Dr. An Nuril Maulida Fauziah, S.Pd., M.Pd.

Dr. An Nuril Maulida Fauziah, S.Pd., M.Pd., lahir di Jombang pada tanggal 01-05-1985 adalah dosen di Universitas Negeri Surabaya. Dalam 1 tahun terakhir, mengampu 20 matakuliah. Sudah melakukan pengabdian sebanyak 11. Sudah mempublikasi Artikel Ilmiah dalam jurnal sebanyak 39. Menjadi pemakalah seminar ilmiah sebanyak 4.

Identitas Diri

Riwayat Pendidikan

S1 S2 S3
Nama Perguruan Tinggi Universitas Negeri Malang Universitas Sebelas Maret Surakarta Universitas Negeri Surabaya
Bidang Ilmu - PENDIDIKAN SAINS S3 Pendidikan Sains
Tahun Masuk-Lulus - - 2007 2008 - 2010 - - 2024
Judul Skripsi/Tesis/Disertasi - - -
Nama Pembimbing/Promotor - - -

Mata Kuliah yang Diampu

No. Mata Kuliah
1 Bahasa Inggris
2 Biofisika
3 Dasar-dasar Elektronika
4 Dasar-Dasar IPA
5 Fisika Umum
6 Fluida
7 Gelombang dan Optik
8 Kelistrikan dan Kemagnetan
9 Konsep Dasar IPA
10 KONSEP DASAR IPA
11 LITERASI DIGITAL
12 Matematika Ipa
13 PEMBELAJARAN INOVATIF
14 Pembelajaran Inovatif II
15 Pembelajaran Mikro
16 Pengetahuan Bumi dan Antariksa
17 PLP-Pengembangan Program Sekolah
18 Seminar
19 Skripsi
20 Teori Belajar

Data Penelitian Dari Sim Litabmas

No. Tahun Judul Sumber Dana
1 2020 LEARNING FORM HOME (LFH) DENGAN METODE DISKUSI MELALUI WHATSAPP GRUP (WAG) UNTUK MELATIHKAN KEMAMPUAN BERTANYA MAHASISWA Litabmas
2 2024 ANALISIS KEEFEKTIFAN KONSTRUKSI FASE-FASE MODEL PEMBELAJARAN E-BL:PERBANDINGAN MODEL TEORITIS DENGAN DATA EMPIRIS Litabmas
3 2024 MEMBANGUN KARAKTER UNGGUL: MELALUI PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS VIDEO (H5P) UNTUK PENGUATAN PELAJAR PANCASILA Litabmas
4 2024 ANALISIS KEEFEKTIFAN KONSTRUKSI FASE-FASE MODEL PEMBELAJARAN E-BL:PERBANDINGAN MODEL TEORITIS DENGAN DATA EMPIRIS Litabmas
5 2024 MEMBANGUN KARAKTER UNGGUL: MELALUI PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS VIDEO (H5P) UNTUK PENGUATAN PELAJAR PANCASILA Litabmas
6 2024 ANALISIS KEEFEKTIFAN KONSTRUKSI FASE-FASE MODEL PEMBELAJARAN E-BL:PERBANDINGAN MODEL TEORITIS DENGAN DATA EMPIRIS Litabmas
7 2024 MEMBANGUN KARAKTER UNGGUL: MELALUI PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS VIDEO (H5P) UNTUK PENGUATAN PELAJAR PANCASILA Litabmas
8 2024 ANALISIS KEEFEKTIFAN KONSTRUKSI FASE-FASE MODEL PEMBELAJARAN E-BL:PERBANDINGAN MODEL TEORITIS DENGAN DATA EMPIRIS Litabmas
9 2024 MEMBANGUN KARAKTER UNGGUL: MELALUI PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS VIDEO (H5P) UNTUK PENGUATAN PELAJAR PANCASILA Litabmas
10 2024 ANALISIS KEEFEKTIFAN KONSTRUKSI FASE-FASE MODEL PEMBELAJARAN E-BL:PERBANDINGAN MODEL TEORITIS DENGAN DATA EMPIRIS Litabmas
11 2024 MEMBANGUN KARAKTER UNGGUL: MELALUI PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS VIDEO (H5P) UNTUK PENGUATAN PELAJAR PANCASILA Litabmas
12 2020 LEARNING FORM HOME (LFH) DENGAN METODE DISKUSI MELALUI WHATSAPP GRUP (WAG) UNTUK MELATIHKAN KEMAMPUAN BERTANYA MAHASISWA Litabmas
13 2024 ANALISIS KEEFEKTIFAN KONSTRUKSI FASE-FASE MODEL PEMBELAJARAN E-BL:PERBANDINGAN MODEL TEORITIS DENGAN DATA EMPIRIS Litabmas
14 2024 MEMBANGUN KARAKTER UNGGUL: MELALUI PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS VIDEO (H5P) UNTUK PENGUATAN PELAJAR PANCASILA Litabmas
15 2024 MEMBANGUN KARAKTER UNGGUL: MELALUI PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS VIDEO (H5P) UNTUK PENGUATAN PELAJAR PANCASILA Litabmas
16 2024 MEMBANGUN KARAKTER UNGGUL: MELALUI PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS VIDEO (H5P) UNTUK PENGUATAN PELAJAR PANCASILA Litabmas
17 2024 MEMBANGUN KARAKTER UNGGUL: MELALUI PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS VIDEO (H5P) UNTUK PENGUATAN PELAJAR PANCASILA Litabmas
18 2024 ANALISIS KEEFEKTIFAN KONSTRUKSI FASE-FASE MODEL PEMBELAJARAN E-BL:PERBANDINGAN MODEL TEORITIS DENGAN DATA EMPIRIS Litabmas
19 2024 MEMBANGUN KARAKTER UNGGUL: MELALUI PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS VIDEO (H5P) UNTUK PENGUATAN PELAJAR PANCASILA Litabmas
20 2020 LEARNING FORM HOME (LFH) DENGAN METODE DISKUSI MELALUI WHATSAPP GRUP (WAG) UNTUK MELATIHKAN KEMAMPUAN BERTANYA MAHASISWA Litabmas
21 2024 ANALISIS KEEFEKTIFAN KONSTRUKSI FASE-FASE MODEL PEMBELAJARAN E-BL:PERBANDINGAN MODEL TEORITIS DENGAN DATA EMPIRIS Litabmas
22 2024 MEMBANGUN KARAKTER UNGGUL: MELALUI PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS VIDEO (H5P) UNTUK PENGUATAN PELAJAR PANCASILA Litabmas

Data Penelitian Dari Non Litabmas

No. Tahun Judul Sumber Dana
1 2025 Mengembangkan Kreativitas Masa Depan: Implementasi E-Modul Fluida untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Mahasiswa
2 2025 Konstruksi Desain Prototipe Penilaian Alternatif Berorientasi Kinerja untuk Mahasiswa IPA
3 2024 Eksplorasi sains Isu-isu Media Sosial (IMS) sebagai Prediktor Literasi Sains
4 2025 Hubungan Literasi AI terhadap Capaian Hasil Belajar Mahasiswa Calon Guru IPA: Perspektif dari Taksonomi Post-AI
5 2025 Dampak Integrasi ChatGPT dalam Model Debate Based on Inquiry Learning (DBOIL) terhadap Keterampilan Argumentasi Mahasiswa Calon Guru IPA
6 2021 MODEL MENTAL MAHASISWA PADA MATERI TERMODINAMIKA: PERSPEKTIF GUIDED INQUIRY
7 2020 LEARNING FORM HOME (LFH) DENGAN METODE DISKUSI MELALUI WHATSAPP GRUP (WAG) UNTUK MELATIHKAN KEMAMPUAN BERTANYA MAHASISWA
8 2022 Pendekatan Engineering Design Process dalam Pembelajaran Daring untuk Mahasiswa Calon Guru IPA
9 2024 Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Model Debate Based on Inquiry Learning (DBoIL) untuk Meningkatkan Keterampilan Argumentasi Ilmiah Mahasiswa Calon Guru IPA pada Mata Kuliah Kelistrikan dan Kemagnetan
10 2025 Integrasi Teknologi Pendidikan dalam Pembelajaran Sains: Mendorong Pembelajaran Mendalam melalui Pendekatan Pembelajaran Campuran dan EDP
11 2025 Menggunakan strategi Three-dimensional Thinking Graph untuk mendukung Deep Learning dalam Pembelajaran Inkuiri Berbasis Socio-scientific Phenomena
12 2023 IMPLEMENTASI MODE AKTIVITAS BERSYARAT DI LMS TERHADAP PARTISIPASI MAHASISWA DALAM PEMBELAJARAN HIBRID
13 2025 PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS DEEP LEARNING UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI
14 2022 INTEGRASI STEAM-PROJECT BASE LEARNING (PjBL) UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA CALON GURU IPA
15 2024 Model Kompetensi: Penerapan Penugasan Terstruktur Penyusunan Modul Ajar Berbasis TPACK Bagi Calon Guru IPA
16 2025 Perancangan STEM Teaching Materials berbasis BBC micro:bit untuk Melatihkan Computational Thinking Mahasiswa Calon Guru IPA: Perspektif Design-based Research
17 2024 Pengembangan E-Modul Fluida sebagai Sarana Pembelajaran untuk Mencapai Keterampilan Berpikir Kreatif Mahasiswa pada Ranah Mencipta Taksonomi Anderson
18 2023 PENGEMBANGAN TEACHING MATERIAL MODEL PEMBELAJARAN ENGINEERING DESIGN PROCESS BLENDED LEARNING (E-BL) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA PADA PEMBELAJARAN SAINS
19 2024 Analisis Keefektifan Konstruksi Fase-fase Model Pembelajaran E-BL:Perbandingan Model Teoritis dengan Data Empiris

Pengabdian Kepada Masyarakat

No Tahun Judul Pengabdian Sumber Pendanaan
1 2020 Edukasi Masyarakat tentang Manfaat Memakai Masker Kain untuk Penanganan Covid 19
2 2025 Cultural Immersive Learning Approach berbantuan Aplikasi IndoPedia: Program Penguatan Literasi Budaya dan Kewargaan untuk Anak Diaspora di Arab Saudi
3 2023 Pendampingan Guru IPA Menyusun LKPD Berbasis Model Bonex (The Based On Experiential Learning) Untuk Menanamkan Karakter Profil Pelajar Pancasila/P3 Pada Siswa SMP di Kota Mojokerto
4 2024 Pemberdayaan Kompetensi Guru Pondok Pesantren Sesuai Peraturan Dirjen GTK
5 2025 Pelatihan Pembuatan dan Pemanfaatan Eco Enzym Berbahan Dasar Limbah Organik Di Pondok Pesantren Al-Usyumuni Sumenep Madura Dalam Upaya Menuju Indonesia Emas 2030
6 2024 Pendampingan Implementasi Teknologi AI dalam Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Optimalisasi Pelaksanaan Kurikulum Merdeka di Sekolah
7 2024 Membangun Karakter Unggul: Melalui Pembelajaran Interaktif Berbasis Video (H5P) untuk Penguatan Pelajar Pancasila
8 2025 Pendampingan Pembuatan LKPD IPA Berbasis Deep Learning untuk Melatihkan Literasi Sains Siswa pada Guru IPA
9 2022 Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Project Based Learning
10 2025 Penguatan Konseptual “Indeep Learning” Bagi Para Guru Sebagai Sarana Meningkatkan Pemahaman Para Siswa Terhadap Proses Pembelajaran Di Hat Yai Rat Prachasun School, Thailand
11 2021 Pemanfaatan LKS Berbasis Virtual Lab untuk Optimalisasi Pembelajaran Blended Learning

Publikasi Jurnal

No Judul Artikel Ilmiah Nama Jurnal Volume/Nomor/Tahun
1 The use of monopoly-like game (MLG) to promote qualified scores for three student competencies Jurnal Pendidikan IPA Indonesia 7 /-/2018
2 The use of monopoly-like game (MLG) to promote qualified scores for three student competencies Jurnal Pendidikan IPA Indonesia 7 /-/2018
3 Deviana Eka Ratna Saftri - /-/0
4 Communicating Science: BA goes west! - /-/0
5 Penerapan Pendekatan Ctl Pada Materi Indera Penglihatan Dan Alat Optik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Pensa: Jurnal Pendidikan Sains 5 (02), 252995 - /-/0
6 PROFIL KOMPETENSI SISWA MENYELESAIKAN TES BERFIKIR TINGKAT TINGGI DALAM PEMBELAJARAN SAINS DI SMPN 3 NGLEGOK BLITAR Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan 19 (2) - /-/2012
7 Pengaruh Lks IPA Tema Parfum Kulit Jeruk Berorientasi Pendekatan Sets terhadap Peningkatan Keterampilan Proses Siswa SMP Kelas VII PENSA E-JURNAL: PENDIDIKAN SAINS 2 (01) - /-/2014
8 Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) IPA Terpadu Berbasis Pembelajaran Berdasarkan Masalah Tema Polusi Cahaya Kelas VIII MTs Negeri Ngronggot Nganjuk PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS 2 (01) - /-/2014
9 PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) PADA MATERI TATA SURYA DAN GERHANA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 2 PURWOASRI PENSA E-JURNAL: PENDIDIKAN SAINS 2 (03) - /-/2014
10 Implementasi Metode Brainstorming untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kreatif pada Materi Energi untuk Siswa Kelas Vii-c SMPN 1 Bareng Jombang PENSA E-JURNAL: PENDIDIKAN SAINS 3 (03) - /-/2015
11 IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PEMANASAN GLOBAL KELAS VII SMP NEGERI 1 MEGALUH KABUPATEN JOMBANG PENSA E-JURNAL: PENDIDIKAN SAINS 3 (02) - /-/2015
12 Kelayakan Media Permainan IPA Edu Card pada Materi Kalor dan Perpindahannya Bagi Siswa Kelas VII PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS 4 (02) - /-/2016
13 Pengembangan Permainan Talk Card Pada Materi Interaksi Makhluk Hidup Dengan Lingkungan Untuk Melatihkan Keterampilan Komunikasi PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS 4 (03) - /-/2016
14 Penerapan Model Pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) Untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMP PENSA E-JURNAL: PENDIDIKAN SAINS 4 (01) - /-/2016
15 Peningkatan Hasil Belajar Siswa melalui Pembelajaran Berbasis Pendekatan Saintifik pada Materi Kalor dan Perpindahannya pada Siswa Kelas VII PENSA E-JURNAL: PENDIDIKAN SAINS 4 (03) - /-/2016
16 Kemampuan Penalaran Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Masalah Ditinjau Dari Kepribadian Introvert dan Extrovert Pada Materi Kalor PENSA E-JURNAL: PENDIDIKAN SAINS 5 (02) - /-/2017
17 Respon Siswa terhadap Lembar Kegiatan Siswa Berbasis Pendekatan Saintifik Pada Materi Getaran dan Gelombang Kelas VIII SMP Al-Falah Deltasari Sidoarjo PENSA E-JURNAL: PENDIDIKAN SAINS 5 (03) - /-/2017
18 Penerapan Media Permainan Science Wiqu Game Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Perubahan Fisika Dan Kimia PENSA E-JURNAL: PENDIDIKAN SAINS 5 (03) - /-/2017
19 Keterampilan Guru Ipa dalam Pembuatan Alat Peraga Sederhana Jurnal Penelitian Pendidikan IPA 1 (2), 76-79 - /-/2017
20 Peningkatkan Pemahaman Konsep Peserta Didik pada Materi Pesawat Sederhana Setelah Penerapan Model Learning Cycle 5e PENSA E-JURNAL: PENDIDIKAN SAINS 6 (02) - /-/2018
21 Keefektifan LKS Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa pada Materi Pesawat Sederhana PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS 6 (02) - /-/2018
22 PENYUSUNAN INSTRUMEN PENILAIAN GURU-GURU IPA KABUPATEN BANYUWANGI Jurnal Abdi: Media Pengabdian Kepada Masyarakat 4 (1), 1-5 - /-/2018
23 Keefektifan Lembar Kerja Siswa Ipa Smp Berbasis Keterampilan Proses Pada Materi Pengukuran PENSA E-JURNAL: PENDIDIKAN SAINS 6 (02) - /-/2018
24 Revealing Student’s Multiple-Misconception on Electric Circuits Journal of Physics: Conference Series 1108 (1), 012088 - /-/2018
25 Keefektifan Lks Berstrategi Inquiring Minds Want To Know Topik Hukum Newton untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains Siswa SMP PENSA E-JURNAL: PENDIDIKAN SAINS 6 (02) - /-/2018
26 The Use of Monopoly-Like Game (MLG) to Promote Qualified Scores for Three Student Competencies Jurnal Pendidikan IPA Indonesia 7 (3), 280-285 - /-/2018
27 Promoting science communication skills in the form of oral presentation through pictorial analogy Journal of Physics: Conference Series 1006 (1), 012033 - /-/2018
28 TEACHER SKILLS IN DEVELOPING INSTRUMENTS OF TEST ESSAY IN SCIENCE LESSONS IN JUNIOR HIGH SCHOOL: Case Jurnal Pena Sains Vol 6 (1) - /-/2019
29 TEACHER SKILLS IN DEVELOPING INSTRUMENTS OF TEST ESSAY IN SCIENCE LESSONS IN JUNIOR HIGH SCHOOL: Case Study In Kediri, East Java-Indonesia Jurnal Pena Sains 6 (1), 45-50 - /-/2019
30 STUDENT WORKSHEET TO PRACTICE GEOSCIENCE LITERACY FOR 7th GRADE JUNIOR HIGH SCHOOL STUDENTS PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS 7 (2) - /-/2019
31 VALIDITY OF STUDENT WORKSHEET BASED GUIDED INQUIRY ON VIBRATION AND WAVE MATERIALS TO TRAIN CRITICAL THINKING SKILLS PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS 8 (3), 218-227 - /-/2020
32 FEASIBILITY OF STEM-APPROACHED WORKSHEET TO IMPROVE STUDENTS'LEARNING OUTCOMES PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS 8 (2), 76-83 - /-/2020
33 FEASIBILITY OF STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATEMATHICS)-BASED STUDENT WORKSHEET IN ENERGY SUB-MATERIAL TO IMPROVE CRITICAL THINKING SKILLS PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS 8 (2), 89-97 - /-/2020
34 VALIDITY AND PRACTICALITY OF STUDENTS WORKSHEETS IN DISASTER MITIGATION THROUGH ROLE-PLAYING METHOD TO TRAIN DISASTER MANAGEMENT PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS 8 (3), 209-217 - /-/2020
35 Analysis of Junior High School students’ critical thinking ability on ecosystem materials Journal of Physics: Conference Series 1440 (1), 012098 - /-/2020
36 ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP PADA PELAJARAN IPA SAAT PEMBELAJARAN DARING SELAMA PANDEMI COVID-19 PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS 9 (2), 188-192 - /-/2021
37 ANALISIS LITERASI LINGKUNGAN SISWA SMP PADA SEKOLAH BERKURIKULUM WAWASAN LINGKUNGAN PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS 9 (2), 176-181 - /-/2021
38 ANALISIS UNSUR MEDIA PRESENTASI DENGAN POWERPOINT YANG DIGUNAKAN OLEH GURU IPA DI SMPN 1 MEGALUH PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS 9 (2), 205-212 - /-/2021
39 PENERAPAN MEDIA E-LEARNING BERBASIS MOODLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS 9 (2), 234-241 - /-/2021

Karya Buku

No Judul Buku Tahun Jumlah Halaman Penerbit

Pemakalah Seminar Ilmiah

No Nama Temu ilmiah / Seminar Judul Artikel Ilmiah Waktu dan Tempat
1 Journal of Physics: Conference Series Promoting science communication skills in the form of oral presentation through pictorial analogy 2018
2 Journal of Physics: Conference Series Revealing Student s Multiple-Misconception on Electric Circuits 2018
3 AIP Conference Proceedings Ab-initio computational study of noncovalent interaction between peptide and alkaline metal ions on 2018
4 Journal of Physics: Conference Series Analysis of Junior High School students critical thinking ability on ecosystem materials 2020

Hak Karya Ilmiah

No Judul/Tema HKI Tahun Jenis Nomor