Vinda Maya Setianingrum, S.Sos., M.A.

Vinda Maya Setianingrum, S.Sos., M.A., lahir di Blitar pada tanggal 18-05-1980 adalah dosen di Universitas Negeri Surabaya. Dalam 1 tahun terakhir, mengampu 17 matakuliah. Sudah melakukan pengabdian sebanyak 13. Sudah mempublikasi Artikel Ilmiah dalam jurnal sebanyak 23.

Identitas Diri

Riwayat Pendidikan

S1 S2
Nama Perguruan Tinggi Universitas Muhammadiyah Malang Universitas Gadjah Mada
Bidang Ilmu Public Relations Ilmu Komunikasi dan Media (IKM)
Tahun Masuk-Lulus 1997 - 2002 2010 - 2012
Judul Skripsi/Tesis/Disertasi Persepsi Masyarakat terhadap Pensponsoran Olah Raga dan Citra Perguruan Tinggi. (Studi tentang klub Arema Malang pada masyarakat kec. Lowokmaru Kota Malang) Transformasi Media Radio. Studi Kasus di Radio Giga FM (She Radio) Surabaya dan Radio Pandowo (Pas FM) Tulungagung Jawa Timur Tahun 2012
Nama Pembimbing/Promotor Dra. Frida Kusumastuti M.Si dan Luckysari, S.Sos.M.Si Dr. Kuskridho Ambardi, M.A dan Drs. I Gusti Ngurah Putra, M.A

Mata Kuliah yang Diampu

No. Mata Kuliah
1 Excellent Services and Hospitality
2 Filmologi
3 keterampilan Berpidato
4 Komunikasi Bisnis
5 Komunikasi Pemasaran
6 Kreativita Periklanan
7 Manajemen Humas
8 Manajemen Produksi Media Massa
9 Meeting, Incentive, Convention, Exhibition (MICE)
10 Periklanan
11 Produksi Media Massa Elektronik
12 Reportase
13 Riset Media
14 Sinematografi
15 Skripsi
16 Social Media Life
17 Tanggung jawab Sosial Korporat

Data Penelitian Dari Sim Litabmas

No. Tahun Judul Sumber Dana
1 2021 PELATIHAN EDITING VIDEO UNTUK LOMBA VIRTUAL BAGI PENDIDIK SEKOLAH DASAR DI KOTA SURABAYA GUNA MENINGKATKAN KOMPETENSI TEKNOLOGI KOMUNIKASI Litabmas
2 2020 KAMPANYE PENGURANGAN ANXIETY DISORDER COVID-19 MELALUI PRODUKSI VIDEO TUTORIAL #DIRUMAH AJA Litabmas
3 2020 PENGEMBANGAN DESAIN DAN KONTEN INFOGRAFIS DALAM SOSIALISASI WASPADA COVID-19 Litabmas
4 2021 PRODUKSI FILM DOKUMENTER AKTIVITAS TANGGAP BENCANA DI KABUPATEN MAMUJU DAN MAJENE DALAM MEMBANGUN REPUTASI UNESA SEBAGAI KAMPUS PEDULI Litabmas
5 2020 PENGEMBANGAN DESAIN DAN KONTEN INFOGRAFIS DALAM SOSIALISASI WASPADA COVID-19 Litabmas
6 2021 PRODUKSI FILM DOKUMENTER AKTIVITAS TANGGAP BENCANA DI KABUPATEN MAMUJU DAN MAJENE DALAM MEMBANGUN REPUTASI UNESA SEBAGAI KAMPUS PEDULI Litabmas
7 2021 PELATIHAN EDITING VIDEO UNTUK LOMBA VIRTUAL BAGI PENDIDIK SEKOLAH DASAR DI KOTA SURABAYA GUNA MENINGKATKAN KOMPETENSI TEKNOLOGI KOMUNIKASI Litabmas
8 2020 KAMPANYE PENGURANGAN ANXIETY DISORDER COVID-19 MELALUI PRODUKSI VIDEO TUTORIAL #DIRUMAH AJA Litabmas
9 2020 PENGEMBANGAN DESAIN DAN KONTEN INFOGRAFIS DALAM SOSIALISASI WASPADA COVID-19 Litabmas
10 2019 IMPLEMENTASI PERKULIAHAN V-LEARNING PADA MATA KULIAH PUBLIC SPEAKING Litabmas
11 2019 PENGEMBANGAN DESTINATION BRANDING DESA SONGGON KECAMATAN SONGGON KABUPATEN BAYUWANGI UNTUK MENDUKUNG PROGRAM KLASTERISASI EKOWISATA JAWA TIMUR Litabmas
12 2021 PRODUKSI FILM DOKUMENTER AKTIVITAS TANGGAP BENCANA DI KABUPATEN MAMUJU DAN MAJENE DALAM MEMBANGUN REPUTASI UNESA SEBAGAI KAMPUS PEDULI Litabmas
13 2021 PELATIHAN EDITING VIDEO UNTUK LOMBA VIRTUAL BAGI PENDIDIK SEKOLAH DASAR DI KOTA SURABAYA GUNA MENINGKATKAN KOMPETENSI TEKNOLOGI KOMUNIKASI Litabmas
14 2020 KAMPANYE PENGURANGAN ANXIETY DISORDER COVID-19 MELALUI PRODUKSI VIDEO TUTORIAL #DIRUMAH AJA Litabmas
15 2020 PENGEMBANGAN DESAIN DAN KONTEN INFOGRAFIS DALAM SOSIALISASI WASPADA COVID-19 Litabmas
16 2019 IMPLEMENTASI PERKULIAHAN V-LEARNING PADA MATA KULIAH PUBLIC SPEAKING Litabmas
17 2019 PENGEMBANGAN DESTINATION BRANDING DESA SONGGON KECAMATAN SONGGON KABUPATEN BAYUWANGI UNTUK MENDUKUNG PROGRAM KLASTERISASI EKOWISATA JAWA TIMUR Litabmas
18 2021 PRODUKSI FILM DOKUMENTER AKTIVITAS TANGGAP BENCANA DI KABUPATEN MAMUJU DAN MAJENE DALAM MEMBANGUN REPUTASI UNESA SEBAGAI KAMPUS PEDULI Litabmas
19 2020 KAMPANYE PENGURANGAN ANXIETY DISORDER COVID-19 MELALUI PRODUKSI VIDEO TUTORIAL #DIRUMAH AJA Litabmas
20 2020 PENGEMBANGAN DESAIN DAN KONTEN INFOGRAFIS DALAM SOSIALISASI WASPADA COVID-19 Litabmas
21 2019 PENGEMBANGAN DESTINATION BRANDING DESA SONGGON KECAMATAN SONGGON KABUPATEN BAYUWANGI UNTUK MENDUKUNG PROGRAM KLASTERISASI EKOWISATA JAWA TIMUR Litabmas
22 2021 PRODUKSI FILM DOKUMENTER AKTIVITAS TANGGAP BENCANA DI KABUPATEN MAMUJU DAN MAJENE DALAM MEMBANGUN REPUTASI UNESA SEBAGAI KAMPUS PEDULI Litabmas
23 2020 PENGEMBANGAN DESAIN DAN KONTEN INFOGRAFIS DALAM SOSIALISASI WASPADA COVID-19 Litabmas
24 2021 PRODUKSI FILM DOKUMENTER AKTIVITAS TANGGAP BENCANA DI KABUPATEN MAMUJU DAN MAJENE DALAM MEMBANGUN REPUTASI UNESA SEBAGAI KAMPUS PEDULI Litabmas
25 2020 PENGEMBANGAN DESAIN DAN KONTEN INFOGRAFIS DALAM SOSIALISASI WASPADA COVID-19 Litabmas
26 2021 PELATIHAN EDITING VIDEO UNTUK LOMBA VIRTUAL BAGI PENDIDIK SEKOLAH DASAR DI KOTA SURABAYA GUNA MENINGKATKAN KOMPETENSI TEKNOLOGI KOMUNIKASI Litabmas
27 2020 KAMPANYE PENGURANGAN ANXIETY DISORDER COVID-19 MELALUI PRODUKSI VIDEO TUTORIAL #DIRUMAH AJA Litabmas
28 2020 PENGEMBANGAN DESAIN DAN KONTEN INFOGRAFIS DALAM SOSIALISASI WASPADA COVID-19 Litabmas
29 2023 PELATIHAN PRODUKSI KONTEN BAGI GURU DI YAYASAN PONDOK PESANTREN AL MUKARROMAH KABUPATEN PAMEKASAN Litabmas
30 2021 PELATIHAN EDITING VIDEO UNTUK LOMBA VIRTUAL BAGI PENDIDIK SEKOLAH DASAR DI KOTA SURABAYA GUNA MENINGKATKAN KOMPETENSI TEKNOLOGI KOMUNIKASI Litabmas
31 2019 IMPLEMENTASI PERKULIAHAN V-LEARNING PADA MATA KULIAH PUBLIC SPEAKING Litabmas
32 2019 PENGEMBANGAN DESTINATION BRANDING DESA SONGGON KECAMATAN SONGGON KABUPATEN BAYUWANGI UNTUK MENDUKUNG PROGRAM KLASTERISASI EKOWISATA JAWA TIMUR Litabmas
33 2019 IMPLEMENTASI PERKULIAHAN V-LEARNING PADA MATA KULIAH PUBLIC SPEAKING Litabmas

Data Penelitian Dari Non Litabmas

No. Tahun Judul Sumber Dana
1
2 2024 Strategi Branding untuk Mewujudkan Reputasi Kampus Berkelas Dunia, Studi Komparasi Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, Universitas Airlangga
3 2024 SOLUSI KAMPUS PTNBH MENGATASI PROBLEM PEMBAYARAN UKT MAHASISWA
4 2022 Pengembangan Buku Ajar Mata Kuliah Manajemen Industri Media untuk Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Negeri Surabaya
5 2024 PENGEMBANGAN ANIMASI RELIEF FABEL CANDI PANATARAN SEBAGAI MEDIA PENGENALAN BUDAYA UNTUK SEKOLAH DASAR
6 2021 PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL UNTUK KOMUNIKASI PUBLIK PADA PEMERINTAH DAERAH (STUDI KASUS OPD KOTA SURABAYA
7 2020 MAKNA SIMBOL “TETEK MELEK” SEBAGAI MEDIA TOLAK BALAK PAGEBLUK COVID-19 PADA BUDAYA MASYARAKAT TULUNGAGUNG
8 2020 PENGEMBANGAN DESAIN DAN KONTEN INFOGRAFIS DALAM SOSIALISASI WASPADA COVID-19
9 2024 STRATEGI KOMUNIKASI KRISIS UNESA DALAM PENANGANAN KASUS KEKERASAN SEKSUAL
10 2021 Analisis Wacana Kritis Perempuan Korban Covid 19 di Berita Media Online
11 2023 MOTION GRAPHIC SEBAGAI BENTUK TRANSFORMASI KE MEDIA DIGITAL UNTUK MEMPERMUDAH PEMAHAMAN CERITA PANJI PADA RELIEF CANDI MIRIGAMBAR TULUNGAGUNG
12 2022 IMPLEMENTASI KOMUNIKASI PEMASARAN TRIBES OLEH PELAKU UMKM SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KEUNGGULAN BERSAING
13 2022 STUDY KOMPARASI ENTREPRENEURIAL INTENTION DENGAN ENTREPRENEURIAL ECOSYSTEM SEBAGAI VARIABEL MEDIASI PADA MAHASISWA PENDIDIKAN BISNIS SE INDONESIA
14 2022 PENGEMBANGAN LAYANAN PENGADUAN DAN PPID MENUJU UNESA INFORMATIF 2022
15 2024 Development of a Prototype Social Media Account Based on User Generated Content to Promote Tourism Visits in Tulungagung Regency
16 2023 Pengembangan Naskah Panduan Kehumasan Unesa sebagai Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum
17 2024 Penggunaan Media Baru, Interaksi Sosial, dan Pengungkapan Diri Milenial Kota Surabaya
18 2022 Pengembangan Buku Ajar Manajemen Industri Media Massa untuk Mahasiswa Ilmu Komunikasi
19 2024 Generational Gap dalam Pengelolaan Media Sosial Pemerintah
20 2023 Analisis Penjejakan Mata Untuk Mengukur Preferensi Visual Pada Tampilan Virtual Tour 360 (Studi VR Kota Surabaya di indonesiavirtualtour.com)

Pengabdian Kepada Masyarakat

No Tahun Judul Pengabdian Sumber Pendanaan
1 2020 Pelatihan Verifikasi Konten Hoax Covid-19 Pada Kelompok Informasi Masyarakat Jawa Timur
2 2021 PELATIHAN EDITING VIDEO UNTUK LOMBA VIRTUAL BAGI PENDIDIK SEKOLAH DASAR DI KOTA SURABAYA GUNA MENINGKATKAN KOMPETENSI TEKNOLOGI KOMUNIKASI
3 2022 Pengembangan Pemasaran Digital dan Perluasan Akses Pasar Batik Ciprat pada Yayasan Disabilitas Rumah Kinasih di Kecamatan Kesamben Kabupaten Blitar
4 2021 PRODUKSI FILM DOKUMENTER AKTIVITAS TANGGAP BENCANA DI KABUPATEN MAMUJU DAN MAJENE DALAM MEMBANGUN REPUTASI UNESA SEBAGAI KAMPUS PEDULI
5 2020 Kampanye Pengurangan Anxiety Disorder Covid-19 melalui Produksi Video Tutorial #dirumah aja
6 2024 WORKSHOP PENULISAN ARTIKEL ILMIAH UNTUK MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS DAN KREATIVITAS GURU-GURU LAB SCHOOL UNESA DALAM MENDUKUNG IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA
7 2022 PELATIHAN PEMBUATAN VIDEO PROFIL SEBAGAI SARANA PROMOSI PRODUK di MAL UMKM KECAMATAN TAMAN SIDOARJO
8 2021 PENGELOLAAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI MEDIA HUMAS PONDOK PESANTREN AL-FALAH PLOSO MOJO KEDIRI
9 2024 Pengembangan UMKM Melalui Digital Marketing di Desa Prampelan, Kecamatan Karangrejo, Kabupaten Magetan
10 2023 Pelatihan Produksi Konten Bagi Guru di Yayasan Pondok Pesantren Al Mukarromah Kabupaten Pamekasan
11 2021 OPTIMALISASI BRANDING DAN PEMASARAN BATIK CIPRAT UMKM DISABILITAS YAYASAN BHAKTI KINASIH MANDIRI SIRAMAN KESAMBEN KABUPATEN BLITAR
12 2023 Pelatihan Resiliensi dan Pemberdayaan Diri Untuk Penguatan Kesehatan Mental Wanita Pekerja Imigran di Singapura
13 2024 PELATIHAN MANAJEMEN PERSONAL FINANCE UNTUK MENCEGAH FINANCIAL STRESS PADA PEKERJA MIGRANT INDONESIA DI SINGAPURA

Publikasi Jurnal

No Judul Artikel Ilmiah Nama Jurnal Volume/Nomor/Tahun
1 Implementasi Komunikasi Pemasaran Radio Suara Surabaya Dalam Mendapatkan Iklan Pada Masa Pandemi Covid-19 - /-/0
2 MANAJEMEN HUMAS PERGURUAN TINGGI NEGERI UNTUK MEWUJUDKAN REPUTASI BRAND “WORLD CLASS UNIVERSITY” - /-/0
3 Pengaruh Penawaran Paket Data VideoMAX Telkomsel Terhadap Intensitas Menonton Menggunakan Aplikasi HOOQ dan Viu (Studi Pada Pengguna Paket Data Provider Telkomsel Di Surabaya) - /-/0
4 Implementasi Komunikasi Pemasaran Radio Suara Surabaya Dalam Mendapatkan Iklan Pada Masa Pandemi Covid-19 - /-/0
5 Pengaruh Penawaran Paket Data VideoMAX Telkomsel Terhadap Intensitas Menonton Menggunakan Aplikasi HOOQ dan Viu (Studi Pada Pengguna Paket Data Provider Telkomsel Di Surabaya) - /-/0
6 MANAJEMEN HUMAS PERGURUAN TINGGI NEGERI UNTUK MEWUJUDKAN REPUTASI BRAND “WORLD CLASS UNIVERSITY” - /-/0
7 TRANSFORMASI MEDIA RADIO Studi Kasus di Radio Giga FM (She Radio) Surabaya dan Radio Pandowo (Pas FM) Tulungagung Jawa Timur Tahun 2012 Universitas Gadjah Mada, 2012 - /-/2012
8 Transformasi Media Radio Studi Kasus di Radio Giga FM She Radio Surabaya dan Radio Pandowo Pas FM Tulungagung Jawa Timur Tahun 2012 Fisipol UGM Jurusan S-2 Ilmu Komunikasi - /-/2012
9 Social Media and Spiritual Content: A Descriptive Analysis of Facebook and SalingSapa. com Advanced Science Letters 23 (12), 11683-11686, 2017 - /-/2017
10 Programming radio berdasarkan karakter pendengar pedesaan dan perkotaan (Studi kasus di radio Pandowo Tulungagung dan She Radio Surabaya Jawa Timur) The Journal of Society and Media 1 (1), 84-101, 2017 - /-/2017
11 Live Reporting on Indonesian Television 1st International Conference on Social Sciences (ICSS 2018), 329-333, 2018 - /-/2018
12 Halal lifestyle: current trends in Indonesian Market 1st International Conference on Social Sciences (ICSS 2018), 334-339, 2018 - /-/2018
13 Manajemen redaksi IDN Times dalam menghadapi persaingan media online Commercium 1 (2), 2018 - /-/2018
14 STRATEGI PROGRAMMING RADIO ISTANA 95, 0 FM BOJONEGORO (STUDI KASUS PADA PROGRAM SIARAN JIMAT DALAM MENARIK DAN MEMPERTAHANKAN PENDENGAR) Commercium 1 (1), 2018 - /-/2018
15 PENERAPAN JURNALISME POSITIF DALAM MEDIA ONLINE (STUDI KEBIJAKAN REDAKSIONAL PADA TIMES INDONESIA) Commercium 1 (2), 2018 - /-/2018
16 ANALISIS RESEPSI KEKERASAN DALAM PACARAN PADA FILM POSESIF Commercium 2 (1), 2019 - /-/2019
17 Local Films as an Effort to Optimize Character Education Social Sciences, Humanities and Education Conference (SoSHEC 2019), 236-241, 2019 - /-/2019
18 Visual Storytelling of Infographic Design in News Media: A Comparative Study on Online Media Platforms in Indonesia Proceedings of the Social Sciences, Humanities and Education Conference …, 2019 - /-/2019
19 Komunikasi Pembelajaran Melalui Virtual Learning Translitera: Jurnal Kajian Komunikasi dan Studi Media 8 (02), 44-54, 2019 - /-/2019
20 PENGARUH STRATEGI BRAND ACTIVITION PADA INOVASI PRODUK SLEEPING MASKS VIVA WHITE SEBAGAI BRAND LOKAL TERHADAP LOYALITAS KOSMETIK Commercium 2 (2), 2019 - /-/2019
21 Event Marketing Sebagai Strategi Dalam Meningkatkan Brand Activation Commercium 2 (2), 2019 - /-/2019
22 MANAJEMEN STASIUN RADIO SUARA KOTA PROBOLINGGO DALAM MENJALANKAN PRINSIP PENYIARAN PUBLIK Commercium 2 (1), 2019 - /-/2019
23 STRATEGI MANAJEMEN BISNIS JOKOPI DALAM MENINGKATKAN JUMLAH KONSUMEN Commercium 2 (1), 2019 - /-/2019

Karya Buku

No Judul Buku Tahun Jumlah Halaman Penerbit

Pemakalah Seminar Ilmiah

No Nama Temu ilmiah / Seminar Judul Artikel Ilmiah Waktu dan Tempat

Hak Karya Ilmiah

No Judul/Tema HKI Tahun Jenis Nomor