Amira Agustin Kocimaheni, S.Pd., M.Pd.

Amira Agustin Kocimaheni, S.Pd., M.Pd., lahir di Pasuruan pada tanggal 07-08-1978 adalah dosen di Universitas Negeri Surabaya. Dalam 1 tahun terakhir, mengampu 21 matakuliah. Sudah melakukan pengabdian sebanyak 6. Sudah mempublikasi Artikel Ilmiah dalam jurnal sebanyak 26.

Identitas Diri

Riwayat Pendidikan

S1 S2
Nama Perguruan Tinggi Universitas Negeri Surabaya Universitas Pendidikan Indonesia
Bidang Ilmu Pend. Bahasa Jepang Pend. Bahasa Konsentrasi Pend. Bahasa Jepang
Tahun Masuk-Lulus 1997 - 2002 2002 - 2004
Judul Skripsi/Tesis/Disertasi Aspek Sosiologi dalam Novel KOKORO karya Natsume Sooseki Analisis Kesalahan Mahasiswa dalam Menggunakan Bentuk Pasif/Shieki
Nama Pembimbing/Promotor Parastuti Ahmad Dahidi

Mata Kuliah yang Diampu

No. Mata Kuliah
1 Asesmen Proses dan Hasil Belajar
2 Chukyu Dokkai
3 Chukyu Dokkai Oyo
4 Evaluasi Belajar dan Pembelajaran
5 Keterampilan Mengajar dan Pembelajaran Mikro
6 KKNT
7 Kuliah Kerja Nyata (Kkn)
8 Media Pembelajaran
9 Metodologi Penelitian Pendidikan
10 Microteaching
11 Pengembangan Bahan Ajar
12 Pengenalan Lapangan Persekolahan
13 Perencanaan Pembelajaran
14 Perencanaan Pembelajaran Inovatif
15 PLP-Asesmen Pembelajaran
16 Shokyu Dokkai
17 Shokyu Dokkai Oyo
18 Skripsi
19 Statistik
20 Tatabahasa Dasar
21 Tokeigaku

Data Penelitian Dari Sim Litabmas

No. Tahun Judul Sumber Dana
1 2020 KECENDERUNGAN PERMASALAHAN MAHASISWA ANGKATAN 2013 SELINGKUP FAKULTAS BAHASA DAN SENI UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA DALAM PENYELESAIAN STUDINYA Litabmas
2 2020 KECENDERUNGAN PERMASALAHAN MAHASISWA ANGKATAN 2013 SELINGKUP FAKULTAS BAHASA DAN SENI UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA DALAM PENYELESAIAN STUDINYA Litabmas
3 2022 KORELASI ANTARA EFIKASI DIRI GURU BAHASA JEPANG DENGAN PRAKTIK PENILAIAN HASIL BELAJAR Litabmas
4 2022 KORELASI ANTARA EFIKASI DIRI GURU BAHASA JEPANG DENGAN PRAKTIK PENILAIAN HASIL BELAJAR Litabmas
5 2022 PRAKTIK PENILAIAN HASIL BELAJAR BAHASA JEPANG PADA MASA PANDEMI COVID-19 Litabmas
6 2021 PENYUSUNAN BUKU PANDUAN PENULISAN KARYA ILMIAH PENUNJANG MATA KULIAH METODOLOGI PENELITIAN PENDIDIKAN DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA JEPANG FAKULTAS BAHASA DAN SENI UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA Litabmas
7 2020 PENGUATAN PEMENUHAN KEBUTUHAN POKOK BAGI WARGA LIDAH WETAN SURABAYA YANG TERDAMPAK PANDEMI COVID-19 Litabmas
8 2020 KECENDERUNGAN PERMASALAHAN MAHASISWA ANGKATAN 2013 SELINGKUP FAKULTAS BAHASA DAN SENI UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA DALAM PENYELESAIAN STUDINYA Litabmas
9 2019 ANALISIS KECENDERUNGAN PENULISAN PENELITIAN DOSEN JURUSAN BAHASA DAN SASTRA JEPANG FAKULTAS BAHASA DAN SENI UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA Litabmas
10 2022 PRAKTIK PENILAIAN HASIL BELAJAR BAHASA JEPANG PADA MASA PANDEMI COVID-19 Litabmas
11 2021 PENYUSUNAN BUKU PANDUAN PENULISAN KARYA ILMIAH PENUNJANG MATA KULIAH METODOLOGI PENELITIAN PENDIDIKAN DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA JEPANG FAKULTAS BAHASA DAN SENI UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA Litabmas
12 2020 PENGUATAN PEMENUHAN KEBUTUHAN POKOK BAGI WARGA LIDAH WETAN SURABAYA YANG TERDAMPAK PANDEMI COVID-19 Litabmas
13 2020 KECENDERUNGAN PERMASALAHAN MAHASISWA ANGKATAN 2013 SELINGKUP FAKULTAS BAHASA DAN SENI UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA DALAM PENYELESAIAN STUDINYA Litabmas
14 2019 ANALISIS KECENDERUNGAN PENULISAN PENELITIAN DOSEN JURUSAN BAHASA DAN SASTRA JEPANG FAKULTAS BAHASA DAN SENI UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA Litabmas
15 2022 PRAKTIK PENILAIAN HASIL BELAJAR BAHASA JEPANG PADA MASA PANDEMI COVID-19 Litabmas
16 2021 PENYUSUNAN BUKU PANDUAN PENULISAN KARYA ILMIAH PENUNJANG MATA KULIAH METODOLOGI PENELITIAN PENDIDIKAN DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA JEPANG FAKULTAS BAHASA DAN SENI UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA Litabmas
17 2019 ANALISIS KECENDERUNGAN PENULISAN PENELITIAN DOSEN JURUSAN BAHASA DAN SASTRA JEPANG FAKULTAS BAHASA DAN SENI UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA Litabmas
18 2020 PENGUATAN PEMENUHAN KEBUTUHAN POKOK BAGI WARGA LIDAH WETAN SURABAYA YANG TERDAMPAK PANDEMI COVID-19 Litabmas
19 2020 PENGUATAN PEMENUHAN KEBUTUHAN POKOK BAGI WARGA LIDAH WETAN SURABAYA YANG TERDAMPAK PANDEMI COVID-19 Litabmas

Data Penelitian Dari Non Litabmas

No. Tahun Judul Sumber Dana
1 2024 Problematik Guru Bahasa Jepang Dalam Penerapan Asesmen Pembelajaran Pada Kurikulum Merdeka
2 2024 Peningkatan Kemampuan Membaca Teks Berbahasa Jepang melalui Pembelajaran Berdiferensiasi Berbasis Digital
3 2024 Pemanfaatan Media Komunikasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Meyimak Bahasa Jepang
4 2022 Penelusuran Tingkat Efikasi Diri dan Orientasi Pencapaian Tujuan Mahasiswa dalam Persiapan Praktik Mengajar Bahasa Asing
5 2020 Kecenderungan Permasalahan Mahasiswa Selingkup Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Surabaya dalam Penyelesaian Studinya
6 2021 PENYUSUNAN BUKU PANDUAN PENULISAN KARYA ILMIAH PENUNJANG MATA KULIAH METODOLOGI PENELITIAN PENDIDIKAN DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA JEPANG FAKULTAS BAHASA DAN SENI UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA
7 2020 Strategi Belajar Huruf Kanji Mahasiswa Tingkat Pertama Jurusan Bahasa dan Sastra Jepang Universitas Negeri Surabaya pada Masa Pandemi COVID-19
8 2023 IMPLEMENTASI MEDIA DIGITAL HIRAGANA KATAKANA MEMORY HINT THE JAPAN FOUNDATION PADA PEMBELAJARAN HURUF HIRAGANA KATAKANA SISWA SISWI DI SMP LAB SCHOOL UNESA3 SURABAYA
9 2022 Penelusuran Tingkat Efikasi Diri dan Orientasi Pencapaian Tujuan Mahasiswa dalam Persiapan Praktik Mengajar Bahasa Asing
10 2023 Penelusuran Tingkat Efikasi Diri dan Orientasi Pencapaian Tujuan Mahasiswa dalam Persiapan Praktik Mengajar Bahasa Asing
11 2022 Praktik Penilaian Hasil Belajar Bahasa Jepang Pada Masa Pandemi Covid-19

Pengabdian Kepada Masyarakat

No Tahun Judul Pengabdian Sumber Pendanaan
1 2021 Pelatihan Seni Melipat kertas (Origami) untuk Meningkatkan Minat Belajar Bahasa Jepang pada Siswa SMKN 1 Boyolangu Tulungagung
2 2020 Penguatan Pemenuhan Kebutuhan Pokok Bagi Warga Lidah Wetan Surabaya yang Terdampak Pandemi Covid-19
3 2023 PENINGKATAN PENGUASAAN KATA BENDA BAHASA JEPANG DASAR MELALUI PELATIHAN MENYUSUN E - BOOK DENGAN FLIP PDF PROFRSIONAL PADA SISWA-SISWI SMAN 8 MALANG
4 2022 Pelatihan Membaca Huruf Hiragana Untuk Meningkatkan Minat Belajar Bahasa Jepang Pada Siswa-Siswi SMP Labschool Unesa 3 Surabaya
5 2020 PEMBAGIAN KEBUTUHAN POKOK MAKANAN UNTUK MENINGKATKAN IMUNITAS BAGI MASYARAKAT YANG TERDAMPAK COVID 19
6 2024 PELATIHAN MEMBACA HURUF HIRAGANA PADA SISWA-SISWI SMP SEPULUH NOPEMBER SIDOARJO

Publikasi Jurnal

No Judul Artikel Ilmiah Nama Jurnal Volume/Nomor/Tahun
1 Pengaruh Penggunaan Media Game Animasi “Adventure In The School” Berbasis Powerpoint terhadap Penguasaan Kosakata Kata Benda Bahasa Jepang Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Sidoarjo … - /-/0
2 PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KOTOBA O SAGASU TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS SAKUBUN KELAS XI SMA KEMALA BHAYANGKARI 3 PUSDIK SABHARA PORONG TAHUN AJARAN 2017/2018 - /-/0
3 KESESUAIAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) DENGAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BAHASA JEPANG DI KELAS X SMA THE SUITABILITY BETWEEN LESSON PLAN AND JAPANESE LANGUAGE … - /-/0
4 PENGARUH METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS GAIRAIGO SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 BLITAR TAHUN AJARAN 2018/2019 - /-/0
5 PENGEMBANGAN MEDIA APLIKASI GAME ICHIRO NO BOUKEN SEBAGAI SARANA MENGHAFAL HURUF KANA - /-/0
6 KENDALA MENULIS HURUF HIRAGANA SISWA SMAN 4 KOTA PROBOLINGGO TAHUN AJARAN 2016-2017 - /-/0
7 Pengembangan Multimedia Digital Interaktif Sakura San No Ie [桜さんの家] Untuk Meningkatkan Kemampuan Penguasaan Kosakata Bahasa Jepang Buku Sakura... HIKARI 1 (2) - /-/2013
8 Pengembangan Multimedia Digital Interaktif Sakura San No Ie [桜さんの家] Untuk Meningkatkan Kemampuan Penguasaan Kosakata Bahasa Jepang Buku Sakura Di SMA Hikari 1 (2), 2013 - /-/2013
9 PRINSIP MORAL DALAM NOVEL “KOKORO” KARYA NATSUME SOOSEKI JURNAL AKTUAL 1 (2), 2014 - /-/2014
10 MODEL PENGAJARAN TERBALIK DALAM MATA KULIAH CHUKYU DOKKAI Paramasastra: Jurnal Ilmiah Bahasa Sastra dan Pembelajarannya 2 (1), 2015 - /-/2015
11 PENGEMBANGAN MEDIA KARTU HINO UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA HURUF HIRAGANA あーん DALAM PEMBELAJARAN BAHASA JE... HIKARI 6 (1) - /-/2017
12 Kecenderungan Penelitian Mahasiswa Program Studi pendidikan Bahasa Jepang Jurnal Asa,(Online) 4, 2017 - /-/2017
13 PENGEMBANGAN MEDIA ADOBE FLASH BERBASIS ANDROID TE NO KATACHI O OBOEMASHOU UNTUK PEMBELAJARAN MENGUBAH KATA KERJA BAHAS... HIKARI 5 (3) - /-/2017
14 KENDALA MENULIS HURUF HIRAGANA SISWA SMAN 4 KOTA PROBOLINGGOTAHUN AJARAN 2016-2017 HIKARI 6 (1) - /-/2017
15 SILK as Kanji Learning Model for Students at Japanese Department Atlantis Press, 2017 - /-/2017
16 PENGEMBANGAN MEDIA ADOBE FLASH BERBASIS ANDROID TE NO KATACHI O OBOEMASHOU UNTUK PEMBELAJARAN MENGUBAH KATA KERJA BAHASA JEPANG BENTUK–TE (―て) PADA SISWA KELAS XII IBB SMA … HIKARI 5 (3) - /-/2017
17 KECENDERUNGAN PENELITIAN MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA JEPANG FAKULTAS BAHASA DAN SENI UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA ASA 4, 2017 - /-/2017
18 KONFLIK INTERNAL PADA TOKOH UTAMA OTOTAKE DALAM NOVEL (五体不満足) GOTAI FUMANZOKU KARYA HIROTADA OTOTAKE (洋匡乙武) SAZANAMI 5 (3) - /-/2017
19 PENGEMBANGAN MEDIA KARTU HINO UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA HURUF HIRAGANA あーん DALAM PEMBELAJARAN BAHASA JEPANG HIKARI 6 (1) - /-/2018
20 PERWATAKAN TOKOH UTAMA PRIA PADA KUMPULAN CERPEN ALUMNI UNESA “NDORO, SAYA INGIN BICARA”: DALAM PERSPEKTIF PENGARANG WANITA Paramasastra 5 (2) - /-/2018
21 PERWATAKAN TOKOH UTAMA PRIA PADA KUMPULAN CERPEN ALUMNI UNESA œNDORO, SAYA INGIN BICARA: DALAM PERSPEKTIF PENGARANG WANITA Paramasastra: Jurnal Ilmiah Bahasa Sastra dan Pembelajarannya 5 (2), 2018 - /-/2018
22 PEMANFAATAN KEMAJUAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) DALAM EVALUASI PEMBELAJARAN BAHASA http://repository.ung.ac.id/get/kms/17816/Prosiding-Seminar-Nasional-Forum …, 2019 - /-/2019
23 Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran Probing Prompting Learning(PPL) Terhadap Kemampuan Membaca Kosakata Bahasa Jepang Siswa Kelas XI IPA 1 SMAN 1 Papar Kediri Tahun Ajaran … HIKARI 3 (2), 1-9, 2019 - /-/2019
24 Identifikasi Kesulitan Mahasiswa Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Surabaya dalam Penyelesaian Studinya Paramasastra: Jurnal Ilmiah Bahasa Sastra dan Pembelajarannya 7 (2), 139-139, 2020 - /-/2020
25 ANALISIS KEBUTUHAN MAHASISWA TERHADAP BUKU PANDUAN PENULISAN KARYA ILMIAH SASTRANESIA 9 (4), 1-8, 2021 - /-/2021
26 LITERASI ASESMEN BAHASA CALON GURU BAHASA JEPANG: PERSEPSI DAN PRAKTIKNYA Jurnal Pendidikan Bahasa Jepang Undiksha 8 (1), 19-26, 2022 - /-/2022

Karya Buku

No Judul Buku Tahun Jumlah Halaman Penerbit

Pemakalah Seminar Ilmiah

No Nama Temu ilmiah / Seminar Judul Artikel Ilmiah Waktu dan Tempat

Hak Karya Ilmiah

No Judul/Tema HKI Tahun Jenis Nomor