Dr. Kaniati Amalia, M.Pd.

Dr. Kaniati Amalia, M.Pd., lahir di Karawang pada tanggal 08-09-1988 adalah dosen di Universitas Negeri Surabaya. Dalam 1 tahun terakhir, mengampu 36 matakuliah. Sudah melakukan pengabdian sebanyak 10. Sudah mempublikasi Artikel Ilmiah dalam jurnal sebanyak 23. Memiliki karya buku sebanyak 3. Memperoleh HKI sebanyak 1.

Identitas Diri

Riwayat Pendidikan

S1 S2 S3
Nama Perguruan Tinggi Universitas Pendidikan Indonesia Universitas Pendidikan Indonesia Universitas Pendidikan Indonesia
Bidang Ilmu Pendidikan Guru Sekolah Dasar Administrasi Pendidikan Administrasi Pendidikan
Tahun Masuk-Lulus 2006 - 2010 2016 - 2018 2018 - 2021
Judul Skripsi/Tesis/Disertasi - - -
Nama Pembimbing/Promotor - - -

Mata Kuliah yang Diampu

No. Mata Kuliah
1 Analisis Manajemen Strategik Pendidikan
2 Dasar-Dasar Manajemen Pendidikan
3 Evaluasi dan Supervisi Pendidikan
4 Evaluasi Program Pendidikan
5 Ilmu Pendidikan
6 Keterampilan Audit dan Penjaminan Mutu Pendidikan
7 Magang Riset-Penyusunan Laporan Penelitian
8 Manajemen Diklat
9 Manajemen Diklat Lanjutan
10 Manajemen Inovasi Pendidikan
11 Manajemen Keuangan
12 MANAJEMEN KURIKULUM
13 Manajemen Layanan Khusus
14 Manajemen Mutu Terpadu
15 Manajemen PAUD dan PNF
16 Manajemen Perubahan
17 MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA
18 Manaj. Pend. Dasar dan Menengah
19 Metodologi Penelitian Pendidikan
20 ORGANISASI PENDIDIKAN
21 Pengambilan Keputusan
22 Pengembangan Instrumen Penelitian
23 Pengembangan Kewirausahaan Pendidikan*
24 Penjaminan Mutu Pendidikan
25 Perencanaan dan Pengembangan Pendidikan
26 PPL
27 Proposal
28 Proposal Tugas Akhir
29 Psikologi Pendidikan
30 Publikasi
31 SEMINAR HASIL PENELITIAN
32 Seminar Pengembangan Manajemen Pendidikan
33 Seminar Proposal Tugas Akhir
34 Skripsi
35 Supervisi Pendidikan
36 Tesis

Data Penelitian Dari Sim Litabmas

No. Tahun Judul Sumber Dana
1 2023 PELATIHAN PEMAHAMAN CP DAN PENYUSUNAN TP SERTA ATP, DAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DALAM KURIKULUM MERDEKA Litabmas

Data Penelitian Dari Non Litabmas

No. Tahun Judul Sumber Dana
1 2025 PENGEMBANGAN MODEL KEPEMIMPINAN SERVANT BERBASIS NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN LEMBAGA PENDIDIKAN
2 2025 PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING BERBASIS LIVE WORKSHEET.COM PADA PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DI KELAS INTERNASIONAL FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNESA
3 2023 PENGEMBANGAN BUKU AJAR KEWIRAUSAHAAN PENDIDIKAN S2 MP
4 2025 Pengembangan Aplikasi Student's E-Log (SEL) sebagai Upaya Mengurangi Discomfort Belajar Mahasiswa dalam Upaya Menciptakan Sustainable Learning Environment menuju Perguruan Tinggi Kelas Dunia (Development of the Student's E-Log (SEL) Application as an Effort to Reduce Students' Learning Discomfort in Creating a Sustainable Learning Environment Towards a World-Class University)
5 2024 Pengaruh Kompetensi dan Beban Kerja terhadap Kinerja Guru
6 2023 “UNESA Computer Labs and Digital Library Mobile” untuk membantu pelaksanaan ANBK (Assemen Nasional Berbasis Komputer) dan program perpustakaan digital di sekolah daerah terpencil.
7 2023 ANALISIS FAKTOR PENYELESAIAN STUDI MAHASISWA DENGAN METODE SMARTER PADA PROGRAM STUDI S2 MANAJEMEN PENDIDIKAN DI UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA DAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA
8 2025 Transformasi Pembelajaran Berbasis Teknologi: Memadukan Pembelajaran Klasikal dan Digital Pada Program Studi Manajemen Pendidikan FIP UNESA

Pengabdian Kepada Masyarakat

No Tahun Judul Pengabdian Sumber Pendanaan
1 2023 PELATIHAN PEMAHAMAN CP DAN PENYUSUNAN TP SERTA ATP, DAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DALAM KURIKULUM MERDEKA
2 2024 Workshop Penataan Administrasi Berbasis Rapor Pendidikan pada Lab School di Unesa
3 2025 PENINGKATAN PROFESIONALISME GURU MELALUI DIGITALISASI PEMBELAJARAN SEBAGAI INOVASI PENDIDIKAN BERBASIS IT
4 2025 Pemanfaatan Data untuk Meningkatkan Mutu Pembelajaran di Kelompok Kerja Madrasah Aliyah Se-Kecamatan Paciran Lamongan
5 2023 PELATIHAN PENYUSUNAN PERENCANAAN BERBASIS DATA (PBD) BAGI SEKOLAH DASAR DI PULAU BAWEAN
6 2024 Psikoedukasi Teknologi dan Media Sosial untuk Meningkatkan Digital Awareness pada Guru Sekolah
7 2025 Penguatan Kepemimpinan Instruksional Kepala Sekolah Jenjang Taman Kanak-kanak dalam Membangun Budaya Positif Sekolah Se-IGTKI Kecamatan Driyorejo
8 2024 PELATIHAN PENINGKATAN KEMAMPUAN LITERASI DIGITAL BAGI GURU DI SILN SINGAPURA MELALUI PLATFORM DIGITAL.
9 2025 SOSIALISASI GERAKAN 7 KEBIASAAN ANAK INDONESIA HEBAT UNTUK GENERASI SEHAT, CERDAS, DAN UNGGUL PADA KEPALA SEKOLAH Se-IGTKI KECAMATAN DRIYOREJO
10 2025 Pelatihan Kepemimpinan Transformational Sebagai Upaya Meningkatkan Kapasitas Organisasi Bagi Kepala Sekolah Jenjang Taman Kanak-Kanak Di Kecamatan Driyorejo

Publikasi Jurnal

No Judul Artikel Ilmiah Nama Jurnal Volume/Nomor/Tahun
1 Pengaruh Efikasi Diri, Motivasi Belajar, Gaya Mengajar Guru, dan Lingkungan Keluarga Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Mata Pelajaran Ekonomi Kelas Xi Ips Sma Negeri 1 Pemalang Economic Education Analysis Journal 5 (1), 1-12, 2016 - /-/2016
2 PENGARUH KEPEMIMPINAN INSTRUKSIONAL KEPALA SEKOLAH DAN KINERJA MENGAJAR GURU TERHADAP MUTU PROSES PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR NEGERI SE-KECAMATAN JATISARI KABUPATEN KARAWANG Universitas Pendidikan Indonesia, 2018 - /-/2018
3 KEPEMIMPINAN INSTRUKSIONAL DAN KINERJA MENGAJAR TERKAIT KUALITAS LAYANAN AKADEMIK Jurnal Administrasi Pendidikan 27 (1), 125-133, 2020 - /-/2020
4 Measuring Schools Readiness in Industry 4.0 Based on the School’s Web Profile 3rd International Conference on Research of Educational Administration and …, 2020 - /-/2020
5 Leadership in Education: Decision-Making in Education 3rd International Conference on Research of Educational Administration and …, 2020 - /-/2020
6 The Woman School Principals’ Leadership Facing the Educational Change in the Globalization Era 4th International Conference on Research of Educational Administration and …, 2021 - /-/2021
7 MODEL MANAJEMEN MUTU IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS PROGRAM “7 Poe Atikan” PADA SMP DI KABUPATEN PURWAKARTA Universitas Pendidikan Indonesia, 2021 - /-/2021
8 Memahami Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) dan Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) - /-/2022
9 Implementation Of “7 Poe Atikan” Based Character Education Journal of Positive School Psychology 6 (8), 4009-4024, 2022 - /-/2022
10 Teori Pengembangan Kurikulum pada SMK PGRI 7 Surabaya Jurnal Pendidikan Tambusai 7 (3), 27827-27831, 2023 - /-/2023
11 Pembelajaran berdiferensiasi sebagai inovasi pembelajaran Journal of Education And Teaching Learning (JETL) 5 (2), 185-193, 2023 - /-/2023
12 Strategi Pendidik Dalam Mengembangkan Hidden Kurikulum Secara Implisit Pada Sekolah Dasar Islam Terpadu Darul Arqom Jurnal Jendela Pendidikan 3 (04), 453-463, 2023 - /-/2023
13 Analisis Pengembangan Kurikulum Berbasis Teknologi Digital di SMP YPM 2 Sukodono ARZUSIN 3 (6), 846-856, 2023 - /-/2023
14 PELATIHAN PEMAHAMAN CP DAN PENYUSUNAN TP SERTA ATP, DAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DALAM KURIKULUM MERDEKA DEDICATE: Journal of Community Engagement in Education 2 (2), 2023 - /-/2023
15 Kesiapan Siswa dalam Menghadapi Pembelajaran Digital: Analisis Bibliometrik Indonesian Journal of Educational Counseling 7 (2), 275-285, 2023 - /-/2023
16 Manajemen Pendidikan Teknologi Kejuruan dan Vokasi TSAQOFAH 4 (1), 492-500, 2024 - /-/2024
17 Tipe Kurikulum dan Implementasinya terhadap Manajemen Sekolah di MINU KH Mukmin Sidoarjo ARZUSIN 4 (1), 34-43, 2024 - /-/2024
18 Implementasi Kurikulum Merdeka di SDN Kebonsari 1/414 Surabaya TSAQOFAH 4 (2), 785-795, 2024 - /-/2024
19 Pentingnya Pendidikan Karakter dalam Mencegah Radikalisme di MI Islamiyah Surabaya MASALIQ 4 (1), 133-141, 2024 - /-/2024
20 Manajemen Pengembangan Kurikulum di Sekolah MI Al-Istianah Sidoarjo ARZUSIN 4 (1), 23-33, 2024 - /-/2024
21 Monitoring dan Evaluasi Pengembangan Kurikulum di SMP Negeri 8 Surabaya ARZUSIN 4 (1), 65-73, 2024 - /-/2024
22 Vista Inovasi Kurikulum yang Diterapkan di SMPIT at-Taqwa Surabaya ALSYS 4 (1), 25-38, 2024 - /-/2024
23 Strategi Manajemen Kurikulum yang Berorientasi pada Hasil Belajar di Sekolah Kreatif SD Muhammadiyah 20 Surabaya ARZUSIN 4 (1), 99-111, 2024 - /-/2024

Karya Buku

No Judul Buku Tahun Jumlah Halaman Penerbit
1 Memahami Model Pembelajaran Berbasis Masalah (problem based leaarning) dan Model Pembelajaran Berbasis Proyek (project based learning) 2022 CV. Harfa Creative
2 Manajemen Layanan Khusus 2023 PT. Pena Persada
3 ‘7 POE ATIKAN ISTIMEWA’ Membangun Karakter Unggul melalui Model Manajemen Mutu Pendidikan 2023 INDONESIA EMAS GROUP

Pemakalah Seminar Ilmiah

No Nama Temu ilmiah / Seminar Judul Artikel Ilmiah Waktu dan Tempat

Hak Karya Ilmiah

No Judul/Tema HKI Tahun Jenis Nomor
1 Supervisi Pendidikan 2023 hak cipta EC00202333455