Dr. Eko Hariyono, S.Pd., M.Pd.

Dr. Eko Hariyono, S.Pd., M.Pd., lahir di Lamongan pada tanggal 13-10-1974 adalah dosen di Universitas Negeri Surabaya. Dalam 1 tahun terakhir, mengampu 19 matakuliah. Sudah melakukan pengabdian sebanyak 12. Sudah mempublikasi Artikel Ilmiah dalam jurnal sebanyak 179. Memiliki karya buku sebanyak 1. Menjadi pemakalah seminar ilmiah sebanyak 28. Memperoleh HKI sebanyak 8.

Identitas Diri

Riwayat Pendidikan

S1 S2
Nama Perguruan Tinggi IKIP Surabaya Universitas Negeri Surabaya
Bidang Ilmu Pendidikan Fisika Pendidikan Sains
Tahun Masuk-Lulus 1993 - 1997 1999 - 2002
Judul Skripsi/Tesis/Disertasi Pengaruh Pendekatan Keterampilan Proses Terhadap Tingkat Intelegensi Siswa Untuk Siswa Kelas II SMP N 21 Surabaya Peningkatan Kualitas Pembelajaran Fisika Melalui Pembelajaran Penemuan Terbimbing (Guided Discovery) Pada Konsep Kalor Untuk Siswa SMPN 21 Surabaya
Nama Pembimbing/Promotor Dra. Endang Astuti Ningrum Prof. Soeparman Kardi, M.Sc., Ph.D; Prof. Dr. Prabowo, M.Pd.
Status Validasi Belum divalidasi Belum divalidasi

Mata Kuliah yang Diampu

No. Mata Kuliah
1 Asesmen dan Evaluasi
2 Filsafat Pendidikan IPA
3 Fisika Antariksa
4 Fisika Bumi
5 Ipa Terpadu
6 Kajian IPA III
7 Kajian Mandiri Bidang Studi Penunjang Disertasi
8 Laboratorium Fisika
9 Metodologi Penelitian Kualitatif lanjut
10 Pembelajaran Inovatif II
11 Pembelajaran Mikro
12 Pengembangan Kurikulum
13 Perencanaan Pembelajaran Inovatif
14 Proposal Penelitian
15 Publikasi
16 Seminar
17 Studi Lapangan
18 Telaah Kurikulum Sekolah
19 Tesis

Data Penelitian Dari Sim Litabmas

No. Tahun Judul Sumber Dana
1 2017 Pengembangan Model Simulasi Gunungapi sebagai Media Virtual untuk Meningkatkan Keterampilan Memprediksi Mahasiswa Calon Guru Fisika Litabmas
2 2020 LITERASI SAINS MAHASISWA PASCA DITINJAU DARI KEMAMPUAN MENYELESAIKAN MASALAH LINGKUNGAN BERBASIS ISU COVID 19 Litabmas
3 2019 Pengembangan Kemampuan Menyelesaikan Berbagai Masalah Kebumian Melalui Rekonstruksi Desain Pembelajaran Geosains yang Sustainable Litabmas
4 2020 Pengembangan Kemampuan Menyelesaikan Berbagai Masalah Kebumian Melalui Rekonstruksi Desain Pembelajaran Geosains yang Sustainable Litabmas
5 2013 Pengembangan Kurikulum IPA SD yang Mengintegrasikan Teknik Mitigasi dan Sikap Tanggap Bencana Untuk Sekolah di Wilayah Pesisir Jawa Timur Litabmas
6 2022 ANALISIS LITERASI PERUBAHAN IKLIM DAN KESADARAN IKLIM (CLIMATE AWARENESS) BAGI MAHASISWA CALON GURU IPA DI INDONESIA Litabmas
7 2013 Pengembangan Kurikulum IPA SD yang Mengintegrasikan Teknik Mitigasi dan Sikap Tanggap Bencana Untuk Sekolah di Wilayah Pesisir Jawa Timur Litabmas
8 2020 LITERASI SAINS MAHASISWA PASCA DITINJAU DARI KEMAMPUAN MENYELESAIKAN MASALAH LINGKUNGAN BERBASIS ISU COVID 19 Litabmas
9 2013 Pengembangan Kurikulum IPA SD yang Mengintegrasikan Teknik Mitigasi dan Sikap Tanggap Bencana Untuk Sekolah di Wilayah Pesisir Jawa Timur Litabmas
10 2022 RESTRUKTURISASI KURIKULUM SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MUTU AKADEMIK DI PRODI S2 PENDIDIKAN SAINS PASCASARJANA UNESA Litabmas
11 2022 ANALISIS LITERASI PERUBAHAN IKLIM DAN KESADARAN IKLIM (CLIMATE AWARENESS) BAGI MAHASISWA CALON GURU IPA DI INDONESIA Litabmas
12 2022 RESTRUKTURISASI KURIKULUM SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MUTU AKADEMIK DI PRODI S2 PENDIDIKAN SAINS PASCASARJANA UNESA Litabmas
13 2022 PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA FLIP BOOK INTERAKTIF DALAM MENGEMBANGKAN LITERASI SAINS BAGI GURU IPA SMP DI KABUPATEN LAMONGAN Litabmas
14 2021 PELATIHAN PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA BERBASIS ESD PADA MATERI PERUBAHAN IKLIM UNTUK MENINGKATKAN LITERASI LINGKUNGAN GURU IPA SMP DI KABUPATEN NGANJUK Litabmas
15 2021 PEMETAAN PROFIL TESIS MAHASISWA S2 PRODI PENDIDIKAN SAINS SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KINERJA PENELITIAN DAN PUBLIKASI Litabmas
16 2020 PEMBUATAN BILIK STERILISASI SEDERHANA BERBASIS SENSOR SEBAGAI UPAYA MEREDUKSI PENYEBARAN COVID-19 DI PASCA UNESA Litabmas
17 2019 PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN IPBA BERBASIS SDGS (SUSTAINABLE DEVELOPMENT GOALS) DALAM MEMBANGUN LITERASI SAINS KEBUMIAN DI INDONESIA Litabmas
18 2019 OPTIMALISASI PEMBELAJARAN IPBA BERBASIS FIELD BASED APPROACH (FBA) UNTUK MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN RISET MAHASISWA FISIKA DI BIDANG GEOSAINS Litabmas
19 2019 PELATIHAN PEMBELAJARAN BERBASIS STEM DALAM MELATIHKAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN MASLAAH BAGI GURU-GURU IPA SMP DI KABUPATEN MAGETAN Litabmas
20 2017 Pengembangan Model Simulasi Gunungapi sebagai Media Virtual untuk Meningkatkan Keterampilan Memprediksi Mahasiswa Calon Guru Fisika Litabmas
21 2013 Pengembangan Kurikulum IPA SD yang Mengintegrasikan Teknik Mitigasi dan Sikap Tanggap Bencana Untuk Sekolah di Wilayah Pesisir Jawa Timur Litabmas
22 2022 RESTRUKTURISASI KURIKULUM SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MUTU AKADEMIK DI PRODI S2 PENDIDIKAN SAINS PASCASARJANA UNESA Litabmas
23 2022 RESTRUKTURISASI KURIKULUM SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MUTU AKADEMIK DI PRODI S2 PENDIDIKAN SAINS PASCASARJANA UNESA Litabmas
24 2022 RESTRUKTURISASI KURIKULUM SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MUTU AKADEMIK DI PRODI S2 PENDIDIKAN SAINS PASCASARJANA UNESA Litabmas
25 2022 PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA FLIP BOOK INTERAKTIF DALAM MENGEMBANGKAN LITERASI SAINS BAGI GURU IPA SMP DI KABUPATEN LAMONGAN Litabmas
26 2021 PELATIHAN PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA BERBASIS ESD PADA MATERI PERUBAHAN IKLIM UNTUK MENINGKATKAN LITERASI LINGKUNGAN GURU IPA SMP DI KABUPATEN NGANJUK Litabmas
27 2021 PEMETAAN PROFIL TESIS MAHASISWA S2 PRODI PENDIDIKAN SAINS SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KINERJA PENELITIAN DAN PUBLIKASI Litabmas
28 2020 PEMBUATAN BILIK STERILISASI SEDERHANA BERBASIS SENSOR SEBAGAI UPAYA MEREDUKSI PENYEBARAN COVID-19 DI PASCA UNESA Litabmas
29 2019 PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN IPBA BERBASIS SDGS (SUSTAINABLE DEVELOPMENT GOALS) DALAM MEMBANGUN LITERASI SAINS KEBUMIAN DI INDONESIA Litabmas
30 2019 OPTIMALISASI PEMBELAJARAN IPBA BERBASIS FIELD BASED APPROACH (FBA) UNTUK MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN RISET MAHASISWA FISIKA DI BIDANG GEOSAINS Litabmas
31 2019 PELATIHAN PEMBELAJARAN BERBASIS STEM DALAM MELATIHKAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN MASLAAH BAGI GURU-GURU IPA SMP DI KABUPATEN MAGETAN Litabmas
32 2017 Pengembangan Model Simulasi Gunungapi sebagai Media Virtual untuk Meningkatkan Keterampilan Memprediksi Mahasiswa Calon Guru Fisika Litabmas
33 2022 RESTRUKTURISASI KURIKULUM SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MUTU AKADEMIK DI PRODI S2 PENDIDIKAN SAINS PASCASARJANA UNESA Litabmas
34 2022 RESTRUKTURISASI KURIKULUM SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MUTU AKADEMIK DI PRODI S2 PENDIDIKAN SAINS PASCASARJANA UNESA Litabmas
35 2021 PEMETAAN PROFIL TESIS MAHASISWA S2 PRODI PENDIDIKAN SAINS SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KINERJA PENELITIAN DAN PUBLIKASI Litabmas
36 2022 ANALISIS LITERASI PERUBAHAN IKLIM DAN KESADARAN IKLIM (CLIMATE AWARENESS) BAGI MAHASISWA CALON GURU IPA DI INDONESIA Litabmas
37 2022 RESTRUKTURISASI KURIKULUM SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MUTU AKADEMIK DI PRODI S2 PENDIDIKAN SAINS PASCASARJANA UNESA Litabmas
38 2022 PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA FLIP BOOK INTERAKTIF DALAM MENGEMBANGKAN LITERASI SAINS BAGI GURU IPA SMP DI KABUPATEN LAMONGAN Litabmas
39 2021 PELATIHAN PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA BERBASIS ESD PADA MATERI PERUBAHAN IKLIM UNTUK MENINGKATKAN LITERASI LINGKUNGAN GURU IPA SMP DI KABUPATEN NGANJUK Litabmas
40 2020 PEMBUATAN BILIK STERILISASI SEDERHANA BERBASIS SENSOR SEBAGAI UPAYA MEREDUKSI PENYEBARAN COVID-19 DI PASCA UNESA Litabmas
41 2020 LITERASI SAINS MAHASISWA PASCA DITINJAU DARI KEMAMPUAN MENYELESAIKAN MASALAH LINGKUNGAN BERBASIS ISU COVID 19 Litabmas
42 2019 PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN IPBA BERBASIS SDGS (SUSTAINABLE DEVELOPMENT GOALS) DALAM MEMBANGUN LITERASI SAINS KEBUMIAN DI INDONESIA Litabmas
43 2019 OPTIMALISASI PEMBELAJARAN IPBA BERBASIS FIELD BASED APPROACH (FBA) UNTUK MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN RISET MAHASISWA FISIKA DI BIDANG GEOSAINS Litabmas
44 2019 PELATIHAN PEMBELAJARAN BERBASIS STEM DALAM MELATIHKAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN MASLAAH BAGI GURU-GURU IPA SMP DI KABUPATEN MAGETAN Litabmas
45 2017 Pengembangan Model Simulasi Gunungapi sebagai Media Virtual untuk Meningkatkan Keterampilan Memprediksi Mahasiswa Calon Guru Fisika Litabmas
46 2013 Pengembangan Kurikulum IPA SD yang Mengintegrasikan Teknik Mitigasi dan Sikap Tanggap Bencana Untuk Sekolah di Wilayah Pesisir Jawa Timur Litabmas
47 2022 RESTRUKTURISASI KURIKULUM SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MUTU AKADEMIK DI PRODI S2 PENDIDIKAN SAINS PASCASARJANA UNESA Litabmas
48 2020 PEMBUATAN BILIK STERILISASI SEDERHANA BERBASIS SENSOR SEBAGAI UPAYA MEREDUKSI PENYEBARAN COVID-19 DI PASCA UNESA Litabmas
49 2019 PELATIHAN PEMBELAJARAN BERBASIS STEM DALAM MELATIHKAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN MASLAAH BAGI GURU-GURU IPA SMP DI KABUPATEN MAGETAN Litabmas
50 2022 RESTRUKTURISASI KURIKULUM SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MUTU AKADEMIK DI PRODI S2 PENDIDIKAN SAINS PASCASARJANA UNESA Litabmas
51 2021 PELATIHAN PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA BERBASIS ESD PADA MATERI PERUBAHAN IKLIM UNTUK MENINGKATKAN LITERASI LINGKUNGAN GURU IPA SMP DI KABUPATEN NGANJUK Litabmas
52 2021 PEMETAAN PROFIL TESIS MAHASISWA S2 PRODI PENDIDIKAN SAINS SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KINERJA PENELITIAN DAN PUBLIKASI Litabmas
53 2020 PEMBUATAN BILIK STERILISASI SEDERHANA BERBASIS SENSOR SEBAGAI UPAYA MEREDUKSI PENYEBARAN COVID-19 DI PASCA UNESA Litabmas
54 2020 LITERASI SAINS MAHASISWA PASCA DITINJAU DARI KEMAMPUAN MENYELESAIKAN MASALAH LINGKUNGAN BERBASIS ISU COVID 19 Litabmas
55 2019 PELATIHAN PEMBELAJARAN BERBASIS STEM DALAM MELATIHKAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN MASLAAH BAGI GURU-GURU IPA SMP DI KABUPATEN MAGETAN Litabmas
56 2013 Pengembangan Kurikulum IPA SD yang Mengintegrasikan Teknik Mitigasi dan Sikap Tanggap Bencana Untuk Sekolah di Wilayah Pesisir Jawa Timur Litabmas
57 2022 RESTRUKTURISASI KURIKULUM SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MUTU AKADEMIK DI PRODI S2 PENDIDIKAN SAINS PASCASARJANA UNESA Litabmas
58 2021 PELATIHAN PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA BERBASIS ESD PADA MATERI PERUBAHAN IKLIM UNTUK MENINGKATKAN LITERASI LINGKUNGAN GURU IPA SMP DI KABUPATEN NGANJUK Litabmas
59 2021 PEMETAAN PROFIL TESIS MAHASISWA S2 PRODI PENDIDIKAN SAINS SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KINERJA PENELITIAN DAN PUBLIKASI Litabmas
60 2020 PEMBUATAN BILIK STERILISASI SEDERHANA BERBASIS SENSOR SEBAGAI UPAYA MEREDUKSI PENYEBARAN COVID-19 DI PASCA UNESA Litabmas
61 2020 LITERASI SAINS MAHASISWA PASCA DITINJAU DARI KEMAMPUAN MENYELESAIKAN MASALAH LINGKUNGAN BERBASIS ISU COVID 19 Litabmas
62 2019 PELATIHAN PEMBELAJARAN BERBASIS STEM DALAM MELATIHKAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN MASLAAH BAGI GURU-GURU IPA SMP DI KABUPATEN MAGETAN Litabmas
63 2023 PENGEMBANGAN PROJECT STEAM BERBASIS ESD DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN MASALAH BAGI MAHASISWA CALON GURU IPA DI INDONESIA Litabmas
64 2022 RESTRUKTURISASI KURIKULUM SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MUTU AKADEMIK DI PRODI S2 PENDIDIKAN SAINS PASCASARJANA UNESA Litabmas
65 2013 Pengembangan Kurikulum IPA SD yang Mengintegrasikan Teknik Mitigasi dan Sikap Tanggap Bencana Untuk Sekolah di Wilayah Pesisir Jawa Timur Litabmas
66 2022 RESTRUKTURISASI KURIKULUM SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MUTU AKADEMIK DI PRODI S2 PENDIDIKAN SAINS PASCASARJANA UNESA Litabmas
67 2022 RESTRUKTURISASI KURIKULUM SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MUTU AKADEMIK DI PRODI S2 PENDIDIKAN SAINS PASCASARJANA UNESA Litabmas
68 2023 PENGEMBANGAN MODUL AJAR MATA KULIAH ESENSIAL BERBASIS TPACK DI PRODI S2 PENDIDIKAN SAINS FMIPA UNESA Litabmas
69 2022 RESTRUKTURISASI KURIKULUM SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MUTU AKADEMIK DI PRODI S2 PENDIDIKAN SAINS PASCASARJANA UNESA Litabmas
70 2013 Pengembangan Kurikulum IPA SD yang Mengintegrasikan Teknik Mitigasi dan Sikap Tanggap Bencana Untuk Sekolah di Wilayah Pesisir Jawa Timur Litabmas
71 2022 RESTRUKTURISASI KURIKULUM SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MUTU AKADEMIK DI PRODI S2 PENDIDIKAN SAINS PASCASARJANA UNESA Litabmas
72 2023 PENGEMBANGAN PROJECT STEAM BERBASIS ESD DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN MASALAH BAGI MAHASISWA CALON GURU IPA DI INDONESIA Litabmas
73 2023 PENGEMBANGAN MODUL AJAR MATA KULIAH ESENSIAL BERBASIS TPACK DI PRODI S2 PENDIDIKAN SAINS FMIPA UNESA Litabmas
74 2022 PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA FLIP BOOK INTERAKTIF DALAM MENGEMBANGKAN LITERASI SAINS BAGI GURU IPA SMP DI KABUPATEN LAMONGAN Litabmas
75 2023 PELATIHAN PENYUSUNAN BAHAN AJAR BERBASIS TPACK BAGI GURU-GURU IPA DI MALAYSIA Litabmas
76 2022 ANALISIS LITERASI PERUBAHAN IKLIM DAN KESADARAN IKLIM (CLIMATE AWARENESS) BAGI MAHASISWA CALON GURU IPA DI INDONESIA Litabmas
77 2022 RESTRUKTURISASI KURIKULUM SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MUTU AKADEMIK DI PRODI S2 PENDIDIKAN SAINS PASCASARJANA UNESA Litabmas
78 2021 PELATIHAN PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA BERBASIS ESD PADA MATERI PERUBAHAN IKLIM UNTUK MENINGKATKAN LITERASI LINGKUNGAN GURU IPA SMP DI KABUPATEN NGANJUK Litabmas
79 2021 PEMETAAN PROFIL TESIS MAHASISWA S2 PRODI PENDIDIKAN SAINS SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KINERJA PENELITIAN DAN PUBLIKASI Litabmas
80 2020 PEMBUATAN BILIK STERILISASI SEDERHANA BERBASIS SENSOR SEBAGAI UPAYA MEREDUKSI PENYEBARAN COVID-19 DI PASCA UNESA Litabmas
81 2020 LITERASI SAINS MAHASISWA PASCA DITINJAU DARI KEMAMPUAN MENYELESAIKAN MASALAH LINGKUNGAN BERBASIS ISU COVID 19 Litabmas
82 2019 PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN IPBA BERBASIS SDGS (SUSTAINABLE DEVELOPMENT GOALS) DALAM MEMBANGUN LITERASI SAINS KEBUMIAN DI INDONESIA Litabmas
83 2019 OPTIMALISASI PEMBELAJARAN IPBA BERBASIS FIELD BASED APPROACH (FBA) UNTUK MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN RISET MAHASISWA FISIKA DI BIDANG GEOSAINS Litabmas
84 2019 PELATIHAN PEMBELAJARAN BERBASIS STEM DALAM MELATIHKAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN MASLAAH BAGI GURU-GURU IPA SMP DI KABUPATEN MAGETAN Litabmas
85 2017 Pengembangan Model Simulasi Gunungapi sebagai Media Virtual untuk Meningkatkan Keterampilan Memprediksi Mahasiswa Calon Guru Fisika Litabmas
86 2013 Pengembangan Kurikulum IPA SD yang Mengintegrasikan Teknik Mitigasi dan Sikap Tanggap Bencana Untuk Sekolah di Wilayah Pesisir Jawa Timur Litabmas
87 2022 RESTRUKTURISASI KURIKULUM SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MUTU AKADEMIK DI PRODI S2 PENDIDIKAN SAINS PASCASARJANA UNESA Litabmas
88 2022 ANALISIS LITERASI PERUBAHAN IKLIM DAN KESADARAN IKLIM (CLIMATE AWARENESS) BAGI MAHASISWA CALON GURU IPA DI INDONESIA Litabmas
89 2021 PELATIHAN PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA BERBASIS ESD PADA MATERI PERUBAHAN IKLIM UNTUK MENINGKATKAN LITERASI LINGKUNGAN GURU IPA SMP DI KABUPATEN NGANJUK Litabmas

Data Penelitian Dari Non Litabmas

No. Tahun Judul Sumber Dana
1 2024 Respon Kesadaran Literasi Iklim Mahasiswa Calon Guru Fisika sebagai Pendukung Education for Sustainable Development (ESD) Indonesia
2 2024 Pengembangan Buku Ajar Sains Edupreneurship sebagai Sarana Peningkatan Kualitas Perkuliahan di Program Studi S2 Pendidikan IPA FMIPA Unesa
3 2022 Restrukturisasi Kurikulum Sebagai Upaya Meningkatkan Mutu Akademik di Prodi S2 Pendidikan Sains Pascasarjana Unesa
4 2022 Analisis Literasi Perubahan Iklim dan Kesadaran Iklim (Climate Awareness) Bagi Mahasiswa Calon Guru IPA di Indonesia
5 2022 Kontribusi SDGs dalam Pendidikan Mitigasi Bencana Tsunami di Indonesia
6 2020 MODEL MobLen DALAM PERKULIAHAN IPA TERPADU UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS ILMIAH MAHASISWA: SEBUAH ALTERNATIF KULIAH ONLINE DI ERA PANDEMI COVID-19
7 2023 PENGEMBANGAN PROJECT STEAM BERBASIS ESD DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN MASALAH BAGI MAHASISWA CALON GURU IPA DI INDONESIA
8 2024 Pengembangan Perangkat Pembelajaran pada Matakuliah Sains Edupreneurship Prodi S2 IPA sebagai Pendukung Implementasi Model Pembelajaran PjBL dan Penanaman Jiwa Kewirausahaan
9 2024 ANALISIS TREN DAN DAMPAK IMPLEMENTASI CHATGPT DALAM PENDIDIKAN FISIKA
10 2021 EFEKTIVITAS PERANGKAT PEMBELAJARAN INTEGRASI LITERASI, KARAKTER DAN KOMPETENSI 4C (CRITICAL THINKING, CREATIVITY, COLLABORATION, AND COMMUNICATION) SEBAGAI BENTUK ROLE MODEL PENGEMBANGAN PERANGKAT MAHASISWA PENDIDIKAN SAINS UNESA DI ERA PANDEMI COVID-19
11 2021 Implementasi Project Based Inquiry Science (PjBI-Science) dengan Memanfaatkan Google Workspace For Education Pada Pembelajaran Fisika
12 2023 Kesadaran dan Literasi Iklim Masyarakat dalam Menghadapi Bencana Akibat Perubahan Iklim: Studi Fenomenologi untuk Mendukung SDGs
13 2022 Pembelajaran Proyek Mitigasi Bencana berbasis SSI-STEAM (Socio Scientific Issues-Science Technology Engineering Art Mathematics) untuk meningkatkan Kemampuan Literasi Iklim
14 2023 PENGEMBANGAN MODUL AJAR MATA KULIAH ESENSIAL BERBASIS TPACK DI PRODI S2 PENDIDIKAN SAINS FMIPA UNESA
15 2021 PEMETAAN PROFIL TESIS MAHASISWA S2 PRODI PENDIDIKAN SAINS SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KINERJA PENELITIAN DAN PUBLIKASI
16 2020 LITERASI SAINS MAHASISWA PASCA DITINJAU DARI KEMAMPUAN MENYELESAIKAN MASALAH LINGKUNGAN BERBASIS ISU COVID 19

Pengabdian Kepada Masyarakat

No Tahun Judul Pengabdian Sumber Pendanaan
1 2022 PEMBELAJARAN STEAM TERINTEGRASI MITIGASI BENCANA ALAM DALAM KURIKULUM MERDEKA BELAJAR
2 2021 PELATIHAN PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA BERBASIS ESD PADA MATERI PERUBAHAN IKLIM UNTUK MENINGKATKAN LITERASI LINGKUNGAN GURU IPA SMP DI KABUPATEN NGANJUK
3 2021 PEMBERDAYAAN KARANGTARUNA DAN BUMDES MELALUI USAHA PENGELOLAAN SAMPAH UNTUK PENINGKATAN EKONOMI MASYARAKAT
4 2022 Pelatihan Pembuatan Media Flip Book Interaktif dalam Mengembangkan Literasi Sains Bagi Guru IPA SMP di Kabupaten Lamongan
5 2023 Penerapan Teknologi Pengolahan Sampah Berbasis Masyarakat di RW IV Kelurahan Tenggilis Mejoyo Dalam Mewujudkan Kota Surabaya Yang Maju, Humanis dan Berkelanjutan
6 2024 Pelatihan Penyusunan Rencana Pembelajaran Proyek STEM dalam Materi Perubahan Iklim pada Penerapan Pendidikan untuk Pembangunan Berkelanjutan di Sekolah
7 2020 Pemanfaatan tanaman Piper betle (Sirih) sebagai disinfektan keluarga di Kampung Tua Dinoyo Surabaya
8 2021 Pelatihan Pembuatan Alat Deteksi Retakan Tanah Sederhana Sebagai Media Pembelajaran Guru di Sawahan, Nganjuk
9 2023 Pelatihan KIR dan Penggunaan alat peraga IPA sederhana bagi guru dan siswa MTs YKUI Maskumabang
10 2024 Pendampingan Penulisan Ilmiah Berbasis Small Scale Research Berbantuan Artificial Intelligence (AI) Bagi Guru IPA SMP di Kota Blitar
11 2020 Pembuatan Bilik Sterilisasi Sederhana Berbasis Sensor Sebagai Upaya Mereduksi Penyebaran Covid-19 di Pasca Unesa
12 2023 PELATIHAN PENYUSUNAN BAHAN AJAR BERBASIS TPACK BAGI GURU-GURU IPA DI MALAYSIA

Publikasi Jurnal

No Judul Artikel Ilmiah Nama Jurnal Volume/Nomor/Tahun
1 The effectiveness of volcanology learning through inquiry based on education for sustainable development (Esd) Journal of Science Education 20 /-/2019
2 Tsunami faulting model analysis for the 30 october 2020 normal earthquake occurred in Izmir-Turkey Science of Tsunami Hazards 40 /-/2021
3 Tsunami mitigation – online learning effectiveness by using ombak learning model Science of Tsunami Hazards 40 /-/2021
4 Learning Management System (LMS) Research During 1991–2021: How Technology Affects Education International Journal of Emerging Technologies in Learning 17 /-/2022
5 RESEARCH TRENDS ON LIQUEFACTION IN 2011-2021: A REVIEW AND BIBLIOMETRIC ANALYSIS Science of Tsunami Hazards 41 /-/2022
6 ANALYZE THE MECHANISM OF TSUNAMI BASED ON THE SCOPUS DATABASE Science of Tsunami Hazards 41 /-/2022
7 RESEARCH PROFILE OF CLIMATE CHANGE AND TSUNAMI MITIGATION: EFFORTS TO REALIZE SDGS 11 AND 13 Science of Tsunami Hazards 41 /-/2022
8 CONTRIBUTION OF SDGS IN TSUNAMI DISASTER PREPAREDNESS EDUCATION IN INDONESIA Science of Tsunami Hazards 41 /-/2022
9 Designing a prototype of a waterproof doorbell motion sensor: an exemplification in STEAM learning World Transactions on Engineering and Technology Education 20 /-/2022
10 GLOBAL RESEARCH ON TSUNAMI EDUCATION AND TSUNAMI MITIGATION: A BIBLIOMETRIC ANALYSIS Science of Tsunami Hazards 41 /-/2022
11 PROFILE OF TSUNAMI EARLY WARNING SYSTEM FOR DISABILITIES: A MANIFESTATION OF THE INDONESIAN’S NATIONAL CONGRESS IN DISASTER MANAGEMENT Science of Tsunami Hazards 42 /-/2023
12 Designing Vertical Axis Wind Turbine Prototype as Future Renewable Energy Source in STEAM Learning TEM Journal 12 /-/2023
13 DEVELOPMENT OF DYE-SENSITIZED SOLAR CELLS STEAM LEARNING PROTOTYPE FOR SUPPORTING EDUCATIONAL FOR SUSTAINABLE DEVELOPMENT EUREKA, Physics and Engineering 2023 /-/2023
14 Development of Affordable Pendulum and Collision Prop as Media in Science Learning TEM Journal 12 /-/2023
15 Online discussion in improving argumentation skills during last decade: A review International Journal of Evaluation and Research in Education 12 /-/2023
16 ENGKLEK GAME ETHNOSCIENCE-BASED LEARNING MATERIAL (EGEBLM) TO IMPROVE STUDENTS’ CONCEPTUAL UNDERSTANDING AND LEARNING MOTIVATION Jurnal Pendidikan IPA Indonesia 12 /-/2023
17 Madlazim, & Mahtari, S.(2022). Analysis of the Top 100 Cited Publications in Earthquake Research During 1991 to 2021 Journal of Tsunami Society Internasional 41 (1), 77-94, 0 - /-/0
18 Upaya Untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik SMA Pada Masa Pandemic COVID-19 Melalui Media Pembelajaran Software Simulasi Gunungapi - /-/0
19 Contribution of Science Writing Heuristics to students' argumentation skills in learning science Reimagining Innovation in Education and Social Sciences, 389-396, 0 - /-/0
20 PENGEMBANGAN ALAT PERAGA ALARM GEMPA BUMI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATERI GELOMBANG KELAS XI DI SMA NEGERI 1 PANGGUL, TRENGGALEK - /-/0
21 Profile of Physics E-learning Activities During The Covid-19 Pandemic: Voices from High School Students and Teachers Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika 10 (2), 225-239, 0 - /-/0
22 Analisis Minat dan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas XI Pada Materi Gelombang Dimasa Pandemi Covid-19 - /-/0
23 Analisis Desain Bangunan Pemukiman Warga Sekitar Gunung Kelud di Desa Sugihwaras Sebagai Bentuk Mitigasi Bencana Erupsi - /-/0
24 ANALYSIS OF SCIENCE LITERATURE CAPABILITIES OF HIGH SCHOOL STUDENTS IN PHYSICS LEARNING DURING THE COVID-19 PANDEMIC ON STRAIGHT MOTION KINEMATICS MATERIALS - /-/0
25 Analisis Desain Bangunan Pemukiman Warga Sekitar Gunung Kelud di Desa Sugihwaras Sebagai Bentuk Mitigasi Bencana Erupsi - /-/0
26 Designing a prototype of a waterproof doorbell motion sensor: an exemplification in STEAM learning - /-/0
27 Penerapan Model Pembelajaran Modified Free Inquiry Berbasis Ecopreneurship untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik pada Materi Teori Kinetik Gas - /-/0
28 Implementation of Multi-representation Learning on Climate Change Integrated Dynamic Fluid to Improve Student’s Problem-Solving Skills Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika 10 (1), 44-55, 0 - /-/0
29 PENELITIAN PENUGASAN PASCA - /-/0
30 PEMANFAATAN PASIR LAVA GUNUNG KELUD SEBAGAI BAHAN PENJERNIH AIR - /-/0
31 Bibliometric Analysis of Multi Representation Based on Problem-Solving Skills Using VOSviewer Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika 9 (3), 274-284 - /-/0
32 Journal of Tsunami Society International - /-/0
33 Seminar Nasional Fisika (SNF) 2018 - /-/0
34 Bibliometric Analysis of Multi Representation Based on Problem-Solving Skills Using VOSviewer Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika 9 (3), 274-284, 0 - /-/0
35 PENGARUH PENERAPAN MOTIVASI DENGAN MENGGUNAKAN METODE INDEX CARD MATCH (MENCARI PASANGAN KARTU) DALAM MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA … - /-/0
36 PENGARUH PENERAPAN MOTIVASI DENGAN MENGGUNAKAN METODE INDEX CARD MATCH (MENCARI PASANGAN KARTU) DALAM MODEL PEMBELAJA... Inovasi Pendidikan Fisika 1 (1) - /-/2012
37 PENGARUH PENERAPAN MOTIVASI DENGAN MENGGUNAKAN METODE INDEX CARD MATCH (MENCARI PASANGAN KARTU) DALAM MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA … Inovasi Pendidikan Fisika 1 (1), 2012 - /-/2012
38 Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Yang Mengintegrasikan Keterampilan Time Token Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Xi SMA Khadijah Surabaya Pada Materi Pokok Fisika Fluida Statik Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika: FMIPA, UNESA - /-/2012
39 Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Yang Mengintegrasikan Keterampilan Time Token Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Xi SMA Khadijah Sura... Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika: FMIPA, UNESA - /-/2012
40 Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Yang Mengintegrasikan Keterampilan Time Token Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Xi SMA Khadijah Surabaya Pada Materi Pokok … Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika: FMIPA, UNESA, 2012 - /-/2012
41 PENGARUH PENERAPAN MOTIVASI DENGAN MENGGUNAKAN METODE INDEX CARD MATCH (MENCARI PASANGAN KARTU) DALAM MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA … Inovasi Pendidikan Fisika 1 (1) - /-/2012
42 Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Yang Mengintegrasikan Keterampilan Time Token Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Xi SMA Khadijah Surabaya Pada Materi Pokok … Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika: FMIPA, UNESA - /-/2012
43 PENGARUH PENERAPAN MOTIVASI DENGAN MENGGUNAKAN METODE INDEX CARD MATCH (MENCARI PASANGAN KARTU) DALAM MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KALOR DI KELAS X DI SMA NEGERI 1 PACIRAN Inovasi Pendidikan Fisika 1 (1) - /-/2012
44 The Effectiveness of Volcanology Learning Through Inquiry Based on Education for Sustainable Development (Esd) Science, 23 - /-/2013
45 PENGEMBANGAN ALAT PERAGA ALARM GEMPA BUMI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATERI GELOMBANG KELAS XI DI SMA NEGERI 1 PANGGUL, TRE... Inovasi Pendidikan Fisika 2 (3) - /-/2013
46 Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Yang Mengintegrasikan Keterampilan Time Token Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Xi SMA Khadijah Surabaya Pada Materi Pokok … Inovasi Pendidikan Fisika 2 (1), 2013 - /-/2013
47 Pengembangan Alat Peraga Alarm Gempa Bumi Sebagai Media Pembelajaran Materi Gelombang Kelas XI di SMA Negeri 1 Panggul, Trenggalek Jurnal Pendidikan Inovasi Fisika, 2013 - /-/2013
48 Integrasi peristiwa gempa bumi dan teknik mitigasi dalam diktat gejala gelombang Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika 2 (3), 167-173, 2013 - /-/2013
49 PENGARUH PENERAPAN MOTIVASI DENGAN MENGGUNAKAN METODE INDEX CARD MATCH (MENCARI PASANGAN KARTU) DALAM MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA … - /-/2013
50 Joko Tingkir program for estimating tsunami potential rapidly AIP Conference Proceedings 1617 (1), 57-59, 2014 - /-/2014
51 Implementations of Science Curriculum Models for Elementary Schools with Integration Mitigation and Disaster Management for Students At Coastal Area of East Java International Journal of Education and Research 3, 149-156, 2015 - /-/2015
52 Volcanic eruption crisis and the challenges of geoscience education in Indonesia MSCEIS 2015 1708, 080001-080004, 2016 - /-/2016
53 Madlazim. Volcanic eruption crisis and the challenges of geoscience education in Indonesia AIP Conference Proceedings 1708, 080004, 2016 - /-/2016
54 VLP Simulation: An Interactive Simple Virtual Model to Encourage Geoscience Skill about Volcano Journal of Physics: Conference Series 895 (1), 012142, 2017 - /-/2017
55 Product and Process Performance Improvement of Candidate Physics Teachers by Implementation of an Integrated Learning Strategy Advanced Science Letters 23 (12), 11952-11955, 2017 - /-/2017
56 Disaster mitigation model of eruption based on local wisdom in Indonesia Natural Hazards: Risk Assessment and Vulnerability Reduction, 149-167, 2018 - /-/2018
57 Pengembangan Program Volcano Learning Project (VLP) dalam Pembelajaran Geosains Bagi Mahasiswa Calon Guru Fisika Universitas Pendidikan Indonesia, 2018 - /-/2018
58 PEMANFAATAN PASIR LAVA GUNUNG KELUD SEBAGAI BAHAN PENJERNIH AIR Prosiding Semnas PPM 2018 1 (1), 1191-1201, 2018 - /-/2018
59 Designing geoscience learning for sustainable development: A professional competency assessment for postgraduate students in science education program Jurnal Penelitian Fisika Dan Aplikasinya (JPFA) 8 (2), 61-70, 2018 - /-/2018
60 Kontribusi Sains (Fisika) dalam Melestarikan Budaya Seni Musik Tradisional di Indonesia OSF Preprints, 2018 - /-/2018
61 Strengthening Geoscience Conceptions and Research Skills through Field Work International Conference on Science and Technology (ICST 2018), 495-499, 2018 - /-/2018
62 The characteristics of volcanic eruption in Indonesia Volcanoes: Geological and Geophysical Setting, Theoretical Aspects and …, 2018 - /-/2018
63 The effectiveness of volcanology learning through inquiry based on education for sustainable development Journal of Science Education 20 (2), 2019 - /-/2019
64 Student response to the implementation of an ecopreneurship based modified free inquiry model on physics learning Inovasi Pendidikan Fisika 8 (2), 696-699, 2019 - /-/2019
65 Peningkatan literasi sains siswa dengan menggunakan model pembelajaran guided inquiry Inovasi Pendidikan Fisika 8 (02), 682-685, 2019 - /-/2019
66 Science teacher’s conception about importance of Geoscience learning: A case study of junior high schools in Surabaya Indonesia Journal of Physics: Conference Series 1417 (1), 012090, 2019 - /-/2019
67 THE SIMPLE PRACTICUM KIT TO IMPROVE UNDERSTANDING OF THE STUDENT’S CONCEPT DYNAMIC ELECTRICITY Inovasi Pendidikan Fisika 8 (2), 2019 - /-/2019
68 ECOPRENEURSHIP ON PROJECT-BASED LEARING (PBL): AN APPROACH TO INCREASE LEARNING RESPONSE IN PHYSICS Inovasi Pendidikan Fisika 8 (02), 761-765, 2019 - /-/2019
69 Penerapan Model Pembelajaran Modified Free Inquiry Berbasis Ecopreneurship untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik pada Materi Teori Kinetik Gas Inovasi Pendidikan Fisika 8 (2), 2019 - /-/2019
70 Profil Penguasaan Konsep Siswa pada Sub Materi Gerak Jatuh Bebas dengan Menggunakan Four Tier Diagnostic Test Inovasi Pendidikan Fisika 8 (2), 618-622, 2019 - /-/2019
71 Fostering Prospective Physics Teachers’ Creativity in Analysing Education for Sustainable Development Based Curricula Journal of Physics: Conference Series 1417 (1), 012086, 2019 - /-/2019
72 Development of The OrSAEv Learning Materials: Preliminary Study of Student’s Knowledge about Earthquake and Tsunami Mitigation Journal of Physics: Conference Series 1417 (1), 012083, 2019 - /-/2019
73 ECOPRENEURSHIP ON PROJECT-BASED LEARNING (PBL): AN APPROACH TO INCREASE LEARNING RESPONSE IN PHYSICS Inovasi Pendidikan Fisika 8 (2), 2019 - /-/2019
74 Development of OrSAEv Model Learning Materials to Improve Tsunami Disaster Mitigation Skills (Preliminary Study) - /-/2019
75 Development of OrSAEv model learning materials to strengthen the characters of tsunami disaster mitigation for Middle School Students (Preliminary Study) journal of physics: Conference series 1417 (1), 012082, 2019 - /-/2019
76 ESD for physics: how to infuse ESD to the physics curricula MISEIC 2020, 2020 - /-/2020
77 The Students’ Voice of Volcanology in Education for Sustainable Development Context Journal of Physics: Conference Series 1491 (1), 012032, 2020 - /-/2020
78 Efektifitas Pembelajaran Fisika Terintegrasi Dengan Aksi Iklim Pada Prinsip Sdgs (Sustainable Development Goals) Dalam Meningkatakan Karakter Peduli Lingkungan Inovasi Pendidikan Fisika 9 (3), 2020 - /-/2020
79 Upaya Untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Sma Pada Masa Pandemic Covid-19 Melalui Media Pembelajaran Software Simulasi Gunungapi Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika 9 (3), 400-409, 2020 - /-/2020
80 Ecopreneurship-Oriented Project-Based Learning (PBL): An Approach to Enhance Students’ Problem-Solving Skill Journal of Physics: Conference Series 1491 (1), 012025, 2020 - /-/2020
81 SETS VISION: HOW TO DEVELOP STUDENTS’CLIMATE LITERACY THROUGH PHYSICS LEARNING? Inovasi Pendidikan Fisika 9 (2), 2020 - /-/2020
82 The Impact of Environmental Based Physics Learning on Students' Concept and Ecopreneurship Management - /-/2020
83 Model of MobLen for Enhancing Scientific Creativity of Physics Students: An Alternative in the Covid-19 Pandemic MISEIC 2020, 2020 - /-/2020
84 The Implementation of Argument Driven Inquiry (ADI) Learning Model to Improve Scientific Argumentation Skills of High School Student MISEIC 2020 - /-/2020
85 4th International Conference on Geoscience - /-/2020
86 Physics Student’s Research Skills Performance: A Field-Based Approach in Geoscience Learning Journal of Physics: Conference Series 1491 (1), 012003, 2020 - /-/2020
87 Volcano Project Design: Innovation In Geoscience Learning Prisma Sains: Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran Matematika dan IPA …, 2020 - /-/2020
88 The Impact of Environmental Based Physics Learning on Students' Concept Mastery and Ecopreneurship Management Prisma Sains: Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran Matematika dan IPA …, 2020 - /-/2020
89 Application of POE (predict-observe-explain) learning strategies to reduce students’ misconceptions in science subjects in elementary school International Journal of Innovative Science and Research Technology 5 (7 …, 2020 - /-/2020
90 Sets Vision: How To Develop Students’ climate Literacy Through Physics Learning Inovasi Pendidikan Fisika 9 (2), 2020 - /-/2020
91 STUDENTS’RESPONSES TO THE IM INTEGRATED WITH VOLCANIC DI - /-/2020
92 Profile of students’ scientific literacy in physics learning during COVID-19 pandemic Journal of Physics: Conference Series 2110 (1), 012031, 2021 - /-/2021
93 Analysis on Climate Literacy Capacity of Level XI High School Students in Surabaya Prisma Sains: Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran Matematika dan IPA …, 2021 - /-/2021
94 TSUNAMI MITIGATION-ONLINE LEARNING EFFECTIVENESS BY USING OMBAK LEARNING MODEL. Science of Tsunami Hazards 40 (2), 2021 - /-/2021
95 A Profile of Scientific Literacy of Senior High School Students on Physics Learning Journal of Physics: Conference Series 2110 (1), 012029, 2021 - /-/2021
96 ESD for physics: how to infuse education for sustainable development (ESD) to the physics curricula? Journal of Physics: Conference Series 1747 (1), 012032, 2021 - /-/2021
97 Research trends on ethnoscience based learning through bibliometric analysis: Contributed to physics learning Journal of Physics: Conference Series 2110 (1), 012026, 2021 - /-/2021
98 A Critical Thinking Skill Profile of Science Education Undergraduate Student in Basic Physics Journal of Physics: Conference Series 2110 (1), 012030, 2021 - /-/2021
99 Students’ understanding in airborne transmission of SARS-CoV-2 by dynamic fluid perspective using Structure of Observed Learning Outcomes (SOLO) taxonomy Gravity: Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Fisika 7 (2), 2021 - /-/2021
100 The Voices of Students About Climate Change: A Preliminary Research International Joint Conference on Science and Engineering 2021 (IJCSE 2021 …, 2021 - /-/2021
101 Profile of students’ creative thinking skills on global warming material: Gender perspective in physics learning Journal of Physics: Conference Series 2110 (1), 012028, 2021 - /-/2021
102 The Study of Postgraduate Students’ Scientific Literacy Based on the Ability to Solve the Environmental Problems International Joint Conference on Science and Engineering 2021 (IJCSE 2021 …, 2021 - /-/2021
103 Geoscience Literacy Profile of Junior High School Students IJORER: International Journal of Recent Educational Research 2 (3), 305-315, 2021 - /-/2021
104 MobLen Model for Enhancing Scientific Creativity of Physics Students: An Alternative in the Covid-19 Pandemic Journal of Physics: Conference Series 1805 (1), 012006, 2021 - /-/2021
105 Profile of Implementation Direct Instruction and Physics Problem Solving Skills of Senior High School Students Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika 5 (3), 292-304, 2021 - /-/2021
106 COMPARATIVE STUDY OF EFFECTIVENESS BETWEEN INQUIRY LAB AND GUIDED INQUIRY LEARNING MODELS TO IMPROVE STUDENTS’HIGHER ORDER THINKING SKILLS JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains), 12-26, 2021 - /-/2021
107 Profile of analytical thinking skills through inquiry-based learning in science subjects Studies in Learning and Teaching 2 (3), 45-60, 2021 - /-/2021
108 TSUNAMI FAULTING MODEL ANALYSIS FOR THE 30 OCTOBER 2020 NORMAL EARTHQUAKE OCCURRED IN IZMIR-TURKEY - /-/2021
109 Analysis of temperature and relative humidity towards the dispersion of covid-19 in indonesia Journal of Physics: Conference Series 1747 (1), 012030, 2021 - /-/2021
110 Profile of Junior High School Students' Constraints in Online Science Learning IJORER: International Journal of Recent Educational Research 2 (5), 557-564, 2021 - /-/2021
111 The Analysis Critical-Thinking Skills of Junior High School Students on Geoscience IJORER: International Journal of Recent Educational Research 2 (3), 293-304, 2021 - /-/2021
112 Scientific literacy ability of junior high school students on static electricity and electricity in living things IJORER: International Journal of Recent Educational Research 2 (6), 700-708, 2021 - /-/2021
113 Analisis minat dan motivasi belajar peserta didik kelas XI pada materi gelombang dimasa pandemi covid-19 IPF: Inovasi Pendidikan Fisika 10 (2), 28-38, 2021 - /-/2021
114 Bibliometric profile of science education research on argumentation and the contribution of Indonesia International Joint Conference on Science and Engineering 2021 (IJCSE 2021 …, 2021 - /-/2021
115 The Effectiveness of Science Learning Tools Based on Education Sustainable Development (ESD) to Improve Problem-Solving Skills IJORER: International Journal of Recent Educational Research 2 (3), 342-353, 2021 - /-/2021
116 Bibliometric Analysis of Multi Representation Based on Problem-Solving Skills Using VOSviewer Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika 9 (3), 274-284, 2021 - /-/2021
117 The implementation of Argument Driven Inquiry (ADI) learning model to improve scientific argumentation skills of high school students Journal of Physics: Conference Series 1747 (1), 012046, 2021 - /-/2021
118 Critical thinking skills on physics learning during COVID-19 pandemic: A bibliometric analysis using VOSViewer Journal of Physics: Conference Series 2110 (1), 012020, 2021 - /-/2021
119 ANALYSIS OF SCIENCE LITERATURE CAPABILITIES OF HIGH SCHOOL STUDENTS IN PHYSICS LEARNING DURING THE COVID-19 PANDEMIC ON STRAIGHT MOTION KINEMATICS MATERIALS Inovasi Pendidikan Fisika 10 (2), 2021 - /-/2021
120 Using Toulmin’s Argument Pattern Approach to Identify Infodemics in the Covid-19 Pandemic Era Journal of Physics: Conference Series 1805 (1), 012011, 2021 - /-/2021
121 The effectiveness of online based physics learning in the covid-19 pandemic period on the material of work and energy PENDIPA Journal of Science Education 5 (3), 451-458, 2021 - /-/2021
122 ANALYZE THE MECHANISM OF TSUNAMI BASED ON THE SCOPUS DATABASE. Science of Tsunami Hazards 41 (3), 2022 - /-/2022
123 The Development Research: Assessment Instruments Science Literacy Based on Minimum Competency Assessment (AKM) Level 4th Solar System Concepts Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika 8 (1), 115-124, 2022 - /-/2022
124 Analisis Miskonsepsi Peserta Didik Sekolah Menengah Atas pada materi Fisika PENDIPA Journal of Science Education 6 (1), 177-182, 2022 - /-/2022
125 Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Video dengan Model POE (Predict Observe Explain) untuk Melatihkan Keterampilan Proses IPA Siswa Sekolah Dasar Jurnal Basicedu 6 (1), 1232-1242, 2022 - /-/2022
126 Implementation of Problem Based Learning in VLP Software Assisted Volunte Physics Learning on Students’ Problem Solving Ability Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal …, 2022 - /-/2022
127 GLOBAL RESEARCH ON TSUNAMI EDUCATION AND TSUNAMI MITIGATION: A BIBLIOMETRIC ANALYSIS. Science of Tsunami Hazards 41 (2), 2022 - /-/2022
128 Research trends for masters of science education at the State University of Surabaya: Case studies The 8th SEA DR and the 2nd STEACH international Conference 2021, 2022 - /-/2022
129 The Volcano Simulation Software Implementation in Integrated Physics Learning Disaster Mitigation to Develop Critical Thinking Skills Prisma Sains: Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran Matematika dan IPA …, 2022 - /-/2022
130 Pemanfaatan Terrarium Sederhana dengan Model Problem Based Learning untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Perubahan Iklim Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual 7 (2), 299-311, 2022 - /-/2022
131 Physics Edutainment Learning based on Engklek and Ontang-Anting Games: Creating Fun Physics for Students Journal of Physics: Conference Series 2392 (1), 012023, 2022 - /-/2022
132 Penerapan Experiential Learning pada Materi Perubahan Iklim untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual 7 (1), 134, 2022 - /-/2022
133 RESEARCH TRENDS ON LIQUEFACTION IN 2011-2021: A REVIEW AND BIBLIOMETRIC ANALYSIS. Science of Tsunami Hazards 41 (3), 2022 - /-/2022
134 Learning Management System (LMS) Research During 1991-2021: How Technology Affects Education. International Journal of Emerging Technologies in Learning 17 (17), 2022 - /-/2022
135 CONTRIBUTION OF SDGS IN TSUNAMI DISASTER PREPAREDNESS EDUCATION IN INDONESIA. Science of Tsunami Hazards 41 (4), 2022 - /-/2022
136 The Study of Implementation SETS Approach to Improve Students' Critical Thinking Skills - /-/2022
137 Learning management system (LMS) research during 1991-2021: How technology affects education International Journal of Emerging Technologies in Learning (iJET) 17 (17), 28-49, 2022 - /-/2022
138 Trends Research and Publication of Master Students in Science Education Program Prisma Sains: Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran Matematika dan IPA …, 2022 - /-/2022
139 The Study of Implementation SETS Approach to Improve Students’ Critical Thinking Skills Eighth Southeast Asia Design Research (SEA-DR) & the Second Science …, 2022 - /-/2022
140 ANALYSIS OF THE TOP 100 CITED PUBLICATIONS IN EARTHQUAKE RESEARCH DURING 1991 TO 2021. Science of Tsunami Hazards 41 (1), 2022 - /-/2022
141 Development of STEAM-Based Rain Alarm Prototype Studies in Learning and Teaching 3 (2), 156-167, 2022 - /-/2022
142 STEAM-integrated project based learning models: Alternative to improve 21st century skills Eighth Southeast Asia Design Research (SEA-DR) & the Second Science …, 2022 - /-/2022
143 Implementation of Multi-representation Learning on Climate Change Integrated Dynamic Fluid to Improve Student’s Problem-Solving Skills Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika 10 (1), 44, 2022 - /-/2022
144 Profile of Students’ Science Process Skills on Substance Pressure Material Eighth Southeast Asia Design Research (SEA-DR) & the Second Science …, 2022 - /-/2022
145 RESEARCH PROFILE OF CLIMATE CHANGE AND TSUNAMI MITIGATION: EFFORTS TO REALIZE SDGS 11 AND 13. Science of Tsunami Hazards 41 (3), 2022 - /-/2022
146 Profil of science literacy skill of junior high school student on energy materials in living systems in online learning AIP Conference Proceedings 2600 (1), 2022 - /-/2022
147 Flood Alarm Prototype: A STEAM Project to Study Physics and Building Students’ Awareness of Natural Disasters Studies in Learning and Teaching 3 (2), 147-155, 2022 - /-/2022
148 The Use of STEM-Integrated Project-based Learning Models to Improve Learning Outcomes of Junior High School Students Eighth Southeast Asia Design Research (SEA-DR) & the Second Science …, 2022 - /-/2022
149 Project-based inquiry-science: An innovative learning for thinking, teaching and assessing science-physics Momentum: Physics Education Journal 6 (1), 86-92, 2022 - /-/2022
150 Science Technology Engineering Arts Mathematics (STEAM) Approach for Learning Science in Junior High School Studies in Learning and Teaching 3 (1), 55-61, 2022 - /-/2022
151 The Development Research: Assessment Instruments of Science Literacy Based on Minimum Competency Assessment (AKM) Level 4th for Solar System Concepts Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika 8 (1), 115-124, 2022 - /-/2022
152 Profile of online integrated science learning in schools: An observational study AIP Conference Proceedings 2646 (1), 2023 - /-/2023
153 Morphological Identification of Rocks around Ranupani Village, Mount Semeru, Lumajang, East Java Journal of Physics: Conference Series 2623 (1), 012030, 2023 - /-/2023
154 Designing Vertical Axis Wind Turbine Prototype as Future Renewable Energy Source in STEAM Learning - /-/2023
155 Prediction of El Niño La Niña & Indian Ocean Dipole Phenomena Using the ARIMA Model by Prospective Teachers in Indonesia Jurnal Penelitian Pendidikan IPA 9 (10), 8730-8744, 2023 - /-/2023
156 Geotourism: Ecological Geology for Global Warming Mitigation (Kayangan Api Bojonegoro) Studies in Philosophy of Science and Education 4 (3), 2023 - /-/2023
157 Science Teaching Materials Based on Field Trips with Local Wisdom to Improve Elementary School Students' Critical Thinking International Journal of Current Educational Research 2 (2), 115-127, 2023 - /-/2023
158 Research on Bibliometric Analysis of Toulmin's Argument Pattern (TAP) in Learning Physics in the Last Ten Years International Journal of Current Educational Research 2 (1), 66-79, 2023 - /-/2023
159 Integration of PJBL, STEAM, and Learning Tool Development in Improving Students' Critical Thinking Skills IJORER: International Journal of Recent Educational Research 4 (6), 808-818, 2023 - /-/2023
160 Early geoscience literacy skills assessment based on TIMSS’S view AIP Conference Proceedings 2751 (1), 2023 - /-/2023
161 Contribution of Science Writing Heuristics to students' argumentation skills in learning science Reimagining Innovation in Education and Social Sciences, 389-396, 2023 - /-/2023
162 Geotourism: Use of Environmentally Friendly Geological Wealth Studies in Philosophy of Science and Education 4 (3), 94-102, 2023 - /-/2023
163 Light Pollution Phenomenon: Prior Knowledge, Attitudes, and Awareness of Physics Undergraduate Students at State University of Surabaya Jurnal Penelitian Pendidikan IPA 9 (1), 149-153, 2023 - /-/2023
164 Development of dye-sensitized solar cells STEAM learning prototype for supporting educational for sustainable development EUREKA: Physics and Engineering, 56-66, 2023 - /-/2023
165 Exploration of The Magnetic Rocks Potential of Mount Penanggungan: A Study of Myth, History, and Its Implications for Educators and Mountaineers Journal of Geoscience, Engineering, Environment, and Technology 8 (2), 84-89, 2023 - /-/2023
166 The pathway of digital learning environments in advancing Sustainable Development Goals (SDGs): A Bibliometric analysis covering three decades of research E3S Web of Conferences 450, 01005, 2023 - /-/2023
167 Designing Vertical Axis Wind Turbine Prototype as Future Renewable Energy Source in STEAM Learning. TEM Journal 12 (1), 2023 - /-/2023
168 Profile of students' creative thinking skill for integrated physics environmental learning on climate change materials Journal of Environment and Sustainability Education 1 (2), 2023 - /-/2023
169 PROFILE OF TSUNAMI EARLY WARNING SYSTEM FOR DISABILITIES: A MANIFESTATION OF THE INDONESIAN'S NATIONAL CONGRESS IN DISASTER MANAGEMENT. Science of Tsunami Hazards 42 (3), 2023 - /-/2023
170 Penerapan PhET Simulations Pada Pembelajaran Fisika untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik SMA Kelas X Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pembelajaran 1 (2), 56-65, 2023 - /-/2023
171 Integration of independent learning and physics innovation in STEAM-based renewable energy education to improve critical thinking skills in the era of Society 5.0 for … E3S Web of Conferences 450, 01010, 2023 - /-/2023
172 Scientific Mapping of Publication on Climate Change Education (CCE) using Bibliometric Analysis Journal of Law and Sustainable Development 11 (12), e1862-e1862, 2023 - /-/2023
173 Pelatihan Pembuatan Modul Proyek Pembelajaran STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, and Mathematics) Terintegrasi Mitigasi Bencana Alam dalam Kurikulum Merdeka Belajar Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat 5 (2), 710-727, 2023 - /-/2023
174 Development of Students’ Worksheet Through Guided Inquiry Model to Increase Science Process Skills in The Harmonic Vibration Subject IJORER: International Journal of Recent Educational Research 4 (4), 469-480, 2023 - /-/2023
175 Research Trend of Environmental Education in Science Based on Scopus Database IJORER: International Journal of Recent Educational Research 4 (3), 296-308, 2023 - /-/2023
176 Determining Learning Activities to Promote Scientific Reasoning in Science Learning: A Literature Review IJORER: International Journal of Recent Educational Research 4 (3), 271-285, 2023 - /-/2023
177 Implementation of ESD (Education for Sustainable Development) in Climate Change Learning: A Literature Review IJORER: International Journal of Recent Educational Research 4 (4), 399-415, 2023 - /-/2023
178 Development of Affordable Pendulum and Collision Prop as Media in Science Learning TEM Journal 12 (4), 2064, 2023 - /-/2023
179 Integrated environmental education physics project to enhance student creativity Momentum: Physics Education Journal 8 (1), 2024 - /-/2024

Karya Buku

No Judul Buku Tahun Jumlah Halaman Penerbit
1 Bagaimana menyusun kurikulum yang ideal? 2023 S2 Pendidikan Sains

Pemakalah Seminar Ilmiah

No Nama Temu ilmiah / Seminar Judul Artikel Ilmiah Waktu dan Tempat
1 AIP Conference Proceedings Joko Tingkir program for estimating tsunami potential rapidly 2014
2 AIP Conference Proceedings Volcanic eruption crisis and the challenges of geoscience education in Indonesia 2016
3 Journal of Physics: Conference Series VLP Simulation: An Interactive Simple Virtual Model to Encourage Geoscience Skill about Volcano 2017
4 Journal of Physics: Conference Series Fostering Prospective Physics Teachers' Creativity in Analysing Education for Sustainable Development Based Curricula 2019
5 Journal of Physics: Conference Series Science teacher's conception about importance of Geoscience learning: A case study of junior high schools in Surabaya Indonesia 2019
6 Journal of Physics: Conference Series Development of the OrSAEv Learning Materials: Preliminary Study of Student's Knowledge about Earthquake and Tsunami Mitigation 2019
7 Journal of Physics: Conference Series Development of OrSAEv Model Learning Materials to Strengthen the Characters of Tsunami Disaster Mitigation for Middle School Students (Preliminary Study) 2019
8 Journal of Physics: Conference Series Ecopreneurship-Oriented Project-Based Learning (PBL): An Approach to Enhance Students' Problem-Solving Skill 2020
9 Journal of Physics: Conference Series The Students' Voice of Volcanology in Education for Sustainable Development Context 2020
10 Journal of Physics: Conference Series Physics Student's Research Skills Performance: A Field-Based Approach in Geoscience Learning 2020
11 Journal of Physics: Conference Series The implementation of Argument Driven Inquiry (ADI) learning model to improve scientific argumentation skills of high school students 2021
12 Journal of Physics: Conference Series ESD for physics: How to infuse education for sustainable development (ESD) to the physics curricula? 2021
13 Journal of Physics: Conference Series Analysis of Temperature and Relative Humidity towards the Dispersion of CoVid-19 in Indonesia 2021
14 Journal of Physics: Conference Series MobLen Model for Enhancing Scientific Creativity of Physics Students: An Alternative in the Covid-19 Pandemic 2021
15 Journal of Physics: Conference Series Using Toulmin's Argument Pattern Approach to Identify Infodemics in the Covid-19 Pandemic Era 2021
16 Journal of Physics: Conference Series A critical thinking skill profile of science education undergraduate student in basic physics 2021
17 Journal of Physics: Conference Series Research trends on ethnoscience based learning through bibliometric analysis: Contributed to physics learning 2021
18 Journal of Physics: Conference Series Profile of students' scientific literacy in physics learning during COVID-19 pandemic 2021
19 Journal of Physics: Conference Series Critical thinking skills on physics learning during COVID- 19 Pandemic: A bibliometric analysis using VOS viewer 2021
20 Journal of Physics: Conference Series A profile of scientific literacy of senior high school students on physics learning 2021
21 Journal of Physics: Conference Series Profile of students' creative thinking skills on global warming material: Gender perspective in physics learning 2021
22 Journal of Physics: Conference Series Physics Edutainment Learning based on Engklek and Ontang-Anting Games: Creating Fun Physics for Students 2022
23 AIP Conference Proceedings Profil of Science Literacy Skill of Junior High School Student on Energy Materials in Living Systems in Online Learning 2022
24 Journal of Physics: Conference Series Morphological Identification of Rocks around Ranupani Village, Mount Semeru, Lumajang, East Java 2023
25 AIP Conference Proceedings Profile of online integrated science learning in schools: An observational study 2023
26 AIP Conference Proceedings Early geoscience literacy skills assessment based on TIMSS'S view 2023
27 E3S Web of Conferences Integration of independent learning and physics innovation in STEAM-based renewable energy education to improve critical thinking skills in the era of Society 5.0 for Sustainable Development Goals (SDGs) 2030 2023
28 E3S Web of Conferences The pathway of digital learning environments in advancing Sustainable Development Goals (SDGs): A Bibliometric analysis covering three decades of research 2023

Hak Karya Ilmiah

No Judul/Tema HKI Tahun Jenis Nomor
1 Buku Panduan Bilik Steril Otomatis Berbasis Sensor 2021 hak cipta EC00202158055
2 Video Proses Pembuatan Terarium Biekosistem berbasis STEAM 2022 hak cipta EC00202276600
3 Perangkat Pembelajaran Physics Edutainment berbasis Permainan Engklek untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Motivasi Belajar Fisika Siswa 2022 hak cipta EC00202288892
4 Physics Module Kurikulum Merdeka 2022 2022 hak cipta EC00202294040
5 Bahan Ajar Model Pengembangan 4D, R&D, Kemp dan Addie Status 2022 hak cipta EC00202232171
6 Bencana Alam dan Upaya Mitigasi Bencana 2023 hak cipta EC00202389163
7 Ekologi dan Keanekaragaman Hayati: STEAM Project Terintegrasi ESD 2023 hak cipta EC00202378029
8 Bagaimana menyusun kurikulum yang ideal ?? 2023 hak cipta EC002023110058