Meirina Lani Anggapuspa, S.Sn., M.Sn.

Meirina Lani Anggapuspa, S.Sn., M.Sn., lahir di Gunungkidul pada tanggal 24-05-1984 adalah dosen di Universitas Negeri Surabaya. Dalam 1 tahun terakhir, mengampu 39 matakuliah. Sudah melakukan pengabdian sebanyak 12. Sudah mempublikasi Artikel Ilmiah dalam jurnal sebanyak 48. Memiliki karya buku sebanyak 1. Memperoleh HKI sebanyak 5.

Identitas Diri

Riwayat Pendidikan

S1 S2
Nama Perguruan Tinggi INSTITUT SENI INDONESIA YOGYAKARTA INSTITUT SENI INDONESIA YOGYAKARTA
Bidang Ilmu DESAIN KOMUNIKASI VISUAL PENCIPTAAN DAN PENGKAJIAN SENI
Tahun Masuk-Lulus 2002 - 2009 2009 - 2011
Judul Skripsi/Tesis/Disertasi Analisis Semiotika Iklan Layanan Masyarakat Di Media Massa Sampul Islami Haitamy El-Jaid (Kajian Ikonografi Sampul Buku Islami Karya Haitamy El-Jaid)
Nama Pembimbing/Promotor - -

Mata Kuliah yang Diampu

No. Mata Kuliah
1 BUDAYA RUPA NUSANTARA
2 Desain dan Kebudayaan
3 Filsafat Ilmu
4 Infografis
5 INFOGRAFIS
6 Integrated Marketing Communication
7 KKN Kewirausahaan Pengembangan laporan
8 KKN Proyek Desa Pengembangan Laporan
9 KKN Proyek Desa Pengembangan Perangkat
10 KKN Proyek indpenden Pengembangan perangkat
11 KKN Proyek Kemanusiaan Pengembangan perangkat
12 KKNT
13 Komunikasi Periklanan
14 Magang
15 MERCHANDISE
16 METODE DESAIN
17 MOTION GRAPHIC
18 MPK-Keselamatan dan Kesehatan Kerja
19 MPK-Manajemen Operasional
20 MPK-Pendesiminasian Program
21 MPK-Penilaian Program
22 NIRMANA
23 Nirmana Tiga Matra
24 Pengantar Studi Desain
25 RUPA DASAR
26 Rupa Dasar 3d
27 Sejarah Desain
28 SEJARAH DESAIN
29 Sejarah Desain Grafis
30 Seminar Proposal Tugas Akhir
31 Skripsi
32 Teori Periklanan
33 Tinjauan Desain
34 Tinjauan Visual
35 Tipografi
36 TIPOGRAFI
37 Tipografi aplikatif
38 Tipografi Dasar
39 Tugas Akhir

Data Penelitian Dari Sim Litabmas

No. Tahun Judul Sumber Dana
1 2022 PERANCANGAN DESAIN KEMASAN UKM MAKANAN PIA BREBEK DI SIDOARJO Litabmas
2 2020 UPAYA PENINGKATAN EKONOMI DI MASA PANDEMI MELALUI PELATIHAN DESAIN PENJUALAN ONLINE PADA PENJUAL NASI BUNGKUS DI WILAYAH LIDAH WETAN Litabmas
3 2022 PERANCANGAN DESAIN KEMASAN UKM MAKANAN PIA BREBEK DI SIDOARJO Litabmas
4 2020 STUDI KOMPARASI INFOGRAFIS COVID-19 PADA MEDIA SOSIAL RESMI PEMERINTAH DAERAH Litabmas
5 2022 PENGEMBANGAN E-MODUL INFOGRAFIS BERBASIS PROJECT BASED LEARNING BAGI MAHASISWA PRODI DKV Litabmas
6 2021 PENGEMBANGAN ROADMAP PENELITIAN JURUSAN DESAIN FBS UNESA Litabmas
7 2020 STUDI KOMPARASI INFOGRAFIS COVID-19 PADA MEDIA SOSIAL RESMI PEMERINTAH DAERAH Litabmas
8 2022 PENGEMBANGAN E-MODUL INFOGRAFIS BERBASIS PROJECT BASED LEARNING BAGI MAHASISWA PRODI DKV Litabmas
9 2021 PENGEMBANGAN ROADMAP PENELITIAN JURUSAN DESAIN FBS UNESA Litabmas
10 2020 STUDI KOMPARASI INFOGRAFIS COVID-19 PADA MEDIA SOSIAL RESMI PEMERINTAH DAERAH Litabmas
11 2020 UPAYA PENINGKATAN EKONOMI DI MASA PANDEMI MELALUI PELATIHAN DESAIN PENJUALAN ONLINE PADA PENJUAL NASI BUNGKUS DI WILAYAH LIDAH WETAN Litabmas
12 2020 UPAYA PENINGKATAN EKONOMI DI MASA PANDEMI MELALUI PELATIHAN DESAIN PENJUALAN ONLINE PADA PENJUAL NASI BUNGKUS DI WILAYAH LIDAH WETAN Litabmas
13 2020 UPAYA PENINGKATAN EKONOMI DI MASA PANDEMI MELALUI PELATIHAN DESAIN PENJUALAN ONLINE PADA PENJUAL NASI BUNGKUS DI WILAYAH LIDAH WETAN Litabmas
14 2024 PELATIHAN DESAIN KEMASAN DAN MEDIA PROMOSI SOUVENIR PRODUK BATIK SLB SISWA BUDHI KECAMATAN GAYUNGAN SURABAYA Litabmas
15 2022 PERANCANGAN DESAIN KEMASAN UKM MAKANAN PIA BREBEK DI SIDOARJO Litabmas
16 2022 PENGEMBANGAN E-MODUL INFOGRAFIS BERBASIS PROJECT BASED LEARNING BAGI MAHASISWA PRODI DKV Litabmas
17 2021 PENGEMBANGAN ROADMAP PENELITIAN JURUSAN DESAIN FBS UNESA Litabmas
18 2020 UPAYA PENINGKATAN EKONOMI DI MASA PANDEMI MELALUI PELATIHAN DESAIN PENJUALAN ONLINE PADA PENJUAL NASI BUNGKUS DI WILAYAH LIDAH WETAN Litabmas
19 2020 STUDI KOMPARASI INFOGRAFIS COVID-19 PADA MEDIA SOSIAL RESMI PEMERINTAH DAERAH Litabmas
20 2022 PERANCANGAN DESAIN KEMASAN UKM MAKANAN PIA BREBEK DI SIDOARJO Litabmas

Data Penelitian Dari Non Litabmas

No. Tahun Judul Sumber Dana
1 2024 E-Modul Mata Kuliah Seni Tembang Macapat untuk Peningkatan Efektivitas Aktivitas Mandiri Mahasiswa
2 2025 Kekuasaan dan Hierarkhi Gender pada Kasus Poligami dalam Serat Damarwulan
3 2023 Buku Dongeng Audible berbasis Penanaman Karakter bagi Siswa SMP
4 2023 Desain E-Modul Mata Kuliah Seni Tembang Macapat bagi Mahasiswa MBKM Lintas Program Studi
5 2022 PENGEMBANGAN E-MODUL INFOGRAFIS BERBASIS PROJECT BASED LEARNING BAGI MAHASISWA PRODI DKV
6 2025 Pengembangan Media Pembelajaran Bertema Budaya Lokal Berbasis Artificial Intelligence melalui Generative Image di SMAN 13 Surabaya
7 2024 IKLAN LAYANAN MASYARAKAT TENTANG BAHAYA NARKOBA BAGI GENERASI MUDA
8 2023 Pengembangan e-Modul Kewirausahaan untuk Prodi DKV SMK Negeri 3 Batu
9 2025 ENGLISH POP UP BOOK BERBASIS VR DENGAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI SISWA TUNAGRAHITA RINGAN KELAS 8 SMPLB GEDANGAN
10 2025 Pengembangan Media Berbasis Virtual Reality Sebagai Sarana Informasi Dan Promosi Program Studi DKV Unesa.
11 2021 Pengembangan Roadmap Penelitian Jurusan Desain FBS UNESA
12 2022 Pengembangan Game Fochaboo untuk Meningkatkan Pendidikan Karakter melalui Pembelajaran Cerita Rakyat
13 2020 Studi Komparasi Infografis Covid-19 Pada Media Sosial Resmi Pemerintah

Pengabdian Kepada Masyarakat

No Tahun Judul Pengabdian Sumber Pendanaan
1 2023 IMPLEMENTASI TEKNIK SHIBORI PADA TOTEBAG BAGI BUMDES SIDOWUNGU
2 2022 DIGITALISASI MATERI DESAIN MOTIF BATIK MELALUI PEMBELAJARAN SENI BUDAYA PADA SISWA SMA 45 GRESIK
3 2025 Workshop Literasi Budaya Melalui Kolaborasi Edukasi Unesa Dengan UITM Malaysia
4 2021 PELATIHAN PEMBUATAN PERANGKAT PEMASARAN BERBASIS ONLINE SEBAGAI MEDIA PROMOSI UKM MINUMAN HERBAL “SENJA HERB” SURABAYA
5 2020 UPAYA PENINGKATAN EKONOMI DI MASA PANDEMI MELALUI PELATIHAN DESAIN PENJUALAN ONLINE PADA PENJUAL NASI BUNGKUS DI WILAYAH LIDAH WETAN
6 2022 Perancangan Desain Kemasan UKM Makanan “PIA BREBEK” di Sidoarjo
7 2025 INOVASI MEDIA PROMOSI SMA 45 GRESIK MELALUI KOLABORASI AI DAN DESAIN KREATIF
8 2023 STRATEGI MEDIA PROMOSI PRODUK ECOPRINT UMKM SEKAR WIDURI DI MOJOSARI
9 2024 Pendampingan Perancangan Identitas Visual Sebagai Strategi Media Promosi Produk Berbasis Kopi di kelompok tani budiluhur Lawang
10 2024 Pelatihan Desain Kemasan dan Media Promosi Souvenir Produk Batik SLB Siswa Budhi Kecamatan Gayungan Surabaya
11 2024 PENDAMPINGAN PENGELOLAAN WEBSITE KELURAHAN GAYUNGAN, KOTA SURABAYA
12 2022 PELATIHAN TEKNIK SHIBORI PADA TOTEBAG BAGI BUMDES SIDOWUNGU

Publikasi Jurnal

No Judul Artikel Ilmiah Nama Jurnal Volume/Nomor/Tahun
1 Simbolisasi Punokawan dalam Iklan Artika 1 (1), 38-48 - /-/2014
2 Simbolisasi punokawan dalam iklan Artika 1 (1), 38-48, 2014 - /-/2014
3 Peningkatan Keterampilan Remaja Karang Taruna Pogot Baru Surabaya melalui Pelatihan Hand Lettering pada Totebag Seminar Nasional Seni dan Desain 2017, 537-544, 2017 - /-/2017
4 Gulijat: Eksplorasi Teknik Menghias Kain Dalam Mendukung Seni Dan Industri Kreatif Pada Anggota Pkk Balas Klumprik Prosiding Semnas PPM 2018 1 (1), 1201-1209, 2018 - /-/2018
5 Developing Teaching Module of Visual Perception Course Atlantis Press, 2019 - /-/2019
6 PERANCANGAN INFOGRAFIS PENGURANGAN SAMPAH PLASTIK MELALUI SUROBOYO BUS BARIK-Jurnal S1 Desain Komunikasi Visual 1 (2), 197-206, 2020 - /-/2020
7 SWISS STYLE SEBAGAI INSPIRASI PERANCANGAN COMPANY PROFILE PT SARANA REMAJA MANDIRI BARIK-Jurnal S1 Desain Komunikasi Visual 1 (3), 64-79, 2020 - /-/2020
8 Perancangan Buku Interaktif Digital Edukasi Seks Untuk Anak-Anak Usia 4–6 Tahun BARIK-Jurnal S1 Desain Komunikasi Visual 1 (2), 71-84, 2020 - /-/2020
9 Kajian Semiotika Video Musik Berjudul Instagram oleh Dean BARIK 1 (1), 82-97, 2020 - /-/2020
10 Children’s Education Through Artistic-Aesthetic Negotiations in Batik Motifs Making at “Untukmu Si Kecil” Foundation Jember Indonesia International Joint Conference on Arts and Humanities (IJCAH 2020), 1177-1181, 2020 - /-/2020
11 Perancangan Board Game Pengenalan Tari Tradisional Indonesia Sebagai Media Pembelajaran Sekolah Dasar Kelas 5 BARIK-Jurnal S1 Desain Komunikasi Visual 1 (2), 166-183, 2020 - /-/2020
12 Perancangan Iklan Layanan Masyarakat Tentang Pentingnya Sterilisasi Pada Kucing BARIK-Jurnal S1 Desain Komunikasi Visual 1 (1), 2020 - /-/2020
13 PERANCANGAN BUKU ILUSTRASI MENGENAL JAJANAN KHAS KOTA PROBOLINGGO SEBAGAI MEDIA EDUKASI ANAK USIA 6–12 TAHUN BARIK-Jurnal S1 Desain Komunikasi Visual 3 (1), 170-180, 2021 - /-/2021
14 Perancangan feed instagram sebagai media promosi tape ketan surabaya Barik 3 (1), 69-81, 2021 - /-/2021
15 Analisis Makna Visual Pada Poster Film Bumi Manusia BARIK-Jurnal S1 Desain Komunikasi Visual 3 (1), 235-347, 2021 - /-/2021
16 Perancangan Buku Ilustrasi Makanan Tradisional Khas Kota Surabaya Untuk Anak Usia 9-12 Tahun BARIK-Jurnal S1 Desain Komunikasi Visual 3 (1), 111-121, 2021 - /-/2021
17 Perancangan Buku Keris Sumenep Sebagai Media Pelestarian Warisan Budaya BARIK-Jurnal S1 Desain Komunikasi Visual 2 (2), 72-81, 2021 - /-/2021
18 ANALISIS SEMIOTIKA COVER ALBUM “AMERICAN IDIOT” BAND GREEN DAY BARIK-Jurnal S1 Desain Komunikasi Visual 2 (1), 91-99, 2021 - /-/2021
19 Perancangan Buku Interaktif Self-Compassion Bagi Remaja Usia 17-18 Tahun BARIK 2 (2), 96-107, 2021 - /-/2021
20 Perancangan Video Motion Graphic Peduli Kertas Peduli Pohon Sebagai Media Edukasi Peduli Lingkungan Untuk Siswa Kelas Enam Di Sekolah Dasar Negeri Samir Tulungagung BARIK-Jurnal S1 Desain Komunikasi Visual 2 (1), 77-90, 2021 - /-/2021
21 Perancangan Buku Edukatif Taman Bungkul Surabaya BARIK-Jurnal S1 Desain Komunikasi Visual 3 (1), 157-169, 2021 - /-/2021
22 Perancangan Pop-Up Book Ilustrasi Etnis Batak sebagai Media Interaktif untuk Anak Usia 9-10 Tahun BARIK 2 (2), 108-120, 2021 - /-/2021
23 ANALISIS SEMIOTIKA DESAIN KARYA YOUNG JERK UNTUK PRODUK DEUS EX MACHINA DALAM PERSPEKTIF KUSTOM KULTUR BARIK-Jurnal S1 Desain Komunikasi Visual 2 (1), 210-225, 2021 - /-/2021
24 Komparasi Sampul Novel Hujan Karya Tere Liye Tahun 2016 dan 2018 BARIK 3 (3), 45-58, 2022 - /-/2022
25 Perancangan Buku Ilustrasi “Sakera Melawan Corona” Sebagai Media Edukasi Kesehatan Untuk Anak Usia 10-12 Tahun Di Kab. Pasuruan BARIK 4 (2), 14-26, 2022 - /-/2022
26 Improving The Brand Image Umkm “Pia Brebek” Sidoarjo Trough Visual Design Packaging International Conference on Art, Design, Education and Cultural Studies …, 2022 - /-/2022
27 KAJIAN VISUAL TOKOH KARAKTER “TOMIE KAWAKAMI” DALAM MANGA TOMIE KARYA JUNJI ITO BARIK-Jurnal S1 Desain Komunikasi Visual 3 (2), 180-189, 2022 - /-/2022
28 ANALISIS VISUAL KARAKTER VENTI DALAM GAME ONLINE GENSHIN IMPACT BARIK 3 (2), 190-201, 2022 - /-/2022
29 Perancangan Microblog Instagram Sebagai Media Edukasi Kelas Bisnis Online Toko Bahan Kue Qonaahshop BARIK-Jurnal S1 Desain Komunikasi Visual 3 (2), 46-56, 2022 - /-/2022
30 Perancangan board game pengenalan gizi seimbang sebagai media edukasi anak usia 9-12 tahun BARIK 4 (1), 175-189, 2022 - /-/2022
31 Analisis Visual Desain Karakter Xiao dalam Game Genshin Impact BARIK-Jurnal S1 Desain Komunikasi Visual 4 (2), 185-198, 2022 - /-/2022
32 Analisis Semiotika Pada Motif Pakaian Tokoh Mirabel Dalam Film Animasi Encanto BARIK-Jurnal S1 Desain Komunikasi Visual 4 (2), 76-87, 2022 - /-/2022
33 Perancangan Board Game Sebagai Media Pembelajaran Rukun Islam Untuk Anak Usia 9-12 Tahun BARIK-Jurnal S1 Desain Komunikasi Visual 4 (2), 227-241, 2022 - /-/2022
34 Redesain Kemasan Jenang Kelapa Muda Abdoel Chakim Khas Jombang BARIK-Jurnal S1 Desain Komunikasi Visual 4 (2), 131-145, 2022 - /-/2022
35 PERANCANGAN IDENTITAS VISUAL MUSEUM R HAMONG WARDHOYO BARIK-Jurnal S1 Desain Komunikasi Visual 5 (2), 260-274, 2023 - /-/2023
36 Analisis Visual pada Karakter Agent Sage dalam Game Valorant BARIK-Jurnal S1 Desain Komunikasi Visual 4 (3), 130-140, 2023 - /-/2023
37 PERANCANGAN ANIMASI 3D SEBAGAI MEDIA PROMOSI PAPER QUILLING PRODUKSI PACEPULO BARIK-Jurnal S1 Desain Komunikasi Visual 4 (3), 64-74, 2023 - /-/2023
38 Pengaruh elemen visual pada konten instagram rintik sedu dalam meraih engagement audiens BARIK-Jurnal S1 Desain Komunikasi Visual 4 (3), 141-151, 2023 - /-/2023
39 Redesain Konten Instagram Interaktif Sebagai Media Promosi Seblak Dapur Mini Artika 7 (1), 78-92, 2023 - /-/2023
40 REDESAIN CORPORATE IDENTITY PT. MODULE INTRACS YASATAMA BARIK-Jurnal S1 Desain Komunikasi Visual 4 (3), 90-102, 2023 - /-/2023
41 Desain E-modul Mata Kuliah Seni Tembang Macapat bagi Mahasiswa MBKM Lintas Program Studi Paramasastra: Jurnal Ilmiah Bahasa Sastra dan Pembelajarannya 10 (2), 241-260, 2023 - /-/2023
42 REPRESENTASI ARCHETYPE THE GREAT MOTHER PADA ORIGINAL FORM MOTHER MIRANDA BARIK-Jurnal S1 Desain Komunikasi Visual 5 (2), 102-116, 2023 - /-/2023
43 QUEERBAITING PADA SPECIAL PERFORMANCE VIDEO JKT48 “BENANG SARI, PUTIK, DAN KUPU-KUPU MALAM” BARIK-Jurnal S1 Desain Komunikasi Visual 5 (2), 87-101, 2023 - /-/2023
44 KAJIAN VISUAL COVER NOVEL “MATAHARI” KARYA TERE LIYE BARIK-Jurnal S1 Desain Komunikasi Visual 6 (1), 65-79, 2024 - /-/2024
45 ANALISIS VISUAL DESAIN KARAKTER MOTH PADA GAME ONLINE SKY CHILDREN OF THE LIGHT BARIK-Jurnal S1 Desain Komunikasi Visual 6 (2), 145-158, 2024 - /-/2024
46 PERANCANGAN MINDFULNESS JOURNAL SEBAGAI UPAYA MELATIH SELF-AWARENESS PADA EMERGING ADULT BARIK-Jurnal S1 Desain Komunikasi Visual 6 (2), 128-144, 2024 - /-/2024
47 Instagram Sebagai Media Promosi Minuman Herbal ‘Senja Herbs’ Surabaya Artika 8 (1), 91-105, 2024 - /-/2024
48 Media Strategy For Umkm Ecoprint Product Promotion Sekar Widuri In Mojosari Proceeding of International Joint Conference on UNESA 1 (2), 015-015, 2024 - /-/2024

Karya Buku

No Judul Buku Tahun Jumlah Halaman Penerbit
1 Sejarah Desain Grafis 2016 Unesa University Press

Pemakalah Seminar Ilmiah

No Nama Temu ilmiah / Seminar Judul Artikel Ilmiah Waktu dan Tempat

Hak Karya Ilmiah

No Judul/Tema HKI Tahun Jenis Nomor
1 Hidupkan Peran Kita tanpa Memandang Gender! 2021 hak cipta EC00202141077
2 BAUHAUS 2021 hak cipta EC00202181798
3 Proses Komunikasi Periklanan 2021 hak cipta EC00202181799
4 How To Make An lnfographic 2021 hak cipta EC00202181800
5 Konten Instagram Interaktif Seblak Dapur Mini 2023 hak cipta EC002023113824