
Enny Susiyawati, S.Si., M.Sc., M.Pd., Ph.D.
Enny Susiyawati, S.Si., M.Sc., M.Pd., Ph.D., lahir di Bangkalan pada tanggal 16-06-1986 adalah dosen di Universitas Negeri Surabaya. Dalam 1 tahun terakhir, mengampu 28 matakuliah. Sudah melakukan pengabdian sebanyak 7. Sudah mempublikasi Artikel Ilmiah dalam jurnal sebanyak 18. Menjadi pemakalah seminar ilmiah sebanyak 2. Memperoleh HKI sebanyak 1.

Identitas Diri
Riwayat Pendidikan
S1 | S2 | S3 | |
---|---|---|---|
Nama Perguruan Tinggi | Universitas Negeri Surabaya | Universitas Negeri Surabaya | Curtin University |
Bidang Ilmu | Biologi | Pendidikan Sains | Science and Mathematics Education |
Tahun Masuk-Lulus | 2005 - 2010 | 2010 - 2012 | 2013 - 2018 |
Judul Skripsi/Tesis/Disertasi | - | - | - |
Nama Pembimbing/Promotor | - | - | - |
Mata Kuliah yang Diampu
No. | Mata Kuliah |
---|---|
1 | Analisis Sains untuk Pendidikan Dasar |
2 | Anatomi dan Fisiologi Hewan |
3 | Anatomi dan Fisiologi Makhluk Hidup |
4 | Anatomi dan Fisiologi Tumbuhan |
5 | Bahasa Inggris |
6 | Biologi Umum |
7 | Dasar - Dasar Kependidikan |
8 | Ekologi |
9 | Fluida |
10 | Fluida, Gelombang, dan Optik |
11 | Keanekaragaman Makhluk Hidup |
12 | Kelistrikan dan Kemagnetan |
13 | KKN Asistensi Mengajar Evaluasi Program |
14 | KKN Kewirausahaan Evaluasi Program |
15 | KKN Proyek Desa Evaluasi Program |
16 | KKN Proyek indpenden Evaluasi Program |
17 | KKN Proyek Kemanusiaan Evaluasi Program |
18 | KKNT |
19 | Konservasi SDA dan Lingkungan |
20 | LITERASI DIGITAL |
21 | PEMBELAJARAN INOVATIF |
22 | Pembelajaran Inovatif I |
23 | Pembelajaran Inovatif II |
24 | Pembelajaran Mikro |
25 | Praksis Kritis Pembelajaran Sains Pendidikan Dasar |
26 | Seminar |
27 | Skripsi |
28 | Teori Belajar |
Data Penelitian Dari Sim Litabmas
No. | Tahun | Judul | Sumber Dana |
---|---|---|---|
1 | 2022 | OPTIMALISASI KETERAMPILAN PROSES SAINS MAHASISWA UNTUK PEMBELAJARAN IPA BERBASIS BLENDED LEARNING | Litabmas |
2 | 2022 | PEMBELAJARAN STEM KEMIPAAN UNTUK MELATIHKAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS MAHASISWA FMIPA UNESA | Litabmas |
3 | 2019 | PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS UNTUK SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA | Litabmas |
4 | 2022 | PEMBELAJARAN STEM KEMIPAAN UNTUK MELATIHKAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS MAHASISWA FMIPA UNESA | Litabmas |
5 | 2022 | OPTIMALISASI KETERAMPILAN PROSES SAINS MAHASISWA UNTUK PEMBELAJARAN IPA BERBASIS BLENDED LEARNING | Litabmas |
6 | 2022 | PEMBELAJARAN STEM KEMIPAAN UNTUK MELATIHKAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS MAHASISWA FMIPA UNESA | Litabmas |
7 | 2021 | PELATIHAN BLENDED LEARNING DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK PEMBELAJARAN IPA BAGI GURU-GURU SMP KABUPATEN GRESIK | Litabmas |
8 | 2021 | PELATIHAN BLENDED LEARNING DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK PEMBELAJARAN IPA BAGI GURU-GURU SMP KABUPATEN GRESIK | Litabmas |
9 | 2022 | OPTIMALISASI KETERAMPILAN PROSES SAINS MAHASISWA UNTUK PEMBELAJARAN IPA BERBASIS BLENDED LEARNING | Litabmas |
10 | 2022 | OPTIMALISASI KETERAMPILAN PROSES SAINS MAHASISWA UNTUK PEMBELAJARAN IPA BERBASIS BLENDED LEARNING | Litabmas |
11 | 2022 | OPTIMALISASI KETERAMPILAN PROSES SAINS MAHASISWA UNTUK PEMBELAJARAN IPA BERBASIS BLENDED LEARNING | Litabmas |
12 | 2022 | OPTIMALISASI KETERAMPILAN PROSES SAINS MAHASISWA UNTUK PEMBELAJARAN IPA BERBASIS BLENDED LEARNING | Litabmas |
13 | 2022 | PEMBELAJARAN STEM KEMIPAAN UNTUK MELATIHKAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS MAHASISWA FMIPA UNESA | Litabmas |
14 | 2022 | OPTIMALISASI KETERAMPILAN PROSES SAINS MAHASISWA UNTUK PEMBELAJARAN IPA BERBASIS BLENDED LEARNING | Litabmas |
15 | 2021 | PELATIHAN BLENDED LEARNING DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK PEMBELAJARAN IPA BAGI GURU-GURU SMP KABUPATEN GRESIK | Litabmas |
16 | 2024 | IMPLEMENTASI PROBLEM-BASED BLENDED LEARNING: EKSPLORASI DAMPAK DAN KENDALA | Litabmas |
17 | 2022 | OPTIMALISASI KETERAMPILAN PROSES SAINS MAHASISWA UNTUK PEMBELAJARAN IPA BERBASIS BLENDED LEARNING | Litabmas |
18 | 2024 | IMPLEMENTASI PROBLEM-BASED BLENDED LEARNING: EKSPLORASI DAMPAK DAN KENDALA | Litabmas |
19 | 2024 | IMPLEMENTASI PROBLEM-BASED BLENDED LEARNING: EKSPLORASI DAMPAK DAN KENDALA | Litabmas |
20 | 2024 | Disain Pembelajaran Bauran (Blended Learning) untuk Optimalisasi Kegiatan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) di Perguruan Tinggi | Litabmas |
21 | 2023 | Disain Pembelajaran Bauran (Blended Learning) untuk Optimalisasi Kegiatan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) di Perguruan Tinggi | Litabmas |
22 | 2024 | Disain Pembelajaran Bauran (Blended Learning) untuk Optimalisasi Kegiatan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) di Perguruan Tinggi | Litabmas |
23 | 2023 | Disain Pembelajaran Bauran (Blended Learning) untuk Optimalisasi Kegiatan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) di Perguruan Tinggi | Litabmas |
24 | 2024 | Disain Pembelajaran Bauran (Blended Learning) untuk Optimalisasi Kegiatan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) di Perguruan Tinggi | Litabmas |
25 | 2023 | Disain Pembelajaran Bauran (Blended Learning) untuk Optimalisasi Kegiatan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) di Perguruan Tinggi | Litabmas |
26 | 2024 | IMPLEMENTASI PROBLEM-BASED BLENDED LEARNING: EKSPLORASI DAMPAK DAN KENDALA | Litabmas |
27 | 2022 | OPTIMALISASI KETERAMPILAN PROSES SAINS MAHASISWA UNTUK PEMBELAJARAN IPA BERBASIS BLENDED LEARNING | Litabmas |
28 | 2024 | IMPLEMENTASI PROBLEM-BASED BLENDED LEARNING: EKSPLORASI DAMPAK DAN KENDALA | Litabmas |
29 | 2024 | IMPLEMENTASI PROBLEM-BASED BLENDED LEARNING: EKSPLORASI DAMPAK DAN KENDALA | Litabmas |
Data Penelitian Dari Non Litabmas
No. | Tahun | Judul | Sumber Dana |
---|---|---|---|
1 | 2022 | STRATEGY OF SCIENTIFIC ARGUMENTATION OF COLLEGE STUDENT TO EXPLAIN FOCAL ISSUES IN A CONNECTION WITH SOCIO-SCIENTIFIC ISSUES | |
2 | 2021 | AN INTENSIVE SCAFFOLDING IN ADDRESSING MACROSCOPIC SOCIO-SCIENTIFIC ISSUES TO HELP COLLEGE STUDENT LEARNING SCIENCE AT MICROSCOPIC LEVEL | |
3 | 2024 | Eksplorasi sains Isu-isu Media Sosial (IMS) sebagai Prediktor Literasi Sains | |
4 | 2024 | IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN BERMUATAN SDGS MATA KULIAH SAINTEK DAN ILMU SOSIAL DI PERGURUAN TINGGI | |
5 | 2021 | MODEL MENTAL MAHASISWA PADA MATERI TERMODINAMIKA: PERSPEKTIF GUIDED INQUIRY | |
6 | 2024 | Implementasi Problem-based Blended Learning: Eksplorasi Dampak dan Kendala | |
7 | 2023 | Pengembangan Model Pembelajaran bermuatan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB/SDGs) untuk Unesa PTNBH Era Digital | |
8 | 2019 | BLENDED LEARNING PEMBELAJARAN INOVATIF: PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN | |
9 | 2025 | PEMANFAATAN DATA MINING UNTUK MENGANALISIS PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA BERDASARKAN JALUR SELEKSI DI UNESA | |
10 | 2022 | Pembelajaran STEM Kemipaan untuk Melatihkan Kemampuan Literasi Sains Mahasiswa FMIPA Unesa | |
11 | 2020 | PEMBELAJARAN KESEHATAN SEL, BERBASIS LAKU SPIRITUAL DZIKRULLOH “MEDITASI HE NING CIPTO”, UNTUK MEMBANGUN SISTEM IMUNITAS TUBUH YANG KUAT DARI SERANGAN PATOGEN (VIRUS) | |
12 | 2025 | Menggunakan strategi Three-dimensional Thinking Graph untuk mendukung Deep Learning dalam Pembelajaran Inkuiri Berbasis Socio-scientific Phenomena | |
13 | 2025 | PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS DEEP LEARNING UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI | |
14 | 2022 | KARAKTERISASI LITERASI KIMIA MAHASISWA DALAM SISTEM BIOLOGI: MENGIDENTIFIKASI ASPEK KIMIA UNTUK MENJELASKAN FENOMENA KEHIDUPAN TINGKAT SEL | |
15 | 2025 | Smart Learning dalam Smart Classroom: Desain Model Pembelajaran Deep Learning pada Mata Kuliah Saintek dan Sosial Humaniora | |
16 | 2025 | Pengembangan Buku Ajar Konservasi Sumber Daya Alam dan Lingkungan Berbasis Kearifan Lokal | |
17 | 2025 | TRANSFORMASI PEMBELAJARAN SAINTEK DAN SOSIAL HUMANIORA DENGAN ALAT PENELITIAN BERBASIS AI DALAM MATA KULIAH BERBASIS PROYEK SDGS UNTUK PENDIDIKAN TINGGI | |
18 | 2022 | Optimalisasi Keterampilan Proses Sains Mahasiswa untuk Pembelajaran IPA Berbasis Blended Learning | |
19 | 2023 | Penerapan Pembelajaran Kolaboratif Melalui Strategi Belajar Mind Mapping Berbasis Komputer untuk Membangkitkan Ide Kreatif Ilmiah Mahasiswa | |
20 | 2025 | Dampak Integrasi ChatGPT dalam Model Debate Based on Inquiry Learning (DBOIL) terhadap Keterampilan Argumentasi Mahasiswa Calon Guru IPA |