Rusmiyati, S.Pd., M.Pd.
Rusmiyati, S.Pd., M.Pd., lahir di Surabaya pada tanggal 27-10-1980 adalah dosen di Universitas Negeri Surabaya. Dalam 1 tahun terakhir, mengampu 31 matakuliah. Sudah melakukan pengabdian sebanyak 6. Sudah mempublikasi Artikel Ilmiah dalam jurnal sebanyak 11.
Identitas Diri
Riwayat Pendidikan
S1 | S2 | |
---|---|---|
Nama Perguruan Tinggi | Universitas Negeri Surabaya | Universitas Pendidikan Indonesia |
Bidang Ilmu | Pengajaran Bahasa Jepang | Pendidikan Bahasa Jepang |
Tahun Masuk-Lulus | 1998 - 2003 | 2003 - 2005 |
Judul Skripsi/Tesis/Disertasi | Analisis Pemakaian Bentuk Keigo (In Group) Orang Jepang dalam film Hero | Analisis Irai Hyogen (bentuk permintaan) Hubungannya dengan Enkyoku Dalam Percakapan Bahasa Jepang |
Nama Pembimbing/Promotor | Dra. Retnani, M.Pd | Drs. Ahmad Dahidi, M.A dan Dr. Agus S Suryadimulya, M.A |
Mata Kuliah yang Diampu
No. | Mata Kuliah |
---|---|
1 | Asesmen Proses dan Hasil Belajar |
2 | Bahasa Jepang |
3 | Chujokyu Chokai |
4 | Chukyu Chokai |
5 | Chukyu Dokkai |
6 | Chukyu Dokkai Oyo |
7 | Dasar Kependidikan |
8 | Honyaku |
9 | Keterampilan Mengajar dan Pembelajaran Mikro |
10 | Kewirausahaan |
11 | KKN Asistensi Mengajar Evaluasi Program |
12 | KKN Kewirausahaan Evaluasi Program |
13 | KKN Proyek Desa Evaluasi Program |
14 | KKN Proyek indpenden Evaluasi Program |
15 | KKN Proyek Kemanusiaan Evaluasi Program |
16 | Membaca Dasar |
17 | Menyimak Dasar |
18 | Microteaching |
19 | PLP-Pengembangan Media Pembelajaran |
20 | PLP-Pengembangan Rencana Pembelajaran |
21 | PLP-Praktik Mengajar |
22 | Seminar Proposal Tugas Akhir |
23 | Shochukyu Chokai |
24 | Shokyu Chokai |
25 | Shokyu Dokkai |
26 | Shokyu Dokkai Oyo |
27 | Shokyu Nihongo |
28 | Shokyu Nihongo Oyo |
29 | Skripsi |
30 | Studi Lapangan |
31 | Tugas Akhir |
Data Penelitian Dari Sim Litabmas
No. | Tahun | Judul | Sumber Dana |
---|---|---|---|
1 | 2022 | PELATIHAN MEMBACA HURUF HIRAGANA UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR BAHASA JEPANG PADA SISWA-SISWI SMP LABSCHOOL UNESA 3 SURABAYA | Litabmas |
2 | 2022 | PELATIHAN MEMBACA HURUF HIRAGANA UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR BAHASA JEPANG PADA SISWA-SISWI SMP LABSCHOOL UNESA 3 SURABAYA | Litabmas |
3 | 2022 | PELATIHAN MEMBACA HURUF HIRAGANA UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR BAHASA JEPANG PADA SISWA-SISWI SMP LABSCHOOL UNESA 3 SURABAYA | Litabmas |
4 | 2022 | PELATIHAN MEMBACA HURUF HIRAGANA UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR BAHASA JEPANG PADA SISWA-SISWI SMP LABSCHOOL UNESA 3 SURABAYA | Litabmas |
Data Penelitian Dari Non Litabmas
No. | Tahun | Judul | Sumber Dana |
---|---|---|---|
1 | 2022 | KESALAHAN PENGGUNAAN BENTUK KATA DAN KATA KERJA BAHASA JEPANG DALAM MATA KULIAH CHUKYU SAKUBUN | |
2 | 2023 | PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PERENCANAAN PENGAJARAN DI PRODI PENDIDIKAN BAHASA JERMAN | |
3 | 2024 | Pemanfaatan Media Komunikasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Meyimak Bahasa Jepang | |
4 | 2024 | KONSTRUKSI TEKS PADA MATERI BACAAN BAHASA JEPANG: ANALISIS MELALUI SUDUT PANDANG BENTUK PENGACUAN | |
5 | 2020 | BELAJAR KEBERSIHAN SEJAK DINI UNTUK KESEHATAN MELALUI NYANYIAN RAKYAT ANAK-ANAK JEPANG | |
6 | 2022 | PERANAN MIMESIS SEBAGAI BENTUK KOMUNIKASI NONVERBAL DALAM BUDAYA POPULER JEPANG | |
7 | 2024 | Studi dan Analisis pengaruh Program Internship ke Jepang terhadap Arah Karir Alumni Prodi Pendidikan Bahasa Jepang Unesa | |
8 | 2023 | IMPLEMENTASI MEDIA DIGITAL HIRAGANA KATAKANA MEMORY HINT THE JAPAN FOUNDATION PADA PEMBELAJARAN HURUF HIRAGANA KATAKANA SISWA SISWI DI SMP LAB SCHOOL UNESA3 SURABAYA | |
9 | 2024 | METODE DAN TEKNIK PENYESUAIAN ALTERASI DALAM PENERJEMAHAN MANGA “SAKAMOTO DAYS KARYA YUTO SUZUKI” | |
10 | 2021 | Pengembangan Buku Ajar Dokkai Tingkat Menengah | |
11 | 2022 | PEMBENTUKAN KONSTRUKSI FUKUBUN (複文) PADA PERTUTURAN PEMELAJAR BAHASA JEPANG BERDASARKAN FRASA PREDIKATIF VERBA TRANSITIF PADA KLAUSA INTI | |
12 | 2024 | Pengembangan Bahan Ajar Membaca Pemahaman (Dokkai) yang Berorientasi Literasi Budaya Jepang | |
13 | 2022 | KESALAHAN PENGGUNAAN BENTUK KATA DAN KATA KERJA BAHASA JEPANG DALAM MATA KULIAH CHUKYU SAKUBUN | |
14 | 2023 | Penggunaan Bahasa Nonverbal Masyarakat Jepang dan Tiongkok Dalam Berkomunikasi | |
15 | 2024 | IMPLEMENTASI BINNENDIFFERENZIERUNG UNTUK KETERAMPILAN MENULIS MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN BAHASA JERMAN PADA MATA KULIAH THEMATISCHES SCHREIBEN |