Tri Cahyo Kusumandyoko, S.Sn., M.Ds.

Tri Cahyo Kusumandyoko, S.Sn., M.Ds., lahir di Malang pada tanggal 11-10-1982 adalah dosen di Universitas Negeri Surabaya. Dalam 1 tahun terakhir, mengampu 39 matakuliah. Sudah melakukan pengabdian sebanyak 8. Sudah mempublikasi Artikel Ilmiah dalam jurnal sebanyak 66. Memperoleh HKI sebanyak 5.

Identitas Diri

Riwayat Pendidikan

S1 S2
Nama Perguruan Tinggi UNIVERSITAS NEGERI MALANG INSTITUT TEKNOLOGI BANDUNG
Bidang Ilmu DESAIN KOMUNIKASI VISUAL DESAIN
Tahun Masuk-Lulus 2002 - 2006 2011 - 2013
Judul Skripsi/Tesis/Disertasi Perancangan Corporate Identity Tlogomas Permai Malang Dekonstruksi Kode Sampul Al Qur'an
Nama Pembimbing/Promotor - -

Mata Kuliah yang Diampu

No. Mata Kuliah
1 ANIMASI
2 Bahasa Visual
3 Desain Web
4 DESKTOP PUBLISHING
5 Digital Imaging
6 Estetika
7 FOTOGRAFI
8 Fotografi Dasar
9 IKLAN LAYANAN MASYARAKAT
10 Ilustrasi Digital
11 KKN Proyek Desa Evaluasi Program
12 KKN Proyek Desa Pengembangan Perangkat
13 KKN Proyek indpenden Evaluasi Program
14 KKN Proyek indpenden Pelaksanaan Program
15 KKN Proyek indpenden Pengembangan laporan
16 KKN Proyek indpenden Pengembangan perangkat
17 KKN Proyek Kemanusiaan Evaluasi Program
18 KKNT
19 Komik
20 Komputer Grafis
21 Komputer Grafis II
22 Magang
23 Metodologi Penelitian
24 MPK-Keselamatan dan Kesehatan Kerja
25 MPK-Manajemen Operasional
26 MPK-Pelaksanaan Program
27 MPK-Pelaporan Program
28 MPK-Penilaian Program
29 SEJARAH DESAIN
30 Seminar Proposal Tugas Akhir
31 Seminar Tugas Akhir
32 Skripsi
33 Teknologi Cetak
34 Tipografi
35 Tipografi aplikatif
36 Tipografi II
37 Tugas Akhir
38 Videografi
39 VIDEOGRAFI

Data Penelitian Dari Sim Litabmas

No. Tahun Judul Sumber Dana
1 2022 PURWARUPA PORTABLE PHOTO BOX UNTUK UMKM AYAM KAMPUS SURABAYA Litabmas
2 2021 PENDAMPINGAN PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL BAGI GURU TIDAK TETAP SMA NEGERI 2 SURABAYA Litabmas
3 2019 PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN BAHAN AJAR INTERAKTIF UNTUK MATA KULIAH SEJARAH DESAIN Litabmas
4 2021 PENDAMPINGAN PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL BAGI GURU TIDAK TETAP SMA NEGERI 2 SURABAYA Litabmas
5 2022 PURWARUPA PORTABLE PHOTO BOX UNTUK UMKM AYAM KAMPUS SURABAYA Litabmas
6 2022 PURWARUPA PORTABLE PHOTO BOX UNTUK UMKM AYAM KAMPUS SURABAYA Litabmas
7 2021 PENDAMPINGAN PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL BAGI GURU TIDAK TETAP SMA NEGERI 2 SURABAYA Litabmas
8 2022 PURWARUPA PORTABLE PHOTO BOX UNTUK UMKM AYAM KAMPUS SURABAYA Litabmas
9 2019 PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN BAHAN AJAR INTERAKTIF UNTUK MATA KULIAH SEJARAH DESAIN Litabmas
10 2022 PURWARUPA PORTABLE PHOTO BOX UNTUK UMKM AYAM KAMPUS SURABAYA Litabmas
11 2021 PENDAMPINGAN PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL BAGI GURU TIDAK TETAP SMA NEGERI 2 SURABAYA Litabmas
12 2019 PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN BAHAN AJAR INTERAKTIF UNTUK MATA KULIAH SEJARAH DESAIN Litabmas
13 2022 PURWARUPA PORTABLE PHOTO BOX UNTUK UMKM AYAM KAMPUS SURABAYA Litabmas
14 2021 PENDAMPINGAN PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL BAGI GURU TIDAK TETAP SMA NEGERI 2 SURABAYA Litabmas
15 2020 PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK DESAIN MOTIF BATIK BERTEMA COVID-19 UNTUK MATA KULIAH KOMPUTER GRAFIS Litabmas
16 2019 PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN BAHAN AJAR INTERAKTIF UNTUK MATA KULIAH SEJARAH DESAIN Litabmas

Data Penelitian Dari Non Litabmas

No. Tahun Judul Sumber Dana
1 2025 Pengembangan E-LKM Mata Kuliah Pendidikan Multikultural Berbasis VR-Mobile Apps
2 2023 PENGEMBANGAN E-MODUL ESTETIKA TERAPAN UNTUK GURU PROGRAM STUDI DKV SMK NEGERI 3 BATU
3 2024 PENGEMBANGAN ANIMASI RELIEF FABEL CANDI PANATARAN SEBAGAI MEDIA PENGENALAN BUDAYA UNTUK SEKOLAH DASAR
4 2023 Negosiasi Kultural pada Mise-en-scene Film Genre Komedi Malaysia dan Indonesia 2018-2022
5 2025 Antara Teologi Digital dan Tradisional: Kajian Transformasi Budaya Visual Islami
6 2022 OPTIMASI PEMASARAN DIGITAL BATIK CIPRAT YAYASAN BHAKTI KINASIH KABUPATEN BLITAR
7 2020 PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK DESAIN MOTIF BATIK BERTEMA COVID-19 UNTUK MATA KULIAH KOMPUTER GRAFIS
8 2024 Pengembangan E-LKM Berbasis VR-Mobile Apps Jenjang Pendidikan Tinggi
9 2024 PENERAPAN DESIGN THINKING UNTUK INOVASI SOSIAL DI KELURAHAN GAYUNGAN SURABAYA
10 2025 Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif "BatikVerse" untuk Meningkatkan Pemahaman Budaya Batik di SMP
11 2024 Multimodalitas Untuk Membangun Literasi Visual Santri Pondok Pesantren Melalui Buku Pop Up Interaktif
12 2021 PENGEMBANGAN DESAIN KONTEN VISUAL PADA MEDIA SOSIAL LEMBAGA SERTIFIKASI PROFESI UNESA
13 2022 Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Prezi Online Pada Mata Kuliah Estetika
14 2025 EVALUASI KOMPETENSI MAHASISWA PRODI DESAIN KOMUNIKASI VISUAL UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA DALAM PROGRAM MAGANG & STUDI INDEPENDEN BERSERTIFIKAT (MSIB)
15 2022 KAJIAN ESTETIKA DISABILITAS KARYA DESAIN GRAFIS SISWA SEKOLAH LUAR BIASA
16 2022 PURWARUPA PORTABLE PHOTO BOX UNTUK UMKM AYAM KAMPUS SURABAYA

Pengabdian Kepada Masyarakat

No Tahun Judul Pengabdian Sumber Pendanaan
1 2023 Pelatihan Estetika Terapan untuk Guru Prodi DKV SMK Negeri 3 Batu
2 2021 PENDAMPINGAN PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL BAGI GURU TIDAK TETAP SMA NEGERI 2 SURABAYA
3 2022 Pendampingan Materi Desain Grafis Bagi Lembaga Pendidikan Khusus Tingkat Provinsi Jawa Timur
4 2023 Pelatihan Kreativitas Digital bagi Santri di Pondok Pesantren Riyadlul Qur’an Sooko, Mojokerto
5 2020 UPAYA PENINGKATAN EKONOMI DI MASA PANDEMI MELALUI PELATIHAN DESAIN PENJUALAN ONLINE PADA PENJUAL NASI BUNGKUS DI WILAYAH LIDAH WETAN
6 2025 Optimalisasi Identitas Visual UMKM Melalui Artificial Intelligence di UPT Pengembangan Mutu Produk Industri dan Teknologi Kreatif Surabaya (PMPI-TK Surabaya)
7 2025 INTEGRASI NILAI BUDAYA ASIA DALAM MEMBANGUN KOMPETENSI MULTIKULTURAL MAHASISWA INDONESIA DI TAIWAN
8 2024 Pelatihan Desain Kemasan dan Media Promosi Souvenir Produk Batik SLB Siswa Budhi Kecamatan Gayungan Surabaya

Publikasi Jurnal

No Judul Artikel Ilmiah Nama Jurnal Volume/Nomor/Tahun
1 PENCIPTAAN KARYA DRAWING MENGGUNAKAN SOFTWARE ADOBE FLASH CS. 6 - /-/0
2 PERANCANGAN BUKU POP-UP PENGENALAN KATA TEMA BINATANG UNTUK SISWA TK-B - /-/0
3 ANALISIS ASPEK NONTEKNIS KARYA FOTOGRAFI PADA KOMUNITAS ANALOG SURABAYA - /-/0
4 PERANCANGAN FLAP BOOK TENTANG TATA KRAMA MASYARAKAT JAWA UNTUK ANAK USIA PRASEKOLAH - /-/0
5 KOMPARASI KAMERA DSLR & SMARTPONE DALAM PENERAPAN LIGHT PAINTING PHOTOGRAPHY - /-/0
6 Perancangan Media Promosi Batik Abhista Tuban J. Seni Rupa, 49-62, 0 - /-/0
7 PERANCANGAN BUKU POP-UP PENGENALAN KATA TEMA BINATANG UNTUK SISWA TK-B Khaeriya - /-/0
8 KOMIK KOMERSIL SEBAGAI IDE PENCIPTAAN SENI INSTALASI - /-/0
9 Pengembangan Sign System Kampus Unesa Lidah Wetan Jurnal Seni Rupa 6 (01), 251973 - /-/0
10 Perancangan corporate identity Taman Rekreasi Tlogomas Permai malang/oleh Tri Cahyo Kusumandyoko Universitas Negeri Malang, 2006 - /-/2006
11 Perancangan Corporate Identity Batik Tulis Tenggeran Kota Probolinggo Metode, 104, 2007 - /-/2007
12 Perancangan Corporate Identity Taman Rekreasi Tlogomas Permai Malang SKRIPSI Jurusan Seni dan Desain-Fakultas Sastra UM - /-/2009
13 Konstruksi Sosial Dalam Desain Sampul Al Qur' an Bermotif Batik http://www.urna-jurnalsenirupa.org 1 (2), 150-161, 2012 - /-/2012
14 JEJAK DEKONSTRUKSI DERRIDA DALAM DESAIN GRAFIS http://www.urna-jurnalsenirupa.org 3 (1), 43-54, 2014 - /-/2014
15 Perancangan Media Promosi Periklanan Rolak Outbound Kids Surabaya (Roks) Jurnal Seni Rupa 4 (02), 2016 - /-/2016
16 Perancangan Sign System Taman Flora Surabaya Jurnal Seni Rupa 4 (03), 2016 - /-/2016
17 PERANCANGAN LOGO WISATA PANTAI BANYU TIBO KABUPATEN PACITAN Jurnal Seni Rupa 5 (02), 2017 - /-/2017
18 Perancangan Media Berbasis Teknologi, Informasi dan Komunikasi (TIK) untuk Unit Pengelola Kegiatan (UPK) Kendedes di Kecamatan Singosari Kabupaten Malang Seminar Nasional Seni dan Desain 2017, 437-443, 2017 - /-/2017
19 Perancangan Typeface Dengan Tema Motif Ukir Jepara Jurnal Seni Rupa 5 (03), 2017 - /-/2017
20 PENGEMBANGAN SIGN SYSTEM KAMPUS UNESA LIDAH WETAN Jurnal Seni Rupa 6 (01), 2018 - /-/2018
21 PERANCANGAN FLAP BOOK TENTANG TATA KRAMA MASYARAKAT JAWA UNTUK ANAK USIA PRASEKOLAH Jurnal Seni Rupa 6 (02), 2018 - /-/2018
22 PERANCANGAN CORPORATE IDENTITY BATIK TULIS TENGGERAN KOTA PROBOLINGGO Jurnal Seni Rupa 7 (1), 2019 - /-/2019
23 The Discourse of Creativity through Autism Art and Its Aesthetic Disability 3rd International Conference on Special Education (ICSE 2019) 388 (Atlantis …, 2019 - /-/2019
24 PERANCANGAN BUKU POP-UP PENGENALAN KATA TEMA BINATANG UNTUK SISWA TK-B Jurnal Seni Rupa 7 (2), 2019 - /-/2019
25 ANALISIS ASPEK NONTEKNIS KARYA FOTOGRAFI PADA KOMUNITAS ANALOG SURABAYA Jurnal Seni Rupa 8 (1), 2020 - /-/2020
26 Budaya Media Sosial, Edukasi Masyarakat, dan Pandemi COVID-19. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7 (5) - /-/2020
27 Budaya media sosial, edukasi masyarakat, dan pandemi COVID-19 SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I 7 (5), 529-542, 2020 - /-/2020
28 KAJIAN FOTO KONSEP ALBUM LOVE YOURSELF: ANSWER VERSI S OLEH BANGTAN SEONYEONDAN BTS BARIK Jurnal S1 Desain Komunikasi Visual 1 (1), 123-136, 2020 - /-/2020
29 REPRESENTASI TUBUH SEBAGAI IDE KARYA FOTOGRAFI KONTEMPORER Jurnal Seni Rupa 8 (1), 2020 - /-/2020
30 BUKU ILUSTRASI 33 KAIDAH MENGHAFAL AL-QURAN UNTUK SANTRI PPPM BAITUL MAKMUR SURABAYA BARIK Jurnal S1 Desain Komunikasi Visual 1 (2), 223-234, 2020 - /-/2020
31 MENGENALKAN WISATA RELIGI JOMBANG MELALUI PETA WISATA BERBASIS ILUSTRASI BARIK Jurnal S1 Desain Komunikasi Visual 1 (3), 178-191, 2020 - /-/2020
32 HANDBOOK: STRATEGI KOMUNIKASI DIGITAL UNTUK UKM TATARUPA DI MASA PANDEMI COVID-19 BARIK Jurnal S1 Desain Komunikasi Visual 2 (1), 67-76, 2020 - /-/2020
33 USULAN LOGO PENDAMPING KABUPATEN SIDOARJO Jurnal Seni Rupa 8 (3) - /-/2020
34 PERANCANGAN PAPERCRAFT SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MEMBACA UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR KELAS 1 BARIK Jurnal S1 Desain Komunikasi Visual 1 (1), 2020 - /-/2020
35 REPRESENTASI MAKNA PADA KARAKTER KADITA DALAM GAME ONLINE MOBILE LEGENDS BANG BANG BARIK Jurnal S1 Desain Komunikasi Visual 1 (1), 169-182, 2020 - /-/2020
36 PERANCANGAN KOMIK SEJARAH KERAJAAN SINGHASARI UNTUK REMAJA USIA 15-19 TAHUN BARIK Jurnal S1 Desain Komunikasi Visual 2 (1), 16-30, 2020 - /-/2020
37 ANALISIS GRAFIS METERAI TEMPEL INDONESIA PERIODE 2000-2014 BARIK Jurnal S1 Desain Komunikasi Visual 1 (1), 98-111, 2020 - /-/2020
38 Learning From Home Video Tutorial for Computer Graphic Courses Proceedings of the International Joint Conference on Arts and Humanities …, 2020 - /-/2020
39 Budaya Media Sosial, Edukasi Masyarakat, dan Pandemi COVID-19. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7 (6), 529–542 - /-/2020
40 Budaya media sosial, edukasi masyarakat, dan pandemi COVID-19. SALAM: Jurnal Sosial dan Budaya Syar-I, 7 (5), 529-542 - /-/2020
41 Sociological Views and Performativity of Contemporary Al Quran Cover Design Proceedings of the 2nd International Conference on Interdisciplinary Arts …, 2020 - /-/2020
42 PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK BAB IMAN KEPADA ALLAH UNTUK SISWA SD NEGERI KELAS 1 BARIK Jurnal S1 Desain Komunikasi Visual 1 (1), 2020 - /-/2020
43 PERANCANGAN INFOGRAFIS VIDEO ANIMASI 3 DIMENSI RUMAH ADAT BANUA LAYUK BARIK 2 (2), 180-189, 2021 - /-/2021
44 PERANCANGAN MOTION GRAPHIC UNTUK MENGENALKAN BATIK “NDULIT” KHAS KOTA GRESIK BARIK 2 (3), 86-96, 2021 - /-/2021
45 PERANCANGAN FOTO PRODUK WEDDING GIFT TIFA PARCEL UNTUK IKLAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM BARIK 2 (2), 215-227, 2021 - /-/2021
46 Perancangan Motion Comic Untuk Kegiatan Ibadah Online Sekolah Minggu Hkbp Lontar BARIK 2 (2), 190-201, 2021 - /-/2021
47 REPRENTASI PERUNDUNGAN PADA VIDEO MUSIK BABYMETAL–IJIME, DAME, ZETTAI-ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES - /-/2021
48 PERANCANGAN BUKU FOOD PHOTOGRAPHY KULINER TRADISIONAL KHAS SURABAYA BARIK 3 (1), 145-156, 2021 - /-/2021
49 Penerapan Ilustrasi Kartun Pada Perancangan Komunikasi Visual Album Friends Band Ratshit BARIK 2 (3), 177-187, 2021 - /-/2021
50 Analisis User Experience Pada Game Among Us Dengan Menggunakan Game-Design Factors Questionnaire BARIK 2 (3), 148-162, 2021 - /-/2021
51 Perancangan Video Promosi Batik Desa Sendangduwur Kabupaten Lamongan BARIK 2 (3), 229-242, 2021 - /-/2021
52 Sociological Views and Performativity of Contemporary Al Quran Cover Design Available at SSRN 3800581 - /-/2021
53 PENGEMBANGAN E-MODUL ILUSTRASI DIGITAL UNTUK MATA KULIAH APLIKASI KOMPUTER JURUSAN SENI RUPA UNESA Jurnal Seni Rupa 9 (1), 180-192, 2021 - /-/2021
54 MENGENALKAN ALAM DESA SELOTAPAK MOJOKERTO MELALUI FOTO LANDSCAPE BERBASIS INSTAGRAM BARIK 3 (1), 133-144, 2021 - /-/2021
55 PERANCANGAN MEDIA PROMOSI ONLINE SEBLAK SALIWANG SEBAGAI UMKM DI SIDOARJO BARIK 3 (2), 104-111, 2022 - /-/2022
56 SEMIOTIKA TANDA VISUAL FILM PENYALIN CAHAYA BARIK 4 (2), 116-130, 2022 - /-/2022
57 PERANCANGAN SIGN SYSTEM DAN WAYFINDING PADA MUSEUM TSUNAMI ACEH BARIK 4 (2), 65-75, 2022 - /-/2022
58 TIPOLOGI TANDA VISUAL PADA POSTER DRAMA SERIAL STRANGER THINGS MUSIM 3 BARIK 3 (3), 236-251, 2022 - /-/2022
59 ANALISIS FORMALISTIK PADA POSTER FILM BUMI MANUSIA BARIK 3 (2), 57-65, 2022 - /-/2022
60 PERANCANGAN MOTION GRAPHIC UNTUK MENGENALKAN KULINER TIMUR TENGAH DI KAMPUNG ARAB SURABAYA BARIK 4 (1), 205-218, 2022 - /-/2022
61 PERANCANGAN IDENTITAS VISUAL TIRAI PSIKOLOGI DI BLANKSPACE CREATIVE BARIK 4 (2), 242-256, 2022 - /-/2022
62 PERANCANGAN VIDEO PROFIL PONDOK PESANTREN QOMARUDDIN BUNGAH GRESIK BARIK 3 (2), 202-212, 2022 - /-/2022
63 REPRESENTASI HEROISME JEPANG PADA GUNDAM UNICORN: SEBUAH KAJIAN SEMIOTIKA BARIK 4 (1), 233-245, 2022 - /-/2022
64 PERANCANGAN KOMIK DIGITAL SUMPAH PEMUDA 1928 UNTUK REMAJA USIA 15-22 TAHUN BARIK 4 (2), 199-213, 2022 - /-/2022
65 DESAIN ANTARMUKA APLIKASI PENGENALAN HURUF HIJAIYAH BERBASIS GAMIFIKASI BARIK 3 (3), 198-207, 2022 - /-/2022
66 PERANCANGAN LYRICS VIDEO “DUNIA SEKITAR” SEBAGAI MEDIA SOSIALISASI ZAKAT DAN WAKAF BARIK 4 (3), 180-193, 2023 - /-/2023

Karya Buku

No Judul Buku Tahun Jumlah Halaman Penerbit

Pemakalah Seminar Ilmiah

No Nama Temu ilmiah / Seminar Judul Artikel Ilmiah Waktu dan Tempat

Hak Karya Ilmiah

No Judul/Tema HKI Tahun Jenis Nomor
1 Satukan Peran, Wujudkan Indonesia Cerdas 2021 hak cipta EC00202141078
2 Tiga Topik Kajian Estetika 2021 hak cipta EC00202182608
3 Desktop Publishing - Layout 2021 hak cipta EC00202182609
4 Komputer Grafis - Kolase Foto 2021 hak cipta EC00202182610
5 Mengenal Bioenergi: Energi Ramah Lingkungan Untuk Menjaga Bumi 2023 hak cipta EC002023111552