Awang Dharmawan, S.Ikom., M.A.

Awang Dharmawan, S.Ikom., M.A., lahir di Bangkalan pada tanggal 05-07-1988 adalah dosen di Universitas Negeri Surabaya. Dalam 1 tahun terakhir, mengampu 22 matakuliah. Sudah melakukan pengabdian sebanyak 8. Sudah mempublikasi Artikel Ilmiah dalam jurnal sebanyak 58.

Identitas Diri

Riwayat Pendidikan

S1 S2
Nama Perguruan Tinggi Universitas Muhammadiyah Malang Universitas Gadjah Mada
Bidang Ilmu Ilmu Komunikasi Ilmu Komunikasi dan media
Tahun Masuk-Lulus 2006 - 2011 2011 - 2013
Judul Skripsi/Tesis/Disertasi Membongkar Tanda-Tanda Iklan Politik Pada Iklan Partai Gerindra (Studi Semiotik Pada Iklan Politik Partai Gerindra Versi Garuda Konflik Sampang Tahun 2012 Dalam Perspektif Komunikasi (Studi Kasus Konflik Kelompok Syiah dan Kelompok Anti Syiah di Dusun Nangkernang, Desa Karanggayam, Kecamatan Omben Kabupaten Sampang Madura)
Nama Pembimbing/Promotor Nurudin, M,Si dan Dr. Wahyudi, M.Si Dr. Phil. Hermin Indah Wahyuni, M.Si

Mata Kuliah yang Diampu

No. Mata Kuliah
1 Analisis Teks
2 Evolusi Komunikasi
3 Filsafat Ilmu
4 KKN Asistensi Mengajar Mengembangan Perangkat
5 KKNT
6 Komunikasi Antar Budaya
7 Komunikasi Bisnis
8 Komunikasi dan Perubahan Sosial
9 Komunikasi Internasional
10 Komunikasi Lintas Budaya
11 Komunikasi Organisasi
12 Komunikasi Politik
13 Komunikasi Publik
14 Manajemen Konflik
15 Marketing Politik
16 Pancasila
17 Pengantar Ilmu Komunikasi
18 Pengembangan Program Sosial
19 Seminar
20 Skripsi
21 Tanggung jawab Sosial Korporat
22 Teori Komunikasi

Data Penelitian Dari Sim Litabmas

No. Tahun Judul Sumber Dana
1 2020 PELATIHAN VERIFIKASI KONTEN HOAX COVID-19 PADA KELOMPOK INFORMASI MASYARAKAT JAWA TIMUR Litabmas
2 2020 PELATIHAN VERIFIKASI KONTEN HOAX COVID-19 PADA KELOMPOK INFORMASI MASYARAKAT JAWA TIMUR Litabmas
3 2020 PELATIHAN VERIFIKASI KONTEN HOAX COVID-19 PADA KELOMPOK INFORMASI MASYARAKAT JAWA TIMUR Litabmas
4 2022 STUDI KELAYAKAN BAHAN AJAR DALAM PENGEMBANGAN BUKU AJAR MARKETING POLITIK Litabmas
5 2019 TINGKAT PARTISIPASI POLITIK PEREMPUAN (ANALISIS SURVEY PADA TIM PEMENANGAN DPW PKB JAWA TIMUR) Litabmas
6 2022 STUDI KELAYAKAN BAHAN AJAR DALAM PENGEMBANGAN BUKU AJAR MARKETING POLITIK Litabmas
7 2020 PELATIHAN VERIFIKASI KONTEN HOAX COVID-19 PADA KELOMPOK INFORMASI MASYARAKAT JAWA TIMUR Litabmas
8 2022 STUDI KELAYAKAN BAHAN AJAR DALAM PENGEMBANGAN BUKU AJAR MARKETING POLITIK Litabmas
9 2021 STUDI KELAYAKAN BAHAN AJAR DALAM PENGEMBANGAN BUKU AJAR KOMUNIKASI LINTAS BUDAYA Litabmas
10 2021 TANTANGAN JURNALISME ONLINE DI ERA DISRUPSI INFORMASI Litabmas
11 2022 STUDI KELAYAKAN BAHAN AJAR DALAM PENGEMBANGAN BUKU AJAR MARKETING POLITIK Litabmas
12 2020 PELATIHAN VERIFIKASI KONTEN HOAX COVID-19 PADA KELOMPOK INFORMASI MASYARAKAT JAWA TIMUR Litabmas
13 2019 TINGKAT PARTISIPASI POLITIK PEREMPUAN (ANALISIS SURVEY PADA TIM PEMENANGAN DPW PKB JAWA TIMUR) Litabmas
14 2021 STUDI KELAYAKAN BAHAN AJAR DALAM PENGEMBANGAN BUKU AJAR KOMUNIKASI LINTAS BUDAYA Litabmas
15 2021 TANTANGAN JURNALISME ONLINE DI ERA DISRUPSI INFORMASI Litabmas
16 2020 PELATIHAN VERIFIKASI KONTEN HOAX COVID-19 PADA KELOMPOK INFORMASI MASYARAKAT JAWA TIMUR Litabmas
17 2019 TINGKAT PARTISIPASI POLITIK PEREMPUAN (ANALISIS SURVEY PADA TIM PEMENANGAN DPW PKB JAWA TIMUR) Litabmas
18 2022 STUDI KELAYAKAN BAHAN AJAR DALAM PENGEMBANGAN BUKU AJAR MARKETING POLITIK Litabmas
19 2021 STUDI KELAYAKAN BAHAN AJAR DALAM PENGEMBANGAN BUKU AJAR KOMUNIKASI LINTAS BUDAYA Litabmas
20 2021 TANTANGAN JURNALISME ONLINE DI ERA DISRUPSI INFORMASI Litabmas
21 2020 PELATIHAN VERIFIKASI KONTEN HOAX COVID-19 PADA KELOMPOK INFORMASI MASYARAKAT JAWA TIMUR Litabmas
22 2019 TINGKAT PARTISIPASI POLITIK PEREMPUAN (ANALISIS SURVEY PADA TIM PEMENANGAN DPW PKB JAWA TIMUR) Litabmas
23 2021 TANTANGAN JURNALISME ONLINE DI ERA DISRUPSI INFORMASI Litabmas
24 2020 PELATIHAN VERIFIKASI KONTEN HOAX COVID-19 PADA KELOMPOK INFORMASI MASYARAKAT JAWA TIMUR Litabmas
25 2019 TINGKAT PARTISIPASI POLITIK PEREMPUAN (ANALISIS SURVEY PADA TIM PEMENANGAN DPW PKB JAWA TIMUR) Litabmas
26 2021 STUDI KELAYAKAN BAHAN AJAR DALAM PENGEMBANGAN BUKU AJAR KOMUNIKASI LINTAS BUDAYA Litabmas
27 2021 TANTANGAN JURNALISME ONLINE DI ERA DISRUPSI INFORMASI Litabmas
28 2020 PELATIHAN VERIFIKASI KONTEN HOAX COVID-19 PADA KELOMPOK INFORMASI MASYARAKAT JAWA TIMUR Litabmas
29 2019 TINGKAT PARTISIPASI POLITIK PEREMPUAN (ANALISIS SURVEY PADA TIM PEMENANGAN DPW PKB JAWA TIMUR) Litabmas

Data Penelitian Dari Non Litabmas

No. Tahun Judul Sumber Dana
1 2020 Pengembangan Model "Counter-Hoax" untuk Meningkatkan Information Literacy Skills Masyarakat di Tengah Pandemi Covid-19
2 2020 Kepuasan Mahasiswa terhadap Pemanfaatan Media Perkulihan Daring selama Pandemi Covid 19
3 2023 IMPLEMENTASI PROGRAM REKOGNISI PEMBELAJARAN LAMPAU (RPL) SEBAGAI WUJUD PEMBELAJARAN SEPANJANG HAYAT DI UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA
4 2021 Studi Kelayakan Bahan Ajar Dalam Pengembangan Buku Ajar Komunikasi Lintas Budaya
5 2022 Studi Kelayakan Bahan Ajar Dalam Pengembangan Buku Ajar Marketing Politik
6 2022 ANALISIS DETERMINASI SKOR TES SELEKSI TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA UNTUK MENENTUKAN FORMULASI KELULUSAN SELEKSI MAHASISWA BARU
7 2021 Pengaruh Kampanye Vaksinasi Covid-19 Terhadap Literasi Kesehatan (Studi Pada Mahasiswa Surabaya)
8 2024 ANALISIS STRATEGI PROPAGANDA DIGITAL "FREE WEST PAPUA MOVEMENT" MELALUI MEDIA SOSIAL FACEBOOK TAHUN 2023-2024
9 2023 Pengembangan Buku Ajar Komunikasi Organisasi dengan Perspektif Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0
10 2023 Content Mapping unggahan verifikasi informasi klinik anti-hoaks Dinas Kominfo Jawa Timur
11 2021 Tantangan Jurnalisme Online di Era Disrupsi Informasi
12 2021 Studi Kelayakan Pengembangan Buku Ajar "Riset Khalayak"
13 2022 JURNALISME ONLINE SEBAGAI KANAL ADVOKASI PEREMPUAN
14 2024 Pemetaan Intoleransi Beragama Generasi Muda Nahdlatul Ulama: Studi Komunikas Lintas Budaya tentang Dukungan Politik pada Pemilihan Presiden 2024
15 2024 SENSITIVITAS KOMUNIKASI PEMERINTAHAN KOTA SURABAYA DALAM MENGATASI PERSOALAN STUNTING

Pengabdian Kepada Masyarakat

No Tahun Judul Pengabdian Sumber Pendanaan
1 2024 PELATIHAN LITERASI KEUANGAN UNTUK ORANG TUA SISWA SEKOLAH INDONESIA KOTA KINABALU DALAM PERWUJUDAN KEMANDIRIAN FINANSIAL
2 2020 Pelatihan Verifikasi Konten Hoax Covid-19 Pada Kelompok Informasi Masyarakat Jawa Timur
3 2021 Pelatihan Konten Digital Bagi Pendakwah Perempuan Sebagai Upaya Optimalisasi Kampanye Anti Kekerasan Dalam Rumah Tangga
4 2024 Pendampingan Pengembangan Program Pengajaran Bahasa Mandarin di SD Chenghoo Surbaaya
5 2022 BRANDING WISATASEBAGAI UPAYA PENINGANKATAN KUNJUNGAN WISATA DESA SIDOMULYO KECAMATAN SELO KABUPATEN JEMBER
6 2023 Pengembangan Media Alternatif "Radio Braille Surabaya" Dalam Peningkatan Kesadaran dan Partisipasi Masyarakat Terhadap Isu-isu Disabilitas Lewat Transformasi Media Digital Inklusif
7 2021 Pembuatan Brand Identity Dan Pelatihan Promosi Digital Sentra Wisata Kuliner Semolowaru Sebagai Bagian Dari Program Aktivasi Kawasan Surabaya Timur
8 2024 PEMBUATAN DAN PENDAMPINGAN PENGELOLAAN WEBSITE MEDIA INKLUSIF RADIO BRAILLE SURABAYA

Publikasi Jurnal

No Judul Artikel Ilmiah Nama Jurnal Volume/Nomor/Tahun
1 Strategi Komunikasi Pemasaran Dalam Mendapatkan Sponsorship Klub Sepak Bola Madura United - /-/0
2 PEMAKNAAN PEMBUBARAN HIZBUT TAHRIR INDONESIA PADA RANAH PIKIRAN ANGGOTA EKS HIZBUT TAHRIR INDONESIA DI SURABAYA SEBAGAI BAGIAN DARI KONSEP DIRI - /-/0
3 ANALISIS FRAMING PEMBERITAAN MARAKNYA MURAL KRITIKAN TERHADAP PEMERINTAH PADA MASA PANDEMI DI MEDIA TEMPO. CO DAN MEDIA INDONESIA (PERIODE 12 AGUSTUS-01 SEPTEMBER 2021) - /-/0
4 Peran Aktivasi Media Sosial Dalam Meningkatkan Eksistensi PT PAL INDONESIA (PERSERO) Livia Kusuma Ayustina - /-/0
5 Andi Muhammad Fuad - /-/0
6 REPRESENTASI KELAS SOSIAL DALAM FILM GUNDALA (ANALISIS SEMIOTIKA MODEL PEIRCE) - /-/0
7 EKSISTENSI RUANG PUBLIK DI BANYUWANGI STUDI KASUS FORUM MASYARAKAT TOLAK TAMBANG EMAS TUMPANG PITU “FORBANYUWANGI” DESA SUMBERAGUNG, KECAMATAN PESANGGARAN, KABUPATEN BANYUWANGI - /-/0
8 REPRESENTASI FEMINISME DALAM FILM THE HANDMAIDEN - /-/0
9 Komunikasi Krisis Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Timur Dalam Sosialisasi Kebijakan Pemerintah Menghadapi Covid-19 - /-/0
10 Komunikasi Krisis Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Timur Dalam Sosialisasi Kebijakan Pemerintah Menghadapi Covid-19 - /-/0
11 KOMUNIKASI ORGANISASI PEMERINTAH KABUPATEN BANYUWANGI DALAM PENINGKATAN PELAYANAN PUBLIK - /-/0
12 Event Sebagai Komunikasi Pemasaran Untuk Mempromosikan Merek Lokal (Studi Kasus Pada Basha Market) - /-/0
13 PEMAKNAAN PEMBUBARAN HIZBUT TAHRIR INDONESIA PADA RANAH PIKIRAN ANGGOTA EKS HIZBUT TAHRIR INDONESIA DI SURABAYA SEBAGAI BAGIAN DARI KONSEP DIRI - /-/0
14 MEMBONGKAR TANDA-TANDA PADA IKLAN POLITIK PARTAI GERINDRA (Studi Semiotik Pada Iklan Partai Gerindra Versi Garuda) University of Muhammadiyah Malang, 2011 - /-/2011
15 Menyingkap Social Nature Industri Musik Digital dalam Negeri Komunikator 4 (01), 2012 - /-/2012
16 Konflik Sampang Tahun 2012 Dalam Perspektif Komunikasi:(Studi Kasus Konflik Kelompok Syiah dan Kelompok Anti Syiah di Dusun Nangkernang, Desa Karang Gayam, Kecamatan Omben … Universitas Gadjah Mada, 2013 - /-/2013
17 Komodifikasi Ruang Publik Pemuda: Tenggelamnya Generasi Muda dalam Bingkai DBL di Koran Jawa Pos Ekonomi Politik Media: Sebuah Kajian Kritis. Yogyakarta: Lingkar Media, 2013 - /-/2013
18 Konflik Sampang Tahun 2012 Dalam Perspektif Komunikasi:(Studi Kasus Konflik Kelompok Syiah dan Kelompok Anti Syiah di Dusun Nangkernang, Desa Karang Gayam, Kecamatan Omben … Universitas Gadjah Mada - /-/2013
19 Kritik netizen terhadap nekrokultura media mainstream (Studi demokrasi partisipan weblog Kompasiana) JURNAL SIMBOLIKA: Research and Learning in Communication Study (E-Journal) 1 (1), 2015 - /-/2015
20 Strategi Marketing Hary Tanoesoedibjo dalam Usaha Membangun Personal Branding Politik Jurnal Penelitian Pers dan Komunikasi Pembangunan 20 (1), 49-62, 2016 - /-/2016
21 STRATEGI MARKETING HARY TANOESOEDIBJO DALAM USAHA MEMBANGUN PERSONAL BRANDING POLITIK HARY TANOESUDIBJO MARKETING STRATEGY TO EFFORT FOR BUILD THE POLITICAL PERSONAL BRANDING Jurnal Penelitian Pers dan Komunikasi Pembangunan 20 (1), 49-62, 2016 - /-/2016
22 Favored or Un-favored: Muslim Group Inclination toward Media Selection and Content SOCIAL SCIENCES, HUMANITIES AND ECONOMICS CONFERENCE 2017, 2017 - /-/2017
23 An Intercultural Communication Dereliction and Prejudice: A Case Study in Sampang District, Madura, Indonesia Advanced Science Letters 23 (12), 11753-11757, 2017 - /-/2017
24 Social and Personal Factors to Become Elementary Teacher Advanced Science Letters 23 (12), 11654-11657, 2017 - /-/2017
25 Analisis Perumusan Kebijakan Komunikasi Dewan Pers tentang Pendataan Perusahaan Pers Commercium 1 (1), 2018 - /-/2018
26 Mengurai Tantangan Dan Solusi Kpid Jawa Timur Untuk Mewujudkan Kualitas Program Siaran Televisi Diakom 1 (1), 278578, 2018 - /-/2018
27 PERAN PUBLIK DALAM KOMUNIKASI PEMBANGUNAN (STUDI KASUS YAYASAN GERAKAN MELUKIS HARAPAN DALAM PEMBERDAYAAN WARGA KAMPUNG EKS LOKALISASI DOLLY DI SURABAYA) Commercium 1 (2), 2018 - /-/2018
28 E-Government to Improve Public Service in Village Difussion of Smart Kampung Innovation in Banyuwang 1st International Conference on Social Sciences (ICSS 2018), 347-351, 2018 - /-/2018
29 Madurese cultural communication approach Journal of Physics: Conference Series 953 (1), 012195, 2018 - /-/2018
30 KRITIK SOSIAL DALAM MUSIK (ANALISIS WACANA KRITIS PADA LIRIK LAGU “NEGRI NGERI” OLEH GRUP MUSIK PUNK MARJINAL) Commercium 1 (2), 2018 - /-/2018
31 Komparasi Penyajian Konten Berita Infografis pada Tirto. id dan Teks pada Kompas. com Terhadap Persepsi Digital Native dan Immigrant di Kota Surabaya pada Pemberitaan Gerakan … Commercium 1 (2) - /-/2018
32 Komparasi Penyajian Konten Berita Infografis pada Tirto. id dan Teks pada Kompas. com Terhadap Persepsi Digital Native dan Immigrant di Kota Surabaya pada Pemberitaan Gerakan … Commercium 1 (2), 2018 - /-/2018
33 STRATEGI MANAJEMEN PRODUKSI JTV DALAM MENYIARKAN PROGRAM BERKONTEN LOKAL JAWA TIMUR (STUDI KASUS PROGRAM BERITA POJOK KAMPUNG) Commercium 1 (2), 2018 - /-/2018
34 Abandon or embrace: Functionalism perspective of photojournalists on Syrian refugees Journal of Physics: Conference Series 953 (1), 012191, 2018 - /-/2018
35 Perencanaan Konsep Media Panjebar Semangat Dalam Menjaga Eksistensi Budaya Jawa Commercium 2 (2), 2019 - /-/2019
36 STRATEGI FEATURE SHE RADIO 99.6 FM SEBAGAI PROGRAM UTAMA DALAM BERSAING DENGAN RADIO FORMAT KHUSUS PEREMPUAN DI JAWA TIMUR Commercium 2 (1), 2019 - /-/2019
37 FAKTUALITAS BERITA PEMILIHAN UMUM 2019 (Analisis Isi Kuantitatif pada Harian Kompas Periode 17 Maret–13 April 2019) Commercium 2 (2), 2019 - /-/2019
38 STRATEGI KOMUNIKASI PEMERINTAH KOTA BLITAR DALAM PROGRAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT (Studi Kasus Program Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan Karangsari Kota Blitar Melalui … Commercium 2 (1), 2019 - /-/2019
39 Bisnis Konten Media Pada Rubrik Zetizen Dalam Pendekatan Ekonomi Politik Media Commercium 2 (1), 2019 - /-/2019
40 STRATEGI KOMUNIKASI PEMERINTAH KOTA BLITAR DALAM PROGRAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT (Studi Kasus Program Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan Karangsari Kota Blitar Melalui … Commercium 2 (1) - /-/2019
41 Positioning Joko Widodo dan KH. Ma’ruf Amin di Jawa Timur Pada Pemilihan Presiden 2019 Commercium 2 (2), 2019 - /-/2019
42 NIQAB SEBAGAI FASHION: DIALEKTIK KONSERVATISME DAN BUDAYA POPULER Jurnal Ilmiah Scriptura 9 (VOL. 9 NO. 1 (2019): JULY 2019), https://doi.org …, 2019 - /-/2019
43 Why Government Failed: A Reception Analysis Toward Local Lockdown in Indonesia International Conference on Research and Academic Community Services …, 2020 - /-/2020
44 STRATEGI MANAJEMEN MEDIA LEMBAGA PENYIARAN PUBLIK LOKAL SUARA SIDOARJO 100, 9 FM DALAM MEMPERTAHANKAN JUMLAH PENDENGAR Commercium 3 (1), 2020 - /-/2020
45 Pengaruh social media marketing terhadap brand awareness pada followers instagram warunk upnormal Commercium 2 (2), 2020 - /-/2020
46 ANALISIS FRAMING BERITA PRO DAN KONTRA PELAKSANAAN PILKADA 2020 DI TENGAH PANDEMI COVID-19 PADA MEDIA ONLINE KOMPAS. COM DAN ANTARANEWS. COM (PERIODE 20–30 SEPTEMBER 2020) - /-/2020
47 How Private High Schools Deal With Multiculturalism Issues in Surabaya After Terrorists Bombing 3rd International Conference on Social Sciences (ICSS 2020), 382-385, 2020 - /-/2020
48 Forecasting competition for sales of local and national bottled drinking water in madura using fuzzy sugeno method Journal of Physics: Conference Series 1538 (1), 012064, 2020 - /-/2020
49 Role Model for Student’s as Health Literacy Agent Covid 19 Vaccine International Joint Conference on Arts and Humanities 2021 (IJCAH 2021), 649-652, 2021 - /-/2021
50 Application of Visual Identity to Semolowaru Culinary Tourism Centre Revitalization International Joined Conference on Social Science (ICSS 2021), 161-166, 2021 - /-/2021
51 Building Family Resilience through Phylantrophy and Populist Policies to Cope The Covid-19 Pandemic in Indonesia Proceedings of the International Joint Conference on Arts and Humanities …, 2021 - /-/2021
52 Strategi public relation Rumah Sakit Eka Husada Gresik dalam membangun kepercayaan konsumen untuk mendapatkan layanan kesehatan di tengah pandemi COVID-19 Commercium Commercium 4 (3), 187-198, 2021 - /-/2021
53 Online Lectures Student Satisfaction During the Covid 19 Pandemic International Joined Conference on Social Science (ICSS 2021), 174-178, 2021 - /-/2021
54 Fighting Against Hoax During Infodemic by Volunteer of Kim Surabaya International Joined Conference on Social Science (ICSS 2021), 179-184, 2021 - /-/2021
55 Improvement of Tourism Branding in Jember Regency International Joint Conference on Arts and Humanities 2022 (IJCAH 2022), 286-292, 2023 - /-/2023
56 Framing Analysis The News of Social Funding Covid-19 Corruption Case on Online Media International Joint Conference on Arts and Humanities 2022 (IJCAH 2022), 408-416, 2023 - /-/2023
57 Exploring Media-Management Resilience in Pandemic Situation International Joint Conference on Arts and Humanities 2022 (IJCAH 2022), 262-268, 2023 - /-/2023
58 Autopoeisis of Local Media in East Java in the Era of Information Disruption International Joint Conference on Arts and Humanities 2022 (IJCAH 2022), 236-243, 2023 - /-/2023

Karya Buku

No Judul Buku Tahun Jumlah Halaman Penerbit

Pemakalah Seminar Ilmiah

No Nama Temu ilmiah / Seminar Judul Artikel Ilmiah Waktu dan Tempat

Hak Karya Ilmiah

No Judul/Tema HKI Tahun Jenis Nomor