Dr. Nuansa Bayu Segara, S.Pd., M.Pd.

Dr. Nuansa Bayu Segara, S.Pd., M.Pd., lahir di Bandung pada tanggal 08-01-1988 adalah dosen di Universitas Negeri Surabaya. Dalam 1 tahun terakhir, mengampu 64 matakuliah. Sudah melakukan pengabdian sebanyak 16. Sudah mempublikasi Artikel Ilmiah dalam jurnal sebanyak 58. Memiliki karya buku sebanyak 1. Menjadi pemakalah seminar ilmiah sebanyak 3. Memperoleh HKI sebanyak 2.

Identitas Diri

Riwayat Pendidikan

S1 S2 S3
Nama Perguruan Tinggi Universitas Pendidikan Indonesia Universitas Pendidikan Indonesia Universitas Pendidikan Indonesia
Bidang Ilmu Pendidikan Geografi Pendidikan Geografi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Tahun Masuk-Lulus - - 2012 - - 2012 2014 - 2018
Judul Skripsi/Tesis/Disertasi - - -
Nama Pembimbing/Promotor - - -

Mata Kuliah yang Diampu

No. Mata Kuliah
1 Dasar-dasar Geografi
2 Evaluasi Belajar dan Pembelajaran
3 Geografi Kesejarahan Indonesia
4 Kajian Kemaritiman
5 Kajian Ketimpangan Spasial lingkup lokal, nasional, regeonal, dan Mondial
6 Kajian Kewirausahaan dan Ekonomi Kreatif
7 Kajian Masalah Ekonomi Lingkup Mikro dan Makro
8 Kajian Masalah Ekonomi Mikro dan Makro
9 Kajian Pembangunan Ekonomi, Lembaga Keuangan, dan Perdagangan
10 Keterampilan Mengajar dan Pembelajaran Mikro
11 Kewarganegaraan
12 KKN
13 KKN Asistensi Mengajar Evaluasi Program
14 KKN Asistensi Mengajar Pelaksanaan Program
15 KKN Asistensi Mengajar Pengembangan Laporan
16 KKN Kewirausahaan Evaluasi Program
17 KKN Kewirausahaan Pengembangan laporan
18 KKN Proyek Desa Evaluasi Program
19 KKN Proyek Desa Pelaksanaan Program
20 KKN Proyek Desa Pendesiminasian Program
21 KKN Proyek Desa Pengembangan Laporan
22 KKN Proyek Desa Pengembangan Perangkat
23 KKN Proyek Desa Perancangan Program
24 KKN Proyek Kemanusiaan Evaluasi Program
25 KKN Proyek Kemanusiaan Pengembangan laporan
26 KOLOKIUM PENDIDIKAN IPS (SPESIALISASI PENDIDIKAN IPS))
27 Konsep Dasar Ips
28 Konsep Dasar IPS
29 Kurikulum Sekolah
30 Laboratorium IPS
31 Magang Riset-Pengembangan Instrumen Penelitian
32 Magang Riset-Penyusunan Laporan Penelitian
33 METODOLOGI PENELITIAN KUANTITATIF
34 Microteaching
35 Paradigma Pendidikan
36 Pedagogik Transformatif
37 PEMANFAATAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE DALAM PENDIDIKAN
38 Pembelajaran Inovatif II
39 Pendidikan Abad Ke-21
40 Pendidikan Multikultur
41 Pendidikan Transformatif
42 Pengantar Ilmu-ilmu Sosial
43 Pengembangan Bahan Ajar
44 PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENELITIAN
45 Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP)
46 Perencanaan Pembelajaran
47 PLK Tematik
48 PLP-Asesmen Pembelajaran
49 Proposal Tesis
50 PROPOSAL TESIS
51 PROPOSAL TUGAS AKHIR
52 Publikasi
53 PUBLIKASI
54 Rancangan Pembelajaran IPS
55 Rancangan Pembelajaran Ips Di Sekolah
56 Seminar Pendidikan IPS
57 Seminar Proposal Tugas Akhir
58 Skripsi
59 STUDI LAPANGAN (INTERNSHIP)
60 Teknik Penulisan Karya Ilmiah
61 Teori Ilmu Ekonomi
62 Teori Ilmu Geografi
63 Tesis
64 Tugas Akhir

Data Penelitian Dari Sim Litabmas

No. Tahun Judul Sumber Dana
1 2019 EKSPERIMEN PENGGUNAAN ASSESSMEN ALTERNATIF DALAM MENINGKATKAN KUALITAS LAPORAN INVESTIGASI TOPONIMI (NAMA TEMPAT) DAN PRESENTASI ORAL MAHASISWA Litabmas
2 2017 PENGEMBANGAN DAN UJI EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN LITERASI PETA UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KERUANGAN PESERTA DIDIK SMP KOTA CIREBON Litabmas
3 2016 PENGEMBANGAN ASSESMEN ALTERNATIF UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS KARYA TULIS ILMIAH DAN PERFORMA PRESENTASI MAHASISWA DENGAN ADDIE MODEL Litabmas
4 2022 PENGEMBANGAN DESAIN MODEL PEMANFAATAN GUNUNG PENANGGUNGAN SEBAGAI WAHANA EDUCATION FOR SUSTAINABLE DEVELOPMENT DALAM PENDIDIKAN IPS Litabmas
5 2021 LKPD-QR CODE: PELATIHAN PENYUSUNAN BAHAN AJAR BERBANTUAN MEDIA DIGITAL UNTUK PEMBELAJARAN TERPADU MATA PELAJARAN IPS DI MASA KEBIASAAN BARU Litabmas
6 2021 PENGEMBANGAN BUKU AJAR EVALUASI BELAJAR DAN PEMBELAJARAN IPS BERBASIS STUDI KASUS DENGAN ADDIE MODEL Litabmas
7 2017 PENGEMBANGAN DAN UJI EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN LITERASI PETA UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KERUANGAN PESERTA DIDIK SMP KOTA CIREBON Litabmas
8 2016 PENGEMBANGAN ASSESMEN ALTERNATIF UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS KARYA TULIS ILMIAH DAN PERFORMA PRESENTASI MAHASISWA DENGAN ADDIE MODEL Litabmas
9 2022 PENGEMBANGAN DESAIN MODEL PEMANFAATAN GUNUNG PENANGGUNGAN SEBAGAI WAHANA EDUCATION FOR SUSTAINABLE DEVELOPMENT DALAM PENDIDIKAN IPS Litabmas
10 2021 KAJIAN POTENSI GEOHISTORI GUNUNG PENANGGUNGAN SEBAGAI WAHANA EDUCATION FOR SUSTAINABLE DEVELOPMENT Litabmas
11 2021 LKPD-QR CODE: PELATIHAN PENYUSUNAN BAHAN AJAR BERBANTUAN MEDIA DIGITAL UNTUK PEMBELAJARAN TERPADU MATA PELAJARAN IPS DI MASA KEBIASAAN BARU Litabmas
12 2020 DAMPAK PENERAPAN PEMBELAJARAN DARING SELAMA PANDEMI COVID-19 TERHADAP SELF DIRECTED, SELF REGULATED, DAN SELF DETERMINED LEARNING PADA MAHASISWA PENDIDIKAN IPS Litabmas
13 2021 LKPD-QR CODE: PELATIHAN PENYUSUNAN BAHAN AJAR BERBANTUAN MEDIA DIGITAL UNTUK PEMBELAJARAN TERPADU MATA PELAJARAN IPS DI MASA KEBIASAAN BARU Litabmas
14 2020 DAMPAK PENERAPAN PEMBELAJARAN DARING SELAMA PANDEMI COVID-19 TERHADAP SELF DIRECTED, SELF REGULATED, DAN SELF DETERMINED LEARNING PADA MAHASISWA PENDIDIKAN IPS Litabmas
15 2023 PELATIHAN PRAKTIK PEMBELAJARAN LITERASI DENGAN MODEL LOK-R DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SEKOLAH PENGGERAK KABUPATEN BANGKALAN Litabmas
16 2023 EFEKTIVITAS MODEL PEMANFAATAN GUNUNG PENANGGUNGAN SEBAGAI WAHANA EDUCATION FOR SUSTAINABLE DEVELOPMENT DALAM PENDIDIKAN IPS Litabmas
17 2023 PELATIHAN PRAKTIK PEMBELAJARAN LITERASI DENGAN MODEL LOK-R DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SEKOLAH PENGGERAK KABUPATEN BANGKALAN Litabmas
18 2023 ANALISIS KEBUTUHAN PENGEMBANGAN KURIKULUM PROGRAM STUDI S1 IPS UNTUK KESELARASAN DENGAN VISI MISI UNESA PTN-BH Litabmas
19 2022 PENGEMBANGAN DESAIN MODEL PEMANFAATAN GUNUNG PENANGGUNGAN SEBAGAI WAHANA EDUCATION FOR SUSTAINABLE DEVELOPMENT DALAM PENDIDIKAN IPS Litabmas
20 2021 KAJIAN POTENSI GEOHISTORI GUNUNG PENANGGUNGAN SEBAGAI WAHANA EDUCATION FOR SUSTAINABLE DEVELOPMENT Litabmas
21 2021 PENGEMBANGAN BUKU AJAR EVALUASI BELAJAR DAN PEMBELAJARAN IPS BERBASIS STUDI KASUS DENGAN ADDIE MODEL Litabmas
22 2021 LKPD-QR CODE: PELATIHAN PENYUSUNAN BAHAN AJAR BERBANTUAN MEDIA DIGITAL UNTUK PEMBELAJARAN TERPADU MATA PELAJARAN IPS DI MASA KEBIASAAN BARU Litabmas
23 2020 DAMPAK PENERAPAN PEMBELAJARAN DARING SELAMA PANDEMI COVID-19 TERHADAP SELF DIRECTED, SELF REGULATED, DAN SELF DETERMINED LEARNING PADA MAHASISWA PENDIDIKAN IPS Litabmas
24 2017 PENGEMBANGAN DAN UJI EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN LITERASI PETA UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KERUANGAN PESERTA DIDIK SMP KOTA CIREBON Litabmas
25 2016 PENGEMBANGAN ASSESMEN ALTERNATIF UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS KARYA TULIS ILMIAH DAN PERFORMA PRESENTASI MAHASISWA DENGAN ADDIE MODEL Litabmas
26 2023 PELATIHAN PRAKTIK PEMBELAJARAN LITERASI DENGAN MODEL LOK-R DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SEKOLAH PENGGERAK KABUPATEN BANGKALAN Litabmas
27 2023 PELATIHAN PRAKTIK PEMBELAJARAN LITERASI DENGAN MODEL LOK-R DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SEKOLAH PENGGERAK KABUPATEN BANGKALAN Litabmas
28 2023 PELATIHAN PRAKTIK PEMBELAJARAN LITERASI DENGAN MODEL LOK-R DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SEKOLAH PENGGERAK KABUPATEN BANGKALAN Litabmas
29 2023 PELATIHAN PRAKTIK PEMBELAJARAN LITERASI DENGAN MODEL LOK-R DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SEKOLAH PENGGERAK KABUPATEN BANGKALAN Litabmas
30 2021 LKPD-QR CODE: PELATIHAN PENYUSUNAN BAHAN AJAR BERBANTUAN MEDIA DIGITAL UNTUK PEMBELAJARAN TERPADU MATA PELAJARAN IPS DI MASA KEBIASAAN BARU Litabmas
31 2020 DAMPAK PENERAPAN PEMBELAJARAN DARING SELAMA PANDEMI COVID-19 TERHADAP SELF DIRECTED, SELF REGULATED, DAN SELF DETERMINED LEARNING PADA MAHASISWA PENDIDIKAN IPS Litabmas
32 2017 PENGEMBANGAN DAN UJI EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN LITERASI PETA UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KERUANGAN PESERTA DIDIK SMP KOTA CIREBON Litabmas
33 2023 PELATIHAN PRAKTIK PEMBELAJARAN LITERASI DENGAN MODEL LOK-R DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SEKOLAH PENGGERAK KABUPATEN BANGKALAN Litabmas
34 2024 PENGEMBANGAN KEMAMPUAN BERPIKIR ILMIAH DENGAN PEMBELAJARAN TEAM-BASED PROJEK PADA MAHASISWA PENDIDIKAN IPS Litabmas
35 2023 EFEKTIVITAS MODEL PEMANFAATAN GUNUNG PENANGGUNGAN SEBAGAI WAHANA EDUCATION FOR SUSTAINABLE DEVELOPMENT DALAM PENDIDIKAN IPS Litabmas
36 2023 PELATIHAN PRAKTIK PEMBELAJARAN LITERASI DENGAN MODEL LOK-R DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SEKOLAH PENGGERAK KABUPATEN BANGKALAN Litabmas
37 2023 ANALISIS KEBUTUHAN PENGEMBANGAN KURIKULUM PROGRAM STUDI S1 IPS UNTUK KESELARASAN DENGAN VISI MISI UNESA PTN-BH Litabmas
38 2022 PENGEMBANGAN DESAIN MODEL PEMANFAATAN GUNUNG PENANGGUNGAN SEBAGAI WAHANA EDUCATION FOR SUSTAINABLE DEVELOPMENT DALAM PENDIDIKAN IPS Litabmas
39 2021 KAJIAN POTENSI GEOHISTORI GUNUNG PENANGGUNGAN SEBAGAI WAHANA EDUCATION FOR SUSTAINABLE DEVELOPMENT Litabmas
40 2021 PENGEMBANGAN BUKU AJAR EVALUASI BELAJAR DAN PEMBELAJARAN IPS BERBASIS STUDI KASUS DENGAN ADDIE MODEL Litabmas
41 2016 PENGEMBANGAN ASSESMEN ALTERNATIF UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS KARYA TULIS ILMIAH DAN PERFORMA PRESENTASI MAHASISWA DENGAN ADDIE MODEL Litabmas
42 2021 LKPD-QR CODE: PELATIHAN PENYUSUNAN BAHAN AJAR BERBANTUAN MEDIA DIGITAL UNTUK PEMBELAJARAN TERPADU MATA PELAJARAN IPS DI MASA KEBIASAAN BARU Litabmas
43 2020 DAMPAK PENERAPAN PEMBELAJARAN DARING SELAMA PANDEMI COVID-19 TERHADAP SELF DIRECTED, SELF REGULATED, DAN SELF DETERMINED LEARNING PADA MAHASISWA PENDIDIKAN IPS Litabmas
44 2023 PELATIHAN PRAKTIK PEMBELAJARAN LITERASI DENGAN MODEL LOK-R DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SEKOLAH PENGGERAK KABUPATEN BANGKALAN Litabmas
45 2023 PELATIHAN PRAKTIK PEMBELAJARAN LITERASI DENGAN MODEL LOK-R DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SEKOLAH PENGGERAK KABUPATEN BANGKALAN Litabmas
46 2023 PELATIHAN PRAKTIK PEMBELAJARAN LITERASI DENGAN MODEL LOK-R DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SEKOLAH PENGGERAK KABUPATEN BANGKALAN Litabmas
47 2023 PELATIHAN PRAKTIK PEMBELAJARAN LITERASI DENGAN MODEL LOK-R DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SEKOLAH PENGGERAK KABUPATEN BANGKALAN Litabmas
48 2023 EFEKTIVITAS MODEL PEMANFAATAN GUNUNG PENANGGUNGAN SEBAGAI WAHANA EDUCATION FOR SUSTAINABLE DEVELOPMENT DALAM PENDIDIKAN IPS Litabmas
49 2023 PELATIHAN PRAKTIK PEMBELAJARAN LITERASI DENGAN MODEL LOK-R DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SEKOLAH PENGGERAK KABUPATEN BANGKALAN Litabmas
50 2021 PENGEMBANGAN BUKU AJAR EVALUASI BELAJAR DAN PEMBELAJARAN IPS BERBASIS STUDI KASUS DENGAN ADDIE MODEL Litabmas
51 2021 PENGEMBANGAN BUKU AJAR EVALUASI BELAJAR DAN PEMBELAJARAN IPS BERBASIS STUDI KASUS DENGAN ADDIE MODEL Litabmas
52 2023 EFEKTIVITAS MODEL PEMANFAATAN GUNUNG PENANGGUNGAN SEBAGAI WAHANA EDUCATION FOR SUSTAINABLE DEVELOPMENT DALAM PENDIDIKAN IPS Litabmas
53 2023 PELATIHAN PRAKTIK PEMBELAJARAN LITERASI DENGAN MODEL LOK-R DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SEKOLAH PENGGERAK KABUPATEN BANGKALAN Litabmas
54 2022 PENGEMBANGAN DESAIN MODEL PEMANFAATAN GUNUNG PENANGGUNGAN SEBAGAI WAHANA EDUCATION FOR SUSTAINABLE DEVELOPMENT DALAM PENDIDIKAN IPS Litabmas
55 2021 LKPD-QR CODE: PELATIHAN PENYUSUNAN BAHAN AJAR BERBANTUAN MEDIA DIGITAL UNTUK PEMBELAJARAN TERPADU MATA PELAJARAN IPS DI MASA KEBIASAAN BARU Litabmas
56 2023 PELATIHAN PRAKTIK PEMBELAJARAN LITERASI DENGAN MODEL LOK-R DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SEKOLAH PENGGERAK KABUPATEN BANGKALAN Litabmas
57 2022 PENGEMBANGAN DESAIN MODEL PEMANFAATAN GUNUNG PENANGGUNGAN SEBAGAI WAHANA EDUCATION FOR SUSTAINABLE DEVELOPMENT DALAM PENDIDIKAN IPS Litabmas
58 2021 LKPD-QR CODE: PELATIHAN PENYUSUNAN BAHAN AJAR BERBANTUAN MEDIA DIGITAL UNTUK PEMBELAJARAN TERPADU MATA PELAJARAN IPS DI MASA KEBIASAAN BARU Litabmas
59 2023 EFEKTIVITAS MODEL PEMANFAATAN GUNUNG PENANGGUNGAN SEBAGAI WAHANA EDUCATION FOR SUSTAINABLE DEVELOPMENT DALAM PENDIDIKAN IPS Litabmas
60 2023 EFEKTIVITAS MODEL PEMANFAATAN GUNUNG PENANGGUNGAN SEBAGAI WAHANA EDUCATION FOR SUSTAINABLE DEVELOPMENT DALAM PENDIDIKAN IPS Litabmas
61 2024 PENGEMBANGAN KEMAMPUAN BERPIKIR ILMIAH DENGAN PEMBELAJARAN TEAM-BASED PROJEK PADA MAHASISWA PENDIDIKAN IPS Litabmas
62 2021 KAJIAN POTENSI GEOHISTORI GUNUNG PENANGGUNGAN SEBAGAI WAHANA EDUCATION FOR SUSTAINABLE DEVELOPMENT Litabmas
63 2021 LKPD-QR CODE: PELATIHAN PENYUSUNAN BAHAN AJAR BERBANTUAN MEDIA DIGITAL UNTUK PEMBELAJARAN TERPADU MATA PELAJARAN IPS DI MASA KEBIASAAN BARU Litabmas
64 2023 EFEKTIVITAS MODEL PEMANFAATAN GUNUNG PENANGGUNGAN SEBAGAI WAHANA EDUCATION FOR SUSTAINABLE DEVELOPMENT DALAM PENDIDIKAN IPS Litabmas
65 2023 PELATIHAN PRAKTIK PEMBELAJARAN LITERASI DENGAN MODEL LOK-R DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SEKOLAH PENGGERAK KABUPATEN BANGKALAN Litabmas
66 2023 EFEKTIVITAS MODEL PEMANFAATAN GUNUNG PENANGGUNGAN SEBAGAI WAHANA EDUCATION FOR SUSTAINABLE DEVELOPMENT DALAM PENDIDIKAN IPS Litabmas
67 2024 PENGEMBANGAN KEMAMPUAN BERPIKIR ILMIAH DENGAN PEMBELAJARAN TEAM-BASED PROJEK PADA MAHASISWA PENDIDIKAN IPS Litabmas
68 2023 EFEKTIVITAS MODEL PEMANFAATAN GUNUNG PENANGGUNGAN SEBAGAI WAHANA EDUCATION FOR SUSTAINABLE DEVELOPMENT DALAM PENDIDIKAN IPS Litabmas
69 2023 PELATIHAN PRAKTIK PEMBELAJARAN LITERASI DENGAN MODEL LOK-R DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SEKOLAH PENGGERAK KABUPATEN BANGKALAN Litabmas

Data Penelitian Dari Non Litabmas

No. Tahun Judul Sumber Dana
1 2025 Pengaruh Efikasi Diri terhadap Kecerdasan Spasial dalam Pengetahuan Kebencanaan Mahasiswa IPS: Studi Perbandingan Lokasi Geografi dalam Matakuliah Kajian Kebencanaan
2 2021 Analisis Kebertahanan Hidup Masyarakat Petani di Wilayah Rawan Bencana Banjir Kabupaten Bojonegoro Jawa Timur
3 2022 Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Keberlangsungan Pengembangan Pariwisata dan Strategi Kebertahanan Hidup Masyarakat di Bali Indonesia
4 2025 PENGARUH PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP TINGKAT EFIKASI DIRI PADA PEMBELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 1 JABON Pengaruh Pembelajaran Kontekstual terhadap Tingkat Efikasi Diri pada Pembelajaran IPS di SMP Negeri 1 Jabon
5 2021 Pengembangan Buku Ajar Evaluasi Belajar dan Pembelajaran IPS Berbasis Studi Kasus dengan ADDIE Model
6 2021 PENGARUH KEPADATAN PENDUDUK DAN PRODUK DOMESTIK BRUTO TERHADAP PREVALENSI COVID-19 DI SELURUH KABUPATEN DI PROVINSI JAWA TIMUR
7 2022 Pengembangan Desain Model Pemanfaatan Gunung Penanggungan Sebagai Wahana Education for Sustainable Development dalam Pendidikan IPS
8 2025 Efektivitas Model LOK-R (Literasi, Orientasi, Kolaborasi, dan Refleksi) untuk Meningkatkan Kemampuan Multiliterasi Siswa Madrasah di Indonesia
9 2022 PEDAGOGIK TRANSFORMATIF Kajian Alienasi Pembelajaran Sejarah Di SMA Negeri se-Jawa Timur
10 2024 BERPIKIR KRITIS GENERASI Z TERHADAP STEREOTIPE AGAMA RAKYAT DAN AGAMA NEGARA PERANNYA DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER TOLERANSI
11 2021 MODEL “AKUISISI KREDIT SEMESTER” UNTUK PENERAPAN KERJASAMA KURIKULUM MBKM POLA 5-1-2 PROGRAM STUDI S1 PENDIDIKAN IPS DENGAN PRODI LAIN DI LUAR UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA
12 2024 Mengungkap Masalah Pembelajaran: Keterampilan Apa yang Dibutuhkan Siswa dan Guru? (Studi Kasus di Kota Kinabalu, Malaysia)
13 2024 Pengembangan Kemampuan Berpikir Ilmiah dengan Pembelajaran Team-based Projek pada Mahasiswa Pendidikan IPS
14 2025 PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS EKOLOGI LINGKUNGAN TENTANG KEARIFAN LOKAL KISAH JAKA TARUB UNTUK KETAHANAN SOSIAL BUDAYA PADA PEMBELAJARAN IPS
15 2025 ANALISIS SPASIAL EFEKTIFITASI DISTRIBUSI BARANG DI PELABUHAN KETAPANG BANYUWANGI
16 2020 Dampak Penerapan Pembelajaran Daring Terhadap Self Determined, Self Regulated Dan Self Directed Learning Pada Mahasiswa Pendidikan IPS Selama Pandemi Covid-19
17 2023 Analisis Kebutuhan Pengembangan Kurikulum Program Studi S1 IPS untuk Keselarasan dengan Visi Misi Unesa PTN-BH
18 2023 Pengembangan Buku Ajar Mata Kuliah Dasar-dasar Geografi Untuk Mahasiswa Program Studi Pendidikan IPS Fakultas Ilmu Sosial Dan Hukum Universitas Negeri Surabaya
19 2021 Jejaring Guru-Orang tua Dalam Membangun Etnopedagogi Perubahan Perilaku Sosial Siswa Sebagai Sumber Belajar IPS
20 2022 PEDAGOGIK TRANSFORMATIF Kajian Alienasi Pembelajaran Sejarah Di SMA Negeri se-Jawa Timur
21 2023 ROKOK DAN KENAKALAN REMAJA: STUDI FENOMENOLOGI PERILAKU MEROKOK BAGI PELAJAR SMP DI KOTA BLITAR
22 2023 EFEKTIVITAS MODEL PEMANFAATAN GUNUNG PENANGGUNGAN SEBAGAI WAHANA EDUCATION FOR SUSTAINABLE DEVELOPMENT DALAM PENDIDIKAN IPS
23 2021 KAJIAN POTENSI GEOHISTORI GUNUNG PENANGGUNGAN SEBAGAI WAHANA EDUCATION FOR SUSTAINABLE DEVELOPMENT

Pengabdian Kepada Masyarakat

No Tahun Judul Pengabdian Sumber Pendanaan
1 2025 Training on Educational Content Production for Indonesia Migrant Worker in Hongkong: Enhancing Digital Skill for Self Empowerment
2 2022 PELATIHAN PENULISAN KARYA TULIS ILMIAH BEST PRACTICE BAGI KEPALA SMP NEGERI DI KABUPATEN MAGETAN
3 2024 PELATIHAN UNTUK PENGUATAN KAPASITAS GURU IPS SMP KABUPATEN PASURUAN DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA
4 2024 Pelatihan Praktik Pembelajaran Literasi dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Indonesia Kota Kinabalu
5 2023 Workshop Digital Marketing Strategy Produk Usaha Mikro Berbasis Pondok Pesantren
6 2023 Pelatihan Praktik Pembelajaran Literasi dengan Model LOK-R dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Penggerak Kabupaten Bangkalan
7 2025 WORKSHOP PEMBUATAN MODUL AJAR BERBASIS AI PADA GURU-GURU IPS KABUPATEN MAGETAN
8 2020 PENINGKATAN PENGUASAAN SOCIAL MEDIA MARKETING BAGI PEDAGANG MAKANAN TERDAMPAK COVID-19 DI SENTRA KULINER KOTA SURABAYA UNTUK MENGHADAPI AGENDA NEW NORMAL
9 2023 PELATIHAN PENYUSUNAN MODEL PEMBELAJARAN IPS BERBASIS KEARIFAN LOKAL UNTUK MENDUKUNG KURIKULUM MERDEKA BAGI MGMP IPS KABUPATEN LOKAL
10 2020 Pelatihan Online Pembuatan Flyer Untuk Optimalisasi Pemasaran Produk UMKM Akibat Dampak Pandemi Covid 19 di Kota Bojonegoro
11 2021 LKPD-QR Code: Pelatihan Penyusunan Bahan Ajar Berbantuan Media Digital Untuk Pembelajaran Terpadu Mata Pelajaran IPS di Masa Kebiasaan Baru
12 2021 PELATIHAN APLIKASI METODE RESEARCH BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN IPS PADA GURU-GURU SMP SE-KABUPATEN NGANJUK
13 2024 Penguatan Nilai-Nilai Kebangsaaan Berbasis Literasi Digital Pada Pelajar Indonesia di Kota Manila, Filipina
14 2025 PENGUATAN NILAI-NILAI IDENTITAS BANGSA DALAM MENGHADAPI PENGARUH BUDAYA GLOBAL BAGI PELAJAR INDONESIA DI TAIWAN
15 2025 Pelatihan Pembelajaran dan Penilaian Berbasis Literasi untuk Guru di Sekolah Indonesia Johor Bahru
16 2020 FILANTROPI BAGI MASYARAKAT TERDAMPAK EKONOMI AKIBAT PANDEMI COVID-19 DI WILAYAH SURABAYA, GRESIK DAN SIDOARJO

Publikasi Jurnal

No Judul Artikel Ilmiah Nama Jurnal Volume/Nomor/Tahun
1 IMPACTS OF PATTERNS OF ECONOMIC AGENTS ACTIVITIES IN THE SEMERU VOLCANO CONSERVATION AREA JURNAL GEOGRAFI 13 (1), 1-11 - /-/0
2 Development of a Social Sciences E-Module Based on Local Wisdom with a Problem Solving Approach to Improve Students' Critical Thinking Ability Journal of Educational Sciences 8 (1), 22-35, 0 - /-/0
3 TRANSFORMASI NILAI PEDAGOGIS TRADISI NYADRAN SIDOARJO SEBAGAI MODEL PEMBELAJARAN GENERASI ALPHA - /-/0
4 Pengembangan Media Maket Gunungapi Untuk Pembelajaran Mitigasi Bencana Dalam Pendidikan IPS - /-/0
5 IMPACTS OF PATTERNS OF ECONOMIC AGENTS ACTIVITIES IN THE SEMERU VOLCANO CONSERVATION AREA JURNAL GEOGRAFI 13 (1), 1-11, 0 - /-/0
6 PEMAKNAAN PESERTA DIDIK SEBAGAI PEMAIN KESENIAN BESUTAN JOMBANG (Studi Kasus di SMPN 2 Megaluh) - /-/0
7 Penerapan Model Pembelajaran Ex-Situ (Studi Kasus) Pemanfaatan Gunung Penanggungan Siswa di SMPN 2 Trawas - /-/0
8 Pengaruh Pengalaman Belajar Pendidikan Kewirausahaan Dan Self Efficacy Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Program Studi Pendidikan IPS - /-/0
9 Analisis Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila “Gaya Hidup Berkelanjutan” dalam Menanamkan Peduli Lingkungan di SMP Negeri 2 Taman. - /-/0
10 Pengembangan Model Pembelajaran Mindmap-Analysis-Discussion (MAD) Untuk Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pelajaran IPS - /-/0
11 PENGARUH LINGKUNGAN SOSIAL PEMBELAJARAN DARING PADA MATA PELAJARAN IPS DI KABUPATEN JOMBANG - /-/0
12 KONTRIBUSI PEMAHAMAN KONSEP GEOGRAFI TERHADAP SIKAP DAN PERILAKU KERUANGAN PESERTA DIDIK DI SMA KOTA CIREBON Universitas Pendidikan Indonesia - /-/2012
13 KONTRIBUSI PEMAHAMAN KONSEP GEOGRAFI TERHADAP SIKAP DAN PERILAKU KERUANGAN PESERTA DIDIK SMA DI KOTA CIREBON Jurnal Geografi Gea 12 (2) - /-/2012
14 Problem Based Learning Dalam Pendidikan IPS Untuk Mitigasi Bencana Hidrologi Edunomic Jurnal Pendidikan Ekonomi 1 (2), 2013 - /-/2013
15 Problem Based Learning Dalam Pendidikan IPS Untuk Mitigasi Bencana Hidrologi Edunomic Jurnal Pendidikan Ekonomi 1 (2) - /-/2013
16 Penggunaan Rubrik Sebagai Alternative Assessment Pada Mata Kuliah Seminar Studi Sosial Edunomic Jurnal Pendidikan Ekonomi 2 (2) - /-/2014
17 Penggunaan rubrik sebagai alternative assessment pada mata kuliah seminar studi sosial Edunomic Jurnal Pendidikan Ekonomi 2 (2), 2014 - /-/2014
18 Education for sustainable development (ESD) sebuah upaya mewujudkan kelestarian lingkungan. SOSIO DIDAKTIKA: Social Science Education Journal, 2 (1), 22–30 - /-/2015
19 Education for sustainable development (ESD) sebuah upaya mewujudkan kelestarian lingkungan SOSIO-DIDAKTIKA: Social Science Education Journal 2 (1), 22-30, 2015 - /-/2015
20 Education for sustainable development (ESD) sebuah upaya mewujudkan kelestarian lingkungan SOSIO-DIDAKTIKA: Social Science Education Journal 2 (1), 22-30 - /-/2015
21 The urgency of map literacy and spatial thinking for urban society European Journal of Social Sciences Studies - /-/2016
22 The Benefits Of Peer Assessment To Assess Oral Presentation Of Economics Education Students Unswagati Cirebon International Conference on Economics Education Business and Accounting 1 …, 2016 - /-/2016
23 The urgency of map literacy and spatial thinking for urban society European Journal of Social Sciences Studies, 2016 - /-/2016
24 Pentingnya Pemahaman Jati Diri Keilmuan Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran IPS Edunomic Jurnal Pendidikan Ekonomi 4 (1) - /-/2016
25 Kontribusi Pemahaman Konsep Geografi Terhadap Sikap Dan Perilaku Keruangan Peserta Didik Sma Di Kota Cirebon Jurnal Geografi Gea 12 (2), 2016 - /-/2016
26 Pentingnya pemahaman jati diri keilmuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran ips Edunomic 4 (1), 271658, 2016 - /-/2016
27 Kajian nilai pada toponimi di wilayah Kota Cirebon sebagai potensi sumber belajar geografi Jurnal Geografi: Media Informasi Pengembangan dan Profesi Kegeografian 14 (1 …, 2017 - /-/2017
28 Kajian Nilai Pada Toponimi Di Wilayah Kota Cirebon Sebagai Potensi Sumber Belajar Geografi Jurnal Geografi: Media Informasi Pengembangan dan Profesi Kegeografian 14 (1 … - /-/2017
29 Introducing map literacy model of learning IOP Conference Series: Earth and Environmental Science 145 (1), 012046, 2018 - /-/2018
30 MODEL PEMBELAJARAN LITERASI PETA UNTUK MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KERUANGAN: Studi Pada Sekolah Menengah Pertama di Kota Cirebon Universitas Pendidikan Indonesia - /-/2018
31 Developing an Oral Presentation Assessment to the Teacher Education Program Student International Educational Research 1 (1), p43-p43, 2018 - /-/2018
32 Investigated the implementation of map literacy learning model Geosfera Indonesia 3 (2), 146-162, 2018 - /-/2018
33 MEASUREMENT MODEL OF MAP LITERACY MISEIC 2018, 2018 - /-/2018
34 MODEL PEMBELAJARAN LITERASI PETA UNTUK MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KERUANGAN: Studi Pada Sekolah Menengah Pertama di Kota Cirebon Universitas Pendidikan Indonesia, 2018 - /-/2018
35 Realizing powerful social studies learning through map literacy First Indonesian Communication Forum of Teacher Training and Education …, 2018 - /-/2018
36 Online Peer Assessment Untuk Mengembangkan Keterampilan Presentasi Oral Diskusi Kelompok Kecil pada Pembelajaran IPS Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial 28 (2), 139-151, 2019 - /-/2019
37 Teacher’s Perception: Designing Step-by-Step LOC-R (Literacy, Orientation, Collaboration, Reflection) in Sociocultural Literacy Teaching - /-/2021
38 Toponym investigation as introduction to the local value in Cirebon City IOP Conference Series: Earth and Environmental Science 683 (1), 012014, 2021 - /-/2021
39 Toponym investigation as introduction to the local value in Cirebon City IOP Conference Series: Earth and Environmental Science 683 (1), 012014 - /-/2021
40 The Influence of E-Learning towards Students’ Heutagogy Skills in Higher Education Jurnal Pendidikan dan Pengajaran 54 (2), 286-296, 2021 - /-/2021
41 Impacts of patterns of economic agents activities in the Semeru Volcano conservation area Jurnal Geografi 13 (1), 1-11, 2021 - /-/2021
42 Kendala Guru IPS Dalam Melaksanakan Proses Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi COVID-19 di Kabupaten Jombang SOSEARCH: Social Science Educational Research 2 (1), 1-15, 2021 - /-/2021
43 Desain Model Monate: Movie Analysis and Debate untuk Pembelajaran Literasi Sosial J-PIPS (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial) 8 (1), 1-12, 2021 - /-/2021
44 Madrasah Teachers’ TPACK: To What Extent It Facilitates Students’ Learning for Literacy? - /-/2021
45 Utilizing thematic maps to develop Indonesia natural resources analytical skills IOP Conference Series: Earth and Environmental Science 683 (1), 012054, 2021 - /-/2021
46 Analisis Potensi dan Pengelolaan Desa Agro-History Wisata Menang di Kabupaten Kediri Sebagai Sarana Edukatif dan Sumber Pembelajaran IPS Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS 16 (1), 84-106, 2022 - /-/2022
47 TRANSFORMASI NILAI PEDAGOGIS TRADISI NYADRAN SIDOARJO SEBAGAI MODEL PEMBELAJARAN GENERASI ALPHA - /-/2022
48 POTENSI GEOHISTORIS GUNUNG PENANGGUNGAN Sebagai Wahana Education for Sustainable Development Penerbit Lakeisha, 2022 - /-/2022
49 Teacher’s Perception: Designing Step-by-Step LOC-R (Literacy, Orientation, Collaboration, Reflection) in Sociocultural Literacy Teaching International Conference on Madrasah Reform 2021 (ICMR 2021), 173-177, 2022 - /-/2022
50 PENGARUH LINGKUNGAN SOSIAL PEMBELAJARAN DARING PADA MATA PELAJARAN IPS DI KABUPATEN JOMBANG - /-/2022
51 Relevansi Nilai–Nilai Kearifan Lokal Pada Batik Gedog Untuk Menumbuhkan Profil Pelajar Pancasila Pada Pendidikan IPS Di Kabupaten Tuban SOSEARCH: Social Science Educational Research 3 (1), 33-46, 2022 - /-/2022
52 Madrasah Teachers’ TPACK: To What Extent It Facilitates Students’ Learning for Literacy? International Conference on Madrasah Reform 2021 (ICMR 2021), 160-164, 2022 - /-/2022
53 Model Pengukuran Faktor-Faktor Pembentuk Pembelajaran Daring Berdasarkan Teori Ekologi Bronfenbrenner Sosio-Didaktika: Social Science Education Journal 9 (2), 64-79, 2023 - /-/2023
54 Social Alienation of Thinking Narrowness International Joint Conference on Arts and Humanities 2022 (IJCAH 2022), 12-21, 2023 - /-/2023
55 OPTIMIZING SOCIAL MEDIA FOR THE MARKETING OF SMES PRODUCTS AT AL-FATIMAH ISLAMIC BOARDING SCHOOL BOJONEGORO International Conference On Social Science Education Proceeding 1, 349-354, 2023 - /-/2023
56 PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN CULTURALLY RESPONSIVE TEACHING UNTUK MENINGKATKAN KOLABORASI DAN HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN IPS DI SMPN 2 MOJOSARI Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 9 (2), 3897-3906, 2024 - /-/2024
57 Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Kolaborasi Peserta Didik pada Mata Pelajaran IPS Entita: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Ilmu-Ilmu Sosial 6 (1 …, 2024 - /-/2024
58 PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TGT BANTUAN MEDIA BAMBOOZLE UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN PESERTA DIDIK Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 9 (2), 3466-3476, 2024 - /-/2024

Karya Buku

No Judul Buku Tahun Jumlah Halaman Penerbit
1 Potensi geohistoris gunung penanggungan : sebagai wahana education for sustainable development 2022 CV. Penerbit Lakeisha

Pemakalah Seminar Ilmiah

No Nama Temu ilmiah / Seminar Judul Artikel Ilmiah Waktu dan Tempat
1 IOP Conference Series: Earth and Environmental Science Introducing Map Literacy Model of Learning 2018
2 IOP Conference Series: Earth and Environmental Science Utilizing thematic maps to develop Indonesia natural resources analytical skills 2021
3 IOP Conference Series: Earth and Environmental Science Toponym investigation as introduction to the local value in Cirebon City 2021

Hak Karya Ilmiah

No Judul/Tema HKI Tahun Jenis Nomor
1 Animasi Tradisi Nyadran Balongdowo, Sidoarjo 2021 hak cipta EC00202149741
2 Model Pengukuran Faktor Pembentuk Kemandirian Belajar Berdasarkan Teori Ekologi Bronferbranner 2022 hak cipta EC00202263108