
Abu Zainuddin, S.Pd., M.Pd.
Abu Zainuddin, S.Pd., M.Pd., lahir di Sumenep pada tanggal 17-08-1980 adalah dosen di Universitas Negeri Surabaya. Dalam 1 tahun terakhir, mengampu 40 matakuliah. Sudah melakukan pengabdian sebanyak 8. Sudah mempublikasi Artikel Ilmiah dalam jurnal sebanyak 1. Menjadi pemakalah seminar ilmiah sebanyak 2.

Identitas Diri
Riwayat Pendidikan
S1 | S2 | |
---|---|---|
Nama Perguruan Tinggi | Unesa | Universitas Negeri Malang |
Bidang Ilmu | Pendidikan Fisika | - |
Tahun Masuk-Lulus | - - 2003 | 2015 - 2018 |
Judul Skripsi/Tesis/Disertasi | - | - |
Nama Pembimbing/Promotor | - | - |
Mata Kuliah yang Diampu
No. | Mata Kuliah |
---|---|
1 | Agama Islam |
2 | Eksperimen Fisika I |
3 | Eksperimen Fisika II |
4 | Evaluasi Belajar dan Pembelajaran |
5 | Fisika Dasar I |
6 | Fisika Dasar II |
7 | Fisika Modern |
8 | Fisika Olimpiade |
9 | Fisika Sekolah |
10 | Fisika Umum |
11 | Fisika Zat Padat |
12 | Gelombang |
13 | Kajian UN, TIMSS, dan PISA |
14 | KETERAMPILAN MENGAJAR & PEMBELAJARAN MIKRO |
15 | Kewirausahaan |
16 | KKN Asistensi Mengajar Pelaksanaan Program |
17 | KKN Asistensi Mengajar Pendesiminasian Program |
18 | KKN Kewirausahaan Evaluasi Program |
19 | KKN Kewirausahaan Pelaksanaan Program |
20 | KKN Kewirausahaan Pendesiminasian program |
21 | KKN Kewirausahaan Pengembangan laporan |
22 | KKN Kewirausahaan Pengembangan perangkat |
23 | KKN Kewirausahaan Perancangan Program |
24 | KKN Proyek Desa Pelaksanaan Program |
25 | KKN Proyek indpenden Pelaksanaan Program |
26 | KKN Proyek indpenden Pendesiminasian program |
27 | Laboratorium Fisika |
28 | Listrik Magnet dan Optik Dasar |
29 | Mekanika |
30 | Optik |
31 | Pembelajaran Inovatif Lanjut |
32 | Pengenalan Lapangan Persekolahan II |
33 | Pengukuran dan Instrumen Pendidikan Fisika |
34 | Physics Edutainment |
35 | PLP-Pengembangan Program Sekolah |
36 | PLP-Praktik Mengajar |
37 | PRAKTIKUM FISIKA DASAR I |
38 | Sejarah Fisika |
39 | Seminar |
40 | Sistem Pengukuran Fisika |
Data Penelitian Dari Sim Litabmas
No. | Tahun | Judul | Sumber Dana |
---|---|---|---|
1 | 2022 | PROFIL KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI (HOTS) MAHASISWA JURUSAN FISIKA | Litabmas |
2 | 2022 | PROFIL KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI (HOTS) MAHASISWA JURUSAN FISIKA | Litabmas |
3 | 2020 | WORKSHOP PEMBELAJARAN ONLINE BERBASIS APLIKASI TELECONFERENCE (GOOGLE MEET) MENGGUNAKAN PAPAN TULIS MAYA DAN PENILAIAN OTENTIK DI SMAN 1 PORONG SIDOARJO | Litabmas |
4 | 2022 | PROFIL KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI (HOTS) MAHASISWA JURUSAN FISIKA | Litabmas |
5 | 2020 | WORKSHOP PEMBELAJARAN ONLINE BERBASIS APLIKASI TELECONFERENCE (GOOGLE MEET) MENGGUNAKAN PAPAN TULIS MAYA DAN PENILAIAN OTENTIK DI SMAN 1 PORONG SIDOARJO | Litabmas |
6 | 2022 | PROFIL KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI (HOTS) MAHASISWA JURUSAN FISIKA | Litabmas |
7 | 2022 | PROFIL KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI (HOTS) MAHASISWA JURUSAN FISIKA | Litabmas |
8 | 2020 | WORKSHOP PEMBELAJARAN ONLINE BERBASIS APLIKASI TELECONFERENCE (GOOGLE MEET) MENGGUNAKAN PAPAN TULIS MAYA DAN PENILAIAN OTENTIK DI SMAN 1 PORONG SIDOARJO | Litabmas |
9 | 2022 | PROFIL KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI (HOTS) MAHASISWA JURUSAN FISIKA | Litabmas |
10 | 2020 | WORKSHOP PEMBELAJARAN ONLINE BERBASIS APLIKASI TELECONFERENCE (GOOGLE MEET) MENGGUNAKAN PAPAN TULIS MAYA DAN PENILAIAN OTENTIK DI SMAN 1 PORONG SIDOARJO | Litabmas |
11 | 2022 | PROFIL KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI (HOTS) MAHASISWA JURUSAN FISIKA | Litabmas |
12 | 2020 | WORKSHOP PEMBELAJARAN ONLINE BERBASIS APLIKASI TELECONFERENCE (GOOGLE MEET) MENGGUNAKAN PAPAN TULIS MAYA DAN PENILAIAN OTENTIK DI SMAN 1 PORONG SIDOARJO | Litabmas |
13 | 2022 | PROFIL KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI (HOTS) MAHASISWA JURUSAN FISIKA | Litabmas |
14 | 2022 | PROFIL KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI (HOTS) MAHASISWA JURUSAN FISIKA | Litabmas |
15 | 2022 | PROFIL KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI (HOTS) MAHASISWA JURUSAN FISIKA | Litabmas |
Data Penelitian Dari Non Litabmas
No. | Tahun | Judul | Sumber Dana |
---|---|---|---|
1 | 2024 | Pemetaan Program Kerja Ormawa Selingkung FMIPA yang Mendukung IKU Universitas Negeri Surabaya | |
2 | 2022 | Profil Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi (HOTS) Mahasiswa Jurusan Fisika | |
3 | 2024 | PENGARUH KESIAPAN DIGITAL, LITERASI FISIKA, DAN EFIKASI DIRI TERHADAP MISKONSEPSI CALON GURU | |
4 | 2021 | PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI (HOTS ) DAN LITERASI SAINS | |
5 | 2023 | PENERAPAN PERMASALAHAN DUNIA NYATA UNTUK MELATIH KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MAHASISWA TAHUN PERTAMA PROGRAM STUDI S1 PENDIDIKAN FISIKA | |
6 | 2021 | OPTIMALISASI PENGGUNAAN TOULMIN’S ARGUMENT PATTERN PADA MODEL PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN ANALISIS PEMECAHAN MASALAH DALAM PERKULIAHAN DARING DIMASA COVID-19 | |
7 | 2025 | PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN UNTUK MENGUKUR KETERAMPILAN COLLABORATIVE PROBLEM SOLVING, COLLABORATIVE CRITICAL THINKING, DAN COLLABORATIVE CREATIVE THINKING MAHASISWA PENDIDIKAN FISIKA UNTUK MENDUKUNG CLASSROOM ASSESSMENT DALAM PEMBELAJARAN MENUJU ERA SUSTAINABLE DEVELOPMENT GOALS | |
8 | 2023 | Pengembangan Buku Pedoman Kegiatan Non-Akademik Kemahasiswaan FIMPA - UNESA | |
9 | 2024 | STUDI LITERASI-NUMERASI DALAM PEMBELAJARAN FISIKA SMA DAN ASESMENNYA | |
10 | 2020 | PENGEMBANGAN E-BOOK ANDROID BAGI MAHASISWA S-1 PENDIDIKAN FISIKA DALAM MASA STUDY FROM HOME SELAMA PANDEMI COVID-19 PADA TOPIK TAKSONOMI BLOOM | |
11 | 2024 | Otomasi Penskoran Respons Esai Berbasis Artificial Intelligence dan Machine Learning untuk Meningkatkan Akurasi dan Efisiensi Penilaian Pendidikan di Era Digital | |
12 | 2025 | Kontekstualisasi dan Digitalisasi Asesmen Berpikir Tingkat Tinggi (Higher Order Thinking Skills) Bidang Fisika | |
13 | 2024 | PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERNUANSA ENVIRONMENT-BASED LEARNING UNTUK MATA KULIAH OPTIK |