Dr. Dyah Astriani, S.Pd., M.Pd.

Dr. Dyah Astriani, S.Pd., M.Pd., lahir di Kediri pada tanggal 06-01-1980 adalah dosen di Universitas Negeri Surabaya. Dalam 1 tahun terakhir, mengampu 7 matakuliah. Sudah melakukan pengabdian sebanyak 6. Sudah mempublikasi Artikel Ilmiah dalam jurnal sebanyak 48. Menjadi pemakalah seminar ilmiah sebanyak 2.

Identitas Diri

Riwayat Pendidikan

S1 S2
Nama Perguruan Tinggi Unesa Unesa
Bidang Ilmu - -
Tahun Masuk-Lulus - - 2002 - - 2006
Judul Skripsi/Tesis/Disertasi - -
Nama Pembimbing/Promotor - -
Status Validasi Sudah divalidasi Sudah divalidasi

Mata Kuliah yang Diampu

No. Mata Kuliah
1 Dasar - Dasar Kependidikan
2 Keanekaragaman Makhluk Hidup
3 Pembelajaran Inovatif I
4 Pembelajaran Mikro
5 Seminar
6 Skripsi
7 Teori Belajar

Data Penelitian Dari Sim Litabmas

No. Tahun Judul Sumber Dana
1 2021 PEMANFAATAN LKS BERBASIS VIRTUAL LAB UNTUK OPTIMALISASI PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING Litabmas
2 2022 INTEGRASI STEAM-PROJECT BASE LEARNING (PJBL) UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA CALON GURU IPA Litabmas
3 2021 PEMANFAATAN LKS BERBASIS VIRTUAL LAB UNTUK OPTIMALISASI PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING Litabmas
4 2021 PEMANFAATAN LKS BERBASIS VIRTUAL LAB UNTUK OPTIMALISASI PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING Litabmas
5 2022 INTEGRASI STEAM-PROJECT BASE LEARNING (PJBL) UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA CALON GURU IPA Litabmas
6 2021 PEMANFAATAN LKS BERBASIS VIRTUAL LAB UNTUK OPTIMALISASI PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING Litabmas
7 2022 INTEGRASI STEAM-PROJECT BASE LEARNING (PJBL) UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA CALON GURU IPA Litabmas
8 2021 PEMANFAATAN LKS BERBASIS VIRTUAL LAB UNTUK OPTIMALISASI PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING Litabmas
9 2021 PEMANFAATAN LKS BERBASIS VIRTUAL LAB UNTUK OPTIMALISASI PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING Litabmas
10 2021 PEMANFAATAN LKS BERBASIS VIRTUAL LAB UNTUK OPTIMALISASI PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING Litabmas
11 2021 PEMANFAATAN LKS BERBASIS VIRTUAL LAB UNTUK OPTIMALISASI PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING Litabmas
12 2021 PEMANFAATAN LKS BERBASIS VIRTUAL LAB UNTUK OPTIMALISASI PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING Litabmas
13 2021 PEMANFAATAN LKS BERBASIS VIRTUAL LAB UNTUK OPTIMALISASI PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING Litabmas
14 2021 PEMANFAATAN LKS BERBASIS VIRTUAL LAB UNTUK OPTIMALISASI PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING Litabmas

Data Penelitian Dari Non Litabmas

No. Tahun Judul Sumber Dana
1 2023 IMPLEMENTASI MODE AKTIVITAS BERSYARAT DI LMS TERHADAP PARTISIPASI MAHASISWA DALAM PEMBELAJARAN HIBRID
2 2022 INTEGRASI STEAM-PROJECT BASE LEARNING (PjBL) UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA CALON GURU IPA
3 2021 MODEL MENTAL MAHASISWA PADA MATERI TERMODINAMIKA: PERSPEKTIF GUIDED INQUIRY

Pengabdian Kepada Masyarakat

No Tahun Judul Pengabdian Sumber Pendanaan
1 2024 Pendampingan Guru IPA SMP dalam Mendesain Modul Ajar Kurikulum Merdeka dengan Strategi Understanding by Design
2 2024 Pemberdayaan Kompetensi Guru Pondok Pesantren Sesuai Peraturan Dirjen GTK
3 2024 Membangun Karakter Unggul: Melalui Pembelajaran Interaktif Berbasis Video (H5P) untuk Penguatan Pelajar Pancasila
4 2022 Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Project Based Learning
5 2023 PELATIHAN PEMBUATAN VIDEO PEMBELAJARAN BAGI GURU IPA SESUAI PRINSIP PRODUCTIVE USE OF VIDEO FRAMEWORK
6 2021 Pemanfaatan LKS Berbasis Virtual Lab untuk Optimalisasi Pembelajaran Blended Learning

Publikasi Jurnal

No Judul Artikel Ilmiah Nama Jurnal Volume/Nomor/Tahun
1 Mind mapping in learning models: A tool to improve student metacognitive skills International Journal of Emerging Technologies in Learning 15 /-/2020
2 PENERAPAN STRATEGI KONFLIK KOGNITIF UNTUK MEREDUKSI MISKONSEPSI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 JETIS MOJOKERTO PADA MATERI GERAK - /-/0
3 Penerapam Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (Stad) dengan Pembelajaran IPA Terpadu Materi Bahan Aditif pada Makanan di Kelas VII SMP Negeri … Pensa: Jurnal Pendidikan Sains 1 (03), 249654 - /-/0
4 PENERAPAN STRATEGI KONFLIK KOGNITIF UNTUK MEREDUKSI MISKONSEPSI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 JETIS MOJOKERTO PADA MATERI GERAK - /-/0
5 Penerapam Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (Stad) dengan Pembelajaran IPA Terpadu Materi Bahan Aditif pada Makanan di Kelas VII SMP Negeri … Pensa: Jurnal Pendidikan Sains 1 (03), 249654, 0 - /-/0
6 Penerapam Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (Stad) dengan Pembelajaran IPA Terpadu Materi Bahan Aditif pada Makanan di Kelas VII SMP Negeri … Pensa: Jurnal Pendidikan Sains 1 (03), 249654, 0 - /-/0
7 Implementasi Me-tode Inkuiri Dalam Pembelajaran Biologi dengan Setting Pembe-lajaran Kooperatif di MAN Sura-baya Tesis. Surabaya: Program Pascasarjana UNESA, 2006 - /-/2006
8 PENGEMBANGAN SCIENCE MOBILE LEARNING APPLICATION (SMLA) SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ALTERNATIF PADA TEMA ALAT OPTIK UNTUK SMP KELAS VIII PENDIDIKAN SAINS 1 (03), 2013 - /-/2013
9 Pengembangan Perangkat Pembelajaran Biologi SMA dengan Metode Inkuiri dalam Setting Pembelajaran Kooperatif Pokok Bahasan Lingkungan PENSA E-JURNAL: PENDIDIKAN SAINS 1 (03), 2013 - /-/2013
10 PENERAPAM MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DENGAN PEMBELAJARAN IPA TERPADU MAT... Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan 1 (03) - /-/2013
11 PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BIOLOGI SMA DENGAN METODE INKUIRI DALAM SETTING PEMBELAJARAN KOOPERATIF POKOK BAHAS... PENDIDIKAN SAINS 1 (03) - /-/2013
12 PENGEMBANGAN SCIENCE MOBILE LEARNING APPLICATION (SMLA) SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ALTERNATIF PADA TEMA ALAT OPTIK UNTUK SMP... PENDIDIKAN SAINS 1 (03) - /-/2013
13 Penerapan pembelajaran IPA terpadu dengan pendekatan contextual teaching and learning (CTL) materi bunyi dan pendengaran pada siswa SMP PENDIDIKAN SAINS 1 (02), 2013 - /-/2013
14 IMPLEMENTASI LKS IPA TERPADU BERORIENTASI GUIDED DISCOVERY UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR DAN SIKAP ILMIAH SISWA KEL... PENDIDIKAN SAINS 2 (01) - /-/2014
15 IMPLEMENTASI LKS IPA TERPADU BERORIENTASI GUIDED DISCOVERY UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR DAN SIKAP ILMIAH SISWA KELAS VIII SMPN 1 MOJOSARI PENDIDIKAN SAINS 2 (01), 2014 - /-/2014
16 PEMANFAATAN SELF REGULATED LEARNING PADA MODEL PEMBELAJARAN PBI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN TEMA SOFT DRINK DI KELAS VIII SMPN 25 SURABAYA PENDIDIKAN SAINS 2 (02), 2014 - /-/2014
17 IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TIPE GROUP INVESTIGATION UNTUK MELATIH KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA SISWA KELAS VII SMP PENSA E-JURNAL: PENDIDIKAN SAINS 2 (03), 2014 - /-/2014
18 PEMANFAATAN SELF REGULATED LEARNING PADA MODEL PEMBELAJARAN PBI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN TEMA SOFT D... PENDIDIKAN SAINS 2 (02) - /-/2014
19 PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TEMA 4PL UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VIII B SMP... PENDIDIKAN SAINS 2 (03) - /-/2014
20 Implementasi Model Pembelajaran Guided Discovery Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Pada Materi Kalor Dan Perpindahannya Di Kelas VII SMP Negeri 1 Madiun PENDIDIKAN SAINS 3 (02), 2015 - /-/2015
21 PENERAPAN SCIENTIFIC APPROACH UNTUK MEREDUKSI TERJADINYA MISKONSEPSI PADA MATERI SUHU DAN KALOR DI SMP PENDIDIKAN SAINS 3 (03), 2015 - /-/2015
22 PENDAMPINGAN PENULISAN KARYA TULIS ILMIAH PADA MEDIA WAPIK BAGI GURU-GURU IPA MELALUI MGMP IPA KOTA PROBOLINGGO Jurnal ABDI: Media Pengabdian Kepada Masyarakat 1 (1), 71-77, 2015 - /-/2015
23 Implementasi Model Pembelajaran Guided Discovery Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Pada Materi Kalor Dan Perpindahannya Di Kelas VII SMP N... PENDIDIKAN SAINS 3 (02) - /-/2015
24 Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Berorientasi Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) Pada Materi Energi Dalam Sistem Kehidupan Untuk SMP/Mts Kelas VII Skripsi tidak dipublikasikan. Surabaya: FMIPA-Unesa, 2015 - /-/2015
25 Implementasi Model Pembelajaran Guided Discovery terhadap Hasil Belajar Siswa pada Kelas VII SMP Negeri 2 Bojonegoro Materi Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungannya Jurnal Penelitian Pendidikan Sains 3 (3), 1-5, 2015 - /-/2015
26 Implementasi Model Pembelajaran Learning Cycle 5e Pada Materi Suhu Dan Perubahannya Untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas VII Di Smp Negeri 1 Sidoarjo Pensa: Jurnal Pendidikan Sains 3 (03), 251550, 2015 - /-/2015
27 Implementasi Model Pembelajaran Guided Discovery Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Kelas VII SMP Negeri 2 Bojonegoro Materi Interaksi Makhluk Hidup Dengan Lingkungan PENSA E-JURNAL: PENDIDIKAN SAINS 3 (03) - /-/2015
28 IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA KELAS VII SMP NEGERI 2 BOJONEGORO MATERI I... PENDIDIKAN SAINS 3 (03) - /-/2015
29 PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISKUSI KELAS STRATEGI BEACH BALL UNTUK MELATIH KETERAMPILAN KOMUNIKASI SISWA KELAS VIII SMP NEG... Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan 3 (03) - /-/2015
30 PENERAPAN PEMBELAJARAN IPA MODEL KOOPERATIF TIPE STAD PADA TEMA PENCERNAAN DAN KESEHATAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA KELAS VIIIDI MTS NURUL KHOIR SURABAYA PENDIDIKAN SAINS 3 (02), 2015 - /-/2015
31 IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E PADA MATERI SUHU DAN PERUBAHANNYA UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN PROSE... PENDIDIKAN SAINS 3 (03) - /-/2015
32 PENERAPAN PEMBELAJARAN IPA MODEL KOOPERATIF TIPE STAD PADA TEMA PENCERNAAN DAN KESEHATAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PAD... PENDIDIKAN SAINS 3 (02) - /-/2015
33 PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISKUSI KELAS STRATEGI BEACH BALL UNTUK MELATIH KETERAMPILAN KOMUNIKASI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 TANJUNG BUMI BANGKALAN PENDIDIKAN SAINS 3 (03), 2015 - /-/2015
34 PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA BERORIENTASI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA MATERI ENERGI... PENDIDIKAN SAINS 3 (02) - /-/2015
35 Penerapan Permainan Truth or Dare Materi Sistem Ekskresi Terhadap Hasil belajar Siswa di SMP PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS 4 (02), 2016 - /-/2016
36 PENINGKATAN KEMAMPUAN PEDAGOGIK GURU IPA MTs KOTA PROBOLINGGO PADA PEMBELAJARAN IPA TERPADU BERORIENTASI PADA KURIKULUM 2... Jurnal ABDI 1 (2) - /-/2016
37 Kelayakan Media Permainan Engklek Sebagai Media Pembelajaran Pada Materi Sistem Pencernaan Makanan PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS 4 (03), 2016 - /-/2016
38 PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMP KELAS VII PENDIDIKAN SAINS 4 (02), 2016 - /-/2016
39 Model pembelajaran learning cycle 5E: Mengaktifkan siswa pada materi suhu dan perubahannya Jurnal Penelitian Pendidikan IPA 1 (2), 71-75, 2016 - /-/2016
40 PENGARUH GAME THE ADVENTURE OF SCIENCE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ZAT ADIKTIF DAN PSIKOTROPIKA TERHADAP SEMANGAT BELAJAR P... PENDIDIKAN SAINS 4 (02) - /-/2016
41 PENGEMBANGAN PERMAINAN JAMURAN SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATERI INTERAKSI MAKHLUK HIDUP DENGAN LINGKUNGAN DI KELAS... PENDIDIKAN SAINS 4 (03) - /-/2016
42 PENGARUH GAME THE ADVENTURE OF SCIENCE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ZAT ADIKTIF DAN PSIKOTROPIKA TERHADAP SEMANGAT BELAJAR PESERTA DIDIK PENDIDIKAN SAINS 4 (02), 2016 - /-/2016
43 Profil keterampilan berpikir analitis mahasiswa calon guru IPA dalam perkuliahan biologi umum Jurnal Penelitian Pendidikan IPA 2 (2), 66-70, 2017 - /-/2017
44 PENERAPAN STRATEGI BELAJAR PETA KONSEP UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH SAINS SEKOLAH PRODI S-1 P... Jurnal Penelitian Pendidikan IPA 1 (1) - /-/2017
45 MESIU Learning Model based on Lesson Study to Train Natural Science Teacher Candidates’ Thinking Skills Journal of Physics: Conference Series 1233 (1), 012072, 2019 - /-/2019
46 Mind mapping in learning models: A tool to improve student metacognitive skills International Journal of Emerging Technologies in Learning (iJET) 15 (6), 4-17, 2020 - /-/2020
47 Mental Model Students on Thermodynamics in the Application of Guided Inquiry International Joint Conference on Science and Engineering 2021 (IJCSE 2021 …, 2021 - /-/2021
48 Implementation of PhET simulation with discovery learning model to improve understanding of dynamic electricity concepts Jurnal Pijar Mipa 17 (3), 292-301, 2022 - /-/2022

Karya Buku

No Judul Buku Tahun Jumlah Halaman Penerbit

Pemakalah Seminar Ilmiah

No Nama Temu ilmiah / Seminar Judul Artikel Ilmiah Waktu dan Tempat
1 Journal of Physics: Conference Series Bryological exploration: Field-trip based learning to develop competencies of science teacher candidate 2018
2 Journal of Physics: Conference Series MESIU Learning Model based on Lesson Study to Train Natural Science Teacher Candidates' Thinking Skills 2019

Hak Karya Ilmiah

No Judul/Tema HKI Tahun Jenis Nomor