Roni Rodiyana, M.Pd.

Roni Rodiyana, M.Pd., lahir di Garut pada tanggal 08-01-1986 adalah dosen di Universitas Negeri Surabaya. Dalam 1 tahun terakhir, mengampu 3 matakuliah. Sudah melakukan pengabdian sebanyak 3. Sudah mempublikasi Artikel Ilmiah dalam jurnal sebanyak 58. Memiliki karya buku sebanyak 5. Menjadi pemakalah seminar ilmiah sebanyak 1. Memperoleh HKI sebanyak 3.

Identitas Diri

Riwayat Pendidikan

S1 S2
Nama Perguruan Tinggi Universitas Pendidikan Indonesia Universitas Pendidikan Indonesia
Bidang Ilmu Pendidikan Guru Sekolah Dasar Pendidikan Dasar
Tahun Masuk-Lulus - - 2010 - - 2013
Judul Skripsi/Tesis/Disertasi - -
Nama Pembimbing/Promotor - -

Mata Kuliah yang Diampu

No. Mata Kuliah
1 Kurikulum Sekolah Dasar
2 Metodologi Penelitian
3 Pengembangan Dimensi IPS SD

Data Penelitian Dari Sim Litabmas

No. Tahun Judul Sumber Dana
1 2019 Implementasi Metode Role Playing dalam Upaya Menumbuhkan Sikap Kepemimpinan Demokratis Siswa dalam Pembelajaran PKn di Sekolah Dasar Litabmas
2 2018 PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN VCT (VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE) UNTUK MENINGKATKAN SIKAP DEMOKRATIS DALAM PEMBELAJARAN PKN DI SEKOLAH DASAR Litabmas

Data Penelitian Dari Non Litabmas

No. Tahun Judul Sumber Dana
1 2025 Pembelajaran Etnopedagogi Berbasis Kearifan Lokal dan Global untuk Pendidikan Multikultural di Sekolah Dasar dalam Mendukung Education for Sustainability dan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs)

Pengabdian Kepada Masyarakat

No Tahun Judul Pengabdian Sumber Pendanaan
1 2025 PROGRAM PELATIHAN DRAMA ASIA TENGGARA DARI CERITA RAKYAT NENE PAKANDE, WEWE’ GOMBEL, DAN NENEK BONGKOK TIGA UNTUK UNIT KEBUDAYAAN DAN KESENIAN (UiTM) CAWANGAN MELAKA
2 2025 KADERISASI PEMIMPIN BERKARAKTER: PENGUATAN SOFT SKILLS DAN KEPEMIMPINAN DI PONDOK PESANTREN
3 2025 Pelatihan dan Pendampingan Guru SD dalam Penerapan Value Clarification Technique berbasis Dilema Moral

Publikasi Jurnal

No Judul Artikel Ilmiah Nama Jurnal Volume/Nomor/Tahun
1 Mapping literature of multicultural education: a bibliometric review International Journal of Evaluation and Research in Education 13 /-/2024
2 Mapping literature of multicultural education: a bibliometric Int J Eval & Res Educ ISSN 2252 (8822), 8822, 0 - /-/0
3 MEDIA FLASHCARD UNTUK OPTIMALISASI HASIL BELAJAR SISWA DI SEKOLAH DASAR Jurnal Pedagogik Pendidikan Dasar 9 (1), 28-32, 0 - /-/0
4 UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SUMBER DAYA ALAM MELALUI MODEL CONTEXTUAL TEACHING LEARNING (CTL) PADA MATA PELAJARAN IPS SDN KELAS V SDN GIRIMUKTI - /-/0
5 Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Inkuiri Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kreatif Siswa: Studi Eksperimen Kuasi di SDN Cijati Kecamatan Majalengka Kabupaten … Universitas Pendidikan Indonesia, 2013 - /-/2013
6 PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KREATIF SISWA: Studi Eksperimen Kuasi di S... Universitas Pendidikan Indonesia - /-/2013
7 Penerapan Model Quantum Teaching untuk Meningkatkan Verbal-Linguistik Siswa pada Pembelajaran IPS Jurnal cakrawala pendas 2 (2), 266428, 2015 - /-/2015
8 Pengaruh penerapan strategi pembelajaran inkuiri terhadap kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa SD Jurnal Cakrawala Pendas 1 (1), 2015 - /-/2015
9 Growing Democratic Leadership In Elementary Scholl PROCEEDING THE 3rd SUMMIT MEETING ON EDUCATION INTERNATIONAL SEMINAR “Values …, 2016 - /-/2016
10 Penerapan Model Quantum Teaching untuk Meningkatkan Verbal-Linguistik Siswa pada Pembelajaran IPS Jurnal cakrawala pendas 2 (2), 266428, 2016 - /-/2016
11 Penerapan Metode Pembelajaran Vct (Value Clarification Technique) Untuk Meningkatkan Sikap Demokratis Siswa Dalam Pembelajaran Pkn Di Sekolah Dasar Jurnal Cakrawala Pendas 5 (1), 2018 - /-/2018
12 Pengaruh penerapan strategi quantum learning terhadap motivasi belajar dan pemahaman konsep siswa Jurnal Cakrawala Pendas 4 (2), 45-57, 2018 - /-/2018
13 Analisis model cooperative learning type student facilitator and explaining terhadap hasil belajar siswa sekolah dasar Jurnal Cakrawala Pendas 4 (1), 2018 - /-/2018
14 Pentingnya Model Pembelajaran Tgt Berbantu Lego Dalam Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar Prosiding Seminar Nasional Pendidikan 1, 1306-1314, 2019 - /-/2019
15 Pentingnya pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dalam pemahaman konsep siswa Sekolah Dasar Prosiding Seminar Nasional Pendidikan 1, 577-584, 2019 - /-/2019
16 Menumbuhkan Kepemimpinan Anak Di Sekolah Dasar Jurnal Cakrawala Pendas 5 (2), 2019 - /-/2019
17 Media Gambar dan Pesan Berantai sebagai Strategi Efektif Pembelajaran Menyimak Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar Proceedings Of The Icecrs 2 (1), 107-113, 2019 - /-/2019
18 Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ips Siswa Dengan Menggunakan Media Flashcard Prosiding Seminar Nasional Pendidikan 1, 300-305, 2019 - /-/2019
19 Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Pembelajaran IPS Prosiding Seminar Nasional Pendidikan 1, 649-656, 2019 - /-/2019
20 IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA Prosiding Seminar Nasional Pendidikan 1, 1458-1465, 2019 - /-/2019
21 PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS Prosiding Seminar Nasional Pendidikan 1, 630-634, 2019 - /-/2019
22 Pengaruh Model Pembelajaran POE (Predict, Observe, Explain) terhadap Pemahaman Konsep IPA Siswa Sekolah Dasar Prosiding Seminar Nasional Pendidikan 1, 776-786, 2019 - /-/2019
23 Penggunaan multimedia pembelajaran untuk membantu siswa tuna rungu dalam memahami operasi bilangan bulat JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan 5 (2), 120-129, 2019 - /-/2019
24 Pengaruh model numbered head together berbantu media audio visual terhadap pemahaman konsep Prosiding Seminar Nasional Pendidikan 1, 847-855, 2019 - /-/2019
25 PENTINGNYA MODEL CONTEXTUAL TECHING AND LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MENULIS KARANGAN NARASI Prosiding Seminar Nasional Pendidikan 1, 939-946, 2019 - /-/2019
26 Bahan Ajar Inquiry Saintifik Untuk Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar Jurnal Cakrawala Pendas 5 (2), 2019 - /-/2019
27 Model Pembelajaran Konstruktivisme untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman dan Komunikasi Matematika Siswa Sekolah Dasar Proceedings of the ICECRS 2 (1), 147-157, 2019 - /-/2019
28 PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN WEBSITE PADA TEMA LINGKUNGAN SAHABAT KITA SUBTEMA MANUSIA DAN LINGKUNGAN Prosiding Seminar Nasional Pendidikan 2, 973-982, 2020 - /-/2020
29 Perspektif Kurikulum IPS Sekolah Dasar Era Digital Prosiding Seminar Nasional Pendidikan 2, 817-833, 2020 - /-/2020
30 Menulis Karangan Narasi Dengan Model Know, Want, Learned di Sekolah Dasar Prosiding Seminar Nasional Pendidikan 2, 331-339, 2020 - /-/2020
31 Pengaruh Model Pembelajaran Meaningful Instruction Design Terhadap Kemampuan Metakognitif Peserta Didik Prosiding Seminar Nasional Pendidikan 2, 193-200, 2020 - /-/2020
32 Media Pembelajaran CD Interaktif Untuk Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar Prosiding Seminar Nasional Pendidikan 2, 138-143, 2020 - /-/2020
33 Penerapan Model Write Around Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Prosiding Seminar Nasional Pendidikan 2, 340-347, 2020 - /-/2020
34 Model Connecting Organizing Reflecting Extending dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar Prosiding Seminar Nasional Pendidikan 2, 122-130, 2020 - /-/2020
35 Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar Dengan Metode Pembelajaran Brainstorming Prosiding Seminar Nasional Pendidikan 2, 80-86, 2020 - /-/2020
36 The Effect of Multimedia in Increasing the Integers Operation Ability Journal of Physics: Conference Series 1477 (4), 042057, 2020 - /-/2020
37 PENERAPAN METODE BRAIN WRITING UNTUK PEMBELAJARAN MENULIS PUISI Prosiding Seminar Nasional Pendidikan 2, 405-411, 2020 - /-/2020
38 PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA ULAR TANGGA TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP IPS SISWA Prosiding Seminar Nasional Pendidikan 2, 441-452, 2020 - /-/2020
39 PENDEKATAN ECOLITERACY UNTUK BERPIKIR HOLISTIK SISWA DI SEKOLAH DASAR Jurnal Elementaria Edukasia 3 (2) - /-/2020
40 IMPLEMENTASI METODE ROLE PLAYING DALAM UPAYA MENUMBUHKAN SIKAP KEPEMIMPINAN DEMOKRATIS SISWA DALAM PEMBELAJARAN PKN DI SEKOLAH DASAR Jurnal Elementaria Edukasia 3 (1), 2020 - /-/2020
41 METODE OVERVIEW, KEY, READ, RECALL, REFLECT, REVIEW UNTUK KETERAMPILAN MEMBACA SISWA SEKOLAH DASAR Prosiding Seminar Nasional Pendidikan 2, 354-361, 2020 - /-/2020
42 PEMBELAJARAN MENULIS DALAM GAMITAN PENDIDIKAN BERBASIS KARAKTER DI SEKOLAH DASAR Prosiding Seminar Nasional Pendidikan 2, 362-371, 2020 - /-/2020
43 MODEL PEMBELAJARAN ASSURANCE, RELEVANCE, INTEREST, ASSESSMENT AND SATISFACTION UNTUK PEMBELAJARAN IPA DI SEKOLAH DASAR Prosiding Seminar Nasional Pendidikan 2, 388-397, 2020 - /-/2020
44 PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATA PELAJARAN IPS Prosiding Seminar Nasional Pendidikan 2, 398-404, 2020 - /-/2020
45 Sistematic literatur review: Media Komik dalam pembelajaran di sekolah dasar Jurnal Educatio FKIP UNMA 7 (3), 737-743, 2021 - /-/2021
46 Media Audio Visual Untuk Keterampilan Menyimak Siswa Prosiding Seminar Nasional Pendidikan 3, 266-270, 2021 - /-/2021
47 Karakteristik dan Perbedaan Individu dalam Efektivitas Pendidikan Jurnal Educatio FKIP UNMA 7 (3), 796-803, 2021 - /-/2021
48 Studi Pustaka Dampak Penggunaan Gawai Terhadap Karakter Siswa Sekolah Dasar Prosiding Seminar Nasional Pendidikan 3, 453-464, 2021 - /-/2021
49 EDMODO SEBAGAI MEDIA E-LEARNING DALAM PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI Prosiding Seminar Nasional Pendidikan 3, 520-525, 2021 - /-/2021
50 Trends in Multicultural Education Publication Over a Four-Decade Period: A Bibliometric Review Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI 9 (2), 335-354, 2022 - /-/2022
51 PENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL ANIMASI UWA AND FRIENDS TERHADAP KETERAMPILAN MENYIMAK SISWA Prosiding Seminar Nasional Pendidikan 4, 255-259, 2022 - /-/2022
52 Media flashcard untuk optimalisasi hasil belajar siswa di sekolah dasar Jurnal Pedagogik Pendidikan Dasar 9 (1), 23-30, 2022 - /-/2022
53 Comic Media in Learning of Elementary Schools: Systematic Literature Review Journal of Innovation and Research in Primary Education 1 (1), 12-17, 2022 - /-/2022
54 Kandungan Literasi Sains Pada Buku Tematik Terpadu Siswa Kelas V SD/MI Kurikulum 2013 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan 4, 105-110, 2022 - /-/2022
55 Toleransi dalam Perbedaan Pendapat melalui Model Pembelajaran Inkuiri Berbasis Nilai Jurnal Educatio FKIP UNMA 9 (3), 1260-1269, 2023 - /-/2023
56 Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning Sebagai Keterampilan Menulis Deskripsi Siswa Pada Abad 21 Buletin Ilmiah Pendidikan 2 (1), 92-100, 2023 - /-/2023
57 Bringing Diversity Education to Life: The Impact of Learning Videos on Elementary School Students' Learning Outcomes Utamax: Journal of Ultimate Research and Trends in Education 5 (2), 166-178, 2023 - /-/2023
58 MODEL PENDIDIKAN MULTIKULTURAL MELALUI INKUIRI NILAI UNTUK PENINGKATAN SIKAP MULTIKULTURAL PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR Universitas Pendidikan Indonesia, 2024 - /-/2024

Karya Buku

No Judul Buku Tahun Jumlah Halaman Penerbit
1 Internalisasi ecoliteracy di sekolah dasar 2020 Perkumpulan Rumah Cemerlang Indonesia
2 Menumbuhkan dan implementasi pendidikan demokrasi 2019 PT. Pena Persada Kerta Utama
3 Pendidikan demokrasi bagi mahasiswa calon guru di lembaga pendidikan tinggi kependidikan (LPTK) 2019 PT. Pena Persada Kerta Utama
4 PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DI SEKOLAH DASAR: Menangkal Radikalisme sejak Dini 2025 Perkumpulan Rumah Cemerlang Indonesia
5 Penguatan pendidikan demokrasi di sekolah dasar 2019 FKIP UNMA Press

Pemakalah Seminar Ilmiah

No Nama Temu ilmiah / Seminar Judul Artikel Ilmiah Waktu dan Tempat
1 Journal of Physics: Conference Series The Effect of Multimedia in Increasing the Integers Operation Ability 2020

Hak Karya Ilmiah

No Judul/Tema HKI Tahun Jenis Nomor
1 BELAJAR OPRASI ARITMATIKA 2019 hak cipta EC00201953190
2 METODE ROLE PLAYING UNTUK SIKAP KEPEMIMPINAN DEMOKRATIS SISWA SEKOLAH DASAR 2019 hak cipta EC00201987757
3 Internalisasi Ecoliteracy Di Sekolah Dasar 2020 hak cipta EC00202056639