Puspita Sari Sukardani, S.T., M.Med.Kom.

Puspita Sari Sukardani, S.T., M.Med.Kom., lahir di Situbondo pada tanggal 13-11-1983 adalah dosen di Universitas Negeri Surabaya. Dalam 1 tahun terakhir, mengampu 28 matakuliah. Sudah melakukan pengabdian sebanyak 19. Sudah mempublikasi Artikel Ilmiah dalam jurnal sebanyak 50. Menjadi pemakalah seminar ilmiah sebanyak 1.

Identitas Diri

Riwayat Pendidikan

S1 S2
Nama Perguruan Tinggi Institut Teknologi Sepuluh Nopember UNAIR
Bidang Ilmu Desain Produk Industri- Desain Komunikasi Visual Media dan Komunikasi
Tahun Masuk-Lulus 2002 - 2006 2007 - 2010
Judul Skripsi/Tesis/Disertasi Perancangan Promosi Event Bobo Sport Fiesta 2007 Visualisasi Ikon Kota Surabaya Pada Batik Tulis Surabaya
Nama Pembimbing/Promotor Sayatman, S.Sn. -

Mata Kuliah yang Diampu

No. Mata Kuliah
1 Branding
2 Desain Komunikasi Visual
3 Evolusi Komunikasi
4 Excellent Services and Hospitality
5 Fotografi
6 Ilmu Komunikasi
7 KKN Proyek Desa Pengembangan Perangkat
8 KKN Proyek indpenden Pengembangan perangkat
9 KKNT
10 Komunikasi Organisasi
11 Komunikasi Pemasaran
12 Komunikasi Publik
13 KOMUNIKASI PUBLIK
14 Kreativita Periklanan
15 Leisure and Popular Culture
16 LITERASI DIGITAL
17 Pengantar Humas
18 Perencanaan Periklanan
19 Periklanan
20 Perilaku Konsumen dan Gaya Hidup
21 Perkemb.teknologi Komunikasi
22 Riset Khalayak
23 Seminar
24 Sinematografi
25 Sistem Komunikasi Indonesia
26 Skripsi
27 Social Media Life
28 Visual Digital dan Multimedia

Data Penelitian Dari Sim Litabmas

No. Tahun Judul Sumber Dana
1 2019 IMPLEMENTASI PENGEMBANGAN DESTINASI EKOWISATA KAWASAN PANTAI SENDANG BIRU SEBAGAI SARANA WISATA KONSERVASI Litabmas
2 2019 IMPLEMENTASI PENGEMBANGAN DESTINASI EKOWISATA KAWASAN PANTAI SENDANG BIRU SEBAGAI SARANA WISATA KONSERVASI Litabmas
3 2021 PEMBUATAN BRAND IDENTITY DAN PELATIHAN PROMOSI DIGITAL SENTRA WISATA KULINER SEMOLOWARU SEBAGAI BAGIAN DARI PROGRAM AKTIVASI KAWASAN SURABAYA TIMUR Litabmas
4 2019 IMPLEMENTASI PENGEMBANGAN DESTINASI EKOWISATA KAWASAN PANTAI SENDANG BIRU SEBAGAI SARANA WISATA KONSERVASI Litabmas
5 2021 PEMBUATAN BRAND IDENTITY DAN PELATIHAN PROMOSI DIGITAL SENTRA WISATA KULINER SEMOLOWARU SEBAGAI BAGIAN DARI PROGRAM AKTIVASI KAWASAN SURABAYA TIMUR Litabmas
6 2021 PEMBUATAN BRAND IDENTITY DAN PELATIHAN PROMOSI DIGITAL SENTRA WISATA KULINER SEMOLOWARU SEBAGAI BAGIAN DARI PROGRAM AKTIVASI KAWASAN SURABAYA TIMUR Litabmas
7 2023 ANALISIS PENJEJAKAN MATA UNTUK MENGUKUR PREFERENSI VISUAL PADA TAMPILAN VIRTUAL TOUR 360 (STUDI VR KOTA SURABAYA DI INDONESIAVIRTUALTOUR.COM) Litabmas
8 2023 ANALISIS PENJEJAKAN MATA UNTUK MENGUKUR PREFERENSI VISUAL PADA TAMPILAN VIRTUAL TOUR 360 (STUDI VR KOTA SURABAYA DI INDONESIAVIRTUALTOUR.COM) Litabmas
9 2023 ANALISIS PENJEJAKAN MATA UNTUK MENGUKUR PREFERENSI VISUAL PADA TAMPILAN VIRTUAL TOUR 360 (STUDI VR KOTA SURABAYA DI INDONESIAVIRTUALTOUR.COM) Litabmas
10 2021 PEMBUATAN BRAND IDENTITY DAN PELATIHAN PROMOSI DIGITAL SENTRA WISATA KULINER SEMOLOWARU SEBAGAI BAGIAN DARI PROGRAM AKTIVASI KAWASAN SURABAYA TIMUR Litabmas
11 2021 PEMBUATAN BRAND IDENTITY DAN PELATIHAN PROMOSI DIGITAL SENTRA WISATA KULINER SEMOLOWARU SEBAGAI BAGIAN DARI PROGRAM AKTIVASI KAWASAN SURABAYA TIMUR Litabmas
12 2021 PEMBUATAN BRAND IDENTITY DAN PELATIHAN PROMOSI DIGITAL SENTRA WISATA KULINER SEMOLOWARU SEBAGAI BAGIAN DARI PROGRAM AKTIVASI KAWASAN SURABAYA TIMUR Litabmas
13 2023 ANALISIS PENJEJAKAN MATA UNTUK MENGUKUR PREFERENSI VISUAL PADA TAMPILAN VIRTUAL TOUR 360 (STUDI VR KOTA SURABAYA DI INDONESIAVIRTUALTOUR.COM) Litabmas
14 2023 ANALISIS PENJEJAKAN MATA UNTUK MENGUKUR PREFERENSI VISUAL PADA TAMPILAN VIRTUAL TOUR 360 (STUDI VR KOTA SURABAYA DI INDONESIAVIRTUALTOUR.COM) Litabmas
15 2021 IMPLEMENTASI BRAND ACTIVATION KAMPOENG BATIK JETIS SEBAGAI BAGIAN DARI CITY BRANDING SIDOARJO Litabmas
16 2021 PEMBUATAN BRAND IDENTITY DAN PELATIHAN PROMOSI DIGITAL SENTRA WISATA KULINER SEMOLOWARU SEBAGAI BAGIAN DARI PROGRAM AKTIVASI KAWASAN SURABAYA TIMUR Litabmas
17 2019 IMPLEMENTASI PENGEMBANGAN DESTINASI EKOWISATA KAWASAN PANTAI SENDANG BIRU SEBAGAI SARANA WISATA KONSERVASI Litabmas
18 2023 ANALISIS PENJEJAKAN MATA UNTUK MENGUKUR PREFERENSI VISUAL PADA TAMPILAN VIRTUAL TOUR 360 (STUDI VR KOTA SURABAYA DI INDONESIAVIRTUALTOUR.COM) Litabmas
19 2019 IMPLEMENTASI PENGEMBANGAN DESTINASI EKOWISATA KAWASAN PANTAI SENDANG BIRU SEBAGAI SARANA WISATA KONSERVASI Litabmas
20 2023 ANALISIS PENJEJAKAN MATA UNTUK MENGUKUR PREFERENSI VISUAL PADA TAMPILAN VIRTUAL TOUR 360 (STUDI VR KOTA SURABAYA DI INDONESIAVIRTUALTOUR.COM) Litabmas
21 2019 IMPLEMENTASI PENGEMBANGAN DESTINASI EKOWISATA KAWASAN PANTAI SENDANG BIRU SEBAGAI SARANA WISATA KONSERVASI Litabmas
22 2022 MODEL PENGEMBANGAN KOTA KREATIF SURABAYA BERBASIS HEXA HELIX DALAM UPAYA MEWUJUDKAN EKOSISTEM KREATIF Litabmas
23 2023 ANALISIS PENJEJAKAN MATA UNTUK MENGUKUR PREFERENSI VISUAL PADA TAMPILAN VIRTUAL TOUR 360 (STUDI VR KOTA SURABAYA DI INDONESIAVIRTUALTOUR.COM) Litabmas
24 2021 PEMBUATAN BRAND IDENTITY DAN PELATIHAN PROMOSI DIGITAL SENTRA WISATA KULINER SEMOLOWARU SEBAGAI BAGIAN DARI PROGRAM AKTIVASI KAWASAN SURABAYA TIMUR Litabmas
25 2021 IMPLEMENTASI BRAND ACTIVATION KAMPOENG BATIK JETIS SEBAGAI BAGIAN DARI CITY BRANDING SIDOARJO Litabmas
26 2019 IMPLEMENTASI PENGEMBANGAN DESTINASI EKOWISATA KAWASAN PANTAI SENDANG BIRU SEBAGAI SARANA WISATA KONSERVASI Litabmas

Data Penelitian Dari Non Litabmas

No. Tahun Judul Sumber Dana
1 2023 Pengembangan Buku Ajar Mata Kuliah Perencanaan Periklanan
2
3 2025 Narasi Hijrah dan Kapitalisme Digital: Komodifikasi Religiusitas Perempuan Muslim di Instagram
4 2024 Penggunaan Media Baru, Interaksi Sosial, dan Pengungkapan Diri Milenial Kota Surabaya
5 2022 PENGEMBANGAN MOTION GRAPHIC SEBAGAI TRANSFORMASI RELIEF KE MEDIA DIGITAL UNTUK MEMPERMUDAH PEMAHAMAN PESAN CERITA PANJI PADA CANDI MIRIGAMBAR
6 2025 Interaksi Komunikasi Gaya Hidup dan Keterlibatan Sosial Digital Diantara Penggemar Olahraga Lari: Studi Komparatif Pada Komunitas GGRun, Suroboyo Mlayu Banter, dan Indo Runner Surabaya
7 2020 Kepuasan Mahasiswa terhadap Pemanfaatan Media Perkulihan Daring selama Pandemi Covid 19
8 2025 "Kearifan Lokal sebagai Basis Pembangunan Ekonomi Sosial: Studi Empiris tentang Pengembangan Usaha Kulinier Sate Ayam di Gang Sate Jalan Lawu Ponorogo"
9 2021 Media Sosial Sebagai Strategi Komunikasi dalam Pendidikan Pemilih oleh KPU Kota Surabaya pada Masa Pandemi Covid - 19
10 2021 PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL UNTUK KOMUNIKASI PUBLIK PADA PEMERINTAH DAERAH (STUDI KASUS OPD KOTA SURABAYA
11 2024 Pengintegrasian Nilai Digital Citizesnhip dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila Jenjang SMP di Kota Surabaya
12 2022 ANALISIS PERTUMBUHAN EKONOMI KABUPATEN PONOROGO
13 2024 PENGEMBANGAN ANIMASI RELIEF FABEL CANDI PANATARAN SEBAGAI MEDIA PENGENALAN BUDAYA UNTUK SEKOLAH DASAR
14 2022 Pengembangan Video Dokumenter Role Model Perkembangan Perekonomian Desa Sidomulyo Kecamatan Silo Kabupaten Jember
15 2024 MODEL INTEGRASI TEKNOLOGI VR (Virtual Reality) SEBAGAI MEDIA PROMOSI DESA WISATA DI JAWA TIMUR
16 2024 Development of a Prototype Social Media Account Based on User Generated Content to Promote Tourism Visits in Tulungagung Regency
17 2024 Exploration of Green Entrepreneurship Orientation of MSME’s With Extended Pro-Environmental Planned Behavior Theory: A Combination of PLS-SEM, NCA Analysis and Sequential Explanatory Design Mix Method Analysis
18 2021 IMPLEMENTASI BRAND ACTIVATION KAMPOENG BATIK JETIS SEBAGAI BAGIAN DARI CITY BRANDING SIDOARJO
19 2024 Problematika Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Kurikulum Merdeka pada Jenjang SMK
20 2020 PENGEMBANGAN DESAIN DAN KONTEN INFOGRAFIS DALAM SOSIALISASI WASPADA COVID-19
21 2023 MODEL KOMUNIKASI PADA KEGIATAN PERSONAL SELLING OLEH PELAKU UMKM DI SIDOARJO
22 2022 ANALISIS PERTUMBUHAN EKONOMI KABUPATEN PONOROGO
23 2023 Pengelolaan Kepemimpinan pada Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (Transformasi FISH menjadi FISIPOL Unesa di Tahun 2023)
24 2023 Pemahaman Siswa SMP tentang Digital Citizesnhip di Kota Surabaya
25 2022 MODEL PENGEMBANGAN KOTA KREATIF SURABAYA BERBASIS HEXA HELIX DALAM UPAYA MEWUJUDKAN EKOSISTEM KREATIF
26 2023 Analisis Penjejakan Mata Untuk Mengukur Preferensi Visual Pada Tampilan Virtual Tour 360 (Studi VR Kota Surabaya di indonesiavirtualtour.com)

Pengabdian Kepada Masyarakat

No Tahun Judul Pengabdian Sumber Pendanaan
1 2025 PENGUATAN NILAI KOMUNIKASI KELUARGA BAGI WARGA NEGARA INDONESIA PEKERJA MIGRAN DI KOREA SELATAN
2 2025 Training on Educational Content Production for Indonesia Migrant Worker in Hongkong: Enhancing Digital Skill for Self Empowerment
3 2024 PELATIHAN PENYUSUNAN LKPD INOVATIF UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU-GURU RUMPUN IPS DI SEKOLAH INDONESIA RIYARD
4 2020 OPTIMALISASI WAGs PASAR VIRTUAL UNTUK PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT TERDAMPAK PANDEMI COVID-19
5 2025 Pendampingan Focus Group Discussion (FGD) dan Pelatihan Public Speaking Menuju Desa Wisata Berbasis Digital di Desa Tambakcemandi, Sedati, Sidoarjo
6 2022 Pengembangan Pemasaran Digital dan Perluasan Akses Pasar Batik Ciprat pada Yayasan Disabilitas Rumah Kinasih di Kecamatan Kesamben Kabupaten Blitar
7 2022 BRANDING WISATASEBAGAI UPAYA PENINGANKATAN KUNJUNGAN WISATA DESA SIDOMULYO KECAMATAN SELO KABUPATEN JEMBER
8 2023 Peningkatan Kemampuan Pengajar Asal Tiongkok Di Surabaya Dalam Menyusun Penelitian Tindakan Kelas
9 2025 PENGEMBANGAN CHANNEL YOUTUBE KANAL PENGETAHUAN DAN INOVASI UNTUK MENINGKATKAN CITRA LABSCHOOL UNESA
10 2020 Kampanye Pengurangan Anxiety Disorder Covid-19 melalui Produksi Video Tutorial #dirumah aja
11 2021 Pembuatan Brand Identity Dan Pelatihan Promosi Digital Sentra Wisata Kuliner Semolowaru Sebagai Bagian Dari Program Aktivasi Kawasan Surabaya Timur
12 2024 WORKSHOP PENULISAN ARTIKEL ILMIAH UNTUK MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS DAN KREATIVITAS GURU-GURU LAB SCHOOL UNESA DALAM MENDUKUNG IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA
13 2024 Penguatan Wawasan Kebangsaan bagi Warga Negara Indonesia di Filipina
14 2024 Pengembangan UMKM Melalui Digital Marketing di Desa Prampelan, Kecamatan Karangrejo, Kabupaten Magetan
15 2023 Pelatihan Produksi Konten Bagi Guru di Yayasan Pondok Pesantren Al Mukarromah Kabupaten Pamekasan
16 2023 Kolaborasi Internasional Dalam Penguatan Profil Pelajar Pancasila Di Sekolah Menegah Atas Negeri 8 Surabaya
17 2021 OPTIMALISASI BRANDING DAN PEMASARAN BATIK CIPRAT UMKM DISABILITAS YAYASAN BHAKTI KINASIH MANDIRI SIRAMAN KESAMBEN KABUPATEN BLITAR
18 2025 EDUKASI DAN PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS LIVING VALUES EDUCATION DI LAB SCHOOL UNESA MENUJU PENCIPTAAN SEKOLAH BERKARAKTER DAN BERBUDI PEKERTI
19 2024 PENINGKATAN KEMAMPUAN PENGELOLAAN REKOGNISI PEMBELAJARAN LAMPAU BAGI PERGURUAN TINGGI SWASTA DI KEDIRI

Publikasi Jurnal

No Judul Artikel Ilmiah Nama Jurnal Volume/Nomor/Tahun
1 Muslim Women’s Identity In The Midst Of Urban Society As Represented In “Hijab” Movie Poster Organization Committee, 36 - /-/0
2 Muslim Women’s Identity In The Midst Of Urban Society As Represented In “Hijab” Movie Poster Organization Committee, 36, 0 - /-/0
3 Brand communication melalui digital influencer - /-/2010
4 VISUALISASI IKON KOTA SURABAYA PADA BATIK TULIS SURABAYA (ANALISIS TEKSTUAL BATIK TULIS SURABAYA) UNIVERSITAS AIRLANGGA, 2010 - /-/2010
5 Live Reporting on Indonesian Television 1st International Conference on Social Sciences (ICSS 2018), 329-333, 2018 - /-/2018
6 Multicultural Interreligious Society 1st International Conference on Social Sciences (ICSS 2018), 340-343, 2018 - /-/2018
7 Indonesian journalistic competitions: tribute or threat for press practice Journal of Physics: Conference Series 953 (1), 012192, 2018 - /-/2018
8 Infographic Design As An Effective Communication Model For Volcano Eruption Disaster's Socialization JURNAL ILMU KOMUNIKASI 1 (2), 11-17, 2018 - /-/2018
9 Analisis Strategi Promosi Pariwisata Pulau Bawean Kabupaten Gresik The Commercium 1 (2), 2018 - /-/2018
10 Halal lifestyle: current trends in Indonesian Market 1st International Conference on Social Sciences (ICSS 2018), 334-339, 2018 - /-/2018
11 Representasi Konsep Kecantikan Perempuan di Era Millennials Melalui Beauty Influencer Pada Media Sosial Instagram The Commercium 1 (2), 2018 - /-/2018
12 STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DALAM UPAYA MEMPROMOSIKAN BATIK JAWA TIMUR (Studi Kasus pada ‘Komunitas Batik Jawa Timur’atau ‘KIBAS’) The Commercium 1 (2), 2018 - /-/2018
13 Friendly Lombok: Destination Branding Pulau Lombok Sebagai Upaya Untuk Mempromosikan Pariwiasata The Commercium 1 (1), 2018 - /-/2018
14 Local Films as an Effort to Optimize Character Education Social Sciences, Humanities and Education Conference (SoSHEC 2019), 236-241, 2019 - /-/2019
15 Komunikasi Organisasi Pemerintah Kabupaten Banyuwangi Dalam Pengembangan Sektor Pariwisata: Studi Kasus Festival Lembah Ijen The Commercium 2 (1), 2019 - /-/2019
16 Tourist Village Program for Modern Tourism: A Study on City Branding “Shining Batu” of Batu City International Conference on Social Science 2019 (ICSS 2019), 427-430, 2019 - /-/2019
17 ANALISIS MANAJEMEN EVENT DEVELOPMENTAL BASKETBALL DALAM MENINGKATKAN JUMLAH PENGUNJUNG The Commercium 2 (1), 2019 - /-/2019
18 Visual Storytelling of Infographic Design in News Media: A Comparative Study on Online Media Platforms in Indonesia Social Sciences, Humanities and Education Conference (SoSHEC 2019), 230-235, 2019 - /-/2019
19 Implementasi Pembentukan Brand Identity Dalam Pengembangan Kota Baru (Studi Kasus Pada Kabupaten Madiun, Jawa Timur) The Commercium 2 (1), 2019 - /-/2019
20 Pengaruh Unggahan Brand Engagement@ Ssccake Pada Media Sosial Instagram Terhadap Keputusan Pembelian The Commercium 2 (1), 2019 - /-/2019
21 Analisis Wacana Tangan Kidal Pada Grup Facebook Koki (Komunitas Orang Kidal Indonesia) The Commercium 3 (3), 168-179, 2020 - /-/2020
22 Studi Fenomenologi Terhadap Motif dan Pemaknaan Halal Dalam Produk Kosmetik Pada Perempuan Urban di Kota Surabaya The Commercium 3 (1), 2020 - /-/2020
23 Komunikasi Antarpersonal Pada Pasangan Berbasis Aplikasi Kencan Online (Studi Deskriptif Mahasiswa Negeri Surabaya Pengguna Aplikasi Tinder) The Commercium 2 (2), 2020 - /-/2020
24 NATION BRANDING: REPRESENTASI SOSIAL BUDAYA THAILAND DALAM SERIAL DRAMA “HORMONES” The Commercium 2 (2), 2020 - /-/2020
25 Identitas Visual Sebagai Sebuah Cara untuk Memperkenalkan Inovasi Ekowisata Kemaritiman Jurnal Desain Idea: Jurnal Desain Produk Industri Institut Teknologi Sepuluh …, 2020 - /-/2020
26 Konstruksi Identitas Gaya Hidup Selebgram di Media Sosial Instagram The Commercium 4 (3), 77-91, 2021 - /-/2021
27 Application of Visual Identity to Semolowaru Culinary Tourism Centre Revitalization International Joined Conference on Social Science (ICSS 2021), 161-166, 2021 - /-/2021
28 Lifestyle Identity Construction of Celebgram on Instagram (Case Study of@ AmeliaElle) International Joint Conference on Arts and Humanities 2021 (IJCAH 2021), 667-671, 2021 - /-/2021
29 Social media as a communication strategy in voter education by KPU Surabaya City during the Covid-19 pandemic International Joint Conference on Arts and Humanities 2021 (IJCAH 2021), 709-714, 2021 - /-/2021
30 Strategi Kampanye Public Relations TBS Fight For Sisterhood The Body Shop Indonesia The Commercium 5 (02), 218-224, 2022 - /-/2022
31 STRATEGI PENGELOLAAN INSTAGRAM@ SUROBOYOBUS DALAM MENINGKATKAN AWARENESS TRANSPORTASI UMUM PADA MASYARAKAT KOTA SURABAYA The Commercium 6 (1), 125-133, 2022 - /-/2022
32 PENGARUH KONTEN STORYTELLING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK PARFUM BRAND LOKAL “HMNS”(Survei Pada Pengikut Media Sosial Instagram@ hmns. id) The Commercium 6 (1), 93-98, 2022 - /-/2022
33 KONSEP DIRI DAN SELF ACCEPTANCE PADA PEREMPUAN The Commercium 7 (2), 17-27, 2023 - /-/2023
34 Exploring Digital Citizenship Awareness among Middle School Students in Surabaya: An Empirical Study on Current Perspectives and Educational Implications International Journal of Emerging Research and Review 1 (4), 000050-000050, 2023 - /-/2023
35 Brand Resilience of Local Tourism in the Pandemic Era International Joint Conference on Arts and Humanities 2022 (IJCAH 2022), 269-278, 2023 - /-/2023
36 360 Virtual Tour for Online Tourism Promotion: A Study of Visual Indonesian Virtual Tour of Surabaya Technium Soc. Sci. J. 50, 553, 2023 - /-/2023
37 Interactivity on Government Social Media to Improve Public Services COMMENTATE: Journal of Communication Management 4 (1), 12-23, 2023 - /-/2023
38 PERCEPTION OF GENERATION Z SURABAYA CITY ABOUT REWARD ON SNACKVIDEO The Commercium 6 (2), 100-106, 2023 - /-/2023
39 Motif Keterbukaan Kelompok Minoritas Lgbt (Lesbian, Gay, Biseksual, Dan Transgender) Di Surabaya Pada Media Sosial Tiktok The Commercium 7 (3), 77-86, 2023 - /-/2023
40 Analisis Komunikasi Pemasaran Grace and Glow Melalui Kanal Media Sosial Tiktok The Commercium 7 (1), 209-218, 2023 - /-/2023
41 KOMUNIKASI PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA WISATA NGEBEL KABUPATEN PONOROGO DALAM PENERAPAN COMMUNITY BASED TOURISM The Commercium 7 (1), 1-9, 2023 - /-/2023
42 PEMUNCULAN SELF DISCLOSURE DALAM RELASI FRIEND WITH BENEFIT (Studi Fenomenologi Perempuan Muda Surabaya) The Commercium 7 (2), 87-99, 2023 - /-/2023
43 Training and Mentoring of Classroom Action Research as a Strategy for Developing Chinese Teacher Skills Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat 6 (2), 449-458, 2024 - /-/2024
44 Stand out among others: Utilizing green marketing strategy to achieve competitive advantage on Tourism Villages E3S Web of Conferences 568, 04030, 2024 - /-/2024
45 ANALISIS RESEPSI GEN Z PEREMPUAN SURABAYA TERHADAP PENJUALAN PRODUK PAKAIAN MUSLIM DI LIVE TIKTOK SHOP The Commercium 8 (02), 26-37, 2024 - /-/2024
46 IMPLEMENTASI DIGITAL MARKETING LAYANAN JASA KURIR JASKU DI MADURA The Commercium 8 (01), 1-11, 2024 - /-/2024
47 Konstrusi Media Tentang Perempuan Pelaku Kejahatan Predator Seksual Anak:(Kajian Sosiologi Komunikasi dalam Perspektif Sosiologi) RESIPROKAL: Jurnal Riset Sosiologi Progresif Aktual 6 (1), 52-65, 2024 - /-/2024
48 PENGARUH PROMOSI INSTAGRAM@ SSCHILDSIDOARJO TERHADAP MINAT MENJADI RELAWAN PADA PROGRAM KELAS MERDEKA SAVE STREET CHILD SIDOARJO The Commercium 8 (02), 71-78, 2024 - /-/2024
49 ANALISIS SENTIMEN KOMENTAR YOUTUBE VIRTUAL TOUR 360° WISATA BALI OLEH KEMENPAREKRAF The Commercium 8 (02), 146-153, 2024 - /-/2024
50 Enhancing Tourism Villages Through VRIN Resources and Local Endorsement: A Resource-Based View on Achieving Sdgs in Rural Development Journal of Lifestyle and SDGs Review 5 (2), e02740-e02740, 2025 - /-/2025

Karya Buku

No Judul Buku Tahun Jumlah Halaman Penerbit

Pemakalah Seminar Ilmiah

No Nama Temu ilmiah / Seminar Judul Artikel Ilmiah Waktu dan Tempat
1 Journal of Physics: Conference Series Indonesian journalistic competitions: Tribute or threat for press practice 2018

Hak Karya Ilmiah

No Judul/Tema HKI Tahun Jenis Nomor