Dr. A'rasy Fahrullah, S.Sos., M.Si.

Dr. A'rasy Fahrullah, S.Sos., M.Si., lahir di Surabaya pada tanggal 04-10-1981 adalah dosen di Universitas Negeri Surabaya. Dalam 1 tahun terakhir, mengampu 38 matakuliah. Sudah melakukan pengabdian sebanyak 15.

Identitas Diri

Riwayat Pendidikan

S1 S2 S3
Nama Perguruan Tinggi Universitas Padjadjaran Universitas Indonesia UNIVERSITAS AIRLANGGA
Bidang Ilmu Ilmu Administrasi Niaga Magister Sains Ilmu Ekonomi Islam
Tahun Masuk-Lulus 2000 - 2006 2006 - 2009 2009 - 2016
Judul Skripsi/Tesis/Disertasi - - -
Nama Pembimbing/Promotor - - -

Mata Kuliah yang Diampu

No. Mata Kuliah
1 Bahasa Arab untuk Ekonomi Islam
2 Bahasa Arab Untuk Ekonomi Islam
3 Bahasa Inggris
4 Bahasa Inggris Ekonomi Islam
5 Ekonomi Makro Islam
6 EKONOMI SYARIAH
7 Filsafat Ilmu
8 Filsafat Ilmu Ekonomi Islam
9 Fiqh Muamalah
10 Internship / Studi Lapangan
11 Kaidah Hukum Ekonomi Islam
12 Keuangan Publik Islam
13 KEUANGAN PUBLIK ISLAM
14 KKN Kewirausahaan Pengembangan laporan
15 KKN Proyek Desa Pengembangan Laporan
16 KKN Proyek indpenden Pelaksanaan Program
17 Koperasi Syariah/BMT/KJKS/KJS
18 Manajemen Sdm
19 MANAJEMEN SUMBER DAYA INSANI
20 MANAJEMEN WAQAF
21 Metodologi Penelitian
22 MPK - Ekis - Kepemimpinan
23 MPK - Ekis - Perilaku Organisasi
24 MPK-EKONOMI-BAHASA INGGRIS BISNIS
25 Pengantar Fiqh Muamalah
26 Pengantar Teori Ekonomi
27 Pengembangan Instrumen
28 Praktek Kerja Lapangan
29 Prinsip Dasar Ekonomi Islam
30 Proposal Tugas Akhir
31 Publikasi Ilmiah
32 Regulasi Ekonomi dan Bisnis Halal
33 Sejarah Pemikiran Ekonomi Islam
34 Seminar Ekonomi Syariah
35 SEMINAR HASIL PENELITIAN
36 Seminar Proposal Tugas Akhir
37 Skripsi
38 Tugas Akhir / Tesis

Data Penelitian Dari Sim Litabmas

No. Tahun Judul Sumber Dana
1 2022 PELATIHAN Litabmas
2 2021 PENGEMBANGAN BUKU AJAR KEUANGAN PUBLIK ISLAM BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING Litabmas
3 2020 PENGARUH RELIGIUSITAS, LEMBAGA DONASI, SITUASI PANDEMI, DAN BULAN SUCI RAMADHAN TERHADAP PERILAKU BERDONASI MASYARAKAT Litabmas
4 2019 PENGUATAN POTENSI PRODUK UNGGULAN DESA MELALUI STRATEGI MARKETING SYARIAH BERBASIS DIGITAL DI DESA ROMBIA KABUPATEN SUMENEP Litabmas
5 2020 PENGARUH RELIGIUSITAS, LEMBAGA DONASI, SITUASI PANDEMI, DAN BULAN SUCI RAMADHAN TERHADAP PERILAKU BERDONASI MASYARAKAT Litabmas
6 2019 PENGUATAN POTENSI PRODUK UNGGULAN DESA MELALUI STRATEGI MARKETING SYARIAH BERBASIS DIGITAL DI DESA ROMBIA KABUPATEN SUMENEP Litabmas
7 2021 PENGEMBANGAN BUKU AJAR KEUANGAN PUBLIK ISLAM BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING Litabmas
8 2022 PELATIHAN Litabmas
9 2020 PENGARUH RELIGIUSITAS, LEMBAGA DONASI, SITUASI PANDEMI, DAN BULAN SUCI RAMADHAN TERHADAP PERILAKU BERDONASI MASYARAKAT Litabmas
10 2019 PENGUATAN POTENSI PRODUK UNGGULAN DESA MELALUI STRATEGI MARKETING SYARIAH BERBASIS DIGITAL DI DESA ROMBIA KABUPATEN SUMENEP Litabmas
11 2020 PENGARUH RELIGIUSITAS, LEMBAGA DONASI, SITUASI PANDEMI, DAN BULAN SUCI RAMADHAN TERHADAP PERILAKU BERDONASI MASYARAKAT Litabmas
12 2019 PENGUATAN POTENSI PRODUK UNGGULAN DESA MELALUI STRATEGI MARKETING SYARIAH BERBASIS DIGITAL DI DESA ROMBIA KABUPATEN SUMENEP Litabmas
13 2020 PENGARUH RELIGIUSITAS, LEMBAGA DONASI, SITUASI PANDEMI, DAN BULAN SUCI RAMADHAN TERHADAP PERILAKU BERDONASI MASYARAKAT Litabmas
14 2019 PENGUATAN POTENSI PRODUK UNGGULAN DESA MELALUI STRATEGI MARKETING SYARIAH BERBASIS DIGITAL DI DESA ROMBIA KABUPATEN SUMENEP Litabmas
15 2022 PELATIHAN Litabmas
16 2022 PELATIHAN Litabmas
17 2023 PENGARUH LOKASI DAN RELIGIUSITAS TERHADAP KINERJA ISLAMI DAN KEBAHAGIAAN KARYAWAN Litabmas
18 2020 PENGARUH RELIGIUSITAS, LEMBAGA DONASI, SITUASI PANDEMI, DAN BULAN SUCI RAMADHAN TERHADAP PERILAKU BERDONASI MASYARAKAT Litabmas
19 2019 PENGUATAN POTENSI PRODUK UNGGULAN DESA MELALUI STRATEGI MARKETING SYARIAH BERBASIS DIGITAL DI DESA ROMBIA KABUPATEN SUMENEP Litabmas

Data Penelitian Dari Non Litabmas

No. Tahun Judul Sumber Dana
1 2021 penelitian buku ajar keuangan publik Islam
2 2024 ANALISIS MINAT PENGGUNAAN APLIKASI HALAL PADA MAHASISWA: INTEGRASI TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM), CONVENIENCE, FUNCTIONALITY, TRUST, DAN RELIGIOSITY
3 2025 Happiness at Work Exploring the Impact of Salary, Flexibility, Stress, Islamic Work Ethics, and Family Balance on Employee Well-being
4 2025 Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Arab Untuk Ekonomi Islam Berbasis Metode Four Steps Teaching Material Development (4S TMD)
5 2020 PENGARUH RELIGIUSITAS, LEMBAGA DONASI, SITUASI PANDEMI, DAN BULAN SUCI RAMADHAN TERHADAP PERILAKU BERDONASI MASYARAKAT
6 2025 Peluang Dan Tantangan Pelabelan Halal Pada Produk Farmasi Di Seluruh Dunia: A Comprehensive Systematic Literature Review (SLR)
7 2022 PENGEMBANGAN BUKU AJAR MANAJEMEN KEUANGAN SYARIAH BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING
8 2020 PERAN MODERASI CHANGE LEADERSHIP PADA PENGARUH ARTIFICIAL INTELLIGENCE TERHADAP KINERJA KARYAWAN DAN WORK ENGAGEMENT PADA PERUSAHAAN SEKTOR JASA DAN PERBANKAN
9 2022 Pengembangan Model Instrumen Pengukuran Keberhasilan Usaha Mustahikpreneur Berbasis Maqashid Syariah
10 2024 PENGEMBANGAN FITUR HOTEL SYARIAH DAN MAKANAN HALAL PADA APLIKASI MUSLIM TRAVEL TRACK UNTUK MENJAMIN KETERSEDIAAN PARIWISATA HALAL DI BLITAR RAYA
11 2022 PENGARUH RELIGIUSITAS, DEMOGRAFI, DAN SOCIO-CULTURALS TERHADAP KESEJAHTERAAN WIRAUSAHA PEREMPUAN PENERIMA ZAKAT PRODUKTIF DENGAN PEMBERDAYAAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI
12 2023 Pengaruh Lokasi dan Religiusitas terhadap Kinerja Islami dan Kebahagiaan Karyawan
13 2023 Sistem Jaminan Produk Halal Terintegrasi Melalui Self Declare Sertifikasi Halal UKM Di Indonesia Pengaruhnya Terhadap Kinerja
14 2023 Pengaruh University Support dan Perceived Organizational Support Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Penerima Beasiswa Zakat Produktif di Indonesia dan Malaysia dengan Self Efficacy Sebagai Variabel Mediasi
15 2024 Exploration of Green Entrepreneurship Orientation of MSME’s With Extended Pro-Environmental Planned Behavior Theory: A Combination of PLS-SEM, NCA Analysis and Sequential Explanatory Design Mix Method Analysis
16 2025 Prinsip Keadilan dan Etika Dalam Keuangan Islam: Tren Saat Ini dan Masa Depan
17 2024 Rekayasa Ekonomi Kreatif Islam : Strategi Inovatif dalam Pengembangan Bisnis Syariah di Industri Kreatif
18 2024 PENGARUH RELIGIUSITAS, RESESI EKONOMI, KONDISI POLITIK TERHADAP KESEJAHTERAAN KARYAWAN
19 2023 PENGARUH PERILAKU SOSIAL TERHADAP PENGGUNAAN APLIKASI HALAL MUI PRODUK MAKANAN PADA MAHASISWA DI INDONESIA
20 2020 STRATEGI UMKM UNTUK BERTAHAN DI MASA WORK FROM HOME
21 2024 Navigasi Prefrensi Konsumen Dalam revolusi Digital Terhadap Produk Keuangan Syariah
22 2024 ANALISIS FAKTOR EKONOMI DAN SOSIAL TERHADAP KETERLAMBATAN PENYELESAIAN STUDI MAHASISWA
23 2025 Enhancing Carbon Emissions Transparency: The Role of Firm Size and Corporate Governance In Indonesia’s Mining Sector
24 2021 MENGUKUR TINGKAT EFISIENSI DAN LEMBAGA ZAKAT DI INDONESIA
25 2024 EXAMINING THE RELATIONSHIP OF TOPIC IN ISLAMIC ECONOMICS & FINANCE RESEARCH ARTICLES BETWEEN INDONESIA AND MENA COUNTRIES: A SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW AND BIBLIOMETRIC ANALYSIS
26 2025 Pengaruh Kecerdasan Finansial, Kepemilikan Rumah, Lokasi Kerja, dan Keharmonisan Keluarga terhadap Kinerja Islami Karyawan
27 2023 PENGEMBANGAN DAN IMPLEMENTASI APLIKASI MUSLIM TRAVEL TRACK UNTUK MENJAMIN KETERSEDIAAN PARIWISATA HALAL DI EX KARISIDENAN KEDIRI
28 2024 PENGEMBANGAN MODEL BISNIS BERBASIS PLATFORM DIGITAL UNTUK MENDORONG PERTUMBUHAN INDUSTRI HALAL SKALA MIKRO DAN KECIL
29 2024 PERAN MEDIASI INNOVATIVE WORK BEHAVIOR PADA PERSON-JOB FIT DAN PERILAKU PROAKTIF TERHADAP KEPUASAN KARIR PEGAWAI NEGERI SIPIL SEKRETARIAT DAERAH KABUPATEN/KOTA PROVINSI JAWA TIMUR
30 2025 Unpacking Employee Welfare: The Crucial Role of Salary, Justice, Flexibility, Islamic Work Ethics, and Ethics in Shaping Well-being
31 2025 Eksplorasi Analisis Sentimen dalam Ulasan Pengguna Aplikasi E-Commerce Menggunakan Machine Learning: Studi Lintas Negara

Pengabdian Kepada Masyarakat

No Tahun Judul Pengabdian Sumber Pendanaan
1 2025 Peningkatan Literasi Keuangan Syariah Digital Ibu Rumah Tangga Kecamatan Wiyung Surabaya
2 2025 Pelatihan Membangun Nasionalisme Dengan Budaya Reog Ponorogo Warga Negara Indonesia di Johor Bahru Malaysia
3 2020 EDUKASI PENGELOLAAN KEUANGAN KELUARGA DAN MOTIVASI BEKERJA DALAM MASA PANDEMI COVID-19
4 2023 Pelatihan Program Digital Marketing dan ECommerce Sebagai Peningkatan Keterampilan Ekonomi Kreatif (Studi : Siswa SMA Double Track Malang)
5 2025 Strategi Investasi Syariah untuk Meningkatkan Kesejahteraan Pekerja Migran Indonesia di Taiwan
6 2022 pelatihan
7 2025 Pemberdayaan Kelompok Tani Desa Kepel Kabupaten Nganjuk Melalui Optimalisasi Literasi dan Inklusi Finansial
8 2024 PELATIHAN LITERASI KEUANGAN UNTUK ORANG TUA SISWA SEKOLAH INDONESIA KOTA KINABALU DALAM PERWUJUDAN KEMANDIRIAN FINANSIAL
9 2025 PELATIHAN PENDIDIKAN DAN KEWIRAUSAHAAN DIGITAL UNTUK MAHASISWA UNIVERSIDADE DA PAZ DALAM MENDUKUNG PEMBANGUNAN EKONOMI DI TIMOR LESTE: WUJUD PROGRAM PENGABDIAN DAN SINERGI MENUJU INDONESIA EMAS
10 2024 UPAYA PENINGKATAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT MELALUI PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN UMKM BERBASIS MASJID DI SURABAYA
11 2025 Pengembangan Produk Olahan Lokal Bersertifikat Halal untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM di Wiyung Brantas Permai
12 2025 Penguatan Lembaga Wakaf dalam Pengelolaan Dana Wakaf Uang
13 2020 EDUKASI PERILAKU KONSUMSI PRODUK PANGAN “HALALAN THOYYIBA” SEBAGAI UPAYA PENCEGAHAN COVID-19
14 2023 UPAYA PENINGKATAN KETERSEDIAAN PRODUK HALAL DI KABUPATEN SIDOARJO DENGAN SOSIALISASI OSS SEBAGAI SALAH SATU SYARAT PENGAJUAN SERTIFIKASI HALAL
15 2021 PENDAMPINGAN PEMBENTUAKAN KOPERASI SYARIAH GUNA MEMPERMUDAH AKSES PERMUDALAN DAN MENINGKATKAN KEWIRAUSAHAAN PEMUDA DI KABUPATEN SUMENEP

Publikasi Jurnal

No Judul Artikel Ilmiah Nama Jurnal Volume/Nomor/Tahun

Karya Buku

No Judul Buku Tahun Jumlah Halaman Penerbit

Pemakalah Seminar Ilmiah

No Nama Temu ilmiah / Seminar Judul Artikel Ilmiah Waktu dan Tempat

Hak Karya Ilmiah

No Judul/Tema HKI Tahun Jenis Nomor