning on Climate Change Integrated Dynamic Fluid to Improve Student’s Problem-Solving Skills Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika 10 (1), 44-55, 0 - /-/0
25 Seminar Nasional Fisika (SNF) 2018 - /-/0
26 Madlazim, & Mahtari, S.(2022). Analysis of the Top 100 Cited Publications in Earthquake Research During 1991 to 2021 Journal of Tsunami Society Internasional 41 (1), 77-94, 0 - /-/0
27 PENGARUH PENERAPAN MOTIVASI DENGAN MENGGUNAKAN METODE INDEX CARD MATCH (MENCARI PASANGAN KARTU) DALAM MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA … Inovasi Pendidikan Fisika 1 (1), 2012 - /-/2012
28 PENGARUH PENERAPAN MOTIVASI DENGAN MENGGUNAKAN METODE INDEX CARD MATCH (MENCARI PASANGAN KARTU) DALAM MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA … Inovasi Pendidikan Fisika 1 (1) - /-/2012
29 PENGARUH PENERAPAN MOTIVASI DENGAN MENGGUNAKAN METODE INDEX CARD MATCH (MENCARI PASANGAN KARTU) DALAM MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KALOR DI KELAS X DI SMA NEGERI 1 PACIRAN Inovasi Pendidikan Fisika 1 (1) - /-/2012
30 Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD yang Mengintegrasikan Keterampilan Time Token terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMA Khadijah Surabaya pada Materi Pokok … Jurnal FMIPA Unesa Surabaya, 2012 - /-/2012
31 Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Yang Mengintegrasikan Keterampilan Time Token Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Xi SMA Khadijah Surabaya Pada Materi Pokok … Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika: FMIPA, UNESA - /-/2012
32 PENGARUH PENERAPAN MOTIVASI DENGAN MENGGUNAKAN METODE INDEX CARD MATCH (MENCARI PASANGAN KARTU) DALAM MODEL PEMBELAJA... Inovasi Pendidikan Fisika 1 (1) - /-/2012
33 Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Yang Mengintegrasikan Keterampilan Time Token Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Xi SMA Khadijah Sura... Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika: FMIPA, UNESA - /-/2012
34 Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Yang Mengintegrasikan Keterampilan Time Token Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Xi SMA Khadijah Surabaya Pada Materi Pokok Fisika Fluida Statik Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika: FMIPA, UNESA - /-/2012
35 The Effectiveness of Volcanology Learning Through Inquiry Based on Education for Sustainable Development (Esd) Science, 23 - /-/2013
36 PENGARUH PENERAPAN MOTIVASI DENGAN MENGGUNAKAN METODE INDEX CARD MATCH (MENCARI PASANGAN KARTU) DALAM MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA … - /-/2013
37 Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Yang Mengintegrasikan Keterampilan Time Token Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Xi SMA Khadijah Surabaya Pada Materi Pokok … Inovasi Pendidikan Fisika 2 (1), 2013 - /-/2013
38 Integrasi peristiwa gempa bumi dan teknik mitigasi dalam diktat gejala gelombang Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika 2 (3), 167-173, 2013 - /-/2013
39 Pengembangan Alat Peraga Alarm Gempa Bumi Sebagai Media Pembelajaran Materi Gelombang Kelas XI di SMA Negeri 1 Panggul, Trenggalek Jurnal Pendidikan Inovasi Fisika, 2013 - /-/2013
40 PENGEMBANGAN ALAT PERAGA ALARM GEMPA BUMI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATERI GELOMBANG KELAS XI DI SMA NEGERI 1 PANGGUL, TRE... Inovasi Pendidikan Fisika 2 (3) - /-/2013
41 Joko Tingkir program for estimating tsunami potential rapidly AIP Conference Proceedings 1617 (1), 57-59, 2014 - /-/2014
42 Implementations of Science Curriculum Models for Elementary Schools with Integration Mitigation and Disaster Management for Students At Coastal Area of East Java International Journal of Education and Research 3, 149-156, 2015 - /-/2015
43 Madlazim. Volcanic eruption crisis and the challenges of geoscience education in Indonesia AIP Conference Proceedings 1708, 080004, 2016 - /-/2016
44 VLP Simulation: An Interactive Simple Virtual Model to Encourage Geoscience Skill about Volcano Journal of Physics: Conference Series 895 (1), 012142, 2017 - /-/2017
45 Product and Process Performance Improvement of Candidate Physics Teachers by Implementation of an Integrated Learning Strategy Advanced Science Letters 23 (12), 11952-11955, 2017 - /-/2017
46 Kontribusi Sains (Fisika) dalam Melestarikan Budaya Seni Musik Tradisional di Indonesia OSF Preprints, 2018 - /-/2018
47 Strengthening Geoscience Conceptions and Research Skills through Field Work International Conference on Science and Technology (ICST 2018), 495-499, 2018 - /-/2018
48 Designing geoscience learning for sustainable development: A professional competency assessment for postgraduate students in science education program Jurnal Penelitian Fisika Dan Aplikasinya (JPFA) 8 (2), 61-70, 2018 - /-/2018
49 PEMANFAATAN PASIR LAVA GUNUNG KELUD SEBAGAI BAHAN PENJERNIH AIR Prosiding Semnas PPM 2018 1 (1), 1191-1201, 2018 - /-/2018
50 The Characteristics of Volcanic Eruption in Indonesia. Volcanoes-Geological and Geophysical Setting, Theoretical Aspects and Numerical Modeling, Applications to Industry and … - /-/2018
51 The characteristics of volcanic eruption in Indonesia Volcanoes: Geological and Geophysical Setting, Theoretical Aspects and …, 2018 - /-/2018
52 Disaster mitigation model of eruption based on local wisdom in Indonesia Natural Hazards: Risk Assessment and Vulnerability Reduction, 149-167, 2018 - /-/2018
53 Pengembangan Program Volcano Learning Project (VLP) dalam Pembelajaran Geosains Bagi Mahasiswa Calon Guru Fisika Universitas Pendidikan Indonesia, 2018 - /-/2018
54 ECOPRENEURSHIP ON PROJECT-BASED LEARNING (PBL): AN APPROACH TO INCREASE LEARNING RESPONSE IN PHYSICS Inovasi Pendidikan Fisika 8 (2), 2019 - /-/2019
55 Development of OrSAEv Model Learning Materials to Improve Tsunami Disaster Mitigation Skills (Preliminary Study) - /-/2019
56 Profil Penguasaan Konsep Siswa pada Sub Materi Gerak Jatuh Bebas dengan Menggunakan Four Tier Diagnostic Test Inovasi Pendidikan Fisika 8 (2), 618-622, 2019 - /-/2019
57 Penerapan Model Pembelajaran Modified Free Inquiry Berbasis Ecopreneurship untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik pada Materi Teori Kinetik Gas Inovasi Pendidikan Fisika 8 (2), 2019 - /-/2019
58 Science teacher’s conception about importance of Geoscience learning: A case study of junior high schools in Surabaya Indonesia Journal of Physics: Conference Series 1417 (1), 012090, 2019 - /-/2019
59 ECOPRENEURSHIP ON PROJECT-BASED LEARING (PBL): AN APPROACH TO INCREASE LEARNING RESPONSE IN PHYSICS Inovasi Pendidikan Fisika 8 (02), 761-765, 2019 - /-/2019
60 Fostering prospective physics teachers’ creativity in analysing education for sustainable development based curricula Journal of Physics: Conference Series 1417 (1), 012086, 2019 - /-/2019
61 THE SIMPLE PRACTICUM KIT TO IMPROVE UNDERSTANDING OF THE STUDENT’S CONCEPT DYNAMIC ELECTRICITY Inovasi Pendidikan Fisika 8 (2), 2019 - /-/2019
62 Peningkatan literasi sains siswa dengan menggunakan model pembelajaran guided inquiry Inovasi Pendidikan Fisika 8 (02), 682-685, 2019 - /-/2019
63 The effectiveness of volcanology learning through inquiry based on education for sustainable development Journal of Science Education 20 (2), 20-23, 2019 - /-/2019
64 Student response to the implementation of an ecopreneurship based modified free inquiry model on physics learning Inovasi Pendidikan Fisika 8 (2), 696-699, 2019 - /-/2019
65 Ecopreneurship-Oriented Project-Based Learning (PBL): An Approach to Enhance Students’ Problem-Solving Skill Journal of Physics: Conference Series 1491 (1), 012025, 2020 - /-/2020
66 The students’ voice of volcanology in education for sustainable development context Journal of Physics: Conference Series 1491 (1), 012032, 2020 - /-/2020
67 SETS VISION: HOW TO DEVELOP STUDENTS’CLIMATE LITERACY THROUGH PHYSICS LEARNING? Inovasi Pendidikan Fisika 9 (2), 2020 - /-/2020
68 Volcano project design: Innovation in geoscience learning Prisma Sains: Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran Matematika dan IPA …, 2020 - /-/2020
69 Physics student’s research skills performance: A field-based approach in geoscience learning Journal of Physics: Conference Series 1491 (1), 012003, 2020 - /-/2020
70 Model of MobLen for Enhancing Scientific Creativity of Physics Students: An Alternative in the Covid-19 Pandemic MISEIC 2020, 2020 - /-/2020
71 Sets Vision: How To Develop Students’ climate Literacy Through Physics Learning Inovasi Pendidikan Fisika 9 (2), 2020 - /-/2020
72 4th International Conference on Geoscience - /-/2020
73 The Implementation of Argument Driven Inquiry (ADI) Learning Model to Improve Scientific Argumentation Skills of High School Student MISEIC 2020 - /-/2020
74 Application of POE (predict-observe-explain) learning strategies to reduce students’ misconceptions in science subjects in elementary school International Journal of Innovative Science and Research Technology 5 (7 …, 2020 - /-/2020
75 STUDENTS’RESPONSES TO THE IM INTEGRATED WITH VOLCANIC DI - /-/2020
76 Upaya Untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Sma Pada Masa Pandemic Covid-19 Melalui Media Pembelajaran Software Simulasi Gunungapi Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika 9 (3), 400-409, 2020 - /-/2020
77 Efektifitas Pembelajaran Fisika Terintegrasi Dengan Aksi Iklim Pada Prinsip Sdgs (Sustainable Development Goals) Dalam Meningkatakan Karakter Peduli Lingkungan Inovasi Pendidikan Fisika 9 (3), 349-355, 2020 - /-/2020
78 A critical thinking skill profile of science education undergraduate student in basic physics Journal of Physics: Conference Series 2110 (1), 012030, 2021 - /-/2021
79 Analysis of temperature and relative humidity towards the dispersion of covid-19 in indonesia Journal of Physics: Conference Series 1747 (1), 012030, 2021 - /-/2021
80 The effectiveness of online based physics learning in the covid-19 pandemic period on the material of work and energy PENDIPA Journal of Science Education 5 (3), 451-458, 2021 - /-/2021
81 MobLen Model for Enhancing Scientific Creativity of Physics Students: An Alternative in the Covid-19 Pandemic Journal of Physics: Conference Series 1805 (1), 012006, 2021 - /-/2021
82 Profile of Implementation Direct Instruction and Physics Problem Solving Skills of Senior High School Students Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika 5 (3), 292-304, 2021 - /-/2021
83 The Analysis Critical-Thinking Skills of Junior High School Students on Geoscience IJORER: International Journal of Recent Educational Research 2 (3), 293-304, 2021 - /-/2021
84 The Effectiveness of Science Learning Tools Based on Education Sustainable Development (ESD) to Improve Problem-Solving Skills IJORER: International Journal of Recent Educational Research 2 (3), 342-353, 2021 - /-/2021
85 The Voices of Students About Climate Change: A Preliminary Research International Joint Conference on Science and Engineering 2021 (IJCSE 2021 …, 2021 - /-/2021
86 COMPARATIVE STUDY OF EFFECTIVENESS BETWEEN INQUIRY LAB AND GUIDED INQUIRY LEARNING MODELS TO IMPROVE STUDENTS’HIGHER ORDER THINKING SKILLS JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains), 12-26, 2021 - /-/2021
87 Students’ understanding in airborne transmission of SARS-CoV-2 by dynamic fluid perspective using Structure of Observed Learning Outcomes (SOLO) taxonomy Gravity: Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Fisika 7 (2), 2021 - /-/2021
88 Bibliometric profile of science education research on argumentation and the contribution of Indonesia International Joint Conference on Science and Engineering 2021 (IJCSE 2021 …, 2021 - /-/2021
89 Analysis on Climate Literacy Capacity of Level XI High School Students in Surabaya Prisma Sains: Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran Matematika dan IPA …, 2021 - /-/2021
90 Geoscience literacy profile of junior high school students IJORER: International Journal of Recent Educational Research 2 (3), 305-315, 2021 - /-/2021
91 TSUNAMI MITIGATION-ONLINE LEARNING EFFECTIVENESS BY USING OMBAK LEARNING MODEL. Science of Tsunami Hazards 40 (2), 2021 - /-/2021
92 TSUNAMI FAULTING MODEL ANALYSIS FOR THE 30 OCTOBER 2020 NORMAL EARTHQUAKE OCCURRED IN IZMIR-TURKEY - /-/2021
93 A profile of scientific literacy of senior high school students on physics learning Journal of Physics: Conference Series 2110 (1), 012029, 2021 - /-/2021
94 Analisis minat dan motivasi belajar peserta didik kelas XI pada materi gelombang dimasa pandemi covid-19 IPF: Inovasi Pendidikan Fisika 10 (2), 28-38, 2021 - /-/2021
95 Profile of Junior High School Students' Constraints in Online Science Learning IJORER: International Journal of Recent Educational Research 2 (5), 557-564, 2021 - /-/2021
96 ANALYSIS OF SCIENCE LITERATURE CAPABILITIES OF HIGH SCHOOL STUDENTS IN PHYSICS LEARNING DURING THE COVID-19 PANDEMIC ON STRAIGHT MOTION KINEMATICS MATERIALS Inovasi Pendidikan Fisika 10 (2), 2021 - /-/2021
97 Profile of implementation direct ınstruction and physics problem solving skills of senior high school students Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika 5 (3), 292-304, 2021 - /-/2021
98 Profile of analytical thinking skills through inquiry-based learning in science subjects Studies in Learning and Teaching 2 (3), 45-60, 2021 - /-/2021
99 Profile of students’ scientific literacy in physics learning during COVID-19 pandemic Journal of Physics: Conference Series 2110 (1), 012031, 2021 - /-/2021
100 Penerapan experiential learning pada materi perubahan iklim untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis siswa Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual 7 (1), 134-144, 2022 - /-/2022
101 Profil of science literacy skill of junior high school student on energy materials in living systems in online learning AIP Conference Proceedings 2600 (1), 2022 - /-/2022
102 Physics edutainment learning based on engklek and ontang-anting games: Creating fun physics for students Journal of Physics: Conference Series 2392 (1), 012023, 2022 - /-/2022
103 Development of STEAM-Based Rain Alarm Prototype Studies in Learning and Teaching 3 (2), 156-167, 2022 - /-/2022
104 Flood alarm prototype: A STEAM project to study physics and building students’ awareness of natural disasters Stud Learn Teach 3, 147-55, 2022 - /-/2022
105 The Volcano Simulation Software Implementation in Integrated Physics Learning Disaster Mitigation to Develop Critical Thinking Skills Prisma Sains: Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran Matematika dan IPA …, 2022 - /-/2022
106 Global research on tsunami education and tsunami mitigation: A bibliometric analysis. Science of Tsunami Hazards 41 (2), 2022 - /-/2022
107 The use of STEM-integrated project-based learning models to improve learning outcomes of junior high school students Eighth Southeast Asia Design Research (SEA-DR) & the Second Science …, 2022 - /-/2022
108 ANALYZE THE MECHANISM OF TSUNAMI BASED ON THE SCOPUS DATABASE. Science of Tsunami Hazards 41 (3), 2022 - /-/2022
109 Implementation of Multi-representation Learning on Climate Change Integrated Dynamic Fluid to Improve Student’s Problem-Solving Skills Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika 10 (1), 44, 2022 - /-/2022
110 Profile of Students’ Science Process Skills on Substance Pressure Material Eighth Southeast Asia Design Research (SEA-DR) & the Second Science …, 2022 - /-/2022
111 The study of implementation SETS approach to improve students’ critical thinking skills Eighth Southeast Asia Design Research (SEA-DR) & the Second Science …, 2022 - /-/2022
112 Learning Management System (LMS) Research During 1991-2021: How Technology Affects Education. International Journal of Emerging Technologies in Learning 17 (17), 2022 - /-/2022
113 Analisis miskonsepsi peserta didik sekolah menengah atas pada materi fisika PENDIPA Journal of Science Education 6 (1), 177-182, 2022 - /-/2022
114 Profile of physics e-learning activities during the COVID-19 pandemic: voices from high school students and teachers Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika 10 (2), 225-239, 2022 - /-/2022
115 CONTRIBUTION OF SDGS IN TSUNAMI DISASTER PREPAREDNESS EDUCATION IN INDONESIA. Science of Tsunami Hazards 41 (4), 2022 - /-/2022
116 Pemanfaatan Terrarium Sederhana dengan Model Problem Based Learning untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Perubahan Iklim Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual 7 (2), 299-311, 2022 - /-/2022
117 The Study of Implementation SETS Approach to Improve Students' Critical Thinking Skills - /-/2022
118 STEAM-integrated project based learning models: Alternative to improve 21st century skills Eighth Southeast Asia Design Research (SEA-DR) & the Second Science …, 2022 - /-/2022
119 Implementation of the argument-driven inquiry (ADI) model in physics learning of 2012-2021: bibliometric analysis International Journal of Current Educational Research 1 (2), 121-134, 2022 - /-/2022
120 Trends Research and Publication of Master Students in Science Education Program Prisma Sains: Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran Matematika dan IPA …, 2022 - /-/2022
121 The Development Research: Assessment Instruments of Science Literacy Based on Minimum Competency Assessment (AKM) Level 4th for Solar System Concepts Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika 8 (1), 115-124, 2022 - /-/2022
122 Implementation of Problem Based Learning in VLP Software Assisted Volunte Physics Learning on Students’ Problem Solving Ability Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal …, 2022 - /-/2022
123 Inspirasi Modul Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Melalui Pembelajaran STEAM Terintegrasi Mitigasi Bencana Alam dalam Kurikulum Merdeka Belajar Mitra Edukasi dan Publikasi, 2022 - /-/2022
124 RESEARCH PROFILE OF CLIMATE CHANGE AND TSUNAMI MITIGATION: EFFORTS TO REALIZE SDGS 11 AND 13. Science of Tsunami Hazards 41 (3), 2022 - /-/2022
125 Science Technology Engineering Arts Mathematics (STEAM) Approach for Learning Science in Junior High School Studies in Learning and Teaching 3 (1), 55-61, 2022 - /-/2022
126 Research trends for masters of science education at the State University of Surabaya: Case studies The 8th SEA DR and the 2nd STEACH international Conference 2021, 2022 - /-/2022
127 ANALYSIS OF THE TOP 100 CITED PUBLICATIONS IN EARTHQUAKE RESEARCH DURING 1991 TO 2021. Science of Tsunami Hazards 41 (1), 2022 - /-/2022
128 The Development Research: Assessment Instruments Science Literacy Based on Minimum Competency Assessment (AKM) Level 4th Solar System Concepts Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika 8 (1), 115-124, 2022 - /-/2022
129 Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis video dengan model POE (Predict Observe Explain) untuk melatihkan keterampilan proses IPA siswa sekolah dasar Jurnal Basicedu 6 (1), 1232-1242, 2022 - /-/2022
130 Prediction of El Niño La Niña & Indian Ocean Dipole Phenomena Using the ARIMA Model by Prospective Teachers in Indonesia Jurnal Penelitian Pendidikan IPA 9 (10), 8730-8744, 2023 - /-/2023
131 Morphological Identification of Rocks around Ranupani Village, Mount Semeru, Lumajang, East Java Journal of Physics: Conference Series 2623 (1), 012030, 2023 - /-/2023
132 Designing Vertical Axis Wind Turbine Prototype as Future Renewable Energy Source in STEAM Learning - /-/2023
133 Geotourism: Ecological Geology for Global Warming Mitigation (Kayangan Api Bojonegoro) Studies in Philosophy of Science and Education 4 (3), 2023 - /-/2023
134 Contribution of Science Writing Heuristics to students' argumentation skills in learning science Reimagining Innovation in Education and Social Sciences, 389-396, 2023 - /-/2023
135 Geotourism: Use of Environmentally Friendly Geological Wealth Studies in Philosophy of Science and Education 4 (3), 94-102, 2023 - /-/2023
136 Science Teaching Materials Based on Field Trips with Local Wisdom to Improve Elementary School Students' Critical Thinking International Journal of Current Educational Research 2 (2), 115-127, 2023 - /-/2023
137 Research trend of environmental education in science based on scopus database IJORER: International Journal of Recent Educational Research 4 (3), 296-308, 2023 - /-/2023
138 Integration of PJBL, STEAM, and Learning Tool Development in Improving Students' Critical Thinking Skills IJORER: International Journal of Recent Educational Research 4 (6), 808-818, 2023 - /-/2023
139 Development of Affordable Pendulum and Collision Prop as Media in Science Learning TEM Journal 12 (4), 2064, 2023 - /-/2023
140 Exploration of The Magnetic Rocks Potential of Mount Penanggungan: A Study of Myth, History, and Its Implications for Educators and Mountaineers Journal of Geoscience, Engineering, Environment, and Technology 8 (2), 84-89, 2023 - /-/2023
141 Profile of students' creative thinking skill for integrated physics environmental learning on climate change materials Journal of Environment and Sustainability Education 1 (2), 2023 - /-/2023
142 Development of dye-sensitized solar cells STEAM learning prototype for supporting educational for sustainable development EUREKA: Physics and Engineering, 56-66, 2023 - /-/2023
143 Implementation of ESD (Education for Sustainable Development) in Climate Change Learning: A Literature Review IJORER: International Journal of Recent Educational Research 4 (4), 399-415, 2023 - /-/2023
144 Penerapan PhET Simulations Pada Pembelajaran Fisika Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik SMA Kelas X Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pembelajaran 1 (2), 56-65, 2023 - /-/2023
145 The pathway of digital learning environments in advancing Sustainable Development Goals (SDGs): A Bibliometric analysis covering three decades of research E3S Web of Conferences 450, 01005, 2023 - /-/2023
146 Early geoscience literacy skills assessment based on TIMSS’S view AIP Conference Proceedings 2751 (1), 2023 - /-/2023
147 Integration of independent learning and physics innovation in STEAM-based renewable energy education to improve critical thinking skills in the era of Society 5.0 for … E3S Web of Conferences 450, 01010, 2023 - /-/2023
148 Development of Students’ Worksheet Through Guided Inquiry Model to Increase Science Process Skills in The Harmonic Vibration Subject IJORER: International Journal of Recent Educational Research 4 (4), 469-480, 2023 - /-/2023
149 Engklek Games Ethnoscience-Based Learning Material (EGEBLM) to Improve Students’ Physics Concept Understanding and Learning Motivation Jurnal Pendidikan IPA Indonesia 12 (4), 2023 - /-/2023
150 Pelatihan pembuatan modul proyek pembelajaran steam (science, technology, engineering, art, and mathematics) terintegrasi mitigasi bencana alam dalam kurikulum merdeka belajar Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat 5 (2), 710-727, 2023 - /-/2023
151 Determining learning activities to promote scientific reasoning in science learning: A literature review IJORER: International Journal of Recent Educational Research 4 (3), 271-285, 2023 - /-/2023
152 Online discussion in improving argumentation skills during last decade: A review International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE) 12 (4 …, 2023 - /-/2023
153 Rancang Bangun Aplikasi Absensi Menggunakan Teknologi QR Code Untuk Meningkatkan Efektivitas Guru Dan Karyawan Berbasis Mobile Android Universitas Yudharta, 2023 - /-/2023
154 Light Pollution Phenomenon: Prior Knowledge, Attitudes, and Awareness of Physics Undergraduate Students at State University of Surabaya Jurnal Penelitian Pendidikan IPA 9 (1), 149-153, 2023 - /-/2023
155 International Journal of Educational Methodology - /-/2024
156 Role of climate literacy in fostering climate change education, mitigation, and adaptation for sustainability: A bibliometric analysis AIP Conference Proceedings 3106 (1), 2024 - /-/2024
157 The Science Education Students' Understanding About Global Climate Change Issues in Indonesia KnE Social Sciences, 819–828-819–828, 2024 - /-/2024
158 Web-Based Module on Biotechnology: Fostering Preservice Science Teachers' Eco-Literacy Skills. International Journal of Educational Methodology 10 (1), 845-863, 2024 - /-/2024
159 Culturally Responsive Teaching dalam Pembelajaran IPA: Analisis Soft Skills Peserta Didik SMPN 2 Lamongan INKUIRI: Jurnal Pendidikan IPA 13 (2), 139-150, 2024 - /-/2024
160 Design of LED kit prototype integrated ESP 8266 MCU mode and its implementation in physics-STEAM learning AIP Conference Proceedings 3116 (1), 2024 - /-/2024
161 Pengaruh Pendekatan Culturally Responsive Teaching Terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar IPA SCIENCE: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika dan IPA 4 (2), 74-88, 2024 - /-/2024
162 Exploring global dynamics of sustainable environmental sciences in climate change mitigation for sustainable development E3S Web of Conferences 513, 03014, 2024 - /-/2024
163 PENERAPAN MODEL PBL BERBASIS STEM MATERI PEMANASAN GLOBAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK Jurnal Eksplorasi Pendidikan 7 (6), 2024 - /-/2024
164 Infusing Education for Sustainable Development into the Curriculum: Best Practice from Indonesia’s Science Curriculum Implementation Science Education for Sustainable Development in Asia, 141-157, 2024 - /-/2024
165 Pre-service science teacher’s perception toward climate change and climate awareness AIP Conference Proceedings 3106 (1), 2024 - /-/2024
166 Metaverse: A Paradigm Shift in STEM Education for Science Learning Beyond the Review E3S Web of Conferences 482, 04004, 2024 - /-/2024
167 Utilisation of augmented reality technology in physics education: A bibliometric analysis and its impact on Sustainable Development Goals (SDGs) E3S Web of Conferences 513, 04006, 2024 - /-/2024
168 Web-Based Module on Biotechnology: Fostering Preservice Science Teachers’ Eco-literacy Skills International Journal of Educational Methodology 10 (issue-1-february-2024 …, 2024 - /-/2024
169 Renewable Energy Learning Project in Physics Classroom: Achieving Education for Sustainable Development. TEM Journal 13 (2), 2024 - /-/2024
170 Water and Sustainable Development: Implementation and Impact of Eco-Enzyme Flushing Program in Green Universities. International Journal of Sustainable Development & Planning 19 (2), 2024 - /-/2024
171 The practice of sustainable lifestyle and awareness: A thematic evolution through biblioshiny Multidisciplinary Reviews, 2024 - /-/2024
172 Development of generator windmills with dynamo torch as STEAM learning on energy conversion materials AIP Conference Proceedings 3116 (1), 2024 - /-/2024
173 Effect of Physics Inquiry Learning with Low-cost Experiment Tool on Students’ Problem-solving Skills and Self-efficacy Physics Education Research Journal 6 (1), 1-10, 2024 - /-/2024
174 PENERAPAN E-LKPD INTERAKTIF BERBASIS PBL PADA PEMBELAJARAN FISIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA KELAS X SMA KARTIKA IV-3 SURABAYA IPF: Inovasi Pendidikan Fisika 13 (2), 94-101, 2024 - /-/2024
175 STEAM pada Pembelajaran Fisika dan Pengembangan Berkelanjutan Mitra Edukasi dan Publikasi, 2024 - /-/2024
176 Integrated environmental education physics project to enhance student creativity Momentum: Physics Education Journal 8 (1), 75-83, 2024 - /-/2024
177 PENINGKATAN BERPIKI KRITIS PESERTA DIDIK DENGAN PENERAPAN MODEL PBL BERBASIS ESD PADA MATERI PERUBAHAN IKLIM Jurnal Pendidikan Ilmiah Transformatif 8 (6), 2024 - /-/2024
178 Analysis of High School Students’ Critical Thinking Skills Profile According to Ennis Indicators IJORER: International Journal of Recent Educational Research 5 (1), 157-167, 2024 - /-/2024
179 The sustainability awareness of students on ecological and biodiversity learning with STEAM project integrated ESD AIP Conference Proceedings 3116 (1), 2024 - /-/2024
180 OPTIMALISASI AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL PeTeKa 7 (3), 316-328, 2024 - /-/2024
181 Optimizing the ferris wheel physics e-book with video tracking method to enhance student learning motivation Journal of Physics: Conference Series 2900 (1), 012033, 2024 - /-/2024
182 Physics-informed Arduino uno-based water channel height monitoring sensor: STEAMscape and effective mitigation of flood hazards Journal of Physics: Conference Series 2900 (1), 012035, 2024 - /-/2024
183 Investigating Science Teachers’ Instructional Practices: A Need Analysis for Preparing Integrated STEM Practices through Scientist-Teacher-Student Partnership (STSP) Asian Journal of University Education 20 (3), 630-644, 2024 - /-/2024
184 The practice of sustainable lifestyle and awareness: A thematic evolution through biblioshiny Multidisciplinary Reviews 8 (3), 2025075-2025075, 2025 - /-/2025
185 Exploring Climate Change Problem-Solving Skills Among Junior High Students: An Empirical Analysis from Madura Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi, dan Geofisika (GeoScienceEd Journal) 6 (1 …, 2025 - /-/2025

Karya Buku

No Judul Buku Tahun Jumlah Halaman Penerbit

Pemakalah Seminar Ilmiah

No Nama Temu ilmiah / Seminar Judul Artikel Ilmiah Waktu dan Tempat
1 Journal of Physics: Conference Series VLP Simulation: An Interactive Simple Virtual Model to Encourage Geoscience Skill about Volcano 2017
2 Journal of Physics: Conference Series Fostering Prospective Physics Teachers' Creativity in Analysing Education for Sustainable Development Based Curricula 2019
3 Journal of Physics: Conference Series Ecopreneurship-Oriented Project-Based Learning (PBL): An Approach to Enhance Students' Problem-Solving Skill 2020
4 Journal of Physics: Conference Series Physics Student's Research Skills Performance: A Field-Based Approach in Geoscience Learning 2020
5 Journal of Physics: Conference Series Analysis of Temperature and Relative Humidity towards the Dispersion of CoVid-19 in Indonesia 2021
6 Journal of Physics: Conference Series MobLen Model for Enhancing Scientific Creativity of Physics Students: An Alternative in the Covid-19 Pandemic 2021
7 Journal of Physics: Conference Series A critical thinking skill profile of science education undergraduate student in basic physics 2021
8 Journal of Physics: Conference Series Profile of students' scientific literacy in physics learning during COVID-19 pandemic 2021
9 Journal of Physics: Conference Series A profile of scientific literacy of senior high school students on physics learning 2021
10 Journal of Physics: Conference Series Physics Edutainment Learning based on Engklek and Ontang-Anting Games: Creating Fun Physics for Students 2022
11 Journal of Physics: Conference Series Morphological Identification of Rocks around Ranupani Village, Mount Semeru, Lumajang, East Java 2023
12 AIP Conference Proceedings Early geoscience literacy skills assessment based on TIMSS'S view 2023
13 E3S Web of Conferences The pathway of digital learning environments in advancing Sustainable Development Goals (SDGs): A Bibliometric analysis covering three decades of research 2023
14 E3S Web of Conferences Integration of independent learning and physics innovation in STEAM-based renewable energy education to improve critical thinking skills in the era of Society 5.0 for Sustainable Development Goals (SDGs) 2030 2023
15 E3S Web of Conferences Metaverse: A Paradigm Shift in STEM Education for Science Learning Beyond the Review 2024
16 E3S Web of Conferences Utilisation of augmented reality technology in physics education: A bibliometric analysis and its impact on Sustainable Development Goals (SDGs) 2024
17 E3S Web of Conferences Exploring global dynamics of sustainable environmental sciences in climate change mitigation for sustainable development 2024
18 AIP Conference Proceedings Pre-service science teacher's perception toward climate change and climate awareness 2024

Hak Karya Ilmiah

No Judul/Tema HKI Tahun Jenis Nomor
1 Perangkat Pembelajaran Physics Edutainment berbasis Permainan Engklek untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Motivasi Belajar Fisika Siswa 2022 hak cipta EC00202288892
2 Physics Module Kurikulum Merdeka 2022 2022 hak cipta EC00202294040
3 Bencana Alam dan Upaya Mitigasi Bencana 2023 hak cipta EC00202389163
4 Ekologi dan Keanekaragaman Hayati: STEAM Project Terintegrasi ESD 2023 hak cipta EC00202378029
5 Bagaimana menyusun kurikulum yang ideal ?? 2023 hak cipta EC002023110058