
Dr. Kusnul Khotimah, S.Pd., M.Pd.
Dr. Kusnul Khotimah, S.Pd., M.Pd., lahir di Kota Blitar pada tanggal 16-11-1988 adalah dosen di Universitas Negeri Surabaya. Dalam 1 tahun terakhir, mengampu 46 matakuliah. Sudah melakukan pengabdian sebanyak 9. Sudah mempublikasi Artikel Ilmiah dalam jurnal sebanyak 9.

Identitas Diri
Riwayat Pendidikan
S1 | S2 | S3 | |
---|---|---|---|
Nama Perguruan Tinggi | Universitas Negeri Malang | Universitas Negeri Surabaya | Universitas Negeri Semarang |
Bidang Ilmu | PPKn | Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial |
Tahun Masuk-Lulus | - - 2011 | - - 2014 | 2015 - 2018 |
Judul Skripsi/Tesis/Disertasi | - | - | - |
Nama Pembimbing/Promotor | - | - | - |
Mata Kuliah yang Diampu
No. | Mata Kuliah |
---|---|
1 | Dasar-dasar Ekonomi |
2 | Evaluasi Pendidikan Ips |
3 | Inovasi Pendidikan IPS |
4 | Kajian Budaya Lokal |
5 | Kajian Entitas, Nasionalisme, dan Integrasi Bangsa |
6 | Kajian Keberlanjutan dan Perubahan Sosial,Ekonomi,Politik, Budaya |
7 | Kajian Ketimpangan Spasial lingkup lokal, nasional, regeonal, dan Mondial |
8 | Kajian Kewirausahaan dan Ekonomi Kreatif |
9 | Kajian Pembangunan Ekonomi, Lembaga Keuangan, dan Perdagangan |
10 | Kajian Pembangunan Gender, Kependudukan, dan Kesehatan |
11 | Kajian Pembangunan Pedesaan dan Perkotaan |
12 | Keterampilan Mengajar dan Pembelajaran Mikro |
13 | Kewarganegaraan |
14 | KKN Asistensi Mengajar Evaluasi Program |
15 | KKN Asistensi Mengajar Mengembangan Perangkat |
16 | KKN Kewirausahaan Evaluasi Program |
17 | KKN Kewirausahaan Pengembangan laporan |
18 | KKN Kewirausahaan Pengembangan perangkat |
19 | KKN Proyek Desa Evaluasi Program |
20 | KKN Proyek Desa Pengembangan Laporan |
21 | KKN Proyek Desa Pengembangan Perangkat |
22 | KKN Proyek Kemanusiaan Evaluasi Program |
23 | KKN Proyek Kemanusiaan Pengembangan perangkat |
24 | Konsep Dasar Ips |
25 | Microteaching |
26 | Pancasila |
27 | Pembelajaran Inovatif I |
28 | Pendidikan Nilai dan karakter |
29 | Pendidikan Transformatif |
30 | Pengembangan Bahan Ajar |
31 | Pengembangan Kurikulum Pendidikan Ips |
32 | Pengembangan Kurikulum PIPS |
33 | Perencanaan Pembelajaran |
34 | PLP-Pengembangan Rencana Pembelajaran |
35 | PLP-Praktik Mengajar |
36 | Proposal Tesis |
37 | PROPOSAL TESIS |
38 | PUBLIKASI |
39 | Seminar Pendidikan IPS |
40 | Seminar Proposal Tugas Akhir |
41 | Skripsi |
42 | STUDI LAPANGAN (INTERNSHIP) |
43 | Teori Belajar |
44 | Teori Ilmu Ekonomi |
45 | Tesis |
46 | Tugas Akhir |
Data Penelitian Dari Sim Litabmas
No. | Tahun | Judul | Sumber Dana |
---|---|---|---|
1 | 2022 | KAJIAN TINDAKAN SOSIAL MASYARAKAT TERHADAP PUNDEN LO SARI KELURAHAN MAOSPATI KABUPATEN MAGETAN | Litabmas |
2 | 2021 | PENGEMBANGAN BUKU AJAR PERENCANAAN PEMBELAJARAN IPS BAGI MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN IPS FISH UNESA | Litabmas |
3 | 2023 | PELATIHAN PENYUSUNAN MODEL PEMBELAJARAN IPS BERBASIS KEARIFAN LOKAL UNTUK MENDUKUNG KURIKULUM MERDEKA BAGI MGMP IPS KABUPATEN LOKAL | Litabmas |
4 | 2023 | PENGEMBANGAN BUKU AJAR KEWIRAUSAHAAN UNTUK MATA KULIAH KAJIAN KEWIRAUSAHAAN DAN EKONOMI KREATIF BAGI MAHASISWA PROGRAM STUDI S1 PENDIDIKAN IPS FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN HUKUM UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA | Litabmas |
5 | 2023 | PELATIHAN PENYUSUNAN MODEL PEMBELAJARAN IPS BERBASIS KEARIFAN LOKAL UNTUK MENDUKUNG KURIKULUM MERDEKA BAGI MGMP IPS KABUPATEN LOKAL | Litabmas |
6 | 2023 | PELATIHAN PENYUSUNAN MODEL PEMBELAJARAN IPS BERBASIS KEARIFAN LOKAL UNTUK MENDUKUNG KURIKULUM MERDEKA BAGI MGMP IPS KABUPATEN LOKAL | Litabmas |
7 | 2023 | PELATIHAN PENYUSUNAN MODEL PEMBELAJARAN IPS BERBASIS KEARIFAN LOKAL UNTUK MENDUKUNG KURIKULUM MERDEKA BAGI MGMP IPS KABUPATEN LOKAL | Litabmas |
8 | 2023 | PENGEMBANGAN BUKU AJAR KEWIRAUSAHAAN UNTUK MATA KULIAH KAJIAN KEWIRAUSAHAAN DAN EKONOMI KREATIF BAGI MAHASISWA PROGRAM STUDI S1 PENDIDIKAN IPS FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN HUKUM UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA | Litabmas |
9 | 2022 | KAJIAN TINDAKAN SOSIAL MASYARAKAT TERHADAP PUNDEN LO SARI KELURAHAN MAOSPATI KABUPATEN MAGETAN | Litabmas |
10 | 2021 | PENGEMBANGAN BUKU AJAR PERENCANAAN PEMBELAJARAN IPS BAGI MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN IPS FISH UNESA | Litabmas |
11 | 2023 | PELATIHAN PENYUSUNAN MODEL PEMBELAJARAN IPS BERBASIS KEARIFAN LOKAL UNTUK MENDUKUNG KURIKULUM MERDEKA BAGI MGMP IPS KABUPATEN LOKAL | Litabmas |
12 | 2023 | PENGEMBANGAN BUKU AJAR KEWIRAUSAHAAN UNTUK MATA KULIAH KAJIAN KEWIRAUSAHAAN DAN EKONOMI KREATIF BAGI MAHASISWA PROGRAM STUDI S1 PENDIDIKAN IPS FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN HUKUM UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA | Litabmas |
13 | 2023 | PELATIHAN PENYUSUNAN MODEL PEMBELAJARAN IPS BERBASIS KEARIFAN LOKAL UNTUK MENDUKUNG KURIKULUM MERDEKA BAGI MGMP IPS KABUPATEN LOKAL | Litabmas |
14 | 2023 | PELATIHAN PENYUSUNAN MODEL PEMBELAJARAN IPS BERBASIS KEARIFAN LOKAL UNTUK MENDUKUNG KURIKULUM MERDEKA BAGI MGMP IPS KABUPATEN LOKAL | Litabmas |
15 | 2022 | KAJIAN TINDAKAN SOSIAL MASYARAKAT TERHADAP PUNDEN LO SARI KELURAHAN MAOSPATI KABUPATEN MAGETAN | Litabmas |
16 | 2023 | PELATIHAN PENYUSUNAN MODEL PEMBELAJARAN IPS BERBASIS KEARIFAN LOKAL UNTUK MENDUKUNG KURIKULUM MERDEKA BAGI MGMP IPS KABUPATEN LOKAL | Litabmas |
Data Penelitian Dari Non Litabmas
No. | Tahun | Judul | Sumber Dana |
---|---|---|---|
1 | 2024 | Digitalisasi Folklore sebagai Sumber Belajar IPS dalam Upaya Penguatan Toleransi | |
2 | 2024 | INOVASI PROGRAM PENURUNAN STUNTING BERBASIS KAMPUNG KELUARGA BERKUALITAS DI KABUPATEN PAMEKASAN | |
3 | 2025 | TRADISI LOKAL SEBAGAI PENGIKAT IDENTITAS: ETNISITAS DAN RELASI ANTAUMAT BERAGAMA PADA MASYARAKAT PERDESAAN JAWA | |
4 | 2023 | PENGEMBANGAN BUKU AJAR KEWIRAUSAHAAN UNTUK MATA KULIAH KAJIAN KEWIRAUSAHAAN DAN EKONOMI KREATIF BAGI MAHASISWA PROGRAM STUDI S1 PENDIDIKAN IPS FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN HUKUM UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA | |
5 | |||
6 | 2020 | STRATEGI PENGUATAN MODAL SOSIAL BERBASIS KELUARGA DALAM PENANGANAN PENCEGAHAN COVID-19 DI KABUPATEN BLITAR | |
7 | 2023 | Pengembangan Bahan Ajar berbasis Kearifan Lokal daerah sebagai Upaya Mencegah Radikalisme pada Siswa SMP | |
8 | 2021 | PENGEMBANGAN BUKU AJAR PERENCANAAN PEMBELAJARAN IPS BAGI MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN IPS FISH UNESA | |
9 | 2024 | BERPIKIR KRITIS GENERASI Z TERHADAP STEREOTIPE AGAMA RAKYAT DAN AGAMA NEGARA PERANNYA DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER TOLERANSI | |
10 | 2025 | INOVASI PEMBELAJARAN BERWAWASAN KEADILAN GENDER PADA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI JAWA TIMUR | |
11 | 2022 | KAJIAN TINDAKAN SOSIAL MASYARAKAT TERHADAP PUNDEN LO SARI KELURAHAN MAOSPATI KABUPATEN MAGETAN | |
12 | 2021 | MODEL “AKUISISI KREDIT SEMESTER” UNTUK PENERAPAN KERJASAMA KURIKULUM MBKM POLA 5-1-2 PROGRAM STUDI S1 PENDIDIKAN IPS DENGAN PRODI LAIN DI LUAR UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA | |
13 | 2025 | OPTIMASI KEMAMPUAN RESOLUSI KONFLIK MAHASISWA PENDIDIKAN IPS MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS ISU KONTROVERSIAL | |
14 | 2024 | Mengungkap Masalah Pembelajaran: Keterampilan Apa yang Dibutuhkan Siswa dan Guru? (Studi Kasus di Kota Kinabalu, Malaysia) | |
15 | 2023 | OPTIMALISASI BONUS DEMOGRAFI MELALUI PENGEMBANGAN EKONOMI KREATIF BERBASIS BUDAYA LOKAL | |
16 | 2024 | INOVASI SEKOLAH SEBAGAI TRANSFORMASI PENDIDIKAN PADA SEKOLAH PENGGERAK DI JAWA TIMUR |