Arik Susanti, S.Pd., M.Pd.

Arik Susanti, S.Pd., M.Pd., lahir di Magetan pada tanggal 05-02-1978 adalah dosen di Universitas Negeri Surabaya. Dalam 1 tahun terakhir, mengampu 21 matakuliah. Sudah melakukan pengabdian sebanyak 6. Sudah mempublikasi Artikel Ilmiah dalam jurnal sebanyak 44. Memiliki karya buku sebanyak 2. Memperoleh HKI sebanyak 12.

Identitas Diri

Riwayat Pendidikan

S1 S2
Nama Perguruan Tinggi Universitas Negeri Surabaya Universitas Negeri Surabaya
Bidang Ilmu Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Bahasa Inggris
Tahun Masuk-Lulus 1997 - 2002 2002 - 2004
Judul Skripsi/Tesis/Disertasi The Use of Comics as Supplementary Materials in Teaching Reading in Junior High School The Study of Stylistics Devices in Dolly English Magazine
Nama Pembimbing/Promotor Drs. Suwono, Ph.D Prof. Dr. Abbas Badib, MA, MA dan Drs. Suwono, PhD

Mata Kuliah yang Diampu

No. Mata Kuliah
1 Academic Speaking
2 Argumentative Writing
3 Bahasa Inggris
4 Developing EFL Materials
5 Educational Technology in ELT
6 Elt Method
7 ELT METHOD
8 ESP Program Design
9 Extensive Reading
10 Games, Songs, and Storytelling
11 Instructional Design
12 LMS for ELT
13 MICROTEACHING
14 Paragraph Writing
15 PLP
16 PLP-Analisis Kurikulum
17 PLP-Pengembangan Rencana Pembelajaran
18 School Curriculum
19 Seminar On Resarch Proposal
20 Seminar on Research Proposal
21 Syllabus Design

Data Penelitian Dari Sim Litabmas

No. Tahun Judul Sumber Dana
1 2019 Pengembangan Pembelajaran Bahasa Inggris Dengan Model Project Based Learning (PjBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi dan Berpikir Kreatif Siswa SMK Litabmas
2 2017 Pengembangan Pembelajaran Bahasa Inggris Dengan Model Project Based Learning (PjBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi dan Berpikir Kreatif Siswa SMK Litabmas
3 2015 Implementasi Project Based Learning pada Perkuliahan English Correspondence untuk Meningkatkan Kinerja dan Life Skill Mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris FBS UNESA Litabmas
4 2016 Implementasi Project Based Learning pada Perkuliahan English Correspondence untuk Meningkatkan Kinerja dan Life Skill Mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris FBS UNESA Litabmas
5 2018 Pengembangan Pembelajaran Bahasa Inggris Dengan Model Project Based Learning (PjBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi dan Berpikir Kreatif Siswa SMK Litabmas
6 2022 PENGEMBANGKAN LEMBAR KERJA MAHASISWA BERBASIS BLENDED-PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENUMBUHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA CALON GURU BAHASA INGGRIS Litabmas
7 2022 PENGEMBANGKAN LEMBAR KERJA MAHASISWA BERBASIS BLENDED-PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENUMBUHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA CALON GURU BAHASA INGGRIS Litabmas
8 2022 MENUMBUHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN KREATIF MAHASISWA PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS DALAM PEMBELAJARAN ONLINE Litabmas
9 2017 Pengembangan Pembelajaran Bahasa Inggris Dengan Model Project Based Learning (PjBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi dan Berpikir Kreatif Siswa SMK Litabmas
10 2016 Implementasi Project Based Learning pada Perkuliahan English Correspondence untuk Meningkatkan Kinerja dan Life Skill Mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris FBS UNESA Litabmas
11 2022 MENUMBUHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN KREATIF MAHASISWA PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS DALAM PEMBELAJARAN ONLINE Litabmas
12 2017 Pengembangan Pembelajaran Bahasa Inggris Dengan Model Project Based Learning (PjBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi dan Berpikir Kreatif Siswa SMK Litabmas
13 2016 Implementasi Project Based Learning pada Perkuliahan English Correspondence untuk Meningkatkan Kinerja dan Life Skill Mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris FBS UNESA Litabmas

Data Penelitian Dari Non Litabmas

No. Tahun Judul Sumber Dana
1 2020 Konflik Ideologi Mahasiswa selama Pelaksanaan Praktik Debat dalam Pembelajaran Bahasa Inggris
2 2024 Pembelajaran Berdiferensiasi: Membuka Potensi Keterampilan Abad 21 pada Setiap Siswa dalam Pembelajaran Bahasa Inggris
3 2024 ANALISIS PSIKOMEMORI DALAM SERAT PANJI UNTUK MENGATASI MENTAL HEALT PADA GENERASI-Z
4 2024 Analisis Faktor-Faktor Penentu Keterampilan Berpikir Kritis pada Calon Guru Bahasa Inggris melalui Pendekatan Blended Learning: Sebuah Studi Kasus
5 2023 Persepsi Guru terhadap Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Mendukung Pembelajaran Abad 21
6 2023 Buku Dongeng Audible berbasis Penanaman Karakter bagi Siswa SMP
7 2022 Kajian Etnopedagogi: Transformasi Pendidikan Berpikir Kritis dan Kreatif pada Pembelajaran Bahasa Inggris SMP Berbasis Kearifan Lokal di Trenggalek
8 2023 Profil Berpikir Reflektif Mahasiswa Calon Guru Bahasa Inggris pada Praktek Pembelajaran Lapangan
9 2022 Menumbuhkan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Kreatif Mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris Dalam Pembelajaran Online
10 2023 PENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS MELALUI PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING MAHASISWA CALON GURU BAHASA INGGRIS
11 2021 INTEGRASI TEKNOLOGI DAN TASK BASED LANGUAGE TEACHING (TBLT) UNTUK MENUMBUHKAN KREATIFITAS MAHASISWA PADA MATA KULIAH “DEVELOPING EFL MATERIALS”
12 2022 Menumbuhkan Kemandirian Belajar (Learning autonomy) Mahasiswa Prodi pendidikan Bahasa Inggris dalam pembelajaran Daring melalui Digital Video
13 2021 Kreativitas Pelajar BIPA dalam Menulis Puisi Melalui Strategi Formula

Pengabdian Kepada Masyarakat

No Tahun Judul Pengabdian Sumber Pendanaan
1 2023 Pelatihan Pengembangan Soal Setara Asessmen Kompetensi Minimal dengan Pendekatan Strategi Literasi
2 2020 Peningkatan Imunitas Warga Terdampak Covid19 Melalui Pembagian Paket Sembako di Lingkungan Kampus Unesa Lidah Wetan Surabaya
3 2024 GRAPIC ORGANIZER SEBAGAI MEDIA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS ARTIKEL ILMIAH BAGI SISWA MTs. FATHUL HUDA BLITAR
4 2021 Pelatihan Penggunaan Media Pembelajaran Online untuk Menumbuhkan Kolaborasi Siswa bagi Guru - Guru SMP/SMA Surabaya
5 2022 Pendampingan Pembuatan Media Digital Storytelling Bahasa Inggris Berbasis Kearifan Lokal Bagi Guru-guru SMP di Trenggalek
6 2024 ECO-LITERACY SEBAGAI MATERI AJAR BAGI GURU-GURU SDM 22 SURABAYA MEWUJUDKAN SUSTAINABLE DEVELOPMENT GOAL

Publikasi Jurnal

No Judul Artikel Ilmiah Nama Jurnal Volume/Nomor/Tahun
1 Project Based Learning dalam Pembelajaran Materi Application Letter and Job Interview untuk Mendukung Daya Saing Mahasiswa Buku–, 7 - /-/0
2 Peran Ibu-Ibu PKK dalam Mengembangkan Literasi Anak Melalui Rumah Belajar Buku–3, 13, 0 - /-/0
3 PERSEPSI KAUM LELAKI TERHADAP PEREMPUAN SEBAGAI OBYEK SEKSUAL DALAM TAYANGAN IKLAN DI TELEVISI - /-/0
4 Project Based Learning dalam Pembelajaran Materi Application Letter and Job Interview untuk Mendukung Daya Saing Mahasiswa Buku–, 7, 0 - /-/0
5 Peran Ibu-Ibu PKK dalam Mengembangkan Literasi Anak Melalui Rumah Belajar Buku–3, 13 - /-/0
6 SIMPLIFYING TEXTS IN DEVELOPING READING MATERIALS - /-/0
7 SIMPLIFYING TEXTS IN DEVELOPING READING MATERIALS - /-/0
8 PERSEPSI KAUM LELAKI TERHADAP PEREMPUAN SEBAGAI OBYEK SEKSUAL DALAM TAYANGAN IKLAN DI TELEVISI - /-/0
9 Pengembangan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe CIRC Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Bahasa Inggris Mahasiswa D3 Administrasi Negara FIS Unesa Jurnal Nasional, 2001 - /-/2001
10 Persepsi kaum lelaki terhadap perempuan sebagai obyek seksual dalam tayangan iklan di televisi: laporan penelitian studi kajian wanita Jurusan PMP-Kn, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Surabaya, 2007 - /-/2007
11 Pengembangan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe CIRC Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Bahasa Inggris Mahasiswa D3 Administrasi Negara FIS Une... FIS Unesa 2 (1), 1-16 - /-/2008
12 Development of cooperative learning model type CIRC to improve writing skills administration student’s diploma Unpublished master’s thesis, Not. Surabaya. Faculty of Social Sciences …, 2011 - /-/2011
13 THE INTEGRATED OF CHARACTER BUILDING AND SOFT SKILL EDUCATION TO INCREASE PROFESSIONAL HUMAN RESOURCES IN VOCATIONAL HIGH S... Publishing Institute, 6 - /-/2011
14 Model Pembelajaran Jigsaw Dalam Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris I Mahasiswa PPKn FIS UNESA Widya Cendika 6 (1) - /-/2011
15 THE INTEGRATED OF CHARACTER BUILDING AND SOFT SKILL EDUCATION TO INCREASE PROFESSIONAL HUMAN RESOURCES IN VOCATIONAL HIGH SCHOOLS Publishing Institute, 6, 2011 - /-/2011
16 Project-based learning Accessed on - /-/2012
17 Kooperative Learning Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris Mahasiswa UNESA PROSODI 9 (2015), 246, 2015 - /-/2015
18 THE IMPLEMENTATION OF SELF-ASSESSMENT IN TEACHING WRITING RECOUNT TEXT ON TENTH GRADE STUDENTS OF ATMA WIDYA SENIOR HIGH SCH... RETAIN 4 (3) - /-/2016
19 PELATIHAN MENULIS KREATIF DENGAN MENGGUNAKAN CERITA RAKYAT INDONESIA Jurnal ABDI: Media Pengabdian Kepada Masyarakat 2 (1), 1-5, 2016 - /-/2016
20 THE IMPLEMENTATION OF SELF-ASSESSMENT IN TEACHING WRITING RECOUNT TEXT ON TENTH GRADE STUDENTS OF ATMA WIDYA SENIOR HIGH SCHOOL RETAIN 4 (3) - /-/2016
21 The Correlation between Belief and Students’ Language Learning Strategies at English Department of UNESA Retain 4 (1) - /-/2016
22 EFL Materials Development Based on Project Based Learning for Vocational High School Social Sciences, Humanities and Economics Conference (SoSHEC 2017), 294-298, 2017 - /-/2017
23 STUDENT ENGAGEMENT AND MOTIVATION IN A VOCATIONAL ENGLISH PROJECT BASED LEARNING UAD TEFL International Conference 1, 48-53, 2017 - /-/2017
24 English Materials Development using Problem Based Learning Approach for Vocational High School in Chemical Industry Program RETAIN 5 (3) - /-/2017
25 Empowering Students’ Writing of Report Text Throgh Project-Based Learning RETAIN 5 (3) - /-/2017
26 Using Classroom Presentation Technique in Teaching Speaking Explanation Text in Senior High School RETAIN 6 (1) - /-/2018
27 PERANAN PKK DALAM MENGELOLA PAUD UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS ANAK USIA DINI Lentera 11 (2), 89-106 - /-/2018
28 Proyek Kelas Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris - /-/2018
29 Empowering Vocational Students’ Literacy Skills through Project Based Learning 2nd Social Sciences, Humanities and Education Conference: Establishing …, 2018 - /-/2018
30 Vocational English Supplementary Materials Kelas XI - /-/2018
31 Improving EFL Students’ Higher Order Thinking Skills Through Collaborative Strategic Reading in Indonesia International Journal of Asian Education (IJAE) by READ Institute 1 (2), 43-52 - /-/2020
32 Improving EFL Students' Higher Order Thinking Skills through Collaborative Strategic Reading in Indonesia. Online Submission 1 (2), 43-52, 2020 - /-/2020
33 Students’ Perception Toward the Implementation of Project Based Learning for EFL Vocational High School. International Conference on Research and Academic Community Services …, 2020 - /-/2020
34 Improving Students’ Writing Skill Through Project Based Learning For EFLStudents International Journal of English Linguistics, Literature, and Education …, 2020 - /-/2020
35 Self-Regulated Learning Skill to Improve Students’ Writing Competence for Junior High School International Joint Conference on Arts and Humanities (IJCAH 2020), 923-926, 2020 - /-/2020
36 Student’s Ideological Conflicts During Debating Practices in Language Learning: A Reflective Study International Joint Conference on Arts and Humanities (IJCAH 2020), 954-960, 2020 - /-/2020
37 Graphic Organizers for Students’ Descriptive and Narrative Writing International Joint Conference on Arts and Humanities (IJCAH 2020), 961-966, 2020 - /-/2020
38 Youtube Video Project to Teach “ELT Method” Course for Tertiary Education in Pandemic Era Book Chapter, 38-46, 2021 - /-/2021
39 Developing Students’ English Skill Through Digital Video as Multimodal for Young Learners in Online Learning International Joint Conference on Arts and Humanities 2021 (IJCAH 2021), 221-228, 2021 - /-/2021
40 Improving EFL Students’ Higher Order Thinking Skills Using Reading Strategies International Joint Conference on Arts and Humanities 2021 (IJCAH 2021), 965-968, 2021 - /-/2021
41 The Correlation Between Students’ Speaking Skills And Self-Directed Learning In Virtual English Community Paramasastra: Jurnal Ilmiah Bahasa Sastra dan Pembelajarannya 8 (2), 146-163, 2021 - /-/2021
42 Building Creative Industries by Bringing Local Potential to Develop Village Community of Economic Independence International Joint Conference on Arts and Humanities 2021 (IJCAH 2021), 969-974, 2021 - /-/2021
43 EFL STUDENTS’METACOGNITIVE STRATEGIES IN ONLINE-BASED LEARNING: IN RELATION TO THEIR WRITING QUALITY Paramasastra: Jurnal Ilmiah Bahasa Sastra dan Pembelajarannya 8 (1), 1-19, 2021 - /-/2021
44 Pre-service teachers’ beliefs about English language teaching and learning in EFL classroom: A review of literature JEES (Journal of English Educators Society) 6 (1), 147-154, 2021 - /-/2021

Karya Buku

No Judul Buku Tahun Jumlah Halaman Penerbit
1 English Coresponden 2015 UNESA UNIVERSITY PRESS
2 Vocational english supplementary materials 2018 Graniti

Pemakalah Seminar Ilmiah

No Nama Temu ilmiah / Seminar Judul Artikel Ilmiah Waktu dan Tempat

Hak Karya Ilmiah

No Judul/Tema HKI Tahun Jenis Nomor
1 Proyek Kelas Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris 10 hak cipta EC00202047944
2 Smk.english.com 10 perlindungan varietas tanaman EC00202047945
3 Vocational English Supplementary Materials Kelas XI 2019 hak cipta EC00201927870
4 Video pengolahan inovasi kreatif abon lele 2021 hak cipta EC00202170556
5 Video Pengolahan Inovasi Kreatif Stik Duri Lele 2021 hak cipta EC00202170557
6 Video Pengolahan Industri Kreatif 2021 hak cipta EC00202170558
7 Feeds Instagram Milenial dan YouTube Sebagai Sumber Dana 2022 hak cipta EC00202272477
8 Pembuatan Ecoprint Eceng Gondok Dengan Metode Iron Blanket Untuk Menumbuhkan Home Creative Industry 2022 hak cipta EC00202260442
9 Modul E-Commerce Sebagai Wujud Kemandirian Berwirausaha 2022 hak cipta EC00202272473
10 Budidaya Hidroponik di Rumah Tanpa Media Tanah 2022 hak cipta EC00202272474
11 Pembinaan Kerohanian Islam Guna Tingkatkan Iman dan Takwa 2022 hak cipta EC00202272475
12 Kembangkan Imajinasi dan Percaya Diri Anak Melalui Dongeng 2022 hak cipta EC00202272476