Shofan Fiangga, S.Pd., M.Sc.

Shofan Fiangga, S.Pd., M.Sc., lahir di Jombang pada tanggal 04-01-1989 adalah dosen di Universitas Negeri Surabaya. Dalam 1 tahun terakhir, mengampu 22 matakuliah. Sudah melakukan pengabdian sebanyak 9. Sudah mempublikasi Artikel Ilmiah dalam jurnal sebanyak 38. Memiliki karya buku sebanyak 1. Menjadi pemakalah seminar ilmiah sebanyak 2. Memperoleh HKI sebanyak 2.

Identitas Diri

Riwayat Pendidikan

S1 S2
Nama Perguruan Tinggi Universitas Negeri Surabaya Universitas Negeri Surabaya
Bidang Ilmu Pendidikan Matematika Pendidkan Matematika
Tahun Masuk-Lulus 2003 - 2010 2011 - 2013
Judul Skripsi/Tesis/Disertasi - -
Nama Pembimbing/Promotor - -

Mata Kuliah yang Diampu

No. Mata Kuliah
1 E-Learning
2 Geometri Analitik
3 Kalkulus Diferensial
4 KKN Asistensi Mengajar Mengembangan Perangkat
5 KKN Asistensi Mengajar Perancangan Program
6 KKN Kewirausahaan Pengembangan perangkat
7 KKN Proyek indpenden Pengembangan perangkat
8 KKN Proyek Kemanusiaan Perancangan Program
9 LITERASI DIGITAL
10 Matematika Dasar
11 Matematika I
12 Matematika Kontekstual
13 Microteaching
14 Pemrograman Visual
15 PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK
16 Pendidikan STEM
17 Penulisan Karya Ilmiah
18 PLP-Pengembangan Media Pembelajaran
19 Psikologi Pembelj. Matematika
20 Sejarah Matematika
21 Seminar Pendidikan Matematika
22 Teori Bilangan Elementer

Data Penelitian Dari Sim Litabmas

No. Tahun Judul Sumber Dana
1 2022 PENDAMPINGAN PENGEMBANGAN RM-PJBL UNTUK MENYONGSONG KURIKULUM PROTOTIPE BAGI GURU SMP TRENGGALEK Litabmas
2 2021 PENGEMBANGAN BUKU AJAR MATA KULIAH MATEMATIKA KONTEKSTUAL BERMUATAN KONTEN DIGITAL Litabmas
3 2020 PENGEMBANGAN SUMBER BELAJAR DIGITAL UNTUK PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK DI TENGAH PANDEMI COVID-19 Litabmas
4 2019 WORKSHOP PENULISAN SOAL LITERASI-NUMERASI BAGI GURU SD DI KABUPATEN PONOROGO Litabmas
5 2019 PROFIL PCK CALON GURU DALAM MENDISAIN PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION Litabmas
6 2020 PENGEMBANGAN SUMBER BELAJAR DIGITAL UNTUK PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK DI TENGAH PANDEMI COVID-19 Litabmas
7 2022 PENDAMPINGAN PENGEMBANGAN RM-PJBL UNTUK MENYONGSONG KURIKULUM PROTOTIPE BAGI GURU SMP TRENGGALEK Litabmas
8 2022 PENDAMPINGAN PENGEMBANGAN RM-PJBL UNTUK MENYONGSONG KURIKULUM PROTOTIPE BAGI GURU SMP TRENGGALEK Litabmas
9 2021 PENGEMBANGAN BUKU AJAR MATA KULIAH MATEMATIKA KONTEKSTUAL BERMUATAN KONTEN DIGITAL Litabmas
10 2020 PENGEMBANGAN SUMBER BELAJAR DIGITAL UNTUK PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK DI TENGAH PANDEMI COVID-19 Litabmas
11 2019 WORKSHOP PENULISAN SOAL LITERASI-NUMERASI BAGI GURU SD DI KABUPATEN PONOROGO Litabmas
12 2019 PROFIL PCK CALON GURU DALAM MENDISAIN PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION Litabmas
13 2022 PENDAMPINGAN PENGEMBANGAN RM-PJBL UNTUK MENYONGSONG KURIKULUM PROTOTIPE BAGI GURU SMP TRENGGALEK Litabmas
14 2022 PENDAMPINGAN PENGEMBANGAN RM-PJBL UNTUK MENYONGSONG KURIKULUM PROTOTIPE BAGI GURU SMP TRENGGALEK Litabmas
15 2020 PENGEMBANGAN SUMBER BELAJAR DIGITAL UNTUK PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK DI TENGAH PANDEMI COVID-19 Litabmas
16 2023 RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PENGGUNAAN KELAS BERBASIS WEB DI FMIPA UNESA Litabmas

Data Penelitian Dari Non Litabmas

No. Tahun Judul Sumber Dana
1 2022 Norm Baru pada Ruang Barisan Morrey yang Dibangun oleh Suatu Hasil Kali Dalam
2 2022 SCAFFOLDING DALAM MEMBUKTIKAN TEOREMA DASAR GEOMETRI
3 2020 Pengembangan Sumber Belajar Digital untuk Pembelajaran Matematika Realistik di Tengah Pandemi COVID-19
4 2024 Strategi dan Tantangan peningkatan respon rate Tracer Study sebagai salah satu aspek pertimbangan arah kebijakan FMIPA
5 2023 Pengembangan Rumah Perkalian Berbasis ICT Pada Siswa Sekolah Dasar
6 2024 Eksplorasi Desain Asesmen Formatif Mahasiswa Calon Guru Matematika Berbasis Teknologi ditinjau dari Context Based Task dan Digital Enhancement Level
7 2024 Desain Soal Numerasi Konteks Etnomatematika oleh Mahasiswa Calon Guru Matematika melalui Pendekatan Photovoice
8 2023 RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PENGGUNAAN KELAS BERBASIS WEB DI FMIPA UNESA
9 2024 Desain Pelatihan Pembelajaran berbasis STEM dengan Pendekatan Collaborative Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Calon Guru Matematika dalam Merancang Rencana Pembelajaran
10 2024 Prototipe Sistem Informasi Manajemen Ruang Kuliah Berbasis Web Di Fmipa Unesa
11 2021 EKSPLORASI NUMERASI MAHASISWA CALON GURU DENGAN KONTEKS PANDEMI COVID-19
12 2023 JUST DO MATH Game Interaktif untuk Optimalisasi Belajar Matematika Siswa dengan Learning Disabilities Berdasarkan Eyetracking Based Diagnosis
13 2023 Studi Penelusuran Alumni FMIPA berdasarkan Kriteria Indikator Kinerja Utama 1 Tahun 2023
14 2021 Pengembangan Buku Ajar Mata Kuliah Matematika Kontekstual Bermuatan Konten Digital

Pengabdian Kepada Masyarakat

No Tahun Judul Pengabdian Sumber Pendanaan
1 2022 Pendampingan Pengembangan RM-PjBL untuk Menyongsong Kurikulum Prototipe bagi Guru SMP Trenggalek
2 2024 PENERAPAN RUMAH PERKALIAN BERBASIS ICT UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR
3 2023 PELATIHAN NUMERASI SISWA SD DAN SMP DI BELANDA DALAM RANGKA PENERAPAN PEMBELAJARAN REALISTIK INDONESIA
4 2023 PENGENALAN KONTEKS SEJARAH MATEMATIKA UNTUK INOVASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA BAGI GURU-GURU SMP DI KABUPATEN MAGETAN
5 2020 Workshop Merancang Pembelajaran Daring Berbantuan Edmodo dan Cloud Di Tengah Convid-19 Untuk KKG Gugus 02 Kranggan Mojokerto
6 2020 PELATIHAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN E-LEARNING PADA MASA PANDEMI COVID-19 BAGI GURU SD DI MOJOKERTO
7 2024 Pendampingan Desain Tugas berbantuan Teknologi untuk mengembangkan HOTS untuk Guru-guru Matematika SMP Pasuruan
8 2024 Pelatihan Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Bagi Guru SMP di Philipina
9 2021 Start-up Workshop Pembelajaran Matematika Realistik Untuk KKG Gugus 03 Waru Sidoarjo

Publikasi Jurnal

No Judul Artikel Ilmiah Nama Jurnal Volume/Nomor/Tahun
1 Inner Products on Discrete Morrey Spaces European Journal of Pure and Applied Mathematics 16 /-/2023
2 TANGRAM GAME ACTIVITIES, HELPING THE STUDENTS DIFFICULTY IN UNDERSTANDING THE CONCEPT OF AREA CONSERVATION PAPER - /-/0
3 2nd Mathematics, Informatics, Science and Education International Conference (MISEIC). - /-/0
4 Identification of Student’s Concept on Area Conservation in Solving Proof Task Based on Witkin’s Cognitive Styles - /-/0
5 TANGRAM GAME ACTIVITIES, HELPING THE STUDENTS DIFFICULTY IN UNDERSTANDING THE CONCEPT OF AREA CONSERVATION PAPER - /-/0
6 First Cycle on Designing the Tangram Game Activities as an Introduction to the Concept of Area Conservation Game Activity for 3rd Grade (9-10 Years Old) Proceeding 1st South East Asian Design Research, 406-415, 2013 - /-/2013
7 DESIGNING TANGRAM GAME ACTIVITY AS AN INTRODUCTION TO THE CONCEPT OF AREA CONSERVATION IN THE TOPIC OF AREA MEASUREMENT. Universitas Negeri Surabaya, Utrecht University, 2013 - /-/2013
8 TANGRAM GAME ACTIVITIES, HELPING THE STUDENTS DIFFICULTY IN UNDERSTANDING THE CONCEPT OF AREA CONSERVATION PAPER TITLE Proceeding of International Conference On Research, Implementation And …, 2014 - /-/2014
9 Introducing Nine-Point Circle to Students MISEIC 2017, 2017 - /-/2017
10 Perspektif Phylogenesis Dan Ontogenesis Dalam Pengembangan Pembelajaran Matematika Menggunakan Aspek Sejarah Matematika Aksioma 6 (2), 294-300, 2017 - /-/2017
11 PERSPEKTIF PHYLOGENESIS DAN ONTOGENESIS DALAM PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN ASPEK SEJARAH MATEMATI... AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika 6 (2), 294-300 - /-/2017
12 Developing history of mathematics course material based on ontogenesis and phylogenesis AIP Conference Proceedings 2021 (1), 2018 - /-/2018
13 Introducing Nine-Point Circle to Junior High School Students Journal of Physics: Conference Series 947 (1), 012075, 2018 - /-/2018
14 Improving Students’ Visual-algebraic Geometry Ability Using Geogebra in Analytic Geometry Course Proceedings Book - /-/2018
15 WORKSHOP KOLABORATIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU DALAM MENDISAIN SOAL LITERASI MATEMATIKA Prosiding Semnas PPM 2018 1 (1), 1406-1413, 2018 - /-/2018
16 STUDENTS’COGNITIVE PROCESSES IN SOLVING PROBLEM RELATED TO THE CONCEPT OF AREA CONSERVATION Journal on Mathematics Education 10 (1) - /-/2019
17 Penulisan soal literasi numerasi bagi guru SD di kabupaten Ponorogo Jurnal Anugerah 1 (1), 9-18, 2019 - /-/2019
18 Critical Thinking of Pre-service Teachers in Generalizing Mathematical Idea on the Topic of Set International Conference on Science, Technology, Education, Arts, Culture …, 2019 - /-/2019
19 Analyzing Pre-service Teacher Pedagogical Content Knowledge on the Designed Learning Material MISEIC 2019, 2019 - /-/2019
20 Dugaan Siswa Terhadap Masalah Open Classical Analogy Tipe A–C Jurnal Gantang 5 (2), 163-170, 2020 - /-/2020
21 Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Pisa Ditinjau dari Gaya Belajar Visual Jurnal Karya Pendidikan Matematika 7 (2), 6-13, 2020 - /-/2020
22 Berpikir Kritis dalam Pemecahan Masalah Open-Ended Ditinjau dari Kecemasan Matematika - /-/2020
23 Dugaan Siswa Terhadap Masalah Open Classical Analogy Tipe A –C Jurnal Gantang 5 (2), 163-170, 2020 - /-/2020
24 Development of digital learning resources for realistic mathematics education in supporting virtual learning during COVID19 MISEIC 2020 - /-/2020
25 Validitas E-Comic Matematika Berbasis Pemecahan Masalah pada Materi Kesebangunan JRPM (Jurnal Review Pembelajaran Matematika) 5 (1), 53-65, 2020 - /-/2020
26 A Learning Design Analysis of the Pre-service Teachers’ Mathematics Pedagogical Content Knowledge Journal of Physics: Conference Series 1899 (1), 012153, 2021 - /-/2021
27 Analisis Kemampuan Representasi Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Materi Bangun Datar Jurnal Ilmiah Soulmath: Jurnal Edukasi Pendidikan Matematika 9 (2), 143-152, 2021 - /-/2021
28 Development of digital learning resources for realistic mathematics education in supporting virtual learning during covid-19 Journal of Physics: Conference Series 1747 (1), 012027, 2021 - /-/2021
29 Understanding Philosophy of Mathematics Education through Numeracy Task-Context Pandemic Covid-19 The 8th SEA DR and the 2nd STEACH international Conference 2021, 2021 - /-/2021
30 Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pecahan Berdasarkan Jenis Kelamin Ditinjau dari Teori Newman Jurnal Tadris Matematika 4 (2), 187-200, 2021 - /-/2021
31 Pre-service Mathematics Teachers’ Design on Hypothetical Learning Trajectory International Joint Conference on Science and Engineering 2021 (IJCSE 2021 …, 2021 - /-/2021
32 Metaphorical Thinking Profile of Middle School Students in Solving Mathematical Problems in terms of Students' Mathematical Ability Journal of Mathematical Pedagogy (JoMP) 3 (1), 2021 - /-/2021
33 The development of web-based chatbot as a mathematics learning media on system of linear equations in three variables MATHEdunesa 11 (1), 145-154, 2022 - /-/2022
34 Understanding Philosophy of Mathematics Education Through Numeracy Task with the Context of Covid-19 Pandemic Eighth Southeast Asia Design Research (SEA-DR) & the Second Science …, 2022 - /-/2022
35 Unpacking Primary Teachers’ Initial Knowledge of Realistic Mathematics Education: A Case of Iceberg Model of Fraction Division Eighth Southeast Asia Design Research (SEA-DR) & the Second Science …, 2022 - /-/2022
36 Pengembangan Buku Ajar Mata Kuliah Matematika Kontekstual Dilengkapi Konten Digital AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika 11 (1), 250-262, 2022 - /-/2022
37 Kemampuan Penalaran Matematika Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Gaya Belajar Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha 13 (1), 1-12, 2022 - /-/2022
38 Inner Products on Discrete Morrey Spaces European Journal of Pure and Applied Mathematics 16 (1), 144-155, 2023 - /-/2023

Karya Buku

No Judul Buku Tahun Jumlah Halaman Penerbit
1 Geometri ruang 2018 Unesa University Press

Pemakalah Seminar Ilmiah

No Nama Temu ilmiah / Seminar Judul Artikel Ilmiah Waktu dan Tempat
1 Journal of Physics: Conference Series Introducing Nine-Point Circle to Junior High School Students 2018
2 Journal of Physics: Conference Series A Learning Design Analysis of the Pre-service Teachers' Mathematics Pedagogical Content Knowledge 2021

Hak Karya Ilmiah

No Judul/Tema HKI Tahun Jenis Nomor
1 CoMath Quiz 2018 hak cipta EC00201940317
2 Modul Perkuliahan: Pengantar Sejarah Matematika 2021 hak cipta EC00202182172