Nur Chakim, S.Pd., M.Pd.

Nur Chakim, S.Pd., M.Pd., lahir di Surabaya pada tanggal 24-07-1977 adalah dosen di Universitas Negeri Surabaya. Dalam 1 tahun terakhir, mengampu 36 matakuliah. Sudah melakukan pengabdian sebanyak 7. Sudah mempublikasi Artikel Ilmiah dalam jurnal sebanyak 34.

Identitas Diri

Riwayat Pendidikan

S1 S2
Nama Perguruan Tinggi UNESA Unesa
Bidang Ilmu Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Bahasa Inggris
Tahun Masuk-Lulus 1998 - 2003 2007 - 2010
Judul Skripsi/Tesis/Disertasi Translation Analysis from English into Indonesian Done by Some Students of English Department The Translation of English Movie Script into Subtitle in Bahasa Indonesia
Nama Pembimbing/Promotor Dr. Susanto Prof. Dr. Kem Soekemi

Mata Kuliah yang Diampu

No. Mata Kuliah
1 Academic Speaking
2 Active Reading
3 Argumentative Writing
4 Bahasa Inggris
5 Bahasa Inggris 1
6 Classroom Language
7 Critical Reading
8 Developing EFL Materials
9 Educational Research Methodology
10 Educational Technology in ELT
11 ELT Assessment
12 ESP Vocabulary Building
13 Essential Communication Skills
14 Essential English Grammar
15 Essential Speaking Skill
16 Expository and Analytical Writing
17 Intermediate Communication Skills
18 KKN Asistensi Mengajar Pelaksanaan Program
19 KKN Asistensi Mengajar Pendesiminasian Program
20 KKN Kewirausahaan Pelaksanaan Program
21 KKN Kewirausahaan Pendesiminasian program
22 KKN Proyek Desa Pelaksanaan Program
23 KKN Proyek Desa Pendesiminasian Program
24 KKN Proyek indpenden Pendesiminasian program
25 KKN Proyek Kemanusiaan Pelaksanaan Program
26 KKN Proyek Kemanusiaan Pendesiminasian program
27 KKNT
28 Learning Theories
29 MICROTEACHING
30 Paper Writing
31 PLP
32 PLP-Asesmen Pembelajaran
33 PLP-Manajemen Sekolah
34 PLP-Praktik Mengajar
35 Seminar on Research Proposal
36 Thesis Proposal Writing

Data Penelitian Dari Sim Litabmas

No. Tahun Judul Sumber Dana
1 2022 PEMBELAJARAN OTONOM DALAM KELAS ONLINE BAHASA INGGRIS BERBASIS PROJECT PADA KONTEKS PENDIDIKAN TINGGI Litabmas
2 2022 PEMBELAJARAN OTONOM DALAM KELAS ONLINE BAHASA INGGRIS BERBASIS PROJECT PADA KONTEKS PENDIDIKAN TINGGI Litabmas
3 2022 PEMBELAJARAN OTONOM DALAM KELAS ONLINE BAHASA INGGRIS BERBASIS PROJECT PADA KONTEKS PENDIDIKAN TINGGI Litabmas
4 2024 PERSEPSI DAN KEBUTUHAN BELAJAR MAHASISWA STIKES DALAM MEMPELAJARI BAHASA INGGRIS ESP BIDANG KEPERAWATAN Litabmas
5 2024 PERSEPSI DAN KEBUTUHAN BELAJAR MAHASISWA STIKES DALAM MEMPELAJARI BAHASA INGGRIS ESP BIDANG KEPERAWATAN Litabmas
6 2024 PERSEPSI DAN KEBUTUHAN BELAJAR MAHASISWA STIKES DALAM MEMPELAJARI BAHASA INGGRIS ESP BIDANG KEPERAWATAN Litabmas
7 2024 PERSEPSI DAN KEBUTUHAN BELAJAR MAHASISWA STIKES DALAM MEMPELAJARI BAHASA INGGRIS ESP BIDANG KEPERAWATAN Litabmas
8 2024 PERSEPSI DAN KEBUTUHAN BELAJAR MAHASISWA STIKES DALAM MEMPELAJARI BAHASA INGGRIS ESP BIDANG KEPERAWATAN Litabmas
9 2024 PERSEPSI DAN KEBUTUHAN BELAJAR MAHASISWA STIKES DALAM MEMPELAJARI BAHASA INGGRIS ESP BIDANG KEPERAWATAN Litabmas
10 2024 PERSEPSI DAN KEBUTUHAN BELAJAR MAHASISWA STIKES DALAM MEMPELAJARI BAHASA INGGRIS ESP BIDANG KEPERAWATAN Litabmas
11 2024 PERSEPSI DAN KEBUTUHAN BELAJAR MAHASISWA STIKES DALAM MEMPELAJARI BAHASA INGGRIS ESP BIDANG KEPERAWATAN Litabmas
12 2024 PERSEPSI DAN KEBUTUHAN BELAJAR MAHASISWA STIKES DALAM MEMPELAJARI BAHASA INGGRIS ESP BIDANG KEPERAWATAN Litabmas
13 2024 PERSEPSI DAN KEBUTUHAN BELAJAR MAHASISWA STIKES DALAM MEMPELAJARI BAHASA INGGRIS ESP BIDANG KEPERAWATAN Litabmas
14 2024 PERSEPSI DAN KEBUTUHAN BELAJAR MAHASISWA STIKES DALAM MEMPELAJARI BAHASA INGGRIS ESP BIDANG KEPERAWATAN Litabmas
15 2024 PERSEPSI DAN KEBUTUHAN BELAJAR MAHASISWA STIKES DALAM MEMPELAJARI BAHASA INGGRIS ESP BIDANG KEPERAWATAN Litabmas
16 2024 PERSEPSI DAN KEBUTUHAN BELAJAR MAHASISWA STIKES DALAM MEMPELAJARI BAHASA INGGRIS ESP BIDANG KEPERAWATAN Litabmas
17 2024 PERSEPSI DAN KEBUTUHAN BELAJAR MAHASISWA STIKES DALAM MEMPELAJARI BAHASA INGGRIS ESP BIDANG KEPERAWATAN Litabmas
18 2024 PERSEPSI DAN KEBUTUHAN BELAJAR MAHASISWA STIKES DALAM MEMPELAJARI BAHASA INGGRIS ESP BIDANG KEPERAWATAN Litabmas
19 2024 PERSEPSI DAN KEBUTUHAN BELAJAR MAHASISWA STIKES DALAM MEMPELAJARI BAHASA INGGRIS ESP BIDANG KEPERAWATAN Litabmas
20 2024 PERSEPSI DAN KEBUTUHAN BELAJAR MAHASISWA STIKES DALAM MEMPELAJARI BAHASA INGGRIS ESP BIDANG KEPERAWATAN Litabmas
21 2024 PERSEPSI DAN KEBUTUHAN BELAJAR MAHASISWA STIKES DALAM MEMPELAJARI BAHASA INGGRIS ESP BIDANG KEPERAWATAN Litabmas
22 2024 PERSEPSI DAN KEBUTUHAN BELAJAR MAHASISWA STIKES DALAM MEMPELAJARI BAHASA INGGRIS ESP BIDANG KEPERAWATAN Litabmas
23 2024 PERSEPSI DAN KEBUTUHAN BELAJAR MAHASISWA STIKES DALAM MEMPELAJARI BAHASA INGGRIS ESP BIDANG KEPERAWATAN Litabmas
24 2024 PERSEPSI DAN KEBUTUHAN BELAJAR MAHASISWA STIKES DALAM MEMPELAJARI BAHASA INGGRIS ESP BIDANG KEPERAWATAN Litabmas

Data Penelitian Dari Non Litabmas

No. Tahun Judul Sumber Dana
1 2022 PENGARUH PEMBELAJARAN DARING (ONLINE) SISWA SMA NEGERI KOTA SURABAYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA SITUASI COVID 19
2 2024 PERSEPSI DAN KEBUTUHAN BELAJAR MAHASISWA STIKES DALAM MEMPELAJARI BAHASA INGGRIS ESP BIDANG KEPERAWATAN
3 2021 Pengembangan perangkat pembelajaran Menggunakan Model Project Based Learning untuk Mata Kuliah Essential Writing Skills
4 2023 PENGETAHUAN DAN PENERAPAN TECHNOLOGICAL PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE (TPACK) MAHASISWA CALON GURU BAHASA INGGRIS DI KELAS EDU-TECH: PERSIAPAN DALAM PRAKTIK MENGAJAR
5 2020 FAKTOR KEGAGALAN MAHASISWA JURUSAN BAHASA DAN SASTRA INGGRIS DALAM TEP UNTUK PERUBAHAN KEBIJAKAN JURUSAN
6 2024 Penerapan Strategi Student Centered Learning: Analisis Modul Ajar Guru Peserta PPG Dalam Jabatan dan Praktik Pelaksanaan Lapangan
7 2022 Pembelajaran Otonom Dalam Kelas Online Bahasa Inggris Berbasis Project Pada Konteks Pendidikan Tinggi
8 2022 Kemampuan adaptasi, tiru, dan modifikasi mahasiswa ESP courses
9 2025 Narasi Perjalanan Mahasiswa dalam Memaknai Praktik Lapangan Persekolahan untuk Membentuk Identitas Guru Bahasa Inggris

Pengabdian Kepada Masyarakat

No Tahun Judul Pengabdian Sumber Pendanaan
1 2022 Pendampingan Pembuatan Media Gamification dalam Bahasa Inggris bagi Guru-guru SMP di Trenggalek
2 2023 Pendampingan Pengembangan Media Pembelajaran Digital untuk Pembelajaran Bahasa Inggris Dasar pada KKG RA Driyorejo
3 2025 Pengembangan Kompetensi Guru Bahasa Inggris SMP se-Surabaya melalui Teknologi Digital dan Pendekatan Deep Learning
4 2020 PENINGKATAN KETAHANAN PANGAN BAGI MASYARAKAT TERDAMPAK COVID-19 DI LIDAH WETAN SURABAYA
5 2022 PELATIHAN PENGEMBANGAN MATERI OTENTIK PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DI SDI ASY-SYARIF SOOKO MOJOKERJO
6 2024 PELATIHAN ENGLISH FOR ACADEMIC PRESENTATION BAGI DOSEN STIKES WILLIAM BOOTH SURABAYA
7 2021 Pelatihan Pembuatan Booklet Home Fire Safety pada di Dinas Pemadam Kebakaran Wiyung

Publikasi Jurnal

No Judul Artikel Ilmiah Nama Jurnal Volume/Nomor/Tahun
1 CHARACTER EDUCATION ANALYSIS OF 2013 CURRICULUM ENGLISH TEXTBOOK ENTITLED “BAHASA INGGRIS” FOR ELEVENTH GRADERS OF SENIOR HIGH SCHOOL FAJAR SONIAWAN - /-/0
2 RAFT (ROLE, AUDIENCE, FORMAT AND TOPIC) AS WRITING STRATEGY TO TEACH WRITING DESCRIPTIVE TEXT FOR TENTH GRADES OF SMAN 12 SURABAYA EMI DAMAYANTI - /-/0
3 STUDENTS'PERCEPTIONS ON WRITTEN AND ORAL FEEDBACK IN WRITING CLASS Ma'idatur Rofiqoh - /-/0
4 STUDENTS'PERCEPTIONS ON WRITTEN AND ORAL FEEDBACK IN WRITING CLASS Ma'idatur Rofiqoh - /-/0
5 CHARACTER EDUCATION ANALYSIS OF 2013 CURRICULUM ENGLISH TEXTBOOK ENTITLED “BAHASA INGGRIS” FOR ELEVENTH GRADERS OF SENIOR HI... - /-/0
6 EDMODO AS E-LEARNING MEDIA IN TEACHING SPEAKING DESCRIPTIVE TEXT FOR TENTH GRADES OF SMAN 12 SURABAYA NOVA ALFILAILI RAHMAH - /-/0
7 Faculty of Languages and Arts S-1 English Education Academic Speaking 8820302002 4 - /-/0
8 RAFT (ROLE, AUDIENCE, FORMAT AND TOPIC) AS WRITING STRATEGY TO TEACH WRITING DESCRIPTIVE TEXT FOR TENTH GRADES OF SMAN 12 SURAB... - /-/0
9 Character Education Analysis of 2013 Curriculum English Textbook Entitled: Bahasa Inggris” for Eleventh Grades Senior High School. Surabaya: Surabaya University Students Journal Unesa 4 (2), 2012 - /-/2012
10 Character Education Analysis Of 2013 Curriculum English Textbook Entitled “Bahasa Inggris” For Eleventh Graders Of Senior High School. State University of Surabaya English … Language and Art Faculty, 2012 - /-/2012
11 Character Education Analysis Of 2013 Curriculum English Textbook Entitled “Bahasa Inggris” For Eleventh Graders Of Senior High School Students Journal Unesa 4 (2) - /-/2012
12 Incorporating Local Wisdom In Folklores Into English Short Stories In University Classroom Writing: Why And How? - /-/2014
13 The English Presentation on Business Plan Delivered by Economics Students of UNESA (A Case Study) International Conference on Educational Research and Development (ICERD) 1 …, 2015 - /-/2015
14 An Analysis on Students’ Descriptive Writing of Eleventh Grade Students at SMAN 1 Tumpang Malang Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan 3 (1) - /-/2015
15 Task-Based Learning (TBL): Alternative strategy to boost students’ speaking proficiency English Teacher Conference (ETC 1) 1 (Task Based Learning), 9, 2015 - /-/2015
16 AN ANALYSIS ON STUDENTS’DESCRIPTIVE WRITING OF ELEVENTH GRADE STUDENTS AT SMAN 1 TUMPANG MALANG RETAIN 3 (1) - /-/2015
17 RAFT (ROLE, AUDIENCE, FORMAT AND TOPIC) AS WRITING STRATEGY TO TEACH WRITING DESCRIPTIVE TEXT FOR TENTH GRADES OF SMAN 12 SURABAYA RETAIN 4 (2), 2016 - /-/2016
18 Using Prophet Muhammad’s Biography to Teach Reading Recount Text for the Eleventh Graders of SMA Khadijah Surabaya RETAIN 4 (2) - /-/2016
19 RAFT (Role, Audience, Format, and Topic) as Writing Strategy to Each Writing Descriptive Text for Tenth Grades of SMAN 12 Surabaya RETAIN 4 (2), 81-88, 2016 - /-/2016
20 ERROR ANALYSIS ON STUDENTS’WRITING OF RECOUNT TEXT WRITTEN BY EIGHTH GRADERS OF SMP NEGERI 28 SURABAYA RETAIN 4 (1) - /-/2016
21 The Implementation Of Peer Feedback Correction On Inviting Text Writing In Eleventh Graders Of Sma N 1 Menganti Gresik RETAIN 4 (2) - /-/2016
22 PEDAGOGICAL ASPECT OF CLASSROOM LANGUAGE USED BY THE TEACHER OF INTELLECTUALLY DISABLED STUDENTS IN TEACHING ENGLISH RETAIN 5 (3) - /-/2017
23 The Implementation of Guided Question Technique in Teaching Writing Recount Text for Senior High School Students RETAIN 5 (3) - /-/2017
24 English Material Development for Pharmacy Program Based on 2013 Curriculum at SMK Satria Bhakti Nganjuk RETAIN 5 (3) - /-/2017
25 THE IMPLEMENTATION OF FISHBOWL TECHNIQUE IN TEACHING REPORT TEXT: WAYS TO ACTIVATE STUDENTS’SPEAKING PERFORMANCE RETAIN 5 (3), 2017 - /-/2017
26 The Implementation of Mind Mapping Technique to Teach Descriptive Text Writing at SMAN 15 Surabaya Retain 6 (1), 2018 - /-/2018
27 An Analysis of Debate Content Delivered by Speaking for Debate Students RETAIN 7 (1), 2019 - /-/2019
28 Analysis of HOTS-based English lesson plan made by PPG students of UNESA RETAIN 7 (1), 2019 - /-/2019
29 Students' Perceptions on Written and Oral Feedback in Writing Class Retain 8 (2), 57-65, 2020 - /-/2020
30 Enhancing EFL Student’s Reading Comprehension Using Online-Based Reciprocal Teaching Strategy RETAIN 8 (4), 2020 - /-/2020
31 A reflective study on Indonesian English teacher’s expectation from teacher forum for professional development Journal of Research on English and Language Learning (J-REaLL) 1 (1), 53-61, 2020 - /-/2020
32 THE COMPLEXITY OF JAVANESE LANGUAGE: AN OVERVIEW FOR WESTERN LANGUAGE TEACHERS JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT 9 (3), 517-520, 2021 - /-/2021
33 THE USE OF DIGITAL STORYTELLING TO ENHANCE THE STUDENTS’SPEAKING ABILITY ELite Journal: International Journal of Education, Language, and Literature …, 2022 - /-/2022
34 Revealing EFL Students’ Perception towards the Implementation of Kahoot! in Learning Narrative Text at the Secondary School Level Prosodi 17 (1), 91-100, 2023 - /-/2023

Karya Buku

No Judul Buku Tahun Jumlah Halaman Penerbit

Pemakalah Seminar Ilmiah

No Nama Temu ilmiah / Seminar Judul Artikel Ilmiah Waktu dan Tempat

Hak Karya Ilmiah

No Judul/Tema HKI Tahun Jenis Nomor