Arik Susanti, S.Pd., M.Pd.

Arik Susanti, S.Pd., M.Pd., lahir di Magetan pada tanggal 05-02-1978 adalah dosen di Universitas Negeri Surabaya. Dalam 1 tahun terakhir, mengampu 23 matakuliah. Sudah melakukan pengabdian sebanyak 10. Sudah mempublikasi Artikel Ilmiah dalam jurnal sebanyak 42. Memiliki karya buku sebanyak 2. Memperoleh HKI sebanyak 12.

Identitas Diri

Riwayat Pendidikan

S1 S2
Nama Perguruan Tinggi Universitas Negeri Surabaya Universitas Negeri Surabaya
Bidang Ilmu Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Bahasa Inggris
Tahun Masuk-Lulus 1997 - 2002 2002 - 2004
Judul Skripsi/Tesis/Disertasi The Use of Comics as Supplementary Materials in Teaching Reading in Junior High School The Study of Stylistics Devices in Dolly English Magazine
Nama Pembimbing/Promotor Drs. Suwono, Ph.D Prof. Dr. Abbas Badib, MA, MA dan Drs. Suwono, PhD

Mata Kuliah yang Diampu

No. Mata Kuliah
1 Academic Speaking
2 Argumentative Writing
3 Bahasa Inggris
4 Developing EFL Materials
5 Educational Technology in ELT
6 Elt Method
7 ELT METHOD
8 ESP Program Design
9 Extensive Reading
10 Games, Songs, and Storytelling
11 Instructional Design
12 LMS for ELT
13 MICROTEACHING
14 Paragraph Writing
15 PLP
16 PLP-Analisis Kurikulum
17 PLP-Pengembangan Rencana Pembelajaran
18 School Curriculum
19 School Curriculum for 21st Century
20 Seminar On Resarch Proposal
21 Seminar on Research Proposal
22 Syllabus Design
23 Teori Belajar

Data Penelitian Dari Sim Litabmas

No. Tahun Judul Sumber Dana
1 2019 Pengembangan Pembelajaran Bahasa Inggris Dengan Model Project Based Learning (PjBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi dan Berpikir Kreatif Siswa SMK Litabmas
2 2017 Pengembangan Pembelajaran Bahasa Inggris Dengan Model Project Based Learning (PjBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi dan Berpikir Kreatif Siswa SMK Litabmas
3 2015 Implementasi Project Based Learning pada Perkuliahan English Correspondence untuk Meningkatkan Kinerja dan Life Skill Mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris FBS UNESA Litabmas
4 2016 Implementasi Project Based Learning pada Perkuliahan English Correspondence untuk Meningkatkan Kinerja dan Life Skill Mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris FBS UNESA Litabmas
5 2018 Pengembangan Pembelajaran Bahasa Inggris Dengan Model Project Based Learning (PjBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi dan Berpikir Kreatif Siswa SMK Litabmas
6 2022 PENGEMBANGKAN LEMBAR KERJA MAHASISWA BERBASIS BLENDED-PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENUMBUHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA CALON GURU BAHASA INGGRIS Litabmas
7 2022 PENGEMBANGKAN LEMBAR KERJA MAHASISWA BERBASIS BLENDED-PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENUMBUHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA CALON GURU BAHASA INGGRIS Litabmas
8 2022 MENUMBUHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN KREATIF MAHASISWA PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS DALAM PEMBELAJARAN ONLINE Litabmas
9 2017 Pengembangan Pembelajaran Bahasa Inggris Dengan Model Project Based Learning (PjBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi dan Berpikir Kreatif Siswa SMK Litabmas
10 2016 Implementasi Project Based Learning pada Perkuliahan English Correspondence untuk Meningkatkan Kinerja dan Life Skill Mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris FBS UNESA Litabmas
11 2022 MENUMBUHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN KREATIF MAHASISWA PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS DALAM PEMBELAJARAN ONLINE Litabmas
12 2017 Pengembangan Pembelajaran Bahasa Inggris Dengan Model Project Based Learning (PjBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi dan Berpikir Kreatif Siswa SMK Litabmas
13 2016 Implementasi Project Based Learning pada Perkuliahan English Correspondence untuk Meningkatkan Kinerja dan Life Skill Mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris FBS UNESA Litabmas
14 2024 PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI: MEMBUKA POTENSI KETERAMPILAN ABAD 21 PADA SETIAP SISWA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS Litabmas
15 2024 PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI: MEMBUKA POTENSI KETERAMPILAN ABAD 21 PADA SETIAP SISWA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS Litabmas

Data Penelitian Dari Non Litabmas

No. Tahun Judul Sumber Dana
1 2024 Pembelajaran Berdiferensiasi: Membuka Potensi Keterampilan Abad 21 pada Setiap Siswa dalam Pembelajaran Bahasa Inggris
2 2024 Analisis Faktor-Faktor Penentu Keterampilan Berpikir Kritis pada Calon Guru Bahasa Inggris melalui Pendekatan Blended Learning: Sebuah Studi Kasus
3 2023 Persepsi Guru terhadap Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Mendukung Pembelajaran Abad 21
4 2023 Buku Dongeng Audible berbasis Penanaman Karakter bagi Siswa SMP
5 2023 Profil Berpikir Reflektif Mahasiswa Calon Guru Bahasa Inggris pada Praktek Pembelajaran Lapangan
6 2022 Kajian Etnopedagogi: Transformasi Pendidikan Berpikir Kritis dan Kreatif pada Pembelajaran Bahasa Inggris SMP Berbasis Kearifan Lokal di Trenggalek
7 2022 Menumbuhkan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Kreatif Mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris Dalam Pembelajaran Online
8 2023 PENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS MELALUI PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING MAHASISWA CALON GURU BAHASA INGGRIS
9 2025 ENGLISH POP UP BOOK BERBASIS VR DENGAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI SISWA TUNAGRAHITA RINGAN KELAS 8 SMPLB GEDANGAN
10 2025 PENGOPTIMALAN TEKNOLOGI BERBASIS ARTICIAL INTELEGENCE YANG DIINTEGRASIKAN DALAM PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI UNTUK MEWUJUDKAN DEEP LEARNING: STUDI KASUS
11 2025 TANTANGAN DAN STRATEGI DALAM MENGINTEGRASIKAN TEKNOLOGI PADA PEMBELAJARAN MULTIBAHASA DI SEKOLAH MULTIBAHASA SURABAYA
12 2021 INTEGRASI TEKNOLOGI DAN TASK BASED LANGUAGE TEACHING (TBLT) UNTUK MENUMBUHKAN KREATIFITAS MAHASISWA PADA MATA KULIAH “DEVELOPING EFL MATERIALS”
13 2022 Menumbuhkan Kemandirian Belajar (Learning autonomy) Mahasiswa Prodi pendidikan Bahasa Inggris dalam pembelajaran Daring melalui Digital Video
14 2021 Kreativitas Pelajar BIPA dalam Menulis Puisi Melalui Strategi Formula
15 2025 INOVASI PEMBELAJARAN TECHNOLOGY-ENHANCED DIFFERENTIATED INSTRUCTION (TEDI) BERBASIS ARTIFICIAL INTELLIGENCE UNTUK MENINGKATKAN CRITICAL THINKING DAN HASIL BELAJAR MAHASISWA
16 2020 Konflik Ideologi Mahasiswa selama Pelaksanaan Praktik Debat dalam Pembelajaran Bahasa Inggris
17 2024 ANALISIS PSIKOMEMORI DALAM SERAT PANJI UNTUK MENGATASI MENTAL HEALT PADA GENERASI-Z

Pengabdian Kepada Masyarakat

No Tahun Judul Pengabdian Sumber Pendanaan
1 2025 Workshop Literasi Budaya Melalui Kolaborasi Edukasi Unesa Dengan UITM Malaysia
2 2020 Peningkatan Imunitas Warga Terdampak Covid19 Melalui Pembagian Paket Sembako di Lingkungan Kampus Unesa Lidah Wetan Surabaya
3 2025 PENDAMPINGAN PEMBELAJARAN LITERASI DIGITAL MULTIBAHASA DI SD CHENG HOO SURABAYA MENUJU PENCAPAIAN SDG 4
4 2024 GRAPIC ORGANIZER SEBAGAI MEDIA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS ARTIKEL ILMIAH BAGI SISWA MTs. FATHUL HUDA BLITAR
5 2025 PENINGKATAN KEMAMPUAN BAHASA INGGRIS MELALUI PROGRAM ACCESS BAGI SISWA-SISWA SMA DI DAERAH SURABAYA, SIDOARJO DAN GRESIK
6 2021 Pelatihan Penggunaan Media Pembelajaran Online untuk Menumbuhkan Kolaborasi Siswa bagi Guru - Guru SMP/SMA Surabaya
7 2022 Pendampingan Pembuatan Media Digital Storytelling Bahasa Inggris Berbasis Kearifan Lokal Bagi Guru-guru SMP di Trenggalek
8 2024 ECO-LITERACY SEBAGAI MATERI AJAR BAGI GURU-GURU SDM 22 SURABAYA MEWUJUDKAN SUSTAINABLE DEVELOPMENT GOAL
9 2025 INOVASI PENDIDIKAN DENGAN MENGGUNAKAN AI DAN DEEP LEARNING UNTUK MEWUJUDKAN KUALITAS PENDIDIKAN BAGI GURU-GURU DI PERGURUAN MUHAMMADIYAH KARANG PILANG SURABAYA
10 2023 Pelatihan Pengembangan Soal Setara Asessmen Kompetensi Minimal dengan Pendekatan Strategi Literasi

Publikasi Jurnal

No Judul Artikel Ilmiah Nama Jurnal Volume/Nomor/Tahun
1 Peran Ibu-Ibu PKK dalam Mengembangkan Literasi Anak Melalui Rumah Belajar Buku–3, 13, 0 - /-/0
2 Peran Ibu-Ibu PKK dalam Mengembangkan Literasi Anak Melalui Rumah Belajar Buku–3, 13 - /-/0
3 SIMPLIFYING TEXTS IN DEVELOPING READING MATERIALS - /-/0
4 PERSEPSI KAUM LELAKI TERHADAP PEREMPUAN SEBAGAI OBYEK SEKSUAL DALAM TAYANGAN IKLAN DI TELEVISI - /-/0
5 Project Based Learning dalam Pembelajaran Materi Application Letter and Job Interview untuk Mendukung Daya Saing Mahasiswa Buku–, 7 - /-/0
6 SIMPLIFYING TEXTS IN DEVELOPING READING MATERIALS - /-/0
7 Project Based Learning dalam Pembelajaran Materi Application Letter and Job Interview untuk Mendukung Daya Saing Mahasiswa Buku–, 7, 0 - /-/0
8 Pengembangan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe CIRC Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Bahasa Inggris Mahasiswa D3 Administrasi Negara FIS Unesa Jurnal Nasional, 2001 - /-/2001
9 Pengembangan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe CIRC Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Bahasa Inggris Mahasiswa D3 Administrasi Negara FIS Une... FIS Unesa 2 (1), 1-16 - /-/2008
10 THE INTEGRATED OF CHARACTER BUILDING AND SOFT SKILL EDUCATION TO INCREASE PROFESSIONAL HUMAN RESOURCES IN VOCATIONAL HIGH SCHOOLS Publishing Institute, 6, 2011 - /-/2011
11 Development of cooperative learning model type CIRC to improve writing skills administration student’s diploma Unpublished master’s thesis, Not. Surabaya. Faculty of Social Sciences …, 2011 - /-/2011
12 THE INTEGRATED OF CHARACTER BUILDING AND SOFT SKILL EDUCATION TO INCREASE PROFESSIONAL HUMAN RESOURCES IN VOCATIONAL HIGH S... Publishing Institute, 6 - /-/2011
13 Model Pembelajaran Jigsaw Dalam Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris I Mahasiswa PPKn FIS UNESA Widya Cendika 6 (1) - /-/2011
14 Project-based learning Accessed on - /-/2012
15 Kooperative Learning Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris Mahasiswa UNESA PROSODI 9 (2015), 246, 2015 - /-/2015
16 PELATIHAN MENULIS KREATIF DENGAN MENGGUNAKAN CERITA RAKYAT INDONESIA Jurnal ABDI: Media Pengabdian Kepada Masyarakat 2 (1), 1-5, 2016 - /-/2016
17 The Correlation between Belief and Students’ Language Learning Strategies at English Department of UNESA Retain 4 (1) - /-/2016
18 THE IMPLEMENTATION OF SELF-ASSESSMENT IN TEACHING WRITING RECOUNT TEXT ON TENTH GRADE STUDENTS OF ATMA WIDYA SENIOR HIGH SCHOOL RETAIN 4 (3) - /-/2016
19 THE IMPLEMENTATION OF SELF-ASSESSMENT IN TEACHING WRITING RECOUNT TEXT ON TENTH GRADE STUDENTS OF ATMA WIDYA SENIOR HIGH SCH... RETAIN 4 (3) - /-/2016
20 EFL Materials Development Based on Project Based Learning for Vocational High School Social Sciences, Humanities and Economics Conference (SoSHEC 2017), 294-298, 2017 - /-/2017
21 STUDENT ENGAGEMENT AND MOTIVATION IN A VOCATIONAL ENGLISH PROJECT BASED LEARNING UAD TEFL International Conference 1, 48-53, 2017 - /-/2017
22 English Materials Development using Problem Based Learning Approach for Vocational High School in Chemical Industry Program RETAIN 5 (3) - /-/2017
23 Empowering Students’ Writing of Report Text Throgh Project-Based Learning RETAIN 5 (3) - /-/2017
24 Proyek Kelas Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris - /-/2018
25 Empowering Vocational Students’ Literacy Skills through Project Based Learning 2nd Social Sciences, Humanities and Education Conference: Establishing …, 2018 - /-/2018
26 Vocational English Supplementary Materials Kelas XI - /-/2018
27 Using Classroom Presentation Technique in Teaching Speaking Explanation Text in Senior High School RETAIN 6 (1) - /-/2018
28 PERANAN PKK DALAM MENGELOLA PAUD UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS ANAK USIA DINI Lentera 11 (2), 89-106 - /-/2018
29 Students’ Perception Toward the Implementation of Project Based Learning for EFL Vocational High School. International Conference on Research and Academic Community Services …, 2020 - /-/2020
30 Improving Students’ Writing Skill Through Project Based Learning For EFLStudents International Journal of English Linguistics, Literature, and Education …, 2020 - /-/2020
31 Graphic Organizers for Students’ Descriptive and Narrative Writing International Joint Conference on Arts and Humanities (IJCAH 2020), 961-966, 2020 - /-/2020
32 Student’s Ideological Conflicts During Debating Practices in Language Learning: A Reflective Study International Joint Conference on Arts and Humanities (IJCAH 2020), 954-960, 2020 - /-/2020
33 Improving EFL Students’ Higher Order Thinking Skills Through Collaborative Strategic Reading in Indonesia International Journal of Asian Education (IJAE) by READ Institute 1 (2), 43-52 - /-/2020
34 Self-Regulated Learning Skill to Improve Students’ Writing Competence for Junior High School International Joint Conference on Arts and Humanities (IJCAH 2020), 923-926, 2020 - /-/2020
35 Improving EFL Students' Higher Order Thinking Skills through Collaborative Strategic Reading in Indonesia. Online Submission 1 (2), 43-52, 2020 - /-/2020
36 Developing Students’ English Skill Through Digital Video as Multimodal for Young Learners in Online Learning International Joint Conference on Arts and Humanities 2021 (IJCAH 2021), 221-228, 2021 - /-/2021
37 Youtube Video Project to Teach “ELT Method” Course for Tertiary Education in Pandemic Era Book Chapter, 38-46, 2021 - /-/2021
38 Pre-service teachers’ beliefs about English language teaching and learning in EFL classroom: A review of literature JEES (Journal of English Educators Society) 6 (1), 147-154, 2021 - /-/2021
39 The Correlation Between Students’ Speaking Skills And Self-Directed Learning In Virtual English Community Paramasastra: Jurnal Ilmiah Bahasa Sastra dan Pembelajarannya 8 (2), 146-163, 2021 - /-/2021
40 Building Creative Industries by Bringing Local Potential to Develop Village Community of Economic Independence International Joint Conference on Arts and Humanities 2021 (IJCAH 2021), 969-974, 2021 - /-/2021
41 Improving EFL Students’ Higher Order Thinking Skills Using Reading Strategies International Joint Conference on Arts and Humanities 2021 (IJCAH 2021), 965-968, 2021 - /-/2021
42 EFL STUDENTS’METACOGNITIVE STRATEGIES IN ONLINE-BASED LEARNING: IN RELATION TO THEIR WRITING QUALITY Paramasastra: Jurnal Ilmiah Bahasa Sastra dan Pembelajarannya 8 (1), 1-19, 2021 - /-/2021

Karya Buku

No Judul Buku Tahun Jumlah Halaman Penerbit
1 English Coresponden 2015 UNESA UNIVERSITY PRESS
2 Vocational english supplementary materials 2018 Graniti

Pemakalah Seminar Ilmiah

No Nama Temu ilmiah / Seminar Judul Artikel Ilmiah Waktu dan Tempat

Hak Karya Ilmiah

No Judul/Tema HKI Tahun Jenis Nomor
1 Proyek Kelas Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris 10 hak cipta EC00202047944
2 Smk.english.com 10 perlindungan varietas tanaman EC00202047945
3 Vocational English Supplementary Materials Kelas XI 2019 hak cipta EC00201927870
4 Video pengolahan inovasi kreatif abon lele 2021 hak cipta EC00202170556
5 Video Pengolahan Inovasi Kreatif Stik Duri Lele 2021 hak cipta EC00202170557
6 Video Pengolahan Industri Kreatif 2021 hak cipta EC00202170558
7 Feeds Instagram Milenial dan YouTube Sebagai Sumber Dana 2022 hak cipta EC00202272477
8 Pembuatan Ecoprint Eceng Gondok Dengan Metode Iron Blanket Untuk Menumbuhkan Home Creative Industry 2022 hak cipta EC00202260442
9 Modul E-Commerce Sebagai Wujud Kemandirian Berwirausaha 2022 hak cipta EC00202272473
10 Budidaya Hidroponik di Rumah Tanpa Media Tanah 2022 hak cipta EC00202272474
11 Pembinaan Kerohanian Islam Guna Tingkatkan Iman dan Takwa 2022 hak cipta EC00202272475
12 Kembangkan Imajinasi dan Percaya Diri Anak Melalui Dongeng 2022 hak cipta EC00202272476