Dr. Him'mawan Adi Nugroho, S.Pd., M.Pd.

Dr. Him'mawan Adi Nugroho, S.Pd., M.Pd., lahir di Rembang pada tanggal 17-11-1975 adalah dosen di Universitas Negeri Surabaya. Dalam 1 tahun terakhir, mengampu 2 matakuliah. Sudah melakukan pengabdian sebanyak 8. Sudah mempublikasi Artikel Ilmiah dalam jurnal sebanyak 26.

Identitas Diri

Riwayat Pendidikan

S1 S2
Nama Perguruan Tinggi Unesa UM
Bidang Ilmu Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Bahasa Inggris
Tahun Masuk-Lulus 1995 - 2000 2008 - 2011
Judul Skripsi/Tesis/Disertasi Debate Discussion As An Alternative Technique In The Teaching of Speaking The Students' communication Strategies In Speaking Class At The English Department of State University of Surabaya
Nama Pembimbing/Promotor Dra, Kumalarini Paath, M.Pd. Dr. Sri Rahmajanti, M.Pd.

Mata Kuliah yang Diampu

No. Mata Kuliah
1 Learning Theories
2 Thesis Proposal Writing

Data Penelitian Dari Sim Litabmas

No. Tahun Judul Sumber Dana
1 2021 PELATIHAN PENGARSIPAN DOKUMEN ADMINISTRASI SEKOLAH DI SEKOLAH DASAR INSAN MULYA KOTA BARU DRIYOREJO GRESIK Litabmas
2 2021 PELATIHAN PENGARSIPAN DOKUMEN ADMINISTRASI SEKOLAH DI SEKOLAH DASAR INSAN MULYA KOTA BARU DRIYOREJO GRESIK Litabmas
3 2021 PELATIHAN PENGARSIPAN DOKUMEN ADMINISTRASI SEKOLAH DI SEKOLAH DASAR INSAN MULYA KOTA BARU DRIYOREJO GRESIK Litabmas
4 2021 PELATIHAN PENGARSIPAN DOKUMEN ADMINISTRASI SEKOLAH DI SEKOLAH DASAR INSAN MULYA KOTA BARU DRIYOREJO GRESIK Litabmas
5 2023 PENELUSURAN TINGKAT EFIKASI DIRI DAN ORIENTASI PENCAPAIAN TUJUAN MAHASISWA DALAM PERSIAPAN PRAKTIK MENGAJAR BAHASA ASING Litabmas
6 2021 PELATIHAN PENGARSIPAN DOKUMEN ADMINISTRASI SEKOLAH DI SEKOLAH DASAR INSAN MULYA KOTA BARU DRIYOREJO GRESIK Litabmas

Data Penelitian Dari Non Litabmas

No. Tahun Judul Sumber Dana
1 2023 Penelusuran Tingkat Efikasi Diri dan Orientasi Pencapaian Tujuan Mahasiswa dalam Persiapan Praktik Mengajar Bahasa Asing
2 2023 PEMBENTUKAN EFIKASI MENGAJAR GURU PRE-JABATAN DAN IDENTITAS PROFESIONALNYA MELALUI PRAKTIKUM MENGAJAR
3 2021 Pengembangan Buku Saku bagi Mahasiswa Asing di Universitas Negeri Surabaya
4 2024 PEMANFAATAN AI CHATBOT DALAM PENYUSUNAN ESP WOKSHEET OLEH MAHASISWA CALON GURU BAHASA INGGRIS
5 2024 PEMANFAATAN KARYA SASTRA ANAK BERBAHASA INGGRIS BERBASIS ECOLIITERASI: PERSEPSI DAN PRAKTIK PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DI KALANGAN GURU-GURU BAHASA INGGRIS SMP DI SURABAYA
6 2024 Meretas Jalan Keberlanjutan: Evaluasi Partisipasi Mahasiswa Bahasa Inggris kelas Internasional dalam Climate Action Exchange 2024: Program dari Kedutaan Amerika
7 2022 Pemutakhiran Rencana Pembelajaran Semester Mata Kuliah Reading for Research Berdasarkan Profil Information Gathering Skills Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Inggris

Pengabdian Kepada Masyarakat

No Tahun Judul Pengabdian Sumber Pendanaan
1 2022 Pendampingan Pembuatan Media Gamification dalam Bahasa Inggris bagi Guru-guru SMP di Trenggalek
2 2024 Pelatihan Pengembangan Program English Club Bagi Guru SD Labschool Unesa 2
3 2021 PELATIHAN PENGARSIPAN DOKUMEN ADMINISTRASI SEKOLAH DI SEKOLAH DASAR INSAN MULYA KOTA BARU DRIYOREJO GRESIK
4 2024 Pelatihan pembelajaran berdiferensiasi mata pelajaran Bahasa Inggris Fase D Kurikulum Merdeka untuk guru-guru MGMP Bahasa Inggris SMP Kab. Mojokerto
5 2023 Pelatihan penyusunan bahan ajar dan modul ajar Fase F bagi guru-guru MGMP Bahasa Inggris Jatim
6 2021 Pelatihan Pembuatan Booklet Home Fire Safety pada di Dinas Pemadam Kebakaran Wiyung
7 2024 Pelatihan Bahasa dan Budaya Indonesia bagi Siswa Sekolah Indonesia Kuala Lumpur sebagai Upaya Penanaman Cinta Tanah Air
8 2024 LOKAKARYA DAN PELATIHAN PENULISAN BAHAN AJAR BAHASA INGGRIS BERBASIS EXTENSIVE READING BERTEMA EKOLITERASI BAGI GURU-GURU SMP KOTA SURABAYA

Publikasi Jurnal

No Judul Artikel Ilmiah Nama Jurnal Volume/Nomor/Tahun
1 Efl teachers’ need of language proficiency professional development: When policy and practice collide International Journal of Language Education 2 /-/2018
2 EFL teachers’ perceptions on professional development for language proficiency maintenance and improvement International Journal of Evaluation and Research in Education 11 /-/2022
3 Teaching Descriptive Reading Comprehension Using Team Assisted Individualization (TAI) to the Seventh Grade Students Murni Asih - /-/0
4 Rapport talk vs report talk: perbedaan gaya komunikasi antara laki-laki dan perempuan: laporan penelitian Jurusan Bahasa Inggris, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Surabaya, 2006 - /-/2006
5 The Analysis on Students’ Communication Strategies in Speaking III Class at the English Department of State University of Surabaya.(Thesis) DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2011 - /-/2011
6 The Analysis on Students’ Communication Strategies in Speaking III Class at the English Department of State University of Surabaya.(Thesis) DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM - /-/2011
7 The Implementation of Gap Information Activity to Teach Speaking Procedure Text to the Ninth Graders RETAIN 2 (1), 2014 - /-/2014
8 The Implementation of Gap Information Activity to Teach Speaking Procedure Text to the Ninth Graders RETAIN 2 (1) - /-/2014
9 THE CORRELATION BETWEEN STUDENTS’LEARNING STYLE AND STUDENTS’SPEAKING ACHIEVEMENT RETAIN 3 (1), 2015 - /-/2015
10 THE CORRELATION BETWEEN STUDENTS’LEARNING STYLE AND STUDENTS’SPEAKING ACHIEVEMENT RETAIN 3 (1) - /-/2015
11 THE USE OF ANIMAL PUPPETS IN TEACHING SPEAKING ON NARRATIVE TEXT TO THE EIGHTH GRADE STUDENTS OF SMPN 28 SURABAYA RETAIN 3 (2) - /-/2015
12 SPEAKING SKILLS OF ENGLISH DEPARTMENT STUDENTS YEAR 2013 IN PUBLIC SPEAKING CLASS RETAIN 3 (2) - /-/2015
13 SPEAKING SKILLS OF ENGLISH DEPARTMENT STUDENTS YEAR 2013 IN PUBLIC SPEAKING CLASS RETAIN 3 (2), 2015 - /-/2015
14 THE USE OF ANIMAL PUPPETS IN TEACHING SPEAKING ON NARRATIVE TEXT TO THE EIGHTH GRADE STUDENTS OF SMPN 28 SURABAYA RETAIN 3 (2), 2015 - /-/2015
15 Teaching Descriptive Reading Comprehension Using Team Assisted Individualization (TAI) to the Seventh Grade Students RETAIN 4 (1) - /-/2016
16 Teaching Descriptive Reading Comprehension Using Team Assisted Individualization (TAI) to the Seventh Grade Students RETAIN 4 (1), 2016 - /-/2016
17 The Implementation of Scientific Approach in the Teaching of Reading Narrative Text to the Tenth Grade Students RETAIN 4 (2) - /-/2016
18 The Implementation of Scientific Approach in the Teaching of Reading Narrative Text to the Tenth Grade Students RETAIN 4 (2), 2016 - /-/2016
19 PRE-SERVICE EFL TEACHERS’SELF-EFFICACY, THEIR ENGLISH PROFICIENCY AND THEIR PREPAREDNESS FOR TEACHING PRACTICUM PROGRAM Premise: Journal of English Education and Applied Linguistics 6 (2), 1-11, 2017 - /-/2017
20 PRE-SERVICE EFL TEACHERS’SELF-EFFICACY, THEIR ENGLISH PROFICIENCY AND THEIR PREPAREDNESS FOR TEACHING PRACTICUM PROGRAM Premise: Journal of English Education and Applied Linguistics 6 (2), 1-11 - /-/2017
21 EFL TEACHERS’ NEED OF LANGUAGE PROFICIENCY PROFESSIONAL DEVELOPMENT: WHEN POLICY AND PRACTICE COLLIDE International Journal of Language Education 2 (2), 74-82, 2018 - /-/2018
22 What do I Have to Say? The Need of Pocket Book as a Helping Hand for BIPA Students International Conference on Cultural Studies and Applied Linguistics (ICCSAL …, 2021 - /-/2021
23 Survival Book to Help BIPA Learners Off the Hook of Culture Shock Jurnal Ilmiah Lingua Idea 12 (2), 145-158, 2021 - /-/2021
24 EFL teachers’ perceptions on professional development for language proficiency maintenance and improvement Int J Eval & Res Educ 11 (3), 1585-1594, 2022 - /-/2022
25 Students’ ability in writing annotated bibliography: Teaching critical writing EnJourMe (English Journal of Merdeka) 7 (2), 264-274, 2022 - /-/2022
26 English teacher PPT gamification skills development in Trenggalek COMMUNITY EMPOWERMENT 7 (11), 1881-1887, 2022 - /-/2022

Karya Buku

No Judul Buku Tahun Jumlah Halaman Penerbit

Pemakalah Seminar Ilmiah

No Nama Temu ilmiah / Seminar Judul Artikel Ilmiah Waktu dan Tempat

Hak Karya Ilmiah

No Judul/Tema HKI Tahun Jenis Nomor