
Lutfi Saksono, S.Pd., M.Pd.
Lutfi Saksono, S.Pd., M.Pd., lahir di Palembang pada tanggal 02-10-1976 adalah dosen di Universitas Negeri Surabaya. Dalam 1 tahun terakhir, mengampu 33 matakuliah. Sudah melakukan pengabdian sebanyak 30. Sudah mempublikasi Artikel Ilmiah dalam jurnal sebanyak 22. Memiliki karya buku sebanyak 1.

Identitas Diri
Riwayat Pendidikan
S1 | S1 | S2 | |
---|---|---|---|
Nama Perguruan Tinggi | Universitas Negeri Surabaya | Universitas Negeri Surabaya | Universitas Negeri Surabaya |
Bidang Ilmu | Pendidikan Bahasa Jerman | Pendidikan/Bahasa/Sastra | Pendidikan/Bahasa/Sastra |
Tahun Masuk-Lulus | 1995 - 1999 | 1995 - 1999 | 2001 - 2005 |
Judul Skripsi/Tesis/Disertasi | Gaya Bahasa Puisi-puisi Bertolt Brecht dalam Buku Deutschland | Analisis Gaya Bahasa Puisi-puisi Bertolt Brecht dalam Buku Deutschland | Proses Individuasi Tokoh Emil Sinclair dalam Demian :Die Geschichte des Emil Sinclairs karya Hermann Hesse |
Nama Pembimbing/Promotor | Dr. Irene Risakotta, M.Pd. | Dr. Irene Risakotta, M.Pd. | Prof. Dr. Budi Darma, M.A dan Dr. Irene Risakotta, M.Pd. |
Mata Kuliah yang Diampu
No. | Mata Kuliah |
---|---|
1 | Dramatik |
2 | Epik |
3 | Hoeren 1 |
4 | Hoeren 2 |
5 | Hoeren 3 |
6 | Hoeren 4 |
7 | Kajian Drama |
8 | Kajian Puisi |
9 | KKN Asistensi Mengajar Mengembangan Perangkat |
10 | KKN Kewirausahaan Pelaksanaan Program |
11 | KKN Kewirausahaan Pengembangan perangkat |
12 | KKN Proyek Desa Pelaksanaan Program |
13 | KKN Proyek Desa Pengembangan Perangkat |
14 | KKN Proyek indpenden Pelaksanaan Program |
15 | KKN Proyek indpenden Pengembangan perangkat |
16 | KKN Proyek Kemanusiaan Evaluasi Program |
17 | KKN Proyek Kemanusiaan Pelaksanaan Program |
18 | KKN Proyek Kemanusiaan Pengembangan perangkat |
19 | Kreatives Schreiben |
20 | Lesen 1 |
21 | Lesen 2 |
22 | Lesen 3 |
23 | Lesen 4 |
24 | Lyrik |
25 | MPK-Keselamatan dan Kesehatan Kerja |
26 | MPK-Pelaksanaan Program |
27 | Schreiben 3 |
28 | Schreiben 4 |
29 | Sprechen 1 |
30 | Sprechen 2 |
31 | Sprechen 3 |
32 | Sprechen 4 |
33 | Strukturen IV |
Data Penelitian Dari Sim Litabmas
No. | Tahun | Judul | Sumber Dana |
---|---|---|---|
1 | 2022 | PKM MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU-GURU PONDOK PESANTREN DI WILAYAH UDANAWU BLITAR DALAM PENULISAN BUKU AJAR | Litabmas |
2 | 2022 | PKM MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU-GURU PONDOK PESANTREN DI WILAYAH UDANAWU BLITAR DALAM PENULISAN BUKU AJAR | Litabmas |
3 | 2022 | PKM MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU-GURU PONDOK PESANTREN DI WILAYAH UDANAWU BLITAR DALAM PENULISAN BUKU AJAR | Litabmas |
4 | 2022 | PKM MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU-GURU PONDOK PESANTREN DI WILAYAH UDANAWU BLITAR DALAM PENULISAN BUKU AJAR | Litabmas |
5 | 2022 | PKM MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU-GURU PONDOK PESANTREN DI WILAYAH UDANAWU BLITAR DALAM PENULISAN BUKU AJAR | Litabmas |
6 | 2022 | PKM MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU-GURU PONDOK PESANTREN DI WILAYAH UDANAWU BLITAR DALAM PENULISAN BUKU AJAR | Litabmas |
7 | 2019 | PELATIHAN MITIGASI BENCANA BAGI WARGA SDN BANYUASIH 3 CIGEULIS PANDEGLANG BANTEN MELALUI FUN GAMES DAN PEMANFAATAN SARANA DAN PRASARANA SEKOLAH | Litabmas |
8 | 2019 | PEMANFAATAN APLIKASI KAHOOT DAN MOODLE UNTUK PEMBELAJARAN BAHASA ASING DI PONDOK PESANTREN BAHRUL ULUM TAMBAKBERAS JOMBANG | Litabmas |
9 | 2019 | PELATIHAN MITIGASI BENCANA BAGI WARGA SDN BANYUASIH 3 CIGEULIS PANDEGLANG BANTEN MELALUI FUN GAMES DAN PEMANFAATAN SARANA DAN PRASARANA SEKOLAH | Litabmas |
10 | 2019 | PEMANFAATAN APLIKASI KAHOOT DAN MOODLE UNTUK PEMBELAJARAN BAHASA ASING DI PONDOK PESANTREN BAHRUL ULUM TAMBAKBERAS JOMBANG | Litabmas |
11 | 2019 | PELATIHAN MITIGASI BENCANA BAGI WARGA SDN BANYUASIH 3 CIGEULIS PANDEGLANG BANTEN MELALUI FUN GAMES DAN PEMANFAATAN SARANA DAN PRASARANA SEKOLAH | Litabmas |
12 | 2019 | PEMANFAATAN APLIKASI KAHOOT DAN MOODLE UNTUK PEMBELAJARAN BAHASA ASING DI PONDOK PESANTREN BAHRUL ULUM TAMBAKBERAS JOMBANG | Litabmas |
13 | 2022 | PKM MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU-GURU PONDOK PESANTREN DI WILAYAH UDANAWU BLITAR DALAM PENULISAN BUKU AJAR | Litabmas |
14 | 2022 | PKM MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU-GURU PONDOK PESANTREN DI WILAYAH UDANAWU BLITAR DALAM PENULISAN BUKU AJAR | Litabmas |
15 | 2022 | PKM MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU-GURU PONDOK PESANTREN DI WILAYAH UDANAWU BLITAR DALAM PENULISAN BUKU AJAR | Litabmas |
16 | 2022 | PKM MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU-GURU PONDOK PESANTREN DI WILAYAH UDANAWU BLITAR DALAM PENULISAN BUKU AJAR | Litabmas |
17 | 2022 | PKM MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU-GURU PONDOK PESANTREN DI WILAYAH UDANAWU BLITAR DALAM PENULISAN BUKU AJAR | Litabmas |
18 | 2022 | PKM MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU-GURU PONDOK PESANTREN DI WILAYAH UDANAWU BLITAR DALAM PENULISAN BUKU AJAR | Litabmas |
19 | 2024 | PELATIHAN PEMBELAJARAN CONTENT AND LANGUAGE INTEGRATED LEARNING (CLIL) BAGI GURU DI PONDOK PESANTREN BUMI SHOLAWAT SIDOARJO | Litabmas |
20 | 2022 | PKM MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU-GURU PONDOK PESANTREN DI WILAYAH UDANAWU BLITAR DALAM PENULISAN BUKU AJAR | Litabmas |
21 | 2022 | PKM MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU-GURU PONDOK PESANTREN DI WILAYAH UDANAWU BLITAR DALAM PENULISAN BUKU AJAR | Litabmas |
Data Penelitian Dari Non Litabmas
No. | Tahun | Judul | Sumber Dana |
---|---|---|---|
1 | 2025 | Keambiguitasan Pengungkap Modalitas Intrasubjektif dan Ekstrasubjektif dalam Buku Ajar Bahasa Jerman pada Level A1-B1 (CEFR) | |
2 | 2020 | EFEKTIVITAS KEGIATAN PEMBELAJARAN DAN DAMPAK PADA PSIKOLOGI SISWA DALAM PEMBELAJARAN DARING PADA MASA COVID-19 | |
3 | 2023 | Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Jerman Berbasis Pariwisata dan Budaya Indonesia | |
4 | 2020 | Resistensi dalam Novel Rabet oder das Verschwinden einer Himmelsrichtung Karya Martin Jankowski | |
5 | 2025 | TEMA DAN GAYA BAHASA PUISI DIGITAL KARYA PENYAIR PEREMPUAN JERMAN DAN INDONESIA | |
6 | 2024 | Implementasi Teknik Ice Breaking pada mata kuliah Schriftlicher Ausdruck | |
7 | 2022 | PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATA KULIAH SCHRIFTLICHER AUSDRÜCK JURUSAN BAHASA DAN SASTRA JERMAN UNESA | |
8 | 2020 | KOMERSIALISASI PRODUK PENELITIAN DAN PKM UNESA | |
9 | 2023 | PENGUATAN NASIONALISME UNTUK MENUNJANG PROFIL PELAJAR PANCASILA MELALUI EDUCATION T-SHIRTS | |
10 | 2020 | PENGEMBANGAN SISTEM JARINGAN PEMBELAJARAN ONLINE DI SMAN OLAHRAGA DI MASA PENANGANAN COVID 19 | |
11 | 2021 | Profil dan Strategi Pengembangan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Negeri Surabaya | |
12 | 2025 | Kemampuan Bahasa Inggris pada Entrance Level Universitas: Pemetaan Lintas Disiplin dan Multi-Level Pendidikan | |
13 | 2024 | STRATEGI WACANA PEMBERITAAN KONFLIK PALESTINA-ISRAEL DI MEDIA JERMAN DAN INDONESIA | |
14 | 2021 | KOMERSIALISASI PRODUK PENELITIAN DAN PKM | |
15 | 2022 | Strategi Pengembangan Cetak Biru (Blue Print) Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Negeri Surabaya Sebagai Penguatan PTN BH | |
16 | 2023 | ANALISIS KESALAHAN MENULIS (SCHREIBEN) PADA UJIAN KOMPETENSI BAHASA JERMAN (UKBJ) MAHASISWA JERMAN UNESA | |
17 | 2025 | Refleksi keyakinan dan praktik mahasiswa tentang pembelajaran Bahasa yang didukung kecerdasan buatan | |
18 | 2024 | Implementasi Model Pembelajaran Project Based Learning pada Mata Kuliah Manajemen Pariwisata | |
19 | 2020 | EFEKTIVITAS MEDIA SOSIALISASI TANGGAP BENCANA COVID-19 DI MEDIA SOSIAL DAN GRUP PERPESANAN TERHADAP PERILAKU PHBS DAN PHYSICAL DISTANCING DI MASYARAKAT SURABAYA | |
20 | 2025 | Memahami Budaya melalui Dongeng Digital | |
21 | 2021 | Penyusunan Latihan Materi Keterampilan Mendengar Mata Kuliah Hören IV Berbasis Media Youtube Hörbuch-Deutsch: Die schönsten Märchen der Brüder Grimm für Kinder und Erwachsene | |
22 | 2022 | PENGEMBANGAN ROADMAP PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA |