Riska Dhenabayu, S.Kom., M.M.

Riska Dhenabayu, S.Kom., M.M., lahir di Pasuruan pada tanggal 15-05-1986 adalah dosen di Universitas Negeri Surabaya. Dalam 1 tahun terakhir, mengampu 29 matakuliah. Sudah melakukan pengabdian sebanyak 13. Sudah mempublikasi Artikel Ilmiah dalam jurnal sebanyak 27. Memiliki karya buku sebanyak 1. Menjadi pemakalah seminar ilmiah sebanyak 2. Memperoleh HKI sebanyak 5.

Identitas Diri

Riwayat Pendidikan

S1 S2
Nama Perguruan Tinggi Institut Teknologi Sepuluh Nopember Universitas Bina Nusantara
Bidang Ilmu Teknik Informatika Manajemen
Tahun Masuk-Lulus - - 2012 2013 - 2015
Judul Skripsi/Tesis/Disertasi - -
Nama Pembimbing/Promotor - -

Mata Kuliah yang Diampu

No. Mata Kuliah
1 algoritma pemograman
2 Algoritma Pemrograman
3 Analisis dan Desain sistem
4 Artificial Intelligence
5 Business intelligence
6 cloud computing
7 Dasar Teknologi Informasi
8 Data analytics
9 DESAIN DAN ANALISIS SISTEM
10 design thinking & inovasi
11 E-Commerce
12 Ekonomi Manajerial
13 Internet of Things
14 Kewirausahaan
15 Kewirausahaan Lanjut
16 KKN Praktik Kewirausahaan
17 Matematika Ekonomi
18 Metodologi Penelitian
19 MPK-Praktik Komputer
20 pemasaran digital
21 pemrograman website
22 Perancangan Basis Data
23 Praktik Komputer
24 Simulasi Bisnis Digital
25 sistem basis data:
26 Sistem Informasi Akuntansi
27 Sistem Informasi Manajemen
28 Statistik Bisnis
29 Statistik II

Data Penelitian Dari Sim Litabmas

No. Tahun Judul Sumber Dana
1 2022 IMPLEMENTASI KECERDASAN BUATAN MENGGUNAKAN GENERATIVE ADVERSERIAL NETWORK (GAN) DALAM MELAKUKAN TELEKONSULTASI DESAIN PAKAIAN Litabmas
2 2022 IBM "PELATIHAN IMPLEMENTASI SEARCH ENGINE OPTIMIZATION DAN SOCIAL MEDIA MARKETING UNTUK MEMULAI DAN MENGEMBANGKAN STARTUP DIGITAL BAGI STUDENT ENTREPRENEURS DI SMAN 1 KRIAN" Litabmas
3 2022 IBM "PELATIHAN IMPLEMENTASI SEARCH ENGINE OPTIMIZATION DAN SOCIAL MEDIA MARKETING UNTUK MEMULAI DAN MENGEMBANGKAN STARTUP DIGITAL BAGI STUDENT ENTREPRENEURS DI SMAN 1 KRIAN" Litabmas
4 2022 IBM "PELATIHAN IMPLEMENTASI SEARCH ENGINE OPTIMIZATION DAN SOCIAL MEDIA MARKETING UNTUK MEMULAI DAN MENGEMBANGKAN STARTUP DIGITAL BAGI STUDENT ENTREPRENEURS DI SMAN 1 KRIAN" Litabmas
5 2023 PENERAPAN CONDITIONAL GENERATIVE ADVERSARIAL NETWORKS UNTUK PEMBANGKITAN CITRA GARMEN ECOPRINT Litabmas
6 2022 IMPLEMENTASI KECERDASAN BUATAN MENGGUNAKAN GENERATIVE ADVERSERIAL NETWORK (GAN) DALAM MELAKUKAN TELEKONSULTASI DESAIN PAKAIAN Litabmas
7 2022 IBM "PELATIHAN IMPLEMENTASI SEARCH ENGINE OPTIMIZATION DAN SOCIAL MEDIA MARKETING UNTUK MEMULAI DAN MENGEMBANGKAN STARTUP DIGITAL BAGI STUDENT ENTREPRENEURS DI SMAN 1 KRIAN" Litabmas
8 2022 PENERAPAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL) DALAM PENGEMBANGAN BUKU AJAR ALGORITMA PEMROGRAMAN MENGGUNAKAN METAVERSE ROBLOX DAN ANVIL PYTHON Litabmas
9 2022 IBM STRATEGI REVITALISASI UMKM PENGRAJIN KULIT MELALUI IMPLEMENTASI DIGITAL MARKETING DAN MOBILE COMMERCE PADA KOPERASI INDUSTRI TAS DAN KOPER (INTAKO) DI DESA KEDENSARI, KABUPATEN SIDOARJO Litabmas
10 2020 Kuantifikasi Leveled Cost of Energy (LCOE) pada Solar Home System (SHS) dengan Smart Switching Berbasis Arduino Litabmas

Data Penelitian Dari Non Litabmas

No. Tahun Judul Sumber Dana
1 2024 PENGEMBANGAN KERJASAMA FAKULTAS EKONOMIKA DAN BISNIS UNESA TAHUN 2024-2028
2 2021 PENGEMBANGAN BUKU AJAR ETHICS & CORPORATE GOVERNANCE DENGAN PENDEKATAN STUDI KASUS
3 2022 Perceived Ease Of use terhadap keputusan pembelian di e-comerce (case study Media sosial tiktok)
4 2025 INOVASI DIGITAL BICYCLE TRAINER UNTUK MENGUKUR POWER, ENDURANCE, DAN KINERJA ATLET SEPEDA
5 2021 PENGUATAN ADAPTIVE CAPABILITY DAN NETWORKING CAPABILITY UNTUK MENINGKATKAN INOVASI DAN KINERJA UKM DI KABUPATEN SIDOARJO
6 2023 ANALISIS KEAMANAN DATA PADA SISTEM AKADEMIK UNESA DENGAN MENGGUNAKAN ISO 27001
7 2024 PENGEMBANGAN MODEL AUDIT SPBE BAGI INSPEKTORAT PEMERINTAH (RULE BASED DAN CLOUD CASE-BASED REASONING)
8 2023 Skuter Lipat Elektrik sebagai Alat Bantu Transportasi Bagi Penyandang Disabilitas dan Lansia
9 2024 SISTEM DETEKSI POSE DENGAN PENDEKATAN HYBRID LSTM DAN SIAMESE NEURAL NETWORK UNTUK OPTIMASI KEPELATIHAN BADMINTON
10 2023 Penerapan Conditional Generative Adversarial Networks untuk Pembangkitan Citra Garmen Ecoprint
11 2024 Pengembangan Smart Automatic Basketball Launcher
12 2025 Pengembangan DSS Berbasis ML untuk Penjaluran Mahasiswa dengan Analisis Multi Kriteria
13 2023 PENGEMBANGAN EXTENDED WHEELCHAIR
14 2025 Analisis Rasio Keuangan dan Grey Verhulst Dalam Memprediksi Keberlanjutan Perusahaan
15 2025 Inovasi Penakar Volume Air Otomatis Terintegrasi dengan Sistem Pembayaran Digital
16 2024 Flexible Work Arrangement terhadap Kinerja Pegawai di Perguruan Tinggi: Work Engagement dan Teleworking Technology Adoption sebagai Mediating Variable
17 2023 PENGARUH FAKTOR EKTERNAL ORGANISASI TERHADAP GREEN INNOVATION DAN KINERJA UMKM GREEN PRODUCT: STUDI PADA UKM GREEN PRODUCT DI INDONESIA

Pengabdian Kepada Masyarakat

No Tahun Judul Pengabdian Sumber Pendanaan
1 2023 PELATIHAN DESAIN KEMASAN DAN FOTO PRODUK PADA UMKM MAKANAN DAN MINUMAN KELURAHAN KETINTANG SURABAYA
2 2024 PELATIHAN DESAIN KEMASAN DAN FOTO PRODUK PADA UMKM MAKANAN DAN MINUMAN KELURAHAN KETINTANG SURABAYA
3 2021 PERAN JUMAT BERKAH DALAM MENUNJANG KESEJAHTERAAN MASYARAKAT TERDAMPAK Corona Virus Disease (COVID-19)
4 2022 IbM Strategi Revitalisasi UMKM Pengrajin Kulit melalui Implementasi Digital Marketing dan Mobile Commerce pada Koperasi Industri Tas dan Koper (INTAKO) di Desa Kedensari, Kabupaten Sidoarjo
5 2023 Pelatihan Konten Kreatif Dan Perhitungan Harga Pokok Produk Untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM Sablon Di Kelurahan Dukuh Setro Surabaya
6 2022 IbM "PELATIHAN IMPLEMENTASI SEARCH ENGINE OPTIMIZATION DAN SOCIAL MEDIA MARKETING UNTUK MEMULAI DAN MENGEMBANGKAN STARTUP DIGITAL BAGI STUDENT ENTREPRENEURS DI SMAN 1 KRIAN"
7 2024 INTERNET OF THING BERBASIS ARDUINO SEBAGAI GAME INTERAKTIF PADA SISWA KELAS 1 SMP HASANUDDIN WAJAK UNTUK PENINGKATAN MINAT DAN PERSEPSI SISWA TERHADAP MATEMATIKA
8 2022 Mendukung Percepatan Pemulihan Ekonomi Pasca Covid-19 yang Gender-Responsive dan Inklusif Melalui Penyederhanaan dan Digitalisasi Pencatatan Keuangan pada UMKM Fashion Milik Pengusaha Wanita di Jawa Timur
9 2021 IbM IMPLEMENTASI QRIS SEBAGAI MEDIA TRANSAKSI DIGITAL YANG TRANSPARAN DAN AKUNTABEL PADA TPQ AL-AQSHA
10 2024 DIGITALISASI PEMETAAN 2 DIMENSI SEBAGAI BENTUK IMPLEMENTASI DIGITAL MARKETING YANG MENUNJANG EKSPLORASI WISATAWAN DI DESA WISATA SANANKERTO - TUREN
11 2022 Edukasi Manajemen Bisnis Digital Bagi Forum Kerjasama Panti Asuhan Islam Kabupaten Malang
12 2023 DIGITALISASI PEMETAAN 2 DIMENSI SEBAGAI BENTUK IMPLEMENTASI DIGITAL MARKETING YANG MENUNJANG EKSPLORASI WISATAWAN DI DESA WISATA SANANKERTO - TUREN
13 2025 Transformasi Digital Komunikasi Pendidikan di Yayasan Fazlur Blitar melalui Email dan WhatsApp Blast

Publikasi Jurnal

No Judul Artikel Ilmiah Nama Jurnal Volume/Nomor/Tahun
1 Determining the Correlation of Fat-Free Mass, Power, and Maximum Hamstring Force in Female Basketball Athletes Physical Education Theory and Methodology 24 /-/2024
2 THE POTENTIAL ECONOMIC ANALYSIS OF SOLAR HOME SYSTEM WITH SWITCHING METHOD ON HOUSEHOLD ELECTRICITY SCALE - /-/0
3 MEASURING WEIGHT OF ACTIVITIES IN SOFTWARE DEVELOPMENT BASED ON USE CASE POINTS AND ACCOUNTING PERSPECTIVE BOARD OF EDITOR, 16, 0 - /-/0
4 Erta, & Dewi, HSCP (2023). Perceived Ease of Use on Purchasing Decisions in E-Commerce (a case study of TikTok social media) International Journal of Economics, Management, Business and Social Science …, 0 - /-/0
5 SALES FORECASTING OF PHARMACEUTICALPRODUCTS USING ASSOCIATION RULE MINING (ARM) METHOD JOSAR (Journal of Students Academic Research) 2 (2), 1-16, 2017 - /-/2017
6 Penerapan Metode Profile Matching pada Sistem Pendukung Keputusan Performa Produksi Burung Puyuh ANTIVIRUS: Jurnal Ilmiah Teknik Informatika 11 (2), 2017 - /-/2017
7 Sistem Pakar Penentuan Motif Dan Warna Batik Berdasarkan Ciri Fisik Dengan Metode Forward Chaining Antivirus: Jurnal Ilmiah Teknik Informatika 12 (1), 2018 - /-/2018
8 APPLICATION OF STRING MATCHING USING BOYER MOORE ALGORITHM IN THE APPLICATION OF DICTIONARY LIVESTOCK TERMS JOSAR (Journal of Students Academic Research) 3 (1), 11-21, 2018 - /-/2018
9 Implementasi Construct 2 Pada Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Inggris Interaktif Berbentuk Game Edukasi Multi Platform Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran) 3, 594-608, 2019 - /-/2019
10 Effectiveness of Reading for Islamic Education: Design of Multi-Platform Educational Game as Instructional Media Al-Hayat: Journal of Islamic Education 3 (2), 140-148, 2019 - /-/2019
11 SISTEM KENDALI JARAK JAUH LAMPU TENAGA SURYA PADA SKALA RUMAH TANGGA MENGGUNAKAN THINGSBOARD SEMASTER: Seminar Nasional Teknologi Informasi & Ilmu Komputer 1 (1), 83-89, 2020 - /-/2020
12 THE POTENTIAL ECONOMIC ANALYSIS OF SOLAR HOME SYSTEM WITH SWITCHING METHOD ON HOUSEHOLD ELECTRICITY SCALE Jurnal Manajemen dan Bisnis 9 (2), 185-194, 2020 - /-/2020
13 The Impact of Internet-Based Corporate Governance Sharia (IBCGS) Rating on Shareholders Trust in Jakarta Islamic Index Companies Al-Uqud: Journal of Islamic Economics 5 (2), 327-344, 2021 - /-/2021
14 Green digital marketing: feasibility of project based learning module to promote science pre-service teachers' entrepreneurial skills The 9th Annual International Seminar on Trends in Science and Science …, 2022 - /-/2022
15 Implementasi QRIS sebagai Media Transaksi Digital yang Transparan dan Akuntabel pada Organisasi Sosial ABIMANYU: Journal of Community Engagement 3 (2), 16-23, 2022 - /-/2022
16 Implementation of E-Catalog Technology as a Digital Promotion Media on a Small Medium Enterprise 4th International Conference on Research and Academic Community Services …, 2023 - /-/2023
17 Evaluation Strategy Ecoprint Fashion Business by Applying Web-Based Bespoke Tailoring Application: Case Study on “Daun Efek” 4th International Conference on Research and Academic Community Services …, 2023 - /-/2023
18 Digital Marketing and Creative Space Rebranding for Senior High School Students 4th International Conference on Research and Academic Community Services …, 2023 - /-/2023
19 Digitalization of Simple Financial Statements on Women’s Fashion MSMES in East Java 4th International Conference on Research and Academic Community Services …, 2023 - /-/2023
20 Perceived Ease of Use on Purchasing Decisions in E-Commerce: a case study of TikTok social media International Journal of Economics, Management, Business and Social Science …, 2023 - /-/2023
21 Implementation of Digital Marketing as a Revitalization Strategy for MSME Leather Crafts at the Bag and Luggage Industry Cooperative International Joint Conference on Arts and Humanities 2022 (IJCAH 2022 …, 2023 - /-/2023
22 Variable on SME Fashion Industry With NFT Blockchain as the Design Protection and Counterfeiting Measurement Using Narrative Analysis 2023 International Conference on Data Science and Its Applications (ICoDSA …, 2023 - /-/2023
23 Edukasi Manajemen Bisnis Digital Bagi Forum Panti Asuhan Islam Kabupaten Malang Darmabakti: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat 4 (2), 215-223, 2023 - /-/2023
24 Potential Researches of GAN in Fashion Areas 2023 6th International Conference of Computer and Informatics Engineering …, 2023 - /-/2023
25 Peningkatan Ekonomi Digital pada Usaha Kerajinan Kulit melalui Optimalisasi Teknologi Informasi Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Nusantara 6 (1.1), 397-402, 2024 - /-/2024
26 Strengthening Adaptive Capability and Networking Capability to Enhance Innovation and Business Performance of Small and Medium Enterprises (SMEs) in Indonesia 2024 International Conference on Decision Aid Sciences and Applications …, 2024 - /-/2024
27 Determining the Correlation of Fat-Free Mass, Power, and Maximum Hamstring Force in Female Basketball Athletes Physical Education Theory and Methodology 24 (6), 891-896, 2024 - /-/2024

Karya Buku

No Judul Buku Tahun Jumlah Halaman Penerbit
1 PROJECT BASED LEARNING ALGORITMA PEMROGRAMAN UNTUK BISNIS DIGITAL MEMANFAATKAN TEKNOLOGI METAVERSE ROBLOX DAN ANVIL PYTHON 2022 Elite Media Kreazi (Elmarkazi)

Pemakalah Seminar Ilmiah

No Nama Temu ilmiah / Seminar Judul Artikel Ilmiah Waktu dan Tempat
1 2023 International Conference on Data Science and Its Applications, ICoDSA 2023 Variable on SME Fashion Industry with NFT Blockchain as the Design Protection and Counterfeiting Measurement Using Narrative Analysis 2023
2 Proceedings - 2023 6th International Conference on Computer and Informatics Engineering: AI Trust, R Potential Researches of GAN in Fashion Areas 2023

Hak Karya Ilmiah

No Judul/Tema HKI Tahun Jenis Nomor
1 Karya rekaman video Python, Kenalan Kuy! 2021 hak cipta EC00202182939
2 Digital Advertising 2023 hak cipta EC002023116114
3 RUANG GANTI PAKAIAN BATIK ECOPRINT VIRTUAL BERBASIS KECERDASAN BUATAN GENERATIVE ADVERSARIAL NETWORKS 2023 hak cipta EC00202350764
4 APLIKASI FASHION ECOMMERCE BATIK ECOPRINT BERBASIS WEB DENGAN FITUR PEREKOMENDASI UKURAN BAJU BERDASARKAN BENTUK TUBUH 2023 hak cipta EC00202350762
5 APLIKASI BESPOKE TAILORING ONLINE DENGAN FITUR PEMILIHAN DETAIL KEMEJA 2023 hak cipta EC00202350759