Neni Mariana, S.Pd., M.Sc., Ph.D.

Neni Mariana, S.Pd., M.Sc., Ph.D., lahir di Surabaya pada tanggal 21-11-1981 adalah dosen di Universitas Negeri Surabaya. Dalam 1 tahun terakhir, mengampu 50 matakuliah. Sudah melakukan pengabdian sebanyak 16. Sudah mempublikasi Artikel Ilmiah dalam jurnal sebanyak 101. Memiliki karya buku sebanyak 10. Memperoleh HKI sebanyak 1.

Identitas Diri

Riwayat Pendidikan

S1 S2 S3 S3
Nama Perguruan Tinggi Unesa Utrecht University Murdoch University Murdoch University
Bidang Ilmu - Realistic Mathematics Education Pendidikan Matematika Mathematics Education
Tahun Masuk-Lulus - - 2004 2006 - 2009 2012 - 2017 2015 - 2017
Judul Skripsi/Tesis/Disertasi - Design Research in Geometry Education : Developing Spatial Abilities in First Grade Children - Transforming Mathematics Problems in Indonesian Primary Schools by Embedding Islamic and Indonesian Contexts
Nama Pembimbing/Promotor - Jaap den Hertog - Prof. Peter Charles Taylor; Dr. Susan Ledger

Mata Kuliah yang Diampu

No. Mata Kuliah
1 Analisis Artikel Jurnal Mutakhir
2 ANALISIS ARTIKEL JURNAL MUTAKHIR
3 Bilangan dan Pengolahan Data
4 Dasar-dasar perencanaan pembelajaran di SD
5 Disertasi
6 Etnopedagogi Berkelanjutan di Pendidikan Dasar
7 Filosofi Ilmu Pendidikan Dasar
8 Filsafat Ilmu Pendidikan Dasar
9 FILSAFAT ILMU PENDIDIKAN DASAR
10 Filsafat Pendidikan
11 Geometri dan Pengukuran
12 Glokalisasi Praktik Pendidikan Dasar
13 INTERNSHIP
14 Keterampilan Berpikir Matematis
15 Keterampilan Mengajar dan Pembelajaran Mikro
16 Komparatif Pendidikan Dasar
17 Konsep Dasar Matematika Sd
18 Metodologi Penelitian
19 Metodologi Penelitian Kualitatif
20 Metodologi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif
21 Metodologi Penelitian Pendidikan Dasar
22 Multiliterasi Global Pendidikan Dasar
23 Pembelajaran Matematika di SD
24 Pembelajaran Terintegrasi di Pendidikan Dasar
25 Pembelajaran Terpadu
26 Pendidikan STEAM di SD
27 Pengembangan Bahan Ajar
28 Pengembangan Instrumen Penelitian
29 Pengemb. Pembelj. Matematika di SD
30 Perencanaan Pembelajaran Inovatif di SD
31 PLP-Analisis Kurikulum
32 Praksis Kritis Pembelajaran Matematika Pendidikan Dasar
33 Proposal
34 Proposal Disertasi
35 Proposal tugas akhir
36 Proposal Tugas Akhir
37 Publikasi
38 Publikasi Ilmiah
39 RME Berbasis Etnomatematika di SD
40 Seminar hasil penelitian
41 SEMINAR HASIL PENELITIAN
42 Seminar Proposal Tesis
43 Skripsi
44 Statistik
45 STATISTIK
46 Teori Belajar
47 Tesis
48 Thesis
49 TUGAS AKHIR
50 Wawasan Pendidikan Dasar

Data Penelitian Dari Sim Litabmas

No. Tahun Judul Sumber Dana
1 2021 PENGEMBANGAN VIRTUAL LABORATORIUM RUMPUN MATEMATIKA PGSD FIP UNESA Litabmas
2 2021 PENGEMBANGAN VIRTUAL LABORATORIUM RUMPUN MATEMATIKA PGSD FIP UNESA Litabmas
3 2021 PENGEMBANGAN VIRTUAL LABORATORIUM RUMPUN MATEMATIKA PGSD FIP UNESA Litabmas
4 2022 PENGEMBANGAN DESAIN AKTIVITAS STEAM BERBASIS LABORATORIUM UNTUK MAHASISWA S1 PGSD Litabmas
5 2021 PENGEMBANGAN VIRTUAL LABORATORIUM RUMPUN MATEMATIKA PGSD FIP UNESA Litabmas
6 2022 PENGEMBANGAN DESAIN AKTIVITAS STEAM BERBASIS LABORATORIUM UNTUK MAHASISWA S1 PGSD Litabmas
7 2022 IMPLEMENTASI PENDIDIKAN STEAM DI PERGURUAN TINGGI: STUDI KASUS DI NEPAL DAN INDONESIA Litabmas
8 2021 SIMULASI TEKNOLOGI MICROTEACHING 2.0 UNTUK MAHASISWA KELAS BILINGUAL PGSD Litabmas
9 2021 PENGEMBANGAN VIRTUAL LABORATORIUM RUMPUN MATEMATIKA PGSD FIP UNESA Litabmas
10 2022 PENGEMBANGAN DESAIN AKTIVITAS STEAM BERBASIS LABORATORIUM UNTUK MAHASISWA S1 PGSD Litabmas
11 2022 PENGEMBANGAN DESAIN AKTIVITAS STEAM BERBASIS LABORATORIUM UNTUK MAHASISWA S1 PGSD Litabmas
12 2022 IMPLEMENTASI PENDIDIKAN STEAM DI PERGURUAN TINGGI: STUDI KASUS DI NEPAL DAN INDONESIA Litabmas
13 2021 SIMULASI TEKNOLOGI MICROTEACHING 2.0 UNTUK MAHASISWA KELAS BILINGUAL PGSD Litabmas
14 2021 PENGEMBANGAN VIRTUAL LABORATORIUM RUMPUN MATEMATIKA PGSD FIP UNESA Litabmas
15 2022 IMPLEMENTASI PENDIDIKAN STEAM DI PERGURUAN TINGGI: STUDI KASUS DI NEPAL DAN INDONESIA Litabmas
16 2021 SIMULASI TEKNOLOGI MICROTEACHING 2.0 UNTUK MAHASISWA KELAS BILINGUAL PGSD Litabmas
17 2021 PENGEMBANGAN VIRTUAL LABORATORIUM RUMPUN MATEMATIKA PGSD FIP UNESA Litabmas
18 2021 PENGEMBANGAN VIRTUAL LABORATORIUM RUMPUN MATEMATIKA PGSD FIP UNESA Litabmas
19 2022 PENGEMBANGAN DESAIN AKTIVITAS STEAM BERBASIS LABORATORIUM UNTUK MAHASISWA S1 PGSD Litabmas
20 2022 IMPLEMENTASI PENDIDIKAN STEAM DI PERGURUAN TINGGI: STUDI KASUS DI NEPAL DAN INDONESIA Litabmas
21 2021 SIMULASI TEKNOLOGI MICROTEACHING 2.0 UNTUK MAHASISWA KELAS BILINGUAL PGSD Litabmas
22 2021 PENGEMBANGAN VIRTUAL LABORATORIUM RUMPUN MATEMATIKA PGSD FIP UNESA Litabmas
23 2022 PENGEMBANGAN DESAIN AKTIVITAS STEAM BERBASIS LABORATORIUM UNTUK MAHASISWA S1 PGSD Litabmas
24 2022 IMPLEMENTASI PENDIDIKAN STEAM DI PERGURUAN TINGGI: STUDI KASUS DI NEPAL DAN INDONESIA Litabmas
25 2021 SIMULASI TEKNOLOGI MICROTEACHING 2.0 UNTUK MAHASISWA KELAS BILINGUAL PGSD Litabmas
26 2021 PENGEMBANGAN VIRTUAL LABORATORIUM RUMPUN MATEMATIKA PGSD FIP UNESA Litabmas
27 2021 PENGEMBANGAN VIRTUAL LABORATORIUM RUMPUN MATEMATIKA PGSD FIP UNESA Litabmas
28 2021 PENGEMBANGAN VIRTUAL LABORATORIUM RUMPUN MATEMATIKA PGSD FIP UNESA Litabmas
29 2023 DEKONSTRUKSI BUKU MATEMATIKA CAMBRIDGE: ETHICAL DILEMMA GURU SDIT DI KELAS INTERNASIONAL Litabmas
30 2023 STRATEGI MEWUJUDKAN KUALITAS PERKULIAHAN DI S2: STUDI KOMPARATIF UNESA DAN UNJ Litabmas
31 2023 PELATIHAN PENYUSUNAN MODUL AJAR BERBASIS ETNOPEDAGOGI BAGI GURU SEKOLAH DASAR Litabmas
32 2022 PENGEMBANGAN DESAIN AKTIVITAS STEAM BERBASIS LABORATORIUM UNTUK MAHASISWA S1 PGSD Litabmas
33 2022 IMPLEMENTASI PENDIDIKAN STEAM DI PERGURUAN TINGGI: STUDI KASUS DI NEPAL DAN INDONESIA Litabmas
34 2021 SIMULASI TEKNOLOGI MICROTEACHING 2.0 UNTUK MAHASISWA KELAS BILINGUAL PGSD Litabmas
35 2021 PENGEMBANGAN VIRTUAL LABORATORIUM RUMPUN MATEMATIKA PGSD FIP UNESA Litabmas
36 2023 DEKONSTRUKSI BUKU MATEMATIKA CAMBRIDGE: ETHICAL DILEMMA GURU SDIT DI KELAS INTERNASIONAL Litabmas
37 2023 STRATEGI MEWUJUDKAN KUALITAS PERKULIAHAN DI S2: STUDI KOMPARATIF UNESA DAN UNJ Litabmas
38 2023 STRATEGI MEWUJUDKAN KUALITAS PERKULIAHAN DI S2: STUDI KOMPARATIF UNESA DAN UNJ Litabmas
39 2023 STRATEGI MEWUJUDKAN KUALITAS PERKULIAHAN DI S2: STUDI KOMPARATIF UNESA DAN UNJ Litabmas
40 2023 STRATEGI MEWUJUDKAN KUALITAS PERKULIAHAN DI S2: STUDI KOMPARATIF UNESA DAN UNJ Litabmas
41 2023 DEKONSTRUKSI BUKU MATEMATIKA CAMBRIDGE: ETHICAL DILEMMA GURU SDIT DI KELAS INTERNASIONAL Litabmas
42 2023 STRATEGI MEWUJUDKAN KUALITAS PERKULIAHAN DI S2: STUDI KOMPARATIF UNESA DAN UNJ Litabmas
43 2023 STRATEGI MEWUJUDKAN KUALITAS PERKULIAHAN DI S2: STUDI KOMPARATIF UNESA DAN UNJ Litabmas
44 2023 STRATEGI MEWUJUDKAN KUALITAS PERKULIAHAN DI S2: STUDI KOMPARATIF UNESA DAN UNJ Litabmas
45 2023 STRATEGI MEWUJUDKAN KUALITAS PERKULIAHAN DI S2: STUDI KOMPARATIF UNESA DAN UNJ Litabmas
46 2023 STRATEGI MEWUJUDKAN KUALITAS PERKULIAHAN DI S2: STUDI KOMPARATIF UNESA DAN UNJ Litabmas
47 2022 IMPLEMENTASI PENDIDIKAN STEAM DI PERGURUAN TINGGI: STUDI KASUS DI NEPAL DAN INDONESIA Litabmas
48 2023 DEKONSTRUKSI BUKU MATEMATIKA CAMBRIDGE: ETHICAL DILEMMA GURU SDIT DI KELAS INTERNASIONAL Litabmas
49 2023 STRATEGI MEWUJUDKAN KUALITAS PERKULIAHAN DI S2: STUDI KOMPARATIF UNESA DAN UNJ Litabmas
50 2024 PELATIHAN PENGUATAN ETNO-LITERASI NUMERASI BAGI GURU SEKOLAH DASAR DI BRUNEI DARUSSALAM Litabmas
51 2023 DEKONSTRUKSI BUKU MATEMATIKA CAMBRIDGE: ETHICAL DILEMMA GURU SDIT DI KELAS INTERNASIONAL Litabmas
52 2024 LESSON STUDY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR REFLEKTIF CALON GURU SD Litabmas
53 2023 STRATEGI MEWUJUDKAN KUALITAS PERKULIAHAN DI S2: STUDI KOMPARATIF UNESA DAN UNJ Litabmas
54 2023 STRATEGI MEWUJUDKAN KUALITAS PERKULIAHAN DI S2: STUDI KOMPARATIF UNESA DAN UNJ Litabmas
55 2024 PELATIHAN PENGUATAN ETNO-LITERASI NUMERASI BAGI GURU SEKOLAH DASAR DI BRUNEI DARUSSALAM Litabmas
56 2023 STRATEGI MEWUJUDKAN KUALITAS PERKULIAHAN DI S2: STUDI KOMPARATIF UNESA DAN UNJ Litabmas
57 2024 LESSON STUDY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR REFLEKTIF CALON GURU SD Litabmas
58 2024 PELATIHAN PENGUATAN ETNO-LITERASI NUMERASI BAGI GURU SEKOLAH DASAR DI BRUNEI DARUSSALAM Litabmas
59 2023 DEKONSTRUKSI BUKU MATEMATIKA CAMBRIDGE: ETHICAL DILEMMA GURU SDIT DI KELAS INTERNASIONAL Litabmas
60 2024 PELATIHAN PENGUATAN ETNO-LITERASI NUMERASI BAGI GURU SEKOLAH DASAR DI BRUNEI DARUSSALAM Litabmas
61 2023 DEKONSTRUKSI BUKU MATEMATIKA CAMBRIDGE: ETHICAL DILEMMA GURU SDIT DI KELAS INTERNASIONAL Litabmas
62 2023 STRATEGI MEWUJUDKAN KUALITAS PERKULIAHAN DI S2: STUDI KOMPARATIF UNESA DAN UNJ Litabmas

Data Penelitian Dari Non Litabmas

No. Tahun Judul Sumber Dana
1 2024 PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERORIENTASI NILAI-NILAI BUDAYA LOKAL DALAM PENGUATAN KARAKTER BANGSA PESERTA DIDIK DI DAERAH PEDESAAN
2 2025 Eksplorasi Konsep Matematika Dasar dalam Surat Alfatihah
3 2025 Pengembangan Kurikulum Deep Leraning Berbasis Computational Thinking dan Experiential Learning dalam Mendukung Transisi PAUD- SD yang Menyenangkan
4 2019 INTEGRASI KEARIFAN LOKAL DALAM PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS SISWA SD
5 2024 STUDI FENOMENOLOGI PADA MAHASISWA BILINGUAL PGSD YANG MEMILIKI PENGALAMAN BELAJAR DI LUAR KAMPUS: TAIWAN, FILIPINA, DAN THAILAND
6 2023 Strategi Mewujudkan Kualitas Perkuliahan di S2: Studi Komparatif UNESA dan UNJ
7 2019 Konstruksi Bahasa Berkarakter Positif pada Anak Usia Sekolah Dasar
8 2020 Strategi Mengonstruksi Bahasa Berkarakter Positif pada Anak Usia Sekolah Dasar
9 2022 IMPLEMENTASI PENGGUNAAN VI-LAB MATEMATIKA BAGI MAHASISWA PGSD DALAM PENYUSUNAN SOAL CERITA ETNOMATEMATIKA BERBASIS PMRI
10 2024 Konseling Multibudaya bermuatan Spiritual untuk Meningkatkan Efikasi Sosial
11 2022 PENGEMBANGAN DESAIN AKTIVITAS STEAM BERBASIS LABORATORIUM UNTUK MAHASISWA S1 PGSD
12 2021 Pengaruh Kepemimpinan Pembelajaran Kepala Sekolah Terhadap Penerapan PROSPER School Pathway dalam Pelaksanaan Student Well-Being Program: Studi Pada Sekolah Dasar Di Jawa Timur
13 2022 IMPLEMENTASI PENGGUNAAN VI-LAB MATEMATIKA BAGI MAHASISWA PGSD DALAM PENYUSUNAN SOAL CERITA ETNOMATEMATIKA BERBASIS PMRI
14 2021 Strategi Mengonstruksi Bahasa Berkarakter Positif pada Anak Usia Sekolah Dasar
15 2021 Simulasi Teknologi Microteaching 2.0 Untuk Mahasiswa Kelas Bilingual PGSD
16 2022 IMPLEMENTASI PENDIDIKAN STEAM DI PERGURUAN TINGGI: STUDI KASUS DI NEPAL DAN INDONESIA
17 2024 Pengembangan Model "Code" and Speak" Berorientasi pada Ketrampilan Berpikir Kreatif dan Bahasa Produktif Bilingual kelas V SD
18 2024 Lesson Study untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Reflektif Calon Guru SD
19 2023 Penguatan Profil Pelajar Pancasila melalui Articulate Storyline 3 Berbasis Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Multiliterasi Siswa di Sekolah Dasar Indonesia Wilayah Malaysia
20 2021 Pengembangan Virtual Laboratorium Rumpun Matematika PGSD FIP Unesa
21 2022 BUKU AJAR: KONSEP DASAR MATEMATIKA SD
22 2025 Eksplorasi Konsep Matematika SD dan Computational Thinking pada Tari Thengul Bojonegoro
23 2020 Meningkatkan Kompetensi Berpikir dan Motivasi Belajar Siswa SD Kelas Rendah dengan Pembelajaran Daring Video Edukasi "Creative Teaching Center" dan Keterlibatan Orang Tua "Parenting Daily Activity" di masa Study From Home dampak Pandemi Covid-19
24 2020 Pengembangan Video Tutorial Pembuatan Artikel Ilmiah Berbasis Literature Review Menggunakan Aplikasi Mendeley bagi Mahasiswa Unesa yang Memprogram Mata Kuliah Skripsi di Tengah Pandemi Covid-19
25 2023 Dekonstruksi Buku Matematika Cambridge: Ethical Dilemma Guru SDIT di Kelas Internasional
26 2023 IDENTIFIKASI KAJIAN ETNOPEDAGOGI PADA KONTEKS KEARIFAN LOKAL PROSESI PENGANTEN JAWA UNTUK MENUNJANG PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR
27 2021 TRACER STUDY JURUSAN PGSD FIP UNESA

Pengabdian Kepada Masyarakat

No Tahun Judul Pengabdian Sumber Pendanaan
1 2022 Pelatihan Membuat Media Komik Digital Untuk Pembelajaran Matematika Dengan Berbantuan Aplikasi Comics and Cartoon Maker
2 2021 PENERAPAN AUGMENTED REALITY UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEPTUAL GURU SEKOLAH DASAR TENTANG LITERASI DIGITAL
3 2025 Penyusunan E-LKPD Matematika SD Berbasis Etnomatematika dengan Konteks Anyaman Khas Pacitan PGRI Kabupaten Pacitan
4 2022 PELATIHAN PENYUSUNAN SOAL-SOAL LITERASI DAN NUMERASI UNTUK MENUNJANG KEPROFESIONALAN GURU SD
5 2024 Pelatihan Penguatan Etno-Literasi Numerasi Bagi Guru Sekolah Dasar di Brunei Darussalam
6 2021 PKM Bimbingan dan Konseling Multibudaya Pada masa Pandemi COVID-19 Bagi Guru di SD Namira School Kraksaan Probolinggo
7 2021 pelatihan manajemen stress bagi guru paud dalam mengahdapai pembelajaran daring di kabupaten probolinggo
8 2024 PELATIHAN DESAIN PEMBELAJARAN BERBASIS ETNOPEDAGOGI MELALUI REFLEKSI BUDAYA LOKAL KABUPATEN TREANGGALEK
9 2025 Program Pelatihan Berkelanjutan Berbasis Etno-literasi Numerasi Bagi Guru Sekolah Dasar: Upaya Mengurangi Kesenjangan Literasi Pada Desa Tertinggal di Kabupaten Trenggalek
10 2023 PENYUSUNAN DESAIN PEMBELAJARAN SD BERBASIS REFLEKSI BUDAYA LOKAL
11 2022 PKM Bimbingan dan Konseling Ramah Budaya di Sekolah Dasar
12 2023 Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Publikasi Jurnal Nasional Bagi Guru BK Sekolah di Kabupaten Gresik
13 2020 PELATIHAN PEMBUATAN HAND SANITIZER BERBAHAN BAKU TOGA BAGI MASYARAKAT PEDESAAN
14 2023 Pelatihan Penyusunan Modul Ajar Berbasis Etnopedagogi Bagi Guru Sekolah Dasar
15 2020 PENERAPAN GAME-BASED APPS UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA SD DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA MASA LEARNING FROM HOME
16 2025 Projek Etno Steam Untuk Siswa Sekolah Dasar

Publikasi Jurnal

No Judul Artikel Ilmiah Nama Jurnal Volume/Nomor/Tahun
1 Birthday cake activity structured arrangement for helping children determining quantities Journal on Mathematics Education 1 /-/2010
2 Transformation of research education at elementary school mathematics in the industry 4.0 International Journal of Innovation, Creativity and Change 5 /-/2019
3 EKSPLORASI KONSEP MATEMATIKA PADA BATIK JETIS SIDOARJO UNTUK MENTRANSFORMASIKAN KONTEKS PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR EduHumaniora| Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru 13 (1), 76-85, 0 - /-/0
4 LITERASI ZAKAT PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR MELALUI DILEMMA STORY PEDAGOGY - /-/0
5 STUDI AUTOETHNOGRAFI PEMBUATAN VIDEO SENI KARAWITAN LANCARAN KEBOGIRO UNTUK PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR - /-/0
6 ETNOMATEMATIKA PADA BANGUNAN BERSEJARAH MASJID BESAR KANJENG SEPUH SIDAYU GRESIK SEBAGAI KONSEP GEOMETRI DI SEKOLAH DASAR - /-/0
7 LITERASI ZAKAT PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR MELALUI DILEMMA STORY PEDAGOGY - /-/0
8 EKSPLORASI KONSEP GEOMETRI PADA ARSITEKTUR PINTU GERBANG MAJAPAHIT SEBAGAI PENINGGALAN SEJARAH DI KABUPATEN PATI - /-/0
9 EKSPLORASI KONSEP GEOMETRI PADA ARSITEKTUR PINTU GERBANG MAJAPAHIT SEBAGAI PENINGGALAN SEJARAH DI KABUPATEN PATI - /-/0
10 PENERAPAN PEMBELAJARAN STEAM MELALUI AKTIVITAS MAKE A NON STOP FOUNTAIN UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA DI SEKOLAH DASAR - /-/0
11 Development of Learning Tools Based on Realistic Mathematics Education Approach (RME) to Improve Creative Thinking Skills of 4th Grade Elementary School Students - /-/0
12 EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA BENTUK BANGUNAN MASJID AL-AKBAR SURABAYA PADA MATERI GEOMETRI DI SEKOLAH DASAR - /-/0
13 KONSEP GEOMETRI DALAM MOTIF BATIK MOJOKERTO SEBAGAI PENINGGALAN KERAJAAN MAJAPAHIT - /-/0
14 Etnomatematika Pada Candi Sumur Sebagai Konsep Geometri di Sekolah Dasar - /-/0
15 INTEGRASI PEMBELAJARAN STEAM “MATHEMATIC’S MEAL” KELAS V SEKOLAH DASAR SEBAGAI IMPLEMENTASI MERDEKA BELAJAR - /-/0
16 EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA PADA PERMAINAN TRADISIONAL LOMPAT TALI - /-/0
17 KONSEP GEOMETRI DALAM MOTIF BATIK MOJOKERTO SEBAGAI PENINGGALAN KERAJAAN MAJAPAHIT - /-/0
18 Development of Learning Tools Based on Realistic Mathematics Education Approach (RME) to Improve Creative Thinking Skills of 4th Grade Elementary School Students - /-/0
19 EKSPLORASI KONSEP MATEMATIKA SEKOLAH DASAR PADA KENDUREN WONOSALAM SEBAGAI KEARIFAN LOKAL KABUPATEN JOMBANG - /-/0
20 PERKEMBANGAN NUMERASI SISWA YANG MEMILIKI KETERBATASAN SARANA DI MASA PANDEMIC DALAM PROGRAM KMP - /-/0
21 EKSPLORASI KONSEP MATEMATIKA SEKOLAH DASAR PADA KENDUREN WONOSALAM SEBAGAI KEARIFAN LOKAL KABUPATEN JOMBANG - /-/0
22 STUDI AUTOETHNOGRAFI PEMBUATAN VIDEO SENI KARAWITAN LANCARAN KEBOGIRO UNTUK PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR - /-/0
23 AKTIVITAS STEAM “MAKE SLINGSHOT POWERFULL WITH RING” DI KELAS IV SEKOLAH DASAR - /-/0
24 EKSPLORASI KONTEKS AKTIVITAS MASYARAKAT PETANI PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SD MELALUI CERITA DILEMATIS - /-/0
25 EKSPLORASI CANDI DERMO SIDOARJO SEBAGAI PEMBELAJARAN GEOMETRI DI SEKOLAH DASAR - /-/0
26 PERKEMBANGAN NUMERASI SISWA YANG MEMILIKI KETERBATASAN SARANA DI MASA PANDEMIC DALAM PROGRAM KMP - /-/0
27 Simlabs Technology 2.0 In Improving Vocabularies for Elementary School Teacher Bilingual Class ELEMENTARY SCHOOL JOURNAL PGSD FIP UNIMED 12 (1), 19-28, 0 - /-/0
28 KONSEP GEOMETRI DAN PENGUKURAN DI SEKOLAH DASAR DALAM PROSES PEMBUATAN KERAJINAN ANYAMAN BAMBU INDAH TRENGGALEK - /-/0
29 EKSPLORASI KONSEP MATEMATIKA PADA BATIK JETIS SIDOARJO UNTUK MENTRANSFORMASIKAN KONTEKS PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR EduHumaniora| Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru 13 (1), 76-85 - /-/0
30 PENGEMBANGAN MEDIA “JAPRIAN” JARI PINTAR PERKALIAN 6 SAMPAI 10 BERBASIS ANDROID BAGI SISWA SEKOLAH DASAR - /-/0
31 Development of Fraction Learning Devices Material by using a Realistic Mathematical Approach to Improve Students’ Learning Outcome in Fourth Grade of Elementary School - /-/0
32 Development of Fraction Learning Devices Material by using a Realistic Mathematical Approach to Improve Students’ Learning Outcome in Fourth Grade of Elementary School - /-/0
33 EKSPLORASI KONSEP MATEMATIKA PADA SHALAT TARAWIH MELALUI STUDI AUTO| ETNOGRAFI - /-/0
34 EKSPLORASI KONTEKS AKTIVITAS MASYARAKAT PETANI PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SD MELALUI CERITA DILEMATIS - /-/0
35 Identifikasi Proses Berpikir Kreatif Siswa Melalui Pengajuan Masalah (Problem Posing) Matematika Berpandu Dengan Model Creatif Problem Solving (CPS) Di Kelas IF SMP Negeri 4 … Universitas Negeri Surabaya, 2004 - /-/2004
36 Identifikasi Proses Berpikir Kreatif Siswa Melalui Pengajuan Masalah (Problem Posing) Matematika Berpandu Dengan Model Creatif Problem Solving (CPS) Di Kelas IF SMP Negeri 4 … Universitas Negeri Surabaya - /-/2004
37 Garis Bilangan Kosong sebagai Model Mengajarkan Penjumlahan dan Pengurangan Sampai 100 di Sekolah Dasar Pendidikan Sekolah Dasar 4 (3) - /-/2005
38 DESIGN RESEARCH IN GEOMETRY EDUCATION DEVELOPING SPATIAL ABILITIES IN FIRST GRADE CHILDREN Utrecht University, 2009 - /-/2009
39 Birthday Cake Activity Structured Arrangement for Helping Children Determining Quantities. Indonesian Mathematical Society Journal on Mathematics Education 1 (1), 53-70, 2010 - /-/2010
40 Pedoman Penyusunan Proposal Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Modul Penyusunan Proposal tidak diterbitkan. Surabaya: Fakultas Ilmu …, 2011 - /-/2011
41 Pengembangan Bahan Ajar Pembelajaran Matematika Berbasis Karakter melalui Pendekatan Realistik untuk PGSD Laporan Penelitian Hibah Strategis Nasional Tidak Dipublikasikan …, 2012 - /-/2012
42 Birthday Cake Activity Structured Arrangement for Helping Children Determining Quantities Journal on Mathematics Education 1 (1), 53-70 - /-/2014
43 Using Islamic values to transform mathematical contexts in Indonesian Islamic primary schools http://www.waier.org.au/events?c=abstracts-2015, 2015 - /-/2015
44 Five Dimensions of Transformative Knowing: A Tool of Critical Self-Reflection as an Indonesian Muslim Mathematics Educator Transformative Education Research for Sustainability Development (TERSD …, 2016 - /-/2016
45 Upaya guru mengembangkan karakter siswa melalui pembelajaran matematika dengan pendekatan realistik pada materi perkalian Jurnal Pendidikan Matematika 10 (1), 96-113, 2016 - /-/2016
46 Transforming mathematics problems in Indonesian primary schools by embedding Islamic and Indonesian contexts Murdoch University, 2017 - /-/2017
47 Pemanfaat Media Pjok Dalam Pembelajaran Matematika Sebagai Sarana Mengembangkan Pendidikan Karakter Pada Siswa SD/MI Di Surabaya EduStream: Jurnal Pendidikan Dasar 1 (1), 15-37, 2017 - /-/2017
48 Labour Issues as a Context in Designing Mathematics Activity for Counting Strategy MISEIC 2018, 2018 - /-/2018
49 Refleksi Kritis Terhadap Pandangan Matematika dari Perspektif Siswa dan Pendidik Sekolah Dasar Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 6 (10), 2018 - /-/2018
50 Pengaruh Media Pop Up Book Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Materi Bangun Datas Kelas IV SDN Wonoplintahan II Kecamatan Prambon Jurnal PGSD 6 - /-/2018
51 Pengaruh Media Pop Up Book Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Materi Bangun Datar Kelas IV SDN Wonoplintahan II Kecamatan Prambon Luli Anies Solichah Jpgsd 6, 1537-1547 - /-/2018
52 Eksplorasi Nilai-nilai Pancasila untuk Mentransformasi Konteks dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 6 (3), 2018 - /-/2018
53 Transformasi Konteks Matematika SD dalam Sudut Pandang Akulturasi Kultur Jawa dan Nilai-Nilai Islam Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 6 (6), 2018 - /-/2018
54 Eksplorasi Konsep Matematika Sekolah Dasar Dalam Surah Al-Baqarah Untuk Pembelajaran Matematika Di Madrasah Ibtidaiyah Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 6 (8), 2018 - /-/2018
55 Penelitian Multi Paradigma: Matematika yang Berkeadilan Sosial dalam Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan PMRI di Kelas V SDN Tebel Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 6 (4), 2018 - /-/2018
56 Pengaruh Media Moku (Monopoli Kuis) Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Datar Siswa Kelas IV SDN Sumur Welut III/440 Surabaya. JPGSD.(Vol. 06. No. 09.1526-1536) Surabaya: Universitas Negeri Surabaya - /-/2018
57 Eksplorasi Alquran Surah An-Nisaa dalam Mentransformasi Matematika SD yang Penuh Nilai Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 6 (4), 254994, 2018 - /-/2018
58 Studi Auto| etnografi: Kecemasan Guru Kelas Sekolah Dasar Saat Mengajarkan Matematika Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 6 (7), 2018 - /-/2018
59 TRANSFORMASI KONTEKS PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA YANG MENGANDUNG NILAI-NILAI ISLAMI DALAM ALQURAN SURAH AL-ISRA’ Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 6 (8), 2018 - /-/2018
60 ESTIMASI DALAM PEMECAHAN MASALAH ARITMATIKA SOSIAL PADA KELAS IV DI SD KHADIJAH 3 SURABAYA Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 6 (7), 2018 - /-/2018
61 Eksplorasi Konsep Matematika Sekolah Dasar Dalam Surah Al-Baqarah Abstrak Surabya: JPGSD 6, 1458-1469, 2018 - /-/2018
62 Pengaruh Media Pop Up Book Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Materi Bangun Datar Kelas Iv Sdn Wonoplintahan Ii Kecamatan Prambon Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 6 (9), 2018 - /-/2018
63 Scientific reasoning profile of junior secondary school students on the concept of static fluid Journal of Physics: Conference Series 1013 (1), 012056, 2018 - /-/2018
64 Eksplorasi Konsep Matematika Sekolah Dasar pada Seni Tradisi di Desa Trowulan Mojokerto Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 6 (7), 2018 - /-/2018
65 Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Pada Pembelajaran Matematika Materi Bangun Datar Melalui Penggunaan Media Magic Box Kelas IV SDN UJUNG XIII Surabaya Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 6 (9), 2018 - /-/2018
66 PENGARUH MEDIA MOKU (MONOPOLI KUIS) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR SISWA KELAS IV SDN SUMUR WELUT III/440 SURABAYA Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 6 (9), 2018 - /-/2018
67 Ragawi Calculations in Javanese Culture 2nd Social Sciences, Humanities and Education Conference: Establishing …, 2018 - /-/2018
68 Perkembangan Numerasi Siswa Yang Memiliki Keterbatasan Sarana Di Masa Pandemic Dalam Program Kmp Jpgsd 9 (4), 2645-56, 2019 - /-/2019
69 A Reflective Journey within Five Ways of Transformative Knowing Research as Transformative Learning for Sustainable Futures 64, 207–223, 2019 - /-/2019
70 Penerapan Metode PembelaJaran Matematika Nalaria Realistik di Klinik Pendidikan MIPA Cabang 1 Surabayaa JPGSD 7 (1), 2525-2538, 2019 - /-/2019
71 Penelitian Multi Paradigma: Matematika Peduli Sampah Dengan Pendekatan PMRI Di Kelas V SDN Jambangan I/413 Surabaya Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 7 (3), 2019 - /-/2019
72 Exploring primary school mathematical concepts in Gembira dance 3rd International Conference on Education Innovation (ICEI 2019), 96-101, 2019 - /-/2019
73 Eksplorasi Konsep Matematika untuk Mentransformasi Konteks Matematika SD yang Mengandung NIlai-Nilai Karakter Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 7 (6), 2019 - /-/2019
74 Identifikasi Diskursus Kultur Akademik dalam Pembelajaran Matematika di Tiga Jenis Sekolah Dasar Yang Berbeda Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 7 (3), 2019 - /-/2019
75 Penerapan program Patroli Keamanan Sekolah (PKS) untuk menguatkan Karakter Disiplin dan Tanggung jawab pada peserta didik kelas 5 SDN Tenggilis Mejoyo I Surabaya JPK (Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan) 4 (3), 62-70, 2019 - /-/2019
76 Eksplorasi konsep matematika sekolah dasar dalam tari kreasi Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 7 (3), 2019 - /-/2019
77 Eksplorasi Konsep Matematika dalam Karya Seni Damar Kurung Sebagai Budaya Lokal dari Kabupaten Gresik Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 7 (3), 2019 - /-/2019
78 Transformation of research education at elementary school mathematics in the industry 4.0 Int. J. Innovation, Creativity Change 5 (5), 1-10, 2019 - /-/2019
79 A Reflective Journey within Five Ways of Transformative Knowing: Indonesia, Islam, International Research as Transformative Learning for Sustainable Futures, 207-223 - /-/2019
80 Eksplorasi Konsep Geometri Sekolah Dasar Pada Arsitektur Multikultural Masjid Auliya Sentono Gedong Kediri Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 8 (3), 2020 - /-/2020
81 Strategi Hitung dalam Aktivitas Pembelajaran Penjumlahan dan Pengurangan Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika 4 (2), 548-561, 2020 - /-/2020
82 Excavating Mathematical Concepts Within Alms Context: An Auto|Ethnographical Study International Conference-Atlantis Press 2 (2), 1-10, 2020 - /-/2020
83 TRANSFORMASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR BERBASIS SADAR LINGKUNGAN DENGAN KONTEKS PENGGUNAAN LAYANAN SUROBOYO BUS Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 8 (3), 2020 - /-/2020
84 THE CREATIVITY OF ELEMENTARY SCHOOL STUDENTS IN SOLVING CONTEXTUAL GEOMETRY PROBLEM BASED ON ADVERSITY QUOTIENT IndoMath: Indonesia Mathematics Education 3 (2) - /-/2020
85 PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PROBLEM POSING UNTUK MELATIH KREATIVITAS DALAM PEMECAHAN MASALAH JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif) 3 (3), 195-204, 2020 - /-/2020
86 Local wisdom-based teaching material for enhancing primary students’ scientific literacy skill Jurnal Prima Edukasia 8 (1), 96-105, 2020 - /-/2020
87 Study of Social, Ethical Woman in Fairy Tales for Children International Conference on Research and Academic Community Services …, 2020 - /-/2020
88 Elementary School Student Creativity in Solving Geometry Contextual Problems based on Adversity Quotient IndoMath: Indonesia Mathematics Education 3 (2), 110-120, 2020 - /-/2020
89 DESKRIPSI KONSEP DIRI AKADEMIK PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR BERDASARKAN SUDUT PANDANG KULTURAL Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 8 (2), 2020 - /-/2020
90 Effectiveness of Using Gebar Modules (the Movement of Line Marching) for Students in Elementary School. Cypriot Journal of Educational Sciences 16 (3), 1052-1064, 2021 - /-/2021
91 Eksplorasi Konsep Matematika Sekolah Dasar Pada Kenduren Wonosalam Sebagai Kearifan Lokal Kabupaten Jombang Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 9 (6), 2021 - /-/2021
92 Mencari model PPG untuk Indonesia Tanoto Foundation, 2021 - /-/2021
93 Eksplorasi konsep matematika pada batik jetis sidoarjo untuk mentransformasikan konteks pembelajaran matematika di sekolah dasar EduHumaniora| Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru 13 (1), 76-85, 2021 - /-/2021
94 AN AUTO-ETHNOGRAPHIC STUDY: EXPLORING MATHEMATICAL CONCEPTS ON PROBLEMS RELATED TO ENVIRONMENTAL CARE JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT 10 (3), 585-590, 2022 - /-/2022
95 Dancing with Mathematics: An Auto Ethnographic Study of a Dance Teacher Transformative STEAM Education for Sustainable Development, 116-132, 2022 - /-/2022
96 The Role-Playing Problem-Posing Learning to Improve Students' Emotional Intelligence and Mathematics Problem-Solving Skills IJORER: International Journal of Recent Educational Research 3 (3), 312-322, 2022 - /-/2022
97 Pengembangan E-Book Berbasis Pemecahan Masalah Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Kelas V Sekolah Dasar Jurnal Pendidikan, Sains Sosial, dan Agama 8 (1), 339-351, 2022 - /-/2022
98 Identifying Teaching Skills of Indonesian Prospective Elementary Teachers with Microteaching Technology 2.0 International Joint Conference on Arts and Humanities 2022 (IJCAH 2022), 570-576, 2023 - /-/2023
99 Desain Pembelajaran STEAM dengan Media Selasi untuk Peserta Didik Kelas II SD Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 7 (1), 240-250, 2023 - /-/2023
100 Implementasi lkpd pmri dalam materi membilang sampai 20 untuk siswa fase a sekolah dasar Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu 2 (1), 45-54, 2023 - /-/2023
101 Building Naturalist Intelligence through Integrated Threaded Material and Team Teaching Model IConVET 2022: Proceedings of the 5th International Conference on Vocational …, 2023 - /-/2023

Karya Buku

No Judul Buku Tahun Jumlah Halaman Penerbit
1 Contoh Pengemasan Perangkat Pembelajaran Mata Pelajaran di SD 2010 Unesa University Press
2 Geometri dan Pengukuran 2016 Penerbit Ombak
3 Kearifan Lokal Bagi Peningkatan Kualitas Pendidikan Dasar 2017 Tankali
4 Model Perangkat RPP SD Berbasis PMRI Bilangan dan Pengukuran 2009 Lembaga Penerbit FBS Unesa
5 Persembahan untuk bangsaku : 70 Tahun Kemerdekaan NKRI 2015 Amara Books
6 Research as Transformative Learning for Sustainable Futures 2019 Brill Sense
7 Mencari model PPG di Indonesia 2021 Tanoto Foundation
8 Merdeka belajar serunya belajar dan berkegiatan matematika 2022 PT. Jepe Press Media Utama
9 Pendidikan profesi guru 2022 Kepustakaan Populer Gramedia (KPG)
10 Transformative STEAM Education for Sustainable Development 2022 Brill-Sense

Pemakalah Seminar Ilmiah

No Nama Temu ilmiah / Seminar Judul Artikel Ilmiah Waktu dan Tempat

Hak Karya Ilmiah

No Judul/Tema HKI Tahun Jenis Nomor
1 "“Gunung Es (Ice Berg) Ritual Katekisasi Peneguhan Sidi” & “HLT (Hypothetical Learning Trajectory) Kelipatan dan Faktor Bilangan dalam Ritual Katekisasi Peneguhan Sidi”" 2022 hak cipta EC00202261172