Prima Vidya Asteria, S.Pd., M.Pd.

Prima Vidya Asteria, S.Pd., M.Pd., lahir di Ngawi pada tanggal 09-10-1989 adalah dosen di Universitas Negeri Surabaya. Dalam 1 tahun terakhir, mengampu 6 matakuliah. Sudah melakukan pengabdian sebanyak 19. Sudah mempublikasi Artikel Ilmiah dalam jurnal sebanyak 73. Memperoleh HKI sebanyak 10.

Identitas Diri

Riwayat Pendidikan

S1 S2
Nama Perguruan Tinggi Universitas Negeri Malang Universitas Negeri Malang
Bidang Ilmu Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia, dan Daerah Pendidikan Bahasa Indonesia
Tahun Masuk-Lulus 2007 - 2011 2011 - 2013
Judul Skripsi/Tesis/Disertasi Pengaruh Penggunaan Media Wayang Karton terhadap Kemampuan Bercerita Siswa Kelas VII SMP Negeri 17 Malang Tahun Pelajaran 2010/2011 Pengembangan Bahan Ajar Membaca Sastra Berbasis Kecerdasan Spiritual bagi Siswa SD
Nama Pembimbing/Promotor Dr. Widodo, HS Prof. Dr. Wahyudi Siswanto, M. Pd.

Mata Kuliah yang Diampu

No. Mata Kuliah
1 Bahasa Indonesia
2 Bahasa Indonesia untuk Anak Berkebutuhan Khusus
3 Kebudayaan dalam Pengajaran BIPA
4 Pembelajaran BIPA Tingkat Lanjut
5 Pengembangan Buku Teks Bahasa Indonesia
6 Statistika

Data Penelitian Dari Sim Litabmas

No. Tahun Judul Sumber Dana
1 2019 PELATIHAN PEMBELAJARAN INOVATIF DENGAN STRATEGI LITERASI BAGI GURU MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KABUPATEN MAGETAN Litabmas
2 2021 KREATIVITAS PELAJAR BIPA DALAM MENULIS PUISI MELALUI STRATEGI FORMULA Litabmas
3 2021 KREATIVITAS PELAJAR BIPA DALAM MENULIS PUISI MELALUI STRATEGI FORMULA Litabmas
4 2020 PENGEMBANGAN BUKU DONGENG COVID-19 BERBASIS TEKA-TEKI SEBAGAI UPAYA PENGENDALIAN WABAH COVID-19 Litabmas
5 2019 PENGEMBANGAN MODUL E-LEARNING MATA KULIAH PEMBELAJARAN INOVATIF BERBASIS KEARIFAN LOKAL Litabmas
6 2019 PELATIHAN PEMBELAJARAN INOVATIF DENGAN STRATEGI LITERASI BAGI GURU MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KABUPATEN MAGETAN Litabmas
7 2019 PELATIHAN PEMBELAJARAN INOVATIF DENGAN STRATEGI LITERASI BAGI GURU MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KABUPATEN MAGETAN Litabmas
8 2020 PENGEMBANGAN BUKU DONGENG COVID-19 BERBASIS TEKA-TEKI SEBAGAI UPAYA PENGENDALIAN WABAH COVID-19 Litabmas
9 2020 EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATA KULIAH PENYUNTINGAN BAHASA DI PRODI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA UNESA Litabmas
10 2020 PENGEMBANGAN BUKU DONGENG COVID-19 BERBASIS TEKA-TEKI SEBAGAI UPAYA PENGENDALIAN WABAH COVID-19 Litabmas
11 2020 EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATA KULIAH PENYUNTINGAN BAHASA DI PRODI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA UNESA Litabmas
12 2020 PENGEMBANGAN BUKU DONGENG COVID-19 BERBASIS TEKA-TEKI SEBAGAI UPAYA PENGENDALIAN WABAH COVID-19 Litabmas
13 2020 EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATA KULIAH PENYUNTINGAN BAHASA DI PRODI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA UNESA Litabmas
14 2020 PENGEMBANGAN BUKU DONGENG COVID-19 BERBASIS TEKA-TEKI SEBAGAI UPAYA PENGENDALIAN WABAH COVID-19 Litabmas
15 2020 EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATA KULIAH PENYUNTINGAN BAHASA DI PRODI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA UNESA Litabmas
16 2020 PENGEMBANGAN BUKU DONGENG COVID-19 BERBASIS TEKA-TEKI SEBAGAI UPAYA PENGENDALIAN WABAH COVID-19 Litabmas
17 2020 EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATA KULIAH PENYUNTINGAN BAHASA DI PRODI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA UNESA Litabmas
18 2020 PENGEMBANGAN BUKU DONGENG COVID-19 BERBASIS TEKA-TEKI SEBAGAI UPAYA PENGENDALIAN WABAH COVID-19 Litabmas
19 2020 EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATA KULIAH PENYUNTINGAN BAHASA DI PRODI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA UNESA Litabmas
20 2019 PELATIHAN PEMBELAJARAN INOVATIF DENGAN STRATEGI LITERASI BAGI GURU MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KABUPATEN MAGETAN Litabmas
21 2019 PELATIHAN PEMBELAJARAN INOVATIF DENGAN STRATEGI LITERASI BAGI GURU MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KABUPATEN MAGETAN Litabmas
22 2019 PELATIHAN PEMBELAJARAN INOVATIF DENGAN STRATEGI LITERASI BAGI GURU MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KABUPATEN MAGETAN Litabmas
23 2020 PENGEMBANGAN BUKU DONGENG COVID-19 BERBASIS TEKA-TEKI SEBAGAI UPAYA PENGENDALIAN WABAH COVID-19 Litabmas
24 2020 EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATA KULIAH PENYUNTINGAN BAHASA DI PRODI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA UNESA Litabmas
25 2020 PENGEMBANGAN BUKU DONGENG COVID-19 BERBASIS TEKA-TEKI SEBAGAI UPAYA PENGENDALIAN WABAH COVID-19 Litabmas
26 2020 EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATA KULIAH PENYUNTINGAN BAHASA DI PRODI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA UNESA Litabmas
27 2020 EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATA KULIAH PENYUNTINGAN BAHASA DI PRODI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA UNESA Litabmas
28 2020 EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATA KULIAH PENYUNTINGAN BAHASA DI PRODI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA UNESA Litabmas
29 2023 PENGEMBANGAN ASESMEN BERBASIS PLURIKULTURAL BAGI PEMELAJAR BIPA LEVEL MADYA Litabmas
30 2023 PERLATIHAN PENULISAN KREATIF BERMEDIA CANVA BAGI SISWA SMA DI TULUNGAGUNG Litabmas
31 2023 PERLATIHAN PENULISAN KREATIF BERBASIS QUANTUM LEARNING BAGI SISWA SMA DI SEKOLAH INDONESIA JEDDAH Litabmas
32 2022 PELATIHAN PENULISAN KARYA ILMIAH BAGI GURU-GURU DI SMA NEGERI 1 NGAWI UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU Litabmas
33 2022 IMPLEMENTASI ASPEK PLURIKULTURAL DALAM PEMBELAJARAN BIPA Litabmas
34 2021 PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MENULIS KREATIF BERBASIS PLURILINGUAL DAN PLURIKULTURAL BAGI MAHASISWA BIPA Litabmas
35 2021 KREATIVITAS PELAJAR BIPA DALAM MENULIS PUISI MELALUI STRATEGI FORMULA Litabmas
36 2020 PENGEMBANGAN BUKU DONGENG COVID-19 BERBASIS TEKA-TEKI SEBAGAI UPAYA PENGENDALIAN WABAH COVID-19 Litabmas
37 2020 EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATA KULIAH PENYUNTINGAN BAHASA DI PRODI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA UNESA Litabmas
38 2019 PELATIHAN PEMBELAJARAN INOVATIF DENGAN STRATEGI LITERASI BAGI GURU MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KABUPATEN MAGETAN Litabmas
39 2019 PENERAPAN MEDIA GAMBAR DALAM PEMBELAJARAN MENULIS DESKRIPSI DI KELAS MULTI-LEVEL BIPA Litabmas
40 2019 PENGEMBANGAN MODUL E-LEARNING MATA KULIAH PEMBELAJARAN INOVATIF BERBASIS KEARIFAN LOKAL Litabmas
41 2023 PENGEMBANGAN ASESMEN BERBASIS PLURIKULTURAL BAGI PEMELAJAR BIPA LEVEL MADYA Litabmas
42 2023 PERLATIHAN PENULISAN KREATIF BERMEDIA CANVA BAGI SISWA SMA DI TULUNGAGUNG Litabmas
43 2023 PERLATIHAN PENULISAN KREATIF BERBASIS QUANTUM LEARNING BAGI SISWA SMA DI SEKOLAH INDONESIA JEDDAH Litabmas
44 2022 PELATIHAN PENULISAN KARYA ILMIAH BAGI GURU-GURU DI SMA NEGERI 1 NGAWI UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU Litabmas
45 2022 IMPLEMENTASI ASPEK PLURIKULTURAL DALAM PEMBELAJARAN BIPA Litabmas
46 2021 PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MENULIS KREATIF BERBASIS PLURILINGUAL DAN PLURIKULTURAL BAGI MAHASISWA BIPA Litabmas
47 2021 KREATIVITAS PELAJAR BIPA DALAM MENULIS PUISI MELALUI STRATEGI FORMULA Litabmas
48 2020 PENGEMBANGAN BUKU DONGENG COVID-19 BERBASIS TEKA-TEKI SEBAGAI UPAYA PENGENDALIAN WABAH COVID-19 Litabmas
49 2020 EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATA KULIAH PENYUNTINGAN BAHASA DI PRODI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA UNESA Litabmas
50 2019 PELATIHAN PEMBELAJARAN INOVATIF DENGAN STRATEGI LITERASI BAGI GURU MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KABUPATEN MAGETAN Litabmas
51 2019 PENERAPAN MEDIA GAMBAR DALAM PEMBELAJARAN MENULIS DESKRIPSI DI KELAS MULTI-LEVEL BIPA Litabmas
52 2019 PENGEMBANGAN MODUL E-LEARNING MATA KULIAH PEMBELAJARAN INOVATIF BERBASIS KEARIFAN LOKAL Litabmas
53 2023 PERLATIHAN PENULISAN KREATIF BERBASIS QUANTUM LEARNING BAGI SISWA SMA DI SEKOLAH INDONESIA JEDDAH Litabmas
54 2023 PENGEMBANGAN ASESMEN BERBASIS PLURIKULTURAL BAGI PEMELAJAR BIPA LEVEL MADYA Litabmas
55 2023 PERLATIHAN PENULISAN KREATIF BERMEDIA CANVA BAGI SISWA SMA DI TULUNGAGUNG Litabmas
56 2022 PELATIHAN PENULISAN KARYA ILMIAH BAGI GURU-GURU DI SMA NEGERI 1 NGAWI UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU Litabmas
57 2022 IMPLEMENTASI ASPEK PLURIKULTURAL DALAM PEMBELAJARAN BIPA Litabmas
58 2021 PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MENULIS KREATIF BERBASIS PLURILINGUAL DAN PLURIKULTURAL BAGI MAHASISWA BIPA Litabmas
59 2021 KREATIVITAS PELAJAR BIPA DALAM MENULIS PUISI MELALUI STRATEGI FORMULA Litabmas
60 2020 PENGEMBANGAN BUKU DONGENG COVID-19 BERBASIS TEKA-TEKI SEBAGAI UPAYA PENGENDALIAN WABAH COVID-19 Litabmas
61 2020 EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATA KULIAH PENYUNTINGAN BAHASA DI PRODI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA UNESA Litabmas
62 2019 PELATIHAN PEMBELAJARAN INOVATIF DENGAN STRATEGI LITERASI BAGI GURU MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KABUPATEN MAGETAN Litabmas
63 2019 PENERAPAN MEDIA GAMBAR DALAM PEMBELAJARAN MENULIS DESKRIPSI DI KELAS MULTI-LEVEL BIPA Litabmas
64 2019 PENGEMBANGAN MODUL E-LEARNING MATA KULIAH PEMBELAJARAN INOVATIF BERBASIS KEARIFAN LOKAL Litabmas
65 2019 PELATIHAN PEMBELAJARAN INOVATIF DENGAN STRATEGI LITERASI BAGI GURU MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KABUPATEN MAGETAN Litabmas
66 2019 PELATIHAN PEMBELAJARAN INOVATIF DENGAN STRATEGI LITERASI BAGI GURU MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KABUPATEN MAGETAN Litabmas
67 2020 PENGEMBANGAN BUKU DONGENG COVID-19 BERBASIS TEKA-TEKI SEBAGAI UPAYA PENGENDALIAN WABAH COVID-19 Litabmas
68 2019 PELATIHAN PEMBELAJARAN INOVATIF DENGAN STRATEGI LITERASI BAGI GURU MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KABUPATEN MAGETAN Litabmas
69 2020 PENGEMBANGAN BUKU DONGENG COVID-19 BERBASIS TEKA-TEKI SEBAGAI UPAYA PENGENDALIAN WABAH COVID-19 Litabmas
70 2019 PENGEMBANGAN MODUL E-LEARNING MATA KULIAH PEMBELAJARAN INOVATIF BERBASIS KEARIFAN LOKAL Litabmas
71 2020 PENGEMBANGAN BUKU DONGENG COVID-19 BERBASIS TEKA-TEKI SEBAGAI UPAYA PENGENDALIAN WABAH COVID-19 Litabmas
72 2020 EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATA KULIAH PENYUNTINGAN BAHASA DI PRODI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA UNESA Litabmas
73 2020 PENGEMBANGAN BUKU DONGENG COVID-19 BERBASIS TEKA-TEKI SEBAGAI UPAYA PENGENDALIAN WABAH COVID-19 Litabmas
74 2020 EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATA KULIAH PENYUNTINGAN BAHASA DI PRODI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA UNESA Litabmas
75 2020 PENGEMBANGAN BUKU DONGENG COVID-19 BERBASIS TEKA-TEKI SEBAGAI UPAYA PENGENDALIAN WABAH COVID-19 Litabmas
76 2020 EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATA KULIAH PENYUNTINGAN BAHASA DI PRODI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA UNESA Litabmas
77 2020 PENGEMBANGAN BUKU DONGENG COVID-19 BERBASIS TEKA-TEKI SEBAGAI UPAYA PENGENDALIAN WABAH COVID-19 Litabmas
78 2019 PELATIHAN PEMBELAJARAN INOVATIF DENGAN STRATEGI LITERASI BAGI GURU MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KABUPATEN MAGETAN Litabmas
79 2020 PENGEMBANGAN BUKU DONGENG COVID-19 BERBASIS TEKA-TEKI SEBAGAI UPAYA PENGENDALIAN WABAH COVID-19 Litabmas
80 2020 EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATA KULIAH PENYUNTINGAN BAHASA DI PRODI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA UNESA Litabmas
81 2020 PENGEMBANGAN BUKU DONGENG COVID-19 BERBASIS TEKA-TEKI SEBAGAI UPAYA PENGENDALIAN WABAH COVID-19 Litabmas
82 2020 EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATA KULIAH PENYUNTINGAN BAHASA DI PRODI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA UNESA Litabmas
83 2020 PENGEMBANGAN BUKU DONGENG COVID-19 BERBASIS TEKA-TEKI SEBAGAI UPAYA PENGENDALIAN WABAH COVID-19 Litabmas
84 2020 EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATA KULIAH PENYUNTINGAN BAHASA DI PRODI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA UNESA Litabmas
85 2020 PENGEMBANGAN BUKU DONGENG COVID-19 BERBASIS TEKA-TEKI SEBAGAI UPAYA PENGENDALIAN WABAH COVID-19 Litabmas
86 2020 EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATA KULIAH PENYUNTINGAN BAHASA DI PRODI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA UNESA Litabmas
87 2020 PENGEMBANGAN BUKU DONGENG COVID-19 BERBASIS TEKA-TEKI SEBAGAI UPAYA PENGENDALIAN WABAH COVID-19 Litabmas
88 2020 EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATA KULIAH PENYUNTINGAN BAHASA DI PRODI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA UNESA Litabmas
89 2020 PENGEMBANGAN BUKU DONGENG COVID-19 BERBASIS TEKA-TEKI SEBAGAI UPAYA PENGENDALIAN WABAH COVID-19 Litabmas
90 2020 EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATA KULIAH PENYUNTINGAN BAHASA DI PRODI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA UNESA Litabmas
91 2020 PENGEMBANGAN BUKU DONGENG COVID-19 BERBASIS TEKA-TEKI SEBAGAI UPAYA PENGENDALIAN WABAH COVID-19 Litabmas
92 2020 EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATA KULIAH PENYUNTINGAN BAHASA DI PRODI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA UNESA Litabmas
93 2020 PENGEMBANGAN BUKU DONGENG COVID-19 BERBASIS TEKA-TEKI SEBAGAI UPAYA PENGENDALIAN WABAH COVID-19 Litabmas
94 2020 EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATA KULIAH PENYUNTINGAN BAHASA DI PRODI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA UNESA Litabmas

Data Penelitian Dari Non Litabmas

No. Tahun Judul Sumber Dana
1
2 2024 Pengembangan Video Interaktif berbasis Proyek Variasi Sistem Permainan Monopoli untuk Mengembangkan Kompetensi Plurikultural Lulusan BIPA Thailand
3 2024 Graphic Organizer untuk Mengembangkan Keterampilan Berkomunikasi Pemelajar BIPA Pemula berbasis Plurilingual
4 2020 PENGEMBANGAN BUKU DONGENG COVID-19 BERBASIS TEKA-TEKI SEBAGAI UPAYA PENGENDALIAN WABAH COVID-19
5 2020 Tindak Tutur Ilokusi dalam Perkuliahan Daring pada Masa Pandemi Covid-19 Mahasiswa Angkatan 2018 Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Unesa
6 2023 EFEKTIFITAS SIM ASRAMA UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS MANAJEMEN MUTU ASRAMA UNESA
7 2024 Pengembangan Video Basa-Basi sebagai Penunjang Pembelajaran BIPA Berbasis Plurikultural
8 2024 Pengaruh Tipologi Bahasa dan Tipe Kepribadian terhadap Performansi Lingistuis dalam Pemerolehan Bahasa Indonesia sebagai Bahasa Ketiga pada Mahasiswa BIPA (Kajian Metakognitif)
9 2024 PERENCANAAN WIBAWA BAHASA SEBAGAI STRATEGI INTERNASIONALISASI BAHASA INDONESIA: PENDEKATAN LANGUAGE PLANNING AND POLICY
10 2023 Analisis Kejenuhan dan Keberlanjutan Pengembangan Program Studi Lintas Disiplin Pascasarjana Unesa
11 2019 PENGEMBANGAN MODUL E-LEARNING MATA KULIAH PEMBELAJARAN INOVATIF BERBASIS KEARIFAN LOKAL
12 2022 Pengembangan Prototipe Kurikulum Merdeka Belajar di Universitas Negeri Surabaya
13 2022 PENGEMBANGAN VIDEO INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERKOMUNIKASI MAHASISWA BIPA THAILAND
14 2019 PENGEMBANGAN INSTRUMEN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN BAGI SISWA SMP
15 2024 INOVASI PEMBELAJARAN BIPA PERGURUAN TINGGI NEGERI UMUM DI JAWA TIMUR
16 2020 EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATA KULIAH PENYUNTINGAN BAHASA DI PRODI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA UNESA
17 2022 Evaluasi Program Kampus Mengajar melalui Kajian Experiential Learning and Reflection di Universitas Negeri Surabaya
18 2021 Pengembangan Peraturan Rektor Unesa tentang Penyelenggaraan Pendidikan, Pembukaan dan Penutupan Program Studi dan Kelas Internasiona
19 2021 PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA MATA KULIAH BIPA
20 2024 MAKNA SIMBOL PADA CERITA RAKYAT SARIP TAMBAK OSO DALAM PERSPEKTIF PANCA DARMA PENDIDIKAN KI HAJAR DEWANTARA
21 2020 MERDEKA BELAJAR DENGAN MODEL ASINKRON UNTUK PEMBELAJARAN KEBAHASAAN PADA JENJANG SMP
22 2024 ANALISIS PSIKOMEMORI DALAM SERAT PANJI UNTUK MENGATASI MENTAL HEALT PADA GENERASI-Z
23 2021 Pengembangan Bahan Ajar Menulis Kreatif berbasis Plurilingual dan Plurikultural bagi Mahasiswa BIPA
24 2020 Model Wisata Edukasi Multikultural di Kalianget Madura
25 2024 Literasi Digital dalam Pembelajaran Olahraga Pada Mahasiswa MPK Penjas Universitas Negeri Surabaya
26 2021 Pengembangan Aplikasi E-Char map Sebagai Inisiasi penguatan karakter Mahasiswa di Era Pendidikan merdeka belajar
27 2023 Pengembangan Aplikasi e-Assessment berbasis Android untuk Memfasilitasi Guru SMP dalam Membuat Soal Higher Order Thinking Skills (HOTS)
28 2021 Kreativitas Pelajar BIPA dalam Menulis Puisi Melalui Strategi Formula

Pengabdian Kepada Masyarakat

No Tahun Judul Pengabdian Sumber Pendanaan
1 2019 PENGUATAN CIVIL SOCIETY MELALUI LITERASI KEWARGANEGARAAN PADA ANAK USIA REMAJA DI MAN 8 JOMBANG
2 2024 Penguatan Kompetensi Dosen UNISKA melalui Model Pembelajaran Case Method dan Team Based Project
3 2022 PELATIHAN MENULIS TEKNIS UNTUK MENINGKATKAN LITERASI DIGITAL BAGI SISWA DAN GURU SMP NEGERI DI MAGETAN
4 2022 Peningkatan Produktivitas Menulis Guru Bahasa Jawa SMP Kota Batu Melalui Pendampingan Penulisan Karya Ilmiah
5 2023 Perlatihan Penulisan Kreatif Bermedia Canva bagi Siswa SMA di Tulungagung
6 2022 Pelatihan Internalisasi Nilai-Nilai Pancasila Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler dan Peran Serta Masyarat untuk Mengembangkan Profil Pelajar Pelajar Pancasila bagi Guru SMP di Kabupaten Magetan
7 2023 SOSIALISASI DAN PELATIHAN TANGGAP BENCANA BAGI PENGHUNI ASRAMA MAHASISWA UNESA
8 2024 GRAPIC ORGANIZER SEBAGAI MEDIA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS ARTIKEL ILMIAH BAGI SISWA MTs. FATHUL HUDA BLITAR
9 2022 PELATIHAN PENULISAN KARYA ILMIAH BAGI GURU-GURU DI SMA NEGERI 1 NGAWI UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU
10 2020 PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PEMBERIAN BANTUAN BAHAN POKOK UNTUK MERINGANKAN BEBAN MASYARAKAT KURANG MAMPU AKIBAT TERKENA DAMPAK COVID-19
11 2020 JBSI PEDULI MASYARAKAT TERDAMPAK COVID-19 MELALUI KEGIATAN BAGI SEMBAKO DAN SOSIALISASI PERSUASIF DENGAN TEMA "JBSI PEDULI UNTUK INDONESIA SEHAT DAN SEJAHTERA"
12 2021 PELATIHAN PENDIDIKAN KESEHATAN REPRODUKSI BAGI GURU BK SMP PEREMPUAN SE SURABAYA
13 2021 PELATIHAN PENULISAN ARTIKEL ILMIAH DAN POPULER UNTUK GURU SMP DI SURABAYA BARAT
14 2020 HILIRISASI DAN KOMERSIALISASI PRODUK PENELITIAN DAN PKM MELALUI UNESA SCIENCE AND TECHNO PARK
15 2023 PENGENALAN BUDAYA INDONESIA BAGI MAHASISWA DEPARTEMEN KAJIAN INDONESIA MALAYSIA BUSAN UNIVERSITY OF FOREIGN STUDIES (BUFS) UNTUK MEMPERTEBAL WAWASAN KEINDONESIAAN
16 2023 Perlatihan Penulisan Kreatif Berbasis Quantum Learning bagi Siswa SMA di Sekolah Indonesia Jeddah
17 2024 Peningkatan Pemahaman Lintas Budaya (Cross Culture Understanding) Indonesia - Jerman Bagi Pelaku Wisata di Kota Mataram Nusa Tenggara Barat
18 2023 PELATIHAN PEMBELAJARAN BERBASIS CROSS CULTURAL UNDERSTANDING BAGI PENGAJAR ASAL TIONGKOK DI SURABAYA
19 2024 MERAJUT JEMBATAN BUDAYA:UPAYA MEMPROMOSIKAN WARISAN BUDAYA INDONESIA DI TIONGKOK

Publikasi Jurnal

No Judul Artikel Ilmiah Nama Jurnal Volume/Nomor/Tahun
1 Effective sentence assignment as the key to improve skill of writing exposition with online learning media Quipper International Journal of Engineering and Technology(UAE) 7 /-/2018
2 Penerapan Gamification dalam Flipped E-learning pada Mata Kuliah Pembelajaran Inovatif Kode: Jurnal Bahasa 10 (1) - /-/0
3 Penerapan Gamification dalam Flipped E-learning pada Mata Kuliah Pembelajaran Inovatif Kode: Jurnal Bahasa 10 (1), 0 - /-/0
4 1. PENDAHULUAN - /-/0
5 MENGAJAR BIPA: DARI HATI KE HATI - /-/0
6 PEMANFAATAN VARIASI NOVEL UNTUK MENGEMBANGKAN LITERASI DI LINGKUNGAN SANTRI - /-/0
7 PEMANFAATAN VARIASI NOVEL UNTUK MENGEMBANGKAN LITERASI DI LINGKUNGAN SANTRI - /-/0
8 PEMANFAATAN VARIASI NOVEL UNTUK MENGEMBANGKAN LITERASI DI LINGKUNGAN SANTRI - /-/0
9 PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MEMBACA SASTRA BERBASIS KECERDASAN SPIRITUAL BAGI SISWA SD JURNAL HANDAYANI PGSD FIP UNIMED 7 (2), 9-21 - /-/0
10 PENGEMBANGAN VIDEO INTERAKTIF ETIKA BERTAMU BERBASIS PLURIKULTURAL BAGI PEMELAJAR BIPA MADYA - /-/0
11 PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MEMBACA SASTRA BERBASIS KECERDASAN SPIRITUAL BAGI SISWA SD JURNAL HANDAYANI PGSD FIP UNIMED 7 (2), 9-21 - /-/0
12 Penerapan Gamification dalam Flipped E-learning pada Mata Kuliah Pembelajaran Inovatif Kode: Jurnal Bahasa 10 (1) - /-/0
13 PENGEMBANGAN VIDEO INTERAKTIF KULINER NUSANTARA BERMUATAN IMPLIKATUR PADA PEMELAJAR BIPA MADYA - /-/0
14 PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MEMBACA SASTRA BERBASIS KECERDASAN SPIRITUAL BAGI SISWA SD JURNAL HANDAYANI PGSD FIP UNIMED 7 (2), 9-21, 0 - /-/0
15 PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BIPA MADYA KOMPETENSI PLURILINGUAL DAN PLURIKULTURAL DENGAN STRATEGI FLIPPED LEARNING - /-/0
16 Pemanfaatan Perbandingan Ungkapan Celaan Untuk Mengembangkan Kemampuan Berkomunikasi Pemelajar BIPA Kode: Jurnal Bahasa 12 (1), 0 - /-/0
17 1. Pendahuluan - /-/0
18 MENGAJAR BIPA: DARI HATI KE HATI - /-/0
19 Syntactic Simplicity in Dyslexic Children’s Utterances - /-/0
20 MENGAJAR BIPA: DARI HATI KE HATI - /-/0
21 E-Mikuta (Komik Saku Kosakata Elektronik): Media Pembelajaran BIPA Berbasis Teknologi Kongres Bahasa Indonesia, 1-14 - /-/2009
22 E-Mikuta (Komik Saku Kosakata Elektronik): Media Pembelajaran BIPA Berbasis Teknologi Kongres Bahasa Indonesia, 1-14, 2009 - /-/2009
23 Pengaruh Penggunaan Media Wayang Karton terhadap Kemampuan Bercerita Siswa Kelas VII SMP Negeri 17 Malang Tahun Pelajaran 2010/2011 SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia-Fakultas Sastra UM - /-/2011
24 Pengaruh penggunaan media wayang karton terhadap kemampuan bercerita siswa kelas VII SMP Negeri 17 Malang tahun pelajaran 2010/2011 Universitas Negeri Malang, 2011 - /-/2011
25 Bahan Ajar Membaca Cerita Fiksi Realistis Berbasis Kecerdasan Spiritual Untuk Pengembangan Karakter Proseding dalam Seminar Nasional Implementasi Pendidikan Karakter dalam …, 2012 - /-/2012
26 Pengembangan bahan ajar membaca sastra berbasis kecerdasan spiritual bagi siswa sekolah dasar Universitas Negeri Malang - /-/2013
27 Pengembangan bahan ajar membaca sastra berbasis kecerdasan spiritual bagi siswa sekolah dasar Universitas Negeri Malang, 2013 - /-/2013
28 Pengembangan Bahan Ajar Membaca Sastra Berbasis Kecerdasan Spiritual bagi Siswa Sekolah Dasar.(TESIS) DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM - /-/2013
29 Mengembangkan Kecerdasan Spiritual Anak Melalui Pembelajaran Membaca Sastra Universitas Brawijaya Press - /-/2014
30 Mengembangkan kecerdasan spiritual anak melalui pembelajaran membaca sastra Universitas Brawijaya Press, 2014 - /-/2014
31 Mengembangkan kecerdasan spiritual anak melalui pembelajaran membaca sastra. malang Universitas Brawijaya Press (UB Press), 2014 - /-/2014
32 BIPA for Business: Peluang Pengajaran BIPA di era MEA https://www.researchgate.net/publication … - /-/2015
33 Konstelasi Kebudayaan Indonesia 1 - /-/2015
34 BIPA for Business: Peluang Pengajaran BIPA di era MEA https://www.researchgate.net/publication …, 2015 - /-/2015
35 Penerapan Metode Hypnoteaching dalam Pembelajaran Bermain Peran Siswa Kelas V SDN Lidah Kulon IV Surabaya JP (Jurnal Pendidikan): Teori dan Praktik 2 (2), 150-155, 2017 - /-/2017
36 PEMBELAJARAN BERBASIS QUANTUM DENGAN MEDIA BONEKA PADA MATERI MENGENAL BAGIAN TUBUH DI KELAS BIPA Seminar Nasional #3: Bahasa dan Sastra Indonesia dalam Konteks Global 3 … - /-/2017
37 Pengenalan Permainan Tradisional Indonesia di Kelas BIPA Paramasastra 4 (1) - /-/2017
38 Pengenalan Permainan Tradisional Indonesia di Kelas BIPA Paramasastra: Jurnal Ilmiah Bahasa Sastra dan Pembelajarannya 4 (1), 2017 - /-/2017
39 Pengembangan Bahan Ajar Membaca Sastra Berbasis Kecerdasan Spiritual Bagi Siswa Sd JURNAL HANDAYANI PGSD FIP UNIMED 7 (2), 9-21, 2017 - /-/2017
40 PEMBELAJARAN BERBASIS QUANTUM DENGAN MEDIA BONEKA PADA MATERI MENGENAL BAGIAN TUBUH DI KELAS BIPA Seminar Nasional #3: Bahasa dan Sastra Indonesia dalam Konteks Global 3 …, 2017 - /-/2017
41 Development of" Balai Ilmu" Blog Based on Blended Learning to Support Drama Learning in High School Class XI Students 2nd Social Sciences, Humanities and Education Conference: Establishing … - /-/2018
42 Is it Important to Apply Flipped Learning in Teaching Indonesian to Speakers of Other Languages (TISOL)? 2nd Social Sciences, Humanities and Education Conference: Establishing …, 2018 - /-/2018
43 E-mikuta (komik saku kosakata elektronik): media pembelajaran BIPA berbasis teknologi Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, 2018 - /-/2018
44 How to Develop Comic as an Interesting Media in Teaching Indonesian to Speakers of Other Language (TISOL)? 2nd Social Sciences, Humanities and Education Conference: Establishing … - /-/2018
45 How to Develop Comic as an Interesting Media in Teaching Indonesian to Speakers of Other Language (TISOL)? 2nd Social Sciences, Humanities and Education Conference: Establishing …, 2018 - /-/2018
46 Is it Important to Apply Flipped Learning in Teaching Indonesian to Speakers of Other Languages (TISOL)? 2nd Social Sciences, Humanities and Education Conference: Establishing … - /-/2018
47 Developing Cooperative Learning Model through Teaching Materials for Prospective Indonesian Teachers 2nd Social Sciences, Humanities and Education Conference: Establishing … - /-/2018
48 Development of" Balai Ilmu" Blog Based on Blended Learning to Support Drama Learning in High School Class XI Students 2nd Social Sciences, Humanities and Education Conference: Establishing …, 2018 - /-/2018
49 A Model of Pantun Learning to Develop Elementary Student’s Entrepreneurship Awareness IOP Conference Series: Materials Science and Engineering 296 (1), 012050, 2018 - /-/2018
50 Penerapan Metode Hypnoteaching dalam Pembelajaran Bermain Peran Siswa Kelas V SDN Lidah Kulon IV Surabaya JP (Jurnal Pendidikan): Teori dan Praktik 2 (2), 150-155 - /-/2018
51 Developing Cooperative Learning Model through Teaching Materials for Prospective Indonesian Teachers 2nd Social Sciences, Humanities and Education Conference: Establishing …, 2018 - /-/2018
52 Developing Intercultural Competence for Prospective TISOL Teachers through Flipped Learning Social Sciences, Humanities and Education Conference (SoSHEC 2019), 219-221, 2019 - /-/2019
53 Developing Intercultural Competence for Prospective TISOL Teachers through Flipped Learning Social Sciences, Humanities and Education Conference (SoSHEC 2019), 219-221 - /-/2019
54 PENGEMBANGAN LITERASI ANAK DI AREA EKS LOKALISASI MELALUI DONGENG DAN PUISI Prosiding Program Kreativitas Mahasiswa, 153-153, 2019 - /-/2019
55 Peningkatan kemampuan guru dalam pengembangan media pembelajaran berbasis literasi melalui KKG mini Jurnal Minda 1 (2), 49-60, 2020 - /-/2020
56 Peningkatan Kemampuan Guru Dalam Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Literasi Melalui KKG Mini JURNAL MINDA 1 (2), 49-60 - /-/2020
57 Marginal Community Empowerment in Kampung 1001Night by Using Hydroponic Interactive Video International Joint Conference on Science and Engineering 2021 (IJCSE 2021 …, 2021 - /-/2021
58 PEMBELAJARAN BIPA DENGAN APLIKASI AWAN ASA BERBASIS PENGENALAN LINTAS BUDAYA Fon: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 17 (1), 97-107 - /-/2021
59 WRITE LEARNING BASED ON FLIPPED LEARNING MODEL USING CROSS-CULTURAL COMMUNICATION STRATEGY ISCE: Journal of Innovative Studies on Character and Education 5 (1), 138-147, 2021 - /-/2021
60 PENERAPAN MEDIA GAMBAR DALAM PEMBELAJARAN MENULIS DESKRIPSI DI KELAS MULTI-LEVEL BIPA Kode: Jurnal Bahasa 8 (2) - /-/2021
61 PENERAPAN MEDIA GAMBAR DALAM PEMBELAJARAN MENULIS DESKRIPSI DI KELAS MULTI-LEVEL BIPA Kode: Jurnal Bahasa 8 (2), 2021 - /-/2021
62 Application of the Differentiated Learning Model in Advanced BIPA Courses International Joint Conference on Arts and Humanities 2021 (IJCAH 2021), 57-62, 2021 - /-/2021
63 Pembelajaran BIPA Dengan Aplikasi Awan Asa Berbasis Pengenalan Lintas Budaya Fon: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 17 (1), 97-107, 2021 - /-/2021
64 Fostering Students’ Creativity Through Modelling as Teaching-Learning Process to Write Poetry for International Students in University Level International Joint Conference on Arts and Humanities 2021 (IJCAH 2021), 68-72, 2021 - /-/2021
65 The Development of Cross Cultural Understanding Dictionary Prototype for BIPA Students from Thailand International Journal of Advanced Language and Educational Linguistics 3 (1), 2022 - /-/2022
66 PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BIPA MADYA TERINTEGRASI KEARIFAN LOKAL - /-/2022
67 Folklore for developing plurilingual and pluricultural competence (PCC) in foreign language classroom Innovation on Education and Social Sciences, 56-64, 2022 - /-/2022
68 PODKESIN: Digital Platform Sound Broadcasting Based on Demand Afix Materials to Assist Audiotoric Learning Styles BIPA Students International Journal of Advanced Language and Educational Linguistics 3 (3), 2022 - /-/2022
69 The Development of Pluricultural Based Presentation Teaching Materials for BIPA Students MATAPENA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya 5 (02), 457-465, 2022 - /-/2022
70 BIPA Cultural Notes as a Marker of Cultural Awareness Level: Teacher’s Perspective International Joint Conference on Arts and Humanities 2022 (IJCAH 2022 …, 2023 - /-/2023
71 PROTOTYPE PEMBELAJARAN PLURILINGUAL DAN PLURIKULTURAL BERBASIS BUDAYA JAWA PADA PEMBELAJARAN BIPA Paramasastra: Jurnal Ilmiah Bahasa Sastra dan Pembelajarannya 10 (1), 113-127, 2023 - /-/2023
72 Promotion of Indonesian Language for Generation Z Students with Tik-Tok Digital Media Approach International Journal of Advanced Language and Educational Linguistics 4 (2), 2023 - /-/2023
73 Peningkatan Produktivitas Menulis Guru Bahasa Jawa SMP Kota Batu Melalui Pendampingan Penulisan Karya Ilmiah ABISATYA: Journal of Community Engagement 1 (1), 8-20, 2023 - /-/2023

Karya Buku

No Judul Buku Tahun Jumlah Halaman Penerbit

Pemakalah Seminar Ilmiah

No Nama Temu ilmiah / Seminar Judul Artikel Ilmiah Waktu dan Tempat

Hak Karya Ilmiah

No Judul/Tema HKI Tahun Jenis Nomor
1 Modul Pembelajaran Cerpen Anak Dwibahasa Integrasi Pendidikan Lingkungan pada Siswa Sekolah Dasar Dengan Metode CIPLUKAN 2018 hak cipta EC00201857407
2 Modul Lari Estafet (Pembelajaran Ngaji Rumah Islami Eksistensi Kreativitas Literasi yang Efektif dan Inovatif) 2018 hak cipta EC00201857361
3 Modul Kebudayaan Literasi Dongeng dan Puisi di Sekolah Dasar 2018 hak cipta EC00201857405
4 LEMTORO Kumcer Dwi Bahasa 2018 hak cipta EC00201857565
5 MIKUTA (Komik Saku Kosakata) 2020 hak cipta EC00202018302
6 Budidaya Bunga Telang untuk Kesehatan dan Ladang Cuan 2023 hak cipta EC00202388044
7 Buku Pedoman Mitra, Media Pembelajaran BOBODABO Untuk Meningkatkan English Skill pada Siswa SMP Islam Miftahul Khoir 2023 hak cipta EC00202389905
8 Budidaya Bunga Telang untuk Kesehatan dan Ladang Cuan 2023 hak cipta EC002023112366
9 Healtea Mom 2023 hak cipta EC002023112369
10 HEALTEA MOM + Logo 2023 merek DID2023093472