Bonda Sisephaputra, M. Kom.

Bonda Sisephaputra, M. Kom., lahir di Tuban pada tanggal 10-03-1988 adalah dosen di Universitas Negeri Surabaya. Dalam 1 tahun terakhir, mengampu 34 matakuliah. Sudah melakukan pengabdian sebanyak 14. Sudah mempublikasi Artikel Ilmiah dalam jurnal sebanyak 30. Memiliki karya buku sebanyak 3. Menjadi pemakalah seminar ilmiah sebanyak 2. Memperoleh HKI sebanyak 18.

Identitas Diri

Riwayat Pendidikan

S1 S2
Nama Perguruan Tinggi SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA & TEKNIK KOMPUTER SURABAYA INSTITUT TEKNOLOGI SEPULUH NOPEMBER
Bidang Ilmu SISTEM INFORMASI Teknik Informatika
Tahun Masuk-Lulus 2007 - 2011 2013 - 2016
Judul Skripsi/Tesis/Disertasi - -
Nama Pembimbing/Promotor - -

Mata Kuliah yang Diampu

No. Mata Kuliah
1 Jaringan Komputer
2 Keamanan Jaringan Komputer
3 Kecerdasan Buatan
4 KEwirausahaan
5 KKN Asistensi Mengajar Evaluasi Program
6 KKN Asistensi Mengajar Pelaksanaan Program
7 KKN Kewirausahaan Evaluasi Program
8 KKN Kewirausahaan Pelaksanaan Program
9 KKN Proyek Desa Evaluasi Program
10 KKN Proyek indpenden Evaluasi Program
11 KKN Proyek indpenden Pelaksanaan Program
12 KKN Proyek indpenden Pengembangan laporan
13 KKN Proyek Kemanusiaan Evaluasi Program
14 KKN Proyek Kemanusiaan Pengembangan perangkat
15 LITERASI DIGITAL
16 Manajemen Layanan TI
17 MPK-Pendesiminasian Program
18 MPK-Perencanaan
19 Pemodelan dan Simulasi
20 Pemrograman Basis Data *
21 Pemrograman Berorientasi Obyek
22 Pemrograman Dasar
23 Pemrograman Framework
24 Pemrograman Game
25 Pemrograman Mobile
26 Pemrograman Web
27 Perencanaan Sumber Daya Perusahaan
28 Prak. Pemrograman Berorientasi Obyek
29 Prak. Pemrograman Framework
30 Prak. Pemrograman Web
31 Rekayasa Perangkat Lunak
32 Struktur Data
33 Testing dan Implementasi Sistem Informasi
34 Visi Komputer

Data Penelitian Dari Sim Litabmas

No. Tahun Judul Sumber Dana
1 2022 PEMANFAATAN APLIKASI CANVA GUNA MENINGKATKAN KREATIFITAS DALAM MENGEMBANGKAN MEDIA PEMBELAJARAN BAGI GURU MATA PELAJARAN SEJARAH KABUPATEN TUBAN Litabmas
2 2022 PENGUKURAN TINGKAT KEBERHASILAN PENERAPAN METODE SCRUM DALAM PROSES PEMBELAJARAN MATA KULIAH PEMROGRAMAN DI LINGKUNGAN JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA Litabmas
3 2022 PEMANFAATAN APLIKASI CANVA GUNA MENINGKATKAN KREATIFITAS DALAM MENGEMBANGKAN MEDIA PEMBELAJARAN BAGI GURU MATA PELAJARAN SEJARAH KABUPATEN TUBAN Litabmas
4 2022 PENGUKURAN TINGKAT KEBERHASILAN PENERAPAN METODE SCRUM DALAM PROSES PEMBELAJARAN MATA KULIAH PEMROGRAMAN DI LINGKUNGAN JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA Litabmas
5 2024 PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN PADA SEKOLAH INDONESIA DAVAO FIILIPINA Litabmas
6 2023 APLIKASI MANAJEMEN PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DENGAN FRAMEWORK SCRUM PADA MATA KULIAH PEMROGRAMAN DI LINGKUNGAN FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA Litabmas
7 2024 PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN PADA SEKOLAH INDONESIA DAVAO FIILIPINA Litabmas
8 2023 APLIKASI MANAJEMEN PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DENGAN FRAMEWORK SCRUM PADA MATA KULIAH PEMROGRAMAN DI LINGKUNGAN FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA Litabmas
9 2022 PEMANFAATAN APLIKASI CANVA GUNA MENINGKATKAN KREATIFITAS DALAM MENGEMBANGKAN MEDIA PEMBELAJARAN BAGI GURU MATA PELAJARAN SEJARAH KABUPATEN TUBAN Litabmas
10 2022 PENGUKURAN TINGKAT KEBERHASILAN PENERAPAN METODE SCRUM DALAM PROSES PEMBELAJARAN MATA KULIAH PEMROGRAMAN DI LINGKUNGAN JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA Litabmas
11 2022 PEMANFAATAN APLIKASI CANVA GUNA MENINGKATKAN KREATIFITAS DALAM MENGEMBANGKAN MEDIA PEMBELAJARAN BAGI GURU MATA PELAJARAN SEJARAH KABUPATEN TUBAN Litabmas
12 2022 PENGUKURAN TINGKAT KEBERHASILAN PENERAPAN METODE SCRUM DALAM PROSES PEMBELAJARAN MATA KULIAH PEMROGRAMAN DI LINGKUNGAN JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA Litabmas
13 2023 APLIKASI MANAJEMEN PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DENGAN FRAMEWORK SCRUM PADA MATA KULIAH PEMROGRAMAN DI LINGKUNGAN FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA Litabmas
14 2024 PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN PADA SEKOLAH INDONESIA DAVAO FIILIPINA Litabmas

Data Penelitian Dari Non Litabmas

No. Tahun Judul Sumber Dana
1 2022 Pengukuran Tingkat Keberhasilan Penerapan Metode Scrum Dalam Proses Pembelajaran Mata Kuliah Pemrograman Di Lingkungan Jurusan Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Negeri Surabaya
2 2025 AI-Enhanced Fitness: Revolutionizing Virtual Fitness Experience with Comprehensive Monitoring and Personalized Health Reporting
3 2023 PENGEMBANGAN FITUR DASHBOARD PADA SISTEM INFORMASI LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (SIMLPPM) UNTUK MENUNJANG REPORTING DATA PENELITIAN DI UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA
4 2023 Aplikasi Manajemen Pembelajaran Berbasis Proyek dengan Framework Scrum pada Mata Kuliah Pemrograman di Lingkungan Fakultas Teknik Universitas Negeri Surabaya
5 2022 SISTEM PEMERINGKATAN VISIBILITY WEBSITE FAKULTAS DAN PROGRAM STUDI UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA
6 2025 Efektivitas Aplikasi Sianjab Sebagai Dalam Mendukung Pelaksanaan Analisis Jabatan dan Analisis Beban Kerja Di Pemerintah Kabupaten Magetan
7 2025 Pengembangan Buku Penunjang pembelajaran Integrasi Metode Pembelajaran Berbasis Proyek dan Teknologi Manajemen Proyek dalam Pengembangan Perangkat Lunak Mahasiswa Informatika
8 2023 PENGEMBANGAN FITUR DASHBOARD PADA SISTEM INFORMASI LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (SIMLPPM) UNTUK MENUNJANG REPORTING DATA PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (PKM) DOSEN UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA
9 2025 Pengaruh Digital Transformation Readiness dan Employee Adaptability terhadap Kinerja Pegawai dengan Organizational Learning sebagai Variabel Mediasi di Pemerintah Kabupaten Magetan
10 2025 Automated Class Scheduling multi-objective constraints: A Comparative Analysis of Particle Swarm Optimization and Ant Colony Optimization
11 2024 Pengembangan Aplikasi Mobile untuk Olahraga dan Diet yang Dipersonalisasi dan Berkelanjutan (Personalized mobile app for exercise and sustainable diet)
12 2024 Analisa Pengaruh Faktor Organisasi terhadap Penerapan Budaya Keamanan Informasi untuk Data Akademik dan Pribadi di Lembaga Pendidikan Tinggi
13 2025 PENGEMBANGAN SISTEM APLIKASI METODE LATIHAN HICT TERHADAP PENINGKATAN VO2MAX KARATEKA
14 2023 REDESIGN DASHBOARD SEBAGAI UPAYA INISIASI UNESA SATU DATA
15 2025 Evaluasi Kepuasan Pengguna Terhadap Layanan UNESAWIFI Menggunakan Metode SERVQUAL

Pengabdian Kepada Masyarakat

No Tahun Judul Pengabdian Sumber Pendanaan
1 2025 Peningkatan kompetensi standar pelayanan minimal desa bagi aparatur pemerintah desa mojorejo berbasis WEB
2 2025 INOVASI PEMBELAJARAN DIGITAL: INTEGRASI AI GEMINI DAN QUIZIZZ UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS GURU DI SMKS ISLAM KANIGORO PONPES ASY SYUKUR SEMBON KANIGORO BLITAR JAWA TIMUR
3 2022 Trainer Board Mikrokontroler Berbasis Arduino sebagai Media Penunjang Kegiatan Pembelajaran di Jurusan Teknik Elektro SMK Negeri 2 Pamekasan
4 2025 Literasi Global Bertema Kesusasteraan Dalam Memperkuat Jiwa Humanis di Dunia
5 2025 Optimalisasi Akun Belajar Guru untuk Peningkatan Kreativitas dan Efektifitas Pembelajaran Melalui Canva di SMKS Islam Kanigoro
6 2024 Pengembangan Sistem Informasi Perpustakaan pada Sekolah Indonesia Davao Fiilipina
7 2025 Edukasi Bela Negara Digital Untuk Diaspora Indonesia Di Thailand Dalam Mewujudkan Astacita Pemerintah Republik Indonesia Menuju Indonesia Emas 2045
8 2022 Pemanfaatan Aplikasi Canva Guna Meningkatkan Kreatifitas Dalam Mengembangkan Media Pembelajaran Bagi Guru Mata Pelajaran Sejarah Kabupaten Tuban
9 2025 Peningkatan Promosi Desa Wisata Soco melalui Digitalisasi Objek Wisata dan Edukasi Komunitas
10 2022 PKM PEMBUATAN DISINFEKTAN SEBAGAI UPAYA PEMELIHARAAN LINGKUNGAN PASCA PANDEMI
11 2023 PELATIHAN PEMBUATAN DAN PENGEMBANGAN KONTEN MEDIA SOSIAL MENGGUNAKAN CANVA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMASARAN DIGITAL PADA SISWA SMK NEGERI 8 SURABAYA
12 2022 PENDAMPINGAN DESA TENGKET MENJADI DESA WISATA BERBASIS KEARIFAN LOKAL KERAPAN SAPI MELALUI UPGRADING SOCIAL MEDIA, SPORT TOURISM, DAN VIRTUAL TOURISM
13 2023 Peuditechno ( Pelatihan Ubi Puding Techonology) Untuk Peningkatan Perekonomian dan meingkatkan di UMKM MAFAZA Sidoarjo
14 2025 MEMBANGUN POTENSI TEKNOLOGI SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN MUTU PEKERJA DI TAIWAN

Publikasi Jurnal

No Judul Artikel Ilmiah Nama Jurnal Volume/Nomor/Tahun
1 PEMANFAATAN ONTOLOGY DALAM ASPECT BASED OPINION MINING PADA REVIEW PRODUK PARIWISATA - /-/0
2 LKP: Rancang Bangun Sistem Informasi Unit Load Device (ULD) Inventory Control pada PT. Gapura Angkasa bagian ULD Control Stikom Surabaya, 2010 - /-/2010
3 Sistem Pemantauan Keberadaan Jamaah Haji Menggunakan GPS Tracking Pada Smartphone Android (Studi Kasus: Kbih Al Ishlahiyyah Al Ghozaliyyah Tuban) Jurnal Sistem Informasi Universitas Dinamika (JSIKA) 1 (1), 2012 - /-/2012
4 SISTEM PEMANTAUAN KEBERADAAN JAMAAH HAJI MENGGUNAKAN GPS TRACKING PADA SMARTPHONE ANDROID (STUDI KASUS: KBIH AL ISLAHIYYAH AL GHOZALIYYAH TUBAN) STIKOM Surabaya, 2012 - /-/2012
5 Pemanfaatan Filter Dalam Object-Based Opinion Mining Pada Review Produk Pariwisata Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya, 2016 - /-/2016
6 The utilization of filter on object-based opinion mining in tourism product reviews Procedia Computer Science 124, 38-45, 2017 - /-/2017
7 Penerapan Metode Scrum dalam Proses Pembelajaran Mata Kuliah Pemrograman di Lingkungan Jurusan Teknik Informatika UNESA Scan: Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi 17 (1), 1-7, 2022 - /-/2022
8 Pembuatan Disinfektan sebagai Upaya Pemeliharaan Lingkungan Pasca Pandemi ADMA: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat 3 (1), 105-110, 2022 - /-/2022
9 Business Process Evaluation of ITS Medical Center using Value Stream Mapping Nusantara Science and Technology Proceedings, 17-23, 2022 - /-/2022
10 Pemodelan dan Simulasi Prediksi Pendapatan Penjualan Emas Dengan Menggunakan Metode Monte Carlo Journal of Vocational and Technical Education (JVTE) 4 (2), 10-17, 2022 - /-/2022
11 Pengabdian pada Masyarakat: Trainer Board Mikrokontroler Berbasis Arduino sebagai Media Pembelajaran di Jurusan Teknik Elektronika SMK Negeri 2 Pamekasan Lumbung Inovasi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 7 (4), 471-478, 2022 - /-/2022
12 Pengukuran Tingkat Keberhasilan Penerapan Metode SCRUM Dalam Proses Pembelajaran Mata Kuliah Pemrograman di Lingkungan Jurusan Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas … Journal of Advances in Information and Industrial Technology 4 (2), 47-56, 2022 - /-/2022
13 The Concept of Local Wisdom: Synergy between University and Local Government in the Development of Tourism Villages Studies in Philosophy of Science and Education 3 (3), 104-112, 2022 - /-/2022
14 Pemanfaatan Aplikasi Canva Guna Meningkatkan Kreatifitas Dalam Mengembangkan Media Pembelajaran Bagi Guru Mata Pelajaran Sejarah Kabupaten Tuban BAKTIMAS: Jurnal Pengabdian pada Masyarakat 4 (4), 176-182, 2022 - /-/2022
15 Pengembangan Aplikasi Penyedia Layanan Pembelajaran Keahlian Digital Berbasis Website Journal of Emerging Information System and Business Intelligence (JEISBI) 4 …, 2023 - /-/2023
16 Development of a Project-Based Learning Monitoring Application for Programming Courses Journal of Economics, Business, and Government Challenges 6 (02), 72-80, 2023 - /-/2023
17 PENGEMBANGAN APLIKASI BELAJAR BAHASA JEPANG BERBASIS WEBSITE: DEVELOPMENT OF WEBSITE-BASED JAPANESE LEARNING APPLICATIONS Jurnal Sistem Informasi Dan Bisnis Cerdas 16 (1), 50-59, 2023 - /-/2023
18 Unveiling Patterns: Utilizing Folium for Visualizing Clustered Criminal Acts Distribution in Surabaya City 2023 IEEE 9th Information Technology International Seminar (ITIS), 1-6, 2023 - /-/2023
19 DESIGN AND DEVELOPMENT OF A WEBSITE AND MOBILE BASED ANIMAL CLINIC INFORMATION SYSTEM (CASE STUDY OF GALAXY SATWA ANIMAL CLINIC) Journal of Emerging Information System and Business Intelligence (JEISBI) 5 …, 2024 - /-/2024
20 PENGEMBANGAN SISTEM MONITORING RUANGAN KULIAH BERBASIS NFC DAN IOT (STUDI KASUS UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA): DEVELOPMENT OF A LECTURE MONITORING SYSTEM BASED ON NFC AND IOT … Jurnal Sistem Informasi dan Bisnis Cerdas 17 (2), 2024 - /-/2024
21 Arduino Based Microcontroller Learning Media on Improving Electrical Engineering Student Skills 5th Vocational Education International Conference (VEIC-5 2023), 561-564, 2024 - /-/2024
22 Generative Artificial Intelligence (GenAI): Pengetahuan Dasar GenAI Beserta Penerapannya PT. Green Pustaka Indonesia, 2024 - /-/2024
23 Comparison of Topsis, Moora, and Waspas Methods In Website-Based Employee Performance Assessment (Case Study: Tirta Argapura Regional Public Company Of Drinking Water … Journal of Emerging Information System and Business Intelligence (JEISBI) 5 …, 2024 - /-/2024
24 Pengembangan Sistem Enterprise Resource Planning Pada UMKM Berbasis Web Terintegrasi Dengan Dropshipper (Studi Kasus: Han Cover Dashboard) Journal of Emerging Information System and Business Intelligence (JEISBI) 5 …, 2024 - /-/2024
25 Buku Ajar Perancangan Sistem Basis Data PT. Sonpedia Publishing Indonesia, 2024 - /-/2024
26 Sistem Pendukung Keputusan Kelayakan Penerima Beasiswa PPA Menggunakan Metode ROC Dan MAUT Berbasis Website Journal of Informatics and Computer Science (JINACS) 5 (03), 358-368, 2024 - /-/2024
27 Measuring User Satisfaction with Stechoq Academy Platform Using End User Computing Satisfaction (EUCS) Method and Webqual 4.0 (Case Study: PT. Stechoq Robotika Indonesia) Journal of Emerging Information System and Business Intelligence (JEISBI) 5 …, 2024 - /-/2024
28 PERANCANGAN SISTEM MONITORING RUANGAN KULIAH BERBASIS NFC DAN IOT (Studi Kasus: Universitas Negeri Surabaya) Journal of Emerging Information System and Business Intelligence (JEISBI) 5 …, 2024 - /-/2024
29 Pengembangan Sistem Helpdesk Menggunakan Chatbot Dengan Metode Retrieval-augmented Generation (Rag) Journal of Informatics and Computer Science (JINACS), 696-710, 2025 - /-/2025
30 Buku Ajar Pemrograman Web PT. Sonpedia Publishing Indonesia, 2025 - /-/2025

Karya Buku

No Judul Buku Tahun Jumlah Halaman Penerbit
1 PERANCANGAN SISTEM BASIS DATA 2024 PT. Sonpedia Publishing Indonesia
2 GENERATIVE ARTIFICIAL INTELLIGENCE (GenAI) (Pengetahuan Dasar GenAI beserta Penerapannya) 2024 PT. Sonpedia Publishing Indonesia
3 Buku Ajar Pemrograman Web 2025 PT.Sonpedia Publishing Indonesia

Pemakalah Seminar Ilmiah

No Nama Temu ilmiah / Seminar Judul Artikel Ilmiah Waktu dan Tempat
1 Procedia Computer Science The Utilization of Filter on Object-based Opinion Mining in Tourism Product Reviews 2017
2 Proceeding - IEEE 9th Information Technology International Seminar, ITIS 2023 Unveiling Patterns: Utilizing Folium for Visualizing Clustered Criminal Acts Distribution in Surabaya City 2023

Hak Karya Ilmiah

No Judul/Tema HKI Tahun Jenis Nomor
1 Konsep Dasar RPL (Rekayasa Perangkat Lunak) 2022 hak cipta EC00202200448
2 Konsep Pemrograman Berorientasi Objek (PBO) 2022 hak cipta EC00202200449
3 Konsep Dasar Basis Data (Basis Data) 2022 hak cipta EC00202200447
4 Pengantar Pemrograman Web (Pemrograman Web) 2022 hak cipta EC00202200450
5 Pengembangan Perangkat Lunak Menggunakan Metode Agile (Rekayasa Perangkat Lunak) 2022 hak cipta EC00202200451
6 Pengenalan Sistem Operasi (Sistem Operasi) 2022 hak cipta EC00202200452
7 Pengenalan Struktur Data (Struktur Data) 2022 hak cipta EC00202200453
8 Proses-Proses Perangkat Lunak (Rekayasa Perangkat Lunak) 2022 hak cipta EC00202200454
9 Single Linked List (Struktur Data) 2022 hak cipta EC00202200462
10 Penerapan Metode E-Service Quality dan Importance Performance Analysis (IPA) untuk Analisis Kualitas Layanan Transfer Terhadap Kepuasan Pengguna Aplikasi Brimo 2024 hak cipta EC002024226956
11 BUKU AJAR PERANCANGAN SISTEM BASIS DATA 2024 hak cipta EC002024200037
12 GENERATIVE ARTIFICIAL INTELLIGENCE (GenAI) : Pengetahuan Dasar GenAI Beserta Penerapannya 2024 hak cipta EC002024231447
13 Pengenalan Java Threads, Java Lambda, Java Advanced Sorting & Java File Handling 2024 hak cipta EC002024236620
14 Pengantar Pemrograman Java : Class , Object, Atribut Dan Metode 2024 hak cipta EC002024236625
15 RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI KLINIK HEWAN BERBASIS WEBSITE DAN MOBILE (STUDI KASUS KLINIK HEWAN GALAXY SATWA) 2024 hak cipta EC002024243128
16 Perbandingan Metode TOPSIS, MOORA, dan WASPAS pada Penilaian Kinerja Karyawan Berbasis Website (Studi Kasus: Perusahaan Umum Daerah Air Minum Tirta Argaputra Kabupaten Probolinggo) 2024 hak cipta EC002024224941
17 Pengukuran Kepuasan Pengguna terhadap Platform Stechoq Academy Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS) dan Webqual 4.0 (Studi Kasus: PT Stechoq Robotika Indonesia) 2024 hak cipta EC002024224878
18 BUKU AJAR PEMROGRAMAN WEB 2025 hak cipta EC00202504203