Retno Wulan Dari, S.Pd., M.Pd.

Retno Wulan Dari, S.Pd., M.Pd., lahir di Surabaya pada tanggal 27-06-1984 adalah dosen di Universitas Negeri Surabaya. Dalam 1 tahun terakhir, mengampu 23 matakuliah. Sudah melakukan pengabdian sebanyak 8. Sudah mempublikasi Artikel Ilmiah dalam jurnal sebanyak 9.

Identitas Diri

Riwayat Pendidikan

S1 S2
Nama Perguruan Tinggi Universitas Negeri Surabaya Universitas Negeri Surabaya
Bidang Ilmu Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Bahasa dan Sastra
Tahun Masuk-Lulus 2002 - 2007 2007 - 2009
Judul Skripsi/Tesis/Disertasi Mr. Bean DVD Series as a Means to Improve the Students Narrative Writing Ability of Senior High School The Effects Of Semantic Mapping And Previewing As Schema Based Pre-Reading Activities Towards Students’ Reading Comprehension And Reading Rate
Nama Pembimbing/Promotor - Prof. Dr. Abbas A. Badib, MA, MA.

Mata Kuliah yang Diampu

No. Mata Kuliah
1 Active Reading
2 Argumentative Writing
3 Bahasa Inggris
4 Critical Reading
5 ESP Program Design
6 Essential Reading and Writing Skills
7 Essential Reading Skills
8 Essential Writing Skill
9 Expository and Analytical Writing
10 EXPOSITORY AND ANALYTICAL WRITING
11 Extensive Reading
12 Games, Songs, and Storytelling
13 GAMES, SONGS, AND STORYTELLING
14 KKN Asistensi Mengajar Mengembangan Perangkat
15 KKN Kewirausahaan Pengembangan perangkat
16 KKN Proyek Desa Pengembangan Perangkat
17 KKN Proyek indpenden Pengembangan perangkat
18 KKN Proyek Kemanusiaan Pengembangan perangkat
19 KKNT
20 Learning Theories
21 LMS for ELT
22 Reading For Research
23 Thesis Proposal Writing

Data Penelitian Dari Sim Litabmas

No. Tahun Judul Sumber Dana
1 2022 PEMUTAKHIRAN RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER MATA KULIAH READING FOR RESEARCH BERDASARKAN PROFIL INFORMATION GATHERING SKILLS MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS Litabmas
2 2019 PENGEMBANGAN BROSUR PANDUAN EVALUASI INFORMASI DAN SUMBER REFERENSI BAGI MAHASISWA PRODI. PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA Litabmas
3 2022 PEMUTAKHIRAN RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER MATA KULIAH READING FOR RESEARCH BERDASARKAN PROFIL INFORMATION GATHERING SKILLS MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS Litabmas
4 2019 PENGEMBANGAN BROSUR PANDUAN EVALUASI INFORMASI DAN SUMBER REFERENSI BAGI MAHASISWA PRODI. PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA Litabmas
5 2022 PEMUTAKHIRAN RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER MATA KULIAH READING FOR RESEARCH BERDASARKAN PROFIL INFORMATION GATHERING SKILLS MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS Litabmas
6 2019 PENGEMBANGAN BROSUR PANDUAN EVALUASI INFORMASI DAN SUMBER REFERENSI BAGI MAHASISWA PRODI. PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA Litabmas
7 2022 PEMUTAKHIRAN RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER MATA KULIAH READING FOR RESEARCH BERDASARKAN PROFIL INFORMATION GATHERING SKILLS MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS Litabmas
8 2019 PENGEMBANGAN BROSUR PANDUAN EVALUASI INFORMASI DAN SUMBER REFERENSI BAGI MAHASISWA PRODI. PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA Litabmas
9 2022 PEMUTAKHIRAN RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER MATA KULIAH READING FOR RESEARCH BERDASARKAN PROFIL INFORMATION GATHERING SKILLS MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS Litabmas
10 2022 PEMUTAKHIRAN RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER MATA KULIAH READING FOR RESEARCH BERDASARKAN PROFIL INFORMATION GATHERING SKILLS MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS Litabmas
11 2019 PENGEMBANGAN BROSUR PANDUAN EVALUASI INFORMASI DAN SUMBER REFERENSI BAGI MAHASISWA PRODI. PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA Litabmas

Data Penelitian Dari Non Litabmas

No. Tahun Judul Sumber Dana
1 2024 Evaluasi Capaian Kompetensi Lulusan melalui Analisis Hasil Tracer Studi pada Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Inggris
2 2021 Pengembangan perangkat pembelajaran Menggunakan Model Project Based Learning untuk Mata Kuliah Essential Writing Skills
3 2020 Persepsi Diri Mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris terhadap Kemampuan Menulis Bahasa Inggris dan Penggunaan Strategi Menulis
4 2023 Kemampuan Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Inggris dalam Menulis Thesis Statement pada Mata Kuliah Expository and Analytical Writing
5 2022 Pemutakhiran Rencana Pembelajaran Semester Mata Kuliah Reading for Research Berdasarkan Profil Information Gathering Skills Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Inggris

Pengabdian Kepada Masyarakat

No Tahun Judul Pengabdian Sumber Pendanaan
1 2022 Pendampingan Pembuatan Media Gamification dalam Bahasa Inggris bagi Guru-guru SMP di Trenggalek
2 2024 Pelatihan Pengembangan Program English Club Bagi Guru SD Labschool Unesa 2
3 2024 PELATIHAN PEMBELAJARAN CONTENT AND LANGUAGE INTEGRATED LEARNING (CLIL) BAGI GURU DI PONDOK PESANTREN BUMI SHOLAWAT SIDOARJO
4 2023 PKM Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Inggris Santri Pondok Pesantren Bumi Shalawat Sidoarjo
5 2020 Pemenuhan Kebutuhan Pokok bagi Warga sekitar Kampus Terdampak Pandemi Covid-19
6 2023 Pelatihan penyusunan bahan ajar dan modul ajar Fase F bagi guru-guru MGMP Bahasa Inggris Jatim
7 2021 Pelatihan Pembuatan Booklet Home Fire Safety pada di Dinas Pemadam Kebakaran Wiyung
8 2024 PELATIHAN DAN SOSIALISASI UJI SERTIFIKASI KOMPETENSI TEKNIS BNSP SEBAGAI SARANA PENINGKATAN KOMPETENSI KEAHLIAN DI PEMKAB MADIUN

Publikasi Jurnal

No Judul Artikel Ilmiah Nama Jurnal Volume/Nomor/Tahun
1 Faculty of Languages and Arts S-1 English Education Academic Speaking 8820302002 4 - /-/0
2 - /-/2000
3 Promoting Peer Review Practice: a Case of Mixed-Proficiency Dyad in Expository Essay Writing Class 2nd Social Sciences, Humanities and Education Conference: Establishing …, 2018 - /-/2018
4 The Freshmen’s Metacognitive Awareness of Reading Strategies 2nd Social Sciences, Humanities and Education Conference: Establishing …, 2018 - /-/2018
5 Pelatihan Pembuatan Materi Literasi Tanggap Bencana bagi Keluarga pada Staf BPBD Jawa Timur E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 11 (4), 556-561, 2020 - /-/2020
6 Project-based learning: roles in developing writing skill of EFL learners 2nd International Conference on English Language Teaching (ICON-ELT) 2021, 2021 - /-/2021
7 English teacher PPT gamification skills development in Trenggalek COMMUNITY EMPOWERMENT 7 (11), 1881-1887, 2022 - /-/2022
8 Students’ ability in writing annotated bibliography: Teaching critical writing EnJourMe (English Journal of Merdeka) 7 (2), 264-274, 2022 - /-/2022
9 An Analysis of Writing Strategies Used by Students of English Language Department Journal of Languages and Language Teaching 10 (3), 414-423, 2022 - /-/2022

Karya Buku

No Judul Buku Tahun Jumlah Halaman Penerbit

Pemakalah Seminar Ilmiah

No Nama Temu ilmiah / Seminar Judul Artikel Ilmiah Waktu dan Tempat

Hak Karya Ilmiah

No Judul/Tema HKI Tahun Jenis Nomor