Ima Kurrotun Ainin, S.Pd., M.Pd.

Ima Kurrotun Ainin, S.Pd., M.Pd., lahir di Mojokerto pada tanggal 02-02-1983 adalah dosen di Universitas Negeri Surabaya. Dalam 1 tahun terakhir, mengampu 29 matakuliah. Sudah melakukan pengabdian sebanyak 22. Sudah mempublikasi Artikel Ilmiah dalam jurnal sebanyak 26. Memperoleh HKI sebanyak 2.

Identitas Diri

Riwayat Pendidikan

S1 S2
Nama Perguruan Tinggi UNESA UPI
Bidang Ilmu - Pendidikan Kebutuhan Khusus
Tahun Masuk-Lulus - - 2006 2008 - 2012
Judul Skripsi/Tesis/Disertasi - -
Nama Pembimbing/Promotor - -

Mata Kuliah yang Diampu

No. Mata Kuliah
1 Asesmen Anak Kesulitan Belajar
2 Identifikasi dan Asesmen Anak Berkebutuhan Khusus
3 Internship
4 Intership
5 Intervensi Anak Kesulitan Belajar
6 INTERVENSI DINI ANAK KESULITAN BELAJAR
7 KETERAMPILAN MENGAJAR DAN PEMBELAJARAN MIKRO
8 KKN
9 KKN Asistensi Mengajar Evaluasi Program
10 KKN Asistensi Mengajar Perancangan Program
11 KKN Kewirausahaan Evaluasi Program
12 KKN Kewirausahaan Perancangan Program
13 KKN Proyek Kemanusiaan Perancangan Program
14 KKNT
15 Kuliah Kerja Nyata (Kkn)
16 Micro Teaching
17 Ortopedagogik Anak Kesulitan Belajar
18 PEMBELAJARAN ANAK BERBAKAT
19 Pembelajaran Anak dengan Gangguan Pemusatan Perhatian dan Hiperaktif
20 Pendidikan Inklusi
21 PENDIDIKAN INKLUSI
22 Pendidikan Inklusif
23 Pengembangan Komunikasi, Interaksi Sosial, dan Perilaku
24 Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP)
25 PLP-Praktik Mengajar
26 Program Pembelajaran Individual
27 Psikologi Pendidikan
28 SENSORI DAN PERILAKU ANAK KESULITAN BELAJAR
29 TEKNOLOGI ASISTIF

Data Penelitian Dari Sim Litabmas

No. Tahun Judul Sumber Dana
1 2019 PELATIHAN METODE MULTISENSORI UNTUK ANAK BERKESULITAN BELAJAR BAGI GURU PEMBIMBING KHUSUS SEKOLAH INKLUSI Litabmas
2 2019 ANALISIS KRITIS TEORI VIGOTSKY DALAM IMPLEMENTASI PENDIDIKAN INKLUSI Litabmas
3 2022 PELATIHAN PEMAHAMAN PEMBELAJARAN PESERTA DIDIK BERKESULITAN BELAJAR UNTUK GURU SEKOLAH DASAR DI MOJOKERTO Litabmas
4 2019 PELATIHAN METODE MULTISENSORI UNTUK ANAK BERKESULITAN BELAJAR BAGI GURU PEMBIMBING KHUSUS SEKOLAH INKLUSI Litabmas
5 2019 ANALISIS KRITIS TEORI VIGOTSKY DALAM IMPLEMENTASI PENDIDIKAN INKLUSI Litabmas
6 2019 PELATIHAN METODE MULTISENSORI UNTUK ANAK BERKESULITAN BELAJAR BAGI GURU PEMBIMBING KHUSUS SEKOLAH INKLUSI Litabmas
7 2019 ANALISIS KRITIS TEORI VIGOTSKY DALAM IMPLEMENTASI PENDIDIKAN INKLUSI Litabmas
8 2022 PENGEMBANGAN AKTIFITAS PEMBELAJARAN MULTISENSORI BAGI DISLEKSIA Litabmas
9 2022 PELATIHAN PEMAHAMAN PEMBELAJARAN PESERTA DIDIK BERKESULITAN BELAJAR UNTUK GURU SEKOLAH DASAR DI MOJOKERTO Litabmas
10 2021 KOMUNIPEDIA WEBSITE INTEGRASI PRODUK UNGGULAN IPTEK DISSABILITAS Litabmas
11 2020 PENGEMBANGAN SITUS JOBSDIS: FASILITASI ANGKATAN KERJA DISABILTAS DAN PERUSAHAAN PENGGUNA TENAGA KERJA DISABILITAS Litabmas
12 2019 PELATIHAN METODE MULTISENSORI UNTUK ANAK BERKESULITAN BELAJAR BAGI GURU PEMBIMBING KHUSUS SEKOLAH INKLUSI Litabmas
13 2019 ANALISIS KRITIS TEORI VIGOTSKY DALAM IMPLEMENTASI PENDIDIKAN INKLUSI Litabmas
14 2022 PENGEMBANGAN AKTIFITAS PEMBELAJARAN MULTISENSORI BAGI DISLEKSIA Litabmas
15 2022 PELATIHAN PEMAHAMAN PEMBELAJARAN PESERTA DIDIK BERKESULITAN BELAJAR UNTUK GURU SEKOLAH DASAR DI MOJOKERTO Litabmas
16 2021 KOMUNIPEDIA WEBSITE INTEGRASI PRODUK UNGGULAN IPTEK DISSABILITAS Litabmas
17 2020 PENGEMBANGAN SITUS JOBSDIS: FASILITASI ANGKATAN KERJA DISABILTAS DAN PERUSAHAAN PENGGUNA TENAGA KERJA DISABILITAS Litabmas
18 2019 PELATIHAN METODE MULTISENSORI UNTUK ANAK BERKESULITAN BELAJAR BAGI GURU PEMBIMBING KHUSUS SEKOLAH INKLUSI Litabmas
19 2019 ANALISIS KRITIS TEORI VIGOTSKY DALAM IMPLEMENTASI PENDIDIKAN INKLUSI Litabmas
20 2020 PENGEMBANGAN SITUS JOBSDIS: FASILITASI ANGKATAN KERJA DISABILTAS DAN PERUSAHAAN PENGGUNA TENAGA KERJA DISABILITAS Litabmas
21 2024 PERSPEKTIF GURU SEKOLAH INKLUSI TERHADAP MODUL AJAR BERDIFERENSIASI BAGI PESERTA DIDIK DISABILITAS Litabmas
22 2022 PELATIHAN PEMAHAMAN PEMBELAJARAN PESERTA DIDIK BERKESULITAN BELAJAR UNTUK GURU SEKOLAH DASAR DI MOJOKERTO Litabmas
23 2019 PELATIHAN METODE MULTISENSORI UNTUK ANAK BERKESULITAN BELAJAR BAGI GURU PEMBIMBING KHUSUS SEKOLAH INKLUSI Litabmas
24 2019 ANALISIS KRITIS TEORI VIGOTSKY DALAM IMPLEMENTASI PENDIDIKAN INKLUSI Litabmas

Data Penelitian Dari Non Litabmas

No. Tahun Judul Sumber Dana
1 2023 NILAI-NILAI PENDIDIKAN KI HAJAR DEWANTARA UNTUK MEMBENTUK KARAKTER SIVITAS AKADEMIKA FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
2 2020 Pengembangan Perangkat Instrumen Identifikasi Anak Berkebutuhan Khusus
3 2025 Analisis Perkembangan Kemampuan Gross Motor Anak dengan Disabilitas Intelektual setelah Penerapan Hopscotch Game
4 2022 EASYSINGNALONGINDONESIA: PENGEMBANGAN APLIKASI MOBILE DEVICE UNTUK MENDUKUNG UNIVERSITAS RAMAH DISABILITAS
5 2025 Analisis Hambatan Aktivitas Fisik Para Penyandang Disabilitas dengan Hambatan Intelektual Berbasis Persepsi Orang Tua
6 2023 Perbedaan Pemahaman dan Persepsi Guru tentang Disleksia di Indonesia dan Republik Kosovo: Sebuah Studi Perbandingan
7 2025 Aplikasi Mylexic sebagai alat bantu peserta didik disleksia mengatasi kesulitan membaca dan menulis
8 2021 Komunipedia Website Integrasi Produk Unggulan Iptek Dissabilitas
9 2022 Experiental dan Video Based Learning Berbantuan Scaffolding Untuk Meningkatkan Vokasional Life Skill Homemade Disabilitas di Sekolah Inklusi
10 2025 Studi Evaluasi Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Inklusif pada Jenjang Sekolah Dasar se Kota Surabaya
11 2019 PENGEMBANGAN APLIKASI JEJARING KARIR INKLUSI UNTUK TENAGA KERJA DISABILITAS
12 2022 PENGEMBANGAN AKTIFITAS PEMBELAJARAN MULTISENSORI BAGI DISLEKSIA
13 2024 ANAK BERKESULITAN BELAJAR DALAM RAGAM PERSPEKTIF ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS
14 2024 Analisis Faktor Penghambat Aktivitas Fisik Penyandang Disabilitas Dengan Hambatan Penglihatan
15 2025 Strategi Pendidikan Individu pada Mata Pelajaran Kimia dengan Media Interaktif bagi Siswa Diabilitas Intelektual (MIDI) Slow Learner di Sekolah Menengah Atas
16 2021 PRAKTIK TERBAIK PENERAPAN PENDIDIKAN INKLUSIF DI PEGURUAN TINGGI DI INDONESIA DAN AUSTRALIA
17 2023 IMPLEMENTASI KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS MELALUI MIND MAPPING MENGGUNAKAN APLIKASI POPPLET PADA MATA KULIAH PEMBELAJARAN SAINSMAT
18 2021 PENGEMBANGAN PEDOMAN LAYANAN MAHASISWA DISABILITAS DI UNESA
19 2024 PENGEMBANGAN BIGBOOKS SIGNALONG INDONESIA (SI) DENGAN TEMA DISASTER RISK REDUCTION (DRR) BERMETODE ROLE PLAYING UNTUK MEMPERSIAPKAN SEKOLAH INKLUSIF TANGGAP BENCANA
20 2021 Aksessibilitas Lingkungan literasi Kaya Teks Cetak-Elektronik bagi Anak Tunarungu di Sekolah dan di Rumah
21 2024 Perspektif Guru Sekolah Inklusi Terhadap Modul Ajar Berdiferensiasi Bagi Peserta Didik Disabilitas
22 2020 PENGEMBANGAN SITUS JOBSDIS: FASILITASI ANGKATAN KERJA DISABILTAS DAN PERUSAHAAN PENGGUNA TENAGA KERJA DISABILITAS
23 2023 EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS LABORATORIUM DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN LUAR BIASA UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR MAHASISWA
24 2022 STUDI PEMETAAN KESIAPAN MENTAL WIRAUSAHA PENYANDANG DISABILITAS
25 2024 KURIKULUM UNTUK SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH LUAR BIASA (PERSPEKTIF GURU DAN ORANGTUA)
26 2025 Analisis Faktor yang Mempengaruhi Kesuksesan Pembelajaran Matematika Inklusi di Sekolah Menengah Pertama Kota Surabaya

Pengabdian Kepada Masyarakat

No Tahun Judul Pengabdian Sumber Pendanaan
1 2024 PELATIHAN PRODUK PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI
2 2022 PELATIHAN PEMAHAMAN PEMBELAJARAN PESERTA DIDIK BERKESULITAN BELAJAR UNTUK GURU SEKOLAH DASAR DI MOJOKERTO
3 2022 PKM PENINGKATAN LAYANAN PEMBELAJARAN RENANG BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DENGAN MEMANFAATKAN ASISTIF ROMPI KAMBANG
4 2024 Pelatihan Pengelolaan Kelas Inklusif di SMA N 19 Surabaya
5 2025 PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS DEEP LEARNING MELALUI IMPLEMENTASI ILMU PENDIDIKAN DI SMAN 8 SURABAYA
6 2022 Pelatihan Life Skill Pembuatan Batik Ecoprint Melalui Contextual Teacing and Learning Berbasis Web Bagi Siswa Tunagrahita di SMALB AKW II Surabaya
7 2023 Pelatihan Life Skill Pembuatan Kopi Rempah Dengan Pemasaran Online Bagi Disabilitas dan Mahasiswa PLB di Surabaya
8 2025 Hands-On Sustainability: Pendekatan Inklusif untuk Mengajarkan Natural Compost bagi siswa berkebutuhan khusus di Sekolah
9 2024 Pelatihan Digital Marketing Berbasis Smartphone Untuk Membangun Kemandirian Ekonomi Pada Komunitas Tuli Gresik
10 2024 PKM Edukasi Pola Hidup Sehat melalui Inclusive Physical Literacy - Deaf Disability (INCALCY-DETY) bagi Komunitas Penyandang Disabilitas dengan Hambatan Pendengaran di Kabupaten Bojonegoro
11 2022 PELATIHAN PENERAPAN TEACCH- WORK SYSTEM DALAM PENGEMBANGAN EXECUTIVE FUNCTIONS SISWA AUTIS BAGI GURU DI SURABAYA
12 2023 PKM PENINGKATAN LAYANAN PEMBELAJARAN RENANG BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DENGAN MEMANFAATKAN ASISTIF ROMPI KAMBANG
13 2022 : PKM Edukasi Pola Hidup Sehat Melalui Inclusive Physical Literacy (INCALCY) Bagi Komunitas Penyandang Disabilitas Dengan Hambatan Penglihatan di Kota Batu
14 2024 PENINGKATAN LAYANAN PEMBELAJARAN AKTIVITAS MOTORIK BAGI ANAK DISPRAKSIA DENGAN MODEL CIRCUIT GAME
15 2023 Pelatihan Penerapan Metode Visual Auditori Kinestetik dan Taktil (VAKT) pada Siswa Kesulitan Belajar Spesifik melalui Pembuatan Handicraft
16 2020 PELATIHAN PEMBUATAN WASTAFEL PORTABEL SEMI OTOMATIS DALAM RANGKA PEMBERDAYAAN WARGA TERDAMPAK PANDEMI COVID 19 DI DUSUN WONOKOYO SUKODONO
17 2023 PKM Edukasi Pola Hidup Sehat melalui Inclusive Physical Literacy – Physical Disability (INCALCY-PHITY) bagi Komunitas Penyandang Disabilitas dengan Hambatan Fisik di Kabupaten Bojonegoro
18 2025 Pelatihan Komunikasi Alternatif Signalong Indonesia bagi Guru PAUD Inklusi di Kota Surabaya sebagai Upaya Mendukung Inklusifitas dalam Pembelajaran
19 2021 Pelatihan Memanah Pada Anak Berkebutuhan Khusus
20 2025 Peningkatan Kompetensi Guru Sekolah Inklusi dan SLB Melalui Pelatihan Gym Ball
21 2024 Membangun Kesetaraan: Workshop Guru dalam Menerapkan Pendekatan Inklusif di Sekolah
22 2025 Pelatihan Digital Marketing dan Pengelolaan Keuangan Sederhana untuk Membangun Kemandirian Ekonomi Pada Komunitas Tuli Gresik

Publikasi Jurnal

No Judul Artikel Ilmiah Nama Jurnal Volume/Nomor/Tahun
1 Critical Analysis of the Inclusive Education Implementation in the Concept of Freedom of the Soul and Zona Proximal Development - /-/0
2 Alviana, dan Ima Kurrotun Ainin.“Metode Aba Bermedia Scrapbook Terhadap Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Pada Anak Autis.” Jurnal Pendidikan Khusus 12, 0 - /-/0
3 Strategi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Adaptif (Penelitian pada Guru Pendidikan Jasmani Adaptif Sekolah Dasar Inklusif Kota Surabaya) JASSI ANAKKU 11 (2), 149-164, 2011 - /-/2011
4 Strategi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Adaptif Jurnal Asesmen Dan Intervensi Anak Berkebutuhan Khusus, 2011 - /-/2011
5 Pembelajaran Chaning Bermedia Origamiterhadap Kemempuan Motorik Halus Anaktunagrahita Sedang Jurnal Pendidikan Khusus 3 (3), 2013 - /-/2013
6 Study of academic atmosphere among universities in Indonesia and Thailand Proceeding the International Conference on Education Innovation 1 (1), 307-311, 2017 - /-/2017
7 PENERAPAN KETERAMPILAN MOZAIK TERHADAP KEMAMPUAN PERHATIAN ANAK AUTIS Jurnal Pendidikan Khusus 10 (3), 2018 - /-/2018
8 Pengaruh Metode Multisensori Terhadap Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Pada Anak Autis Di TK Mentari School Sidoarjo Jurnal Pendidikan Khusus 10 (2), 2018 - /-/2018
9 PENGGUNAAN MEDIA PASIR DALAM PEMBELAJARAN MENULIS ABJAD SESUAI DENGAN TAHAPAN PADA ANAK DISLEKSIA Jurnal Pendidikan Khusus 10 (3), 2018 - /-/2018
10 KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU UNTUK MEMOTIVASI BELAJAR PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS Jurnal Pendidikan Khusus 10 (2), 2018 - /-/2018
11 METODE MULTISENSORI BERMEDIA GAMIFIKASI UNTUK KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN ANAK DYSLEKSIA Jurnal Pendidikan Khusus 11 (1), 2019 - /-/2019
12 Increased Understanding of Principals and Deputy Principals Regarding the Implementation of Inclusive Education 3rd International Conference on Special Education (ICSE 2019), 216-219, 2019 - /-/2019
13 Identifikasi Siswa Disleksia Di Sekolah Dasar Negeri Inklusi Surabaya Timur Jurnal Pendidikan Khusus 12 (3), 2019 - /-/2019
14 A needs analysis of instructional materials on early literacy dyslexia student in regular-inclusive school 3rd International Conference on Special Education (ICSE 2019), 95-98, 2019 - /-/2019
15 Scaffolding task analysis and multimedia in development life skill intellectual disability student 3rd International Conference on Special Education (ICSE 2019), 322-325, 2019 - /-/2019
16 Metode ABA Bermedia Scrapbook Terhadap Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Pada Anak Autis Jurnal Pendidikan Khusus 12 (3), 2019 - /-/2019
17 METODE FLOORTIME BERMEDIA KARTU BERGAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN BAHASA RESEPTIF ANGGOTA TUBUH ANAK AUTIS Jurnal Pendidikan Khusus 12 (3), 2019 - /-/2019
18 STUDI DESKRIPTIF PELAKSANAAN IDENTIFIKASI DAN ASESMEN DI SEKOLAH REGULER Jurnal Pendidikan Khusus 12 (3), 2019 - /-/2019
19 MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN ANAK DISLEKSIA DENGAN MEDIA DIGITAL AUDIOBOOKS Jurnal Pendidikan Khusus 16 (1), 2020 - /-/2020
20 METODE MIND MAPPING PADA KEMAMPUAN MEMBACA SISWA DISLEKSIA Jurnal Pendidikan Khusus 16 (1), 2020 - /-/2020
21 Pembelajaran Berbasis TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) pada Anak Kesulitan Belajar Spesifik Jurnal Pendidikan Khusus 15 (2), 2020 - /-/2020
22 PENERAPAN METODE ANALISIS GLASS TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL HURUF ABJAD ANAK DISLEKSIA Jurnal Pendidikan Khusus 16 (1), 2020 - /-/2020
23 Strategi Intervensi Dini Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Tunarungu Jurnal Pendidikan Khusus 15 (2), 2020 - /-/2020
24 ANALISIS KENDALA ORANG TUA DALAM MENDAMPINGI STUDY FROM HOME ANAK DISLEKSIA SELAMA PANDEMI COVID-19 Jurnal Pendidikan Khusus 16 (1), 2020 - /-/2020
25 PENGGUNAAN METODE ANALISIS GLASS UNTUK KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK KESULITAN BELAJAR Jurnal Pendidikan Khusus 16 (2), 2021 - /-/2021
26 Peran Orang Tua Dalam Pembelajaran Anak Kesulitan Belajar Dimasa Pandemi Covid19 Jurnal Pendidikan Khusus 16 (2), 2021 - /-/2021

Karya Buku

No Judul Buku Tahun Jumlah Halaman Penerbit

Pemakalah Seminar Ilmiah

No Nama Temu ilmiah / Seminar Judul Artikel Ilmiah Waktu dan Tempat

Hak Karya Ilmiah

No Judul/Tema HKI Tahun Jenis Nomor
1 Sensori dan Perilaku Anak Kesulitan Belajar 2021 hak cipta EC00202187263
2 Teknologi Asistif: Konsep dan Perkembangan 2021 hak cipta EC00202187258