Gilang Gusti Aji, S.I.P., M.Si.

Gilang Gusti Aji, S.I.P., M.Si., lahir di Madiun pada tanggal 01-06-1988 adalah dosen di Universitas Negeri Surabaya. Dalam 1 tahun terakhir, mengampu 17 matakuliah. Sudah melakukan pengabdian sebanyak 10. Sudah mempublikasi Artikel Ilmiah dalam jurnal sebanyak 59. Menjadi pemakalah seminar ilmiah sebanyak 3.

Identitas Diri

Riwayat Pendidikan

S1 S2
Nama Perguruan Tinggi Universitas Gadjah Mada Universitas Indonesia
Bidang Ilmu Ilmu Komunikasi Ilmu Komunikasi
Tahun Masuk-Lulus 2006 - 2011 2012 - 2014
Judul Skripsi/Tesis/Disertasi Manajemen Stasiun Televisi Jaringan (Studi Kasus Metro TV Jawa Timur) Spasialisasi dan Strukturasi dalam Sistem Stasiun Berjaringan (Studi Kasus pada Kompas TV)
Nama Pembimbing/Promotor Dr. Ana Nadhya Abrar, MES Dr. Ade Armando, Msc
Status Validasi Sudah divalidasi Sudah divalidasi

Mata Kuliah yang Diampu

No. Mata Kuliah
1 Creative Writing
2 Hukum dan Etika Media Massa
3 Jurnalistik
4 Komunikasi Massa
5 Komunikasi Politik
6 Komunikasi Sosial Pembangunan
7 Magang Profesi
8 Manajemen Bisnis Media
9 Manajemen Produksi Media Massa
10 Marketing Politik
11 Media Baru
12 Media dan Perubahan Sosial
13 Penulisan Humas
14 Perilaku Konsumen dan Gaya Hidup
15 Produksi Media Massa Elektronik
16 Reportase
17 Skripsi

Data Penelitian Dari Sim Litabmas

No. Tahun Judul Sumber Dana
1 2022 PENGEMBANGAN BUKU AJAR MATA KULIAH MANAJEMEN INDUSTRI MEDIA UNTUK MAHASISWA ILMU KOMUNIKASI UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA Litabmas
2 2022 PENGEMBANGAN BUKU AJAR MATA KULIAH MANAJEMEN INDUSTRI MEDIA UNTUK MAHASISWA ILMU KOMUNIKASI UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA Litabmas
3 2021 PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL UNTUK KOMUNIKASI PUBLIK PADA PEMERINTAH DAERAH (STUDI KASUS OPD KOTA SURABAYA Litabmas
4 2021 PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL UNTUK KOMUNIKASI PUBLIK PADA PEMERINTAH DAERAH (STUDI KASUS OPD KOTA SURABAYA Litabmas
5 2022 PENGEMBANGAN BUKU AJAR MATA KULIAH MANAJEMEN INDUSTRI MEDIA UNTUK MAHASISWA ILMU KOMUNIKASI UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA Litabmas
6 2021 PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL UNTUK KOMUNIKASI PUBLIK PADA PEMERINTAH DAERAH (STUDI KASUS OPD KOTA SURABAYA Litabmas
7 2019 PENGEMBANGAN BUKU AJAR MODEL ADDIE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH MEDIA DAN PERUBAHAN SOSIAL PRODI S1 ILMU KOMUNIKASI FISH UNESA Litabmas

Data Penelitian Dari Non Litabmas

No. Tahun Judul Sumber Dana
1
2 2024 Strategi Branding untuk Mewujudkan Reputasi Kampus Berkelas Dunia, Studi Komparasi Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, Universitas Airlangga
3 2022 Pengembangan Buku Ajar Mata Kuliah Manajemen Industri Media untuk Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Negeri Surabaya
4 2024 PENGEMBANGAN ANIMASI RELIEF FABEL CANDI PANATARAN SEBAGAI MEDIA PENGENALAN BUDAYA UNTUK SEKOLAH DASAR
5 2022 Pengembangan Pedoman Kuliah Kerja Nyata Internasional Berbasis MBKM
6 2022 Studi Kelayakan Bahan Ajar Dalam Pengembangan Buku Ajar Marketing Politik
7 2022 Pengembangan Video Dokumenter Role Model Perkembangan Perekonomian Desa Sidomulyo Kecamatan Silo Kabupaten Jember
8 2024 Development of a Prototype Social Media Account Based on User Generated Content to Promote Tourism Visits in Tulungagung Regency
9 2023 Pengembangan Naskah Panduan Kehumasan Unesa sebagai Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum
10 2023 Content Mapping unggahan verifikasi informasi klinik anti-hoaks Dinas Kominfo Jawa Timur
11 2021 Teacher Immediacy dalam Pembelajaran Daring pada Siswa SMA di Surabaya
12 2023 PENGEMBANGAN MATAKULIAH KONVERSI MAGANG PROFESI MBKM PRODI ILMU KOMUNIKASI UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA
13 2022 PENGEMBANGAN MOTION GRAPHIC SEBAGAI TRANSFORMASI RELIEF KE MEDIA DIGITAL UNTUK MEMPERMUDAH PEMAHAMAN PESAN CERITA PANJI PADA CANDI MIRIGAMBAR
14 2021 PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL UNTUK KOMUNIKASI PUBLIK PADA PEMERINTAH DAERAH (STUDI KASUS OPD KOTA SURABAYA
15 2020 MAKNA SIMBOL “TETEK MELEK” SEBAGAI MEDIA TOLAK BALAK PAGEBLUK COVID-19 PADA BUDAYA MASYARAKAT TULUNGAGUNG
16 2020 PENGEMBANGAN DESAIN DAN KONTEN INFOGRAFIS DALAM SOSIALISASI WASPADA COVID-19
17 2023 MOTION GRAPHIC SEBAGAI BENTUK TRANSFORMASI KE MEDIA DIGITAL UNTUK MEMPERMUDAH PEMAHAMAN CERITA PANJI PADA RELIEF CANDI MIRIGAMBAR TULUNGAGUNG
18 2022 PENGEMBANGAN LAYANAN PENGADUAN DAN PPID MENUJU UNESA INFORMATIF 2022
19 2023 PENGEMBANGAN FILM WEB SERIES SEBAGAI PEMBELAJARAN LITERASI DIGITAL UNTUK SANTRI “MENEBAR BERKAH DIJAGAD MAYA”

Pengabdian Kepada Masyarakat

No Tahun Judul Pengabdian Sumber Pendanaan
1 2020 OPTIMALISASI WAGs PASAR VIRTUAL UNTUK PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT TERDAMPAK PANDEMI COVID-19
2 2022 Pengembangan Pemasaran Digital dan Perluasan Akses Pasar Batik Ciprat pada Yayasan Disabilitas Rumah Kinasih di Kecamatan Kesamben Kabupaten Blitar
3 2021 PRODUKSI FILM DOKUMENTER AKTIVITAS TANGGAP BENCANA DI KABUPATEN MAMUJU DAN MAJENE DALAM MEMBANGUN REPUTASI UNESA SEBAGAI KAMPUS PEDULI
4 2023 Pengembangan Media Alternatif "Radio Braille Surabaya" Dalam Peningkatan Kesadaran dan Partisipasi Masyarakat Terhadap Isu-isu Disabilitas Lewat Transformasi Media Digital Inklusif
5 2020 Kampanye Pengurangan Anxiety Disorder Covid-19 melalui Produksi Video Tutorial #dirumah aja
6 2021 Pembuatan Brand Identity Dan Pelatihan Promosi Digital Sentra Wisata Kuliner Semolowaru Sebagai Bagian Dari Program Aktivasi Kawasan Surabaya Timur
7 2022 PELATIHAN PEMBUATAN VIDEO PROFIL SEBAGAI SARANA PROMOSI PRODUK di MAL UMKM KECAMATAN TAMAN SIDOARJO
8 2024 WORKSHOP PENULISAN ARTIKEL ILMIAH UNTUK MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS DAN KREATIVITAS GURU-GURU LAB SCHOOL UNESA DALAM MENDUKUNG IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA
9 2024 Pengembangan Website dan Sistem Informasi Desa (SID) Prampelan Kecamatan Karangrejo Kabupaten Magetan dalam Rangka Pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs)
10 2021 OPTIMALISASI BRANDING DAN PEMASARAN BATIK CIPRAT UMKM DISABILITAS YAYASAN BHAKTI KINASIH MANDIRI SIRAMAN KESAMBEN KABUPATEN BLITAR

Publikasi Jurnal

No Judul Artikel Ilmiah Nama Jurnal Volume/Nomor/Tahun
1 STUDI FENOMENOLOGI PARTISIPASI POLITIK DIGITAL MAHASISWA SURABAYA DI TWITTER - /-/0
2 STUDI FENOMENOLOGI JURNALIS LOKAL SURABAYA DALAM MENJAGA INDEPENDENSI DAN KEPENTINGAN PUBLIK SAAT MELIPUT BERITA DI MASA PANDEMI - /-/0
3 STUDI FENOMENOLOGI JURNALIS LOKAL SURABAYA DALAM MENJAGA INDEPENDENSI DAN KEPENTINGAN PUBLIK SAAT MELIPUT BERITA DI MASA PANDEMI - /-/0
4 STRATEGI DIVERSIFIKASI BISNIS TELEVISI LOKAL MELALUI PLATFORM DIGITAL - /-/0
5 IMPLEMENTASI PEMBENTUKAN BRAND IDENTITY BERBASIS KEBUDAYAAN REYOG PONOROGO DALAM CITY BRANDING KABUPATEN PONOROGO - /-/0
6 CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY SEBAGAI STRATEGI MARKETING PUBLIC RELATIONS - /-/0
7 Komunikasi Persuasif Insan Genre Sebagai Strategi Preventif Pernikahan Dini Pada Kalangan Remaja Di Kabupaten Ponorogo - /-/0
8 PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TIKTOK@ ERIGO. STORE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK ERIGO. - /-/0
9 PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TIKTOK@ ERIGO. STORE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK ERIGO. - /-/0
10 MODEL KEHUMASAN DUA ARAH UNTUK MEMBANGUN KEPERCAYAAN PUBLIK - /-/0
11 Komunikasi Persuasif Insan Genre Sebagai Strategi Preventif Pernikahan Dini Pada Kalangan Remaja Di Kabupaten Ponorogo - /-/0
12 Strategi Bisnis Radio Bersegmentasi Religi (Studi Kasus Pada Radio Suara Muslim) - /-/0
13 CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY SEBAGAI STRATEGI MARKETING PUBLIC RELATIONS - /-/0
14 HOMOGENISASI KONTEN PADA PLATFORM CITIZEN JOURNALISM - /-/0
15 MODEL KEHUMASAN DUA ARAH UNTUK MEMBANGUN KEPERCAYAAN PUBLIK - /-/0
16 STUDI FENOMENOLOGI PARTISIPASI POLITIK DIGITAL MAHASISWA SURABAYA DI TWITTER - /-/0
17 STRATEGI DIVERSIFIKASI BISNIS TELEVISI LOKAL MELALUI PLATFORM DIGITAL - /-/0
18 HOMOGENISASI KONTEN PADA PLATFORM CITIZEN JOURNALISM - /-/0
19 CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY SEBAGAI STRATEGI MARKETING PUBLIC RELATIONS (Studi Kasus Program CSR “Decofresh Warnai Jodipan” PT. Inti Daya Guna Aneka Warna) - /-/0
20 IMPLEMENTASI MODEL KOMUNIKASI DUA ARAH DALAM PROGRAM CURHAT NING ITA GUNA MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK PEMERINTAH KOTA MOJOKERTO - /-/0
21 CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY SEBAGAI STRATEGI MARKETING PUBLIC RELATIONS - /-/0
22 IMPLEMENTASI PEMBENTUKAN BRAND IDENTITY BERBASIS KEBUDAYAAN REYOG PONOROGO DALAM CITY BRANDING KABUPATEN PONOROGO - /-/0
23 MANAJEMEN STASIUN TELEVISI JARINGAN (Studi Kasus Manajemen Metro TV Jawa Timur dalam Memenui Aturan Sistem Siaran Televisi Berjaringan November 2009–Mei 2010) Universitas Gadjah Mada, 2011 - /-/2011
24 Spasialisasi Media dan Demokratisasi Penyiaran Implementasi Sistem Siaran Televisi Berjaringan di Indonesia SEMIOTIKA: Jurnal Komunikasi 8 (2), 2016 - /-/2016
25 Kepemilikan Dan Bingkai Media (Analisis Framing Pemberitaan Joko Widodo Sebagai Kandidat Calon Presiden Pada Koran Sindo) Jurnal Ilmiah Komunikasi Makna 6 (1), 96-116, 2018 - /-/2018
26 KRITIK DAN REALITAS SOSIAL DALAM MUSIK (ANALISIS WACANA KRITIS PADA LIRIK LAGU KARYA IKSAN SKUTER" LAGU PETANI") Commercium 1 (2), 2018 - /-/2018
27 Implementasi Government Public Relations Digital Untuk Membangun Komunikasi Dua Arah (Studi Kasus Program Sapawarga Pemerintah Kota Surabaya) Commercium 1 (2), 2018 - /-/2018
28 MANAJEMEN BISNIS MEDIA RADIO SUARA GIRI FM SEBAGAI RADIO DANGDUT Commercium 1 (2), 2018 - /-/2018
29 Implementasi Komunikasi Pemasaran Digital Dalam Promosi Pariwisata (Studi Kasus Pada Kota Wisata Batu) Commercium 1 (2), 2018 - /-/2018
30 Eksistensi TV Lokal dan Pelestarian Budaya Commercium 1 (2), 2018 - /-/2018
31 STRATEGI KOMUNIKASI PEMBERDAYAAN MASYARAKAT PENYANDANG DISABILITAS INTELEKTUAL (Studi Kasus pada Kelompok Swadaya Masyarakat Sambung Roso Simbatan, Kecamatan Nguntoronadi … Commercium 1 (2), 2018 - /-/2018
32 Implementasi Komunikasi Pemasaran Digital dalam Promosi Pariwisata (Studi Kasus Pada Kota Wisata Batu) Commercium 1 (2) - /-/2018
33 STRATEGI KOMUNIKASI PEMBERDAYAAN MASYARAKAT PENYANDANG DISABILITAS INTELEKTUAL (Studi Kasus pada Kelompok Swadaya Masyarakat Sambung Roso Simbatan, Kecamatan Nguntoronadi … Commercium 1 (2) - /-/2018
34 MANAJEMEN BISNIS PERUSAHAAN REKAMAN LABEL INDIE CAH NDOSE RECORDING DI KEDIRI Commercium 1 (2), 2018 - /-/2018
35 Pengaruh Vlog Sobat Jalan Aussie Banget Terhadap Brand Awareness Tiket. com Commercium 2 (2), 2019 - /-/2019
36 MANAJEMEN BISNIS PERUSAHAAN REKAMAN LABEL INDIE CAH NDOSE RECORDING DI KEDIRI Commercium 1 (2) - /-/2019
37 Pengaruh Vlog Sobat Jalan Aussie Banget Terhadap Brand Awareness Tiket. com Commercium 2 (2) - /-/2019
38 Papuan Students Cross-Cultural Adaptation in Surabaya State University International Conference on Social Science 2019 (ICSS 2019), 431-435, 2019 - /-/2019
39 Tourist Village Program for Modern Tourism: A Study on City Branding “Shining Batu” of Batu City International Conference on Social Science 2019 (ICSS 2019), 427-430, 2019 - /-/2019
40 KRITIK DAN REALITAS SOSIAL DALAM MUSIK (ANALISIS WACANA KRITIS PADA LIRIK LAGU KARYA IKSAN SKUTER" LAGU PETANI") Commercium 1 (2) - /-/2019
41 Eksistensi TV Lokal dan Pelestarian Budaya Commercium 1 (2) - /-/2019
42 STRATEGI KOMUNIKASI PEMBERDAYAAN MASYARAKAT PENYANDANG DISABILITAS INTELEKTUAL (Studi Kasus pada Kelompok Swadaya Masyarakat Sambung Roso Simbatan, Kecamatan Nguntoronadi … Commercium 1 (2) - /-/2019
43 Keterbukaan Informasi Publik Dalam Pemerintahan (Studi Kasus Pemanfaatan Website Desa di Kabupaten Bojonegoro) Commercium 2 (1) - /-/2019
44 MANAJEMEN STASIUN RADIO JARINGAN (Studi Kasus pada Suzana Radio Network) Commercium 2 (1), 2019 - /-/2019
45 PROBLEMATIKA PADA LEMBAGA REGULATOR PENYIARAN TELEVISI LOKAL (STUDI KASUS KOMISI PENYIARAN INDONESIA DAERAH JAWA TIMUR) Commercium 2 (2) - /-/2019
46 IMPLEMENTASI GOVERNMENT PUBLIC RELATIONS DIGITAL UNTUK MEMBANGUN KOMUNIKASI DUA ARAH (STUDI KASUS PROGRAM SAPAWARGA PEMERINTAH KOTA SURABAYA) Commercium 1 (2) - /-/2019
47 STRATEGI CITY BRANDING KOTA KEDIRI MELALUI “HARMONI KEDIRI: THE SERVICE CITY” Commercium 2 (2) - /-/2019
48 MANAJEMEN STASIUN RADIO JARINGAN (Studi Kasus pada Suzana Radio Network) Commercium 2 (1) - /-/2019
49 Keterbukaan Informasi Publik Dalam Pemerintahan (Studi Kasus Pemanfaatan Website Desa di Kabupaten Bojonegoro) Commercium 2 (1), 2019 - /-/2019
50 MANAJEMEN BISNIS MEDIA RADIO SUARA GIRI FM SEBAGAI RADIO DANGDUT Commercium 1 (2) - /-/2019
51 PERAN MEDIA SOSIAL DALAM MANAJEMEN MEDIA ONLINE (STUDI KASUS TIRTO. ID) Commercium 2 (2) - /-/2019
52 CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY SEBAGAI STRATEGI MARKETING PUBLIC RELATIONS (Studi Kasus Program CSR “Decofresh Warnai Jodipan” PT. Inti Daya Guna Aneka Warna) Commercium 2 (2), 2019 - /-/2019
53 PRAKTIK JURNALISME WARGA DALAM KELOMPOK INFORMASI MASYARAKAT (KIM) KOTA SURBAYA Commercium 2 (1) - /-/2019
54 Praktik jurnalisme warga dalam kelompok informasi masyarakat (KIM) kota surbaya Commercium 2 (1), 2019 - /-/2019
55 Peran Media Sosial Dalam Manajemen Media Online (Studi Kasus Tirto. id) Commercium 2 (2), 2019 - /-/2019
56 STRATEGI CITY BRANDING KOTA KEDIRI MELALUI “HARMONI KEDIRI: THE SERVICE CITY” Commercium 2 (2), 2019 - /-/2019
57 Strategi Promosi Media Massa Melalui Event (Studi Kasus Event Jazz Traffic Festival Suara Surabaya) Commercium 2 (2), 2019 - /-/2019
58 PROBLEMATIKA PADA LEMBAGA REGULATOR PENYIARAN TELEVISI LOKAL (STUDI KASUS KOMISI PENYIARAN INDONESIA DAERAH JAWA TIMUR) Commercium 2 (2), 2019 - /-/2019
59 Strategi Promosi Media Massa Melalui Event (Studi Kasus Event Jazz Traffic Festival Suara Surabaya) Commercium 2 (2) - /-/2019

Karya Buku

No Judul Buku Tahun Jumlah Halaman Penerbit

Pemakalah Seminar Ilmiah

No Nama Temu ilmiah / Seminar Judul Artikel Ilmiah Waktu dan Tempat
1 Journal of Physics: Conference Series Bridging communication between public and government: A case study on kim surabaya 2018
2 Journal of Physics: Conference Series Madurese cultural communication approach 2018
3 Journal of Physics: Conference Series Indonesian journalistic competitions: Tribute or threat for press practice 2018

Hak Karya Ilmiah

No Judul/Tema HKI Tahun Jenis Nomor