Enny Susiyawati, S.Si., M.Sc., M.Pd., Ph.D.

Enny Susiyawati, S.Si., M.Sc., M.Pd., Ph.D., lahir di Bangkalan pada tanggal 16-06-1986 adalah dosen di Universitas Negeri Surabaya. Dalam 1 tahun terakhir, mengampu 13 matakuliah. Sudah melakukan pengabdian sebanyak 5. Sudah mempublikasi Artikel Ilmiah dalam jurnal sebanyak 18. Menjadi pemakalah seminar ilmiah sebanyak 2. Memperoleh HKI sebanyak 1.

Identitas Diri

Mata Kuliah yang Diampu

No. Mata Kuliah
1 Anatomi dan Fisiologi Hewan
2 Anatomi dan Fisiologi Tumbuhan
3 Bahasa Inggris
4 Biologi Umum
5 Fluida
6 Keanekaragaman Makhluk Hidup
7 Kelistrikan dan Kemagnetan
8 Pembelajaran Inovatif I
9 Pembelajaran Inovatif II
10 Pembelajaran Mikro
11 Seminar
12 Skripsi
13 Teori Belajar

Data Penelitian Dari Sim Litabmas

No. Tahun Judul Sumber Dana
1 2022 OPTIMALISASI KETERAMPILAN PROSES SAINS MAHASISWA UNTUK PEMBELAJARAN IPA BERBASIS BLENDED LEARNING Litabmas
2 2022 PEMBELAJARAN STEM KEMIPAAN UNTUK MELATIHKAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS MAHASISWA FMIPA UNESA Litabmas
3 2019 PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS UNTUK SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA Litabmas
4 2022 PEMBELAJARAN STEM KEMIPAAN UNTUK MELATIHKAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS MAHASISWA FMIPA UNESA Litabmas
5 2022 OPTIMALISASI KETERAMPILAN PROSES SAINS MAHASISWA UNTUK PEMBELAJARAN IPA BERBASIS BLENDED LEARNING Litabmas
6 2022 PEMBELAJARAN STEM KEMIPAAN UNTUK MELATIHKAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS MAHASISWA FMIPA UNESA Litabmas
7 2021 PELATIHAN BLENDED LEARNING DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK PEMBELAJARAN IPA BAGI GURU-GURU SMP KABUPATEN GRESIK Litabmas
8 2021 PELATIHAN BLENDED LEARNING DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK PEMBELAJARAN IPA BAGI GURU-GURU SMP KABUPATEN GRESIK Litabmas
9 2022 OPTIMALISASI KETERAMPILAN PROSES SAINS MAHASISWA UNTUK PEMBELAJARAN IPA BERBASIS BLENDED LEARNING Litabmas
10 2022 OPTIMALISASI KETERAMPILAN PROSES SAINS MAHASISWA UNTUK PEMBELAJARAN IPA BERBASIS BLENDED LEARNING Litabmas
11 2022 OPTIMALISASI KETERAMPILAN PROSES SAINS MAHASISWA UNTUK PEMBELAJARAN IPA BERBASIS BLENDED LEARNING Litabmas
12 2022 OPTIMALISASI KETERAMPILAN PROSES SAINS MAHASISWA UNTUK PEMBELAJARAN IPA BERBASIS BLENDED LEARNING Litabmas
13 2022 PEMBELAJARAN STEM KEMIPAAN UNTUK MELATIHKAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS MAHASISWA FMIPA UNESA Litabmas

Data Penelitian Dari Non Litabmas

No. Tahun Judul Sumber Dana
1 2022 STRATEGY OF SCIENTIFIC ARGUMENTATION OF COLLEGE STUDENT TO EXPLAIN FOCAL ISSUES IN A CONNECTION WITH SOCIO-SCIENTIFIC ISSUES
2 2021 AN INTENSIVE SCAFFOLDING IN ADDRESSING MACROSCOPIC SOCIO-SCIENTIFIC ISSUES TO HELP COLLEGE STUDENT LEARNING SCIENCE AT MICROSCOPIC LEVEL
3 2022 Optimalisasi Keterampilan Proses Sains Mahasiswa untuk Pembelajaran IPA Berbasis Blended Learning
4 2023 Penerapan Pembelajaran Kolaboratif Melalui Strategi Belajar Mind Mapping Berbasis Komputer untuk Membangkitkan Ide Kreatif Ilmiah Mahasiswa
5 2022 KARAKTERISASI LITERASI KIMIA MAHASISWA DALAM SISTEM BIOLOGI: MENGIDENTIFIKASI ASPEK KIMIA UNTUK MENJELASKAN FENOMENA KEHIDUPAN TINGKAT SEL
6 2024 IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN BERMUATAN SDGS MATA KULIAH SAINTEK DAN ILMU SOSIAL DI PERGURUAN TINGGI
7 2021 MODEL MENTAL MAHASISWA PADA MATERI TERMODINAMIKA: PERSPEKTIF GUIDED INQUIRY
8 2023 Pengembangan Model Pembelajaran bermuatan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB/SDGs) untuk Unesa PTNBH Era Digital
9 2019 BLENDED LEARNING PEMBELAJARAN INOVATIF: PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN
10 2022 Pembelajaran STEM Kemipaan untuk Melatihkan Kemampuan Literasi Sains Mahasiswa FMIPA Unesa
11 2020 PEMBELAJARAN KESEHATAN SEL, BERBASIS LAKU SPIRITUAL DZIKRULLOH “MEDITASI HE NING CIPTO”, UNTUK MEMBANGUN SISTEM IMUNITAS TUBUH YANG KUAT DARI SERANGAN PATOGEN (VIRUS)

Pengabdian Kepada Masyarakat

No Tahun Judul Pengabdian Sumber Pendanaan
1 2024 Pendampingan Guru IPA SMP dalam membuat LKPD dengan Pendekatan Cultural Responsive Teaching untuk Mewujudkan Pelaksanaan Kurikulum Merdeka
2 2020 Edukasi Masyarakat tentang Manfaat Memakai Masker Kain untuk Penanganan Covid 19
3 2023 Pendampingan Guru IPA Menyusun LKPD Berbasis Model Bonex (The Based On Experiential Learning) Untuk Menanamkan Karakter Profil Pelajar Pancasila/P3 Pada Siswa SMP di Kota Mojokerto
4 2021 PELATIHAN BLENDED LEARNING DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK PEMBELAJARAN IPA BAGI GURU-GURU SMP KABUPATEN GRESIK
5 2022 Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Project Based Learning

Publikasi Jurnal

No Judul Artikel Ilmiah Nama Jurnal Volume/Nomor/Tahun
1 PERKEMBANGAN STRUKTUR AERENKIM RHIZOFOR Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan 17 (2) - /-/2010
2 University Students’ Ability to Interpret Visual Representations in Plant Anatomy Curtin University - /-/2017
3 AN EVALUATION OF THE EFFECTIVENESS OF THE AUTHENTIC TASK ON STUDENTS’LEARNING ACHIEVEMENT OF PLANT ANATOMY CONCEPTS IN SURABAYA STATE UNIVERSITY JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains) 1 (2), 101-107 - /-/2017
4 Model Pendidikan dalam Keluarga Berbasis Multireligius Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan 22 (2), 254-266 - /-/2019
5 EFFECTIVENESS OF MOLYDO OF TEMPERATURE AND HEAT (MTH)-GAME TO IMPROVE STUDENT LEARNING OUTCOMES PENSA E-JURNAL: PENDIDIKAN SAINS 8 (1) - /-/2020
6 USING PROJECT-BASED LEARNING WORKSHEET WITH WASTE WATER TREATMENT THEME TO PRACTICE STUDENT’PROBLEM-SOLVING SKILLS PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS 8 (2), 110-114 - /-/2020
7 IMPROVING JUNIOR HIGH SCHOOL STUDENT’S LEARNING OUTCOMES THROUGH INTERACTIVE MULTIMEDIA OF BLOOD CIRCULATION SYSTEM PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS 8 (1) - /-/2020
8 EFFECTIVENESS OF STUDENT WORKSHEET BASED ON GUIDED INQUIRY LEARNING TO FACILITATE STUDENT’S HIGHER ORDER THINKING SKILLS PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS 8 (1) - /-/2020
9 MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA MELALUI PEMBELAJARAN IPA BERBASIS SOCIO-SCIENTIFIC ISSUES PADA MATERI ZAT ADITIF PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS 8 (1) - /-/2020
10 IMPROVING STUDENTS’LEARNING OUTCOMES THROUGH THE APPLICATION OF AN INTERACTIVE MULTIMEDIA ON HUMAN EXCRETION SYSTEM MATERIAL PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS 8 (2), 84-88 - /-/2020
11 USING MAKE A MATCH CARDS ABOUT CELL TO IMPROVE STUDENTS’LEARNING OUTCOME PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS 8 (3), 267-274 - /-/2020
12 Tes Keterampilan Berpikir Kritis untuk Siswa Menengah Pertama https://pdki-indonesia.dgip.go.id/detail/EC00202018359?type=copyright … - /-/2020
13 4th Mathematics, Informatics, Science and Education International Conference Journal of Physics: Conference Series 1747 (1), 011001 - /-/2021
14 Development and Validation of an Instrument for Assessing Middle School Students’ Critical Thinking Skills The International Journal of Assessment and Evaluation 28 (2), 1-13 - /-/2021
15 PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY DENGAN LKPD BERBASIS SCAFFOLDING UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS 9 (3), 399-406 - /-/2021
16 PEMBELAJARAN BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH PADA MATERI PENCEMARAN AIR UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP KELAS VII PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS 9 (1), 17-23 - /-/2021
17 Students’ visual literacy: a study from plant anatomy learning Journal of Physics: Conference Series 1747 (1), 012021 - /-/2021
18 KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH MELALUI PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS SAINS OUTDOOR PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS 9 (1), 29-34 - /-/2021

Karya Buku

No Judul Buku Tahun Jumlah Halaman Penerbit

Pemakalah Seminar Ilmiah

No Nama Temu ilmiah / Seminar Judul Artikel Ilmiah Waktu dan Tempat
1 Journal of Physics: Conference Series 4th Mathematics, Informatics, Science and Education International Conference 2021
2 Journal of Physics: Conference Series Students' visual literacy: A study from plant anatomy learning 2021

Hak Karya Ilmiah

No Judul/Tema HKI Tahun Jenis Nomor
1 Tes Keterampilan Berpikir Kritis untuk Siswa Menengah Pertama 2020 hak cipta EC00202018359