Ima Kurrotun Ainin, S.Pd., M.Pd.

Ima Kurrotun Ainin, S.Pd., M.Pd., lahir di Mojokerto pada tanggal 02-02-1983 adalah dosen di Universitas Negeri Surabaya. Dalam 1 tahun terakhir, mengampu 13 matakuliah. Sudah melakukan pengabdian sebanyak 17. Sudah mempublikasi Artikel Ilmiah dalam jurnal sebanyak 32. Memperoleh HKI sebanyak 2.

Identitas Diri

Riwayat Pendidikan

S1 S2
Nama Perguruan Tinggi UNESA UPI
Bidang Ilmu - Pendidikan Kebutuhan Khusus
Tahun Masuk-Lulus - - 2006 2008 - 2012
Judul Skripsi/Tesis/Disertasi - -
Nama Pembimbing/Promotor - -

Mata Kuliah yang Diampu

No. Mata Kuliah
1 Asesmen Anak Kesulitan Belajar
2 Internship
3 Intership
4 Intervensi Anak Kesulitan Belajar
5 INTERVENSI DINI ANAK KESULITAN BELAJAR
6 Kuliah Kerja Nyata (Kkn)
7 Micro Teaching
8 Ortopedagogik Anak Kesulitan Belajar
9 PENDIDIKAN INKLUSI
10 Pendidikan Inklusif
11 Pengembangan Komunikasi, Interaksi Sosial, dan Perilaku
12 Program Pembelajaran Individual
13 SENSORI DAN PERILAKU ANAK KESULITAN BELAJAR

Data Penelitian Dari Sim Litabmas

No. Tahun Judul Sumber Dana
1 2019 PELATIHAN METODE MULTISENSORI UNTUK ANAK BERKESULITAN BELAJAR BAGI GURU PEMBIMBING KHUSUS SEKOLAH INKLUSI Litabmas
2 2019 ANALISIS KRITIS TEORI VIGOTSKY DALAM IMPLEMENTASI PENDIDIKAN INKLUSI Litabmas
3 2022 PELATIHAN PEMAHAMAN PEMBELAJARAN PESERTA DIDIK BERKESULITAN BELAJAR UNTUK GURU SEKOLAH DASAR DI MOJOKERTO Litabmas
4 2019 PELATIHAN METODE MULTISENSORI UNTUK ANAK BERKESULITAN BELAJAR BAGI GURU PEMBIMBING KHUSUS SEKOLAH INKLUSI Litabmas
5 2019 ANALISIS KRITIS TEORI VIGOTSKY DALAM IMPLEMENTASI PENDIDIKAN INKLUSI Litabmas
6 2019 PELATIHAN METODE MULTISENSORI UNTUK ANAK BERKESULITAN BELAJAR BAGI GURU PEMBIMBING KHUSUS SEKOLAH INKLUSI Litabmas
7 2019 ANALISIS KRITIS TEORI VIGOTSKY DALAM IMPLEMENTASI PENDIDIKAN INKLUSI Litabmas
8 2022 PENGEMBANGAN AKTIFITAS PEMBELAJARAN MULTISENSORI BAGI DISLEKSIA Litabmas
9 2022 PELATIHAN PEMAHAMAN PEMBELAJARAN PESERTA DIDIK BERKESULITAN BELAJAR UNTUK GURU SEKOLAH DASAR DI MOJOKERTO Litabmas
10 2021 KOMUNIPEDIA WEBSITE INTEGRASI PRODUK UNGGULAN IPTEK DISSABILITAS Litabmas
11 2020 PENGEMBANGAN SITUS JOBSDIS: FASILITASI ANGKATAN KERJA DISABILTAS DAN PERUSAHAAN PENGGUNA TENAGA KERJA DISABILITAS Litabmas
12 2019 PELATIHAN METODE MULTISENSORI UNTUK ANAK BERKESULITAN BELAJAR BAGI GURU PEMBIMBING KHUSUS SEKOLAH INKLUSI Litabmas
13 2019 ANALISIS KRITIS TEORI VIGOTSKY DALAM IMPLEMENTASI PENDIDIKAN INKLUSI Litabmas
14 2022 PENGEMBANGAN AKTIFITAS PEMBELAJARAN MULTISENSORI BAGI DISLEKSIA Litabmas
15 2022 PELATIHAN PEMAHAMAN PEMBELAJARAN PESERTA DIDIK BERKESULITAN BELAJAR UNTUK GURU SEKOLAH DASAR DI MOJOKERTO Litabmas
16 2021 KOMUNIPEDIA WEBSITE INTEGRASI PRODUK UNGGULAN IPTEK DISSABILITAS Litabmas
17 2020 PENGEMBANGAN SITUS JOBSDIS: FASILITASI ANGKATAN KERJA DISABILTAS DAN PERUSAHAAN PENGGUNA TENAGA KERJA DISABILITAS Litabmas
18 2019 PELATIHAN METODE MULTISENSORI UNTUK ANAK BERKESULITAN BELAJAR BAGI GURU PEMBIMBING KHUSUS SEKOLAH INKLUSI Litabmas
19 2019 ANALISIS KRITIS TEORI VIGOTSKY DALAM IMPLEMENTASI PENDIDIKAN INKLUSI Litabmas

Data Penelitian Dari Non Litabmas

No. Tahun Judul Sumber Dana
1 2023 NILAI-NILAI PENDIDIKAN KI HAJAR DEWANTARA UNTUK MEMBENTUK KARAKTER SIVITAS AKADEMIKA FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
2 2020 Pengembangan Perangkat Instrumen Identifikasi Anak Berkebutuhan Khusus
3 2024 Analisis Faktor Penghambat Aktivitas Fisik Penyandang Disabilitas Dengan Hambatan Penglihatan
4 2021 PRAKTIK TERBAIK PENERAPAN PENDIDIKAN INKLUSIF DI PEGURUAN TINGGI DI INDONESIA DAN AUSTRALIA
5 2023 IMPLEMENTASI KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS MELALUI MIND MAPPING MENGGUNAKAN APLIKASI POPPLET PADA MATA KULIAH PEMBELAJARAN SAINSMAT
6 2021 PENGEMBANGAN PEDOMAN LAYANAN MAHASISWA DISABILITAS DI UNESA
7 2024 PENGEMBANGAN BIGBOOKS SIGNALONG INDONESIA (SI) DENGAN TEMA DISASTER RISK REDUCTION (DRR) BERMETODE ROLE PLAYING UNTUK MEMPERSIAPKAN SEKOLAH INKLUSIF TANGGAP BENCANA
8 2021 Aksessibilitas Lingkungan literasi Kaya Teks Cetak-Elektronik bagi Anak Tunarungu di Sekolah dan di Rumah
9 2024 Perspektif Guru Sekolah Inklusi Terhadap Modul Ajar Berdiferensiasi Bagi Peserta Didik Disabilitas
10 2022 EASYSINGNALONGINDONESIA: PENGEMBANGAN APLIKASI MOBILE DEVICE UNTUK MENDUKUNG UNIVERSITAS RAMAH DISABILITAS
11 2023 Perbedaan Pemahaman dan Persepsi Guru tentang Disleksia di Indonesia dan Republik Kosovo: Sebuah Studi Perbandingan
12 2020 PENGEMBANGAN SITUS JOBSDIS: FASILITASI ANGKATAN KERJA DISABILTAS DAN PERUSAHAAN PENGGUNA TENAGA KERJA DISABILITAS
13 2021 Komunipedia Website Integrasi Produk Unggulan Iptek Dissabilitas
14 2022 Experiental dan Video Based Learning Berbantuan Scaffolding Untuk Meningkatkan Vokasional Life Skill Homemade Disabilitas di Sekolah Inklusi
15 2019 PENGEMBANGAN APLIKASI JEJARING KARIR INKLUSI UNTUK TENAGA KERJA DISABILITAS
16 2023 EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS LABORATORIUM DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN LUAR BIASA UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR MAHASISWA
17 2022 STUDI PEMETAAN KESIAPAN MENTAL WIRAUSAHA PENYANDANG DISABILITAS
18 2024 KURIKULUM UNTUK SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH LUAR BIASA (PERSPEKTIF GURU DAN ORANGTUA)
19 2022 PENGEMBANGAN AKTIFITAS PEMBELAJARAN MULTISENSORI BAGI DISLEKSIA

Pengabdian Kepada Masyarakat

No Tahun Judul Pengabdian Sumber Pendanaan
1 2022 PELATIHAN PEMAHAMAN PEMBELAJARAN PESERTA DIDIK BERKESULITAN BELAJAR UNTUK GURU SEKOLAH DASAR DI MOJOKERTO
2 2022 PKM PENINGKATAN LAYANAN PEMBELAJARAN RENANG BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DENGAN MEMANFAATKAN ASISTIF ROMPI KAMBANG
3 2024 Pelatihan Pengelolaan Kelas Inklusif di SMA N 19 Surabaya
4 2022 Pelatihan Life Skill Pembuatan Batik Ecoprint Melalui Contextual Teacing and Learning Berbasis Web Bagi Siswa Tunagrahita di SMALB AKW II Surabaya
5 2023 Pelatihan Life Skill Pembuatan Kopi Rempah Dengan Pemasaran Online Bagi Disabilitas dan Mahasiswa PLB di Surabaya
6 2024 PELATIHAN PRODUK PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI
7 2024 Pelatihan Digital Marketing Berbasis Smartphone Untuk Membangun Kemandirian Ekonomi Pada Komunitas Tuli Gresik
8 2024 PKM Edukasi Pola Hidup Sehat melalui Inclusive Physical Literacy - Deaf Disability (INCALCY-DETY) bagi Komunitas Penyandang Disabilitas dengan Hambatan Pendengaran di Kabupaten Bojonegoro
9 2022 PELATIHAN PENERAPAN TEACCH- WORK SYSTEM DALAM PENGEMBANGAN EXECUTIVE FUNCTIONS SISWA AUTIS BAGI GURU DI SURABAYA
10 2023 PKM PENINGKATAN LAYANAN PEMBELAJARAN RENANG BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DENGAN MEMANFAATKAN ASISTIF ROMPI KAMBANG
11 2022 : PKM Edukasi Pola Hidup Sehat Melalui Inclusive Physical Literacy (INCALCY) Bagi Komunitas Penyandang Disabilitas Dengan Hambatan Penglihatan di Kota Batu
12 2024 PENINGKATAN LAYANAN PEMBELAJARAN AKTIVITAS MOTORIK BAGI ANAK DISPRAKSIA DENGAN MODEL CIRCUIT GAME
13 2023 Pelatihan Penerapan Metode Visual Auditori Kinestetik dan Taktil (VAKT) pada Siswa Kesulitan Belajar Spesifik melalui Pembuatan Handicraft
14 2020 PELATIHAN PEMBUATAN WASTAFEL PORTABEL SEMI OTOMATIS DALAM RANGKA PEMBERDAYAAN WARGA TERDAMPAK PANDEMI COVID 19 DI DUSUN WONOKOYO SUKODONO
15 2023 PKM Edukasi Pola Hidup Sehat melalui Inclusive Physical Literacy – Physical Disability (INCALCY-PHITY) bagi Komunitas Penyandang Disabilitas dengan Hambatan Fisik di Kabupaten Bojonegoro
16 2021 Pelatihan Memanah Pada Anak Berkebutuhan Khusus
17 2024 Membangun Kesetaraan: Workshop Guru dalam Menerapkan Pendekatan Inklusif di Sekolah

Publikasi Jurnal

No Judul Artikel Ilmiah Nama Jurnal Volume/Nomor/Tahun
1 Critical Analysis of the Inclusive Education Implementation in the Concept of Freedom of the Soul and Zona Proximal Development - /-/0
2 Alviana, dan Ima Kurrotun Ainin.“Metode Aba Bermedia Scrapbook Terhadap Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Pada Anak Autis.” Jurnal Pendidikan Khusus 12, 0 - /-/0
3 Strategi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Adaptif Jurnal Asesmen Dan Intervensi Anak Berkebutuhan Khusus, 2011 - /-/2011
4 Strategi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Adaptif (Penelitian pada Guru Pendidikan Jasmani Adaptif Sekolah Dasar Inklusif Kota Surabaya) JASSI ANAKKU 11 (2), 149-164, 2011 - /-/2011
5 Pembelajaran Chaning Bermedia Origamiterhadap Kemempuan Motorik Halus Anaktunagrahita Sedang Jurnal Pendidikan Khusus 3 (3), 2013 - /-/2013
6 Study of academic atmosphere among universities in Indonesia and Thailand Proceeding the International Conference on Education Innovation 1 (1), 307-311, 2017 - /-/2017
7 PENERAPAN KETERAMPILAN MOZAIK TERHADAP KEMAMPUAN PERHATIAN ANAK AUTIS Jurnal Pendidikan Khusus 10 (3), 2018 - /-/2018
8 PENGGUNAAN MEDIA PASIR DALAM PEMBELAJARAN MENULIS ABJAD SESUAI DENGAN TAHAPAN PADA ANAK DISLEKSIA Jurnal Pendidikan Khusus 10 (3), 2018 - /-/2018
9 KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU UNTUK MEMOTIVASI BELAJAR PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS Jurnal Pendidikan Khusus 10 (2), 2018 - /-/2018
10 Pengaruh Metode Multisensori Terhadap Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Pada Anak Autis Di TK Mentari School Sidoarjo Jurnal Pendidikan Khusus 10 (2), 2018 - /-/2018
11 Are Indonesian Sign Language and Total Communication Beneficial for Teachers in Inclusive School? 2nd INDOEDUC4ALL-Indonesian Education for All (INDOEDUC 2018), 203-206, 2018 - /-/2018
12 Descriptive Analysis of Parent Involvement in Learning Students Special Needs in Inclusive Schools icei 388 (Advances in Social Science, Education), 156, 2019 - /-/2019
13 Scaffolding task analysis and multimedia in development life skill intellectual disability student 3rd International Conference on Special Education (ICSE 2019), 322-325, 2019 - /-/2019
14 Increased Understanding of Principals and Deputy Principals Regarding the Implementation of Inclusive Education 3rd International Conference on Special Education (ICSE 2019), 216-219, 2019 - /-/2019
15 Identifikasi Siswa Disleksia Di Sekolah Dasar Negeri Inklusi Surabaya Timur Jurnal Pendidikan Khusus 12 (3), 2019 - /-/2019
16 A needs analysis of instructional materials on early literacy dyslexia student in regular-inclusive school 3rd International Conference on Special Education (ICSE 2019), 95-98, 2019 - /-/2019
17 METODE MULTISENSORI BERMEDIA GAMIFIKASI UNTUK KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN ANAK DYSLEKSIA Jurnal Pendidikan Khusus 11 (1), 2019 - /-/2019
18 Metode ABA Bermedia Scrapbook Terhadap Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Pada Anak Autis Jurnal Pendidikan Khusus 12 (3), 2019 - /-/2019
19 METODE FLOORTIME BERMEDIA KARTU BERGAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN BAHASA RESEPTIF ANGGOTA TUBUH ANAK AUTIS Jurnal Pendidikan Khusus 12 (3), 2019 - /-/2019
20 STUDI DESKRIPTIF PELAKSANAAN IDENTIFIKASI DAN ASESMEN DI SEKOLAH REGULER Jurnal Pendidikan Khusus 12 (3), 2019 - /-/2019
21 Learning For Students With Hearing Impairment In Inclusive Class On Sensorimotor Development Course International Conference on Special Education In South East Asia Region 10th …, 2020 - /-/2020
22 Pembelajaran Berbasis TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) pada Anak Kesulitan Belajar Spesifik Jurnal Pendidikan Khusus 15 (2), 2020 - /-/2020
23 Indigenus Inclusive Education Concept Base on Ki Hadjar Dewantara Values and Dysontogenesis Vygotsky Theory International Conference on Special Education In South East Asia Region 10th …, 2020 - /-/2020
24 MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN ANAK DISLEKSIA DENGAN MEDIA DIGITAL AUDIOBOOKS Jurnal Pendidikan Khusus 16 (1), 2020 - /-/2020
25 PENERAPAN METODE ANALISIS GLASS TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL HURUF ABJAD ANAK DISLEKSIA Jurnal Pendidikan Khusus 16 (1), 2020 - /-/2020
26 METODE MIND MAPPING PADA KEMAMPUAN MEMBACA SISWA DISLEKSIA Jurnal Pendidikan Khusus 16 (1), 2020 - /-/2020
27 Strategi Intervensi Dini Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Tunarungu Jurnal Pendidikan Khusus 15 (2), 2020 - /-/2020
28 Critical Analysis of the Inclusive Education Implementation in the Concept of Freedom of the Soul and Zona Proximal Development JPI (Jurnal Pendidikan Inklusi) 3 (2), 62-71, 2020 - /-/2020
29 ANALISIS KENDALA ORANG TUA DALAM MENDAMPINGI STUDY FROM HOME ANAK DISLEKSIA SELAMA PANDEMI COVID-19 Jurnal Pendidikan Khusus 16 (1), 2020 - /-/2020
30 PENGGUNAAN METODE ANALISIS GLASS UNTUK KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK KESULITAN BELAJAR Jurnal Pendidikan Khusus 16 (2), 2021 - /-/2021
31 Peran Orang Tua Dalam Pembelajaran Anak Kesulitan Belajar Dimasa Pandemi Covid19 Jurnal Pendidikan Khusus 16 (2), 2021 - /-/2021
32 Literasi Siswa Penyandang Disabilitas Rungu di Kelas Inklusif JPI (Jurnal Pendidikan Inklusi) 4 (2), 113-125, 2021 - /-/2021

Karya Buku

No Judul Buku Tahun Jumlah Halaman Penerbit

Pemakalah Seminar Ilmiah

No Nama Temu ilmiah / Seminar Judul Artikel Ilmiah Waktu dan Tempat

Hak Karya Ilmiah

No Judul/Tema HKI Tahun Jenis Nomor
1 Sensori dan Perilaku Anak Kesulitan Belajar 2021 hak cipta EC00202187263
2 Teknologi Asistif: Konsep dan Perkembangan 2021 hak cipta EC00202187258