Didik Nurhadi, M.Pd., M.A., Ph.D.

Didik Nurhadi, M.Pd., M.A., Ph.D., lahir di Bojonegoro pada tanggal 21-04-1976 adalah dosen di Universitas Negeri Surabaya. Dalam 1 tahun terakhir, mengampu 44 matakuliah. Sudah melakukan pengabdian sebanyak 11. Sudah mempublikasi Artikel Ilmiah dalam jurnal sebanyak 36.

Identitas Diri

Riwayat Pendidikan

S1 S2 S3
Nama Perguruan Tinggi Universitas Negeri Surabaya Hiroshima University Nagoya University
Bidang Ilmu Pendidikan Bahasa Jepang Language and Culture Education Linguistik Bahasa Jepang
Tahun Masuk-Lulus 1994 - 2000 2008 - 2010 2011 - 2014
Judul Skripsi/Tesis/Disertasi Analisis Makna Idiom Bahasa Kias (Perumpamaan dan Metafora) Dalam Komik Irakano Nami, Oishinbo, dan Chiti Marukochan Ronsetsubun no Bunshoukouzou: Nihongo to Indonesiago no Shasetsu o Taishou ni shite Nihongo Ronsetsubun no Bunshoukouzou
Nama Pembimbing/Promotor Dra. Yoharni Haryono YANAGISAWA MIYACHI Asako

Mata Kuliah yang Diampu

No. Mata Kuliah
1 Akademikku No Nihongo
2 Analisis Artikel Jurnal Mutakhir
3 Analisis Wacana Kritis
4 Applied Linguistics
5 Bahasa Jepang
6 Bahasa Jepang I
7 Chujokyu Nihongo Oyo
8 Chujokyu Sakubun
9 Chukyu Nihongo
10 Chukyu Sakubun
11 Isu Mutakhir Bahasa/Sastra Indonesia-Daerah
12 Kajian Penelitian Mutakhir Pembelajaran Bahasa dan Sastra
13 Keterampilan Mengajar dan Pembelajaran Mikro
14 KKN Asistensi Mengajar Pendesiminasian Program
15 KKN Kewirausahaan Pendesiminasian program
16 KKN Proyek Desa Pendesiminasian Program
17 KKN Proyek indpenden Pendesiminasian program
18 KKN Proyek Kemanusiaan Pendesiminasian program
19 KKNT
20 Kuliah Kerja Nyata (Kkn)
21 Linguistik Edukasional
22 Linguistik Terapan
23 Metodologi Penelitian Pendidikan Bahasa dan Sastra
24 Penelitian Mutakhir Pembelajaran Bahasa dan Sastra
25 Pengenalan Lapangan Persekolahan
26 Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP)
27 Percakapan Dasar
28 PLP-Manajemen Sekolah
29 PLP-Pengembangan Bahan Ajar
30 PLP-Praktik Mengajar
31 Pragmastilistik
32 Program Pengelolaan Pembelajaran
33 Proposal Disertasi
34 Proposal Penelitian
35 Publikasi
36 Seminar Pendidikan Bahasa dan Sastra 1
37 Shokyu Dokkai
38 Shokyu Dokkai Oyo
39 Shokyu Nihongo
40 Shokyu Nihongo Oyo
41 Shokyu Sakubun
42 Skripsi
43 Studi Lapangan
44 Tesis

Data Penelitian Dari Sim Litabmas

No. Tahun Judul Sumber Dana
1 2016 Konstruksi Teks Argumentatif Bahasa Jepang Litabmas
2 2016 Konstruksi Teks Argumentatif Bahasa Jepang Litabmas
3 2024 PELATIHAN TARI JAWA TIMURAN BAGI SISWA SEKOLAH INDONESIA JEDDAH DI SAUDI ARABIA UNTUK MENGENALKAN NILAI-NILAI BUDAYA INDONESIA Litabmas
4 2024 PELATIHAN TARI JAWA TIMURAN BAGI SISWA SEKOLAH INDONESIA JEDDAH DI SAUDI ARABIA UNTUK MENGENALKAN NILAI-NILAI BUDAYA INDONESIA Litabmas
5 2024 PELATIHAN TARI JAWA TIMURAN BAGI SISWA SEKOLAH INDONESIA JEDDAH DI SAUDI ARABIA UNTUK MENGENALKAN NILAI-NILAI BUDAYA INDONESIA Litabmas
6 2024 PELATIHAN TARI JAWA TIMURAN BAGI SISWA SEKOLAH INDONESIA JEDDAH DI SAUDI ARABIA UNTUK MENGENALKAN NILAI-NILAI BUDAYA INDONESIA Litabmas
7 2024 PELATIHAN TARI JAWA TIMURAN BAGI SISWA SEKOLAH INDONESIA JEDDAH DI SAUDI ARABIA UNTUK MENGENALKAN NILAI-NILAI BUDAYA INDONESIA Litabmas

Data Penelitian Dari Non Litabmas

No. Tahun Judul Sumber Dana
1 2023 ANALISIS KONSTRUKSI TEKS PADA MATERI BACAAN BAHASA JEPANG
2 2024 KONSTRUKSI TEKS PADA MATERI BACAAN BAHASA JEPANG: ANALISIS MELALUI SUDUT PANDANG BENTUK PENGACUAN
3 2024 Pemanfaatan Media Komunikasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Meyimak Bahasa Jepang
4 2024 Studi dan Analisis pengaruh Program Internship ke Jepang terhadap Arah Karir Alumni Prodi Pendidikan Bahasa Jepang Unesa
5 2024 BAHASA FIGURATIF DALAM NOVEL UTSUKUSHISA TO KANASHIMI TO 「美しさと哀しみと」 KARYA YASUNARI KAWABATA: KAJIAN STILISTIKA
6 2025 Tantangan Guru Bahasa Jepang dalam Menerapkan Literasi Asesmen di Sekolah Menengah
7 2025 INDONESIAN CULTURAL IMMERSION: MEMPELAJARI TRADISI INDONESIA MELALUI KULINER, BUSANA TRADISIONAL DAN PARIWISATA PADA PEMBELAJARAN BIPA DI UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA
8 2022 PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATA KULIAH SHOKYU HYOKI BAGI PEMELAJAR BAHASA JEPANG TINGKAT PEMULA
9 2021 KESALAHAN BERBAHASA DALAM TEKS KARANGAN BAHASA JEPANG LEVEL MENENGAH ‘CHUKYU SAKUBUN’ PEMBELAJAR BAHASA JEPANG
10 2025 Struktur Teks Bahasa Jepang: Tinjauan Melalui Sudut Pandang Pelesapan ‘Shouryaku Hyougen’ dan Pengulangan ‘Hanpuku Hyougen’
11 2024 Keterkaitan Antara Kecerdasan Emosi dan Kecenderungan Burnout pada Civitas Akademika dan Mahasiswa FBS Unesa
12 2024 Pengembangan Perangkat Pembelajaran Mata Kuliah Evaluasi Belajar dan Pembelajaran di Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Jepang
13 2019 Komponen Makna Verba Bahasa Jerman beserta Padanannya dalam Bahasa Indonesia
14 2022 PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATA KULIAH SHOKYU HYOKI BAGI PEMELAJAR BAHASA JEPANG TINGKAT PEMULA
15 2020 PENGEMBANGAN BAHAN AJAR HANASHIKATA MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN BAHASA JEPANG FBS UNESA
16 2025 Penyimpangan Struktur Kalimat Dalam Novel Utsukushisa To Kanashimi To 「美しさと哀しみと」Karya Kawabata Yasunari: Kajian Stilistika
17 2023 Pemetaan Permasalahan Mahasiswa Ambang Batas Fakultas Bahasa dan Seni dalam Menyelesaikan Studi Jenjang S-1
18 2023 HUBUNGAN ANTARA GAYA BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN BAHASA JEPANG ANGKATAN 2022 PADA MATA KULIAH NIHONGO TINGKAT DASAR
19 2024 Problematik Guru Bahasa Jepang Dalam Penerapan Asesmen Pembelajaran Pada Kurikulum Merdeka

Pengabdian Kepada Masyarakat

No Tahun Judul Pengabdian Sumber Pendanaan
1 2025 Workshop Literasi Budaya Melalui Kolaborasi Edukasi Unesa Dengan UITM Malaysia
2 2020 Penguatan Pemenuhan Kebutuhan Pokok Bagi Warga Lidah Wetan Surabaya yang Terdampak Pandemi Covid-19
3 2023 PENINGKATAN PENGUASAAN KATA BENDA BAHASA JEPANG DASAR MELALUI PELATIHAN MENYUSUN E - BOOK DENGAN FLIP PDF PROFRSIONAL PADA SISWA-SISWI SMAN 8 MALANG
4 2024 PELATIHAN TARI JAWA TIMURAN BAGI SISWA SEKOLAH INDONESIA JEDDAH DI SAUDI ARABIA UNTUK MENGENALKAN NILAI-NILAI BUDAYA INDONESIA
5 2025 Pengenalan Budaya Jepang melalui kegiatan Literasi di MAN 3 Kediri
6 2025 RAGAM RASA, RAGAM LITERASI: PENGUATAN LITERASI BUDAYA MELALUI AKTIVITAS MEMBACA UNTUK MENGENALKAN MAKANAN TRADISIONAL DAN MINUMAN HERBAL INDONESIA PADA SISWA PADA SISWA KELAS VI SD DI SEKOLAH INDONESIA KUALA LUMPUR
7 2022 Pelatihan Membaca Huruf Hiragana Untuk Meningkatkan Minat Belajar Bahasa Jepang Pada Siswa-Siswi SMP Labschool Unesa 3 Surabaya
8 2025 MERAJUT IDENTITAS BANGSA: PENGEMBANGAN DIRI MELALUI PELATIHAN ETIKA, ESTETIKA DAN OLAHRAGA TRADISIONAL BAGI ANGGOTA PPIT DI SHANGHAI, CHINA
9 2024 PELATIHAN MEMBACA HURUF HIRAGANA PADA SISWA-SISWI SMP SEPULUH NOPEMBER SIDOARJO
10 2024 Penguatan Literasi Budaya melalui Seni dan Olahraga Tradisional dengan Mengunggulkan Nilai-Nilai Kearifan Lokal bagi Mahasiswa Osaka University Jepang pada Pembelajaran Budaya Indonesia
11 2021 Pelatihan Seni Melipat kertas (Origami) untuk Meningkatkan Minat Belajar Bahasa Jepang pada Siswa SMKN 1 Boyolangu Tulungagung

Publikasi Jurnal

No Judul Artikel Ilmiah Nama Jurnal Volume/Nomor/Tahun
1 Kontribusi Pemahaman Budaya dalam Penafsiran Majas Metafora Bahasa Jepang - /-/0
2 Didik Nurhadi, M. Pd., MA, Ph. D. - /-/0
3 Analisis Konstruksi Teks Argumentatif Bahasa Jepang: Tinjauan Melalui Sudut Pandang Tema-Rema Buku–5, 15 - /-/0
4 ai $ tre - /-/0
5 Menulis Terbimbing dengan Metode Hypnoteaching untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Siswa SMA di Kota Surabaya Prosiding Seminar Nasional Linguistik dan Sastra (SEMANTIKS) 1, 158-166 - /-/0
6 Analisis Makna Idiom Bahasa Kias (Perumpamaan dan Metafora) dalam Komik Irakanonami, Oishinbo, dan Chibi Maruko-chan Skripsi tidak diterbitkan. Surabaya: UNESA - /-/2000
7 Analisis Makna Idiom Bahasa Kias (Perumpamaan dan Metafora) dalam Komik Irakanonami, Oishinbo, dan Chibi Maruko Chan Skripsi tidak diterbitkan. Surabaya: UNESA - /-/2000
8 日本語社説の文章構造における統括性: 提題表現と叙述表現に注目して (&#3 名古屋大学国語国文学, 166-148 - /-/2012
9 日本語社説の文章構造における統括性: 提題表現と叙述表現に注目して (&#3 名古屋大学国語国文学, 166-148 - /-/2012
10 日本語社説の文章構造における統括性: 提題表現と叙述表現に注目して (&#3 名古屋大学国語国文学, 166-148 - /-/2012
11 日本語とインドネシア語の文章構造: 見出し文の反復を手がかりにして Nagoya linguistics 7, 63-78 - /-/2013
12 日本語論説文の文章構造 - /-/2014
13 日本語文章の開始部と終了部について: インドネシア語文章との対照を&#368 Nagoya linguistics 8, 69-83 - /-/2014
14 インドネシア語の文章構造における統括性-提題表現と叙述表現に注目&#1237 ASA 1 - /-/2014
15 日本語文章の開始部と終了部について: インドネシア語文章との対照を&#368 Nagoya linguistics 8, 69-83 - /-/2014
16 インドネシア語の文章構造における統括性-提題表現と叙述表現に注目&#1237 ASA 1 - /-/2014
17 インドネシア語の文章構造における統括性-提題表現と叙述表現に注目&#1237 ASA 1 - /-/2014
18 日本語文章の開始部と終了部について: インドネシア語文章との対照を&#368 Nagoya linguistics 8, 69-83 - /-/2014
19 KONSTRUKSI TEKS BAHASA JEPANG-Tinjauan Melalui Bentuk Pengulangan ASA 3 - /-/2016
20 INFERENSI PERCAKAPAN DALAM SERIAL DRAMARYOKITEKI NA KANOJOKARYA IYODA HIDENORI (Kajian Analisis Wacana) HIKARI 4 (1) - /-/2016
21 Struktur teks karangan bahasa jepang: Analisis pada karangan mahasiswa angkatan 2013 Paramasastra 4 (1) - /-/2017
22 GAYA BAHASA RETORIS PADA ANIME YAHARI ORE NO SEISHUN RABU KOME WA MACHIGATTEIRU KARYA WATARU WATARI (KAJIAN PRAGMASTILISTIK) GoKen 5 (3) - /-/2017
23 Analisis Bentuk dan Makna Sufiks~ 者 Sha,~ 員 In,~ 士 Shi Dalam Koran Bahasa Jepang Tahun 2016 GoKen 5 (2) - /-/2017
24 STILE DAN RAGAM BAHASA DALAM POSTER PERINGATAN DI KERETA API BAWAH TANAH TOKYO (東京メトロのマナーポスター) GoKen 5 (3) - /-/2017
25 RESEARCH OF TEXT AND CONTRIBUTION IN TEACHING JAPANESE Paramasastra 3 (1) - /-/2017
26 ANALISIS KESALAHAN MENYIMAK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA JEPANG PADA SISWA KELAS XI BAHASA SMA NEGERI 1 DRIYOREJO GRESIK TAHUN AJARAN 2016-2017 GoKen 5 (2) - /-/2017
27 GAYA BAHASA KIASAN PADA LIRIK LAGU BERGENRE J-POP KARYA ANGELA AKI (KAJIAN STILISITIKA) GoKen 6 (1) - /-/2018
28 MAKNA SETSUZOKUSHI JUNSETSU DAKARA, SURU TO, DAN SORE DE DALAM NOVEL OOSAKA KOKUSAI KUUKOU SATSUJIN JIKEN KARYA YAMAMURA MISA HIKARI 6 (1) - /-/2018
29 Quasi-Final Particle in Japanese Language: A Case Study of Nanchatte and Various-Nanteitteshimatte Social Sciences, Humanities and Education Conference (SoSHEC 2019), 120-123 - /-/2019
30 KETERANGAN WAKTU NON-PREDIKATIF BAHASA JEPANG Jurnal Ilmiah Lingua Idea 10 (2), 150-163 - /-/2019
31 Learning Problems in Basic Japanese Language Writing Course: An Analysis of Language Errors Social Sciences, Humanities and Education Conference (SoSHEC 2019), 49-53 - /-/2019
32 Ambiguity and Communicative Strategy in Japanese Story Retelling Social Sciences, Humanities and Education Conference (SoSHEC 2019), 309-313 - /-/2019
33 HANASHIKATA TEACHING MATERIAL DEVELOPMENT Paramasastra 7 (2), 147 - /-/2020
34 THE CONTRASTIVE ANALYSIS OF EPISTEMIC MODALITIES AND JAPANESE AND INDONESIAN EVIDENTIALITIES IN THE KOKORO NOVEL BY NATSUME SOSEKI JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT 8 (2), 489-489 - /-/2020
35 TIPOLOGI BENTUK UNGKAPAN PADA PARAGRAF PENDAHULUAN BACAAN BAHASA JEPANG Paramasastra 7 (1), 1 - /-/2020
36 The Effectiveness of the “Kana Kihon” Complete Book for Learning of Hiragana Letters and Katakana for High School Students as the Initial Learners of Japanese Language International Journal for Educational and Vocational Studies 2 (2) - /-/2020

Karya Buku

No Judul Buku Tahun Jumlah Halaman Penerbit

Pemakalah Seminar Ilmiah

No Nama Temu ilmiah / Seminar Judul Artikel Ilmiah Waktu dan Tempat

Hak Karya Ilmiah

No Judul/Tema HKI Tahun Jenis Nomor