Muhammad Widyan Ardani, S.Pd., M.Sn.

Muhammad Widyan Ardani, S.Pd., M.Sn., lahir di Pasuruan pada tanggal 26-06-1990 adalah dosen di Universitas Negeri Surabaya. Dalam 1 tahun terakhir, mengampu 22 matakuliah. Sudah melakukan pengabdian sebanyak 7. Memperoleh HKI sebanyak 2.

Identitas Diri

Riwayat Pendidikan

S1 S2
Nama Perguruan Tinggi Universitas Negeri Surabaya INSTITUT SENI INDONESIA YOGYAKARTA
Bidang Ilmu Pendidikan Seni Rupa Magister Penciptaan dan Pengkajian Seni
Tahun Masuk-Lulus 2008 - 2013 2013 - 2016
Judul Skripsi/Tesis/Disertasi - -
Nama Pembimbing/Promotor - -

Mata Kuliah yang Diampu

No. Mata Kuliah
1 ANIMASI APLIKATIF
2 Desain Web
3 DESKTOP PUBLISHING
4 FOTOGRAFI
5 Ilustrasi Aplikatif
6 Ilustrasi Buku dan Komik
7 INFOGRAFIS
8 KKN Proyek Desa Pendesiminasian Program
9 KKN Proyek indpenden Evaluasi Program
10 KKN Proyek indpenden Pendesiminasian program
11 KKN Proyek Kemanusiaan Pendesiminasian program
12 KKNT
13 Komputer Grafis
14 METODE DESAIN
15 MOTION GRAPHIC
16 MPK-Desain Program
17 MPK-Manajemen Operasional
18 MPK-Pendesiminasian Program
19 MPK-Perencanaan
20 Videografi
21 VIDEOGRAFI
22 Videography

Data Penelitian Dari Sim Litabmas

No. Tahun Judul Sumber Dana
1 2023 PELATIHAN PENGELOLAAN KONTEN MEDIA SOSIAL BERBASIS DESAIN KOMUNIKASI VISUAL DI SMK NEGERI 3 BATU. Litabmas
2 2023 PELATIHAN PENGELOLAAN KONTEN MEDIA SOSIAL BERBASIS DESAIN KOMUNIKASI VISUAL DI SMK NEGERI 3 BATU. Litabmas

Data Penelitian Dari Non Litabmas

No. Tahun Judul Sumber Dana
1 2022 PERANCANGAN PERMAINAN EDUKATIF “PUZZLE”KULINER KHAS SURABAYA UNTUK ANAK USIA 2-6 TAHUN
2 2023 PENGEMBANGAN E-MODUL ESTETIKA TERAPAN UNTUK GURU PROGRAM STUDI DKV SMK NEGERI 3 BATU
3 2023 BENALU SEBAGAI BAHAN PENCIPTAAN KARYA SENI RUPA TIGA DIMENSI
4 2021 Pengembangan Motif Batik 'Gang Dolly' Surabaya
5 2024 PENGEMBANGAN E-MODUL INTERKULTURELLE KOMMUNIKATION BERBASIS PROJECT BASED LEARNING BAGI MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN BAHASA JERMAN
6 2022 PERANCANGAN PERMAINAN EDUKATIF “PUZZLE” KULINER KHAS SURABAYA UNTUK ANAK USIA 2-6 TAHUN
7 2025 Revolusi Seni Teater: Inovasi AI dan Teknologi Digital untuk Menciptakan Pengalaman Interaktif Imersif
8 2022 PIPA PVC SEBAGAI BAHAN PENCIPTAAN KARYA SENI RUPA TIGA DIMENSI
9 2025 Pengembangan Media Pembelajaran Bertema Budaya Lokal Berbasis Artificial Intelligence melalui Generative Image di SMAN 13 Surabaya
10 2024 Desain Poster dan handbook Infografis Sosialiasi Pola Hidup Bersih dan Sehat pada Program Unggulan Kelurahan Gayungan Kota Surabaya
11 2024 Website Sebagai Sarana Sosialisasi dan Publikasi Program Unggulan Kelurahan Gayungan Surabaya

Pengabdian Kepada Masyarakat

No Tahun Judul Pengabdian Sumber Pendanaan
1 2023 Pelatihan Pengelolaan Konten Media Sosial berbasis Desain Komunikasi Visual di SMK Negeri 3 Batu.
2 2025 Pemanfaatan Teknologi Artificial Intelegent dalam Pembelajaran Ilustrasi Mata Pelajaran Seni Budaya di SMA LABSCHOOL
3 2023 Pelatihan Kreativitas Digital bagi Santri di Pondok Pesantren Riyadlul Qur’an Sooko, Mojokerto
4 2022 Perancangan Desain Kemasan UKM Makanan “PIA BREBEK” di Sidoarjo
5 2023 STRATEGI MEDIA PROMOSI PRODUK ECOPRINT UMKM SEKAR WIDURI DI MOJOSARI
6 2024 PELATIHAN PENINGKATAN KOMPETENSI KOMUNIKASI LINTAS BUDAYA MELALUI DIGITAL STORY-TELLING KEPADA PEKERJA MIGRAN INDONESIA DI MALAYSIA
7 2024 Pelatihan Desain Kemasan dan Media Promosi Souvenir Produk Batik SLB Siswa Budhi Kecamatan Gayungan Surabaya

Publikasi Jurnal

No Judul Artikel Ilmiah Nama Jurnal Volume/Nomor/Tahun

Karya Buku

No Judul Buku Tahun Jumlah Halaman Penerbit

Pemakalah Seminar Ilmiah

No Nama Temu ilmiah / Seminar Judul Artikel Ilmiah Waktu dan Tempat

Hak Karya Ilmiah

No Judul/Tema HKI Tahun Jenis Nomor
1 Dataset Publikasi Internasional Bidang Fotografi Berafiliasi Indonesia yang terindeks Scopus (1982-2020) 2020 hak cipta EC00202076786
2 Dataset Penelitian Internasional Bidang Animasi Berafiliasi Indonesia yang terindeks Scopus (1992-2020) 2020 hak cipta EC00202076785