Khusnul Fikriyah, S.E., M.SEI.

Khusnul Fikriyah, S.E., M.SEI., lahir di Lamongan pada tanggal 18-08-1987 adalah dosen di Universitas Negeri Surabaya. Dalam 1 tahun terakhir, mengampu 16 matakuliah. Sudah melakukan pengabdian sebanyak 11. Sudah mempublikasi Artikel Ilmiah dalam jurnal sebanyak 48. Memperoleh HKI sebanyak 2.

Identitas Diri

Riwayat Pendidikan

S1 S2
Nama Perguruan Tinggi UNESA Universitas Airlangga
Bidang Ilmu Manajemen Keuangan Ilmu Ekonomi Islam
Tahun Masuk-Lulus 2005 - 2010 2011 - 2013
Judul Skripsi/Tesis/Disertasi Analisis Kesehatan Bank Dengan Menggunakan Rasio CAMELS Sebelum dan Sesudah Go Public (Studi Pada Bank Yang Melakukan Initial Public Offering Pada 2006) Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa dan
Nama Pembimbing/Promotor Musdholifah, S.E., M.Si. PENGARUH BAURAN PEMASARAN JASA DAN PENERAPAN ETOS KERJA PELAYANAN ISLAMI TERHADAP LOYALITAS MUZAKKI PADA LEMBAGA ZAKAT DI SURABAYA
Status Validasi Belum divalidasi Belum divalidasi

Mata Kuliah yang Diampu

No. Mata Kuliah
1 Dasar Kewirausahaan
2 Ekonomi Mikro Islam
3 Kewirausahaan
4 KEwirausahaan
5 Manajemen Keuangan
6 Manajemen Pemasaran
7 Manajemen Sdm
8 Manajemen Zakat
9 Metode Penelitian Ekonomi Kualitatif
10 Metode Penelitian Kualitatif
11 Metodologi Penelitian
12 Pasar Modal Syariah
13 Pengantar Bisnis
14 Pengantar Manajemen
15 Praktek Kewirausahaan
16 Praktik Kewirausahaan

Data Penelitian Dari Sim Litabmas

No. Tahun Judul Sumber Dana
1 2021 EDUKASI AKAD USAHA DAN BAGI HASIL BERDASARKAN PRINSIP SYARIAH PADA KELOMPOK PERINTIS USAHA DI KELURAHAN BARURAMBAT TIMUR KABUPATEN PAMEKASAN Litabmas
2 2019 PELATIHAN PENGELOLAAN KEUANGAN KELUARGA LSLAMI BAGI LBU-LBU PKK KECAMATAN GANDING KABUPATEN SUMENEP Litabmas
3 2022 IMPLEMENTASI SHARIA MARKETING MIX DAN ISLAMIC WORK ETHIC TERHADAP LOYALITAS MUZAKKI PADA LEMBAGA AMIL ZAKAT DI JAWA TIMUR Litabmas
4 2021 EDUKASI AKAD USAHA DAN BAGI HASIL BERDASARKAN PRINSIP SYARIAH PADA KELOMPOK PERINTIS USAHA DI KELURAHAN BARURAMBAT TIMUR KABUPATEN PAMEKASAN Litabmas
5 2019 PELATIHAN PENGELOLAAN KEUANGAN KELUARGA LSLAMI BAGI LBU-LBU PKK KECAMATAN GANDING KABUPATEN SUMENEP Litabmas

Data Penelitian Dari Non Litabmas

No. Tahun Judul Sumber Dana
1
2 2021 Perencanaan Keuangan Keluarga Muslim Menuju Financial Resilience di Masa Pandemi
3 2021 Analisis Kesiapan Pendirian Lembaga Pemeriksa Halal (LPH) Universitas Negeri Surabaya
4 2024 The Transformative Role of Virtual Reality in Crafting Generation Millennials Cognitive, Emotional Responses and Intentions in Halal Tourism: A TAM-SOR Approach
5 2023 PENGARUH RELIGIUSITAS, PAST BEHAVIOR DAN LAW ENFORCEMENT TERHADAP KEPATUHAN ZAKAT YOUNG MUSLIM ENTREPRENEURS DI INDONESIA DAN BAHRAIN DENGAN NIAT SEBAGAI VARIABEL MEDIASI
6 2022 PENGEMBANGAN BUKU AJAR MANAJEMEN KEUANGAN SYARIAH BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING
7 2024 Determinan Niat Reinvestasi Green Sukuk: Sebuah Pendekatan Analisis Multi Group Dengan Extended Theory of Islamic Planned Behavior
8 2022 PENGARUH RELIGIUSITAS, DEMOGRAFI, DAN SOCIO-CULTURALS TERHADAP KESEJAHTERAAN WIRAUSAHA PEREMPUAN PENERIMA ZAKAT PRODUKTIF DENGAN PEMBERDAYAAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI
9 2020 Tinjauan Ekonomi Islam tentang Penjualan Sembako dengan Harga dibawah Harga Pasar untuk Masyarakat terdampak Covid-19
10 2023 Pengaruh University Support dan Perceived Organizational Support Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Penerima Beasiswa Zakat Produktif di Indonesia dan Malaysia dengan Self Efficacy Sebagai Variabel Mediasi
11 2023 Pengaruh emotional polarity dan presentation modality terhadap perceived information quality dan purchase intention konsumen pada review online konsumen terkait kosmetik halal di Instagram
12 2024 Pengaruh sertifikasi halal dan kemudahan dalam bertransaksi terhadap keputusan pembelian pada food court Ketintang dan lidah wetan
13 2024 FINANCIAL TECHNOLOGY DAN KINERJA BANK SYARIAH (Studi Kasus pada Bank Muamalat)
14 2023 Pengaruh Religiosity, Moral Reasoning, Peer Influence dan System Fairness terhadap Trust Institution dan Zakat Intention customer pada Lembaga Zakat
15 2023 CITRA LEMBAGA DAN KEPUASAN MUZAKKI SEBAGAI VARIABEL MEDIASI ANTARA INFLUENCER, SHARIA MARKETING MIX, ISLAMIC WORK ETHIC DENGAN LOYALITAS MUZAKKI PADA LAZNAS DI JAWA TIMUR
16 2024 PENGEMBANGAN INSTRUMEN EVALUASI KURIKULUM BERBASIS OBE DENGAN MENGGUNAKAN MODEL CIPP
17 2024 EXAMINING THE RELATIONSHIP OF TOPIC IN ISLAMIC ECONOMICS & FINANCE RESEARCH ARTICLES BETWEEN INDONESIA AND MENA COUNTRIES: A SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW AND BIBLIOMETRIC ANALYSIS
18 2024 Peningkatan Kewirausahaan Islam Melalui Peran Kyai: Studi Pada Pengajian Viral Gus Iqdam
19 2024 The Decision to Donate Blood as a Mediation Between Service Quality, Social Concern, and Social Media, with Repeat Donations (Study of the Young Generation in Indonesia and Malaysia)
20 2024 PENGARUH TINGKAT LITERASI KEUANGAN SYARIAH DAN KEPERCAYAAN MASYARAKAT TERHADAP MINAT MENABUNG DI BANK SYARIAH
21 2024 Implementasi Integrated Entrepreneurship Learning Model Terhadap Minat Berwirausaha Melalui Motivasi Sebagai Variabel Mediasi
22 2019 Routine Activity Theory, Pertumbuhan Penduduk, dan Kriminalitas: Studi Kasus Di Jawa Timur
23 2023 EFEKTIFITAS SERTIFIKASI HALAL DALAM MENINGKATKAN ETIKA BISNIS BAGI PELAKU USAHA UMKM SEKTOR MAKANAN DAN MINUMAN DI JAWA TIMUR
24 2024 MILLENNIAL INTENTION TO CONTRIBUTE IN CASH WAQF THROUGH DIGITAL FUND RAISING BETWEEN INDONESIA AND MALAYSIA
25 2022 IMPLEMENTASI SHARIA MARKETING MIX DAN ISLAMIC WORK ETHIC TERHADAP LOYALITAS MUZAKKI PADA LEMBAGA AMIL ZAKAT DI JAWA TIMUR

Pengabdian Kepada Masyarakat

No Tahun Judul Pengabdian Sumber Pendanaan
1 2019 peningkatan literasi keuangan syari'ah pada santri Pondok Pesantren Mambaul Ma'arif Jombang
2 2020 UPAYA PEMENUHAN KEBUTUHAN POKOK MAHASISWA UNESA TERDAMPAK COVID-19
3 2023 REBRANDING DAN PENINGKATAN KUALITAS PRODUK UNTUK KEBANGKITAN UKM SIDOARJO JAWA TIMUR
4 2024 Pendampingan Sertifikasi Halal pada Ibu-Ibu Wirausaha di Wiyung
5 2024 Peningkatan Literasi dan Mindset Kewirausahaan Berbasis Masjid Kepada Jamaah dan Takmir Masjid Abu Adenan Karangpilang Surabaya
6 2020 REBRANDING DAN PENINGKATAN KUALITAS PRODUK\r\nUNTUK KEBANGKITAN UKM AIR MINUM DALAM KEMASAN “MAMA” MAMBA’UL MA’ARIF JOMBANG
7 2021 EDUKASI AKAD USAHA DAN BAGI HASIL BERDASARKAN PRINSIP SYARIAH PADA KELOMPOK PERINTIS USAHA DI KELURAHAN BARURAMBAT TIMUR KABUPATEN PAMEKASAN
8 2022 pelatihan
9 2024 Pendampingan wirausaha Syariah pada santri Ponpes Mambaul Ma’arif Denanyar Jombang
10 2020 PENINGKATAN KESEHATAN MASYARAKAT DI MASA PANDEMI COVID-19 BAGI WARGA PANTI ASUHAN DI SURABAYA
11 2023 PENINGKATAN BUDAYA LITERASI DIGITAL, LITERASI EKONOMI SYARIAH, DAN LITERASI ADMINISTRASI MELALUI KEGIATAN PELATIHAN TERINTEGRASI BAGI PEGAWAI, GURU DAN SISWA SEKOLAH INDONESIA KUALA LUMPUR (SIKL)

Publikasi Jurnal

No Judul Artikel Ilmiah Nama Jurnal Volume/Nomor/Tahun
1 Islamic work ethics in zakat institution in Indonesia: How does it affect customer loyalty? International Journal of Civil Engineering and Technology 10 /-/2019
2 IMPLEMENTASI STRATEGI PEMSARAN PADA BIRO PERJALANAN UMRAH DALAM PERSPEKTIF PEMASARAN SYARIAH - /-/0
3 IMPLEMENTASI STRATEGI PEMSARAN PADA BIRO PERJALANAN UMRAH DALAM PERSPEKTIF PEMASARAN SYARIAH - /-/0
4 Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa dan Penerapan Etos Kerja Pelayanan Islami terhadap Loyalitas Muzakki pada Lembaga Zakat di Surabaya UNIVERSITAS AIRLANGGA, 2013 - /-/2013
5 PENGARUH BAURAN PEMASARAN JASA DAN PENERAPAN ETOS KERJA PELAYANAN ISLAMI TERHADAP LOYALITAS MUZAKKI PADA LEMBAGA ZAKAT DI... UNIVERSITAS AIRLANGGA - /-/2013
6 Realisasi Penerimaan Dana Zakat di Indonesia: Sebuah Pendekatan Inklusi Keuangan Buku–4 100, 11, 2015 - /-/2015
7 Tinjauan al-maslahah al-mursalah terhadap pendapat madhhab Syafi'i dan madhhab Hanafi tentang jual beli ASI UIN Sunan Ampel Surabaya - /-/2017
8 Evaluasi Model Pemberdayaan Fakir Miskin Pada Lembaga Amil Zakat di Surabaya - /-/2017
9 POTENSI DAN REALISASI DANA ZAKAT INDONESIA al-Uqud: Journal of Islamic Economics 1 (1), 14-26, 2017 - /-/2017
10 Inklusi pembayaran zakat di indonesia Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam 3 (1), 1-11, 2017 - /-/2017
11 Potensi Dan Realisasi Dana Zakat Indonesia. Al-Uqud: Journal of Islamic Economics, 1 (1), 14 - /-/2017
12 TINJAUAN AL-MAS>{LAH {AH AL-MURSALAH TERHADAP PENDAPAT MADHHAB MADHHAB HANAFI DAN SYAFI̢۪ I TENTANG JUAL BELI ASI Maliyah: Jurnal Hukum Bisnis Islam 7 (1), 172-201 - /-/2017
13 Tinjauan Al-mas>{lah {ah Al-mursalah Terhadap Pendapat Madhhab Madhhab Hanafi Dan Syafi'i Tentang Jual Beli Asi Maliyah 7 (1), 172-201, 2017 - /-/2017
14 The Evaluation of Mustahiq Empowerment-Based Poverty Alleviation Program at Amil-Zakat Organizations International Journal of Islamic Business and Economics (IJIBEC), 65-73, 2018 - /-/2018
15 Islamic Work Ethics In Zakat Institution In Indonesia: How Does It Affect Customer Loyalty? International Journal of Civil Engineering and Technology 10 (02), 375–381, 2019 - /-/2019
16 Perilaku Pedagang Pasar Bandar Kecamatan Mojoroto Kota Kediri Dalam Prespektif Prinsip Dasar Pasar Islami Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam 6 (3), 588-597, 2020 - /-/2020
17 Determinan Keputusan Pembelian Jilbab Melalui Online Shop Jurnal Ekonomika Dan Bisnis Islam 3 (2), 2020 - /-/2020
18 Pengaruh Kualitas Pelayanan Islami Terhadap Kepuasan Donatur Di Lembaga Amil Zakat Infaq Shadaqah Muhammadiyah (LAZISMU) Kabupaten Mojokerto Jurnal Ekonomika dan Bisnis Islam 3 (2) - /-/2020
19 Hubungan Promo Cashback Terhadap Loyalitas Pelanggan Muslim Surabaya Dalam Pelayanan Digital Wallet OVO Jurnal Ekonomika Dan Bisnis Islam 3 (2), 2020 - /-/2020
20 Analisis Pengelolaan Zakat, Infaq dan Sedekah Untuk Meningkatkan Ekonomi Dhuafa Pada Masjid Al Muhajirin Perumahan BSP Mojokerto Jurnal Ekonomika dan Bisnis Islam 3 (3), 210-220, 2020 - /-/2020
21 Pengaruh Kualitas Pelayanan Islami Terhadap Kepuasan Donatur Di Lembaga Amil Zakat Muhammadiyah (Lazismu) Kabupaten Mojokerto Jurnal Ekonomika dan Bisnis Islam 3 (2), 2020 - /-/2020
22 Implementasi Strategi Pemasaran pada Biro Perjalanan Umrah dalam Perspektif Pemasaran Syariah Jurnal Ekonomika Dan Bisnis Islam 3 (2), 82-95, 2020 - /-/2020
23 Implementasi Strategi Pemsaran Pada Biro Perjalanan Umrah Dalam Perspektif Pemasaran Syariah Jurnal Ekonomika Dan Bisnis Islam 3 (2), 2020 - /-/2020
24 Perkembangan Keuangan Syariah dalam Realitas Politik di Indonesia Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam 7 (3), 1594-1601, 2021 - /-/2021
25 Implementasi Program Pemberdayaan Ekonomi Pada BAZNAS Kabupaten Jombang Bagi Masyarakat Kecamatan Bandarkedungmulyo Jurnal Ekonomika dan Bisnis Islam 4 (2), 188-199, 2021 - /-/2021
26 Comparison of the Views of Classical Fiqh Ulama and Contemporary Fiqh Ulama on the Use of Zakat Maal for the Development of Educational and Da'wah Institutions Ziswaf: Jurnal Zakat Dan Wakaf 8 (1), 34-43, 2021 - /-/2021
27 DETERMINAN IMPULSIVE BUYING BEHAVIOR PEMBELIAN PRODUK FASHION MUSLIM PADA MARKETPLACE ERA NEW NORMAL DI MADIUN Jurnal Ekonomika dan Bisnis Islam 4 (3), 53-68, 2021 - /-/2021
28 Peningkatan Kesehatan Masyarakat di Masa Pandemi Bagi Warga Panti Asuhan di Surabaya Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 5 (4), 2021 - /-/2021
29 PENURUNAN DAYA BELI VS PANIC BUYING DI TENGAH PANDEMI COVID-19. BAGAIMANA TINJAUAN SYARIAHNYA? Jurnal Syarikah: Jurnal Ekonomi Islam 7 (1), 18-25, 2021 - /-/2021
30 Penerapan Etika Bisnis Islam dalam Komunikasi Pemasaran Travel Umrah (Studi pada PT Ebad Alrahman Wisata Sidoarjo) Jurnal Ekonomika dan Bisnis Islam 4 (1), 65-77, 2021 - /-/2021
31 Pengaruh Promosi Islami Terhadap Keputusan Nasabah Memilih Produk Tabungan Emas Di Unit Pegdaian Syariah JMP Surabaya Jurnal Ekonomika dan Bisnis Islam 4 (1), 186-195, 2021 - /-/2021
32 Perilaku Konsumsi Islami Masyarakat Muslim Surabaya yang Terdampak Pandemi Covid-19 Jurnal Ekonomika dan Bisnis Islam 4 (3), 92-107, 2021 - /-/2021
33 Pengaruh Religiusitas dan Pengetahuan Halal Terhadap Minat Berkunjung pada Objek Wisata di Malang Raya Jurnal Ekonomika dan Bisnis Islam 4 (2), 179-187, 2021 - /-/2021
34 Pengaruh Halal Knowledge, Islamic Religiosity dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Produk Wardah Jurnal Ekonomika dan Bisnis Islam 4 (3), 2021 - /-/2021
35 Pelatihan Pengelolaan Keuangan Keluarga Islami Bagi Ibu-Ibu PKK Kecamatan Ganding Kabupaten Sumenep Inspirasi: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat 1 (2), 104-114, 2021 - /-/2021
36 Pengaruh Literasi Ekonomi Syariah Terhadap Minat Mahasiswa Menabung di Bank Syariah jurnal ekonomika dan bisnis Islam 4 (1), 99-109, 2021 - /-/2021
37 How Do Santri, Local Wisdom, and Digital Transformation Affect Community Empowerment? Ilomata International Journal of Social Science 2 (4), 246-257, 2021 - /-/2021
38 PENGARUH PENGETAHUAN KONSUMEN MUSLIM TENTANG MASLAHAH DAN KHIYAR TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DALAM ISLAM Jurnal Ekonomika dan Bisnis Islam 4 (3), 134-146, 2021 - /-/2021
39 Upaya Meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia dengan Pemenuhan Kebutuhan Pokok Mahasiswa UNESA Terdampak Covid-19 Jurnal Pengabdian UNDIKMA 2 (1), 18-23, 2021 - /-/2021
40 DETERMINAN PERILAKU KONSUMEN MUSLIM DALAM BELANJA ONLINE MENURUT PRESPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus Selama Pandemi Covid-19 Di Kota Surabaya) Jurnal Ekonomika dan Bisnis Islam 4 (1), 219-231, 2021 - /-/2021
41 Peran Quadruple Helix Dalam Pengembangan Pariwisata Halal di Kawasan Wisata Cisarua-Lembang Jurnal Ekonomika dan Bisnis Islam 4 (3), 15-30, 2021 - /-/2021
42 Al-Umuru Bimaqasidiha: Bagaimana Implementasinya dalam Muamalah? Nomicpedia: Journal of Economics and Business Innovation 1 (2), 80-88, 2021 - /-/2021
43 PENERAPAN ETIKA BISNIS ISLAM PADA PEMBUDIDAYA IKAN GUPPY (STUDI PADA GUPPYJUNIOR SURABAYA) Jurnal Ekonomika dan Bisnis Islam 4 (3), 41-52, 2021 - /-/2021
44 Penghimpunan Zakat IMPLIKASI PROGRAM AGEN KEBAIKAN TERHADAP PENGHIMPUNAN DANA ZIS LAZ IZI JAWA TIMUR: IMPLIKASI PROGRAM AGEN KEBAIKAN TERHADAP PENGHIMPUNAN DANA ZIS LAZ IZI … JURNAL EKONOMI, MANAJEMEN, BISNIS, DAN SOSIAL (EMBISS) 2 (2), 178-190, 2022 - /-/2022
45 Pengaruh Promosi dan Kualitas Layanan terhadap Keputusan Nasabah Menggunakan Layanan BSI Mobile pada Bank Syariah Indonesia KC Surabaya Dipenogoro JIKEM: Jurnal Ilmu Komputer, Ekonomi dan Manajemen 2 (1), 1386-1398, 2022 - /-/2022
46 PENGARUH METODE PENAKSIRAN GADAI EMAS TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN NASABAH BANK SYARIAH INDONESIA KC SURABAYA DARMO LISAN AL-HAL: Jurnal Pengembangan Pemikiran dan Kebudayaan 16 (1), 45-59, 2022 - /-/2022
47 TINJAUAN ETIKA BISNIS ISLAM TERHADAP JUAL BELI IKAN CUPANG DENGAN SISTEM LELANG ONLINE DI INSTAGRAM WILAYAH SIDOARJO SIBATIK JOURNAL: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi …, 2022 - /-/2022
48 Pengaruh e-WoM (Electronic Word of Mouth) terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Halal di Shopee Journal of Islamic Economics and Finance Studies 3 (1), 55-69, 2022 - /-/2022

Karya Buku

No Judul Buku Tahun Jumlah Halaman Penerbit

Pemakalah Seminar Ilmiah

No Nama Temu ilmiah / Seminar Judul Artikel Ilmiah Waktu dan Tempat

Hak Karya Ilmiah

No Judul/Tema HKI Tahun Jenis Nomor
1 CANGKANG KERANG DAN LIMBAH TAHU TEMPE, PAKAN UNGGAS ALTERNATIF BERKUALITAS DAN TERJANGKAU 2018 paten P00201803151
2 Sizisku 1.0 2020 hak cipta EC00202020657