Ahmad Qosyim, S.Si., M.Pd.

Ahmad Qosyim, S.Si., M.Pd., lahir di Lamongan pada tanggal 09-03-1981 adalah dosen di Universitas Negeri Surabaya. Dalam 1 tahun terakhir, mengampu 11 matakuliah. Sudah melakukan pengabdian sebanyak 4. Sudah mempublikasi Artikel Ilmiah dalam jurnal sebanyak 89. Menjadi pemakalah seminar ilmiah sebanyak 2.

Identitas Diri

Riwayat Pendidikan

S1 S2
Nama Perguruan Tinggi Unesa Unesa
Bidang Ilmu - PENDIDIKAN SAINS
Tahun Masuk-Lulus - - 2004 2004 - 2008
Judul Skripsi/Tesis/Disertasi - -
Nama Pembimbing/Promotor - -
Status Validasi Sudah divalidasi Sudah divalidasi

Mata Kuliah yang Diampu

No. Mata Kuliah
1 Dasar-Dasar IPA
2 Ekologi
3 Etnosains
4 Filsafat Pendidikan Ipa
5 Keanekaragaman Makhluk Hidup
6 Kehidupan Tingkat Sel
7 Konservasi SDA dan Lingkungan
8 Pembelajaran Mikro
9 Sejarah dan Filsafat Pendidikan IPA
10 Seminar
11 Skripsi

Data Penelitian Dari Sim Litabmas

No. Tahun Judul Sumber Dana
1 2020 PEMBELAJARAN BERBASIS LAKU SPIRITUAL DZIKRULLOH “MEDITASI HE NING CIPTO”, UNTUK MEMBANGUN SISTEM IMUNITAS TUBUH YANG KUAT, PADA TOPIK KESEHATAN SEL MATA KULIAH KEHIDUPAN TINGKAT SEL Litabmas
2 2020 PEMBELAJARAN BERBASIS LAKU SPIRITUAL DZIKRULLOH “MEDITASI HE NING CIPTO”, UNTUK MEMBANGUN SISTEM IMUNITAS TUBUH YANG KUAT, PADA TOPIK KESEHATAN SEL MATA KULIAH KEHIDUPAN TINGKAT SEL Litabmas

Data Penelitian Dari Non Litabmas

No. Tahun Judul Sumber Dana
1 2021 PERSPEKTIF PROBLEM SOLVING MELALUI REPRESENTASI CALON GURU IPA PADA MATERI LISTRIK DINAMIS
2 2024 PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN ETNOSAINS DALAM MEREKONSTRUKSI DAN EKSPLANASI SAINS ASLI (INDIGENOUS SCIENCE) UNTUK REKOGNISI KEARIFAN LOKAL DAN SUSTAINABILITY
3 2023 Penerapan Pembelajaran Kolaboratif Melalui Strategi Belajar Mind Mapping Berbasis Komputer untuk Membangkitkan Ide Kreatif Ilmiah Mahasiswa
4 2021 PERSPEKTIF PROBLEM SOLVING MELALUI REPRESENTASI CALON GURU IPA PADA MATERI LISTRIK DINAMIS
5 2024 Implementasi Problem-based Blended Learning: Eksplorasi Dampak dan Kendala
6 2020 PEMBELAJARAN KESEHATAN SEL, BERBASIS LAKU SPIRITUAL DZIKRULLOH “MEDITASI HE NING CIPTO”, UNTUK MEMBANGUN SISTEM IMUNITAS TUBUH YANG KUAT DARI SERANGAN PATOGEN (VIRUS)

Pengabdian Kepada Masyarakat

No Tahun Judul Pengabdian Sumber Pendanaan
1 2024 Pendampingan Guru IPA SMP dalam Mendesain Modul Ajar Kurikulum Merdeka dengan Strategi Understanding by Design
2 2023 Pendampingan Guru IPA Menyusun LKPD Berbasis Model Bonex (The Based On Experiential Learning) Untuk Menanamkan Karakter Profil Pelajar Pancasila/P3 Pada Siswa SMP di Kota Mojokerto
3 2021 PELATIHAN BLENDED LEARNING DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK PEMBELAJARAN IPA BAGI GURU-GURU SMP KABUPATEN GRESIK
4 2020 Pelatihan Pembuatan Sabun Cair Pencuci Tangan Pada Masyarakat Terdampak Covid-19

Publikasi Jurnal

No Judul Artikel Ilmiah Nama Jurnal Volume/Nomor/Tahun
1 Penerapan Model Pembelajaran Inquiri Terbimbing (Guided Inquiry) dengan Melatihkan Keterampilan Metakognitif pada Materi Sistem Pernapasan Pensa: Jurnal Pendidikan Sains 3 (03), 251610 - /-/0
2 Penerapan Model Pembelajaran Inquiri Terbimbing (Guided Inquiry) dengan Melatihkan Keterampilan Metakognitif pada Materi Sistem Pernapasan Pensa: Jurnal Pendidikan Sains 3 (03), 251610, 0 - /-/0
3 MINISTRY OF EDUCATION AND CULTURE - /-/0
4 Keefektifan Lembar Kerja Siswa Berbasis Inkuiri untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis pada Materi Suhu dan Perubahannya Nur Laili Suci Anggraeni - /-/0
5 Analysing a Gap between Students’ Expectations and Perceptions: The Case of Blended Learning SHS Web of Conferences 149, 01004, 0 - /-/0
6 Penerapan Model Kooperatif Tipe Stad Pada Pembelajaran IPA Terpadu Tema Fotosintesis Untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII a SMP N 2 Sugio-lamongan PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS 1 (02), 2013 - /-/2013
7 PENERAPAN MODEL PBI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA TERPADU TEMA HANDSPRAYER PEMBASMI HAMA D... PENDIDIKAN SAINS 1 (02) - /-/2013
8 Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Terpadu Tipe Connected Berorientasi Kooperatif Tipe STAD Pada Materi Tekanan Darah Untuk Siswa SMP/MTs Kela... PENDIDIKAN SAINS 1 (02) - /-/2013
9 Penerapan Model Pbi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Terpadu Tema Handsprayer Pembasmi Hama Di SMP Negeri 2 Ponorogo PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS 1 (02), 2013 - /-/2013
10 PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE STAD PADA PEMBELAJARAN IPA TERPADU TEMA FOTOSINTESIS UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR... PENDIDIKAN SAINS 1 (02) - /-/2013
11 Penerapan IPA Terpadu Tipe Connected dengan Model Cooperative Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Perubahan Fisika dan Kimia di... PENDIDIKAN SAINS 1 (02) - /-/2013
12 PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA TERPADU TIPE CONNECTED BERORIENTASI KOOPERATIF TIPE STAD PADA MATERI TEKANAN DARA... PENDIDIKAN SAINS 1 (02) - /-/2013
13 Penerapan IPA Terpadu Tipe Connected Dengan Model Cooperative Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Perubahan Fisika Dan Kimia Di SMP Muhammadiyah 6 Surabaya PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS 1 (02), 2013 - /-/2013
14 Model penemuan terbimbing (guided discovery) pada pembelajaran IPA terpadu tipe webbed dengan tema biopestisida PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS 1 (02), 2013 - /-/2013
15 Pengembangan bahan ajar ipa terpadu tema letusan gunung berapi kelas vii di SMP negeri 1 Kamal PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS 1 (01), 2013 - /-/2013
16 Penerapan Metode Pembelajaran Spot Capturing Untuk Menguatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Global Warming Pada Kelas Vii Di Smp Negeri 1 Babat Jurnal Pendidikan Sains, 50-62, 2014 - /-/2014
17 Penerapan Metode Pembelajaran Spot Capturing Untuk Menguatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Global Warming Pada Kelas VII Di SM... - /-/2014
18 Implementasi Model Pembelajaran 7E Dalam IPA Terpadu Tema Energi Biomassa Terhadap Keterampilan Proses Sains Dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS 2 (01), 2014 - /-/2014
19 Penerapan Pembelajaran IPA SMP Berbasis Analytical Thinking Skill Untuk Mendukung Pelaksanaan Pendekatan 5M Kurikulum 2013 Pada Materi Getaran Dan Gelombang Kelas VIII SMPN 3 … Pendidikan Sains 2 (3), 1-8 - /-/2014
20 PENERAPAN PERMAINAN ENGKLE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PEMANASAN GLOBAL UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA PENSA E-JURNAL: PENDIDIKAN SAINS 2 (02), 2014 - /-/2014
21 IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN 7E DALAM IPA TERPADU TEMA ENERGI BIOMASSA TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELA... PENDIDIKAN SAINS 2 (01) - /-/2014
22 Penerapan Pembelajaran IPA SMP Berbasis Analytical Thinking Skill Untuk Mendukung Pelaksanaan Pendekatan 5M Kurikulum 2013 Pada Materi Getaran Dan Gelombang Kelas VIII SMPN 3 … Pendidikan Sains 2 (3), 1-8, 2014 - /-/2014
23 Penerapan Pembelajaran IPA Terpadu melalui Pendekatan SETS pada Tema Pupuk Cair dari Limbah Sayur untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kreatif dan Ha... PENDIDIKAN SAINS 2 (02) - /-/2014
24 UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI GAYA, GERAK DAN ENERGI DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL DI KELAS V MI THORIQUL HUDA JU... PENDIDIKAN SAINS 2 (01) - /-/2014
25 Penerapan Pembelajaran IPA Terpadu melalui Pendekatan SETS pada Tema Pupuk Cair dari Limbah Sayur untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Siswa Di Kelas VIII PENDIDIKAN SAINS 2 (02) - /-/2014
26 Penerapan Pembelajaran IPA SMP Berbasis Analytical Thinking Skill Untuk Mendukung Pelaksanaan Pendekatan 5M Kurikulum 2013 Pada Materi Getaran Dan Gelombang Kelas VIII SMPN 3 … Pendidikan Sains 2 (3), 1-8, 2014 - /-/2014
27 Penerapan Pembelajaran IPA Terpadu melalui Pendekatan SETS pada Tema Pupuk Cair dari Limbah Sayur untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Siswa Di … PENSA E-JURNAL: PENDIDIKAN SAINS 2 (02) - /-/2014
28 Penerapan Pembelaaran IPA Terpadu Melalui Pendekatan SETS Pada Tema Pupuk Cair dari Limbah Sayur untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Siswa di Kelas … Jurnal Pendidikan Sains e-Pens 2, 166-174, 2014 - /-/2014
29 PENERAPAN PEMBELAJARAN IPA SMP BERBASIS ANALYTICAL THINKING SKILL UNTUK MENDUKUNG PELAKSANAAN PENDEKATAN 5M KURIKULUM 201... - /-/2014
30 Penerapan Pembelaaran IPA Terpadu Melalui Pendekatan SETS Pada Tema Pupuk Cair dari Limbah Sayur untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Siswa di Kelas … Jurnal Pendidikan Sains e-Pens 2, 166-174, 2014 - /-/2014
31 Implementasi Pembelajaran Penemuan Terbimbing Pada Materi Pencemaran Lingkungan Untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains Siswa di SMP Negeri 3 Waru Pensa: Jurnal Pendidikan Sains 2 (03), 250886, 2014 - /-/2014
32 Penerapan Pembelaaran IPA Terpadu Melalui Pendekatan SETS Pada Tema Pupuk Cair dari Limbah Sayur untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Siswa di Kelas … Jurnal Pendidikan Sains e-Pens 2, 166-174 - /-/2014
33 Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Materi Gaya, Gerak dan Energi dengan Pendekatan Kontekstual di Kelas V Mi Thoriqul Huda Juwet Ngronggot Nganjuk PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS 2 (01), 2014 - /-/2014
34 PENERAPAN PEMBELAJARAN IPA SMP BERBASIS ANALYTICAL THINKING SKILL UNTUK MENDUKUNG PELAKSANAAN PENDEKATAN 5M KURIKULUM 2013 PADA MATERI GETARAN DAN GELOMBANG KELAS VIII SMPN 3 WARU SIDOARJO - /-/2014
35 PENERAPAN PEMBELAJARAN IPA TERPADU TIPE WEBBED BERORIENTASI LIFE SKIIL PADA TEMA DESINFEKTAN DI KELAS VIII SMP NEGERI 3 KECAMATA... PENDIDIKAN SAINS 2 (02) - /-/2014
36 PENERAPAN PEMBELAJARAN IPA TERPADU TIPE WEBBED BERORIENTASI LIFE SKIIL PADA TEMA DESINFEKTAN DI KELAS VIII SMP NEGERI 3 KECAMATAN SAMPUNG PONOROGO PENSA E-JURNAL: PENDIDIKAN SAINS 2 (02), 2014 - /-/2014
37 IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN PROSES SAI... PENDIDIKAN SAINS 2 (03) - /-/2014
38 IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY MATERI INTERAKSI ANTAR MAKHLUK HIDUP DAN LINGKUNGANNYA UNTUK MELATIHKAN... PENDIDIKAN SAINS 3 (03) - /-/2015
39 PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERORIENTASI KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA TEMA KOMPOS DI KELAS VII PENSA E-JURNAL: PENDIDIKAN SAINS 3 (01), 2015 - /-/2015
40 PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRI TERBIMBING (GUIDED INQUIRY) DENGAN MELATIHKAN KETERAMPILAN METAKOGNITIF PADA MATERI SIS... PENDIDIKAN SAINS 3 (03) - /-/2015
41 Analisis Penerapan Program Sistem Kredit Semester (Sks) Pada Pembelajaran Mata Pelajaran Ipa Di Smp Negeri 1 Sidoarjo Jurnal Pendidikan Sains 3 (3), 2015 - /-/2015
42 IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH PADA MATERI BIOTEKNOLOGI UNTUK MENINGKATKAN LIFE SKILL SISWA KELAS VIII PENSA E-JURNAL: PENDIDIKAN SAINS 3 (02), 2015 - /-/2015
43 PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN SOSIAL SISWA KELAS VII... PENDIDIKAN SAINS 4 (03) - /-/2016
44 Penerapan strategi debat aktif untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis pada materi pemanasan global PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS 4 (03), 2016 - /-/2016
45 Kelayakan Media Pembelajaran Animasi Interaktif pada Materi Sistem Peredaran Darah Manusia Kelas VIII Di SMP PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS 4 (03), 2016 - /-/2016
46 PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMP PAD... PENDIDIKAN SAINS 4 (03) - /-/2016
47 Model Pembelajaran Aktif (Active Learning) Untuk Melatihkan Keterampilan Komunikasi Siswa Pada Materi Ekosistem Di Smpn 32 Surabaya PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS 4 (02), 2016 - /-/2016
48 Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together untuk Melatihkan Keterampilan Sosial Siswa Kelas VII SMPN 32 Surabaya PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS 4 (03), 2016 - /-/2016
49 Melatihkan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Kelas VII Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah pada Materi Makanan Sebagai Sumber Energi PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS 4 (03), 2016 - /-/2016
50 Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (Nht) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMP Pada Materi Pemanasan Global PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS 4 (03), 2016 - /-/2016
51 PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) DENGAN PEMBELAJARAN INKUIRI PADA POKOK BAHASAN PENCEMARAN AIR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII PENSA E-JURNAL: PENDIDIKAN SAINS 4 (01), 2016 - /-/2016
52 PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) DENGAN PEMBELAJARAN INKUIRI PADA POKOK BAHASAN PENCEMARAN AIR UNTUK MENINGKATKAN H... PENDIDIKAN SAINS 4 (01) - /-/2016
53 MODEL PEMBELAJARAN AKTIF (ACTIVE LEARNING) UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI SISWA PADA MATERI EKOSISTEM DI SMPN 32 SU... PENDIDIKAN SAINS 4 (02) - /-/2016
54 Penerapan media pembelajaran interaktif menggunakan flash untuk materi sistem gerak pada manusia kelas VIII Jurnal Penelitian Pendidikan IPA 2 (2), 38-44, 2017 - /-/2017
55 KEEFEKTIFAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS ETNOSAINS PADA MATERI BIOTEKNOLOGI UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SI... - /-/2017
56 Pendampingan Pembuatan Media Pembelajaran Berbentuk Flash-like Powerpoint bagi Guru IPA SMP di Kabupaten Jombang Jurnal ABDI: Media Pengabdian Kepada Masyarakat 2 (2), 66-71, 2017 - /-/2017
57 Keefektifan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Etnosains pada Materi Bioteknologi untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas IX PENSA: e-Jurnal Pendidikan Sains 5 (02), 2017 - /-/2017
58 Efektifitas Permainan Teka-Teki Silang Tiga Dimensi (TTS3D) sebagai Media Pembelajaran pada Materi Interaksi Makhluk Hidup PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS 5 (03), 2017 - /-/2017
59 Efektivitas Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Etnosains pada Materi Bioteknologi untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas IX E-Journal Unesa (Online)(1), 152-158 - /-/2017
60 Pembelajaran Fisika Dasar Menggunakan E-Learning Untuk Meningkatkan Literasi Sains Mahasiswa Jurnal Penelitian Pendidikan IPA 3 (2), 82-86, 2018 - /-/2018
61 Melatihkan Keterampilan Komunikasi Siswa SMP Pada Materi Pencemaran Lingkungan Menggunakan Model Problem Based Learning PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS 6 (02), 2018 - /-/2018
62 EFEKTIVITASlPERMAINANlSECRETlBOX SEBAGAIlMEDIAlPEMBELAJARANlPADA MATERIlINTERAKSIlANTARlMAKHLUKlHIDUP PENSA E-JURNAL: PENDIDIKAN SAINS 6 (01) - /-/2018
63 Penerapan Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) Untuk Mencapai Ketuntasan Hasil Belajar Peserta Didik SMP PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS 6 (02), 2018 - /-/2018
64 Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis macromedia flash untuk materi sistem gerak pada manusia kelas VIII PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS 6 (02), 2018 - /-/2018
65 Pembelajaran Fisika Dasar Menggunakan E-Learning Untuk Meningkatkan Literasi Sains Mahasiswa Jurnal Penelitian Pendidikan IPA 3 (2), 82-86, 2019 - /-/2019
66 Peningkatan Hasil Belajar pada Materi Sistem Gerak Manusia setelah Diterapkan Model Collaborative Learning PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS 7 (3), 2019 - /-/2019
67 Kelayakan Tes Hots Berbasis Komputer Pada Materi Sistem Peredaran Darah Manusia Kelas VIII PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS 7 (3), 2019 - /-/2019
68 Peningkatan Hasil Belajar Pada Materi Interaksi Makhluk Hidup Setelah Diterapkan Model Pembelajaran Mandiri PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS 7 (3), 2019 - /-/2019
69 PENERAPAN MODEL COLLABORATIVE LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA MATERI SISTEM ORGANISASI KEHIDUPAN KELAS VII SMPN 19 SURABAYA PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS 7 (3), 2019 - /-/2019
70 IDENTIFIKASI VARIASI KEGIATAN PEMBELAJARAN GURU IPA PADA TOPIK TATA SURYA MELALUI PEMBELAJARAN SAINTIFIK 5M UNTUK MENCAPAI PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS 8 (3), 320-329, 2020 - /-/2020
71 IMPLEMENTASI EXPERIENTIAL LEARNING PADA MATERI PEMANASAN GLOBAL UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA SMP Pensa: E-Jurnal Pendidikan Sains 8 (3), 307-314, 2020 - /-/2020
72 Pendampingan pengembangan instrumen penilaian berstandar nasional bagi guru IPA SMP kabupaten Kediri Jurnal ABDI: Media Pengabdian Kepada Masyarakat 5 (2), 127-133, 2020 - /-/2020
73 Teachers’ Understanding of Blended Learning in Science Classroom International Joint Conference on Science and Engineering 2021 (IJCSE 2021 …, 2021 - /-/2021
74 CELL HEALTH LEARNING BASED ON DZIKRULLOH SPIRITUAL PRACTICE “HE NING CIPTO METAPHYSICS MEDITATION”, TO BUILD A STRONG BODY IMMUNITY SYSTEM Jurnal Penelitian Pendidikan IPA 6 (1), 17-24, 2021 - /-/2021
75 PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COLLABORATIVE LEARNING PADA MATERI KALOR DAN PERPINDAHANNYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS 9 (1), 127-132, 2021 - /-/2021
76 PENERAPAN MEDIA VISUAL MOBILE LEARNING BERBASIS COMIC ANDROID GUNA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATERI KALOR DAN PERPINDAHANNYA PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS 9 (3), 407-413, 2021 - /-/2021
77 Validitas perangkat pembelajaran saintifik 5M untuk meningkatkan keterampilan kolaborasi dan hasil belajar siswa SMP pada materi sistem pernapasan PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS 9 (1), 7-16, 2021 - /-/2021
78 Efektivitas pendekatan etnosains dalam pembelajaran daring untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa materi kalor Pensa: e-Jurnal Pendidikan Sains 9 (3), 433-442, 2021 - /-/2021
79 Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Pada Pembelajaran Ipa Berbasis Inkuiri Terbimbing Pensa: E-Jurnal Pendidikan Sains 9 (2), 159-164, 2021 - /-/2021
80 CELL HEALTH LEARNING BASED ON DZIKRULLOH SPIRITUAL PRACTICE œHE NING CIPTO METAPHYSICS MEDITATION, TO BUILD A STRONG BODY IMMUNITY SYSTEM Jurnal Penelitian Pendidikan IPA 6 (1), 17-24, 2021 - /-/2021
81 Completeness of Science Literature Elements in Class VII Science Literacy Assessment Instruments Indonesian Journal of Science Learning (IJSL) 2 (2), 101-108, 2021 - /-/2021
82 Efektivitas E-Modul Berbasis Pendekatan Deduktif Pada Materi Sistem Ekskresi Manusia Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS 10 (1), 135-141, 2022 - /-/2022
83 Analysing a Gap between Students’ Expectations and Perceptions: The Case of Blended Learning SHS Web of Conferences 149, 2022 - /-/2022
84 Penerapan media video animasi untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa materi tekanan zat cair Pensa: E-Jurnal Pendidikan Sains 10 (1), 21-25, 2022 - /-/2022
85 Media simulasi PHET berbasis inkuiri terbimbing materi getaran dan gelombang terhadap peningkatan keterampilan proses sains peserta didik Pensa: e-Jurnal Pendidikan Sains 10 (1), 75-80, 2022 - /-/2022
86 ANALISIS KETERCAPAIAN INDIKATOR BUDI PEKERTI LUHUR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA SMP PADA MASA PPKM PANDEMI COVID-19 PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS 10 (2), 320-326, 2022 - /-/2022
87 Analisis Keterampilan Kolaborasi Siswa Smp Pada Pembelajaran Ipa Di Masa Pandemi Covid-19 PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS 10 (2), 253-259, 2022 - /-/2022
88 ANALISIS INDIKATOR KEMERDEKAAN BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA SMP DI MASA PANDEMI COVID-19 PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS 10 (3), 389-394, 2022 - /-/2022
89 ANALISIS KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMP DALAM PEMBELAJARAN IPA DI MASA PANDEMI COVID-19 PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS 11 (1), 106-115, 2023 - /-/2023

Karya Buku

No Judul Buku Tahun Jumlah Halaman Penerbit

Pemakalah Seminar Ilmiah

No Nama Temu ilmiah / Seminar Judul Artikel Ilmiah Waktu dan Tempat
1 Journal of Physics: Conference Series The use of information technology to improve student's deep understanding of matter and energy 2021
2 E3S Web of Conferences Analysis of Problem Solving on the Argumentation Ability of Students Under the Topic of Dynamic Electricity 2021

Hak Karya Ilmiah

No Judul/Tema HKI Tahun Jenis Nomor